
Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
406 97 double airbag, yg berikutnya malah ada yg 4 airbag.
perlu penyegaran informasi nih. kalo accord seh tetep 2!
aku ngga tahu ya karena komen di atas khan conditional USA. nanti kalo dibawa ke indo yg lebih ekstrim jadinya gmn khan ngga tahu.
yg pasti BBM amrik jg jelek banyak sulphur kaya di indo.
perlu penyegaran informasi nih. kalo accord seh tetep 2!
aku ngga tahu ya karena komen di atas khan conditional USA. nanti kalo dibawa ke indo yg lebih ekstrim jadinya gmn khan ngga tahu.
yg pasti BBM amrik jg jelek banyak sulphur kaya di indo.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
pengalaman peliara peugeot, waduh!!!! ternyata ngga rewel! biaya pemeliharaan mirip / ada yg lebih murah dari Accord VTiL, pokoknya ganti oli&filter teratur, sering tancap 180kpj, grip&handling mantap, nempel terutama waktu zig-zag ato menikung, filter bensin teratur ganti. kalau dibanding mitsubishi galant, lebih mahal jauh mitsu. banyak yg bilang pelihara mitsu lebih baik pelihara BMW lebih murah. karena V6-nya belum sereliable i6 BMW, serta rumit.Risol1 wrote:tapi kalo saya pribadi sih lebih memilih mobil eropa (pendapat pribadi lho).......memang gak bisa dipungkiri kalo maintenance dan spare partnya lebih mahal, tapi driving pleasurenya gak ada yang ngalahin...apalagi kalo lagi kenceng, rasanya mobil nempel sama aspal. makin kenceng makin nempel.![]()
tapi saya jg harus mengakui bahwa memang mbl jepang lebih gampang ngerawatnya (artiannya lebih bandel dan gak manja) dari eropa . itu sih dr pengalaman pribadi lho
makanya saya heran kalo ada orang berkoar2 eropa jelek gak reliable, peugeot rewel, dst ini salah siapa apa SDMnya yg kurang???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir.
Logikanya begini aja deh mobil mobil eropa yg saya beli datang dengan warranty dan maintenance free(wearable parts seperti clucth, brake and etc included) selama 3 tahun/36.000miles utk audi TT th 00 dan 5 tahun/60.000miles untuk e46 m3 th 04 kalau memang mobil eropa bermasalah ngapain audi/bmw/merc/porchse berani kasih warranty selama itu? rugilah mereka buat gantiin parts dan labor kalau memang mobil mobil mereka tidak reliable. Dan juga harus di ingat biasanya orang membeli mobil eropa untuk perfomance jadi most of the time mesin(temasuk ECU dan komponen electric lainnya) dan parts lain terutama transmission bekerja keras dan kalau memang tidak reliable pasti sering rusak karena dipakai to the limit.
Yg saya lihat di indonesia banyak mobil eropa tua yg tidak di maintain secara baik karena ownernya tidak mau keluar uang untuk memakai genuine parts dan kalo sampai terbakar atau ada masalah lain itu bukan kesalahan manufakturnya tapi sebagai owner yg pelit dan mencari masalah sendiri.
FYI: BMW e30 termasuk salah satu bmw yg baik dan banyak di cari oleh pemula pemula yg suka track days karena menguntungkan dari segi price/power/maintenance.
Logikanya begini aja deh mobil mobil eropa yg saya beli datang dengan warranty dan maintenance free(wearable parts seperti clucth, brake and etc included) selama 3 tahun/36.000miles utk audi TT th 00 dan 5 tahun/60.000miles untuk e46 m3 th 04 kalau memang mobil eropa bermasalah ngapain audi/bmw/merc/porchse berani kasih warranty selama itu? rugilah mereka buat gantiin parts dan labor kalau memang mobil mobil mereka tidak reliable. Dan juga harus di ingat biasanya orang membeli mobil eropa untuk perfomance jadi most of the time mesin(temasuk ECU dan komponen electric lainnya) dan parts lain terutama transmission bekerja keras dan kalau memang tidak reliable pasti sering rusak karena dipakai to the limit.
Yg saya lihat di indonesia banyak mobil eropa tua yg tidak di maintain secara baik karena ownernya tidak mau keluar uang untuk memakai genuine parts dan kalo sampai terbakar atau ada masalah lain itu bukan kesalahan manufakturnya tapi sebagai owner yg pelit dan mencari masalah sendiri.
FYI: BMW e30 termasuk salah satu bmw yg baik dan banyak di cari oleh pemula pemula yg suka track days karena menguntungkan dari segi price/power/maintenance.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
kurang setuju bro, produk jepang 90an baru mulai lumayan, meski always ketinggalan 10thnan.bushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir.
Logikanya begini aja deh mobil mobil eropa yg saya beli datang dengan warranty dan maintenance free(wearable parts seperti clucth, brake and etc included) selama 3 tahun/36.000miles utk audi TT th 00 dan 5 tahun/60.000miles untuk e46 m3 th 04 kalau memang mobil eropa bermasalah ngapain audi/bmw/merc/porchse berani kasih warranty selama itu? rugilah mereka buat gantiin parts dan labor kalau memang mobil mobil mereka tidak reliable. Dan juga harus di ingat biasanya orang membeli mobil eropa untuk perfomance jadi most of the time mesin(temasuk ECU dan komponen electric lainnya) dan parts lain terutama transmission bekerja keras dan kalau memang tidak reliable pasti sering rusak karena dipakai to the limit.
Yg saya lihat di indonesia banyak mobil eropa tua yg tidak di maintain secara baik karena ownernya tidak mau keluar uang untuk memakai genuine parts dan kalo sampai terbakar atau ada masalah lain itu bukan kesalahan manufakturnya tapi sebagai owner yg pelit dan mencari masalah sendiri.
FYI: BMW e30 termasuk salah satu bmw yg baik dan banyak di cari oleh pemula pemula yg suka track days karena menguntungkan dari segi price/power/maintenance.
jaman 80-an mobil jepang terkenal karena kekalengannya, kekotakannya, dan ketidak safetynya.
E30 notabene produk th 80-an, waduh berat, mantap, dan tebal plat bodinya, kokoh deh!
saya kira over the time QUALITY PRODUCTS STILL FROM THE EUROPE>
yaitu deh, paham indon-simplistic yaitu pengen punya dan nyetir pesawat F15 harga bajaj. karena ngga dirawat F15 nya crashlanded / mogok / terbakar, nah dia nuding2 pabriknya jelek lah, produknya kacangan lah, dsb.
tapi kalo pake mobil sejuta umat, kecelakaan pasti merenggut nyawa, trus ngga bilang waduh mobil jepang kok jelek ya. akan tetapi bilang, waktunya berpulang! naif banget.
pertanyaannya, Sudahkan SDM (otak) kita maju? TANYA KENAPA?!
coba bayangkan kasus cipularang km 111, dimana S-class loose control, hancur, tapi ke-5 orangnya selamat. kalo pake kijang / honda? I dont think so bisa selamat.
Intinya bukan saya bilang harus beli S-class, intinya adalah pilihlah yg terbaik (untuk proteksi diri) bagi anda selagi belum ada bencana menimpa / sedia payung sebelum hujan.
untuk kategori ini, mobil Eropa andalannya. Safety&comfort nomer1.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
wah nyindir nih bro MieMie....hehehehe....miemie88 wrote:406 97 double airbag, yg berikutnya malah ada yg 4 airbag.
perlu penyegaran informasi nih. kalo accord seh tetep 2!

mohon dimaklum lah kalo ada salah2 sedikit, namanya juga diskusi dan saling bertukar informasi/pemikiran........setidaknya ilmu tambahan buat saya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
sabar bro Bush, saya yakin koq kalo member SM gak akan asal jeplak doang kalo ngomongbushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir

malah kalo saya berpikir terbalik, kalo dulu itu mbl eropa quality dan reliabilitynya bagus sekali (tentunya harus dibarengi dengan perawatan yg baik), liat aja contoh mercy "baby benz" 300E yg tahun 88-93, itu mobil mercy paling reliable, gak manja. tapi mobil eropa yang baru2 (mungkin jg disebabkan karena penerapan teknologi yg cukup rumit atau karena kebanyakan merger dgn pabrikan lain) menjadi kurang reliable. Rusaknya mbl terutama di sektor elektronik pada mbl2 eropa akhir2 ini bukan disebabkan karena kurang perawatan, tapi gak tau kenapa sebabnya, dealerpun kadang2 gak bisa menjelaskan dgn masuk akal.
salah satu contohnya menimpa saya, mobil saya yg baru 5 bulan sampe di buyback karena pabrikan terjerat dengan lemon law. Uang dibalikin beserta pajak2nya, alesannya karena electronic shortage. gak masuk akal kan? hehehe....
maka kalo kita liat survey dari consumer report, reliability mbl eropa juga menurun baru2 ini saja, dulu eropa itu jauh diatas mobil amerika dan mungkin juga banding2 dgn jepang.

lamanya warranty juga gak bisa jadi patokan artinya kalo warranty makin panjang artinya mobil makin reliable, kalo gitu kia/hyundai 2 kali lebih reliable dari BMW dong secara dealernya kasi 10/100,000miles u/powertrainnya.
warranty itu juga terhubung erat dengan marketing mobil tsb.......

