bahasa gampangnya lagi: VSC itu versi aktif dari EBD, tiap roda bisa beda2 adjusting braking power-nya.ChZ wrote: Fri Jan 20, 2017 14:57Yang biasa diiklanin malah fungsi mencegah over/understeer... wkwkwkwk... karena waktu belok pasti roda bagian dalem butuh direm... Sementara pake kaki biasa g bakal mungkin melakukan individual braking... VSC tugasnya untuk mengkoreksi arah dengan individual braking.fuchu92 wrote: Fri Jan 20, 2017 10:04 Makasi bro Chz uda meluruskan, iya gw taunya inti vsc cuma untuk meminimalisir mobil biar g terguling, ternyata ada kelebihan lain untuk mencegah over/understeer juga y
Btw om, lio kan terkenal paling stabil di kelasnya
Apa vsc nya jadi sia" donk?![]()
Secara gw liat mobil sasis ladder frame or semi ladder ky di avanza ini yg paling sangat butuh vsc, karena potensi terguling lebih tinggi kalo lg manuver tiba" pas cruising di kecepatan tinggi![]()
Kalo di luar ada moose test untuk ngetes bodyroll dan stability control... Beberapa VSC punya roll sensor dan bisa secara otomatis mengurangi power mesin jika mendeteksi excessive roll...
Sebetulnya untuk road car dengan power ngepas begini asal yang nyetir ga ugal-ugalan juga ga bakal kebalik... Cuma tetep nice to have dan se-stabil apapun mobil pasti butuh... Cuma entah kapan pakenya... Hanya bersifat preventif. Di movement berbelok sebuah mobil wheel slippage (oversteer/understeer) akan selalu ada... Makin tinggi speednya selip makin besar... Disitu peran VSC.
Istilahnya begini... Stability itu bergantung pada hardware (engineering chassis dan suspensi mobil)... VSC itu software pendukungnya. Mencegah driver melakukan hal "bodoh" semacem nikung di atas 100 kph pake MPV...
CMIIW.
Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16