2016 Avanza G, my partner in crime
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
avanza dual vvti tipikal khas mesin NR toyota skrg, lemot di putaran bawah, di putaran atasnya baru ngisi tarikannya. Jd kl bawa dalkot terkesan boyo, cuma iritnya mantap.
calya juga karakternya spt ini
calya juga karakternya spt ini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
emg avanza yg 1.3 matic segitu om seperti ny fuel cons nya , tmn jg ad yg pake avanza 2012 vvti matic sblm model grand new avanza dual vvti. trayek ny dari cengkareng ke alam sutera pp lewat tol macet 30% lancar 70% lari 70-100km/h dpt bensin ny 1:9.pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.
Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
itu spek avanza ny pake oli 10w-40.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Uber grab saya sering dpt avanza or xenia baru gini
Memang dirasa2 lebih refined (hening dan ga goyang) vs pre facelift ya
Kalau uber dpt yg matic...enak ga ndut2an
Memang dirasa2 lebih refined (hening dan ga goyang) vs pre facelift ya
Kalau uber dpt yg matic...enak ga ndut2an
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Mantab jiwa sis reviewnya wkwkw
Diliat-liat dari review dan komen-komennya kemajuan apanja dual pipitiai ini lumayan signifikan jg ya. Apalagi sista ini berani ngebut sampe 160kmh pake apanja
Apanja bisa dibilang naik kelas? Maybe yes, maybe no.
Dibilang naik kelas tapi image mobil kalengnya masih melekat, dibilang gk naik kelas tapi harganya udah terbang tinggi

Diliat-liat dari review dan komen-komennya kemajuan apanja dual pipitiai ini lumayan signifikan jg ya. Apalagi sista ini berani ngebut sampe 160kmh pake apanja

Apanja bisa dibilang naik kelas? Maybe yes, maybe no.
Dibilang naik kelas tapi image mobil kalengnya masih melekat, dibilang gk naik kelas tapi harganya udah terbang tinggi

