Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Pboyz97 »

Koddy wrote: Mon May 01, 2017 3:43 Yakin paling bagus?
Itu zaman sebelum ANKI.
Generasi ANKI ini mah hancur ......
Maap omm, trims atas pencerahannya, sy pikir rv ANKI masih sebaik dulu, soalnya dia ga punya direct kompetitor dikelasnya selain panther (purba)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
wheed71
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Apr 13, 2017 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: suzuki_sx4

Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by wheed71 »

mohon ijin newbie share sedikit, 2 minggu lalu all new tucson XG warna pepper grey Nik 2016 akhirnya diantar ke rumah. Waktu itu cuma dapat discount 30 juta, kalo skrg TS dapat discount 40-an lumayan banget selisihnya, padahal gak sampai sebulan hiks... hiks... hiks...
Tapi gak apalah... udah nasib hehehe...
Lanjut ya... Karena blm ada plat nomornya, dipinjamkan sama salesnya nomor sementara yg sudah kadaluarsa, lumayan bisa buat muter-muter komplek. Baru seminggu kemudian diantar kembali plat nomor sementara yang berlaku hanya sebulan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya.
Setelah plat dipasang langsung lah coba untuk jalan agak jauh, sekalian enreyen hehehe... Sempat keliling toll dalam kota sampai 4 kali, kebetulan lancar karena libur panjang kali ya. Gak terasa ordometer sudah mencapai 200-an. Tp ada yang kurang, kok stir agak lari ke kiri, mungkin dari gudang/dealer blm sempat di spooring ya, makanya esok harinya telpon ke HMI Kali Malang, lalu disuruh datang sekalian ngecek komponen lain-lainnya.
Singkat cerita, di HMI Kali malang di spooring, balancing, stel ketinggian lampu, dll... sekitar 2 jam beres... disarankan untuk dicoba lagi, kalo ada kekurangan silahkan dikomplain, semuanya gratisssss.

Kebetulan kemarin ada tugas ke bandung, jadi bisa sekalian dicoba ke luar kota.
Start dari rumah sekitar jam 9 malam, lepas bekasi timur, toll cikampek gak terlalu padat. Sempat ke rest area KM 39 sekalian isi BBM, dan me reset trip meter untuk mengetahui konsumsi bbm nya.
Tenaga Tucson ini di cipularang lumayan galak juga, apalagi kalo drive mode di posisi SPORT, tapi blm berani geber, RPM paling tinggi di 4000 doank, karena masih baru hehehe..
Jam 11.30 sampai bandung, sempat intip trip meter ternyata konsumsi bbm nya irit banget dibanding mobil satunya di rumah, tercatat di trip meter 16.7km/L.

Kesimpulan sementara cukup puas pakai tucson ini deh.

Oh iya, sebelumnya sy juga pernah pakai Hyundai Trajet 2006 GLS AT selama 8 taon, beli second si taon 2009 dijual kemarin karena untuk DP Tucson hehehe.
Alhamdulillah selamat pakai trajet blm pernah ada masalah, makanya sekarang Pede ngambil Hyundai lagi.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Turboman »

wheed71 wrote:mohon ijin newbie share sedikit, 2 minggu lalu all new tucson XG warna pepper grey Nik 2016 akhirnya diantar ke rumah. Waktu itu cuma dapat discount 30 juta, kalo skrg TS dapat discount 40-an lumayan banget selisihnya, padahal gak sampai sebulan hiks... hiks... hiks...
Tapi gak apalah... udah nasib hehehe...
Lanjut ya... Karena blm ada plat nomornya, dipinjamkan sama salesnya nomor sementara yg sudah kadaluarsa, lumayan bisa buat muter-muter komplek. Baru seminggu kemudian diantar kembali plat nomor sementara yang berlaku hanya sebulan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya.
Setelah plat dipasang langsung lah coba untuk jalan agak jauh, sekalian enreyen hehehe... Sempat keliling toll dalam kota sampai 4 kali, kebetulan lancar karena libur panjang kali ya. Gak terasa ordometer sudah mencapai 200-an. Tp ada yang kurang, kok stir agak lari ke kiri, mungkin dari gudang/dealer blm sempat di spooring ya, makanya esok harinya telpon ke HMI Kali Malang, lalu disuruh datang sekalian ngecek komponen lain-lainnya.
Singkat cerita, di HMI Kali malang di spooring, balancing, stel ketinggian lampu, dll... sekitar 2 jam beres... disarankan untuk dicoba lagi, kalo ada kekurangan silahkan dikomplain, semuanya gratisssss.

