Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
mau metik mau manual.. lebih enak pake paddle shifter..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Setuju om.... tergantung besarnya tenaga dan torsi yg tersedia di mobilnya.
kalo agya ayla, enakan manual buat overtake diluar kota.
Tapi kalo sekelas gajah diesel, mending matic karena gak ada drop rpm saat pindah transmisi kayak di manual. jadi momentum tetap terjaga.
Hanya opini dari Nubie
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
5 thn ke belakang ini mobil pribadi bensin 1500cc metic trs, dan nggak pernah ada masalah overtake, nggak bisa dbilang lemot.
Tapiiiiiiii........akhir2 ini sempat bawa avanza rental 1300cc m/t keluar kota and damnnnnnnnnn.....kayak ikan abis dari darat nyemplung balik ke air.....enak dan lega bangetttttt
Tapiiiiiiii........akhir2 ini sempat bawa avanza rental 1300cc m/t keluar kota and damnnnnnnnnn.....kayak ikan abis dari darat nyemplung balik ke air.....enak dan lega bangetttttt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kursi sy malah cukup tegak om, krn sy suka setir dkt ke badan & mobil sy setirnya gk telescopicadityabp wrote: Tue Jan 16, 2018 5:47Sandaran kursi telalu rebah ya om?coklatMetalik wrote: Mon Jan 15, 2018 14:46 Saya sih lbh suka manual utk luar kota, walaupun kalo lbh dr 3 jam biasanya dari pinggang ke bawah pegel semua (apa mungkin krn sy jarang olahraga ya)
Saya kalo nyetir jarak jauh, sandaran kursi saya setel agak tegak, trus pastikan tulang ekor nempel di sandaran.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
m/t terasa jambakan setan ya ....
a/t jg bisa, pas kick down suruh aja anak/pacar jambakin dr blkg
a/t jg bisa, pas kick down suruh aja anak/pacar jambakin dr blkg
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
kalau overtake pakai amt/ags seperti apa ya rasanya ? sama saja seperti manual rasa kickdownnya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Pengen VW 1.9 tdi metic....Nainggolan21 wrote:Setuju om.... tergantung besarnya tenaga dan torsi yg tersedia di mobilnya.
kalo agya ayla, enakan manual buat overtake diluar kota.
Tapi kalo sekelas gajah diesel, mending matic karena gak ada drop rpm saat pindah transmisi kayak di manual. jadi momentum tetap terjaga.
Hanya opini dari Nubie
[emoji24] [emoji24] [emoji24] [emoji24] [emoji24] [emoji24]
We love torque...
[emoji5] [emoji5] [emoji5]
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
apalah arti mobil ane yg cuman 1400 cc, mana matic lg, agak susah klo pengen overtake, apalagi di lintas sumateraNainggolan21 wrote: Tue Jan 16, 2018 6:14Setuju om.... tergantung besarnya tenaga dan torsi yg tersedia di mobilnya.
kalo agya ayla, enakan manual buat overtake diluar kota.
Tapi kalo sekelas gajah diesel, mending matic karena gak ada drop rpm saat pindah transmisi kayak di manual. jadi momentum tetap terjaga.
Hanya opini dari Nubie![]()

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
manual lebih enak.... kalo dibanding matic jadul ato CVT, even ada paddleshiftnya sekalipun...
tapi kalo ada pilihan matic dual clutch 8 speed+... lain cerita
sensasi enak-ga enak, jambak ngga jambak itu nomer dua,
yg penting selesaikan overtake secepatnya demi keselamatan.
tapi kalo ada pilihan matic dual clutch 8 speed+... lain cerita
sensasi enak-ga enak, jambak ngga jambak itu nomer dua,
yg penting selesaikan overtake secepatnya demi keselamatan.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
saya prefer pakai manual atau geared automatic trans ajah 

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
r12qiSonH4ji wrote: Tue Jan 16, 2018 9:01apalah arti mobil ane yg cuman 1400 cc, mana matic lg, agak susah klo pengen overtake, apalagi di lintas sumateraNainggolan21 wrote: Tue Jan 16, 2018 6:14Setuju om.... tergantung besarnya tenaga dan torsi yg tersedia di mobilnya.
kalo agya ayla, enakan manual buat overtake diluar kota.
Tapi kalo sekelas gajah diesel, mending matic karena gak ada drop rpm saat pindah transmisi kayak di manual. jadi momentum tetap terjaga.
Hanya opini dari Nubie![]()
![]()

