Kalo menurut ane hidup cuma sekali sih...hahahaha
Cari yg kondisinya paling close to original.
No tolerance to any modification.
Beli yg paling terawat, paling lengkap historikal perbaikannya.
Beli mobil simpanan dari penghobi / antusias. Bukan dr sembarang orang.
Walau pasti harganya mahal, tapi puas, dan relatif ga penyakitan.
Go for it, om...!!
C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1485
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Setuju Om..g4ndalf wrote: Fri Dec 29, 2017 10:14 Mercy BMW, semakin sering dipake semakin bagus kondisinya. Cerita2 oli rembes (biasanya oli transmisi), elektrikal / sensor problem, dll.. itu kemungkinan besar malah karena terlalu 'disayang'. Saya punya pengalaman sendiri e90 lawas 2 bulan di garasi, saya cek oli transmisi berceceran di lantai. w204 nggak dipake sebulan, sensor perlu ganti. Tapi setelah dipakai harian (dan sekarang kalo saya pergi tetep saya jalanin mobilnya) nggak ada problem. Sama juga setelah cuci mobil, kampas rem asli itu kena air malah semakin lengket... (masuk akal, supaya kondisi ujan tetep pakem). Jadi kalau nggak segera dipakai jgn direm parkir supaya kampas rem nggak nempel ke piringan. Ada kejadian bimmer dicuci dan dipanasin doank tapi gak jalan... kampas rem nempel ke piringan, terpaksa harus ganti piringan nya.
Sebetulnya jepang kalau fitur2nya udah kaya eropa ya sama aja ribetnya. Alphard misal sunroof kebuka dikit pas ujan... macet, ya wajar wong kemasukan air, itu steering rack pasti gluduk2 stlh 10rb KM... Harrier lawas, dashboard rawan pecah, dll hehehe. Kalau mau yg simpel2 ya cari mobil yg minim fitur. Bukan karena teknologi engineering jepang lebih unggul dari eropa, tapi karena memang minim fitur dan biasanya niru fitur2 mobil eropa (misal gak ada fitur power backdoor, ya nggak mungkin rusak wong nggak ada).
Kayaknya ada stigma, mobil eropa rewel, spare part mahal... ya sama aja, mobil jepang kalau sekelas Lexus, GTR, NSX kalau sampai rewel juga nggak murah parts nya. Ada kenalan saya ECU Nissan GTR nya problem, biaya servis & parts - 60 jt (apa bisa dibilang murah?), harga GTR sama S class selevel kan... sama aja pas rusak juga sama2 mahal.. hehehe.
Peugeot saya, kemarin selang radiator bocor sampai air habis dan overheat. Saya berhenti, tunggu agak dingin, saya tutup sementara pakai selotip, isi air lagi dan masih bisa lanjutkan perjalanan +/- 150km Sampai akhirnya saya bawa kebengkel ganti selang habis 600rb.
Honda Accord Ciello Om saya, lupa ditutup bagian air radiatornya dan overheat juga, tapi setelahnya mobil sudah ga bisa jalan dan harus diderek, top overhauled habis 5jt.
Jadi menurut saya karena elektronik lebih kompleks pasti potensi rusaknya bisa datang dari hal yang tidak dikira.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1485
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Nah si Om ini juga bener, saya juga beli mobil pertama eropa dari brand yang terkenal lebih rewel dari biem dan merc, yaitu Peugeot, saya pilih mobil yang ditawarkan paling mahal dan paling baik kondisinya sehingga ditahun pertama tidak ada komponen yang saya ganti, hanya saja saya tahu sedikit tentang mesin, paham soal kelistrikan dan bisa melakukan beberapa hal DIY, Saya sendiri pilih mobil eropa bukan karena gengsi karena yang tau merek itu juga cuma sedikit12valves wrote: Sat Dec 30, 2017 3:42 Kalo menurut ane hidup cuma sekali sih...hahahaha
Cari yg kondisinya paling close to original.
No tolerance to any modification.
Beli yg paling terawat, paling lengkap historikal perbaikannya.
Beli mobil simpanan dari penghobi / antusias. Bukan dr sembarang orang.
Walau pasti harganya mahal, tapi puas, dan relatif ga penyakitan.
Go for it, om...!!

Saya cari suspensi yang nyaman tapi handling tetap Ok, tenaga mesin Ok, kekedapan yahut dan irit bensin, beneran kalau mesin sehat dan cara nyetir benar bisa irit, mobil saya bawa pulang kampung bisa 1:12 dalkot 1:9-10. Tetapi memang perlu ekstra effort untuk menjaga itu semua, ya biaya ya waktu seperti berikut
1. Saya bukan anggota club dan juga tidak tertarik untuk gabung, kalau Om TS niat ikut ya tidak masalah mungkin diniatkan untuk menambah relasi.
2. Untuk biaya perbaikan, kalau perbandingannya dengan LMPV atau MPV jepang memang bisa lebih tinggi, perlu disadari juga bahwa kilometer dan usia kendaraan memang mewajibkan banyak komponen yang mesti diganti. Tidak jarang komponen yang rusak sedang langka sehingga mobil harus nginap dibengkel berminggu-minggu.
3. Apakah Om sudah cari2 bengkel rujukan? Diluar bengkel resmi, Saya dulu sebelum beli mobil, saya cari bengkelnya dulu.
4. Dari sekarang check biaya maintenance rutin, seperti ganti Oli, filter2, kaki-kaki, belt, jasa servis dan kampas rem. Apakah masih masuk budget? Karena komponen ini dalam 1-2 tahun pasti ada yang minta diganti.
