2016 Avanza G, my partner in crime

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by marama »

avanza dual vvti tipikal khas mesin NR toyota skrg, lemot di putaran bawah, di putaran atasnya baru ngisi tarikannya. Jd kl bawa dalkot terkesan boyo, cuma iritnya mantap.
calya juga karakternya spt ini
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by yozhuaa »

pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.

Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
emg avanza yg 1.3 matic segitu om seperti ny fuel cons nya , tmn jg ad yg pake avanza 2012 vvti matic sblm model grand new avanza dual vvti. trayek ny dari cengkareng ke alam sutera pp lewat tol macet 30% lancar 70% lari 70-100km/h dpt bensin ny 1:9.

itu spek avanza ny pake oli 10w-40.
:big_peace:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by ransyah1234 »

Uber grab saya sering dpt avanza or xenia baru gini
Memang dirasa2 lebih refined (hening dan ga goyang) vs pre facelift ya

Kalau uber dpt yg matic...enak ga ndut2an
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Rundeer »

Mantab jiwa sis reviewnya wkwkw :upss:
Diliat-liat dari review dan komen-komennya kemajuan apanja dual pipitiai ini lumayan signifikan jg ya. Apalagi sista ini berani ngebut sampe 160kmh pake apanja :big_chicken:
Apanja bisa dibilang naik kelas? Maybe yes, maybe no.
Dibilang naik kelas tapi image mobil kalengnya masih melekat, dibilang gk naik kelas tapi harganya udah terbang tinggi :e-think:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Pboyz97 »

Wihh nice review sis, semuanya dijelaskan secara gamblang dengan bahasa yang cukup mudah dimengerti, soalnya jarang2 nihh cewe review mobil di SM ini, apalagi yang berani make mobil sejuta umat kaya begini (M/T pula) .

Btw salken sis sesama anak kuliahan / mahasiswa heheehe, btw lahir tahun 96 ya?, wahh kalo bener ente lebih tua 1tahun daripada ane hahaha :big_biglaugh: , btw downgradenya lumayan juga ya dari Mercy boxer, terus PJS GLS &Akhirnya pake GNA ini, but anyway congrats atas mobil barunya ya sis, btw berani juga ya 160 topspeed pake mobil ini hehehe, saya aja cuma berani 140 kalo di tol pas lagi sepi pake GE8 RS A/T 2009 :big_peace: . Back to topic, Kalo menurut pandangan saya avanza ini memang cocok sebagai mobil parter in crime, soalnya mobil ini sudah teruji kebadakannya selama lebih dari 10 tahun di Indonesia (berpengalaman melibas segala kondisi jalan di Indonesia), belom lagi ASS Toyota yang jempolan + spare part yang murah meriah menjadi nilai plus dari avanza ini dari segi durabilitynya.

Selain itu lebih trouble free jugaaa & ga perlu edukasi kaya 2 sodaranya yang berharga 1,5-2x lebih mahal tapi sedang terkena masalah transmisi & turbo tapi jawaban TAMnya malah ngeles mulu kaya bajaj dan bilang kalo konsumennya cuma perlu edukasi :frm_bang_head: (no offence ya ANF & ANKI owner :big_peace: ) , padahal ANKI & ANF itu buat saya sangat kemahalan (overprice) & ga sesuai dengan apa yg didapet, sorry OOT :big_peace: . Kalo soal Sienta saya juga kurang suka bentuknya & kemahalan juga menurut saya, kalo calya saya juga sempet mau SPK yang tipe G M/T itu buat gantiin GE8 tua saya (maaf kalo jadi curhat) walaupun downgradenya lumayan dari GE8 Ke calya :big_slap: , soalnya mobil ini sangat worth buat saya dengan harganya serta apa yang didapatkan serta saya mau belajar pake mobil manual setelah selama 9 tahun pake mobil matic terus sehingga rasa bosan mulai melanda :mky_07: , apalagi harganya ga jauh beda sama harga pasaran GE8 tua saya,jadinya bisa beli lunas kalo ga nambah dikit lahh serta sisa dananya bisa buat modif ringan, tapi sayangnya indennya cukup lamaaa seperti sis katakan , belom lagi bokap yang masih gengsian sama LCGC, padahal udah ajak bokap TD pas GIAAS 2016 kemaren & segala jurus udah dikeluarin buat meyakinkian bokap untuk gantiin GE8 saya ke Calya ini, tapi tetep aja ga mempan :evil: , akhirnya mau ga mau GE8 tua saya tetep ngandang di garasi sampe sekarang (sorry sis kalo jadi curcol begini :big_sorry: )