160 PS 260N.m dibilang kecil....

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
ngomong 2 soal attitude driver, sy jadi teringat di lintas sumatera :marmut wrote: Tue Jan 16, 2018 5:20 nggak ada hubungannya antara overtake dengan sistem transmisi mas.....
yang lebih penting itu skill dan attitude driver. ngerti apa enggak cara yang benar saat mau overtake?
situasi aspal ke depan bagaimana? situasi lalin dari arah lawan memungkinkan atau tidak? berapa banyak kendaraan yang mau di overtake? situasi di belakang kendaraan kita memungkinkan atau tidak? apa yang harus dilakukan saat lagi overtake?
- mobil kijang yang nyodok2 terus lewat kanan dan ngarepin nantinya (pas mau masuk ke kiri) yg di kiri ngasih celah untuk dia masuk kiri karena dari depan sudah datang mobil. (Padahal lagi macet merayap).
- Ada mobil juga pecicilan yang nyalip di pengkolan sementara saya sudah kasih lampu sein kanan kedap kedip dan saya tinggal tunggu dari depan aman.
entah nyawanya ada 7.
- Ada mobil ngebut ngebut dan selap selip geol geol...tapi ternyata setelah seharian nyetir eh ketemu lagi di sono...(lhaaa...kalo gitu ngapain ngebut gak kepuguhan, kalau toh hasilnya cuma beda jarak 2 mobil dengan ane..)
saya selalu pastikan bahwa dari depan memang aman, baru nyalip.
karena bukan niat mobil dari depan untuk tabrakan, tapi kalau terperogok (bahasa medan) di pengkolan mau gimana lagi...dia turun ke bram jalan sih belum tentu ada space yg rata....bisa bisa dia masuk jurang...makanya tabrakan sering tak terelakkan.
- Kalau nyalib truk/bus besar, dan saya ada di urutan ke 2 atau 3 mobil yang mau nyalib, saya biasanya kasih klakson...untuk ngasih tahu bahwa "punten oom, yang nyalib masih ada nih....jangan sampai disangka supir dengan lolosnya yang nyalib pertama berarti sudah gak ada lagi yg nyalib.
Kalau nyalib jangan cuma kasih tanda lampu beam, karena belum tentu supir tengok spion.
- Kalau nyalib, lihatlah kondisi aspal di jalur kanan dan kiri.
Saya ada kejadian di saat mudik Natal kemaren. Saya nyalib truk panjang (pembawa sepeda motor) di deket Bayung Lencir, Jambi.
Saya kasih lampu beam saja...dan saya nyalib.....ketika setengah sy sudah sejajar denga setengah body truck, trucknya ngesok ke kanan dan makin ke kanan...saya juga makin minggi ke kanan...ke kanan...kanan...jaga jarak supaya spion saya tidak kena body dia...tapi karena dia makin kanan dan sisa 1 meter luas jalan tersedia bagi saya...saya turun separuh body ke tanah (bram jalan)...untung perbedaan ketinggiannya tidak terlalu jauh...
lalu sambil rem saya arahkan lagi stir naek ke aspal..
ternyata penyebabnya adalah di kiri ada lubang..dan dia gak mau ngerem...dia memilih nyalib dari kanan, tapi speed dia gak bisa laju kencang...
Maka dari itu tetaplah berdoa, karena manusia macam apa saja ada di jalan.
maaf, sekedar sharing dari nubie..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Waduhh saya juga pernah begitu ommm...mau nyalip tiba2 truknya makin kekanann laahh lahh lahhh mau senggolan sm mobil,langsung saya klakson panjang dan gas dalem biar mobil makin ngibrit larinya..untung msh dapet momentum..
Kondisi jalan bagus,mgkn ngantuk supirnya..maklum perjalanan malam.
Kondisi jalan bagus,mgkn ngantuk supirnya..maklum perjalanan malam.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Wah ngeri juga ya lae kalo gitu nyetir lintas Sumatera. Terakhir nyetir lintas Sumatera 25 tahun lalu masih lintas Tengah Lewat nya, masih sopan santun waktu zaman itu yang nyetirginting wrote:ngomong 2 soal attitude driver, sy jadi teringat di lintas sumatera :marmut wrote: Tue Jan 16, 2018 5:20 nggak ada hubungannya antara overtake dengan sistem transmisi mas.....
yang lebih penting itu skill dan attitude driver. ngerti apa enggak cara yang benar saat mau overtake?
situasi aspal ke depan bagaimana? situasi lalin dari arah lawan memungkinkan atau tidak? berapa banyak kendaraan yang mau di overtake? situasi di belakang kendaraan kita memungkinkan atau tidak? apa yang harus dilakukan saat lagi overtake?
- mobil kijang yang nyodok2 terus lewat kanan dan ngarepin nantinya (pas mau masuk ke kiri) yg di kiri ngasih celah untuk dia masuk kiri karena dari depan sudah datang mobil. (Padahal lagi macet merayap).
- Ada mobil juga pecicilan yang nyalip di pengkolan sementara saya sudah kasih lampu sein kanan kedap kedip dan saya tinggal tunggu dari depan aman.
entah nyawanya ada 7.
- Ada mobil ngebut ngebut dan selap selip geol geol...tapi ternyata setelah seharian nyetir eh ketemu lagi di sono...(lhaaa...kalo gitu ngapain ngebut gak kepuguhan, kalau toh hasilnya cuma beda jarak 2 mobil dengan ane..)
saya selalu pastikan bahwa dari depan memang aman, baru nyalip.
karena bukan niat mobil dari depan untuk tabrakan, tapi kalau terperogok (bahasa medan) di pengkolan mau gimana lagi...dia turun ke bram jalan sih belum tentu ada space yg rata....bisa bisa dia masuk jurang...makanya tabrakan sering tak terelakkan.
- Kalau nyalib truk/bus besar, dan saya ada di urutan ke 2 atau 3 mobil yang mau nyalib, saya biasanya kasih klakson...untuk ngasih tahu bahwa "punten oom, yang nyalib masih ada nih....jangan sampai disangka supir dengan lolosnya yang nyalib pertama berarti sudah gak ada lagi yg nyalib.
Kalau nyalib jangan cuma kasih tanda lampu beam, karena belum tentu supir tengok spion.
- Kalau nyalib, lihatlah kondisi aspal di jalur kanan dan kiri.
Saya ada kejadian di saat mudik Natal kemaren. Saya nyalib truk panjang (pembawa sepeda motor) di deket Bayung Lencir, Jambi.
Saya kasih lampu beam saja...dan saya nyalib.....ketika setengah sy sudah sejajar denga setengah body truck, trucknya ngesok ke kanan dan makin ke kanan...saya juga makin minggi ke kanan...ke kanan...kanan...jaga jarak supaya spion saya tidak kena body dia...tapi karena dia makin kanan dan sisa 1 meter luas jalan tersedia bagi saya...saya turun separuh body ke tanah (bram jalan)...untung perbedaan ketinggiannya tidak terlalu jauh...
lalu sambil rem saya arahkan lagi stir naek ke aspal..
ternyata penyebabnya adalah di kiri ada lubang..dan dia gak mau ngerem...dia memilih nyalib dari kanan, tapi speed dia gak bisa laju kencang...
Maka dari itu tetaplah berdoa, karena manusia macam apa saja ada di jalan.
maaf, sekedar sharing dari nubie..