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jermanmiemie88 wrote: coba bayangkan kasus cipularang km 111, dimana S-class loose control, hancur, tapi ke-5 orangnya selamat. kalo pake kijang / honda? I dont think so bisa selamat.
Intinya bukan saya bilang harus beli S-class, intinya adalah pilihlah yg terbaik (untuk proteksi diri) bagi anda selagi belum ada bencana menimpa / sedia payung sebelum hujan.
untuk kategori ini, mobil Eropa andalannya. Safety&comfort nomer1.

http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bukan satu hal yang mudah untuk menentukan reliability .... banyak parameter yang mesti dilibatkan yang kemudian dirangkum secara menyeluruh ... dan tiap-tiap tahun selalu saja ada pergantian. Data comsumer report reliability ini juga baik sekali untuk masukan manufacture ... supaya bisa melakukan improvement ... sehingga bukan tidak mungkin (untuk model tertentu) yang tahun belakangan adalah gak bagus ... tahun sekarang jadi bagusan. Bagi Consumer sendiri data reliabilitas ini penting sekali ... terutama bagi mereka yang sibuk yang gak mau keluar masuk bengkel cuman gara-gara Non-scheduled replacement ... (wasting time) ... Kategori demi kategori dibandingkan antara yang paling reliable dengan yang gak reliable ... cara dan parameter untuk me-ranking reliabilitas boil baru berbeda dengan reliabilitas boil lama.Risol1 wrote:sabar bro Bush, saya yakin koq kalo member SM gak akan asal jeplak doang kalo ngomongbushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir![]()
malah kalo saya berpikir terbalik, kalo dulu itu mbl eropa quality dan reliabilitynya bagus sekali (tentunya harus dibarengi dengan perawatan yg baik), liat aja contoh mercy "baby benz" 300E yg tahun 88-93, itu mobil mercy paling reliable, gak manja. tapi mobil eropa yang baru2 (mungkin jg disebabkan karena penerapan teknologi yg cukup rumit atau karena kebanyakan merger dgn pabrikan lain) menjadi kurang reliable. Rusaknya mbl terutama di sektor elektronik pada mbl2 eropa akhir2 ini bukan disebabkan karena kurang perawatan, tapi gak tau kenapa sebabnya, dealerpun kadang2 gak bisa menjelaskan dgn masuk akal.
salah satu contohnya menimpa saya, mobil saya yg baru 5 bulan sampe di buyback karena pabrikan terjerat dengan lemon law. Uang dibalikin beserta pajak2nya, alesannya karena electronic shortage. gak masuk akal kan? hehehe....
maka kalo kita liat survey dari consumer report, reliability mbl eropa juga menurun baru2 ini saja, dulu eropa itu jauh diatas mobil amerika dan mungkin juga banding2 dgn jepang.
lamanya warranty juga gak bisa jadi patokan artinya kalo warranty makin panjang artinya mobil makin reliable, kalo gitu kia/hyundai 2 kali lebih reliable dari BMW dong secara dealernya kasi 10/100,000miles u/powertrainnya.
warranty itu juga terhubung erat dengan marketing mobil tsb.......
Satu gambaran ranking reliabilitas boil-boil tahun 2005 yang masuk USA :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Hehe ini susahnya diskusi di internet soalnya nggak bisa liat raut muka saya waktu nulis sabar kok malah dalam spirit tounge and cheek.Risol1 wrote:sabar bro Bush, saya yakin koq kalo member SM gak akan asal jeplak doang kalo ngomongbushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir![]()
malah kalo saya berpikir terbalik, kalo dulu itu mbl eropa quality dan reliabilitynya bagus sekali (tentunya harus dibarengi dengan perawatan yg baik), liat aja contoh mercy "baby benz" 300E yg tahun 88-93, itu mobil mercy paling reliable, gak manja. tapi mobil eropa yang baru2 (mungkin jg disebabkan karena penerapan teknologi yg cukup rumit atau karena kebanyakan merger dgn pabrikan lain) menjadi kurang reliable. Rusaknya mbl terutama di sektor elektronik pada mbl2 eropa akhir2 ini bukan disebabkan karena kurang perawatan, tapi gak tau kenapa sebabnya, dealerpun kadang2 gak bisa menjelaskan dgn masuk akal.
salah satu contohnya menimpa saya, mobil saya yg baru 5 bulan sampe di buyback karena pabrikan terjerat dengan lemon law. Uang dibalikin beserta pajak2nya, alesannya karena electronic shortage. gak masuk akal kan? hehehe....
maka kalo kita liat survey dari consumer report, reliability mbl eropa juga menurun baru2 ini saja, dulu eropa itu jauh diatas mobil amerika dan mungkin juga banding2 dgn jepang.
lamanya warranty juga gak bisa jadi patokan artinya kalo warranty makin panjang artinya mobil makin reliable, kalo gitu kia/hyundai 2 kali lebih reliable dari BMW dong secara dealernya kasi 10/100,000miles u/powertrainnya.
warranty itu juga terhubung erat dengan marketing mobil tsb.......
Saya cuma sering denger di jkt dan di forum forum otomotif indonesia banyak yg komplain mengenai mobil eropa. Keluhan paling besar adalah mobil eropa cepet panas dan elektroniknya suka rusak, kalo yg cepet panas sih nggak tau ya mungkin karena kondisi stop and go nya traffic di jakarta. Tapi secara pribadi audi TT saya sampai hari ini tidak bermasalah dengan elektroniknya dan begitu juga dengan e46 m3 saya dan kedua mobil tersebut penuh dengan electronic equipment. Saya tidak bilang bahwa mobil audi dan bmw tidak bermasalah karena kalau anda hang around di audiworld.com or bimmer.org ada juga beberapa mobil yg lemon tapi secara mayoritas tidak.
Terbalik dengan apa yg saya denger di JKT waktu saya mau ambil e90 320 saya banyak orang bilang ati ati ambil bmw paling suka rewel atau kalo baca post post di otomotif indonesia yg selalu bilang mobil eropa lebih rewel. Point saya cuma simpel kalau mobil eropa sudah tua ya harus di maintain dengan baik karena mobil eropa biasanya waktu barunya di pakai to the max jadi wajar aja perawatan selanjutnya harus di awasi.
BTW mobil you yg di lemon apa kalo boleh tau and salam kenal ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
salam kenal juga bro Bushkntl.bushkntl wrote: BTW mobil you yg di lemon apa kalo boleh tau and salam kenal ya

November 2006 saya ambil BMW 335i MT coupe, mobil ini enak banget dipakenya, tapi setelah jalan +/-5000mls (3 bulanan), suatu pagi pas lagi mo ngantor, ada rattle noise dan bunyi seperti tetesan air di dalemnya stereo (di dalem dashboardlah), saya mampir ke dealer BMW deket kantor, mobil sy parkir di depan garasinya sementara saya ngantri untuk bicara dengan service advisornya. lagi tiba2 ngantri, ada service advisor yang nepuk punggung saya dan tanya kenapa wiper saya gerak sendiri, tapi bukan gerak normal yang menyapu semua bidang kaca, melainkan hanya naik sedikit lalu turun lagi tapi motionnya perlahan sekali (jadi wiper seperti bergetar gitu). lalu kita berdua masuk ke dalam mobil dan mulai memainkan tuas wiper, setelah tuas di "on" kan, wiper berjalan normal, tapi gak bisa dimatikan.......SAnya pun mencabut kunci kontak mobil, tapi tetap aja wiper berjalan dengan speed penuh membuat orang2 di dealer itu tertawa semua

Setelah itu SA mencabut sikring lalu wiper mati......
dari semenjak itulah saya bolak balik dealer tapi masalah gak selesai. pernah suatu pagi klakson nyala sendiri.....sepanjang jalan sampe ke dealer .......tapi bagusnya dealer BMW itu servicenya bagus sekali, mobil loaner selalu dipinjamkan, pernah dapet new 535i sampe kepada 328 stationwagon. hehehe