Back to topic, ijinkan saya untuk membuat sedikit review tentang GNA 2016 Tipe G M/T ini (driving impression ga saya jelaskan karena belom pernah TD mobilnya) & bedasarkan pengalaman saya melihat mobil tersebut di GIAAS 2015 tahun lalu.

Exterior
Entah kenapa saya lebih suka yang versi veloz karena grillnyaa cukup simpel & manis diliatnya, soalnya kalo versi avanzanya kaya rada mangap gituu Hahahaha(selera). Samping hampir ga ada perbedaan dengan yang PFL . Belakang yaa kaya mobil2 toyota sekarang ditambahin sama aksesoris macam reflektor yang agak mengganggu kalo menurut saya serta pelindung bumper yang menurut saya lebih baik dipasang karena kalo dicabut kaya keliatan jomplang gituu.
Interior
Dashboard, doortrim all plastic, tapi kualitas plasticnya lebih baik & lebih minim panel gap,daripada LMPV kompetitor merek sebelah (PFLnya) yang kualitas plasticnya kaya ember gocengan yang dipake buat ngepel lantai sama buat tukang bangunan + panelgapnya segede gapan di bagian gloveboxnya (no offence ya mobilio PFL Owner :big_peace: ) . Cuman di tipe G warnanya coklat dimana saya lebih suka daripada veloz yg full black yg terlalu monoton & cenderung membosankan ( sebaiknya yang hitam dipake di tipe G, Sedangkan yang coklat dipake di Veloz biar keliatan kesan mahalnya) . Speedometer saya suka, jauh lebih enak diliat daripada yang PFL dan lebih terang serta kelihatan mewah(selera). Setir 3 spokes yang mirip dengan versi PFLnya + Head unit bawaan pabrik yang sudah 2din walaupun belum touchscreen . Single disc, usb, aux. Kalo Kabin tengah & belakang mah masih ga jauh beda sama versi PFLnya, tapi kalo menurut saya cuku lega & cocok untuk pemakaian dalkot & lukot + sudah ada improvement dari sisi perdeaman yang diklaim lebih baik daripada yang PFL.

Fitur
Sudah cukup banyak improvement daripada yang PFL, misalnya dual airbag & ABS di semua tipenya, serta kunci Immobilizer di semua tipenya (kecuali E STD) + mesin K3VE bangkotan yang sudah digunakan di 2 generasi avanza ini akhirnya dipensiunkan & diganti dengan mesin 1NR dualvvti yang suaranya lebih halus & lebih irit BBM menurut saya.


Kesimpulannya adalah mobil ini juga sudah cukup buat saya sebagai mahasiswa kaya sis TS. Irit BBM, Muat banyak, cukup nyaman buat dalkot, gampang dimodif(tapi sayangnya GNA yang dimodif jauh lebih sedikit daripada avanza gen sebelomnya menurut pengamatan sotoy saya, mungkin sebagian besar avanza 2o16 pada digunakan buat uber/grab ya, jadinya jarang yang modif :off_bored: ), larinya juga dapet, mukanya juga lumayan walaupun saya kurang suka dengan bagian depannya yang terlalu "mangap", mungkin dengan warna hitam seperti kepunyaan sis TS mangap di grill depannya ga terlalu keliatan hehehe :big_peace: + maintenancenya juga murahh cuyy(soalnya ini avanza sudah terkenal selama lebih dari 10 tahun sebagai salah satu mobil yang paling minim perawatan), jadinya gabakal rewel hehehe, serta dengan harga 180-220jtan terasa cukup worth dengan apa yang didapat menurut saya. Tapi kalo buat jadi kandidat pengganti GE8 tua saya, sepertinya nambah 50- 90 jt untuk sebuah avanza rasanya kurang worth, soalnya kelasnya lebih rendah, butuh adaptasi dari jazz karena avanza bodynya lebih gede & lebar, serta kenyamanan yang ga senyaman jazz (beda kelas gitu lohh :big_blushing: )Hahahaha, tapi kalo dengan diskon yg lumayan gede kaya akhir tahun begini , mobil ini cukup worth untuk dimiliki. Oh iya, sabar ya sis kalo sering dicengin sama temen2 nya yg suka dibilang supir uber, avanza masih cocok kok buat cewe kalo menurut saya, daripada make datgo hahahaha no offence ya datgo owner :big_peace:

