Mobil listrik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Mobil listrik
Wow boros listrik buat charge ya ternyata.. nissan note lbh msk akal buat skrg sptnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil listrik
Sayang yah solar panel masih mahal dan effisiensi rendah. Tapi bayangin apabila mobil di kantor seharian dari pagi jm 08:00-16:00 masak dipakai untuk jarak 20 KM pulang kantor dan 20 KM lagi untuk besok ke kantor lagi tidak bisa? Angap saja mobilnya cuma sebesar jass lamaChZ wrote: Wed Nov 29, 2017 7:47Solar Cell untuk saat ini halangannya adalah tingkat efficiency yang masih rendah... energi yang dihasilkan masih terlalu rendah dan kesulitan di desain solar panel untuk mobilnya. Setau saya untuk menghasilkan daya sebesar average petrol engine dibutuhkan ukuran solar panel yang sangat-sangat besar...Profith83 wrote: Wed Nov 29, 2017 7:33
Saya tertarik bahas yang ini
3. Powered by generator/baterry charger (hybrid/plugin hybrid/multistage hybrid).
Mobil yang ada baterainya dan juga masih ada mesinnya.
Saya lebih berpikir kalau sudah ada baterainya kenapa baterai tersebut tidak diisi dengan tenaga dari panas matahari lewat Solar Cell kemudian disimpan ke Batery? seperti jam tangan.
Nah ... kalau musim panas di Indonesia kira kira 8 bulan maka bagi pengendara yang sehari mungkin cuma jalan 100 KM, akan cukup menggunakan tenaga matahari. Mobil selama berhenti ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari sehingga bisa mengisi baterainya.
Asumsi nya mobil cuma berjalan kecepatan 60 KM/jam karena baterai tidak terlalu besar.
Misal orang yang mobilnya cuma dipakai sehari 4 kali ... masing masing 25 KM. maka sehari cuma 100 KM. Dengan solar cell yang ditaruh di kap atas mobil selama 10 jam panas bisa mengisi batrai untuk jalan 100 KM.
Bayangin berapa duit dan devisa bisa dihemat ... sehari anggap 10 liter x 8,000 = 80 rb x 25 hari x 8 bulan = 16 jt per tahun ?
Devisa/Dolar yang dipakai untuk beli BBM bisa hemat 16 jt per mobil x 1 jt mobil = 16 Triliun per tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mobil listrik
Saya fokus bahas baterai aja (anggap aja share info)
Nissan leaf punya baterai 24kwh, dengan specs jarak antara 100-222km, jarak berubah ubah tergantung dari banyak faktor seperti beban, struktur jalan dll
Nissan leaf model lama, punya keluhan dimana
Setelah 5 tahun atau 100000km, baterainya degradasi, turun kemampuannya sehingga jarak tempuh bisa turun jadi 50% dari baterai barunya (baru 100-222km, 5 tahun/100000km jadi 50-111km)
Suspectnya selain panas ketika digunakan, bisa juga karena panas ketika dicharging
Penggantian baterai seharga 5500$, ditambah pajak dan ongkos service jadi mendekati 6000$ (Sekitar 80juta rupiah)
Misal 24kwh bisa jarak tempuh 100-222km/jam
Berarti 24kwh x 1467 = 35200 rupiah
Worst case: 35200/100 = 352rupiah/km
Best case: 35200/222 = 158,5rupiah/km
Ada masalah degradasi, tetapi anggap saja, degradasi tersebut pengaruh ke kapasitas baterai (jadi kapasitas drop sehingga jarak drop, tidak pengaruh ke harga perkilometernya)
Berarti
Setelah 100000km ganti baterai 80juta
80000000/100000 = 800rupiah/km
Best case: 158,5 + 800 = 958,5rupiah/km
Worst case: 352 + 800 = 1152 rupiah/km
Kesimpulan:
Belum terlalu worth untuk digunakan di Indonesia