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Wihh nice review sis, semuanya dijelaskan secara gamblang dengan bahasa yang cukup mudah dimengerti, soalnya jarang2 nihh cewe review mobil di SM ini, apalagi yang berani make mobil sejuta umat kaya begini (M/T pula) .
Btw salken sis sesama anak kuliahan / mahasiswa heheehe, btw lahir tahun 96 ya?, wahh kalo bener ente lebih tua 1tahun daripada ane hahaha
, btw downgradenya lumayan juga ya dari Mercy boxer, terus PJS GLS &Akhirnya pake GNA ini, but anyway congrats atas mobil barunya ya sis, btw berani juga ya 160 topspeed pake mobil ini hehehe, saya aja cuma berani 140 kalo di tol pas lagi sepi pake GE8 RS A/T 2009
. Back to topic, Kalo menurut pandangan saya avanza ini memang cocok sebagai mobil parter in crime, soalnya mobil ini sudah teruji kebadakannya selama lebih dari 10 tahun di Indonesia (berpengalaman melibas segala kondisi jalan di Indonesia), belom lagi ASS Toyota yang jempolan + spare part yang murah meriah menjadi nilai plus dari avanza ini dari segi durabilitynya.
Selain itu lebih trouble free jugaaa & ga perlu edukasi kaya 2 sodaranya yang berharga 1,5-2x lebih mahal tapi sedang terkena masalah transmisi & turbo tapi jawaban TAMnya malah ngeles mulu kaya bajaj dan bilang kalo konsumennya cuma perlu edukasi
(no offence ya ANF & ANKI owner
) , padahal ANKI & ANF itu buat saya sangat kemahalan (overprice) & ga sesuai dengan apa yg didapet, sorry OOT
. Kalo soal Sienta saya juga kurang suka bentuknya & kemahalan juga menurut saya, kalo calya saya juga sempet mau SPK yang tipe G M/T itu buat gantiin GE8 tua saya (maaf kalo jadi curhat) walaupun downgradenya lumayan dari GE8 Ke calya
, soalnya mobil ini sangat worth buat saya dengan harganya serta apa yang didapatkan serta saya mau belajar pake mobil manual setelah selama 9 tahun pake mobil matic terus sehingga rasa bosan mulai melanda
, apalagi harganya ga jauh beda sama harga pasaran GE8 tua saya,jadinya bisa beli lunas kalo ga nambah dikit lahh serta sisa dananya bisa buat modif ringan, tapi sayangnya indennya cukup lamaaa seperti sis katakan , belom lagi bokap yang masih gengsian sama LCGC, padahal udah ajak bokap TD pas GIAAS 2016 kemaren & segala jurus udah dikeluarin buat meyakinkian bokap untuk gantiin GE8 saya ke Calya ini, tapi tetep aja ga mempan
, akhirnya mau ga mau GE8 tua saya tetep ngandang di garasi sampe sekarang (sorry sis kalo jadi curcol begini
)
Back to topic, ijinkan saya untuk membuat sedikit review tentang GNA 2016 Tipe G M/T ini (driving impression ga saya jelaskan karena belom pernah TD mobilnya) & bedasarkan pengalaman saya melihat mobil tersebut di GIAAS 2015 tahun lalu.
Exterior
Entah kenapa saya lebih suka yang versi veloz karena grillnyaa cukup simpel & manis diliatnya, soalnya kalo versi avanzanya kaya rada mangap gituu Hahahaha(selera). Samping hampir ga ada perbedaan dengan yang PFL . Belakang yaa kaya mobil2 toyota sekarang ditambahin sama aksesoris macam reflektor yang agak mengganggu kalo menurut saya serta pelindung bumper yang menurut saya lebih baik dipasang karena kalo dicabut kaya keliatan jomplang gituu.
Interior
Dashboard, doortrim all plastic, tapi kualitas plasticnya lebih baik & lebih minim panel gap,daripada LMPV kompetitor merek sebelah (PFLnya) yang kualitas plasticnya kaya ember gocengan yang dipake buat ngepel lantai sama buat tukang bangunan + panelgapnya segede gapan di bagian gloveboxnya (no offence ya mobilio PFL Owner
) . Cuman di tipe G warnanya coklat dimana saya lebih suka daripada veloz yg full black yg terlalu monoton & cenderung membosankan ( sebaiknya yang hitam dipake di tipe G, Sedangkan yang coklat dipake di Veloz biar keliatan kesan mahalnya) . Speedometer saya suka, jauh lebih enak diliat daripada yang PFL dan lebih terang serta kelihatan mewah(selera). Setir 3 spokes yang mirip dengan versi PFLnya + Head unit bawaan pabrik yang sudah 2din walaupun belum touchscreen . Single disc, usb, aux. Kalo Kabin tengah & belakang mah masih ga jauh beda sama versi PFLnya, tapi kalo menurut saya cuku lega & cocok untuk pemakaian dalkot & lukot + sudah ada improvement dari sisi perdeaman yang diklaim lebih baik daripada yang PFL.
Fitur
Sudah cukup banyak improvement daripada yang PFL, misalnya dual airbag & ABS di semua tipenya, serta kunci Immobilizer di semua tipenya (kecuali E STD) + mesin K3VE bangkotan yang sudah digunakan di 2 generasi avanza ini akhirnya dipensiunkan & diganti dengan mesin 1NR dualvvti yang suaranya lebih halus & lebih irit BBM menurut saya.
Kesimpulannya adalah mobil ini juga sudah cukup buat saya sebagai mahasiswa kaya sis TS. Irit BBM, Muat banyak, cukup nyaman buat dalkot, gampang dimodif(tapi sayangnya GNA yang dimodif jauh lebih sedikit daripada avanza gen sebelomnya menurut pengamatan sotoy saya, mungkin sebagian besar avanza 2o16 pada digunakan buat uber/grab ya, jadinya jarang yang modif
), larinya juga dapet, mukanya juga lumayan walaupun saya kurang suka dengan bagian depannya yang terlalu "mangap", mungkin dengan warna hitam seperti kepunyaan sis TS mangap di grill depannya ga terlalu keliatan hehehe
+ maintenancenya juga murahh cuyy(soalnya ini avanza sudah terkenal selama lebih dari 10 tahun sebagai salah satu mobil yang paling minim perawatan), jadinya gabakal rewel hehehe, serta dengan harga 180-220jtan terasa cukup worth dengan apa yang didapat menurut saya. Tapi kalo buat jadi kandidat pengganti GE8 tua saya, sepertinya nambah 50- 90 jt untuk sebuah avanza rasanya kurang worth, soalnya kelasnya lebih rendah, butuh adaptasi dari jazz karena avanza bodynya lebih gede & lebar, serta kenyamanan yang ga senyaman jazz (beda kelas gitu lohh
)Hahahaha, tapi kalo dengan diskon yg lumayan gede kaya akhir tahun begini , mobil ini cukup worth untuk dimiliki. Oh iya, sabar ya sis kalo sering dicengin sama temen2 nya yg suka dibilang supir uber, avanza masih cocok kok buat cewe kalo menurut saya, daripada make datgo hahahaha no offence ya datgo owner
Sekian review dari saya sebagai nubie dalam dunia otomotif terutama permobilan, thanks SM, sorry kalo kepanjangan.
Btw salken sis sesama anak kuliahan / mahasiswa heheehe, btw lahir tahun 96 ya?, wahh kalo bener ente lebih tua 1tahun daripada ane hahaha