Sekian review dari saya sebagai nubie dalam dunia otomotif terutama permobilan, thanks SM, sorry kalo kepanjangan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by egibaio »

Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Nov 01, 2016 11:34

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by flvsk213 »

egibaio wrote:Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener
wah pengalaman saya ini pas dapet mobil pengganti dari asuransi avanza g m/t 2011 waktu Grand i10 saya masuk bengkel, enak bener seruntulannya ni mobil pas di kecepatan rendah dibanding Gi10 yang rada2 kosong di putaran bawah. Seminggu bawa mobil itu saya puas membalas kelakuan avansa2 yg suka main sodok2 potong2 jalur di jalan :mky_02:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by FRD »

pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.

Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...
:big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by ChZ »

FRD wrote:
pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.

Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...
Dakar diesel ndut ta ketak koe.... Phanter pun cc ne yo luih gede teko apansamu tp luih irit.

Soal boros iku kaboten seng nyetir :ngacir: mosok manual podo mbe matic ndut. Wkwkwkwkwkwkw.

Veloz matic ku ae 8.9

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ndhuzz
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Aug 30, 2016 6:45

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by ndhuzz »

sis, dulu waktu mau beli calya indenya berapa lama kah?
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by aerotourersora »

nice review sis, salam kenal :mky_02:

kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...

btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?) :mky_01: :glodak:
continuously-variable
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Pboyz97 »

aerotourersora wrote:nice review sis, salam kenal :mky_02:

kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...

btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?) :mky_01: :glodak:
Om, mau tanya nih kalo di Avanza 2016 yang maticnya udah berkurang belom gejala limbungnya kalo pas kecepatan tinggi dibandingin sama yang PFLnya, terus kalo dibandingin sama versi PFLnya maticnya boyoan yang ini ya? sorry oot :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by YK16 »

Samaan nih mobilnya sama TS

Tp klo ane mah emang beneran buat narik uber
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Frenzyking »

Nice review sis! Ane dan kluarga juga sblmnya sdg bingung memilih antara GNA 1.3G atau Suzi R3 GX.
Btw sori oot, apa ada yang tau kompresi mesin GNA? Apakah aman jika dikasi minum pertalite dalam jangka panjang?
Thanks :-)
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by cursQ »

Bahasa eneng lahiran 96 lakik banget hehee.. mantab riviuwnya
User avatar
L4WU
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Jan 26, 2016 5:03

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by L4WU »

yang 1.5 aja udah termasuk irit apalagi yang 1.3.
96bianca
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 27, 2015 10:01

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by 96bianca »

Udh nyampe 3500km. Abis jajan kaca film 3M crystalline, ganti cover jok wrn item polos, pasang cover stir karena bahannya kasar lama2 risih jg.

Baru tau dr bokap skrg anps ada tipe baru ya exceed m/t OTR 435jt. Pas gue balik jkt nyampe rmh bokap lg telfonan sm sales sambil megangim brosur. Feeling gue kayaknya mau di tuker tambah gls gue...