Kebetulan kemarin ada tugas ke bandung, jadi bisa sekalian dicoba ke luar kota.
Start dari rumah sekitar jam 9 malam, lepas bekasi timur, toll cikampek gak terlalu padat. Sempat ke rest area KM 39 sekalian isi BBM, dan me reset trip meter untuk mengetahui konsumsi bbm nya.
Tenaga Tucson ini di cipularang lumayan galak juga, apalagi kalo drive mode di posisi SPORT, tapi blm berani geber, RPM paling tinggi di 4000 doank, karena masih baru hehehe..
Jam 11.30 sampai bandung, sempat intip trip meter ternyata konsumsi bbm nya irit banget dibanding mobil satunya di rumah, tercatat di trip meter 16.7km/L.

Kesimpulan sementara cukup puas pakai tucson ini deh.

Oh iya, sebelumnya sy juga pernah pakai Hyundai Trajet 2006 GLS AT selama 8 taon, beli second si taon 2009 dijual kemarin karena untuk DP Tucson hehehe.
Alhamdulillah selamat pakai trajet blm pernah ada masalah, makanya sekarang Pede ngambil Hyundai lagi.
selama inreyen kalo bisa RPM upayakan gak lewatin 2500.......kecuali kalo pas overtake, demi keamanan

krn Diesel redline gak sampe 5000

kalo bensin ya max 4000 RPM
* Bukan ajakan Beli *
wheed71
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Apr 13, 2017 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: suzuki_sx4

Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by wheed71 »

Turboman wrote: Thu May 04, 2017 4:54
wheed71 wrote:mohon ijin newbie share sedikit, 2 minggu lalu all new tucson XG warna pepper grey Nik 2016 akhirnya diantar ke rumah. Waktu itu cuma dapat discount 30 juta, kalo skrg TS dapat discount 40-an lumayan banget selisihnya, padahal gak sampai sebulan hiks... hiks... hiks...
Tapi gak apalah... udah nasib hehehe...
Lanjut ya... Karena blm ada plat nomornya, dipinjamkan sama salesnya nomor sementara yg sudah kadaluarsa, lumayan bisa buat muter-muter komplek. Baru seminggu kemudian diantar kembali plat nomor sementara yang berlaku hanya sebulan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya.
Setelah plat dipasang langsung lah coba untuk jalan agak jauh, sekalian enreyen hehehe... Sempat keliling toll dalam kota sampai 4 kali, kebetulan lancar karena libur panjang kali ya. Gak terasa ordometer sudah mencapai 200-an. Tp ada yang kurang, kok stir agak lari ke kiri, mungkin dari gudang/dealer blm sempat di spooring ya, makanya esok harinya telpon ke HMI Kali Malang, lalu disuruh datang sekalian ngecek komponen lain-lainnya.
Singkat cerita, di HMI Kali malang di spooring, balancing, stel ketinggian lampu, dll... sekitar 2 jam beres... disarankan untuk dicoba lagi, kalo ada kekurangan silahkan dikomplain, semuanya gratisssss.

Kebetulan kemarin ada tugas ke bandung, jadi bisa sekalian dicoba ke luar kota.
Start dari rumah sekitar jam 9 malam, lepas bekasi timur, toll cikampek gak terlalu padat. Sempat ke rest area KM 39 sekalian isi BBM, dan me reset trip meter untuk mengetahui konsumsi bbm nya.
Tenaga Tucson ini di cipularang lumayan galak juga, apalagi kalo drive mode di posisi SPORT, tapi blm berani geber, RPM paling tinggi di 4000 doank, karena masih baru hehehe..
Jam 11.30 sampai bandung, sempat intip trip meter ternyata konsumsi bbm nya irit banget dibanding mobil satunya di rumah, tercatat di trip meter 16.7km/L.

