Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

geofreyap wrote: Tue May 29, 2018 12:35
bero89 wrote: Tue May 29, 2018 11:33
geofreyap wrote:
Enakan bawa mazda2 manual. :ungg:
Nyetir mobil yg kecil & tidak kencang² amat lebih fun krn bisa di push lebih sering mendekati limit.
Dibanding nyetir mobil yg peformance oriented tapi ga bisa menikmati seluruh kemampuannya :ungg:
Sepakat omm,,karena masih ketakar powernya tapi gak kehilangan sensasinya. Makanya cita-cita bisa punya cbr 250 4cyl, pasti menggairahkan memacunya [emoji7]
250cc 4cyl utk traffic jakarta macam begini kalau buat oe sih way too much ya.

Oe lebih prefer bebek ayam jago 100cc - 150cc + light modification, karena bisa di pacu sampai ke limit.
Salah 1 motor yg oe maksud adalah suzuki satria F115 young star.

Atau motor sport fairing 125cc yg sayangnya tdk masuk ke market indo. Sebut saja YZF R125, CBR 125, Aprilia Rs125, dst.
:big_exellent:

Bebek 110cc light mod yamaha oe punya masih bisa buntutin 250cc 2cyl di traffic jkt. :big_grin:

Maap oot :ungg:
Mohon izin untuk ngelanjutin OOTnya :mky_01:

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).
Beberapa tahun belakangan ini, moge menjamur dan saya dapat kesempatan untuk merealisasikan impian tsb. Mulai dari merk kenamaan dari USA, naked/fairing Jepang, Italy 600-1600cc sudah pernah saya coba, coba ya bukan beli :big_peace:
Memang enaknya luar biasa. Yg merk USA nyaman luar biasa, yg merk Italy eye catching banget (tingkat kegantengan naik minimal 2 level), yg merk Jepang jangan ditanya lagi.....eeeenakkkk pake bangeeettttt, apalagi raungan mesin 4 silindernya.
Bukan cuma enak, tapi cepat juga. Jarak 6 jam (pake mobil dengan kondisi sepi + sebagian tol + mode nyetir semi WRC), ini bisa ditempuh dalam waktu 4 jam lebih dikit saja, sudah gitu terasa nyantai lagi bawanya.

Tapi lama2....saya jadi ada kerinduan + rasa penasaran yang terus memuncak untuk bawa motor bebek dengan jarak yang sama. Bayangin jalan 90kmh, di moge dapat pake gigi 1-2, kalau pake bebek perlu segala daya upaya dari mesin + kebulatan tekad pengendara untuk mencapai kecepatan segitu :mky_07:
Belum lagi kalau papasan dengan bis/truk, yang serasa kita dipindah jalur secara paksa karena hempasan anginnya.

Saat kendaraan dan pengendaranya sama2 berada di kondisi maksimalnya, sensasinya sulit dijelaskan dengan kata2 :mky_02:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by jivos »

thestoneroses wrote: Tue May 29, 2018 14:04 Saya kurang suka sama dash yg menghilangkan indikator temperatur. Entah, ada sesuatu yg hilang rasanya, sama matic2 kekinian yang entah istilahnya apa dibuat responsive or auto adaptive, menghilangkan jedak, kalau matic model entah zf/al yah yang di d8/d9, di m104 atau red block nya volvo masih lebih berasa greng enaknya.

Entah mungkin saya yg sedang nostalgik he he
temp gauge..sama dipstick cek oli.
D e60 mati kutu sm diatas, pasrah ngandalin cek faulty via idrive sj

Greng yg kek gmn um ?
Lg pk al4 nih d 407 :mky_01:
D8/d9 sm pk al4 jg.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by jivos »

Maaf ikutan oot um ts .

@geo, pengindiesel, bikers lain

Btw sec kasta moge bmw itu ada di posisi mana y? pernah liat komen martin gading yg blg ...klo dah nyoba moge bmw...dah ngga bakal mau pegang mtr lain nya (di luar HD), waktu ngemeng dia merujuk k s omes yg pliara triumph, royal enfield n ducati.
======

@pengindiesel
Jgn bebek lah min ayago, ngeri ngeri sedap pk bebek ....setiap mw overtake sela" mbl yg jln...di kepala isinya....dapet nggak..dapet ngga :mky_03: mirip" tebak tebak buah manggis
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by bero89 »

pengendiesel wrote:
geofreyap wrote: Tue May 29, 2018 12:35
bero89 wrote: Tue May 29, 2018 11:33 Sepakat omm,,karena masih ketakar powernya tapi gak kehilangan sensasinya. Makanya cita-cita bisa punya cbr 250 4cyl, pasti menggairahkan memacunya [emoji7]
250cc 4cyl utk traffic jakarta macam begini kalau buat oe sih way too much ya.

Oe lebih prefer bebek ayam jago 100cc - 150cc + light modification, karena bisa di pacu sampai ke limit.
Salah 1 motor yg oe maksud adalah suzuki satria F115 young star.

Atau motor sport fairing 125cc yg sayangnya tdk masuk ke market indo. Sebut saja YZF R125, CBR 125, Aprilia Rs125, dst.
:big_exellent:

Bebek 110cc light mod yamaha oe punya masih bisa buntutin 250cc 2cyl di traffic jkt. :big_grin:

Maap oot :ungg:
Mohon izin untuk ngelanjutin OOTnya :mky_01:

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).
Beberapa tahun belakangan ini, moge menjamur dan saya dapat kesempatan untuk merealisasikan impian tsb. Mulai dari merk kenamaan dari USA, naked/fairing Jepang, Italy 600-1600cc sudah pernah saya coba, coba ya bukan beli :big_peace:
Memang enaknya luar biasa. Yg merk USA nyaman luar biasa, yg merk Italy eye catching banget (tingkat kegantengan naik minimal 2 level), yg merk Jepang jangan ditanya lagi.....eeeenakkkk pake bangeeettttt, apalagi raungan mesin 4 silindernya.
Bukan cuma enak, tapi cepat juga. Jarak 6 jam (pake mobil dengan kondisi sepi + sebagian tol + mode nyetir semi WRC), ini bisa ditempuh dalam waktu 4 jam lebih dikit saja, sudah gitu terasa nyantai lagi bawanya.

