Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Kalau AC yang gak nyala setelah cabut GPU kayaknya wajar deh.. Dan itu semua emg prosedur, matikan AC supaya tekanan cukup untuk memutar turbin..
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..
Back to the case, sampai sekarang saya berharap korban selamat, kalaupun tidak jenazah setidaknya masih berbentuk utuh saat ditemukan.. Untuk kasus diluar pencarian korban saya cuma nunggu hasil analisa KNKT dan NTSB serta Boeing..
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..
Back to the case, sampai sekarang saya berharap korban selamat, kalaupun tidak jenazah setidaknya masih berbentuk utuh saat ditemukan.. Untuk kasus diluar pencarian korban saya cuma nunggu hasil analisa KNKT dan NTSB serta Boeing..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Memang industri aviasi itu zero tolerance mistake. Oleh karena itu jadi agak malas bekerja di bidang aviasi. Kebayang gimana pressurenya karena menuntut presisi tinggi. Masih banyak bidang pekerjaan lain masih bisa menoleransi kesalahan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
NYoman wrote: Tue Oct 30, 2018 3:52
-
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..
-
kasus seperti ini tidak hanya terjadi di dunia penerbangan om.... tau sendiri lah.
apalagi mayoritas orang senengnya "selawé njaluk selamet".
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Utk kasus PK - LQP ini saya malah kasihan dgn pihak JT
Kalo keyakinan saya pribadi, pesawat nya ada kemungkinan cacat dari pabriknya (mungkin yah)
DISCLAIMER ON
Tetep gimanapun better nunggu hasil KNKT
Kalo keyakinan saya pribadi, pesawat nya ada kemungkinan cacat dari pabriknya (mungkin yah)
DISCLAIMER ON
Tetep gimanapun better nunggu hasil KNKT
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Wkwkwkwkwk, setuju banget yang ini. Sebagian besar masyarakat Indo begitu dengar 'Lion' sudah mual duluan.NYoman wrote: Tue Oct 30, 2018 3:52 Kalau AC yang gak nyala setelah cabut GPU kayaknya wajar deh.. Dan itu semua emg prosedur, matikan AC supaya tekanan cukup untuk memutar turbin..
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..
Back to the case, sampai sekarang saya berharap korban selamat, kalaupun tidak jenazah setidaknya masih berbentuk utuh saat ditemukan.. Untuk kasus diluar pencarian korban saya cuma nunggu hasil analisa KNKT dan NTSB serta Boeing..
Contoh gampang, saat Lion delay, selalu ada yg nyeletuk : pake Lion sih, makanya delay. Tp pas pakai maskapai lain dan delay, hampir gak pernah ada omongan seperti itu.
Padahal sebagai pengguna jasa pesawat yg lumayan rutin, saya bisa bilang kenyataan di lapangan : yg delay parah itu semua maskapai, you name it, we have it

LCC ijo bahkan mainnya cancel flight dan kita dipindah ke flight lain yang jadwalnya beda jaaauhhhhh banget dengan jadwal semula.
Adik kecilnya baterai juga parah banget, hampir gak ada flight yg gak delay.
Sekelas maskapai internasionalpun saya pernah kena delay 3 jam, yg bikin harus lari (literally) di bandara transitnya (Qatar) untuk ngejar flight berikutnya.
Jadi sekarang, mau kena delay berapa jampun, saya selalu stay calm dan positive thinking kalo delay tsb kemungkinan untuk memastikan keselamatan penerbangan itu sendiri...yang penting selamat sampai tujuan mas bro