akhirnya setelah 7 kali bulak balik bengkel, maka saya diajukan opsi untuk tukar mobil, dan kebetulan saat itu juga dealer lagi kosong stok 335i coupenya (saat itu susah nyari 335 coupe yg ready). jadi saya pun ambil uang saya balik lah dan beli mobil lain.
Memang BMW itu kasi warranty 5 tahun 60,000 miles plus maintenance juga dibayarin untuk kurun waktu itu, tapi jeleknya adalah harus mengikuti petunjuk buku manual misalnya ganti oli gratis cuma setahun sekali, kalo mao lebih dari itu musti bayar sendiri, kan tau dong kalo abis winter, oli mesin sebaiknya diganti.....nah ini yang kita musti keluar duit sendiri.....jadi walaupun free maintenance 5 tahun tetep aja banyak "catch" nya.
memang mungkin saya gak jodoh dgn BMW, dealer pun bilang belom pernah mengalamin kasus kaya gini......dulu waktu masih college pernah pake M3 E36 thn 99 (beli bekas) tapi baru bbrp bulan ditabrak orang dari belakang di highway.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
wah soal mobil ketrabrak di hwy sampai total saya juga pernah ngalamin tuh tapi bukan saya yg bawa. Mobilnya 02/03 audi b4 S4 avant ketabrak head on!! sama kl nggak salah ford f-150 or something like that di perbatasan virgina mobilnya sendiri hancur(nanti kl ketemu fotonya saya post) tapi semua occupants selamat kecuali 1 org yg nggak pakai seat belt hrs stay di hospital rada lama. Walaupun saya nggak ngalamin sendiri kecelakaannya saya salut dengan safety standardnya mobil eropa/audi bodi boleh hancur tapi tidak ada fatality atau luka, berat sesuai dengan brosur mereka jika terjadi head on collision mesin tidak masuk ke dalam cabin dan ini terbukti.Risol1 wrote: ....
memang mungkin saya gak jodoh dgn BMW, dealer pun bilang belom pernah mengalamin kasus kaya gini......dulu waktu masih college pernah pake M3 E36 thn 99 (beli bekas) tapi baru bbrp bulan ditabrak orang dari belakang di highway.
Sialnya waktu itu b4 S4 sudah nggak di produksi lagi jadi dan dealer dealer yg masih punya stok nggak punya warna silver, saya suka b4 S4 karena modelnya sangat subtle dan nggak beda jauh sama A4 wagon lainnya dan badge s4nya saya ganti dengan 1.8T

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Nov 03, 2007 6:50
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Pernah bad experience di bengkel mana boss ?miemie88 wrote:Risol1 wrote:miemie88 wrote:
kesimpulannya mengapa mobil eropa rewel??? balik lagi ke kualitas SDM kita di indo yg GAPTEK dan not sophisticated.
dikasih F15 tp cuma ngerti operasikan bajaj, ya pasti F15 nya ngga lama rusak.
di amerika dan eropa orang bisa bongkar mobil sendiri (mobil2 eropa/amerika) mereka tinggal beli spareparts. menghembat biaya servis. sehingga tidak tanggung2 dalam merawat mobil kesayangan. jadi problem kita di indo tidak terdapat di luar negeri yg amat sangat menyayangi tunggangannya. LUAR BIASA BUKAN? kita kalo disuruh bongkar 99.9% udah ngga bisa balikin. Itulah mengapa di indo banyak mobil kebakar sedang di luar negeri tidak ada.
Ane pakai 528i E39 dari 1997 ampe 2007 kalau pas pergi ke bengkel lebih sering ke bengkel Ototeknik drpd bengkel resmi BMW, Ototeknik tutup lalu lanjut ke bengkelnya pak Richard Wuisan terus terang kerjanya sgt qualified, bahkan diagram moment pengencangan baut semua bagian mobil aja ada, E39 ane setiap bongkar sesuatu pas masangnya kembali semua baut dikencengin pake kunci Torsi sesuai spek.
Kalo orang sini dibilang ga bisa nanganin mobil Eropa maka anda harus lihat mobil2 di komunitas Mercedes Tiger W123, BMW M40 club, Mercedes W124 boxer club, Peugeot Club / JPC, FKCI (Citroen), BMW CCI, ntar oom lihat sendiri deh mobil2 nya.
Bbrp bulan lalu pameran mobil antik Otoblitz - Adira nonton nggak oom ?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
sorry nih bung Rizol, kalo saya lebih ke fakta saja daripada gosip.Risol1 wrote:tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jermanmiemie88 wrote: coba bayangkan kasus cipularang km 111, dimana S-class loose control, hancur, tapi ke-5 orangnya selamat. kalo pake kijang / honda? I dont think so bisa selamat.
Intinya bukan saya bilang harus beli S-class, intinya adalah pilihlah yg terbaik (untuk proteksi diri) bagi anda selagi belum ada bencana menimpa / sedia payung sebelum hujan.
untuk kategori ini, mobil Eropa andalannya. Safety&comfort nomer1.
http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
apabila benar, yg namanya anomali kemungkinan tetep ada, namanya kecelakaan.
sisi positifnya, ke-5 orangnya selamat nah itu LUAR BIASA menarik!
kalo berita di Jawapos ttg Honda jazz yg kecelakaan aja orangnya mampus semua itu bagaimana hayooo? padahal cuma lari 100kpj. padahal ngakunya sih JNCAP bintang 4 .... kok masih tetep kaya kaleng kerupuk ya.
trus berita mengenai AVANZA baru putus as-roda di jagorawi... wah saya kira memang sih mobil JAPUN bener2 "reliable"
nantinya kalao Anda punya Lexus generasi terbaru, misal LS460 yg tercanggih ada fitur kursi pijat, airbag banyak, dsb dsb anda baru bisa merasakan mobil ini lebih rewel dan mahal daripada kijang.
simply because its ELECTRONICALLY yg mana kalo dijemur lama, kena macet2an, hujan, banjir dsb pasti rewelnya ya sama kaya mobil2 eropa yg anda maksud.
why eropa anda anggap lebih rewel? simply karena selalu dibandingkan dengan kendaraan niaga terlaris yaitu kijang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
komentar saya om... bahwa anda layak dapat bintang!bushkntl wrote:Hehe ini susahnya diskusi di internet soalnya nggak bisa liat raut muka saya waktu nulis sabar kok malah dalam spirit tounge and cheek.Risol1 wrote:sabar bro Bush, saya yakin koq kalo member SM gak akan asal jeplak doang kalo ngomongbushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir![]()
malah kalo saya berpikir terbalik, kalo dulu itu mbl eropa quality dan reliabilitynya bagus sekali (tentunya harus dibarengi dengan perawatan yg baik), liat aja contoh mercy "baby benz" 300E yg tahun 88-93, itu mobil mercy paling reliable, gak manja. tapi mobil eropa yang baru2 (mungkin jg disebabkan karena penerapan teknologi yg cukup rumit atau karena kebanyakan merger dgn pabrikan lain) menjadi kurang reliable. Rusaknya mbl terutama di sektor elektronik pada mbl2 eropa akhir2 ini bukan disebabkan karena kurang perawatan, tapi gak tau kenapa sebabnya, dealerpun kadang2 gak bisa menjelaskan dgn masuk akal.
salah satu contohnya menimpa saya, mobil saya yg baru 5 bulan sampe di buyback karena pabrikan terjerat dengan lemon law. Uang dibalikin beserta pajak2nya, alesannya karena electronic shortage. gak masuk akal kan? hehehe....
maka kalo kita liat survey dari consumer report, reliability mbl eropa juga menurun baru2 ini saja, dulu eropa itu jauh diatas mobil amerika dan mungkin juga banding2 dgn jepang.
lamanya warranty juga gak bisa jadi patokan artinya kalo warranty makin panjang artinya mobil makin reliable, kalo gitu kia/hyundai 2 kali lebih reliable dari BMW dong secara dealernya kasi 10/100,000miles u/powertrainnya.
warranty itu juga terhubung erat dengan marketing mobil tsb.......
Saya cuma sering denger di jkt dan di forum forum otomotif indonesia banyak yg komplain mengenai mobil eropa. Keluhan paling besar adalah mobil eropa cepet panas dan elektroniknya suka rusak, kalo yg cepet panas sih nggak tau ya mungkin karena kondisi stop and go nya traffic di jakarta. Tapi secara pribadi audi TT saya sampai hari ini tidak bermasalah dengan elektroniknya dan begitu juga dengan e46 m3 saya dan kedua mobil tersebut penuh dengan electronic equipment. Saya tidak bilang bahwa mobil audi dan bmw tidak bermasalah karena kalau anda hang around di audiworld.com or bimmer.org ada juga beberapa mobil yg lemon tapi secara mayoritas tidak.
Terbalik dengan apa yg saya denger di JKT waktu saya mau ambil e90 320 saya banyak orang bilang ati ati ambil bmw paling suka rewel atau kalo baca post post di otomotif indonesia yg selalu bilang mobil eropa lebih rewel. Point saya cuma simpel kalau mobil eropa sudah tua ya harus di maintain dengan baik karena mobil eropa biasanya waktu barunya di pakai to the max jadi wajar aja perawatan selanjutnya harus di awasi.
BTW mobil you yg di lemon apa kalo boleh tau and salam kenal ya
banyak orang pengen mubil eropa tapi ngga mau keluar duit buat perawatannya. dikiranya kaya kijang yg pokok isi bensin, ganti oli, tancap gass.
itu artinya banyak orang yg maksa beli barang bagus tapi produk knowledge minim, sehingga muncullah problem2 tsb.
intinya adalah bukan teknisnya yg salah, kalo saya lebih ke salahkan SDM-nya yg kurang afdol
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hehehe...wah gak usah sori segala bro Mei....kita kan cuma diskusi.....hehehemiemie88 wrote:sorry nih bung Rizol, kalo saya lebih ke fakta saja daripada gosip.Risol1 wrote:tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jermanmiemie88 wrote: coba bayangkan kasus cipularang km 111, dimana S-class loose control, hancur, tapi ke-5 orangnya selamat. kalo pake kijang / honda? I dont think so bisa selamat.
Intinya bukan saya bilang harus beli S-class, intinya adalah pilihlah yg terbaik (untuk proteksi diri) bagi anda selagi belum ada bencana menimpa / sedia payung sebelum hujan.
untuk kategori ini, mobil Eropa andalannya. Safety&comfort nomer1.
http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
apabila benar, yg namanya anomali kemungkinan tetep ada, namanya kecelakaan.
sisi positifnya, ke-5 orangnya selamat nah itu LUAR BIASA menarik!
kalo berita di Jawapos ttg Honda jazz yg kecelakaan aja orangnya mampus semua itu bagaimana hayooo? padahal cuma lari 100kpj. padahal ngakunya sih JNCAP bintang 4 .... kok masih tetep kaya kaleng kerupuk ya.

