kemana majalah top gear indonesia?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by dsign1990 »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 1:03 btw, kalau itu majalah oto.otif pada bubar..lalu pemred/petingginya skrg kmana ya ?
pindah ke media online kah ?
yg tahu rimbanya cuma soni riharto
kru2nya banyakan ke media OL dan jadi org2 ATPM
2015an dulu pernah beli majalah baru namanya carvaganza pemrednya Munawar cholil yg tadinya di F1 racing, nekat juga itu bikin majalah baru ditengah menurunya era media cetak entah masih eksis atau nggak itu majalah
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by iwidiyanto »

sy sampai langganan versi inggris nya f1racing di periplus gara2 versi indonesianya gulung tikar
ninodiablo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by ninodiablo »

Rindu dulu beli TopGear di tukang majalah, skrg kl di online, informasinya kadang terlalu sedikit tidak robust seperti jaman dulu dimana satu topik/ review mobil bisa lebih dari 1 halaman.

Ada yg hilang kl hanya lihat dari Ytube, kl kita baca kita bisa kenal karakter dari penulis yang menentukan approach dari tulisan, sehingga tidak bosan, Bandingkan dengan car reviewer kyk carwow deh yg approachnya selalu sama jadi lama-lama bosan.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by MSU »

jadi teringat jaman dulu duit cekak...akhirnya ke gramedia demi bisa baca gratis
tp kalo masih di plastikin ga saya buka sih....mgkn sekarang corner majalah di gramedia udh sepi ya
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by Dat510 »

Ahh jadi kangen juga sama majalah, dlu saya beli macem2, motortrend, top gear, autobild, autocar, dll, tiap bulan ke gramed buat beli diantara itu yg isi nya paling menarik. Baca majalah beda banget dengan baca media online, dimana klo media cetak biasanya artikel lebih mendalam dan menyeluruh dan kita nya juga tahan baca 30-60 menit. Klo media online agak dangkal ya, artikel nya pendek-pendek dan kita juga biasa nya klo tulisan panjang males dluan bacanya.

jadi klo media cetak nemu tulisan panjang saya biasanya excited, kalo media onlinel langsung "err..panjang banget.. skip".
Review youtube juga sama, biasa nya kita nonton rata2 video yang durasi 10-15 menit, diatas itu bosan, belum lagi godaan recommended video yang bikin kita jadi click sana sini sebelum video yg kita tonton selesai.
oh1113
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Mar 02, 2019 22:34
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Car

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by oh1113 »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 1:03 btw, kalau itu majalah oto.otif pada bubar..lalu pemred/petingginya skrg kmana ya ?
pindah ke media online kah ?
Iya ya bener juga.. kynya sebagian ada yg pindah ke media online
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by liemivan86 »

Dat510 wrote:Ahh jadi kangen juga sama majalah, dlu saya beli macem2, motortrend, top gear, autobild, autocar, dll, tiap bulan ke gramed buat beli diantara itu yg isi nya paling menarik. Baca majalah beda banget dengan baca media online, dimana klo media cetak biasanya artikel lebih mendalam dan menyeluruh dan kita nya juga tahan baca 30-60 menit. Klo media online agak dangkal ya, artikel nya pendek-pendek dan kita juga biasa nya klo tulisan panjang males dluan bacanya.

jadi klo media cetak nemu tulisan panjang saya biasanya excited, kalo media onlinel langsung "err..panjang banget.. skip".
Review youtube juga sama, biasa nya kita nonton rata2 video yang durasi 10-15 menit, diatas itu bosan, belum lagi godaan recommended video yang bikin kita jadi click sana sini sebelum video yg kita tonton selesai.
Saya justru penasaran dengan business model media online ini. Misal kita pakai contoh otodriver saja, mereka dapat uang dari mana ya?

Yang saya tau:
- YouTube
- iklan di youtube
- iklan di website
- apa lagi?