Btt, semoga semua pihak yang terlibat diberi kekuatan dalam menghadapi kejadian ini.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
1 prosedur JT yg saya cukup appreciate terlepas dr aneka problem delay2 dll :
Jika ada masalah dgn pesawat, pilot JT biasanya lgs ambil keputusan RTB
Makanya sampe hari ini kadang2 saya masih naek JT (selain naek si Ijo)
Jika ada masalah dgn pesawat, pilot JT biasanya lgs ambil keputusan RTB
Makanya sampe hari ini kadang2 saya masih naek JT (selain naek si Ijo)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
lulusan pilot banyak nganggur tapi pesawat ini pakai pilot india 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
untuk kualitas pilot, Lion bersaing kok, banyak ex garuda juga disitu. I mean, kualitas pilot kopilot udh ada standarnya lah. Kalo flight attendant, memang terlihat ada perbedaan kualitas di bbrp maskapai.
kenapa Lion berisik kalo ada masalah, menurut ane sih typical customernya yah.... kalo penumpang garuda mungkin gamau ambil pusing/ngomel2 karena kebanyakan business traveler
kenapa Lion berisik kalo ada masalah, menurut ane sih typical customernya yah.... kalo penumpang garuda mungkin gamau ambil pusing/ngomel2 karena kebanyakan business traveler
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
kan butuh kapten juga om, masa baru lulus blm punya jam terbang jd kapten.martinnn wrote: Tue Oct 30, 2018 6:25 lulusan pilot banyak nganggur tapi pesawat ini pakai pilot india![]()
sekarang kalo FO rata2 udh lokal kok
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Sama biasanya kl kejadian gini muncul pasukan yg menuhankan harga tiket, yg percaya bahwa harga tiket lebih mahal pasti lebih aman.
Ya org indonesia kalo mulutnya belum bacot belum puas hidupnya kan ya
Ya org indonesia kalo mulutnya belum bacot belum puas hidupnya kan ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
waduh internal repair log book lion kok bisa jd beredar keluar gini.... saya prihatin maksudnya kan mrk sedang dlm musibah; korban penumpang dan airlines... jangan sampai malah jd bangkrut kan yg numpang cari nafkah disitu juga banyak... bagaimanapun lion jauh lbh bagus drpd adamair
https://m.detik.com/news/berita/d-42795 ... i-karawang
https://m.detik.com/news/berita/d-42795 ... i-karawang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Hahaha, setuju Om, kalau typical penumpang Garuda merasa dirugikan sih daripada brisik dan curcol disana sini langsung mengumpulkan bukti dan langsung somasi dan/atau kirim gugatanalvin23 wrote: Tue Oct 30, 2018 6:34 untuk kualitas pilot, Lion bersaing kok, banyak ex garuda juga disitu. I mean, kualitas pilot kopilot udh ada standarnya lah. Kalo flight attendant, memang terlihat ada perbedaan kualitas di bbrp maskapai.
kenapa Lion berisik kalo ada masalah, menurut ane sih typical customernya yah.... kalo penumpang garuda mungkin gamau ambil pusing/ngomel2 karena kebanyakan business traveler
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Seperti yang om nyoman bilang, kalau untuk urusan safety tidak boleh ada tawar-menawar. Kalau misalkan mereka main potong kompas, kemana peran regulator sebagai pengawas kalau gitu ? Dan jangan lupa kasus kesalahan servis juga pernah terjadi di kelas flag carrier contohnya american airlines 191dittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHOSPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..
harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
SQ kalo delay lama lgs otomatis rilis voucher belanja yg bisa dipake belanja / makan di airport tsb
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Ikut NTSB om.sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
NTSB mewakili negara produsen pesawat.
KNKT mewakili negara pemilik pesawat yg kecelakaan.
Kalo misalnya si baterai kecelakaan di negara tetangga, maka KNKT negara tsb juga ikut terlibat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Hehehe, bukankah si baterai udah pesan B737 MAX ini cukup banyak ya?EOR24 wrote: Tue Oct 30, 2018 8:48Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Selama ini sy juga berpikir kejadian S Musi akibat pilot suicide
Ternyata rudder ngunci yah ??
trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??
edan deh..........
Business is still business....
Ternyata rudder ngunci yah ??
trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??
edan deh..........
Business is still business....
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Itulah saya heran darimana itu maintenance logbook nya kesebar.. Itu data perusahaan yang sifatnya untuk kalangan terbatas..Omnibus wrote: Tue Oct 30, 2018 7:38 waduh internal repair log book lion kok bisa jd beredar keluar gini.... saya prihatin maksudnya kan mrk sedang dlm musibah; korban penumpang dan airlines... jangan sampai malah jd bangkrut kan yg numpang cari nafkah disitu juga banyak... bagaimanapun lion jauh lbh bagus drpd adamair
https://m.detik.com/news/berita/d-42795 ... i-karawang
dan hal macam ini yang buat makin runyam situasinya, media2 juga pada tolol atau gimana macam penting ada berita, posting, klik banyak, duit masuk..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
di Twitter udah ada sebelum masuk media
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Polo TSI
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Dari temen yang adiknya kerja di GMF, untuk LCC memang tidak seketat seperti Garuda, banyak yang diskip pengecekannya. Jadi itu permintaan maskapai untuk ngejar waktu maintenance yang makan waktu lama itu dipercepat.carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Mungkin ada orang SMers yang kerja di GMF bisa klarifikasi lagi

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Saran saya sih yg based on "katanya" begini jangan terlalu dipercaya, perlu pembuktian dan klarifikasinb25 wrote: Tue Oct 30, 2018 11:52
Dari temen yang adiknya kerja di GMF, untuk LCC memang tidak seketat seperti Garuda, banyak yang diskip pengecekannya. Jadi itu permintaan maskapai untuk ngejar waktu maintenance yang makan waktu lama itu dipercepat.
Mungkin ada orang SMers yang kerja di GMF bisa klarifikasi lagi![]()
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
ah yakin ? dapet data darimana om ? 737 si MI itu dapet yang produksi udah versi paling update setelah ada rudder issue (PCU) di 737 seriesTurboman wrote: Tue Oct 30, 2018 9:03 Selama ini sy juga berpikir kejadian S Musi akibat pilot suicide
Ternyata rudder ngunci yah ??
trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??
edan deh..........
Business is still business....
coba itu jelasin suara klik matiin FDR yang terekam di CVR itu maksudnya apa kalo rudder issue ? kok PCU yang ditemukan karena diduga biang keladinya ketemu dan dalam keadaan sehat ?
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"