Tapi lama2....saya jadi ada kerinduan + rasa penasaran yang terus memuncak untuk bawa motor bebek dengan jarak yang sama. Bayangin jalan 90kmh, di moge dapat pake gigi 1-2, kalau pake bebek perlu segala daya upaya dari mesin + kebulatan tekad pengendara untuk mencapai kecepatan segitu :mky_07:
Belum lagi kalau papasan dengan bis/truk, yang serasa kita dipindah jalur secara paksa karena hempasan anginnya.

Saat kendaraan dan pengendaranya sama2 berada di kondisi maksimalnya, sensasinya sulit dijelaskan dengan kata2 :mky_02:
Pertimbangannya 250 4 cyl sih biar kitiran rpm tinggi + lengkingan khas 4 cyl nya masih bisa diresapi tapi dengan speed yang belum terlalu tinggi(masih jangkauan kendali kita), sambil touring ke jogjakarta via selatan (banjarnegara-purwokerto) nikmat sekali pasti mereng-mereng disana.

Kalo dalam kota yah kembali ke bebek, jupiter mx-king cukup menggoda,,haha
=========
Depok-Malang atau sebaliknya sudah beberapa kali, paling berkesan yang terakhir, karena pertama kali via selatan (jogja-depok). Mungkin si om bisa bosan dijalan kebiasa dengan moge waktu coba dengan bebek,,haha


*maaf oot mod
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11782
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Tue May 29, 2018 16:31

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).


......
sy pernah keliling syd dsktr nya 300an km pake gsxr1000. kapok.... pinggang sm pergelangan tangan udah ga karuan pegelnya

kl disuruh ulang lagi skrg, sy pilih perginya 150 km pake R1 tp pulangnya ganti T-max he he....

btw bagi yg ngincer 600 cc itu menurut sy tanggung. enakan yg 1000 bawanya, malah lbh gampang
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

jivos wrote: Tue May 29, 2018 17:31 Maaf ikutan oot um ts .

@geo, pengindiesel, bikers lain

Btw sec kasta moge bmw itu ada di posisi mana y? pernah liat komen martin gading yg blg ...klo dah nyoba moge bmw...dah ngga bakal mau pegang mtr lain nya (di luar HD), waktu ngemeng dia merujuk k s omes yg pliara triumph, royal enfield n ducati.
======

@pengindiesel
Jgn bebek lah min ayago, ngeri ngeri sedap pk bebek ....setiap mw overtake sela" mbl yg jln...di kepala isinya....dapet nggak..dapet ngga :mky_03: mirip" tebak tebak buah manggis
IMHO, kembali ke preferensi masing2.
Saya blm pernah coba BMW, apalagi Inggris :big_childish:
Tp ada orang2 yg pilih Ducati drpd HD, ada yg pilih HD drpd Ducati. Yang pasti merk USA dan Yurop gengsi (dan maintenance cost) lebih wah drpd Jepang.
Entah kenapa, saya paling demen sama Jepang.

Bebek masih mending om kalau dibandingkan matic cc kecil.
Matik cc kecil kalo pas nyalip tinggal putar gas sampe pol + dengerin mesin meraung2 sambil berdoa semoga keburu :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

bero89 wrote: Tue May 29, 2018 18:28
pengendiesel wrote:
geofreyap wrote: Tue May 29, 2018 12:35
250cc 4cyl utk traffic jakarta macam begini kalau buat oe sih way too much ya.

Oe lebih prefer bebek ayam jago 100cc - 150cc + light modification, karena bisa di pacu sampai ke limit.
Salah 1 motor yg oe maksud adalah suzuki satria F115 young star.

Atau motor sport fairing 125cc yg sayangnya tdk masuk ke market indo. Sebut saja YZF R125, CBR 125, Aprilia Rs125, dst.
:big_exellent:

Bebek 110cc light mod yamaha oe punya masih bisa buntutin 250cc 2cyl di traffic jkt. :big_grin:

Maap oot :ungg:
Mohon izin untuk ngelanjutin OOTnya :mky_01:

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).
Beberapa tahun belakangan ini, moge menjamur dan saya dapat kesempatan untuk merealisasikan impian tsb. Mulai dari merk kenamaan dari USA, naked/fairing Jepang, Italy 600-1600cc sudah pernah saya coba, coba ya bukan beli :big_peace:
Memang enaknya luar biasa. Yg merk USA nyaman luar biasa, yg merk Italy eye catching banget (tingkat kegantengan naik minimal 2 level), yg merk Jepang jangan ditanya lagi.....eeeenakkkk pake bangeeettttt, apalagi raungan mesin 4 silindernya.
Bukan cuma enak, tapi cepat juga. Jarak 6 jam (pake mobil dengan kondisi sepi + sebagian tol + mode nyetir semi WRC), ini bisa ditempuh dalam waktu 4 jam lebih dikit saja, sudah gitu terasa nyantai lagi bawanya.