Selain itu lebih trouble free jugaaa & ga perlu edukasi kaya 2 sodaranya yang berharga 1,5-2x lebih mahal tapi sedang terkena masalah transmisi & turbo tapi jawaban TAMnya malah ngeles mulu kaya bajaj dan bilang kalo konsumennya cuma perlu edukasi







Back to topic, ijinkan saya untuk membuat sedikit review tentang GNA 2016 Tipe G M/T ini (driving impression ga saya jelaskan karena belom pernah TD mobilnya) & bedasarkan pengalaman saya melihat mobil tersebut di GIAAS 2015 tahun lalu.
Exterior
Entah kenapa saya lebih suka yang versi veloz karena grillnyaa cukup simpel & manis diliatnya, soalnya kalo versi avanzanya kaya rada mangap gituu Hahahaha(selera). Samping hampir ga ada perbedaan dengan yang PFL . Belakang yaa kaya mobil2 toyota sekarang ditambahin sama aksesoris macam reflektor yang agak mengganggu kalo menurut saya serta pelindung bumper yang menurut saya lebih baik dipasang karena kalo dicabut kaya keliatan jomplang gituu.
Interior
Dashboard, doortrim all plastic, tapi kualitas plasticnya lebih baik & lebih minim panel gap,daripada LMPV kompetitor merek sebelah (PFLnya) yang kualitas plasticnya kaya ember gocengan yang dipake buat ngepel lantai sama buat tukang bangunan + panelgapnya segede gapan di bagian gloveboxnya (no offence ya mobilio PFL Owner

Fitur
Sudah cukup banyak improvement daripada yang PFL, misalnya dual airbag & ABS di semua tipenya, serta kunci Immobilizer di semua tipenya (kecuali E STD) + mesin K3VE bangkotan yang sudah digunakan di 2 generasi avanza ini akhirnya dipensiunkan & diganti dengan mesin 1NR dualvvti yang suaranya lebih halus & lebih irit BBM menurut saya.
Kesimpulannya adalah mobil ini juga sudah cukup buat saya sebagai mahasiswa kaya sis TS. Irit BBM, Muat banyak, cukup nyaman buat dalkot, gampang dimodif(tapi sayangnya GNA yang dimodif jauh lebih sedikit daripada avanza gen sebelomnya menurut pengamatan sotoy saya, mungkin sebagian besar avanza 2o16 pada digunakan buat uber/grab ya, jadinya jarang yang modif




Sekian review dari saya sebagai nubie dalam dunia otomotif terutama permobilan, thanks SM, sorry kalo kepanjangan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Nov 01, 2016 11:34
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
wah pengalaman saya ini pas dapet mobil pengganti dari asuransi avanza g m/t 2011 waktu Grand i10 saya masuk bengkel, enak bener seruntulannya ni mobil pas di kecepatan rendah dibanding Gi10 yang rada2 kosong di putaran bawah. Seminggu bawa mobil itu saya puas membalas kelakuan avansa2 yg suka main sodok2 potong2 jalur di jalanegibaio wrote:Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.
Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Dakar diesel ndut ta ketak koe.... Phanter pun cc ne yo luih gede teko apansamu tp luih irit.FRD wrote:ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.
Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
Soal boros iku kaboten seng nyetir

Veloz matic ku ae 8.9
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Aug 30, 2016 6:45
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
sis, dulu waktu mau beli calya indenya berapa lama kah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
nice review sis, salam kenal
kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...
btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?)


kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...
btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?)


continuously-variable
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Om, mau tanya nih kalo di Avanza 2016 yang maticnya udah berkurang belom gejala limbungnya kalo pas kecepatan tinggi dibandingin sama yang PFLnya, terus kalo dibandingin sama versi PFLnya maticnya boyoan yang ini ya? sorry ootaerotourersora wrote:nice review sis, salam kenal![]()
kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...
btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?)![]()

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Samaan nih mobilnya sama TS
Tp klo ane mah emang beneran buat narik uber
Tp klo ane mah emang beneran buat narik uber
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Nice review sis! Ane dan kluarga juga sblmnya sdg bingung memilih antara GNA 1.3G atau Suzi R3 GX.
Btw sori oot, apa ada yang tau kompresi mesin GNA? Apakah aman jika dikasi minum pertalite dalam jangka panjang?
Thanks :-)
Btw sori oot, apa ada yang tau kompresi mesin GNA? Apakah aman jika dikasi minum pertalite dalam jangka panjang?
Thanks :-)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Bahasa eneng lahiran 96 lakik banget hehee.. mantab riviuwnya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jan 26, 2016 5:03
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
yang 1.5 aja udah termasuk irit apalagi yang 1.3.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Fri Nov 27, 2015 10:01
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Udh nyampe 3500km. Abis jajan kaca film 3M crystalline, ganti cover jok wrn item polos, pasang cover stir karena bahannya kasar lama2 risih jg.
Baru tau dr bokap skrg anps ada tipe baru ya exceed m/t OTR 435jt. Pas gue balik jkt nyampe rmh bokap lg telfonan sm sales sambil megangim brosur. Feeling gue kayaknya mau di tuker tambah gls gue...
Bokap gue masih bermindset jadul sampe skrg. Sangat anti matic. Penghuni garasi dr bokap punya mobil pertama 100% manual. Jd nurun ke gue, lebih suka manual. Gue bs nyetir matic, tp skrg gue kl nyetir mobil matic masih agak kagok ya. Jadinya ndut2an. Dan ga berani kenceng juga
Baru tau dr bokap skrg anps ada tipe baru ya exceed m/t OTR 435jt. Pas gue balik jkt nyampe rmh bokap lg telfonan sm sales sambil megangim brosur. Feeling gue kayaknya mau di tuker tambah gls gue...
Bokap gue masih bermindset jadul sampe skrg. Sangat anti matic. Penghuni garasi dr bokap punya mobil pertama 100% manual. Jd nurun ke gue, lebih suka manual. Gue bs nyetir matic, tp skrg gue kl nyetir mobil matic masih agak kagok ya. Jadinya ndut2an. Dan ga berani kenceng juga
Calon sarjana hukum
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Gakpapa....Frenzyking wrote:Nice review sis! Ane dan kluarga juga sblmnya sdg bingung memilih antara GNA 1.3G atau Suzi R3 GX.
Btw sori oot, apa ada yang tau kompresi mesin GNA? Apakah aman jika dikasi minum pertalite dalam jangka panjang?
Thanks :-)
Dulu Xenia 1.0 kompresi 11 jg pada ngisi premiyum pada jalan...
Kalo kenapa napa konsumennya kurang edukasi mungkin....

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Fri Nov 27, 2015 10:01
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Makanya gue belinya avanza om..hahahaquyquy wrote:Dia jelek & pasaran... *buat orang yang gengsi tinggi*
Dia fiturnya sedikit.. *buat orang yang freak gadget*
Dia nggak nyaman.. *buat orang yang perfectionist*
Tapiiii..
Dia tangguh, battle proven, badak, kenceng juga..
Nggak percaya:
Monggo disimak:
https://www.youtube.com/watch?v=hB6BDJ6eSMA
Setuju ommdjia wrote:wah, ada compliment bwt avanza.
selamat ya buat mobil barunya.
pernah pake avanza 1.3 M/T dan veloz 1.5 a/t.
prosnya sangat serbaguna, sangat membantu di banyak hal, lincah karena bodi ga terlalu panjang dan radius putar patah banget gampang bwt putar balik, dan ga pusing perawatan.
consnya naikan biasa saja dan minim fitur.
Betul om, buat sruntulan gaenak, kl diatas lebih ngisi. Peredaman dalem bagus, ditambah suara mesin alus banget. Kadang suka ga ngeh ni mesin nyala apa nggaLi0s wrote:Nice review sis. Salken dulu ahh :big_grin
Ava yg baru memang agak lemot karena pakai dbw. Menghilangkan trah ava lama yg gampang buat sruntulan. Akselerasi atas dia lebih ngisi. Efek dual vvti juga bikinlebih irit sih, dan lebih enak buat nyampe top speed. Cuma ya tu suspensi kurang mendukung dan Kayaknya tidak ada perubahan deh dari generasi sebelumnya kalau soal suspensi. Bicara soal peredaman lebih baik lah daripada sebelumnya
rajapb wrote:Real woman use three pedals