Terutama jika degradasi (sehingga harus ganti baterai) terjadi setiap 5 tahun atau 100000km
Mengingat:
Premium 6500 bisa 12km (misal)
Ganti oli per 10000km 500000 rupiah (misal)
Berarti ongkos perkm jadi: 591,5rupiah/km
Extra note:
Case diatas terjadi untuk baterai nissan note keluaran 2011/2012, adanya baterai nissan note jenis terbaru, lebih tahan panas, dan regenerative braking (memakai rem untuk charge baterai) sehingga jarak tempuh bertambah (sekitar 20%)
Maka perhitungan diatas tidak bisa dijadikan acuan untuk nissan note model terbaru
Nissan leaf punya baterai 24kwh, dengan specs jarak antara 100-222km, jarak berubah ubah tergantung dari banyak faktor seperti beban, struktur jalan dll
Nissan leaf model lama, punya keluhan dimana
Setelah 5 tahun atau 100000km, baterainya degradasi, turun kemampuannya sehingga jarak tempuh bisa turun jadi 50% dari baterai barunya (baru 100-222km, 5 tahun/100000km jadi 50-111km)
Suspectnya selain panas ketika digunakan, bisa juga karena panas ketika dicharging
Penggantian baterai seharga 5500$, ditambah pajak dan ongkos service jadi mendekati 6000$ (Sekitar 80juta rupiah)
Misal 24kwh bisa jarak tempuh 100-222km/jam
Berarti 24kwh x 1467 = 35200 rupiah
Worst case: 35200/100 = 352rupiah/km
Best case: 35200/222 = 158,5rupiah/km
Ada masalah degradasi, tetapi anggap saja, degradasi tersebut pengaruh ke kapasitas baterai (jadi kapasitas drop sehingga jarak drop, tidak pengaruh ke harga perkilometernya)
Berarti
Setelah 100000km ganti baterai 80juta
80000000/100000 = 800rupiah/km
Best case: 158,5 + 800 = 958,5rupiah/km
Worst case: 352 + 800 = 1152 rupiah/km
Kesimpulan:
Belum terlalu worth untuk digunakan di Indonesia
Terutama jika degradasi (sehingga harus ganti baterai) terjadi setiap 5 tahun atau 100000km
Mengingat:
Premium 6500 bisa 12km (misal)
Ganti oli per 10000km 500000 rupiah (misal)
Berarti ongkos perkm jadi: 591,5rupiah/km
Extra note:
Case diatas terjadi untuk baterai nissan note keluaran 2011/2012, adanya baterai nissan note jenis terbaru, lebih tahan panas, dan regenerative braking (memakai rem untuk charge baterai) sehingga jarak tempuh bertambah (sekitar 20%)
Maka perhitungan diatas tidak bisa dijadikan acuan untuk nissan note model terbaru
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil listrik
mobil listrik begini paling nantinya usia 5 tahun udah dijual, dan kalo masa itu waktunya ganti batre, jadi anggep aja resale value = 0
mobil ICE bekas masih lebih ada harganya lah
mobil ICE bekas masih lebih ada harganya lah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mobil listrik
Kalo fokus di masalah baterai aja memang benar sih, dari hitungan nya lebih ekonomis mesin BBM. Tapi begitu ganti oli dimasukkan, berarti semua biaya perawatan harus dimasukkan.Salvanost wrote:Saya fokus bahas baterai aja (anggap aja share info)
Nissan leaf punya baterai 24kwh, dengan specs jarak antara 100-222km, jarak berubah ubah tergantung dari banyak faktor seperti beban, struktur jalan dll
Nissan leaf model lama, punya keluhan dimana
Setelah 5 tahun atau 100000km, baterainya degradasi, turun kemampuannya sehingga jarak tempuh bisa turun jadi 50% dari baterai barunya (baru 100-222km, 5 tahun/100000km jadi 50-111km)
Suspectnya selain panas ketika digunakan, bisa juga karena panas ketika dicharging