Tapi lama2....saya jadi ada kerinduan + rasa penasaran yang terus memuncak untuk bawa motor bebek dengan jarak yang sama. Bayangin jalan 90kmh, di moge dapat pake gigi 1-2, kalau pake bebek perlu segala daya upaya dari mesin + kebulatan tekad pengendara untuk mencapai kecepatan segitu :mky_07:
Belum lagi kalau papasan dengan bis/truk, yang serasa kita dipindah jalur secara paksa karena hempasan anginnya.

Saat kendaraan dan pengendaranya sama2 berada di kondisi maksimalnya, sensasinya sulit dijelaskan dengan kata2 :mky_02:
Pertimbangannya 250 4 cyl sih biar kitiran rpm tinggi + lengkingan khas 4 cyl nya masih bisa diresapi tapi dengan speed yang belum terlalu tinggi(masih jangkauan kendali kita), sambil touring ke jogjakarta via selatan (banjarnegara-purwokerto) nikmat sekali pasti mereng-mereng disana.

Kalo dalam kota yah kembali ke bebek, jupiter mx-king cukup menggoda,,haha
=========
Depok-Malang atau sebaliknya sudah beberapa kali, paling berkesan yang terakhir, karena pertama kali via selatan (jogja-depok). Mungkin si om bisa bosan dijalan kebiasa dengan moge waktu coba dengan bebek,,haha


*maaf oot mod
Woh mantaaaaappp Depok-Malang. Naik apa om? Berapa jam/hari?
Justru sekarang yang lagi pengen itu pake bebek. Dulu saya sering keliling Jatim pake bebek dan sekarang pengen ngulangi lagi.
Naik moge berasa too sophisticated. Saya gak bisa mengendarai moge di batas maksimal moge tsb, karena sudah kepentok di batas maksimal saya sebagai pengendara. Maklum, meskipun motornya bisa lari >200kmh, nyali saya cuma sampai 150kmh an saja :mky_01:

Oh ya ya, setuju banget small displacement 4 cylinder bike is a great, great combination :big_exellent: Btw, apakah ada versi barunya utk motor 250cc 4 cyl?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Tue May 29, 2018 21:35
pengendiesel wrote: Tue May 29, 2018 16:31

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).


......
sy pernah keliling syd dsktr nya 300an km pake gsxr1000. kapok.... pinggang sm pergelangan tangan udah ga karuan pegelnya

kl disuruh ulang lagi skrg, sy pilih perginya 150 km pake R1 tp pulangnya ganti T-max he he....

btw bagi yg ngincer 600 cc itu menurut sy tanggung. enakan yg 1000 bawanya, malah lbh gampang
Kalau kelas superbike sih memang menyakitkan om hahahaha. Saya lebih suka yang naked untuk touring jarak jauh.
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by thestoneroses »

jivos wrote: Tue May 29, 2018 17:29

temp gauge..sama dipstick cek oli.
D e60 mati kutu sm diatas, pasrah ngandalin cek faulty via idrive sj

Greng yg kek gmn um ?
Lg pk al4 nih d 407 :mky_01:
D8/d9 sm pk al4 jg.
nah iya, cuma di e60 saya nga begitu sering dipake, sedih juga temp ilang ya

greng kayak,hmm gimana ya jelasinnya, itu sama kan al4 nya 407 sama d9 fl? masih berasa ada hentakannya gitu, ngga smooth, nah itu seninya
407 acnya aman om? he he

saya terakhir di 406 05' tp masih xu blm ew, itu juga enak, matic jadul bukan modern ngga; oya grengnya itu kayak naik 206 triptonic trus pindah ke d9 al4, nah itu grengnya berasa he he, grengnya ilang begitu kedip2 nyala trus stuck di gigi 3 (khas pug banget)
Ron Asheton Forever
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by bero89 »

jivos wrote:Maaf ikutan oot um ts .

@geo, pengindiesel, bikers lain

Btw sec kasta moge bmw itu ada di posisi mana y? pernah liat komen martin gading yg blg ...klo dah nyoba moge bmw...dah ngga bakal mau pegang mtr lain nya (di luar HD), waktu ngemeng dia merujuk k s omes yg pliara triumph, royal enfield n ducati.
======

@pengindiesel
Jgn bebek lah min ayago, ngeri ngeri sedap pk bebek ....setiap mw overtake sela" mbl yg jln...di kepala isinya....dapet nggak..dapet ngga :mky_03: mirip" tebak tebak buah manggis
Itu moge biem nya apa ya om? Misalnya GS series sih mungkin nyamannya yah, stel suspensi elektris + ketinggian juga, balance ketika mesin menyala (faktor boxer engine), central gravity yang baik. CMIIW ya om, belum ngerasain beneran, cuma pernah liat review & baca aja.
=====

Ikut komen ya om:
Selama overtake nya masih di sekitar 50-70kpj sih masih dirange powernya motor bebek deh om, turun ke 3 dulu puntir deh. Supra x 125 kan ya om jivos? Enakkan itu tenaganya. Tapi tetep defensive riding yang utama om.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by bero89 »

pengendiesel wrote:
bero89 wrote: Tue May 29, 2018 18:28
pengendiesel wrote: Mohon izin untuk ngelanjutin OOTnya :mky_01:

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).
Beberapa tahun belakangan ini, moge menjamur dan saya dapat kesempatan untuk merealisasikan impian tsb. Mulai dari merk kenamaan dari USA, naked/fairing Jepang, Italy 600-1600cc sudah pernah saya coba, coba ya bukan beli :big_peace:
Memang enaknya luar biasa. Yg merk USA nyaman luar biasa, yg merk Italy eye catching banget (tingkat kegantengan naik minimal 2 level), yg merk Jepang jangan ditanya lagi.....eeeenakkkk pake bangeeettttt, apalagi raungan mesin 4 silindernya.
Bukan cuma enak, tapi cepat juga. Jarak 6 jam (pake mobil dengan kondisi sepi + sebagian tol + mode nyetir semi WRC), ini bisa ditempuh dalam waktu 4 jam lebih dikit saja, sudah gitu terasa nyantai lagi bawanya.