Bokap gue masih bermindset jadul sampe skrg. Sangat anti matic. Penghuni garasi dr bokap punya mobil pertama 100% manual. Jd nurun ke gue, lebih suka manual. Gue bs nyetir matic, tp skrg gue kl nyetir mobil matic masih agak kagok ya. Jadinya ndut2an. Dan ga berani kenceng juga
Calon sarjana hukum
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by ChZ »

Frenzyking wrote:Nice review sis! Ane dan kluarga juga sblmnya sdg bingung memilih antara GNA 1.3G atau Suzi R3 GX.
Btw sori oot, apa ada yang tau kompresi mesin GNA? Apakah aman jika dikasi minum pertalite dalam jangka panjang?
Thanks :-)
Gakpapa....

Dulu Xenia 1.0 kompresi 11 jg pada ngisi premiyum pada jalan...

Kalo kenapa napa konsumennya kurang edukasi mungkin.... :ngacir:

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
96bianca
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 27, 2015 10:01

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by 96bianca »

quyquy wrote:Dia jelek & pasaran... *buat orang yang gengsi tinggi*

Dia fiturnya sedikit.. *buat orang yang freak gadget*

Dia nggak nyaman.. *buat orang yang perfectionist*

Tapiiii..

Dia tangguh, battle proven, badak, kenceng juga..

Nggak percaya:

Monggo disimak:

https://www.youtube.com/watch?v=hB6BDJ6eSMA

:big_grin:
Makanya gue belinya avanza om..hahaha
djia wrote:wah, ada compliment bwt avanza.
selamat ya buat mobil barunya.

pernah pake avanza 1.3 M/T dan veloz 1.5 a/t.
prosnya sangat serbaguna, sangat membantu di banyak hal, lincah karena bodi ga terlalu panjang dan radius putar patah banget gampang bwt putar balik, dan ga pusing perawatan.
consnya naikan biasa saja dan minim fitur.
Setuju omm
Li0s wrote:Nice review sis. Salken dulu ahh :big_grin

Ava yg baru memang agak lemot karena pakai dbw. Menghilangkan trah ava lama yg gampang buat sruntulan. Akselerasi atas dia lebih ngisi. Efek dual vvti juga bikinlebih irit sih, dan lebih enak buat nyampe top speed. Cuma ya tu suspensi kurang mendukung dan Kayaknya tidak ada perubahan deh dari generasi sebelumnya kalau soal suspensi. Bicara soal peredaman lebih baik lah daripada sebelumnya
Betul om, buat sruntulan gaenak, kl diatas lebih ngisi. Peredaman dalem bagus, ditambah suara mesin alus banget. Kadang suka ga ngeh ni mesin nyala apa ngga
rajapb wrote:Real woman use three pedals :ngacir:
:big_smoking:
marama wrote:avanza dual vvti tipikal khas mesin NR toyota skrg, lemot di putaran bawah, di putaran atasnya baru ngisi tarikannya. Jd kl bawa dalkot terkesan boyo, cuma iritnya mantap.
calya juga karakternya spt ini
Semua toyota baru2 skrg pake mesin NR ya, aluminium replace iron
ransyah1234 wrote:Uber grab saya sering dpt avanza or xenia baru gini
Memang dirasa2 lebih refined (hening dan ga goyang) vs pre facelift ya

Kalau uber dpt yg matic...enak ga ndut2an
Uber&grab memang skrg banyak avxen baru, avanza e sm xenia x mendominasi
Rundeer wrote:Mantab jiwa sis reviewnya wkwkw :upss:
Diliat-liat dari review dan komen-komennya kemajuan apanja dual pipitiai ini lumayan signifikan jg ya. Apalagi sista ini berani ngebut sampe 160kmh pake apanja :big_chicken:
Apanja bisa dibilang naik kelas? Maybe yes, maybe no.
Dibilang naik kelas tapi image mobil kalengnya masih melekat, dibilang gk naik kelas tapi harganya udah terbang tinggi :e-think:
iritnya sih om yg paling signifikan mnrt gue. Berani doong mumpung masih baru masih enak hrs dicoba sampe kemampuan maksimal wkwkwk
Pboyz97 wrote:Wihh nice review sis, semuanya dijelaskan secara gamblang dengan bahasa yang cukup mudah dimengerti, soalnya jarang2 nihh cewe review mobil di SM ini, apalagi yang berani make mobil sejuta umat kaya begini (M/T pula) .

