Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Mar 28, 2013 13:42

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by Spike71 »

Dari sejak rilis ford focur ecoboost ini udah memukau ane baik interior maupun eksteriornya apalagi warna birunya yg aduhai :p

Minusnya cuma di headlamp yg balik ke model reflektor aja bikin kurang ganteng enggak kayak headlamp focus sebelumnya yg eyecatching

Dan juga positifnya lumayan jarang di jalan :D
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by newrubble »

satu kelemahan f.focus kalo di sini (bkn di indo ya) corrosion level

tapi (selain vw) ini mobil favorite asylumseekers trutama st.wgn krn harga bekas yg murah (meski jauh lbh murah saab krn saab bankrupt meski parts n workshop yg sanggup handle berserakan dmn pun)

1999-2004 focus yg plg byk di beli bahkan ada dealers yg brani blanja sampai estonia n latvia (dr sono umumnya mileage rendah)
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 419
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by Andhyka »

Jika Impreza ditukar ke Focus atau Civic kok saya rasa feel berkendara mirip2 tetap saja compact sedan. Handling Impreza malah sudah amat baik mengingat chasis dan komponennya sharing dengan WRX / WRX STI terbaru (yang sudah mendapat banyak pujian dan nilai positif di review internasional dan mesinnya masuk dalam daftar Wards best engine 3 tahun berturut2).

Subaru Impreza berdasar survey luar adalah most reliable compact sedan:
http://www.consumerreports.org/car-reli ... -by-class/
http://www.consumerreports.org/cars/whi ... -vehicles/

Kalo mau benar2 terasa naik kelas harus ke level diatasnya spt BMW F30/F32/F10/G30 syukur kalo bisa dapat yg 6 silinder, C250, G37, Q60 3.0t. Kalo ganti SUV besar ya BMW X5 AWD, CX9 AWD, Infiniti FX37 AWD.

Coba TD dulu Focus, Civic termasuk BMW-nya terus bandingkan. Sptnya di Surabaya kalo ada test drive X5 bisa coba rasanya nyetir pure BMW experience Inline-6 3000cc Twin-Turbo AWD
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by michaelgiri93 »

daripada beli mobil baru hampir 500 jeti kok ane malah prefer ke keep the subbie
soal aptm hengkang kayaknya impreza kan durabilitinya oke tu
mungkin kalo part fast moving macam kampas dan oli2 gak susah om carinya
saya kapan hari liat impreza yang first gen (yang di initial d yang di pake bokapnya takumi) masih oke banget
sama kayaknya impreza lebih wah drpd focus maupun civic imo dari segi power dan handling om
imo dan cmiiw ya om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by nflfrs705 »

luginar wrote:Kalau mau mobil yg dipake ya honda civic.

Tapi kalau mau yg dijadiin pajangan di ruang tamu atau bengkel dan buang buang duit bolehlah beli ford.
Klo boleh tau civic 6MT kapan masuk?

CVT mengurangi unsur fun to drive, lebih cocok sm driver yang bawaannya santai

:glodak:
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by Pboyz97 »

Wahh, 2 mobil ini sebenernya sama2 bagus, jadi agak bingung mau pilih yang mana kalo saya. Btw, kalo saya pilih civic Turbo, karena desain exteriornya yg lebih baik daripada focus kalo menurut saya & ASS Honda yang sudah teruji kehandalannya selama bertahun2, serta bangku belakang yang lebih lega dibanding focus, kalo fitur yaa 11 12 lah sama focus kalo menurut nubie, tapi kelemahan civic ada di CVT nya , karena kurang pas kalo mesin turbo dikasih CVT , lebih pas dikasih transmisi 5AT / 6 MT kalo menurut saya. Oh iya, berhubung TS nya pakai subaru sebelumnya , mobil eropa juga boleh dipertimbakan di harga 500jtan, misalnya F30 320I seken / Mercy W204 seken
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by masbensin »