Tapi lama2....saya jadi ada kerinduan + rasa penasaran yang terus memuncak untuk bawa motor bebek dengan jarak yang sama. Bayangin jalan 90kmh, di moge dapat pake gigi 1-2, kalau pake bebek perlu segala daya upaya dari mesin + kebulatan tekad pengendara untuk mencapai kecepatan segitu :mky_07:
Belum lagi kalau papasan dengan bis/truk, yang serasa kita dipindah jalur secara paksa karena hempasan anginnya.

Saat kendaraan dan pengendaranya sama2 berada di kondisi maksimalnya, sensasinya sulit dijelaskan dengan kata2 :mky_02:
Pertimbangannya 250 4 cyl sih biar kitiran rpm tinggi + lengkingan khas 4 cyl nya masih bisa diresapi tapi dengan speed yang belum terlalu tinggi(masih jangkauan kendali kita), sambil touring ke jogjakarta via selatan (banjarnegara-purwokerto) nikmat sekali pasti mereng-mereng disana.

Kalo dalam kota yah kembali ke bebek, jupiter mx-king cukup menggoda,,haha
=========
Depok-Malang atau sebaliknya sudah beberapa kali, paling berkesan yang terakhir, karena pertama kali via selatan (jogja-depok). Mungkin si om bisa bosan dijalan kebiasa dengan moge waktu coba dengan bebek,,haha


*maaf oot mod
Woh mantaaaaappp Depok-Malang. Naik apa om? Berapa jam/hari?
Justru sekarang yang lagi pengen itu pake bebek. Dulu saya sering keliling Jatim pake bebek dan sekarang pengen ngulangi lagi.
Naik moge berasa too sophisticated. Saya gak bisa mengendarai moge di batas maksimal moge tsb, karena sudah kepentok di batas maksimal saya sebagai pengendara. Maklum, meskipun motornya bisa lari >200kmh, nyali saya cuma sampai 150kmh an saja :mky_01:

Oh ya ya, setuju banget small displacement 4 cylinder bike is a great, great combination :big_exellent: Btw, apakah ada versi barunya utk motor 250cc 4 cyl?
Cuma punya karisma 125D 2004 om, saya bikin 2 hari biasanya, perjalanan selama matahari terlihat, malam istirahat & megatron mulai bermunculan, total lama perjalanan 17jam om. Misal jalan dari malang-depok, hari pertama malang(06.00)-pare(papar)-kertosono-ngawi-sragen(gemolong)-salatiga-semarang-kendal-alasroban(12.00-13.00)-pekalongan-tegal-brebes(17.00, bermalam disini).
Besoknya lanjut jam 05.00, brebes-indramayu-cirebon-krawang-lemah abang-cibarusa-transyogi-depok(10.00-11.00).
Track paling menyenangkan pujon, gemolong, caruban, alasroban. Jawa barat pantura membosankan, faktor power motor seadanya juga memang,,haha
Jatim enak om banyak track pegunungan, cocok untuk lepas rindu dengan bebek aja, kebanyakan lurusnya malah bosen nanti, bisa-bisa ngantuk.

"Oh ya ya, setuju banget small displacement 4 cylinder bike is a great, great combination :big_exellent: Btw, apakah ada versi barunya utk motor 250cc 4 cyl?"

Yup, itu goalnya om, lengkingan yang didambakan tapi power yang masih terukur. Gosip dari bloger sih kawakyamhon nanti punya lineup 250 premium, kawak 4cyl, yam 3cyl, hon vtwin. Paling memungkinkan sih kawaknya menurut salah 1 blogger, dan ada 1 bloger yang dekat dengan petinggi kawak bilang sudah lihat proto dari bloknya/malah unitnya itu sendiri (saya lupa).

Gak penasaran tricylindri nya MV om? Suaranya bikin eargasme [emoji7]


*multiquote nya lagi eror ya
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by jivos »

thestoneroses wrote: Wed May 30, 2018 6:37 nah iya, cuma di e60 saya nga begitu sering dipake, sedih juga temp ilang ya

greng kayak,hmm gimana ya jelasinnya, itu sama kan al4 nya 407 sama d9 fl? masih berasa ada hentakannya gitu, ngga smooth, nah itu seninya
407 acnya aman om? he he

saya terakhir di 406 05' tp masih xu blm ew, itu juga enak, matic jadul bukan modern ngga; oya grengnya itu kayak naik 206 triptonic trus pindah ke d9 al4, nah itu grengnya berasa he he, grengnya ilang begitu kedip2 nyala trus stuck di gigi 3 (khas pug banget)
Sm dg d9 um (dr bc" n info mek si supri)
Iya hentakan msh berasa & ngga smooth.
Ac Smentara msh ok, br ada keluhan tdk dingin pas terik tengah hari bolong.

nostalgic balik aja k 607 um....meski ngga se advance trio jerman....yg pasti d jln ngga pasaran n lbh dilirik :big_chicken:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by jivos »

pengendiesel wrote: Wed May 30, 2018 4:07
IMHO, kembali ke preferensi masing2.
Tp ada orang2 yg pilih Ducati drpd HD, ada yg pilih HD drpd Ducati. Yang pasti merk USA dan Yurop gengsi (dan maintenance cost) lebih wah drpd Jepang.
Entah kenapa, saya paling demen sama Jepang.
I see...
Msg" punya endorsement "merasa lbh" y..
HD owner bkl blg...cm ada 2merk mtr d dunia ini ..HD vs moge merk lain :weekk:
Matik cc kecil kalo pas nyalip tinggal putar gas sampe pol + dengerin mesin meraung2 sambil berdoa semoga keburu :big_biglaugh:
:wkkk:

=====
bero89 wrote: Wed May 30, 2018 6:44
Itu moge biem nya apa ya om?
satu GS series...satunya lag R nineT scrambler. Oh pantes....enak y.