sekali lagi saya cm mao tekankan, kita gak bisa mengambil sampel sebuah mercedes S class untuk mewakili "Eropa" dan sebuah jazz untuk mewakili "Jepang", dan lalu mengambil kesimpulan bahwa mobil eropa jauh lebih safety/reliable dari jepang....rasanya koq gak adil membandingkan sedan mercedes dari strata tertingginya dengan mobil city car jepang yang fitur safetynya juga berada jauh di bawah.....yg mungkin rem abs dan airbag pun gak ada.

kalo ditilik dari cerita bro Mei diatas, mungkin penumpang Sclass semua selamat karena mereka punya mobil yang bodinya 2 kali lebih besar dan safety feature yang jauh lebih bagus daripada honda jazz sehingga benturan collision bisa jauh lebih terserap dibanding dengan honda jazz yang kecil.
kalo sy liat dari gambar kecelakaannya, curtain airbagnya mercedes semua deployed koq....sedangkan kebanyakan jazz yang beredar di indo gak pake airbag sama sekali.

IMO, di jaman sekarang ini yang kompetisi antar pabrikan mobil begitu ketatnya, sebenarnya mobil yang "aman" atau safe itu bukan dipegang oleh suatu merek tertentu lagi atau satu benua lagi, tapi tergantung dari:
1. fitur2 safety yang ditanamkan di mobil tsb oleh pabrikannya
2. dimensi mobil tsb (semakin besar semakin baik chancenya).
3. kualitas material mobil tsb
mobil eropa masih menang di kategori no3 karena mereka dibuat dengan material yang sedikit lebih baik dari mobil jp misal pemakaian plat besi yang lebih tebal, tapi untuk no1 dan no2, saya kira jepang pun sudah gak kalah, asal dibandingkan dengan mobil yang sekelas.
kalo cuma dari segi safety, memang kalo membandingkan eropa dan jepang yang sama2 sekelas, eropa masih menang tipis tapi gak berarti eropa selamat, jepang penumpangnya mati semua

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
sekarang balik lagi ke masalah reliability:miemie88 wrote:trus berita mengenai AVANZA baru putus as-roda di jagorawi... wah saya kira memang sih mobil JAPUN bener2 "reliable"Risol1 wrote:tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jermanmiemie88 wrote: coba bayangkan kasus cipularang km 111, dimana S-class loose control, hancur, tapi ke-5 orangnya selamat. kalo pake kijang / honda? I dont think so bisa selamat.
Intinya bukan saya bilang harus beli S-class, intinya adalah pilihlah yg terbaik (untuk proteksi diri) bagi anda selagi belum ada bencana menimpa / sedia payung sebelum hujan.
untuk kategori ini, mobil Eropa andalannya. Safety&comfort nomer1.
http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
nantinya kalao Anda punya Lexus generasi terbaru, misal LS460 yg tercanggih ada fitur kursi pijat, airbag banyak, dsb dsb anda baru bisa merasakan mobil ini lebih rewel dan mahal daripada kijang.
simply because its ELECTRONICALLY yg mana kalo dijemur lama, kena macet2an, hujan, banjir dsb pasti rewelnya ya sama kaya mobil2 eropa yg anda maksud.
why eropa anda anggap lebih rewel? simply karena selalu dibandingkan dengan kendaraan niaga terlaris yaitu kijang.
ttg avanza, spt yg anda bilang ttg airbag S class yang engga meletup: "kan ada yang namanya anomali kemungkinan"........mungkin aja tuh avanza sebelomnya pernah nabrak trotoar dengan kenceng atau apalah yang bisa menyebabkan as roda patah.....kan kita gak tau cerita dibalik itu semua....pihak TAM juga enggak pernah recall as roda avanza........sy bukan membela avanza lho, cuma mao bersikap objektif. dan kita semua kan tau banyak kesalahan pakai/maintenancenya di indonesia, avanza yang mesin 1300cc dikasi kursi 3 baris, dimuatin 8 orang plus barang, dibawa ngebut 120kpj sambil zigzag.......dst...dst...
ttg lexus LS, saya gak bisa berkomentar lagi deh, cuma bisa menyertakan informasi dari Bung Penyu yg didapatnya dari Consumer Report (CR):
"Sebagai satu gambaran COnsumer Report tahun 2000 an ... diambil sample 100 Lexus LS dan 100 BMW 7 series.
1. Dari 100 Lexus LS yang keluar Dealer (brand new) ... ada 40 Lexus LS yang keluar masuk Bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) TAHUN.
2. Dari 100 BMW 7 Series yang keluar dealer (brand new) ... juga ada 40 BMW yang keluar masuk bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) BULAN.
ENAM TAHUN dan ENAM BULAN ... beda jauhnya ... disinilah ada kecenderungan orang banyak melirik boil Jepang tentang Reliabilitas nya."
menurut saya, lexus LS juga mempunyai fitur2 yang sama canggihnya dengan seri 7 u/ tahun pembuatan yang sama. Consumer report gak mungkin membandingkan seri 7 dengan sebuah corolla.

saya jg yakin, sesaat setelah report ini published, pihak BMW USA juga pasti akan langsung cross-checked ke lapangan untuk berusaha mementahkan pernyataan CR tsb, Tapi terpaksa harus menerima pernyataan tsb karena mungkin CR punya bukti2 yang kuat untuk mempublished berita seperti itu......terutama untuk konsumsi di pasar US yang gampang sekali untuk menuntut orang secara hukum.
kadang2 kita gak bisa menyimpulkan sesuatu hanya berdasar dari bbrp sample barang yang kita punya. Misalnya: "hanya karena mobil BMW saya sering rusak dan mobil honda saya gak rusak2, saya menyimpulkan bahwa jepang lebih reliable dari eropa"....dan sebaliknya