Memang paling ngeri kalo pas di tikungan yang blind spot terus ada yang nyalip, kita di jalur bener mesti ngalah kalo ga mau adu kambing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Masak iya mau take over RC.... kualat nanti...r12qiSonH4ji wrote:apalah arti mobil ane yg cuman 1400 cc, mana matic lg, agak susah klo pengen overtake, apalagi di lintas sumateraNainggolan21 wrote: Tue Jan 16, 2018 6:14Setuju om.... tergantung besarnya tenaga dan torsi yg tersedia di mobilnya.
kalo agya ayla, enakan manual buat overtake diluar kota.
Tapi kalo sekelas gajah diesel, mending matic karena gak ada drop rpm saat pindah transmisi kayak di manual. jadi momentum tetap terjaga.
Hanya opini dari Nubie![]()
[emoji23] [emoji23] [emoji23]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Katanya mau pake rotary....nescafe wrote:saya prefer pakai manual atau geared automatic trans ajah
*kaboorrr....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kalau saya untuk keluar kota apa lagi untuk overtaking mending manual, walau pakai matic lebih enak ketika shifting ga ada jeda.. Pakai matic 2000 cc pakai sport mode masih kalah enak dengan 1800 cc manual.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
hmmm iya juga yaaa....paidjho wrote: Tue Jan 16, 2018 13:32Katanya mau pake rotary....nescafe wrote:saya prefer pakai manual atau geared automatic trans ajah
*kaboorrr....