Mau sedikit sharing, dulu 2013 pernah TD Focus dan seinget saya kurang lega di leg roomnya baik posisi driver ataupun passenger belakang. Tenaga yg 2000 cc dulu mah biasa aja untuk ukuran mobil cc segitu jadi ga menarik menurut saya, ga tau kalao yg ecoboost. Handlingnya juga biasa aja, dibanding sama mobil2 Mazda masih lebih tajam dan menyenangkan Mazda, sekali lagi menurut saya loh ya.
Sekarang saya melihara Civic FC 1, dan ini adalah mobil Honda saya yang pertama karena selalu gagal mau beli Honda, entah bini ga suka, anak ga suka atau hal lain, terutama build quality yg menurut saya kurang kecuali.. Accord dan Oddysey. Khusus untuk Civic ini semua pada setuju ambil karena amaze sama exteriornya yang Woow banget dan tanpa test drive langsung DP dan 4 hari kemudian ini mobil dateng ke rumah.
First impression waktu pertama kali datang.. KECEWAA .. mobil dateng dalam keadaan kotor luar dalam dan parahnya lagi ga dipoles sama sekali, sampe bekas kejemurnya juga masih keliatan bener.. langsung kebayang waktu F30 saya dikirim yg pake towing, body mobil lembut kayak baru pulang nyalon. Even sama Mazda jauh banget deh pelayanan kirimnya... Tapi karena ini mobil adalah mobil yg ditunggu2 akhirnya gue telen kecewa dan besok langsung nyalon dan kelarrr tuh kotor2 nya. Karena belum pernah TD langsung ini mobil gw bawa ke cirebon, pas Idul fitri yang lalu. Ternyata emang bener ya.. kalo mau beli mobil harus TD dulu deh... :big_dunno: disini baru kerasa kalo CVT tuh emang ga cocok buat mesin yg udah canggih kayak gini. Tarikan awalnya ga ada enak2nya dan mesin terasa ngeden. Kalo dibilang pelan sih engga ya tapi.. ya gitu deh. Mobil saya bawa paling kenceng 185km/jam, enak sih handlingnya lari segitu masih pede dan napas masih panjang. Dan ini yg jadi alasan utama kenapa dr dulu ga jodoh sama honda..built qualitynya honda emang perlu banyak improve. Dasbord kanan nya kalo di jalan keriting bunyi reot gitu.. yang ga saya temuin di semua mantan Mazda saya (cx5, 6, 2 GT) ataupun peliharaan saya yg sekarang F30 dan Hyndai Santa Fe FL. Sudah claim dan diterima oleh HPM tapi belom saya masukin ke bengkel untuk dibenerin. Oh ya balik lagi ke masalah CVT, gara2 ini transmisi, dari 3 mobil yg saya pelihara ini Civic kerasa paling lemot. Di adu akselerasi awal sama Santa Fe crdi FL aja yg pake pelek 22 masih kalah kenceng bro.. tapi, karena model dari mobil ini keren banget menurut kami jadi kita sih hepi hepi aja pake civic. Yang jelas belakangnya legaan ini dibanding F30. Bantingan lebih empuk dibanding F30 yg pake coilover sama pelek 20. Sekarang KM nya 2800 an sudah ke cirebon dan Bandung berkali2.
Back to TS, emang paling bener TD dulu deh. Pilih mobil yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Ga usah mikir Resale Value, kasian..mobil belum dibeli udah mikir buat dijual. Semoga membantu
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by hosea »

Sorry seharian sibuk banget ga sempet buka internet.
Makasih banyak atas feedback dan comment rekan rekan semua...very helpful and entertain.

Uniknya kalau kemarin banyak yg suggest honda, hari ini banyak yg suggest ford...jadi skor masih imbang.

Memang subbie sama sekali ga rewel dan overall saya tdk ada keluhan, namun jujur saya orangnya agak cepet bosen hehehe. Selain itu, Focus adalah mobil impian saya sejak kuliah. Mulai dr focus generasi pertama sampai ke 3, pingin banget.
Terkesan dgn modelnya yg simple tapi sporty, handling yg top, fitur canggih dengan harga masuk akal...what's not to like. Baca majalah otomotif luar negri sering liat focus dapet predikat best selling car, best selling medium sedan and hatchback, car of the year dll (terutama di eropa dan us).
Pas waktu kuliah ga punya duit buat beli...setelah kerja punya duit, karena banyak kasus dual clutch jebol harga mahal dan jerky jadi ragu beli.
Pas sudah pakai 6AT konvensional, duit ada, eh ATPM nya kabur....:(

Godaan terbesar datang dr civic generasi terakhir ini yg boleh dibilang the best civic ever dan tahun ini masuk calon car of the year.