kadang2, "penelitian2" yang kita lakukan dgn hanya berdasar dari pengalaman2 pribadi kurang sahih untuk dijadikan kesimpulan yang berlaku secara umum. kalo kesimpulan pribadi sih lain cerita....hehehe....
Tapi ada lembaga2 berskala internasional yang mensurvey beribu2 pemakai, meneliti beratus2 varian mobil, mengcompare mobil2 dari semua belahan dunia, menetapkan standard dan definisi dari "reliable", dan lembaga tsb mengumumkan bahwa "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"...titik!
dan hasil ini tidak berlaku pada individual mobil2 yang dijual.....jadi bisa aja ada pemilik mbl eropa yang mendapatkan mobil yang lebih gak rewel dari mobil jepangnya, tapi secara umum, pendpat CR adalah: "saat ini jepang lebih reliable dari eropa".
secara pendapat saya pribadi: dari pengalaman saya sendiri, memang eropa masih lebih manja dibanding jepang, tapi memang dibayar oleh fun to drivenya.
saya juga gak pernah bilang bahwa "eropa itu gak reliable", yang selalu saya bilang itu "jepang masih lebih gak manja/reliable dari eropa" itu saja.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
saya kira perbandingan yg saya buat cukup reasonable. itu khan contoh ekstrimnya saja. maksudnya lexus pun bisa seREWEL mercy berkat fitur se-abrek.Risol1 wrote:hehehe...wah gak usah sori segala bro Mei....kita kan cuma diskusi.....hehehemiemie88 wrote:sorry nih bung Rizol, kalo saya lebih ke fakta saja daripada gosip.Risol1 wrote: tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jerman
http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
apabila benar, yg namanya anomali kemungkinan tetep ada, namanya kecelakaan.
sisi positifnya, ke-5 orangnya selamat nah itu LUAR BIASA menarik!
kalo berita di Jawapos ttg Honda jazz yg kecelakaan aja orangnya mampus semua itu bagaimana hayooo? padahal cuma lari 100kpj. padahal ngakunya sih JNCAP bintang 4 .... kok masih tetep kaya kaleng kerupuk ya.![]()
sekali lagi saya cm mao tekankan, kita gak bisa mengambil sampel sebuah mercedes S class untuk mewakili "Eropa" dan sebuah jazz untuk mewakili "Jepang", dan lalu mengambil kesimpulan bahwa mobil eropa jauh lebih safety/reliable dari jepang....rasanya koq gak adil membandingkan sedan mercedes dari strata tertingginya dengan mobil city car jepang yang fitur safetynya juga berada jauh di bawah.....yg mungkin rem abs dan airbag pun gak ada.![]()
kalo ditilik dari cerita bro Mei diatas, mungkin penumpang Sclass semua selamat karena mereka punya mobil yang bodinya 2 kali lebih besar dan safety feature yang jauh lebih bagus daripada honda jazz sehingga benturan collision bisa jauh lebih terserap dibanding dengan honda jazz yang kecil.
kalo sy liat dari gambar kecelakaannya, curtain airbagnya mercedes semua deployed koq....sedangkan kebanyakan jazz yang beredar di indo gak pake airbag sama sekali.ya wajarlah kalo kemungkinan penumpang selamat lebih besar di S class.
IMO, di jaman sekarang ini yang kompetisi antar pabrikan mobil begitu ketatnya, sebenarnya mobil yang "aman" atau safe itu bukan dipegang oleh suatu merek tertentu lagi atau satu benua lagi, tapi tergantung dari:
1. fitur2 safety yang ditanamkan di mobil tsb oleh pabrikannya
2. dimensi mobil tsb (semakin besar semakin baik chancenya).
3. kualitas material mobil tsb
mobil eropa masih menang di kategori no3 karena mereka dibuat dengan material yang sedikit lebih baik dari mobil jp misal pemakaian plat besi yang lebih tebal, tapi untuk no1 dan no2, saya kira jepang pun sudah gak kalah, asal dibandingkan dengan mobil yang sekelas.
kalo cuma dari segi safety, memang kalo membandingkan eropa dan jepang yang sama2 sekelas, eropa masih menang tipis tapi gak berarti eropa selamat, jepang penumpangnya mati semua
masalahnya orang melihat rewel nggak nya mobil eropa tuh karena dibandingin mulu ama kijang atau mobil sejenis tapi fitur yg lebih sedikit.
untuk yg sekelas katakanlah peugeot 307 vs civic gen8 wah sorry lagi2 fitur safety dipegang peugeot yg notabene lebih concern ke safety, dengan airbag 6 buah, dan chassis superkokoh EURONCAP bintang4.
semua hal yg anda utarakan di atas bener adanya, tapi sayangnya hanya sebatas teori. meengapa saya berani bilang begitu? karena mobil japun yg masuk di indonesia adalah produk2 spek down baik dari fitur maupun quality. ngga percaya?
coba deh amati dengan seksama kualitas HONDA built-up japan atau amerika, macam Fit, accord dsb jauuuuuuuuuuuhhhhh bangeeeet rasa mobilnya dengan kembarannya Honda jakarta/thailand (untuk pasaran negara dunia ketiga).
kalau saya lihat memang eropa develop banyak resources ke safety dan kenyamanan sehingga mereka ambil untuk dari spareparts yg lebih mahal.
sedangkan mobil japun terbalik karena memburu parts semurah mungkin sehingga mau ngga mau pengurangan dalam hal safety dan comfort.
kembali lagi ke konsumen, worthed ngga spareparts yg "aga" mahal tsb (sekitar 10-30% dari japun) but more to safety
atau lebih worthed ke less-safety but cheaper to maintain.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
saya kira perbandingan yg saya buat cukup reasonable. itu khan contoh ekstrimnya saja. maksudnya lexus pun bisa seREWEL mercy berkat fitur se-abrek.Risol1 wrote:hehehe...wah gak usah sori segala bro Mei....kita kan cuma diskusi.....hehehemiemie88 wrote:sorry nih bung Rizol, kalo saya lebih ke fakta saja daripada gosip.Risol1 wrote: tapi gosipnya dlm kecelakaan ini, tu S class airbagnya gak keluar/meletup sampe2 DCi harus research ke jerman
http://www.autoshow.permaisuri.com/Cont ... 0501070303
apabila benar, yg namanya anomali kemungkinan tetep ada, namanya kecelakaan.
sisi positifnya, ke-5 orangnya selamat nah itu LUAR BIASA menarik!
kalo berita di Jawapos ttg Honda jazz yg kecelakaan aja orangnya mampus semua itu bagaimana hayooo? padahal cuma lari 100kpj. padahal ngakunya sih JNCAP bintang 4 .... kok masih tetep kaya kaleng kerupuk ya.![]()
sekali lagi saya cm mao tekankan, kita gak bisa mengambil sampel sebuah mercedes S class untuk mewakili "Eropa" dan sebuah jazz untuk mewakili "Jepang", dan lalu mengambil kesimpulan bahwa mobil eropa jauh lebih safety/reliable dari jepang....rasanya koq gak adil membandingkan sedan mercedes dari strata tertingginya dengan mobil city car jepang yang fitur safetynya juga berada jauh di bawah.....yg mungkin rem abs dan airbag pun gak ada.![]()
kalo ditilik dari cerita bro Mei diatas, mungkin penumpang Sclass semua selamat karena mereka punya mobil yang bodinya 2 kali lebih besar dan safety feature yang jauh lebih bagus daripada honda jazz sehingga benturan collision bisa jauh lebih terserap dibanding dengan honda jazz yang kecil.
kalo sy liat dari gambar kecelakaannya, curtain airbagnya mercedes semua deployed koq....sedangkan kebanyakan jazz yang beredar di indo gak pake airbag sama sekali.ya wajarlah kalo kemungkinan penumpang selamat lebih besar di S class.
IMO, di jaman sekarang ini yang kompetisi antar pabrikan mobil begitu ketatnya, sebenarnya mobil yang "aman" atau safe itu bukan dipegang oleh suatu merek tertentu lagi atau satu benua lagi, tapi tergantung dari:
1. fitur2 safety yang ditanamkan di mobil tsb oleh pabrikannya
2. dimensi mobil tsb (semakin besar semakin baik chancenya).
3. kualitas material mobil tsb
mobil eropa masih menang di kategori no3 karena mereka dibuat dengan material yang sedikit lebih baik dari mobil jp misal pemakaian plat besi yang lebih tebal, tapi untuk no1 dan no2, saya kira jepang pun sudah gak kalah, asal dibandingkan dengan mobil yang sekelas.
kalo cuma dari segi safety, memang kalo membandingkan eropa dan jepang yang sama2 sekelas, eropa masih menang tipis tapi gak berarti eropa selamat, jepang penumpangnya mati semua
masalahnya orang melihat rewel nggak nya mobil eropa tuh karena dibandingin mulu ama kijang atau mobil sejenis tapi fitur yg lebih sedikit.
untuk yg sekelas katakanlah peugeot 307 vs civic gen8 wah sorry lagi2 fitur safety dipegang peugeot yg notabene lebih concern ke safety, dengan airbag 6 buah, dan chassis superkokoh EURONCAP bintang4.