Kesimpulan sementara cukup puas pakai tucson ini deh.

Oh iya, sebelumnya sy juga pernah pakai Hyundai Trajet 2006 GLS AT selama 8 taon, beli second si taon 2009 dijual kemarin karena untuk DP Tucson hehehe.
Alhamdulillah selamat pakai trajet blm pernah ada masalah, makanya sekarang Pede ngambil Hyundai lagi.
selama inreyen kalo bisa RPM upayakan gak lewatin 2500.......kecuali kalo pas overtake, demi keamanan

krn Diesel redline gak sampe 5000

kalo bensin ya max 4000 RPM
Siap om Turboman, terima kasih sarannya. :big_deal:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Turboman »

Tucson Diesel bisa diskon 40 jt sih gede juga ya diskonnya

mesin 178 hp - 400 Nm dgn 6 AT gear
* Bukan ajakan Beli *
Qaqaqa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Aug 20, 2016 15:47

Re: RE: Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Qaqaqa »

Turboman wrote:
wheed71 wrote:mohon ijin newbie share sedikit, 2 minggu lalu all new tucson XG warna pepper grey Nik 2016 akhirnya diantar ke rumah. Waktu itu cuma dapat discount 30 juta, kalo skrg TS dapat discount 40-an lumayan banget selisihnya, padahal gak sampai sebulan hiks... hiks... hiks...
Tapi gak apalah... udah nasib hehehe...
Lanjut ya... Karena blm ada plat nomornya, dipinjamkan sama salesnya nomor sementara yg sudah kadaluarsa, lumayan bisa buat muter-muter komplek. Baru seminggu kemudian diantar kembali plat nomor sementara yang berlaku hanya sebulan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya.
Setelah plat dipasang langsung lah coba untuk jalan agak jauh, sekalian enreyen hehehe... Sempat keliling toll dalam kota sampai 4 kali, kebetulan lancar karena libur panjang kali ya. Gak terasa ordometer sudah mencapai 200-an. Tp ada yang kurang, kok stir agak lari ke kiri, mungkin dari gudang/dealer blm sempat di spooring ya, makanya esok harinya telpon ke HMI Kali Malang, lalu disuruh datang sekalian ngecek komponen lain-lainnya.
Singkat cerita, di HMI Kali malang di spooring, balancing, stel ketinggian lampu, dll... sekitar 2 jam beres... disarankan untuk dicoba lagi, kalo ada kekurangan silahkan dikomplain, semuanya gratisssss.

Kebetulan kemarin ada tugas ke bandung, jadi bisa sekalian dicoba ke luar kota.
Start dari rumah sekitar jam 9 malam, lepas bekasi timur, toll cikampek gak terlalu padat. Sempat ke rest area KM 39 sekalian isi BBM, dan me reset trip meter untuk mengetahui konsumsi bbm nya.
Tenaga Tucson ini di cipularang lumayan galak juga, apalagi kalo drive mode di posisi SPORT, tapi blm berani geber, RPM paling tinggi di 4000 doank, karena masih baru hehehe..
Jam 11.30 sampai bandung, sempat intip trip meter ternyata konsumsi bbm nya irit banget dibanding mobil satunya di rumah, tercatat di trip meter 16.7km/L.

Kesimpulan sementara cukup puas pakai tucson ini deh.

Oh iya, sebelumnya sy juga pernah pakai Hyundai Trajet 2006 GLS AT selama 8 taon, beli second si taon 2009 dijual kemarin karena untuk DP Tucson hehehe.
Alhamdulillah selamat pakai trajet blm pernah ada masalah, makanya sekarang Pede ngambil Hyundai lagi.
selama inreyen kalo bisa RPM upayakan gak lewatin 2500.......kecuali kalo pas overtake, demi keamanan

krn Diesel redline gak sampe 5000

kalo bensin ya max 4000 RPM
Oom turbo.. batas inreyen itu sampe brp KM yah? Sy suka gatel gitu paling mendekati 1000 km, sdh sy bejek...[emoji28]
Dan efek kl sy bejek2 di masa inreyen itu apa ya?