Singaktnya, hati pilih focus tapi otak pilih civic...difficult choice
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by haristk7 »

hmm...dilihat dari track record TS soal pemilihan mobil, saran saya: Ford Focus..fiturnya banyak banget dan model hatchbacknya juga cakep tuh, apalagi yang warna merah, ane demen yang warna merah

udah kebiasa megang Subaru kan yang butuh mental baja buat meliharanya ? :big_grin:

apalagi dengan
Harga kedua mobil ini hampir sama untuk kondisi baru, meski harga jual kembali ya jangan tanya...ford ancur.

Mohon rekan rekan bisa kasih masukan, sekali lagi abaikan faktor ATPM nya.
intinya merk, aftersales, resale value, dan yang berhubungan ama ATPM kita abaikan saja yaa..udah kebiasa ama Subaru kan ?
bused lebih durable impreza???... mobil yg penjualannya setahun total seluruh model ga mungkin ngelebihin satu model ford...
orang luar selalu bilang "kalau anda ingin membunuh mobil Subaru, caranya hanyalah tabrakan ke pohon dalam kecepatan tinggi atau tenggelamkan mobilnya" :big_grin:

terbukti ketika FHI sedang mengetes Forester generasi 4 sejauh +100.000 kilometer diajak keliling dunia, mereka kagum pas di Afrika ketemu Forester generasi 1 dan 2 pada berkeliaran dengan perawatan "ala kadarnya" alias "yang penting tu mobil jalan" :big_biglaugh:

i've seen looooooottssss of hate CVT coupled with Turbo engine, padahal ada sedan sekelas Camry dengan CVT bisa melibas 0-100 cukup 5 detik saja :wkkk:

ooh ya, kalo kata temen2 ane yang megang Honda dan pernah nyicip Subaru..mereka punya kesimpulan: CVT Subaru ama Honda punya karakter yang berbeda..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by hosea »

Makasih banyak buat yg saranin mobil eropa tapi dari semua mobil eropa saya hanya terpikir W204 (C200 atau C250) karena timeless model dan durable. W205 ga suka karena balik ke model bulat bulat ga jelas.

Golf GTi second sempat terpikir tapi masih ga PD sama kasus tranny jebol. Meski better than 1.4tsi with dry clutch
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by hosea »

@Masbensin : Thanks lot buat sharingnya. Sangat membantu utk tahu impresi langsung pengguna.

Ternyata rattling masih belum sembuh di Honda terbaru ini...dan cvt nya lemot?
Cvt subaru menurut saya lumayan ok sih.

Btw gimana dengan handling dan bobot setirnya Om?
Saya illfil sama setir yg terlalu ringan. Pernah TD new accord begitu rasain setir yg amat sangat ringan dan lifeless, abis TD sdh ga pernah mikir tuh mobil lagi...makanya agak penasaran dgn new Camry yg kata orang handling dan setirnya lumayan berbobot.
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by masbensin »

Nyetir FC1 lumayan enak dibanding honda yg lain, lebih ada feel nya. Apalagi Kalo dibanding Santa Fe FL saya yg terlalu enteng. Tapi.. kalo banding sama F30 ya jauh lah.. enakan F30 yg tajam dan presisi abis. Even sama CX5 atau Mazda 6 masih kalah enak nyetirnya. Buat saya selevelan lah sama Mazda 2GT aaya yg dulu. Civic ini enak banget kalo cruising di Cipali. Ga usah ngotot..injek gas diurut.. tau tau udah 185 aja. Dan yang jelas CVT di tambah turbo ga bisa diajak respon cepat kalo langsung bejek habis gas.. perlu diurut dikit biar torsinya dapet. So sensasi badan terhempas kebelakang atau bunyi ban ber decit agak berat dilakukan bila spontan dr RPM idle, kecuali masuk D, rpm 3000, tahan rem, matiin ESC habis itu pedal rem dilepas. Tapi keseringan kayak gitu tinggal nunggu CVT nya jebol. Tapi satu keuntungan CVT dibanding matic yang lain yg sekarang lagi happening. Mau parkir diturunan langsung taro di P kek, ga pake rem tangan kek.. waktu pindah ke D ga ada tuh kerasa keras apalagi bunyi jedug besi beradu. Sangat mulus..lus..lus..
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by DigitALL »

Gampang, kalau kriterianya spt yg disebutkan oleh TS. Langsung ambil Ford Focus 1.5 Ecoboost. Lebih fun to drive dan fitur lebih ok dibanding Civic 1.5 Turbo
User avatar
papafara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Sep 17, 2016 11:58

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by papafara »

Kejadian di amerika.

