Geng wiu wiu masuk prioritas berapa ituh? [emoji16]silentIm2 wrote:Ternyata di UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga memuat hak prioritas jalan, 'etika' siapa yang berhak jalan duluan. Dan ternyata, UU tersebut juga mirip dengan aturan dan etika mengemudi di negara lain. Kalo mau sewa mobil pas jalan2 di Eropa & Amerika, atau mau turing lintas negara, mudah2an bisa berguna.
1. Di perempatan tanpa lampu merah antara kelas jalan yang setara, dahulukan yang dari kiri (pasal 113 ayat 1 huruf c UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas). Di negara yang setir kiri, sebaliknya yang berlaku, dahulukan yang dari kanan.
2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).
3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.
4. Daftar prioritas hak utama jalan, urut dari yang paling utama(pasal 134) :
1. pemadam kebakaran
2. Ambulans
3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas (polisi, ambulans, damkar, PJR tol)
4. Konvoi pimpinan lembaga negara RI (polisi, TNI)
5. Kendaraan asing yang jadi tamu negara (pengawalan polisi/ TNI)
6. Iring2an pengantar jenazah (hayo yang suka ga beri jalan ke ambulans jenazah?)
7. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara
Republik Indonesia.
Prioritas 1-3 setau saya juga berlaku di negara lain, kalo pengawalan polisi ga pernah liat, seringan di sini.
Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
hahaha saya pernah bbrp kali nemuin yang ambulans gini bodong (Plat hitam) emang saya kasih jalan kok cuman saya liat sendiri dengan mata kepala rata2 mobilnya itu apv. satu kali dia ngeraung2 minta jalan dari arah jakarta ke tangerang (karena ini emang rute saya) dia keluar di meruya dan kebetulan dekat situ ada ruko yang banyak pedagang asongan selang bbrp menit saya ngelintas disana dan tau dia ngapain. die beli tahu goreng boss dengan sirene yang masih diidupinantonyaulia wrote: Wed Apr 10, 2019 2:22Kalo ambulans jangan pernah dihalang2in deh, biar dia kosongpun, siapa tau ditunggu ada yang gawat darurat. Masak iya ada yang mau mobilnya pribadi distikerin ambulan sih? aya2 wae. Nanti kalo betul ada yg gawat kena karma lho... Naudzubillah Mindzalik deh.Shonen wrote: Wed Apr 10, 2019 1:27 skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini????![]()
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Mengawal Jenazah juga gak boleh arogan sebenarnya, itu oknumlah, wong ya jenazahnya gak minta buru2 kok. tapi ya kalo memungkinkan segera saja kasih jalan.
Kalo pemadam kebakaran wajib hukumnya, kalo ada yang ngeyel nggak mau ngalah, [cencored] namanya.
Kalo mobil pribadi pake strobo...... atau konvoi ugal2an.... haram deh ngasi jalan, biarin aja...![]()

Kalo mengenai yang ga dikawal kepolisian bawa2 bendera kuning yang kepepet itu karena dia mau ke kuburan pas jam kerja kantor ya iyalah macet tapi yang gebug2 itu juga ga sekali 2x saya liat udah banyak yang begitu. itu orang yang digebug mobilnya sih ya sial aja kena
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
selain ambulans bodong, saya pernah beberapa kali ketemu mobil PM bodong (fortuner & innova warna putih) dengan plat nomor dinas tapi berbentuk stiker tempelan, strobo & rotator non standar, plus stiker sipil (taman mini dkk) di kaca belakang
dan ketemunya tidak lain dan tidak bukan di acara turing moge

dan ketemunya tidak lain dan tidak bukan di acara turing moge

Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Nah itu saya ngga tau siapa yg mulai kebiasaan salah ini, padahal klo mau lurus yauda ngga usah nyalain sein. apa di negara kita butuh tambahan sein ketiga ya buat penanda klo kita mau lurus di perempatan.. hahahasupriyadi wrote: Wed Apr 10, 2019 11:10Lha kalo di Riau macam ini dah umum Om. Tiap disimpang kalo mau lurus pasti lampu hazardnya dinyalainDat510 wrote: Wed Apr 10, 2019 10:41Saya pernah hampir nabrak gara2 ada mobil yg nyalain hazard pas mau lurus di perempatan, bayangkan arah mata angin, saya mau bergerak dari selatan ke utara, terus mobil itu dari timur ke barat, di saya kelihatannya mobil itu nyalain sein kiri, yauda saya ngga ngerem, eh ternyata dia lurus motong jalur saya dan ternyata dia nyalain hazard.patrickstar wrote: Wed Apr 10, 2019 10:08 Satu lagi yg suka nyalain lampu keclap-keclap hazard seenaknya.