Iya pk suprax ... narik slama ini start dr 2 ato 3. Tetep ngga sepede bw batangan/ayago :mrgreen:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by Tats »

EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:45 saya belum kesampaian nyoba EPS eropa, jadi penasaran gimana rasanya :roll:

kalo EPS jepang, well meski tidak disemua mobil jepang, tapi selama ini nyoba di beberapa mobil selalu mengecewakan. tasteless dan not fun at all.
Kalau di low speed, eps mobil eropa ga se-ringan mobil jepang misalnya honda
Tp karena sudah terbiasa saya malah lebih menikmati eps eropa
Sebenernya feedback setir eps pasti kalah sama hidrolik karena terasa artificial
Namun entah kenapa eps bmw nikmat juga dgn kombinasi mesin, transmisi, dan sasisnya
Sehingga sy ga merasa eps membuat fun to drive bmw hilang
Apalagi tengah malam ga sengaja jalan2 di cikole lembang :ngacir:
jivos wrote: Mon May 28, 2018 11:05 "Tetep msh enak" mungkin tepatnya "bkn lbh enak", dtambah kenyamanan yg d dpt saat macet, apa krn ini under bmw badge y..yg notabene hrs ada feeling setirnya (meski eps). By most bmw hooligans....e46 steering feels dianggap better sih d banding model brktnya yg sdh adopt eps.
Sayangnya pengalaman sy dgn e46 cukup rendah karena ga pernah punya
Saat itu saya pakai pug 406 warisan bapak (dan e36 kesayangan sy) yang membuat sy malas ambil sedan eropa lagi
Well kalau saya bilang secara fun to drive f30 jauh lebih baik dari e90 as a daily commuter alias lebih fleksibel
Saya bisa bilang punya e90 bukan pengalaman yg baik selama pakai bmw
Alasannya setir terlalu berat, mesin ga terlalu bertenaga, dan reliability
E90 sy hanya bertahan 1 tahunan karena langsung ditukar w204
Intinya f30 terasa lebih ringan, gesit, menyenangkan, dan cukup empuk dibanding e90 dan w204 sy
Karena unsur fun to drive bagi sy ga cukup untuk kebut2an, tapi harus bisa memberi kemudahan dan menyenangkan saat dipakai di berbagai kondisi hehehe
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by Tats »

pengendiesel wrote: Tue May 29, 2018 16:31 Mohon izin untuk ngelanjutin OOTnya :mky_01:

Dulu......waktu belum pernah ngrasain moge, punya impian untuk touring jarak jauh dengan moge (minimal 400km lah).
Beberapa tahun belakangan ini, moge menjamur dan saya dapat kesempatan untuk merealisasikan impian tsb. Mulai dari merk kenamaan dari USA, naked/fairing Jepang, Italy 600-1600cc sudah pernah saya coba, coba ya bukan beli :big_peace:
Memang enaknya luar biasa. Yg merk USA nyaman luar biasa, yg merk Italy eye catching banget (tingkat kegantengan naik minimal 2 level), yg merk Jepang jangan ditanya lagi.....eeeenakkkk pake bangeeettttt, apalagi raungan mesin 4 silindernya.
Bukan cuma enak, tapi cepat juga. Jarak 6 jam (pake mobil dengan kondisi sepi + sebagian tol + mode nyetir semi WRC), ini bisa ditempuh dalam waktu 4 jam lebih dikit saja, sudah gitu terasa nyantai lagi bawanya.

Tapi lama2....saya jadi ada kerinduan + rasa penasaran yang terus memuncak untuk bawa motor bebek dengan jarak yang sama. Bayangin jalan 90kmh, di moge dapat pake gigi 1-2, kalau pake bebek perlu segala daya upaya dari mesin + kebulatan tekad pengendara untuk mencapai kecepatan segitu :mky_07:
Belum lagi kalau papasan dengan bis/truk, yang serasa kita dipindah jalur secara paksa karena hempasan anginnya.

Saat kendaraan dan pengendaranya sama2 berada di kondisi maksimalnya, sensasinya sulit dijelaskan dengan kata2 :mky_02:
Ikut nimbrung ya om pengendiesel hahaha
Skr saya piara 2 motor italy, yg satu ducati monster 796 dan satunya "dukati" sprint 3v buat harian
Ducati sy entah kenapa bawanya kayak pakai motor 250cc biasa, mungkin karena ringan
Memang sy ambil ducati karena sy suka bentuknya dan suaranya yg seperti monster beneran
Tapi untuk jalan2 jarak jauh sangat nyaman dan di jalanan perbukitan hanya gas 1/4 udah lebih dari cukup
Kalau pemakaian dalam kota paha sebelah kiri lumayan hangat2 menuju mateng hahaha
Sama seperti om, saya pakai sprint 3v dgn rute yang sama malah lebih lelah dan takut saat nyalip
Akhirnya kalau jalan2 jauh naik motor saya pakai monster saja hahahaha
Kelemahan ducati kalau service...
Biaya jasa mekanik 1 jam saja 500rb, sekali service bisa sampai 2 jam
Untung dari mulai punya motornya, sy baru service 1x
Btw sy ambil monster bekas makanya baru kedapetan service 1x hahahaha
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by thestoneroses »

jivos wrote: Wed May 30, 2018 8:40
Sm dg d9 um (dr bc" n info mek si supri)
Iya hentakan msh berasa & ngga smooth.
Ac Smentara msh ok, br ada keluhan tdk dingin pas terik tengah hari bolong.