Penggantian baterai seharga 5500$, ditambah pajak dan ongkos service jadi mendekati 6000$ (Sekitar 80juta rupiah)
Misal 24kwh bisa jarak tempuh 100-222km/jam
Berarti 24kwh x 1467 = 35200 rupiah
Worst case: 35200/100 = 352rupiah/km
Best case: 35200/222 = 158,5rupiah/km
Ada masalah degradasi, tetapi anggap saja, degradasi tersebut pengaruh ke kapasitas baterai (jadi kapasitas drop sehingga jarak drop, tidak pengaruh ke harga perkilometernya)
Berarti
Setelah 100000km ganti baterai 80juta
80000000/100000 = 800rupiah/km
Best case: 158,5 + 800 = 958,5rupiah/km
Worst case: 352 + 800 = 1152 rupiah/km
Kesimpulan:
Belum terlalu worth untuk digunakan di Indonesia
Terutama jika degradasi (sehingga harus ganti baterai) terjadi setiap 5 tahun atau 100000km
Mengingat:
Premium 6500 bisa 12km (misal)
Ganti oli per 10000km 500000 rupiah (misal)
Berarti ongkos perkm jadi: 591,5rupiah/km
Extra note:
Case diatas terjadi untuk baterai nissan note keluaran 2011/2012, adanya baterai nissan note jenis terbaru, lebih tahan panas, dan regenerative braking (memakai rem untuk charge baterai) sehingga jarak tempuh bertambah (sekitar 20%)
Maka perhitungan diatas tidak bisa dijadikan acuan untuk nissan note model terbaru
Mobil listrik (Tesla) hampir tidak ada perawatan berkala. Mungkin hanya ganti ban, rem, dan lainnya yang habis pakai. Di Tesla tidak ada cairan apa pun kecuali air Wiper. Jadi ya harusnya dihitung keseluruhan biaya operasional dan dibandingkan lagi antara mobil listrik dan mesin BBM.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mobil listrik
masalahnya kalau dimasukin semua tar ga fair ke mobil listrik juga,
soalnya mobil listrik yg dimasukin juga cuma ganti baterainya doank
kemungkinan yang bisa dimasukin lagi
- filter bensin
- busi
- oli transmisi
perkiraan selama 100000km katakanlah kena 2500000
berarti itungannya
Premium 6500 bisa 12km (misal)
Ganti oli per 10000km 500000 rupiah (misal)
ganti dll per 100000km 2500000 rupiah
Berarti ongkos perkm jadi: 616,5rupiah/km
sebenarnya saya hitung diatas itu lebih fokus ke baterainya juga
masalah baterai degradasi bisa sampai 50% dan harus diganti dalam jangka waktu 5 tahun atau 100000 km
bisa jadi pertimbangan menarik buat beli mobil listrik
apakah nanti jika mobil listrik masuk disini masih ada masalah seperti diatas?
atau sudah banyak improvementnya? nanti harga baterai penggantinya berapa juta?
tapi ya kalau udah masuk saya yakin banyak media yg bakalan bahas
ga perlu kita pusing hitung2 sendiri dan mengira2 harganya berapaan
soalnya mobil listrik yg dimasukin juga cuma ganti baterainya doank
kemungkinan yang bisa dimasukin lagi
- filter bensin
- busi
- oli transmisi
perkiraan selama 100000km katakanlah kena 2500000
berarti itungannya
Premium 6500 bisa 12km (misal)
Ganti oli per 10000km 500000 rupiah (misal)
ganti dll per 100000km 2500000 rupiah
Berarti ongkos perkm jadi: 616,5rupiah/km
sebenarnya saya hitung diatas itu lebih fokus ke baterainya juga
masalah baterai degradasi bisa sampai 50% dan harus diganti dalam jangka waktu 5 tahun atau 100000 km
bisa jadi pertimbangan menarik buat beli mobil listrik
apakah nanti jika mobil listrik masuk disini masih ada masalah seperti diatas?
atau sudah banyak improvementnya? nanti harga baterai penggantinya berapa juta?
tapi ya kalau udah masuk saya yakin banyak media yg bakalan bahas
ga perlu kita pusing hitung2 sendiri dan mengira2 harganya berapaan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
kalo masalah ganti batt sblm wkt atau drop in range kan (kalo disini) ada insurance jadi owner tdk ada kluar wang ....... yg jelas problem (kalo bs dibilang bgitu) routine maintenance n parts replacement conventional cars (harga satu liter engine oil disini excl labour skitar euro 40 sampe 60 ..... labour skitar euro 40 per hour ..... harga satu set complete assy exhaust pipe original disini skitar euro 500 n pasang itu skitar empat jam trmsk post install static testing
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
sblm sy brangkat ksini tdk bgitu jauh dr rumah ada petrol stesyen circle-k disitu kita bs sewa mobil listrik seharga euro20 satu hari atau euro15 sekali jalan n sy pake ini dr rumah k airport n balikin mobil di airport ..... ini jam sembilan pagi n mmg kalo winter tdk ada matahari sampe tar bulan april thn dpn n sy ambil pic sblm mobil jalan
total ada 31 units di situ (enam atau tujuh units per row) n sy hrs lewatin rows sblm kluar k jalanan
kalo jij beli brandnew harga per unit onroad including insurance n govt subsidy euro29,000You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Mobil listrik
29K sudah include cashback fro gov. ya meneer?
not bad lah ya, secara charging station disana banyak..
Saya dengar untuk hybrid sekarang yang dihitung hanya mesin ICE nya saja, katanya sih..
Tadi saya lihat waktu perpanjangan STNK ada isi silinder/daya listrik artinya kendaraan elektrik sudah masuk hanya saja bagaimana cara menghitungnya?
not bad lah ya, secara charging station disana banyak..
Saya dengar untuk hybrid sekarang yang dihitung hanya mesin ICE nya saja, katanya sih..
Tadi saya lihat waktu perpanjangan STNK ada isi silinder/daya listrik artinya kendaraan elektrik sudah masuk hanya saja bagaimana cara menghitungnya?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mobil listrik
Pajak dayalistrik, belum lagi kena pajak barang mewah karena mobil listrik masih dianggap barang mewah. Jadi ingat ada yg share pajak tesla di jakarta waktu itu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mobil listrik
katanya "TESLA KILLER" lebih kentjang lebih murah lebih canggih, siapa yg tertarik ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
di sebut killer bkn krn more in popularity tapi mgkn ini itu tesla abis di palsu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mobil listrik
Jadi ingat Tianducheng Hangzhou, di Zhejiang. The city of replica. segitunyah.
maaf oot.
maaf oot.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil listrik
Stage awal untuk transisi pengenalan EV/hybrid di IDM yg belum banyak charging station Note e-power yg cukup kencang dan irit



HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
asalkan harga tdk lbh dr 250juta (mahluk apapun) masih ok u di beli
mengingat tdk ada brand principal yg mau tgjwp kalo engine dead
mengingat tdk ada brand principal yg mau tgjwp kalo engine dead
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil listrik
Kalau Mobil hybrid di IDM, pabrikan nunggu homonisasi peraturan perpajakan kemenkeu dan regulasi program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) rampung & diterbitkan terkait besaran incentive utk Mobil tsb yg mempengaruhi harga jualnya. Kalau di beberapa negara di luar indo, peraturan tax, etc clear plus government subsidized for EV/Hybrid. Di IDM tdk mungkin ada subsidi dari gov, kalau ada bisa seharga LCGC dan kemungkinan kalau byk yg pake, ngurangi tingkat polusi dan penggunaan bbm di major big city di indo yg byk macetnya.

HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mobil listrik
sekelas ahond saja mobil setengah milyard engine dead ditangani sangat tidak professional.
apalagi nissin mau bawa note e power, sudah siap itu nanti "mesin genset" nya njebluk ?.
apalagi nissin mau bawa note e power, sudah siap itu nanti "mesin genset" nya njebluk ?.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil listrik
Sejak saya baca baca tentang mobil Tesla, saya menyadari electric motor is more powerfull than ICE and more efficient. Coba kalo note e power harga setara LCGC, pengin deh. Kapan lagi ngerasain mobil listrik jaman now.

HR15DE 2014