Semua toyota baru2 skrg pake mesin NR ya, aluminium replace ironmarama wrote:avanza dual vvti tipikal khas mesin NR toyota skrg, lemot di putaran bawah, di putaran atasnya baru ngisi tarikannya. Jd kl bawa dalkot terkesan boyo, cuma iritnya mantap.
calya juga karakternya spt ini
Uber&grab memang skrg banyak avxen baru, avanza e sm xenia x mendominasiransyah1234 wrote:Uber grab saya sering dpt avanza or xenia baru gini
Memang dirasa2 lebih refined (hening dan ga goyang) vs pre facelift ya
Kalau uber dpt yg matic...enak ga ndut2an
iritnya sih om yg paling signifikan mnrt gue. Berani doong mumpung masih baru masih enak hrs dicoba sampe kemampuan maksimal wkwkwkRundeer wrote:Mantab jiwa sis reviewnya wkwkw![]()
Diliat-liat dari review dan komen-komennya kemajuan apanja dual pipitiai ini lumayan signifikan jg ya. Apalagi sista ini berani ngebut sampe 160kmh pake apanja![]()
Apanja bisa dibilang naik kelas? Maybe yes, maybe no.
Dibilang naik kelas tapi image mobil kalengnya masih melekat, dibilang gk naik kelas tapi harganya udah terbang tinggi
Pboyz97 wrote:Wihh nice review sis, semuanya dijelaskan secara gamblang dengan bahasa yang cukup mudah dimengerti, soalnya jarang2 nihh cewe review mobil di SM ini, apalagi yang berani make mobil sejuta umat kaya begini (M/T pula) .
Btw salken sis sesama anak kuliahan / mahasiswa heheehe, btw lahir tahun 96 ya?, wahh kalo bener ente lebih tua 1tahun daripada ane hahaha, btw downgradenya lumayan juga ya dari Mercy boxer, terus PJS GLS &Akhirnya pake GNA ini, but anyway congrats atas mobil barunya ya sis, btw berani juga ya 160 topspeed pake mobil ini hehehe, saya aja cuma berani 140 kalo di tol pas lagi sepi pake GE8 RS A/T 2009
. Back to topic, Kalo menurut pandangan saya avanza ini memang cocok sebagai mobil parter in crime, soalnya mobil ini sudah teruji kebadakannya selama lebih dari 10 tahun di Indonesia (berpengalaman melibas segala kondisi jalan di Indonesia), belom lagi ASS Toyota yang jempolan + spare part yang murah meriah menjadi nilai plus dari avanza ini dari segi durabilitynya.
Selain itu lebih trouble free jugaaa & ga perlu edukasi kaya 2 sodaranya yang berharga 1,5-2x lebih mahal tapi sedang terkena masalah transmisi & turbo tapi jawaban TAMnya malah ngeles mulu kaya bajaj dan bilang kalo konsumennya cuma perlu edukasi(no offence ya ANF & ANKI owner
) , padahal ANKI & ANF itu buat saya sangat kemahalan (overprice) & ga sesuai dengan apa yg didapet, sorry OOT
. Kalo soal Sienta saya juga kurang suka bentuknya & kemahalan juga menurut saya, kalo calya saya juga sempet mau SPK yang tipe G M/T itu buat gantiin GE8 tua saya (maaf kalo jadi curhat) walaupun downgradenya lumayan dari GE8 Ke calya
, soalnya mobil ini sangat worth buat saya dengan harganya serta apa yang didapatkan serta saya mau belajar pake mobil manual setelah selama 9 tahun pake mobil matic terus sehingga rasa bosan mulai melanda
, apalagi harganya ga jauh beda sama harga pasaran GE8 tua saya,jadinya bisa beli lunas kalo ga nambah dikit lahh serta sisa dananya bisa buat modif ringan, tapi sayangnya indennya cukup lamaaa seperti sis katakan , belom lagi bokap yang masih gengsian sama LCGC, padahal udah ajak bokap TD pas GIAAS 2016 kemaren & segala jurus udah dikeluarin buat meyakinkian bokap untuk gantiin GE8 saya ke Calya ini, tapi tetep aja ga mempan
, akhirnya mau ga mau GE8 tua saya tetep ngandang di garasi sampe sekarang (sorry sis kalo jadi curcol begini
)