nostalgic balik aja k 607 um....meski ngga se advance trio jerman....yg pasti d jln ngga pasaran n lbh dilirik :big_chicken:
Wah semoga lekas sembuh itu ac om, saya inget dulu tiap ke wayan 407 pasti acnya yg masalah. Dulu pak edi nga megang 407 kyknya, supri malah blm nyoba. Coba googling: Part No 6477K9 om, mudah2an itu beres singanya. Btw, itu seni-nya ngerawat pug kan om? Adaa aja yg kurang he he he

Saya malah naksiran 605 yg merah om, punya orang bandung. Lebih nostalgik lagi itu Sri bukan sti, bener2 sekalian mesti telaten sama mesinnya

Tapi ada juga yg ngeracunin eagle... matic spek uk lagi hah jadi curhat
Ron Asheton Forever
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by jivos »

thestoneroses wrote: Wed May 30, 2018 13:55

Btw, itu seni-nya ngerawat pug kan om? Adaa aja yg kurang he he he

Saya malah naksiran 605 yg merah om, punya orang bandung. Lebih nostalgik lagi itu Sri bukan sti, bener2 sekalian mesti telaten sama mesinnya

Tapi ada juga yg ngeracunin eagle... matic spek uk lagi hah jadi curhat
Noted utk part no pipe/tube freonnya.
Ha ha ha......ngerwat begini... hrs sepaket sm kekuranganya...nerimo n d nikmati saja :mrgreen:

Itu 605 sri merah yg ada mejeng di wrg M sblh seblh y :mrgreen:
Blom bisa move on dr model kotak" :big_weee:

Eagle aja kali y....klo di merc ...ibarat santan makin tua makin menjadi, klo di pug sama sih....makin tua makin jadi.............



@jd besi kiloan :big_slap:
======

@um Tats
Thx insight comparasionya e90/w204 vs f30nya.
Duh itu tunggangan italy nya ampe 2biji... :frm_salut:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

Cuma punya karisma 125D 2004 om, saya bikin 2 hari biasanya, perjalanan selama matahari terlihat, malam istirahat & megatron mulai bermunculan, total lama perjalanan 17jam om. Misal jalan dari malang-depok, hari pertama malang(06.00)-pare(papar)-kertosono-ngawi-sragen(gemolong)-salatiga-semarang-kendal-alasroban(12.00-13.00)-pekalongan-tegal-brebes(17.00, bermalam disini).
Besoknya lanjut jam 05.00, brebes-indramayu-cirebon-krawang-lemah abang-cibarusa-transyogi-depok(10.00-11.00).
Track paling menyenangkan pujon, gemolong, caruban, alasroban. Jawa barat pantura membosankan, faktor power motor seadanya juga memang,,haha
Jatim enak om banyak track pegunungan, cocok untuk lepas rindu dengan bebek aja, kebanyakan lurusnya malah bosen nanti, bisa-bisa ngantuk.

"Oh ya ya, setuju banget small displacement 4 cylinder bike is a great, great combination :big_exellent: Btw, apakah ada versi barunya utk motor 250cc 4 cyl?"

Yup, itu goalnya om, lengkingan yang didambakan tapi power yang masih terukur. Gosip dari bloger sih kawakyamhon nanti punya lineup 250 premium, kawak 4cyl, yam 3cyl, hon vtwin. Paling memungkinkan sih kawaknya menurut salah 1 blogger, dan ada 1 bloger yang dekat dengan petinggi kawak bilang sudah lihat proto dari bloknya/malah unitnya itu sendiri (saya lupa).

Gak penasaran tricylindri nya MV om? Suaranya bikin eargasme [emoji7]


*multiquote nya lagi eror ya
[/quote]
Belum ada kesempatan untuk dengarkan live suara 3 cyl, mantap ya om?
Kawak 250cc 4 cyl patut ditunggu nih, semoga launching beneran dan yang lebih penting.....bisa kebeli sama dompet ane :big_peace:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by pengendiesel »

Ikut nimbrung ya om pengendiesel hahaha
Skr saya piara 2 motor italy, yg satu ducati monster 796 dan satunya "dukati" sprint 3v buat harian
Ducati sy entah kenapa bawanya kayak pakai motor 250cc biasa, mungkin karena ringan
Memang sy ambil ducati karena sy suka bentuknya dan suaranya yg seperti monster beneran
Tapi untuk jalan2 jarak jauh sangat nyaman dan di jalanan perbukitan hanya gas 1/4 udah lebih dari cukup
Kalau pemakaian dalam kota paha sebelah kiri lumayan hangat2 menuju mateng hahaha
Sama seperti om, saya pakai sprint 3v dgn rute yang sama malah lebih lelah dan takut saat nyalip
Akhirnya kalau jalan2 jauh naik motor saya pakai monster saja hahahaha
Kelemahan ducati kalau service...
Biaya jasa mekanik 1 jam saja 500rb, sekali service bisa sampai 2 jam
Untung dari mulai punya motornya, sy baru service 1x
Btw sy ambil monster bekas makanya baru kedapetan service 1x hahahaha
Bengkelnya kyk panti pijat ya om, hitungan biaya berdasarkan jam :big_biglaugh: denger2 spare partnya juga 2-3x lipat Jepang om?
Monster iconic banget :big_exellent:

BTT yuk, tentang mobil :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by ChZ »