Saya harap ngga ada lagi orang bodoh yg ngelakuin ini.![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
makan ati lah nyetir di indon.
motor2nya kebanyakan pada tolol semua.
motor2nya kebanyakan pada tolol semua.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: March HR15
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Hahaha, baca dari page one, saya cuman bisa ngangguk-ngangguk doang sambil ketawa. Orang indon banyak yg kurang sehat mentalnya memang.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Sering banget nemu yang kaya gitu.Ivano wrote: Wed Apr 10, 2019 15:00Jirrr...pradit_d wrote:Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunyaPRBS wrote: Wed Apr 10, 2019 3:47
Sama om.. setuju..
Apalagi yg saya bold, kalau pure mobil sipil pakai strobo, saya ga usah effort minggir deh biar dia cari jalan sendiri.. paling sering toll JORR arah soekarno htta nih.. mobil sipil pakai wiuu wiuu
Kalau ada act of crime, motive pasti didahulukan.
Dari cerita tersebut, si fortie paling punya motive.
Cuma coward aja, kalah speeding, beraninya pas ndak ada orang.
Semoga kita semua dijauhkan dari mahluk yg belum genap ber evolusi seperti itu.
Dan susahnya, makin banyak bibitnya:
paling mudah ditemukan stop lamp kedip, headlamp super silau etc.
Hadeuh...
Sorry to say, skill nyetirnya payah, ga pro tapi pengen duluan. Cuma modal teot2 doang. Anti minggir kalo mobil sipil pake teot2an.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Liat chanelnya DDE trip japan,si driver ambil jalur kanan untuk lurus,yg seharusnya kalo lurus ambil kiri,kanan untuk belok ke kanan,ga pake lama langsung di samperin polisi mau ditilang,tapi untungnya ga ditilang cuma di peringatkan, kalo di indo mau belok aja ngabisin jalur2 lainya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
Seumpama yang sama setir kanan
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Ini SIM biasa atau SIM Internasional yg diterbitkan Korlantas Polri?silentIm2 wrote:setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
Kalo SIM biasa, masa iya sih bisa dipakai di luar yuridiksi Indonesia?
Saya aja ada SIM Internasional, di Japun ndak berlaku. Harus test lokal disana.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Kayak ini ?FR6 wrote: Tue Apr 16, 2019 11:46Sering banget nemu yang kaya gitu.Ivano wrote: Wed Apr 10, 2019 15:00Jirrr...pradit_d wrote:
Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunya
Kalau ada act of crime, motive pasti didahulukan.
Dari cerita tersebut, si fortie paling punya motive.
Cuma coward aja, kalah speeding, beraninya pas ndak ada orang.
Semoga kita semua dijauhkan dari mahluk yg belum genap ber evolusi seperti itu.
Dan susahnya, makin banyak bibitnya:
paling mudah ditemukan stop lamp kedip, headlamp super silau etc.
Hadeuh...
Sorry to say, skill nyetirnya payah, ga pro tapi pengen duluan. Cuma modal teot2 doang. Anti minggir kalo mobil sipil pake teot2an.![]()
https://news.detik.com/berita/d-4511993 ... -kap-mobil
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Memang tiap negara beda2 om. Harus googling dulu.Ivano wrote:Ini SIM biasa atau SIM Internasional yg diterbitkan Korlantas Polri?silentIm2 wrote:setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
Kalo SIM biasa, masa iya sih bisa dipakai di luar yuridiksi Indonesia?