Back to topic, ijinkan saya untuk membuat sedikit review tentang GNA 2016 Tipe G M/T ini (driving impression ga saya jelaskan karena belom pernah TD mobilnya) & bedasarkan pengalaman saya melihat mobil tersebut di GIAAS 2015 tahun lalu.
Exterior
Entah kenapa saya lebih suka yang versi veloz karena grillnyaa cukup simpel & manis diliatnya, soalnya kalo versi avanzanya kaya rada mangap gituu Hahahaha(selera). Samping hampir ga ada perbedaan dengan yang PFL . Belakang yaa kaya mobil2 toyota sekarang ditambahin sama aksesoris macam reflektor yang agak mengganggu kalo menurut saya serta pelindung bumper yang menurut saya lebih baik dipasang karena kalo dicabut kaya keliatan jomplang gituu.
Interior
Dashboard, doortrim all plastic, tapi kualitas plasticnya lebih baik & lebih minim panel gap,daripada LMPV kompetitor merek sebelah (PFLnya) yang kualitas plasticnya kaya ember gocengan yang dipake buat ngepel lantai sama buat tukang bangunan + panelgapnya segede gapan di bagian gloveboxnya (no offence ya mobilio PFL Owner) . Cuman di tipe G warnanya coklat dimana saya lebih suka daripada veloz yg full black yg terlalu monoton & cenderung membosankan ( sebaiknya yang hitam dipake di tipe G, Sedangkan yang coklat dipake di Veloz biar keliatan kesan mahalnya) . Speedometer saya suka, jauh lebih enak diliat daripada yang PFL dan lebih terang serta kelihatan mewah(selera). Setir 3 spokes yang mirip dengan versi PFLnya + Head unit bawaan pabrik yang sudah 2din walaupun belum touchscreen . Single disc, usb, aux. Kalo Kabin tengah & belakang mah masih ga jauh beda sama versi PFLnya, tapi kalo menurut saya cuku lega & cocok untuk pemakaian dalkot & lukot + sudah ada improvement dari sisi perdeaman yang diklaim lebih baik daripada yang PFL.
Fitur
Sudah cukup banyak improvement daripada yang PFL, misalnya dual airbag & ABS di semua tipenya, serta kunci Immobilizer di semua tipenya (kecuali E STD) + mesin K3VE bangkotan yang sudah digunakan di 2 generasi avanza ini akhirnya dipensiunkan & diganti dengan mesin 1NR dualvvti yang suaranya lebih halus & lebih irit BBM menurut saya.
Kesimpulannya adalah mobil ini juga sudah cukup buat saya sebagai mahasiswa kaya sis TS. Irit BBM, Muat banyak, cukup nyaman buat dalkot, gampang dimodif(tapi sayangnya GNA yang dimodif jauh lebih sedikit daripada avanza gen sebelomnya menurut pengamatan sotoy saya, mungkin sebagian besar avanza 2o16 pada digunakan buat uber/grab ya, jadinya jarang yang modif), larinya juga dapet, mukanya juga lumayan walaupun saya kurang suka dengan bagian depannya yang terlalu "mangap", mungkin dengan warna hitam seperti kepunyaan sis TS mangap di grill depannya ga terlalu keliatan hehehe
+ maintenancenya juga murahh cuyy(soalnya ini avanza sudah terkenal selama lebih dari 10 tahun sebagai salah satu mobil yang paling minim perawatan), jadinya gabakal rewel hehehe, serta dengan harga 180-220jtan terasa cukup worth dengan apa yang didapat menurut saya. Tapi kalo buat jadi kandidat pengganti GE8 tua saya, sepertinya nambah 50- 90 jt untuk sebuah avanza rasanya kurang worth, soalnya kelasnya lebih rendah, butuh adaptasi dari jazz karena avanza bodynya lebih gede & lebar, serta kenyamanan yang ga senyaman jazz (beda kelas gitu lohh
)Hahahaha, tapi kalo dengan diskon yg lumayan gede kaya akhir tahun begini , mobil ini cukup worth untuk dimiliki. Oh iya, sabar ya sis kalo sering dicengin sama temen2 nya yg suka dibilang supir uber, avanza masih cocok kok buat cewe kalo menurut saya, daripada make datgo hahahaha no offence ya datgo owner
![]()
Sekian review dari saya sebagai nubie dalam dunia otomotif terutama permobilan, thanks SM, sorry kalo kepanjangan.