Tats wrote: Wed May 30, 2018 12:48
EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:45 saya belum kesampaian nyoba EPS eropa, jadi penasaran gimana rasanya :roll:

kalo EPS jepang, well meski tidak disemua mobil jepang, tapi selama ini nyoba di beberapa mobil selalu mengecewakan. tasteless dan not fun at all.
Kalau di low speed, eps mobil eropa ga se-ringan mobil jepang misalnya honda
Tp karena sudah terbiasa saya malah lebih menikmati eps eropa
Sebenernya feedback setir eps pasti kalah sama hidrolik karena terasa artificial
Namun entah kenapa eps bmw nikmat juga dgn kombinasi mesin, transmisi, dan sasisnya
Sehingga sy ga merasa eps membuat fun to drive bmw hilang
Apalagi tengah malam ga sengaja jalan2 di cikole lembang :ngacir:
Jepang yg EPSnya enak sejauh pengalaman Honda turbo lineup (Civic & CR-V, dah tobat bikin EPS ampas mereka) dan Mazda ... meskipun to be fair di low speed EPSnya Honda entah kenapa masih lebih kerasa koneksinya ke jalan dibanding Mazda... medium speed baru enak. Mazda steering rationya mayan agresif kayak mobil sport. Honda lebih kalem.

EPS Honda jaman 2006 - 2011 kelas civic dan accord juga enak... kemarin bawa accord CP2 setirnya lebih berisi daripada camry XV40 yang hidrolik... feel nya EPS CP2 mirip sama civic FD2... berat dan padet berisi. jaman ini Suzuki macem SX4, Swift, Splash EPSnya asik juga.

Klo EPSnya Honda yang murah2 lupain aja lah. kelas brio bersaudara dan jazz hrv, EPSnya jaman civic FB dan Accord CR juga ampas. Suzuki sekarang juga EPSnya hambar ga seasik dulu. S-Cross lebih ga fun to drive dibanding SX4.

Toyota apa ya yang EPSnya enak... Mark X sih terakhir bawa... Nissan juaranya bikin EPS gak ada feelnya... livina sampe X-Trail EPSnya kayak muterin setir di game arcade... enteng banget, setirnya X-Trail sama Avanza dual VVT-i aja masih berasa lebih ada feedbacknya Avanza Dual VVT-i...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Cahmeneng
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Sun Feb 04, 2018 2:25
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Public_transport

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by Cahmeneng »

geofreyap wrote: Tue May 29, 2018 12:35
bero89 wrote: Tue May 29, 2018 11:33
geofreyap wrote:
Enakan bawa mazda2 manual. :ungg:
Nyetir mobil yg kecil & tidak kencang² amat lebih fun krn bisa di push lebih sering mendekati limit.
Dibanding nyetir mobil yg peformance oriented tapi ga bisa menikmati seluruh kemampuannya :ungg:
Sepakat omm,,karena masih ketakar powernya tapi gak kehilangan sensasinya. Makanya cita-cita bisa punya cbr 250 4cyl, pasti menggairahkan memacunya [emoji7]
250cc 4cyl utk traffic jakarta macam begini kalau buat oe sih way too much ya.

Oe lebih prefer bebek ayam jago 100cc - 150cc + light modification, karena bisa di pacu sampai ke limit.
Salah 1 motor yg oe maksud adalah suzuki satria F115 young star.

Atau motor sport fairing 125cc yg sayangnya tdk masuk ke market indo. Sebut saja YZF R125, CBR 125, Aprilia Rs125, dst.
:big_exellent:

Bebek 110cc light mod yamaha oe punya masih bisa buntutin 250cc 2cyl di traffic jkt. :big_grin:

Maap oot :ungg:

Nah ini setuju.. Karna itu FU karbu masih ane pake.(meskipun rada boros) buat seruntulan ditengah kota enak banget, tarikan bawahnya ngga bolot kayak metik cvt dan gear ratio nya pendek2, jadi bisa pindah2 gigi di rpm tinggi :big_love: plus suara knalpot standard nya lumayan enak dan PWR nya cukup bagus. :big_grin:



Soal motor 125cc sih ane masih setia nungguin Duke 125 masuk sini, tampang ganteng abis, upside-down, power cukup lumayan buat dalam kota + irit dan merk Eropa tentunya :big_grin:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Wed May 30, 2018 6:37
jivos wrote: Tue May 29, 2018 17:29

temp gauge..sama dipstick cek oli.
D e60 mati kutu sm diatas, pasrah ngandalin cek faulty via idrive sj

Greng yg kek gmn um ?
Lg pk al4 nih d 407 :mky_01:
D8/d9 sm pk al4 jg.
nah iya, cuma di e60 saya nga begitu sering dipake, sedih juga temp ilang ya

greng kayak,hmm gimana ya jelasinnya, itu sama kan al4 nya 407 sama d9 fl? masih berasa ada hentakannya gitu, ngga smooth, nah itu seninya
407 acnya aman om? he he

saya terakhir di 406 05' tp masih xu blm ew, itu juga enak, matic jadul bukan modern ngga; oya grengnya itu kayak naik 206 triptonic trus pindah ke d9 al4, nah itu grengnya berasa he he, grengnya ilang begitu kedip2 nyala trus stuck di gigi 3 (khas pug banget)
Haha sy tau bgt rasanya ini, dulu pake d9. Sebenernya sih matic nya udh adaptive jg um tp ga kaya matic zaman now. Perpindahan gigi masih kerasa tp halus bukan hentakan.