5. Selama pelihara mobil eropa, saya sudah 2x top overhauled, bukan karena mogok tapi performa menurun yang bikin risih.
Tapi kalau sudah cinta kata orang, tai kucing rasa coklat Xixixi...
Selamat berburu..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Saya berpesan agar menghilangkan perasaan bisa cari klien dengan gabung klub mobil, apalagi klien asuransi, saya jamin anda akan cenderung dikucilkan nanti. Okelah, rasa percaya diri bisa anda bangun dengan naik mobil yang anda rasa bagus, tapi kalo dana pas2an, ya mobil2 pilihan awal anda kurang pas ya.
Saya sangat setuju pilihan anda ubah ke pilihan selajutnya yaitu Kia Rio, Chev Aveo atau Hyundai Avega. Harga bekasnya sangat Value for money, evenly dibandingkan mobil Japan. Dana 100 juta udah dapat Rio 2013 yang keren dan jauh lebih masih bisa diandalkan daripada jazz lawas misalnya.
Sebagai contoh banyak pegawai Bank yang mobil kantornya sebatas kelas Avanza, mentok kalo pimpinan cabang di kelas Altis, tapi mereka bisa dapat nasabah dengan dana bermilyar-milyar. kesimpulan saya, cari klien gak penting aja tungganganmu apa, nah nanti baru beli deh mobil impian kalo udah dapat klien banyak ya.
Saya juga pernah mengalami perasaan seperti anda, pingin banget punya mobil impian kala remaja, yaitu Lancer Evo 4 keatas, meskipun pada saat udah kerja dan notabene mampu membelinya, saya bisa menekan perasaan itu dan saat itu memilih Innova baru, yang mendukung mobilitas saya dan keluarga juga bisa menikmatinya.
Saya sangat setuju pilihan anda ubah ke pilihan selajutnya yaitu Kia Rio, Chev Aveo atau Hyundai Avega. Harga bekasnya sangat Value for money, evenly dibandingkan mobil Japan. Dana 100 juta udah dapat Rio 2013 yang keren dan jauh lebih masih bisa diandalkan daripada jazz lawas misalnya.
Sebagai contoh banyak pegawai Bank yang mobil kantornya sebatas kelas Avanza, mentok kalo pimpinan cabang di kelas Altis, tapi mereka bisa dapat nasabah dengan dana bermilyar-milyar. kesimpulan saya, cari klien gak penting aja tungganganmu apa, nah nanti baru beli deh mobil impian kalo udah dapat klien banyak ya.
Saya juga pernah mengalami perasaan seperti anda, pingin banget punya mobil impian kala remaja, yaitu Lancer Evo 4 keatas, meskipun pada saat udah kerja dan notabene mampu membelinya, saya bisa menekan perasaan itu dan saat itu memilih Innova baru, yang mendukung mobilitas saya dan keluarga juga bisa menikmatinya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Ini nih...jivos wrote:jd mari rame" kita ambil mbl yg pasti" sj xixixi..
Ni tret rame n pd koment krn embel tittlenya ada benz sm biem....beda crita mungkin klo jdlnya nya " Pilih avega or kia rio", bc tersirat aslinya org banyak yg mw cb itu mbl sbnrnya, bbrp pertimbangan akhirnya ada yg go for it dan ada yg keep jgn d sentuh, beli yg aman" saja. N seumur idup jd nya ngga pernah d sentuh (berlaku sama di luar topic mbl). Kepala lbh cendrung bermain dg safety vs freedom/opsi lain yg lbh enak (with their risk attached on it)
*open minded sj. Tiap model/merk punya requiremntnya, cth mbl diatas...dsbt bth perhatian lbh n cost yg mayan...lanjutin sbrp besar perhatian n cost yg d maksud...gap perbedaanya dg merk lain yg sekelas significant/tdk?
* liat n ukur diri dg requirement diatas tsb, plus prioritas kita thd mbl dan hal lain yg terkait di dlmnya (cost dll) ada dmn?
Baru deh lanjut/tdknya
#pernah rawat A3 n Ist (basic entry car tyt) mechanical part d luar ecu/electitacal lbh ajib ist parts ori to ori, emejing
Pernah tanya harga shockbreaker ist sebiji 3,5jt di a2k...akhirnya beli coilover seken bekas ist juga...
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Shock A3 alco made in spain 1.7jt, klo boge 2.3jt sepasang ya um, bilstein oem bmw e46 sepasang seingat sy jg ngga nyampe 3.5jt. member sm di mari yg br ambil A3 n mw ganti kap hood d beres 1.7jt vs 4.6jt kap hood crv rm beliau d beres jg yg sdh di ganti.nyotnyet wrote: Thu Jan 04, 2018 15:07 Ini nih...
Pernah tanya harga shockbreaker ist sebiji 3,5jt di a2k...akhirnya beli coilover seken bekas ist juga...
Bukan mw bilang euro car itu partnya murah tapi ada bbrp yg bs jadi sedikit d bawah atopun diff nya dg merk lain yg sekelas ngga beda jauh.
1st car sy itu 306 2nd, bli mbl krn butuh buat anter anak yg br lahiran k rs (musim hujan lg) nganter anak pk motor k rs tengah malam hujan"an ngalamin. Prioritas saat itu bukan mbl tp bli rumah cash dr hsl gaji n maen forex, makanya cr mbl as cheap as possible saat itu

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.