Honda Civic Turbo Alami Recall Karena Masalah Rem Parkir Elektrik https://autonetmagz.com/honda-civic-tur ... rik/45955/
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by ChZ »

haristk7 wrote: i've seen looooooottssss of hate CVT coupled with Turbo engine, padahal ada sedan sekelas Camry dengan CVT bisa melibas 0-100 cukup 5 detik saja :wkkk:

ooh ya, kalo kata temen2 ane yang megang Honda dan pernah nyicip Subaru..mereka punya kesimpulan: CVT Subaru ama Honda punya karakter yang berbeda..
Hahaha new Civic 0-100nya 7detikan juga karena CVT kok... coba 5-speed AT... gak yakin dapet segitu :big_slap: tau sendiri 5-speed AT nya ngahon gimana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by silentIm2 »

ChZ wrote:
haristk7 wrote: i've seen looooooottssss of hate CVT coupled with Turbo engine, padahal ada sedan sekelas Camry dengan CVT bisa melibas 0-100 cukup 5 detik saja :wkkk:

ooh ya, kalo kata temen2 ane yang megang Honda dan pernah nyicip Subaru..mereka punya kesimpulan: CVT Subaru ama Honda punya karakter yang berbeda..
Hahaha new Civic 0-100nya 7detikan juga karena CVT kok... coba 5-speed AT... gak yakin dapet segitu :big_slap: tau sendiri 5-speed AT nya ngahon gimana.
Ini ane setuju.., too much hate on CVT, pdhl CVT kalo settingnya bagus ngacir lho.. Ga usah lepas gas kalo manufer2 kecil, cukup left foot braking, mesin sama transmisi kompensasi sendiri cari rasio yang pas, kitanya cukup konsen nyetir aja.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by aldy »

ChZ wrote:
haristk7 wrote: i've seen looooooottssss of hate CVT coupled with Turbo engine, padahal ada sedan sekelas Camry dengan CVT bisa melibas 0-100 cukup 5 detik saja :wkkk:

ooh ya, kalo kata temen2 ane yang megang Honda dan pernah nyicip Subaru..mereka punya kesimpulan: CVT Subaru ama Honda punya karakter yang berbeda..
Hahaha new Civic 0-100nya 7detikan juga karena CVT kok... coba 5-speed AT... gak yakin dapet segitu :big_slap: tau sendiri 5-speed AT nya ngahon gimana.
Setuju banget nih om.. Selain itu klo buat cruising dijalan luar kota..enak banget cvt ini relax rpm sering dibawah 2000rpm diposisi D (karakter cvt earth dreams honda)..ditanjakkan juga relax ga ada gejala underpower (ga ada hunting gear)..butuh power tinggal injek pedal gas dikit udah ngacir.. :mky_02: Ga cocok kalo suka sensasi jambak2an dan tarik2an pedal to the metal :mky_01:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ford Focus 1.5 Ecoboost atau New Civic 1.5T

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Ini ane setuju.., too much hate on CVT, pdhl CVT kalo settingnya bagus ngacir lho.. Ga usah lepas gas kalo manufer2 kecil, cukup left foot braking, mesin sama transmisi kompensasi sendiri cari rasio yang pas, kitanya cukup konsen nyetir aja.
aldy wrote: Setuju banget nih om.. Selain itu klo buat cruising dijalan luar kota..enak banget cvt ini relax rpm sering dibawah 2000rpm diposisi D (karakter cvt earth dreams honda)..ditanjakkan juga relax ga ada gejala underpower (ga ada hunting gear)..butuh power tinggal injek pedal gas dikit udah ngacir.. :mky_02: Ga cocok kalo suka sensasi jambak2an dan tarik2an pedal to the metal :mky_01:
Ironisnya ya... ada media yang hobinya menyudutkan transmisi CVT sehingga menimbulkan opini publik kalo CVT = lemot, boyo, gak enak, dll. Ya gak enak... nyoba nya jalan stop and go CVT cuma berasa lelet nya. Coba long distance trip... enak loh di tol long distance trip pake CVT...

Gak ada acara gear hunting ... kapanpun butuh tenaga selalu ada... Makanya Civic Turbo itu ideal dipadu dengan CVT apalagi torque nya flat. Bisa keep di range turbo bekerja buat dapet efisiensi terbaik. Justru jangan pake 5-AT yang biasanya itu.... :mky_05:

Well, at least kalo kita liat Civic turbo sekarang sebagai mobil tourer... bukan mobil untuk spirited driving.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7