Btw salken sis sesama anak kuliahan / mahasiswa heheehe, btw lahir tahun 96 ya?, wahh kalo bener ente lebih tua 1tahun daripada ane hahaha :big_biglaugh: , btw downgradenya lumayan juga ya dari Mercy boxer, terus PJS GLS &Akhirnya pake GNA ini, but anyway congrats atas mobil barunya ya sis, btw berani juga ya 160 topspeed pake mobil ini hehehe, saya aja cuma berani 140 kalo di tol pas lagi sepi pake GE8 RS A/T 2009 :big_peace: . Back to topic, Kalo menurut pandangan saya avanza ini memang cocok sebagai mobil parter in crime, soalnya mobil ini sudah teruji kebadakannya selama lebih dari 10 tahun di Indonesia (berpengalaman melibas segala kondisi jalan di Indonesia), belom lagi ASS Toyota yang jempolan + spare part yang murah meriah menjadi nilai plus dari avanza ini dari segi durabilitynya.

Selain itu lebih trouble free jugaaa & ga perlu edukasi kaya 2 sodaranya yang berharga 1,5-2x lebih mahal tapi sedang terkena masalah transmisi & turbo tapi jawaban TAMnya malah ngeles mulu kaya bajaj dan bilang kalo konsumennya cuma perlu edukasi :frm_bang_head: (no offence ya ANF & ANKI owner :big_peace: ) , padahal ANKI & ANF itu buat saya sangat kemahalan (overprice) & ga sesuai dengan apa yg didapet, sorry OOT :big_peace: . Kalo soal Sienta saya juga kurang suka bentuknya & kemahalan juga menurut saya, kalo calya saya juga sempet mau SPK yang tipe G M/T itu buat gantiin GE8 tua saya (maaf kalo jadi curhat) walaupun downgradenya lumayan dari GE8 Ke calya :big_slap: , soalnya mobil ini sangat worth buat saya dengan harganya serta apa yang didapatkan serta saya mau belajar pake mobil manual setelah selama 9 tahun pake mobil matic terus sehingga rasa bosan mulai melanda :mky_07: , apalagi harganya ga jauh beda sama harga pasaran GE8 tua saya,jadinya bisa beli lunas kalo ga nambah dikit lahh serta sisa dananya bisa buat modif ringan, tapi sayangnya indennya cukup lamaaa seperti sis katakan , belom lagi bokap yang masih gengsian sama LCGC, padahal udah ajak bokap TD pas GIAAS 2016 kemaren & segala jurus udah dikeluarin buat meyakinkian bokap untuk gantiin GE8 saya ke Calya ini, tapi tetep aja ga mempan :evil: , akhirnya mau ga mau GE8 tua saya tetep ngandang di garasi sampe sekarang (sorry sis kalo jadi curcol begini :big_sorry: )

Back to topic, ijinkan saya untuk membuat sedikit review tentang GNA 2016 Tipe G M/T ini (driving impression ga saya jelaskan karena belom pernah TD mobilnya) & bedasarkan pengalaman saya melihat mobil tersebut di GIAAS 2015 tahun lalu.