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Dijalan lintas sumatra, pengalaman jalur Sumbar-Riau sering travel terutama avxen, luxio or panther nyalip ditikungan. Yang sering lewat kelok 9 tau rasanya diover take ditikunganiwansiagian wrote: Tue Jan 16, 2018 11:43Wah ngeri juga ya lae kalo gitu nyetir lintas Sumatera. Terakhir nyetir lintas Sumatera 25 tahun lalu masih lintas Tengah Lewat nya, masih sopan santun waktu zaman itu yang nyetirginting wrote:ngomong 2 soal attitude driver, sy jadi teringat di lintas sumatera :marmut wrote: Tue Jan 16, 2018 5:20 nggak ada hubungannya antara overtake dengan sistem transmisi mas.....
yang lebih penting itu skill dan attitude driver. ngerti apa enggak cara yang benar saat mau overtake?
situasi aspal ke depan bagaimana? situasi lalin dari arah lawan memungkinkan atau tidak? berapa banyak kendaraan yang mau di overtake? situasi di belakang kendaraan kita memungkinkan atau tidak? apa yang harus dilakukan saat lagi overtake?
- mobil kijang yang nyodok2 terus lewat kanan dan ngarepin nantinya (pas mau masuk ke kiri) yg di kiri ngasih celah untuk dia masuk kiri karena dari depan sudah datang mobil. (Padahal lagi macet merayap).
- Ada mobil juga pecicilan yang nyalip di pengkolan sementara saya sudah kasih lampu sein kanan kedap kedip dan saya tinggal tunggu dari depan aman.
entah nyawanya ada 7.
- Ada mobil ngebut ngebut dan selap selip geol geol...tapi ternyata setelah seharian nyetir eh ketemu lagi di sono...(lhaaa...kalo gitu ngapain ngebut gak kepuguhan, kalau toh hasilnya cuma beda jarak 2 mobil dengan ane..)
saya selalu pastikan bahwa dari depan memang aman, baru nyalip.
karena bukan niat mobil dari depan untuk tabrakan, tapi kalau terperogok (bahasa medan) di pengkolan mau gimana lagi...dia turun ke bram jalan sih belum tentu ada space yg rata....bisa bisa dia masuk jurang...makanya tabrakan sering tak terelakkan.
- Kalau nyalib truk/bus besar, dan saya ada di urutan ke 2 atau 3 mobil yang mau nyalib, saya biasanya kasih klakson...untuk ngasih tahu bahwa "punten oom, yang nyalib masih ada nih....jangan sampai disangka supir dengan lolosnya yang nyalib pertama berarti sudah gak ada lagi yg nyalib.
Kalau nyalib jangan cuma kasih tanda lampu beam, karena belum tentu supir tengok spion.
- Kalau nyalib, lihatlah kondisi aspal di jalur kanan dan kiri.
Saya ada kejadian di saat mudik Natal kemaren. Saya nyalib truk panjang (pembawa sepeda motor) di deket Bayung Lencir, Jambi.
Saya kasih lampu beam saja...dan saya nyalib.....ketika setengah sy sudah sejajar denga setengah body truck, trucknya ngesok ke kanan dan makin ke kanan...saya juga makin minggi ke kanan...ke kanan...kanan...jaga jarak supaya spion saya tidak kena body dia...tapi karena dia makin kanan dan sisa 1 meter luas jalan tersedia bagi saya...saya turun separuh body ke tanah (bram jalan)...untung perbedaan ketinggiannya tidak terlalu jauh...
lalu sambil rem saya arahkan lagi stir naek ke aspal..
ternyata penyebabnya adalah di kiri ada lubang..dan dia gak mau ngerem...dia memilih nyalib dari kanan, tapi speed dia gak bisa laju kencang...
Maka dari itu tetaplah berdoa, karena manusia macam apa saja ada di jalan.
maaf, sekedar sharing dari nubie..
Memang paling ngeri kalo pas di tikungan yang blind spot terus ada yang nyalip, kita di jalur bener mesti ngalah kalo ga mau adu kambing.