Saya aja ada SIM Internasional, di Japun ndak berlaku. Harus test lokal disana.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Damkar ambulance wajib sy kasih jalan.
Geng wiu wiu tot tot tot itu sebenarnya para PEjabat pemerintah tni polri yg GaK ngasih contoh yg baik. Sekarang nurun ke anak buahnya. Semua dikasih strobo tetot tetot. Nurun lagi ke yg SOK pejabat.
MAKANYA MULAILAH DARI PEJABAT. KASIH CONTOH YG BAIK.
Geng wiu wiu tot tot tot itu sebenarnya para PEjabat pemerintah tni polri yg GaK ngasih contoh yg baik. Sekarang nurun ke anak buahnya. Semua dikasih strobo tetot tetot. Nurun lagi ke yg SOK pejabat.
MAKANYA MULAILAH DARI PEJABAT. KASIH CONTOH YG BAIK.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 16, 2017 11:54
- Location: java
- Daily Vehicle: daihatsu
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
saat di tol udah jaga jarak selebar 1 stengah bodi mobil (walopun msh terhitung bahaya krn msh terlalu dekat) ..eehhh.. tiba2 di isi mobil lain yg zig zag dr sisi lain.. pengen nimpuk aja jadinyakikko wrote:no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Jangankan dijalan tol Om, dijalan umum aja asal ada celah masuk. Apalagi sopir travelders wrote: Sun Apr 28, 2019 8:54saat di tol udah jaga jarak selebar 1 stengah bodi mobil (walopun msh terhitung bahaya krn msh terlalu dekat) ..eehhh.. tiba2 di isi mobil lain yg zig zag dr sisi lain.. pengen nimpuk aja jadinyakikko wrote:no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
setahu saya kalau parkir di LN yg jalannya miring, memang stir ditekuk...patrickstar wrote:Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
supaya kalau mobilnya mundur saat driver lagi pergi, itu mobil mundur ke samping..jangan meluncur jauh tak terkendali..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
bener, di buku manual mobil saja juga ada kok tulisannya cara parkir di jalan menurun, menanjak, rodanya diputer hadap ke mana.ginting wrote: Sun Apr 28, 2019 11:07setahu saya kalau parkir di LN yg jalannya miring, memang stir ditekuk...patrickstar wrote:Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
supaya kalau mobilnya mundur saat driver lagi pergi, itu mobil mundur ke samping..jangan meluncur jauh tak terkendali..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kitaTampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeeesupriyadi wrote:Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kitaTampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot![]()
Sering saya ngalami kayak gini Om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
Padahal yang suka pindah2 jalur nganan ngiri itu yang sampenya belakangan, cobain deh...ders wrote: Sun Apr 28, 2019 14:27sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeeesupriyadi wrote:Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kitaTampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24
Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..![]()
Sering saya ngalami kayak gini Om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho
di Indo ya di jalan raya etika yang berlaku (dan kayanya kehidupan sehari2): yang kuat yang menang, sopan santun etika itu hanya untuk org lemah.
nah yang seru pernah saya tetep masukin, eh dia marah2 loh, saya kasih lewat, terus ikutin aja, lumayan ada yang bukain jalan.
kalau suasana hati saya lagi bagus ya biarkan saja, tapi kalau lagi ga bagus dan itu mobil tu org ga jelas lebih payah ya ane masukin lagi aja kalau emang aman tidak mengakibatkan collateral damage kemana2, toh (saya ada asuransi) aturan berlaku di indo tabrak belakang yang salah yang nabrak. setelah itu saya ngacir sejauh2nya, karena 99% org kaya gini emang ogah ngantri dan ga mau ngalah tapi ga bisa cepet.ders wrote: Sun Apr 28, 2019 14:27sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeee
nah yang seru pernah saya tetep masukin, eh dia marah2 loh, saya kasih lewat, terus ikutin aja, lumayan ada yang bukain jalan.