3 tahun pake mbl itu matic kedap kedip 2x haha untung mati nyalain mbl normal lg

Oli al4 cuma itu aja ga bisa pake atf biasa. Ya ada seni nya lah mbl perancis, pug terakhir yg masih empug buat ane

Sorry oot
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Wed May 30, 2018 13:55
jivos wrote: Wed May 30, 2018 8:40
Sm dg d9 um (dr bc" n info mek si supri)
Iya hentakan msh berasa & ngga smooth.
Ac Smentara msh ok, br ada keluhan tdk dingin pas terik tengah hari bolong.

nostalgic balik aja k 607 um....meski ngga se advance trio jerman....yg pasti d jln ngga pasaran n lbh dilirik :big_chicken:
Wah semoga lekas sembuh itu ac om, saya inget dulu tiap ke wayan 407 pasti acnya yg masalah. Dulu pak edi nga megang 407 kyknya, supri malah blm nyoba. Coba googling: Part No 6477K9 om, mudah2an itu beres singanya. Btw, itu seni-nya ngerawat pug kan om? Adaa aja yg kurang he he he

Saya malah naksiran 605 yg merah om, punya orang bandung. Lebih nostalgik lagi itu Sri bukan sti, bener2 sekalian mesti telaten sama mesinnya

Tapi ada juga yg ngeracunin eagle... matic spek uk lagi hah jadi curhat
605 sih pelan2 bisa di cari um kaya kmrn ada yg nawarin warna silver 29 jt aja mbl mulusss bgt. Ga seberapa lah harganya sama dadanin w463 si om haha

Kl eagle beda cerita, udah mahal, barang jarang, harga bagus ada duit lebih sih ambil aja imho. Harganya bisa 6-15x lipat 605 wkwk

Dua dua nya youngtimer dan empug bgt buat ukuran mbl sekarang. Urusan mesin jg masih "raw". Setir jg ga responsiv.. tp ya kedua mbl ini cruiser sih ya, jd nikmatin nyaman nya aja..

Kl garasi cukup pgn iseng ambil pug tua lg sih, 505gti atau 605 ini
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Wed May 30, 2018 16:36
605 sih pelan2 bisa di cari um kaya kmrn ada yg nawarin warna silver 29 jt aja mbl mulusss bgt. Ga seberapa lah harganya sama dadanin w463 si om haha

Kl eagle beda cerita, udah mahal, barang jarang, harga bagus ada duit lebih sih ambil aja imho. Harganya bisa 6-15x lipat 605 wkwk

Dua dua nya youngtimer dan empug bgt buat ukuran mbl sekarang. Urusan mesin jg masih "raw". Setir jg ga responsiv.. tp ya kedua mbl ini cruiser sih ya, jd nikmatin nyaman nya aja..

Kl garasi cukup pgn iseng ambil pug tua lg sih, 505gti atau 605 ini
Btw itu soal al4, kalau kumat kedip2 pasti kena di sensornya ya,seluid apa xeluloid gitu ya, kalau D9.
Anehnya, dipps didelet ilang, atau dimatiin diidupin lagi ilang, khas banget emang

ini merah warnanya, 605 nya dokter di bandung, terkenal sih mulus banget 605nya
cuma 605 ini ngga ada maticnya ya?

505gti matic yah? kayaknya seruan 605 yah, karbu2 nyusahin tp bikin penasaran

kalo igel pas dulu deh, nanti nyonya teriak ha ha ha
*itu igel di bilangan tebet, ownernya yg main barong dll
Ron Asheton Forever
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Thu May 31, 2018 1:47
farizfsa wrote: Wed May 30, 2018 16:36
605 sih pelan2 bisa di cari um kaya kmrn ada yg nawarin warna silver 29 jt aja mbl mulusss bgt. Ga seberapa lah harganya sama dadanin w463 si om haha

Kl eagle beda cerita, udah mahal, barang jarang, harga bagus ada duit lebih sih ambil aja imho. Harganya bisa 6-15x lipat 605 wkwk

Dua dua nya youngtimer dan empug bgt buat ukuran mbl sekarang. Urusan mesin jg masih "raw". Setir jg ga responsiv.. tp ya kedua mbl ini cruiser sih ya, jd nikmatin nyaman nya aja..

Kl garasi cukup pgn iseng ambil pug tua lg sih, 505gti atau 605 ini
Btw itu soal al4, kalau kumat kedip2 pasti kena di sensornya ya,seluid apa xeluloid gitu ya, kalau D9.
Anehnya, dipps didelet ilang, atau dimatiin diidupin lagi ilang, khas banget emang

ini merah warnanya, 605 nya dokter di bandung, terkenal sih mulus banget 605nya
cuma 605 ini ngga ada maticnya ya?

505gti matic yah? kayaknya seruan 605 yah, karbu2 nyusahin tp bikin penasaran

kalo igel pas dulu deh, nanti nyonya teriak ha ha ha
*itu igel di bilangan tebet, ownernya yg main barong dll
pernah nemu sih om yg matic, tp yg sv v6, langka beneran.

gatau deh bisa di pasangin matic atau ga, harusnya sih bisa macem pasangin matic ke tiger

igel lg agak turun trend nya sih.. kalo udh punya juga syg2 dipake keluar malah jd garage queen syg juga

kalo cuma 605 sih kayanya bini ga bakal teriak ya secara murah tp paling kenapa mbl jadul lg haha

itu AL4 dulu sih seloid matic nya kenapa gt, untung punya saya masih sehat sih, paling cape bersihin idle regulator aja sering di pug 406.

udah lama ga pake pug, terakhir ya pas pak edi otoklinik itu masih di pinggir tol. padahal sebelum icip mercy keluarga besar sih pake pug mulu dr 505gr, gti, 405 sri sti lemans, 306 n3 n5 terakhir 406.

sekarang sih pug yg masih ane demen cuma 508, tau deh rasanya enak apa generic