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Bagaimanapun juga power loss di transmisi manual pasti lebih kecil. Jadi tarikan lebih enak.
Masalah overtake sih lain cerita, tergantung mesin, jenis transmisi, & skill.

Masalah overtake sih lain cerita, tergantung mesin, jenis transmisi, & skill.

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
urutan yang benar adalah ;geofreyap wrote: Wed Jan 17, 2018 13:10 Bagaimanapun juga power loss di transmisi manual pasti lebih kecil. Jadi tarikan lebih enak.
Masalah overtake sih lain cerita, tergantung mesin, jenis transmisi, & skill.
![]()
"...tergantung skill, mesin, dan jenis transmisi."
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Nubie sependapat dgn urutannya[emoji7]marmut wrote:urutan yang benar adalah ;geofreyap wrote: Wed Jan 17, 2018 13:10 Bagaimanapun juga power loss di transmisi manual pasti lebih kecil. Jadi tarikan lebih enak.
Masalah overtake sih lain cerita, tergantung mesin, jenis transmisi, & skill.
![]()
"...tergantung skill, mesin, dan jenis transmisi."

HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Betul nih, mesin prioritasnya lbh dulu dr trans. Kalo mesinnya tenaga dan torsinya cukup, pake AT enak2 aja kok buat overtake.marmut wrote:urutan yang benar adalah ;geofreyap wrote: Wed Jan 17, 2018 13:10 Bagaimanapun juga power loss di transmisi manual pasti lebih kecil. Jadi tarikan lebih enak.
Masalah overtake sih lain cerita, tergantung mesin, jenis transmisi, & skill.
![]()
"...tergantung skill, mesin, dan jenis transmisi."
Skrg saya yg rada masalah pake anki bensin. Mesinnya underpower buat mobil segitu, trus maticnya anki sama anf kan rada bolot. Lengkap sudah. Selalu pindah mode manual kalo di ruas jalan lg ramai, biar bisa ngatur torsi.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Ah menarik nih,tulang ekor saya,gara2 ,sering flight berjam2 ,jadi sering sakit ,kalo joknya gak pasadityabp wrote: Tue Jan 16, 2018 5:47Sandaran kursi telalu rebah ya om?coklatMetalik wrote: Mon Jan 15, 2018 14:46 Saya sih lbh suka manual utk luar kota, walaupun kalo lbh dr 3 jam biasanya dari pinggang ke bawah pegel semua (apa mungkin krn sy jarang olahraga ya)
Saya kalo nyetir jarak jauh, sandaran kursi saya setel agak tegak, trus pastikan tulang ekor nempel di sandaran.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
untuk alasan yang sama, sy selalu lebih suka mobil yang jok tinggi karena :nugroho bagor wrote: Thu Jan 18, 2018 1:13Ah menarik nih,tulang ekor saya,gara2 ,sering flight berjam2 ,jadi sering sakit ,kalo joknya gak pasadityabp wrote: Tue Jan 16, 2018 5:47Sandaran kursi telalu rebah ya om?coklatMetalik wrote: Mon Jan 15, 2018 14:46 Saya sih lbh suka manual utk luar kota, walaupun kalo lbh dr 3 jam biasanya dari pinggang ke bawah pegel semua (apa mungkin krn sy jarang olahraga ya)
Saya kalo nyetir jarak jauh, sandaran kursi saya setel agak tegak, trus pastikan tulang ekor nempel di sandaran.
- Postur tegak
- Kaki turun ke bawah (bukan selonjor gaya sedan)
- Berat badan ditumpu tulang panggul dan paha (bukan tulang panggul doang)
- Nekan pedal gas lebih entang karena berat kaki ikut nekan. jempol dan ujung kaki agak berkurang capeknya.
- posisi tangan agak turun megang setir. posisi setir lebih rendah dari bahu.
kalau sedan tangah lurus ke depan (sejajar) yang mengakibatkan lebih lekas lelah.
- kalau kejebak macet maka mobil sedan/rasa sedan terasa lebih susah geraknya.
- Jok tegak dengan penahan lumbar yg baik akan membuat kita bisa nyetir lama.
Tapi kembalia lagi soal selera sih.
cmiiw