Exterior
Entah kenapa saya lebih suka yang versi veloz karena grillnyaa cukup simpel & manis diliatnya, soalnya kalo versi avanzanya kaya rada mangap gituu Hahahaha(selera). Samping hampir ga ada perbedaan dengan yang PFL . Belakang yaa kaya mobil2 toyota sekarang ditambahin sama aksesoris macam reflektor yang agak mengganggu kalo menurut saya serta pelindung bumper yang menurut saya lebih baik dipasang karena kalo dicabut kaya keliatan jomplang gituu.
Interior
Dashboard, doortrim all plastic, tapi kualitas plasticnya lebih baik & lebih minim panel gap,daripada LMPV kompetitor merek sebelah (PFLnya) yang kualitas plasticnya kaya ember gocengan yang dipake buat ngepel lantai sama buat tukang bangunan + panelgapnya segede gapan di bagian gloveboxnya (no offence ya mobilio PFL Owner :big_peace: ) . Cuman di tipe G warnanya coklat dimana saya lebih suka daripada veloz yg full black yg terlalu monoton & cenderung membosankan ( sebaiknya yang hitam dipake di tipe G, Sedangkan yang coklat dipake di Veloz biar keliatan kesan mahalnya) . Speedometer saya suka, jauh lebih enak diliat daripada yang PFL dan lebih terang serta kelihatan mewah(selera). Setir 3 spokes yang mirip dengan versi PFLnya + Head unit bawaan pabrik yang sudah 2din walaupun belum touchscreen . Single disc, usb, aux. Kalo Kabin tengah & belakang mah masih ga jauh beda sama versi PFLnya, tapi kalo menurut saya cuku lega & cocok untuk pemakaian dalkot & lukot + sudah ada improvement dari sisi perdeaman yang diklaim lebih baik daripada yang PFL.

Fitur
Sudah cukup banyak improvement daripada yang PFL, misalnya dual airbag & ABS di semua tipenya, serta kunci Immobilizer di semua tipenya (kecuali E STD) + mesin K3VE bangkotan yang sudah digunakan di 2 generasi avanza ini akhirnya dipensiunkan & diganti dengan mesin 1NR dualvvti yang suaranya lebih halus & lebih irit BBM menurut saya.


Kesimpulannya adalah mobil ini juga sudah cukup buat saya sebagai mahasiswa kaya sis TS. Irit BBM, Muat banyak, cukup nyaman buat dalkot, gampang dimodif(tapi sayangnya GNA yang dimodif jauh lebih sedikit daripada avanza gen sebelomnya menurut pengamatan sotoy saya, mungkin sebagian besar avanza 2o16 pada digunakan buat uber/grab ya, jadinya jarang yang modif :off_bored: ), larinya juga dapet, mukanya juga lumayan walaupun saya kurang suka dengan bagian depannya yang terlalu "mangap", mungkin dengan warna hitam seperti kepunyaan sis TS mangap di grill depannya ga terlalu keliatan hehehe :big_peace: + maintenancenya juga murahh cuyy(soalnya ini avanza sudah terkenal selama lebih dari 10 tahun sebagai salah satu mobil yang paling minim perawatan), jadinya gabakal rewel hehehe, serta dengan harga 180-220jtan terasa cukup worth dengan apa yang didapat menurut saya. Tapi kalo buat jadi kandidat pengganti GE8 tua saya, sepertinya nambah 50- 90 jt untuk sebuah avanza rasanya kurang worth, soalnya kelasnya lebih rendah, butuh adaptasi dari jazz karena avanza bodynya lebih gede & lebar, serta kenyamanan yang ga senyaman jazz (beda kelas gitu lohh :big_blushing: )Hahahaha, tapi kalo dengan diskon yg lumayan gede kaya akhir tahun begini , mobil ini cukup worth untuk dimiliki. Oh iya, sabar ya sis kalo sering dicengin sama temen2 nya yg suka dibilang supir uber, avanza masih cocok kok buat cewe kalo menurut saya, daripada make datgo hahahaha no offence ya datgo owner :big_peace:

Sekian review dari saya sebagai nubie dalam dunia otomotif terutama permobilan, thanks SM, sorry kalo kepanjangan.
:big_exellent: salam mahasiswa! kuliah dmn btw?
egibaio wrote:Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener
Thanks omm. Emg avanza lama enakk bgt buat sruntulan macet2an
ndhuzz wrote:sis, dulu waktu mau beli calya indenya berapa lama kah?
Sebulan lebih om, makanya gajadi ambil soalnya udh meper mau masuk semester baru
aerotourersora wrote:nice review sis, salam kenal :mky_02:

kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...

btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?) :mky_01: :glodak:
Brp konsumsi bbmnya om? 1:12 dapet ga dalkot? Iyaa almet biru dongker nih gue, samaan kah kita?
YK16 wrote:Samaan nih mobilnya sama TS

Tp klo ane mah emang beneran buat narik uber
Semoga lancar ngubernya oom...
Kynug wrote:Nice review sis :big_exellent:
Memang dual vvti avania yg baru ini terkenal lemotnya ya. Tapi kalau 100 kmh gigi 5 masih aja dirpm 3700, avania yg lama juga segituan. Dibandingkan sama 1KR padahal gigi 5 100 kmh masih di range 3000-3200 :big_think:
Perilaku eco indikatornya juga mirip2 ni sama 1 KR, baru muncul di gigi 2, trus rpm 3000 ke atas baru mati indicatornya. Berarti mesin2 pabrik daihatsu sekarang mirip2 ya, entah gimana yg calsig
Iya om kurang panjang gigi 5nya mnrt gue. Ohya? Innova bensin manual jg segitu om, 3000. Krn itu ya gue kl bawa innova di tol bdg jkt gapernah diatas 1:10 konsumsi bbmnya.
Calon sarjana hukum
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Pboyz97 »

96bianca wrote: :big_exellent: salam mahasiswa! kuliah dmn btw?
Salam mahasiswa juga siss! :big_exellent: , saya kuliah di jakarta saat ini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by snoepje »

96bianca wrote: Bokap gue masih bermindset jadul sampe skrg. Sangat anti matic. Penghuni garasi dr bokap punya mobil pertama 100% manual. Jd nurun ke gue, lebih suka manual. Gue bs nyetir matic, tp skrg gue kl nyetir mobil matic masih agak kagok ya. Jadinya ndut2an. Dan ga berani kenceng juga
Sama dong, saya juga 100% manual.
Kalo nyetir matic malah stress & deg degan :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by ChZ »

Nganuu konon katanya NR di apansa dan sienta/yasir beda...

NR di apansa 2NR-VE dan 1NR-VE block iron...

di sienta yasir 2NR-FE block aluminium...

cmiiauwww
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by geofreyap »

I think im in love.....






But anw, bokap oe juga masih mengutamakan MT instead of AT..
Padahal mobil yg dia taksir skrg tidak/blm tersedia versi MTnya..

Oe juga masih prefer MT sih.. Tp paling tidak oe masih terbuka dengan penggunaan AT.. Tdk seperti bokap yg terlalu anti dengan AT..

Anw, avanza will always be an avanza..
Stay safe and keep driving on 3 pedals !!

:D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by pilotgaruda »

FRD wrote:
pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.

Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...
Untuk 1300 mayan nyesek sih dapet FC segitu. Kemaren sempet reset ecu (cabut sekring), mayan dapet 1:9 skrg dalkot. Be-ti sih. Tapi ga dapet juga diatas 1:10. ya mau gimana lagi..kayaknya mustahil avanza ane dapet fuel con kaya agan2 yg lain yg diatas 1:11 dal-kot daily driving. Kakak pake veloz dapet tuh 1:10,7 dalkot daily driving. Apa karena mesin 1300cc aga sedikit berat yah ngangkat body avanza?

Rencana mau tune up N bersihin ruang bakar, sapa tau bisa diatas 1:10..
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 2016 Avanza G, my partner in crime

Post by Or4cle »

Cocok banget dengan judulnya : My partner in crime

Ini mobil sejuta umat, yang banyak dipakai untuk fleet operasional buat perusahaan.
Sayangnya, sering ditemui Avanza/Xenia yang sruntal-sruntul benar2 reckless ( "crime behaviour") di jalanan. Mungkin karena dipikir mobil fleet jadi kurang responsility.

Lebih baik mengalah kalau ketemu Avanza/Xenia di jalanan daripada jadi masalah panjang
No hurt feeling buat TS tread ini ... However ini bukan justify bahwa semua yang bawa Avanza/Xenia kurang bertanggung-jawab di jalanan.

Peace