Saya lihat gaya hidup crew nya lumayan tinggi juga, dan biaya operasional juga lumayan besar. Bisa ya dari youtube aja yang view nya cuma rata-rata di bawah 500K nutup operasional mereka?
SleeperCars
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat May 25, 2019 6:50
Location: Bali
Daily Vehicle: Hrv e se

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by SleeperCars »

Gw masih berharap majalah MOTOR(intan motor) ada youtube chanelnya,ini majalah keren bener modifikasinya proper2 semua :big_exellent: ,sayang udah lama stop terbit
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by Dat510 »

liemivan86 wrote: Sun Sep 29, 2019 13:26
Dat510 wrote:Ahh jadi kangen juga sama majalah, dlu saya beli macem2, motortrend, top gear, autobild, autocar, dll, tiap bulan ke gramed buat beli diantara itu yg isi nya paling menarik. Baca majalah beda banget dengan baca media online, dimana klo media cetak biasanya artikel lebih mendalam dan menyeluruh dan kita nya juga tahan baca 30-60 menit. Klo media online agak dangkal ya, artikel nya pendek-pendek dan kita juga biasa nya klo tulisan panjang males dluan bacanya.

jadi klo media cetak nemu tulisan panjang saya biasanya excited, kalo media onlinel langsung "err..panjang banget.. skip".
Review youtube juga sama, biasa nya kita nonton rata2 video yang durasi 10-15 menit, diatas itu bosan, belum lagi godaan recommended video yang bikin kita jadi click sana sini sebelum video yg kita tonton selesai.
Saya justru penasaran dengan business model media online ini. Misal kita pakai contoh otodriver saja, mereka dapat uang dari mana ya?

Yang saya tau:
- YouTube
- iklan di youtube
- iklan di website
- apa lagi?

Saya lihat gaya hidup crew nya lumayan tinggi juga, dan biaya operasional juga lumayan besar. Bisa ya dari youtube aja yang view nya cuma rata-rata di bawah 500K nutup operasional mereka?
Nah ini saya juga ngga tau, apakah income mereka cuma dari yg om sebutin diatas atau ada yg lain, mungkin kita harus jadi youtuber dlu biar tau.. wkwk..
Tapi klo dilihat gaya hidup dan loncatan atha halilintar, ria ricis, dan kawan-kawan kayanya dari youtube lumayan gede juga ya.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by dsign1990 »

liemivan86 wrote: Sun Sep 29, 2019 13:26
Dat510 wrote:Ahh jadi kangen juga sama majalah, dlu saya beli macem2, motortrend, top gear, autobild, autocar, dll, tiap bulan ke gramed buat beli diantara itu yg isi nya paling menarik. Baca majalah beda banget dengan baca media online, dimana klo media cetak biasanya artikel lebih mendalam dan menyeluruh dan kita nya juga tahan baca 30-60 menit. Klo media online agak dangkal ya, artikel nya pendek-pendek dan kita juga biasa nya klo tulisan panjang males dluan bacanya.

jadi klo media cetak nemu tulisan panjang saya biasanya excited, kalo media onlinel langsung "err..panjang banget.. skip".
Review youtube juga sama, biasa nya kita nonton rata2 video yang durasi 10-15 menit, diatas itu bosan, belum lagi godaan recommended video yang bikin kita jadi click sana sini sebelum video yg kita tonton selesai.
Saya justru penasaran dengan business model media online ini. Misal kita pakai contoh otodriver saja, mereka dapat uang dari mana ya?

Yang saya tau:
- YouTube
- iklan di youtube
- iklan di website
- apa lagi?