Thanks omm. Emg avanza lama enakk bgt buat sruntulan macet2anegibaio wrote:Nice review sis. Saya minggu kemarin sempet bawa veloz AT pre FL, itu kayaknya mobil dengan akselerasi 0-5 km/h tercepat yang pernah saya bawa. Nyodok-nyodok di jalan macet enak bener
Sebulan lebih om, makanya gajadi ambil soalnya udh meper mau masuk semester barundhuzz wrote:sis, dulu waktu mau beli calya indenya berapa lama kah?
Brp konsumsi bbmnya om? 1:12 dapet ga dalkot? Iyaa almet biru dongker nih gue, samaan kah kita?aerotourersora wrote:nice review sis, salam kenal![]()
kebetulan saya juga punya unit yang sama di rumah, G AT black mica, dan memang gen terbaru ini yang paling lemot dibanding armada avanza yang lain dirumah ('14 Veloz AT, '13 E audioless AT dan '10 G AT) dan pada awal pemakaian serasa bukan avanza karena ga ganas wkwkwk,tapiiiii soal nyaman dan irit menang jauh deh, paling berasa improvementnyua sih pas lewat cipularang, gejala ajrut2an dan banberisik udah gaada lagi, headunit bluetooth pun sangat menbantu, jadi gausah sedia kabel data atau aux wkwkwk, dan sisanya masih sama aja sih dengan avanza gen2 sebelumnya...
btw sama-sama kelahiran 96 nih, dan rute pun sepertinya sama,dago-jatinangor(?)![]()
Semoga lancar ngubernya oom...YK16 wrote:Samaan nih mobilnya sama TS
Tp klo ane mah emang beneran buat narik uber
Iya om kurang panjang gigi 5nya mnrt gue. Ohya? Innova bensin manual jg segitu om, 3000. Krn itu ya gue kl bawa innova di tol bdg jkt gapernah diatas 1:10 konsumsi bbmnya.Kynug wrote:Nice review sis![]()
Memang dual vvti avania yg baru ini terkenal lemotnya ya. Tapi kalau 100 kmh gigi 5 masih aja dirpm 3700, avania yg lama juga segituan. Dibandingkan sama 1KR padahal gigi 5 100 kmh masih di range 3000-3200![]()
Perilaku eco indikatornya juga mirip2 ni sama 1 KR, baru muncul di gigi 2, trus rpm 3000 ke atas baru mati indicatornya. Berarti mesin2 pabrik daihatsu sekarang mirip2 ya, entah gimana yg calsig
Calon sarjana hukum
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Salam mahasiswa juga siss!96bianca wrote:salam mahasiswa! kuliah dmn btw?

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Sama dong, saya juga 100% manual.96bianca wrote: Bokap gue masih bermindset jadul sampe skrg. Sangat anti matic. Penghuni garasi dr bokap punya mobil pertama 100% manual. Jd nurun ke gue, lebih suka manual. Gue bs nyetir matic, tp skrg gue kl nyetir mobil matic masih agak kagok ya. Jadinya ndut2an. Dan ga berani kenceng juga
Kalo nyetir matic malah stress & deg degan

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Nganuu konon katanya NR di apansa dan sienta/yasir beda...
NR di apansa 2NR-VE dan 1NR-VE block iron...
di sienta yasir 2NR-FE block aluminium...
cmiiauwww
NR di apansa 2NR-VE dan 1NR-VE block iron...
di sienta yasir 2NR-FE block aluminium...
cmiiauwww
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
I think im in love.....
But anw, bokap oe juga masih mengutamakan MT instead of AT..
Padahal mobil yg dia taksir skrg tidak/blm tersedia versi MTnya..
Oe juga masih prefer MT sih.. Tp paling tidak oe masih terbuka dengan penggunaan AT.. Tdk seperti bokap yg terlalu anti dengan AT..
Anw, avanza will always be an avanza..
Stay safe and keep driving on 3 pedals !!

But anw, bokap oe juga masih mengutamakan MT instead of AT..
Padahal mobil yg dia taksir skrg tidak/blm tersedia versi MTnya..
Oe juga masih prefer MT sih.. Tp paling tidak oe masih terbuka dengan penggunaan AT.. Tdk seperti bokap yg terlalu anti dengan AT..
Anw, avanza will always be an avanza..
Stay safe and keep driving on 3 pedals !!

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Untuk 1300 mayan nyesek sih dapet FC segitu. Kemaren sempet reset ecu (cabut sekring), mayan dapet 1:9 skrg dalkot. Be-ti sih. Tapi ga dapet juga diatas 1:10. ya mau gimana lagi..kayaknya mustahil avanza ane dapet fuel con kaya agan2 yg lain yg diatas 1:11 dal-kot daily driving. Kakak pake veloz dapet tuh 1:10,7 dalkot daily driving. Apa karena mesin 1300cc aga sedikit berat yah ngangkat body avanza?FRD wrote:ha ha ha ha... avanza gw juga bisa dibilang boros om.. dalkot cuma 1:8.9-9.0km/l dan lukot terakhir malah cuma 1:9.7... dengan gaya mengemudi kalem aja jarang banget bisa nyentuh diatas 1:10km/l buat dalkot... padahal ini mobil juga rawatan beres dan gak pernah telat servis.. aneh emang fc nya malah beti ama dakar yg tenaga sama cc nya jauh lebih besar ha ha ha ha...pilotgaruda wrote:gw bingung ama yg naek avanza 1.3 fuel consumtion pada bisa 1:12, 1:13 dll dalem kota. Gw dah 3 tahun naek New Avanza ane 1.3 A/T mau keadaan lancar jaya terus2an atopun macet ga pernah lebih dari 1:10,8 km/l. Rata2 1:8,5. Ga ada yg salah ama gaya ngemudi gw. Bensin pake Pertalite dapet 1:8,5. Ganti SHell ultra malah dapet 1:7,8. Apa yg salah ya? mobil rajin bener servis di Toyota. Tune up dll ga ngerubah keadaan. Gw pernah pake CX5 FL dengan rute sama dan gaya nyetir yg lebih agresif, dapet rata2 1:9,5km/l (full to full, ga beda jauh ama claim MID), itu dalem keadaan daily di jakarta yg macet.
Back to Avanza, ini mobil emang enak banget untuk partner in crime. Pass banget. untuk sruntul2an enak.
Rencana mau tune up N bersihin ruang bakar, sapa tau bisa diatas 1:10..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: 2016 Avanza G, my partner in crime
Cocok banget dengan judulnya : My partner in crime
Ini mobil sejuta umat, yang banyak dipakai untuk fleet operasional buat perusahaan.
Sayangnya, sering ditemui Avanza/Xenia yang sruntal-sruntul benar2 reckless ( "crime behaviour") di jalanan. Mungkin karena dipikir mobil fleet jadi kurang responsility.
Lebih baik mengalah kalau ketemu Avanza/Xenia di jalanan daripada jadi masalah panjang
No hurt feeling buat TS tread ini ... However ini bukan justify bahwa semua yang bawa Avanza/Xenia kurang bertanggung-jawab di jalanan.
Peace
Ini mobil sejuta umat, yang banyak dipakai untuk fleet operasional buat perusahaan.
Sayangnya, sering ditemui Avanza/Xenia yang sruntal-sruntul benar2 reckless ( "crime behaviour") di jalanan. Mungkin karena dipikir mobil fleet jadi kurang responsility.
Lebih baik mengalah kalau ketemu Avanza/Xenia di jalanan daripada jadi masalah panjang
No hurt feeling buat TS tread ini ... However ini bukan justify bahwa semua yang bawa Avanza/Xenia kurang bertanggung-jawab di jalanan.
Peace