semua hal yg anda utarakan di atas bener adanya, tapi sayangnya hanya sebatas teori. meengapa saya berani bilang begitu? karena mobil japun yg masuk di indonesia adalah produk2 spek down baik dari fitur maupun quality. ngga percaya?
coba deh amati dengan seksama kualitas HONDA built-up japan atau amerika, macam Fit, accord dsb jauuuuuuuuuuuhhhhh bangeeeet rasa mobilnya dengan kembarannya Honda jakarta/thailand (untuk pasaran negara dunia ketiga).
kalau saya lihat memang eropa develop banyak resources ke safety dan kenyamanan sehingga mereka ambil untuk dari spareparts yg lebih mahal.
sedangkan mobil japun terbalik karena memburu parts semurah mungkin sehingga mau ngga mau pengurangan dalam hal safety dan comfort.
kembali lagi ke konsumen, worthed ngga spareparts yg "aga" mahal tsb (sekitar 10-30% dari japun) but more to safety
atau lebih worthed ke less-safety but cheaper to maintain.
bener apa pepatah "Orang ngerti mobil pasti milih eropah, for any reason"
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
sekarang balik lagi ke masalah reliability:
ttg avanza, spt yg anda bilang ttg airbag S class yang engga meletup: "kan ada yang namanya anomali kemungkinan"........mungkin aja tuh avanza sebelomnya pernah nabrak trotoar dengan kenceng atau apalah yang bisa menyebabkan as roda patah.....kan kita gak tau cerita dibalik itu semua....pihak TAM juga enggak pernah recall as roda avanza........sy bukan membela avanza lho, cuma mao bersikap objektif. dan kita semua kan tau banyak kesalahan pakai/maintenancenya di indonesia, avanza yang mesin 1300cc dikasi kursi 3 baris, dimuatin 8 orang plus barang, dibawa ngebut 120kpj sambil zigzag.......dst...dst...
ttg lexus LS, saya gak bisa berkomentar lagi deh, cuma bisa menyertakan informasi dari Bung Penyu yg didapatnya dari Consumer Report (CR):
"Sebagai satu gambaran COnsumer Report tahun 2000 an ... diambil sample 100 Lexus LS dan 100 BMW 7 series.
1. Dari 100 Lexus LS yang keluar Dealer (brand new) ... ada 40 Lexus LS yang keluar masuk Bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) TAHUN.
2. Dari 100 BMW 7 Series yang keluar dealer (brand new) ... juga ada 40 BMW yang keluar masuk bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) BULAN.
ENAM TAHUN dan ENAM BULAN ... beda jauhnya ... disinilah ada kecenderungan orang banyak melirik boil Jepang tentang Reliabilitas nya."
menurut saya, lexus LS juga mempunyai fitur2 yang sama canggihnya dengan seri 7 u/ tahun pembuatan yang sama. Consumer report gak mungkin membandingkan seri 7 dengan sebuah corolla.
saya jg yakin, sesaat setelah report ini published, pihak BMW USA juga pasti akan langsung cross-checked ke lapangan untuk berusaha mementahkan pernyataan CR tsb, Tapi terpaksa harus menerima pernyataan tsb karena mungkin CR punya bukti2 yang kuat untuk mempublished berita seperti itu......terutama untuk konsumsi di pasar US yang gampang sekali untuk menuntut orang secara hukum.
kadang2 kita gak bisa menyimpulkan sesuatu hanya berdasar dari bbrp sample barang yang kita punya. Misalnya: "hanya karena mobil BMW saya sering rusak dan mobil honda saya gak rusak2, saya menyimpulkan bahwa jepang lebih reliable dari eropa"....dan sebaliknya
kadang2, "penelitian2" yang kita lakukan dgn hanya berdasar dari pengalaman2 pribadi kurang sahih untuk dijadikan kesimpulan yang berlaku secara umum. kalo kesimpulan pribadi sih lain cerita....hehehe....
Tapi ada lembaga2 berskala internasional yang mensurvey beribu2 pemakai, meneliti beratus2 varian mobil, mengcompare mobil2 dari semua belahan dunia, menetapkan standard dan definisi dari "reliable", dan lembaga tsb mengumumkan bahwa "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"...titik!
dan hasil ini tidak berlaku pada individual mobil2 yang dijual.....jadi bisa aja ada pemilik mbl eropa yang mendapatkan mobil yang lebih gak rewel dari mobil jepangnya, tapi secara umum, pendpat CR adalah: "saat ini jepang lebih reliable dari eropa".
secara pendapat saya pribadi: dari pengalaman saya sendiri, memang eropa masih lebih manja dibanding jepang, tapi memang dibayar oleh fun to drivenya.
saya juga gak pernah bilang bahwa "eropa itu gak reliable", yang selalu saya bilang itu "jepang masih lebih gak manja/reliable dari eropa" itu saja.[/quote]
jangan dibolak balik dong, bung Rizol, jadi bingung neh.
tadi statement anda sendiri bilang "KAYAKNYA AIRBAG S-CLASS NGGA MELETUP" nah saya bilang "NGGA MELETUP AJA KOK MASIH BISA SELAMAT, ITU LUAR BIASA SAFE"
anda bilang kualitas avanza putus as roda (yg menurut saya jauh lebih berbahaya) adalah akibat kesalahan pemakaian pengemudi, apa bener nih? wong yg bawa ibu2 kok menurut laporannya.
mungkin kesimpulan dari semua ini adalah:
1. yg bilang mobil eropa rewel tapi ngga pernah nyoba sendiri adalah orang2 yg ber-SDM rendah (gampang dihasut, blm
jajal kok udah sok tahu).
2. orang2 yg sudah memiliki mobil eropa tapi kok rewel terus adalah ORANG2 YG NGGA BS NGERAWAT MOBIL (<SDM) /
orang2 yg ngga pelit (entah ngga punya uang beneran atau males keluar uang utk merawat)
3. menjelek2kan merk yg sudah bagus sih jamak ya untuk menjatuhkan pesaing (hanya orang yg ngerti yg tahu bener
ngga sih komentar2 pasaran di luar)
4. membagus2kan merk jelek agar terlihat baik berhasil untuk orang2 yg tidak tahu mobil.
5. mobil apapun kalo dirawat pasti AWET dan prima, sedangkan kalo minim perawatan ya pasti jebol. ngga percaya? coba
deh beli LEXUS yg super reliable itu kemudian perlakukan seperti bawa BEMO / kijang / avanza. saya pengen tahu sih
bener ngga jargon SUPER RELIABLE itu?
kondisi ini juga berlaku bagi yg memperlakukan BMW/Mercy/Volvo/Peugeot/dst- layaknya kijang kemudian ngomel2
kok ngga awet lah, kok manja lah, dst dst.
6. sudah waktunya kita tu berpikir lebih dewasa, jangan termakan hasutan-hasutan / menjelek2kan sesuatu yg kita BELUM
TENTU PAHAM BENAR, melainkan think by yourself.
7. bis antar propinsi (jarak jauh) always use EUROPEAN brand, ya karena udah terbukti EROPA LEBIH NYAMAN, AWET.
sedangkan bisa dalam kota yg suka tarik2an selalu pakai JAPAN brand. keawetannya pun belum bisa melebihi eropa. ini
menandakan reliabilitas EROPA MASIH DI ATAS JAPUN.
kalau masalah BMW lebih rewel daripada KIJANG bener adanya, tidak lebih karena fiturnya lebih banyak maka
pantangannya lebih banyak.
kalo saya sih lebih cenderung nyoba sendiri daripada berkoar2. buktinya orang bilang peugeot/bmw/merc rewel, kok saya pake udah 150rb KM ngga masalah ya? Karena saya-nya yg pintar apa eropah-nya yg kuat? hahahaha...
sudah objective kah anda??? i dont think so...
ttg avanza, spt yg anda bilang ttg airbag S class yang engga meletup: "kan ada yang namanya anomali kemungkinan"........mungkin aja tuh avanza sebelomnya pernah nabrak trotoar dengan kenceng atau apalah yang bisa menyebabkan as roda patah.....kan kita gak tau cerita dibalik itu semua....pihak TAM juga enggak pernah recall as roda avanza........sy bukan membela avanza lho, cuma mao bersikap objektif. dan kita semua kan tau banyak kesalahan pakai/maintenancenya di indonesia, avanza yang mesin 1300cc dikasi kursi 3 baris, dimuatin 8 orang plus barang, dibawa ngebut 120kpj sambil zigzag.......dst...dst...
ttg lexus LS, saya gak bisa berkomentar lagi deh, cuma bisa menyertakan informasi dari Bung Penyu yg didapatnya dari Consumer Report (CR):
"Sebagai satu gambaran COnsumer Report tahun 2000 an ... diambil sample 100 Lexus LS dan 100 BMW 7 series.
1. Dari 100 Lexus LS yang keluar Dealer (brand new) ... ada 40 Lexus LS yang keluar masuk Bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) TAHUN.
2. Dari 100 BMW 7 Series yang keluar dealer (brand new) ... juga ada 40 BMW yang keluar masuk bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) BULAN.
ENAM TAHUN dan ENAM BULAN ... beda jauhnya ... disinilah ada kecenderungan orang banyak melirik boil Jepang tentang Reliabilitas nya."
menurut saya, lexus LS juga mempunyai fitur2 yang sama canggihnya dengan seri 7 u/ tahun pembuatan yang sama. Consumer report gak mungkin membandingkan seri 7 dengan sebuah corolla.