Saya lihat gaya hidup crew nya lumayan tinggi juga, dan biaya operasional juga lumayan besar. Bisa ya dari youtube aja yang view nya cuma rata-rata di bawah 500K nutup operasional mereka?

yg paling enak B channel
kayaknya apa2 yg ada di video bisa digarap sendiri kecuali saat ngeliput pameran doang yg musti dibantu temannya buat dudukin kursi duluan
konten2nya cm in depth tour bkn tes jadi gak rawan konflik pro kontra dari pemirsanya
jumlah subsnya jg tergolong banyak meski jumlah viewnya gak meledak di hari ke 1/2 tapi terus baik seiring adanya org yg lagi hunting mobil gk spt youtuber otomotif lain yg videonya rata2 cenderung "stop" ditonton org setelah hari ke 3/4
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by kunaskun »

dsign1990 wrote: Mon Sep 30, 2019 6:27 yg paling enak B channel
kayaknya apa2 yg ada di video bisa digarap sendiri kecuali saat ngeliput pameran doang yg musti dibantu temannya buat dudukin kursi duluan
konten2nya cm in depth tour bkn tes jadi gak rawan konflik pro kontra dari pemirsanya
jumlah subsnya jg tergolong banyak meski jumlah viewnya gak meledak di hari ke 1/2 tapi terus baik seiring adanya org yg lagi hunting mobil gk spt youtuber otomotif lain yg videonya rata2 cenderung "stop" ditonton org setelah hari ke 3/4
konsep B Channel ini menarik, mirip banget dengan Driver's High Channel, malah saya tau B channel karena lagi liatin video Driver's high channel eh nongol suggestions-nya. mirip travel & food vlogger zaman dulu, ga perlu banyak crew, ga kaya zaman now, satu youtuber kemana2 naik truk kalau perlu, saking banyaknya itu crew.

for long trem video kaya B Channel emang terus nyetak duit karena pasti ada besok2 yang nonton lagi, walau akan terus mengecil nilainya, sesuai kebijakan google yang terus menerus berubah. kaya royalti hasil seni seperti lagu komersil. kalau yg target-nya trending video atau topic, memang hit n run, kejer di awal2 saja, berikutnya ya bonus. intinya pinter2an cari celah untuk monetizing.

rule of thumbs sekarang kalau ga salah: 1USD/1000k views, 1 view = nonton dari detik 0 - detik terakhir, baru bisa monetizing. belum adsense ya. asumsi 500 ribu viewer per bulan = 500 USD = 7 mio IDR. cukup gaji satu crew + dll. bikin 10 video sebulan = 70 mio IDR. cukup untuk crew komplit dan makan enak. hebatnya lagi, sistem google itu ga bisa dibodohi fake viewer dsb, jadi bisa dibilang terpercaya.

duit paling gede sekarang dari? adsense dan endorse.

kalau inget zaman youtube baru naik, kira2 awal dekade ini. youtuber ga butuh duit dari endorse, dari google dan adsense cukup banget. tapi mahal di produksi, karena kalau mau berkualitas harus punya gear bagus, dan bandwidth gede, makanya jarang dari Indo. nah sekarang terbalikan karena hape udah mayan banget buat vlog, bandwidth gede juga dimana2, post production pake notebook murmer juga sudah bisa, paling rendering lama, malah banyak vlogger yang edit di tablet.

hasil baca2 kelas thunder family itu kan bisa belasan M sebulan dari youtube saja. caranya? spam video yang banyak, harapannya: Dari sekian puluh juta viewer youtube indo ada nyangkut dikit2, mayan kan. quantity over quality. belum adsense dan endorse. thunder family ini ekspansi juga, ada cerita dari salah satu kenalan EO, prediksi dia, thunder family modal nyewain gear dia untuk youtuber dan studio dia aja udah banyak banget tu duit. ga heran tiap bulan mau beli AP/PP/VC tinggal merem. dan ga aneh jadi top 20 youtuber dunia yang pendapatan paling gede.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by dsign1990 »

kunaskun wrote: Mon Sep 30, 2019 6:46
dsign1990 wrote: Mon Sep 30, 2019 6:27 yg paling enak B channel
kayaknya apa2 yg ada di video bisa digarap sendiri kecuali saat ngeliput pameran doang yg musti dibantu temannya buat dudukin kursi duluan
konten2nya cm in depth tour bkn tes jadi gak rawan konflik pro kontra dari pemirsanya
jumlah subsnya jg tergolong banyak meski jumlah viewnya gak meledak di hari ke 1/2 tapi terus baik seiring adanya org yg lagi hunting mobil gk spt youtuber otomotif lain yg videonya rata2 cenderung "stop" ditonton org setelah hari ke 3/4
konsep B Channel ini menarik, mirip banget dengan Driver's High Channel, malah saya tau B channel karena lagi liatin video Driver's high channel eh nongol suggestions-nya. mirip travel & food vlogger zaman dulu, ga perlu banyak crew, ga kaya zaman now, satu youtuber kemana2 naik truk kalau perlu, saking banyaknya itu crew.