Sent from my Lenovo P1a42 using Seraya Motor mobile app

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by silentIm2 »


Qaqaqa wrote: Oom turbo.. batas inreyen itu sampe brp KM yah? Sy suka gatel gitu paling mendekati 1000 km, sdh sy bejek...[emoji28]
Dan efek kl sy bejek2 di masa inreyen itu apa ya?

Sent from my Lenovo P1a42 using Seraya Motor mobile app
khawatir ring piston dan dinding boring tidak mengseal oli dan kompresi dengan sempurna. Paling bagus ya mungkin konsumsi oli tinggi. Kalo parah ya dinding boring membesar di tengah.
Juga valves tidak rapat sempurna. Akhirnya power juga ga optimal, susah starter dan konsumsi bbm tinggi.

Umumnya inreyen sekarang dilakukan di pabrik plus ganti oli dan filternya. Tapi tetap aja masa inreyen yang sebentar tidak menjamin kondisi mesin ter-inreyen sempurna.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app




Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Qaqaqa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Aug 20, 2016 15:47

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Qaqaqa »

silentIm2 wrote:
Qaqaqa wrote: Oom turbo.. batas inreyen itu sampe brp KM yah? Sy suka gatel gitu paling mendekati 1000 km, sdh sy bejek...[emoji28]
Dan efek kl sy bejek2 di masa inreyen itu apa ya?

Sent from my Lenovo P1a42 using Seraya Motor mobile app
khawatir ring piston dan dinding boring tidak mengseal oli dan kompresi dengan sempurna. Paling bagus ya mungkin konsumsi oli tinggi. Kalo parah ya dinding boring membesar di tengah.
Juga valves tidak rapat sempurna. Akhirnya power juga ga optimal, susah starter dan konsumsi bbm tinggi.

Umumnya inreyen sekarang dilakukan di pabrik plus ganti oli dan filternya. Tapi tetap aja masa inreyen yang sebentar tidak menjamin kondisi mesin ter-inreyen sempurna.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Wah parah jg efeknya ya.. br tau sy.. thanks ya infonya oomm...[emoji120] [emoji120]

Sent from my Lenovo P1a42 using Seraya Motor mobile app

T3chn0
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Apr 10, 2017 23:55

Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by T3chn0 »

Turboman wrote: Fri May 05, 2017 3:06 Tucson Diesel bisa diskon 40 jt sih gede juga ya diskonnya

mesin 178 hp - 400 Nm dgn 6 AT gear
Bukan Tucson Diesel - Tucson XG Bensin 😬
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Turboman »

Qaqaqa wrote:
Turboman wrote:
wheed71 wrote:mohon ijin newbie share sedikit, 2 minggu lalu all new tucson XG warna pepper grey Nik 2016 akhirnya diantar ke rumah. Waktu itu cuma dapat discount 30 juta, kalo skrg TS dapat discount 40-an lumayan banget selisihnya, padahal gak sampai sebulan hiks... hiks... hiks...
Tapi gak apalah... udah nasib hehehe...
Lanjut ya... Karena blm ada plat nomornya, dipinjamkan sama salesnya nomor sementara yg sudah kadaluarsa, lumayan bisa buat muter-muter komplek. Baru seminggu kemudian diantar kembali plat nomor sementara yang berlaku hanya sebulan yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya.
Setelah plat dipasang langsung lah coba untuk jalan agak jauh, sekalian enreyen hehehe... Sempat keliling toll dalam kota sampai 4 kali, kebetulan lancar karena libur panjang kali ya. Gak terasa ordometer sudah mencapai 200-an. Tp ada yang kurang, kok stir agak lari ke kiri, mungkin dari gudang/dealer blm sempat di spooring ya, makanya esok harinya telpon ke HMI Kali Malang, lalu disuruh datang sekalian ngecek komponen lain-lainnya.
Singkat cerita, di HMI Kali malang di spooring, balancing, stel ketinggian lampu, dll... sekitar 2 jam beres... disarankan untuk dicoba lagi, kalo ada kekurangan silahkan dikomplain, semuanya gratisssss.

Kebetulan kemarin ada tugas ke bandung, jadi bisa sekalian dicoba ke luar kota.
Start dari rumah sekitar jam 9 malam, lepas bekasi timur, toll cikampek gak terlalu padat. Sempat ke rest area KM 39 sekalian isi BBM, dan me reset trip meter untuk mengetahui konsumsi bbm nya.
Tenaga Tucson ini di cipularang lumayan galak juga, apalagi kalo drive mode di posisi SPORT, tapi blm berani geber, RPM paling tinggi di 4000 doank, karena masih baru hehehe..
Jam 11.30 sampai bandung, sempat intip trip meter ternyata konsumsi bbm nya irit banget dibanding mobil satunya di rumah, tercatat di trip meter 16.7km/L.

Kesimpulan sementara cukup puas pakai tucson ini deh.

Oh iya, sebelumnya sy juga pernah pakai Hyundai Trajet 2006 GLS AT selama 8 taon, beli second si taon 2009 dijual kemarin karena untuk DP Tucson hehehe.
Alhamdulillah selamat pakai trajet blm pernah ada masalah, makanya sekarang Pede ngambil Hyundai lagi.
selama inreyen kalo bisa RPM upayakan gak lewatin 2500.......kecuali kalo pas overtake, demi keamanan

krn Diesel redline gak sampe 5000

kalo bensin ya max 4000 RPM
Oom turbo.. batas inreyen itu sampe brp KM yah? Sy suka gatel gitu paling mendekati 1000 km, sdh sy bejek...[emoji28]
Dan efek kl sy bejek2 di masa inreyen itu apa ya?

Sent from my Lenovo P1a42 using Seraya Motor mobile app
begitu lewatin 1000 km mulai tarik2 bertahap

utk di Diesel misal 0-1000 km = jaga 2500 RPM

1000 - 2000 km = mulai sesekali tarik ke 3000 - 3500 RPM.....sesekali aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Turboman »

Image

perlunya break in period

Mobil sudah di inreyen di pabriknya ?

Yes kalo itu supercar........

kalo mobil2 biasa selesai keluar dr jalur assembly, cuman test di alat simulasi dgn roller di ban (kayak dyno), geber sekali sampe high speed, gak ada problem, lgs menuju tempat storage utk selanjutnya kirim ke diler

* sudah pernah ke TMMIN dan pabriknya HPM *
* Bukan ajakan Beli *
yukemp
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Mar 02, 2017 2:52
Location: Jakarta

Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by yukemp »

Om turboman,
Saya ada dapat santi diesel km 7rban dan 1 lagi 10rban, mungkin dari om ada petunjuk hal apa yg perlu diperhatikan, sebagai bahan inspeksi saya nanti ?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by Turboman »

yukemp wrote:Om turboman,
Saya ada dapat santi diesel km 7rban dan 1 lagi 10rban, mungkin dari om ada petunjuk hal apa yg perlu diperhatikan, sebagai bahan inspeksi saya nanti ?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
cek hal2 umum aja

cek chassis
buka bawah karpet, cek banjir / ngga

mesin :
- gak ada suara aneh
- gak ada asap aneh2
- kondisi dingin di start hrs mudah / kond panas juga
* Bukan ajakan Beli *
yukemp
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Mar 02, 2017 2:52
Location: Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: Need Advice - Hyundai Tucson XG - ANKI V Diesel ?

Post by yukemp »

Turboman wrote:
yukemp wrote:Om turboman,
Saya ada dapat santi diesel km 7rban dan 1 lagi 10rban, mungkin dari om ada petunjuk hal apa yg perlu diperhatikan, sebagai bahan inspeksi saya nanti ?

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
cek hal2 umum aja

cek chassis
buka bawah karpet, cek banjir / ngga

mesin :
- gak ada suara aneh
- gak ada asap aneh2
- kondisi dingin di start hrs mudah / kond panas juga
Thanks om atas petunjuknya, semoga besok lancar semuanya

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app