saya jg yakin, sesaat setelah report ini published, pihak BMW USA juga pasti akan langsung cross-checked ke lapangan untuk berusaha mementahkan pernyataan CR tsb, Tapi terpaksa harus menerima pernyataan tsb karena mungkin CR punya bukti2 yang kuat untuk mempublished berita seperti itu......terutama untuk konsumsi di pasar US yang gampang sekali untuk menuntut orang secara hukum.
kadang2 kita gak bisa menyimpulkan sesuatu hanya berdasar dari bbrp sample barang yang kita punya. Misalnya: "hanya karena mobil BMW saya sering rusak dan mobil honda saya gak rusak2, saya menyimpulkan bahwa jepang lebih reliable dari eropa"....dan sebaliknya

kadang2, "penelitian2" yang kita lakukan dgn hanya berdasar dari pengalaman2 pribadi kurang sahih untuk dijadikan kesimpulan yang berlaku secara umum. kalo kesimpulan pribadi sih lain cerita....hehehe....
Tapi ada lembaga2 berskala internasional yang mensurvey beribu2 pemakai, meneliti beratus2 varian mobil, mengcompare mobil2 dari semua belahan dunia, menetapkan standard dan definisi dari "reliable", dan lembaga tsb mengumumkan bahwa "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"...titik!
dan hasil ini tidak berlaku pada individual mobil2 yang dijual.....jadi bisa aja ada pemilik mbl eropa yang mendapatkan mobil yang lebih gak rewel dari mobil jepangnya, tapi secara umum, pendpat CR adalah: "saat ini jepang lebih reliable dari eropa".
secara pendapat saya pribadi: dari pengalaman saya sendiri, memang eropa masih lebih manja dibanding jepang, tapi memang dibayar oleh fun to drivenya.
saya juga gak pernah bilang bahwa "eropa itu gak reliable", yang selalu saya bilang itu "jepang masih lebih gak manja/reliable dari eropa" itu saja.[/quote]
jangan dibolak balik dong, bung Rizol, jadi bingung neh.
tadi statement anda sendiri bilang "KAYAKNYA AIRBAG S-CLASS NGGA MELETUP" nah saya bilang "NGGA MELETUP AJA KOK MASIH BISA SELAMAT, ITU LUAR BIASA SAFE"
anda bilang kualitas avanza putus as roda (yg menurut saya jauh lebih berbahaya) adalah akibat kesalahan pemakaian pengemudi, apa bener nih? wong yg bawa ibu2 kok menurut laporannya.
mungkin kesimpulan dari semua ini adalah:
1. yg bilang mobil eropa rewel tapi ngga pernah nyoba sendiri adalah orang2 yg ber-SDM rendah (gampang dihasut, blm
jajal kok udah sok tahu).
2. orang2 yg sudah memiliki mobil eropa tapi kok rewel terus adalah ORANG2 YG NGGA BS NGERAWAT MOBIL (<SDM) /
orang2 yg ngga pelit (entah ngga punya uang beneran atau males keluar uang utk merawat)
3. menjelek2kan merk yg sudah bagus sih jamak ya untuk menjatuhkan pesaing (hanya orang yg ngerti yg tahu bener
ngga sih komentar2 pasaran di luar)
4. membagus2kan merk jelek agar terlihat baik berhasil untuk orang2 yg tidak tahu mobil.
5. mobil apapun kalo dirawat pasti AWET dan prima, sedangkan kalo minim perawatan ya pasti jebol. ngga percaya? coba
deh beli LEXUS yg super reliable itu kemudian perlakukan seperti bawa BEMO / kijang / avanza. saya pengen tahu sih
bener ngga jargon SUPER RELIABLE itu?
kondisi ini juga berlaku bagi yg memperlakukan BMW/Mercy/Volvo/Peugeot/dst- layaknya kijang kemudian ngomel2
kok ngga awet lah, kok manja lah, dst dst.
6. sudah waktunya kita tu berpikir lebih dewasa, jangan termakan hasutan-hasutan / menjelek2kan sesuatu yg kita BELUM
TENTU PAHAM BENAR, melainkan think by yourself.
7. bis antar propinsi (jarak jauh) always use EUROPEAN brand, ya karena udah terbukti EROPA LEBIH NYAMAN, AWET.
sedangkan bisa dalam kota yg suka tarik2an selalu pakai JAPAN brand. keawetannya pun belum bisa melebihi eropa. ini
menandakan reliabilitas EROPA MASIH DI ATAS JAPUN.
kalau masalah BMW lebih rewel daripada KIJANG bener adanya, tidak lebih karena fiturnya lebih banyak maka
pantangannya lebih banyak.
kalo saya sih lebih cenderung nyoba sendiri daripada berkoar2. buktinya orang bilang peugeot/bmw/merc rewel, kok saya pake udah 150rb KM ngga masalah ya? Karena saya-nya yg pintar apa eropah-nya yg kuat? hahahaha...
sudah objective kah anda??? i dont think so...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
yup saya setujumiemie88 wrote: saya kira perbandingan yg saya buat cukup reasonable. itu khan contoh ekstrimnya saja. maksudnya lexus pun bisa seREWEL mercy berkat fitur se-abrek.
masalahnya orang melihat rewel nggak nya mobil eropa tuh karena dibandingin mulu ama kijang atau mobil sejenis tapi fitur yg lebih sedikit.
untuk yg sekelas katakanlah peugeot 307 vs civic gen8 wah sorry lagi2 fitur safety dipegang peugeot yg notabene lebih concern ke safety, dengan airbag 6 buah, dan chassis superkokoh EURONCAP bintang4.
semua hal yg anda utarakan di atas bener adanya, tapi sayangnya hanya sebatas teori. meengapa saya berani bilang begitu? karena mobil japun yg masuk di indonesia adalah produk2 spek down baik dari fitur maupun quality. ngga percaya?
coba deh amati dengan seksama kualitas HONDA built-up japan atau amerika, macam Fit, accord dsb jauuuuuuuuuuuhhhhh bangeeeet rasa mobilnya dengan kembarannya Honda jakarta/thailand (untuk pasaran negara dunia ketiga).
kalau saya lihat memang eropa develop banyak resources ke safety dan kenyamanan sehingga mereka ambil untuk dari spareparts yg lebih mahal.
sedangkan mobil japun terbalik karena memburu parts semurah mungkin sehingga mau ngga mau pengurangan dalam hal safety dan comfort.
kembali lagi ke konsumen, worthed ngga spareparts yg "aga" mahal tsb (sekitar 10-30% dari japun) but more to safety
atau lebih worthed ke less-safety but cheaper to maintain.
bener apa pepatah "Orang ngerti mobil pasti milih eropah, for any reason"

soalnya susah untuk mengambil padanan mobil jepang CBU yang sebanding dgn merc s class/ BMW seri 7 di Indonesia?
kalo cuma membandingkan mobil2 khusus pasar indonesia dan cuma dibandingkan dari segi safetynya saja, memang eropa menang. Itu juga mungkin disebabkan karena pasar indonesia yang engga terlalu demanding dalam hal sefety dan sangat bergantung pada harga jual. Kalo market indonesia punya standar safety yang tinggi, sy yakin pabrikan jepang pun akan menyediakan mobil2 yang selevel dengan eropa dalam hal safetynya.
Tapi kalo membandingkan safety mobil jepang dengan eropa di mancanegara terutama amerika utara dan eropa, mungkin cuma banding2 tipis...jepang kalah sedikit di ketebalan plat besi mobil karena mobil jepang cenderung lebih ringan daripada eropa, tapi soal fitur2 keselamatan, sy kira mereka hampir sama.

mengenai statement/pepatah yg pernah anda dengar "Orang ngerti mobil pasti milih eropah, for any reason", wah saya belom pernah denger tuh pepatah.......

intinya adalah mungkin balik lagi ke selera masing2........ada koq orang yang uangnya tak terbatas tapi lebih suka nyetir jepang, begitu pun eropa.........kan orang di dunia ini berbeda2

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hehehe...wah saya gak pernah ngebolak balik koq bro Miemiemie88 wrote:jangan dibolak balik dong, bung Rizol, jadi bingung neh.risol1 wrote:sekarang balik lagi ke masalah reliability:
ttg avanza, spt yg anda bilang ttg airbag S class yang engga meletup: "kan ada yang namanya anomali kemungkinan"........mungkin aja tuh avanza sebelomnya pernah nabrak trotoar dengan kenceng atau apalah yang bisa menyebabkan as roda patah.....kan kita gak tau cerita dibalik itu semua....pihak TAM juga enggak pernah recall as roda avanza........sy bukan membela avanza lho, cuma mao bersikap objektif. dan kita semua kan tau banyak kesalahan pakai/maintenancenya di indonesia, avanza yang mesin 1300cc dikasi kursi 3 baris, dimuatin 8 orang plus barang, dibawa ngebut 120kpj sambil zigzag.......dst...dst...
ttg lexus LS, saya gak bisa berkomentar lagi deh, cuma bisa menyertakan informasi dari Bung Penyu yg didapatnya dari Consumer Report (CR):
"Sebagai satu gambaran COnsumer Report tahun 2000 an ... diambil sample 100 Lexus LS dan 100 BMW 7 series.
1. Dari 100 Lexus LS yang keluar Dealer (brand new) ... ada 40 Lexus LS yang keluar masuk Bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) TAHUN.
2. Dari 100 BMW 7 Series yang keluar dealer (brand new) ... juga ada 40 BMW yang keluar masuk bengkel untuk keperluan NON-SCHEDULED replacement dalam waktu ENAM (6) BULAN.
ENAM TAHUN dan ENAM BULAN ... beda jauhnya ... disinilah ada kecenderungan orang banyak melirik boil Jepang tentang Reliabilitas nya."
menurut saya, lexus LS juga mempunyai fitur2 yang sama canggihnya dengan seri 7 u/ tahun pembuatan yang sama. Consumer report gak mungkin membandingkan seri 7 dengan sebuah corolla.![]()
saya jg yakin, sesaat setelah report ini published, pihak BMW USA juga pasti akan langsung cross-checked ke lapangan untuk berusaha mementahkan pernyataan CR tsb, Tapi terpaksa harus menerima pernyataan tsb karena mungkin CR punya bukti2 yang kuat untuk mempublished berita seperti itu......terutama untuk konsumsi di pasar US yang gampang sekali untuk menuntut orang secara hukum.
kadang2 kita gak bisa menyimpulkan sesuatu hanya berdasar dari bbrp sample barang yang kita punya. Misalnya: "hanya karena mobil BMW saya sering rusak dan mobil honda saya gak rusak2, saya menyimpulkan bahwa jepang lebih reliable dari eropa"....dan sebaliknya![]()
kadang2, "penelitian2" yang kita lakukan dgn hanya berdasar dari pengalaman2 pribadi kurang sahih untuk dijadikan kesimpulan yang berlaku secara umum. kalo kesimpulan pribadi sih lain cerita....hehehe....
Tapi ada lembaga2 berskala internasional yang mensurvey beribu2 pemakai, meneliti beratus2 varian mobil, mengcompare mobil2 dari semua belahan dunia, menetapkan standard dan definisi dari "reliable", dan lembaga tsb mengumumkan bahwa "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"...titik!
dan hasil ini tidak berlaku pada individual mobil2 yang dijual.....jadi bisa aja ada pemilik mbl eropa yang mendapatkan mobil yang lebih gak rewel dari mobil jepangnya, tapi secara umum, pendpat CR adalah: "saat ini jepang lebih reliable dari eropa".
secara pendapat saya pribadi: dari pengalaman saya sendiri, memang eropa masih lebih manja dibanding jepang, tapi memang dibayar oleh fun to drivenya.
saya juga gak pernah bilang bahwa "eropa itu gak reliable", yang selalu saya bilang itu "jepang masih lebih gak manja/reliable dari eropa" itu saja.
tadi statement anda sendiri bilang "KAYAKNYA AIRBAG S-CLASS NGGA MELETUP" nah saya bilang "NGGA MELETUP AJA KOK MASIH BISA SELAMAT, ITU LUAR BIASA SAFE"
anda bilang kualitas avanza putus as roda (yg menurut saya jauh lebih berbahaya) adalah akibat kesalahan pemakaian pengemudi, apa bener nih? wong yg bawa ibu2 kok menurut laporannya.
mungkin kesimpulan dari semua ini adalah:
1. yg bilang mobil eropa rewel tapi ngga pernah nyoba sendiri adalah orang2 yg ber-SDM rendah (gampang dihasut, blm
jajal kok udah sok tahu).
2. orang2 yg sudah memiliki mobil eropa tapi kok rewel terus adalah ORANG2 YG NGGA BS NGERAWAT MOBIL (<SDM) /
orang2 yg ngga pelit (entah ngga punya uang beneran atau males keluar uang utk merawat)
3. menjelek2kan merk yg sudah bagus sih jamak ya untuk menjatuhkan pesaing (hanya orang yg ngerti yg tahu bener
ngga sih komentar2 pasaran di luar)
4. membagus2kan merk jelek agar terlihat baik berhasil untuk orang2 yg tidak tahu mobil.
5. mobil apapun kalo dirawat pasti AWET dan prima, sedangkan kalo minim perawatan ya pasti jebol. ngga percaya? coba
deh beli LEXUS yg super reliable itu kemudian perlakukan seperti bawa BEMO / kijang / avanza. saya pengen tahu sih
bener ngga jargon SUPER RELIABLE itu?
kondisi ini juga berlaku bagi yg memperlakukan BMW/Mercy/Volvo/Peugeot/dst- layaknya kijang kemudian ngomel2
kok ngga awet lah, kok manja lah, dst dst.
6. sudah waktunya kita tu berpikir lebih dewasa, jangan termakan hasutan-hasutan / menjelek2kan sesuatu yg kita BELUM
TENTU PAHAM BENAR, melainkan think by yourself.
7. bis antar propinsi (jarak jauh) always use EUROPEAN brand, ya karena udah terbukti EROPA LEBIH NYAMAN, AWET.
sedangkan bisa dalam kota yg suka tarik2an selalu pakai JAPAN brand. keawetannya pun belum bisa melebihi eropa. ini
menandakan reliabilitas EROPA MASIH DI ATAS JAPUN.
kalau masalah BMW lebih rewel daripada KIJANG bener adanya, tidak lebih karena fiturnya lebih banyak maka
pantangannya lebih banyak.
kalo saya sih lebih cenderung nyoba sendiri daripada berkoar2. buktinya orang bilang peugeot/bmw/merc rewel, kok saya pake udah 150rb KM ngga masalah ya? Karena saya-nya yg pintar apa eropah-nya yg kuat? hahahaha...
sudah objective kah anda??? i dont think so...

waktu saya bilang kenapa front-airbags S class nya engga deployed (karena saya baca thead dan liat gambarnya beneran emang engga deployed), anda kan berargumen "kan ada yang namanya anomali kemungkinan........namanya juga kecelakaan". Saya cuma berusaha memakai alasan yang sama untuk menggambarkan kenapa avanza bisa jebol as rodanya. Yang saya bilang kita kan engga tau cerita di balik itu semua, bisa aja tu avanza bbrp yg lalu abis nabrak trotoar dengan kencang sehingga as rodanya geser/bengkok......dan sialnya pas langi dibawa jalan bbrp hari kemudian as roda patah, atau mungkin abis keluar dari body shop karena dulu pernah terlibat kecelakaan besar....kan kita gak tau cerita dibalik itu semua......karena memang enggak tertutup kemungkinan ada potensi human error juga dalam kasus avanza.........tentang dimuatin 8 orang dan jalan zigzag 120kpj itu kan cuma contoh.

ttg airbag S class yang engga deployed, saya juga gak pernah menyalahkan mercedes koq......yg penting mercedes menanamkan fitur2 itu di mobilnya, kalo sampe gak deployed kan kita engga tau salah siapa??? mungkin banget itu karena salah pemiliknya juga.......


ttg point no 1-7 yang anda utarakan diatas balik lagi ke point saya semula:
"kadang2 kita gak bisa menyimpulkan sesuatu hanya berdasar dari bbrp sample barang yang kita punya. Misalnya: "hanya karena mobil BMW saya sering rusak dan mobil honda saya gak rusak2, saya menyimpulkan bahwa jepang lebih reliable dari eropa"....dan sebaliknya

kadang2, "penelitian2" yang kita lakukan dgn hanya berdasar dari pengalaman2 pribadi kurang sahih untuk dijadikan kesimpulan yang berlaku secara umum. kalo kesimpulan pribadi sih lain cerita....hehehe....
Tapi ada lembaga2 berskala internasional yang mensurvey beribu2 pemakai, meneliti beratus2 varian mobil, mengcompare mobil2 dari semua belahan dunia, menetapkan standard dan definisi dari "reliable", dan lembaga tsb mengumumkan bahwa "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"...titik!
dan hasil ini tidak berlaku pada individual mobil2 yang dijual.....jadi bisa aja ada pemilik mbl eropa yang mendapatkan mobil yang lebih gak rewel dari mobil jepangnya, tapi secara umum, pendpat CR adalah: "saat ini jepang lebih reliable dari eropa"
Pada waktu Consumer Report (CR) mempublished statement tsb dan membeberkan secara detil merek dan tipe mobil mana yang dinilai tidak reliable atau yang reliable, itu bukan statement main2 lho dan merupakan statement yang cukup tajam yg datang dari suatu lembaga dimana banyak orang amerika (mungkin juga dunia) bersandar dalam menentukan pembelian produk2 konsumsinya.........majalah otomotif indonesia aja mungkin gak berani mempublished merek serta tipe mobil tertentu dan mencapnya sebagai "BAD BETS" atau kata lainnya "kemungkinan engga reliable nih mobil". Tapi CR bisa melakukan itu karena mereka punya bukti2 dan metode2 yang jelas untuk melakukan tes2 tersebut, makanya merek2 eropa, amerika, dan jepang sendiri pun gak bisa berkutik dibilang mobil2 mereka "BAD BETS". Dan kalo mobil eropa dalam tahun2 ke depan ini membaik (contoh mercedes yang melepas chrysler), saya yakin CR pasti mengupdate hasil penelitiannya

saya percaya bahwa anda punya banyak mobil eropa dan mungkin juga jepang.....tapi kadang2 cuma dari pengalaman pribadi itu belom sahih untuk bisa mengalahkan pendapat umum.
Anda selalu bilang bahwa "kondisi ini juga berlaku bagi yg memperlakukan BMW/Mercy/Volvo/Peugeot/dst- layaknya kijang kemudian ngomel2
kok ngga awet lah, kok manja lah, dst dst."
kalo saya boleh tanya, "memperlakukan spt kijang" itu bagaimana sih?
secara di luar negeri kijang juga gak ada koq.....cuma ada di indonesia dan negara sekitar. apakah anda berbicara di konteks pasar indonesia?
saya kira juga masyarakat indonesia tidak senaif itu membandingkan mobil eropa dengan kijang.....
komentar sy ttg statement anda "yg bilang mobil eropa rewel tapi ngga pernah nyoba sendiri adalah orang2 yg ber-SDM rendah (gampang dihasut, blm
jajal kok udah sok tahu). orang2 yg sudah memiliki mobil eropa tapi kok rewel terus adalah ORANG2 YG NGGA BS NGERAWAT MOBIL (<SDM) /
orang2 yg ngga pelit (entah ngga punya uang beneran atau males keluar uang utk merawat) " adalah:
Engga usah lah kita menyerang secara individu sampe membawa2 SDM rendah dan pelit segala. toh kita2 yang ngakunya penggemar otomotif jg bukan orang2 yang paling pintar di dunia.....diatas langit masih ada langit koq.


kita juga engga bisa seenaknya bilang bahwa beratus2 ribu orang di dunia itu (termasuk sebagian orang indonesia) SDMnya rendah dan pelit karena mereka beralih dari merek mobil tertentu ke merek jepang tiap tahunnya (terbukti dari jepang diwakili oleh toyota sebagai automaker terbesar di dunia sekarang)......atau juga menganggap bahwa peneliti dari market2 research dunia juga ber SDM rendah semua karena mempublished mbl jepang lebih reliable........
saya kira saya cukup objektif dalam melihat kasus ini karena saya bukan cuma melihat dari sudut pandang pribadi atau cuma dari pengalaman pribadi yang sempit tapi lebih ke keseluruhan aspek.
Dan walaupun saya terlihat membela jepang (padahal tidak membela, cuma sebagai penyeimbang tulisan anda), saya pun menikmati sekali mobil eropa saya selama ini

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19