for long trem video kaya B Channel emang terus nyetak duit karena pasti ada besok2 yang nonton lagi, walau akan terus mengecil nilainya, sesuai kebijakan google yang terus menerus berubah. kaya royalti hasil seni seperti lagu komersil. kalau yg target-nya trending video atau topic, memang hit n run, kejer di awal2 saja, berikutnya ya bonus. intinya pinter2an cari celah untuk monetizing.

rule of thumbs sekarang kalau ga salah: 1USD/1000k views, 1 view = nonton dari detik 0 - detik terakhir, baru bisa monetizing. belum adsense ya. asumsi 500 ribu viewer per bulan = 500 USD = 7 mio IDR. cukup gaji satu crew + dll. bikin 10 video sebulan = 70 mio IDR. cukup untuk crew komplit dan makan enak. hebatnya lagi, sistem google itu ga bisa dibodohi fake viewer dsb, jadi bisa dibilang terpercaya.

duit paling gede sekarang dari? adsense dan endorse.

kalau inget zaman youtube baru naik, kira2 awal dekade ini. youtuber ga butuh duit dari endorse, dari google dan adsense cukup banget. tapi mahal di produksi, karena kalau mau berkualitas harus punya gear bagus, dan bandwidth gede, makanya jarang dari Indo. nah sekarang terbalikan karena hape udah mayan banget buat vlog, bandwidth gede juga dimana2, post production pake notebook murmer juga sudah bisa, paling rendering lama, malah banyak vlogger yang edit di tablet.

hasil baca2 kelas thunder family itu kan bisa belasan M sebulan dari youtube saja. caranya? spam video yang banyak, harapannya: Dari sekian puluh juta viewer youtube indo ada nyangkut dikit2, mayan kan. quantity over quality. belum adsense dan endorse. thunder family ini ekspansi juga, ada cerita dari salah satu kenalan EO, prediksi dia, thunder family modal nyewain gear dia untuk youtuber dan studio dia aja udah banyak banget tu duit. ga heran tiap bulan mau beli AP/PP/VC tinggal merem. dan ga aneh jadi top 20 youtuber dunia yang pendapatan paling gede.
kalau viewer nontonnya loncat2 bisa monetizing gak ya?
hampir semua video B channel sy tonton tapi bagian awalnya saja yg antara hard plastic / fabric / soft touch sama legroom blkg nya saja jadi dari 1 video paling sy nonton 1-2 menjt sj
kalau yg thunder family paling sy tonton video 1-2kali sj waktu dia review Panamera ke sini nya gk pernah lagi tapi salut emang mereka kyknya emang pekerja keras sekaligus cerdas
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: kemana majalah top gear indonesia?

Post by kunaskun »

dsign1990 wrote: Mon Sep 30, 2019 7:51 kalau viewer nontonnya loncat2 bisa monetizing gak ya?
hampir semua video B channel sy tonton tapi bagian awalnya saja yg antara hard plastic / fabric / soft touch sama legroom blkg nya saja jadi dari 1 video paling sy nonton 1-2 menjt sj
setahu saya ngga. tapi ada yg blg total 30 detik sudah lebih dari cukup, ada yang blg minute viewed dsb.
https://www.quora.com/How-does-YouTube- ... -its-views

pada intinya: ada algoritma sendiri dari youtube.
kalau yg thunder family paling sy tonton video 1-2kali sj waktu dia review Panamera ke sini nya gk pernah lagi tapi salut emang mereka kyknya emang pekerja keras sekaligus cerdas
work hard and smarter :emo-big_love: