Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
35ra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Feb 23, 2016 1:18
Daily Vehicle: Mazda2

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by 35ra »

Luginar mana luginar....

:ngacir:
"Being second is to be the first of the ones who lose"
-senna-
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by alicevamps »

Klo aku sendiri sih pilih brio bukan apa2 cuman selera pribadi, tp ngeliat kondisi n kebutuhan ts rasanya mending ambil wagon r. Karena harga wagon r paling murah. Itu dipake sampai ts lancar nyetir, mgkin 1-2 tahunan. Udah itu dijual lagi. Resale value pas dijual ga jatuh amat, secara rupiahnya ya, bukan persentase, kan itu yg duit real hilangnya. Baru deh beli mobil benernya, mgkn pas itu udah ada pilihan lain yg menarik kayak ignis, all new march, atau mgkn aja brio, mirage, sirion, picanto dsb udah ganti model full.
Btw jgn tertipu ama ukuran brio, sebenernya itu mobil panjang lho, cuman belakangnya dipotong, jd pendek deh...hehe just kidding
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by 12valves »

Vote for Mirage warna putih
option lain Brio atau Etios valco
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.

Free Proffesional concultancy : 081293578630
Ichtyophile
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Ichtyophile »

alicevamps wrote:Klo aku sendiri sih pilih brio bukan apa2 cuman selera pribadi, tp ngeliat kondisi n kebutuhan ts rasanya mending ambil wagon r. Karena harga wagon r paling murah. Itu dipake sampai ts lancar nyetir, mgkin 1-2 tahunan. Udah itu dijual lagi. Resale value pas dijual ga jatuh amat, secara rupiahnya ya, bukan persentase, kan itu yg duit real hilangnya. Baru deh beli mobil benernya, mgkn pas itu udah ada pilihan lain yg menarik kayak ignis, all new march, atau mgkn aja brio, mirage, sirion, picanto dsb udah ganti model full.
Btw jgn tertipu ama ukuran brio, sebenernya itu mobil panjang lho, cuman belakangnya dipotong, jd pendek deh...hehe just kidding
Brio kayak kecebong diputus ekornya ya, Sis? :mky_03:
Lihat situs honda, brio ternyata lebih panjang dari agya lho. Hebat juga perancang agya/ayla yg orang Indonesia itu, bisa bikin mobil mungil dg interior dan bagasi lumayan lega. KwR emang nyaman dalamnya, sy pernah naik uber dapat kwr, cuma menurut sy bagasi masih kurang lega dibandingkan agya/ayla. Kalau mau pakai KwR diameter manusianya juga perlu diperhitungkan, ini mobil kalau gak salah lebarnya gak sampai 1,5 m. Bener2 compact, di jepun sono jadi kei car terlaris pake mesin 660 cc. :big_exellent:
Torquelover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Feb 05, 2016 14:56

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Torquelover »

antara brio atau mirage. lebih condong ke brio sih, enak bgt naikannya, fitur lengkap. gc juga gak pendek2 bgt kok, kalo gak salah gcnya 165mm deh.
pamangober
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by pamangober »

WongZo wrote:Sesama silent reader ikut komen.

Ane saran KWR GS AGS, why?
Ukuran kecil, ane pernah pas TD nembus kemacetan di space kecil yg gak ada satupun mobil yg berani terobos :big_smoking: .
Terus bwt ts yg baru belajar setir, ini mobil enak, why?
1. Posisi duduk tinggi, walaupun mobil kecil ga tkt keintimidate sama motor atau mobil, ga kyk setir mobil" lcgc atau city car atau hb lain.
2. Terus ini desain mobil kotak, ts tgl liat spion nempel atau kaga sama suatu objek, klw kaga pepet aja lsng, beda dengan mbl" jaman skrng yg desainnya modern, tp bkin parno drivernya karena bnyk objek yg ga kedetek sama spion.
3. AT nya oke bwt macet asal angkap rem atau gas dkit mbil dh maju.
4. Pas untuk garasi TS

Ini mbl jg untuk ukuran lcgc good, peredaman mayan, bantingan suspensi & kestabilan mayan untuk tipe GS yg udh pake velg dan ban yg manusiawi (ga kyk tipe ga/gl/gx), cukup lega apalagi mengingat ini mobil ukurannya plng imut di kelas lcgc, trus silahkan tmbahkan sndiri.............

Minusnya:
1. Harga agak mahal untuk fitur sgtu (PL bndng 136jtaan, disc 15jt)
2. Fitur mungkin oke, audio dgn bluetooth, aux, usb, dll dgn suara yg lumayan, TAPI ada bbrp yg ganjal di mobil ini bagi sebagian org, yaitu blm elektrik mirror, pw belakang gaad, yg bkin org males, dan setau ane tmbah di suzuki cukup malak hrganya (cmiiw) :big_peace:
3. AT nya kudu belajar karakter perpindahan giginya, klw kaga dongol. Atau klw mw enak mainin full mode MT
4. Image suzuki yg mungkin dianggap krng (?)
*pdhal saya pake suzuki butut :big_slap:
5. Model yg gak semua org suka, tp ts kn suka jdi ywdh deh
6. Bwt ane (tinggi 179cm) headrest belakang krng nyangga euy, coba ditinggiin sdkit, mungkin klw yg tingginya dbwah ane cukup.

Sirion saya saran sih, cmn karena "mitosnya" taun dpn ada sirion baru yg full ganti model, lebih baik tunda dulu.
Trus untuk sirion yg 2011-2014 saya rasa gak nyaman bngt, terlal keras suspensinya, peredam biasa aja, mesin gmpng meraung has mesin 1.3 avanza. Entah untuk sirion baru yh yg "mitosnya" lbih enak
Klw ngotot ambil sirion sih kudu ambil AT, MT ktnya msh ndut" an, ga enak.
om tanya dongg, emang di karimun wagon R itu bisa ganti power windows yang buat belakang? Jok belkang juga bisa dipasang headrest ? itu resmi dari bengkel suzukinya bukan ?
daftar wrote:kalo akomodasi sih lebih luas KWR, bagasi juga luas kok, plus ketambahan headroom yang tinggi dan bentuk yg boxy, lcgc dengan headroom paling tinggi ya KWR ini. Gak merasa claustrophobic walau di salem mobil yg kecil
cuman kalo bei KWR harus ganti ban dengan tapak yg lebih lebar, biar lebih stabil & pengereman lebih mumpuni.
alicevamps wrote:Klo aku sendiri sih pilih brio bukan apa2 cuman selera pribadi, tp ngeliat kondisi n kebutuhan ts rasanya mending ambil wagon r. Karena harga wagon r paling murah. Itu dipake sampai ts lancar nyetir, mgkin 1-2 tahunan. Udah itu dijual lagi. Resale value pas dijual ga jatuh amat, secara rupiahnya ya, bukan persentase, kan itu yg duit real hilangnya. Baru deh beli mobil benernya, mgkn pas itu udah ada pilihan lain yg menarik kayak ignis, all new march, atau mgkn aja brio, mirage, sirion, picanto dsb udah ganti model full.
Btw jgn tertipu ama ukuran brio, sebenernya itu mobil panjang lho, cuman belakangnya dipotong, jd pendek deh...hehe just kidding
om daftar dan alicevamps kalo dibandingkan brio dan wagon R , bagasinya luas mana ?
newrubble wrote:siap siap body repair ..... kan baru blajar .... kalo di toyota auto2000 dulu u light damage ada special programme .... yg intinya ..... masuk pagi klaar sore same day
Selain toyota apakah ada program sejenis, untuk delaer lain soalnya di list saya gak masukun list mobil toyota
Torquelover wrote:antara brio atau mirage. lebih condong ke brio sih, enak bgt naikannya, fitur lengkap. gc juga gak pendek2 bgt kok, kalo gak salah gcnya 165mm deh.
165 tapi kok berasa pendek ya, di bandingkan nissan march kalo di brosur GC nya 141 tapi kalo di lihat real sepertinya masih tinggan nissan march ? :big_think:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by sintoni »

Menurut ane tinggal milih antara Brio atau Agya.

Kalo suka nyetir terus ga butuh space bagasi sih ambil Brio. Secara mesin 4 silinder sendiri terus handlingnya juga enak.

Kalo misal ga terlalu doyan kencang tapi perlu space agak gede ya ambil Agya.
Torquelover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Feb 05, 2016 14:56

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Torquelover »

keliatan pendek karena di bemper depan ada karet turun ke bawah. selama pake sih yah gak pendek2 amat, walau kadang gasruk biasaya gasruknya kena karet di bemper depan atau mudguard sih. kebetulan pake march juga dulu emang keliatannya march lebih tinggi tapi gasruk juga kok. march menang di nyaman, lega, rem enak tapi lemoott. brio menang di posisi duduk, fun to drive, tenaga, handling dan sedikit lebih irit tapi suspensi keras.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Salvanost »

kalau bisa bongkar garasi sih saya sarankan bongkar aja
Abis itu pilih cayla / sigra (sambil nunggu masalah2 di tuh mobil baru diperbaikin dulu)

Mobil kan investasi sampai 5 tahunan
5 tahun nikah bakalan punya anak
Punya mobil yg bisa angkut 7 atau 5 + bagasi luas dijamin berguna banget tuh
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by ddyta27 »

saya pengguna kwr om.. emang benar lebar mobil ini cuma 1,47m.. posisi kursi pengemudi dan penumpang nyaris nempel om, kadang kagok juga pas lg nyetir mau masuk gigi 1 mentok ke lutut penumpang.. tapi begitu masuk jalan sempit / gang.. wah ini mobil rajanya deh.. kalo biasa bawa trajet trus bawa kwr rasanya tuh merdeka banget bisa nyempil nyempil, hehe.. bagasi emang lebih kecil dari agya/agya.. mesin lumayan bertenaga buat ukuran 3 silinder 998cc, irit relatif sih dalam kota bogor yg macetnya ampun ampunan paling boros 1:11, luar kota sekitar 1:18an.. ga pake metode eco driving..
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by newrubble »

sebenarnya karimun sdh masuk hitlist dia kan tinggal jalan sj ke dealer tapi kalo masih ragu krn wang yg mau di kluarkan besar ya jgn beli dulu

tggu next year x x aja harga turun byk u carryover previous year n kalo masih anggap mahal ya defer for one more year or two

selama masih bisa di tunda buat apa buru buru ..... punya mobil itu costly loh .... bensin / dieselfuel ..... blm lg udah bayar 10% sales tax masih blm juga dpt ownership title ..... masih hrs bayar lg bbn ..... rugi tuh

tar ada lg hrs kluar window tint .... stereo set .... wheel set ..... insurance ...... bisa buat bayarin lahiran dua atau tiga anak tuh

apalagi pas kena macet ..... pas kiamat baru sampe tempat kerja
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by inu83 »

Menurut saya...calya atau sigra sudah memenuhi kriteria mobil first entry...karena sebentar lagi ada momongan, setelah ada momongan pasti butuh space banyak buat angkut2...bensin juga irit, pajak ringan.pas lah...
Ichtyophile
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Ichtyophile »

newrubble wrote:sebenarnya karimun sdh masuk hitlist dia kan tinggal jalan sj ke dealer tapi kalo masih ragu krn wang yg mau di kluarkan besar ya jgn beli dulu

tggu next year x x aja harga turun byk u carryover previous year n kalo masih anggap mahal ya defer for one more year or two

selama masih bisa di tunda buat apa buru buru ..... punya mobil itu costly loh .... bensin / dieselfuel ..... blm lg udah bayar 10% sales tax masih blm juga dpt ownership title ..... masih hrs bayar lg bbn ..... rugi tuh

tar ada lg hrs kluar window tint .... stereo set .... wheel set ..... insurance ...... bisa buat bayarin lahiran dua atau tiga anak tuh

apalagi pas kena macet ..... pas kiamat baru sampe tempat kerja
Hahaha, TSnya jangan ditakut2i begitu donk, Om NR. Sales tax dan bea balik nama kan sudah masuk dalam harga on the road. Tapi yg jelas miara mobil kalau gak perlu2 banget dan penghasilan terlalu ngepas, ya malah jadi pemborosan.
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by WongZo »

pamangober wrote:
om tanya dongg, emang di karimun wagon R itu bisa ganti power windows yang buat belakang? Jok belkang juga bisa dipasang headrest ? itu resmi dari bengkel suzukinya bukan ?
Klw power window bsa om, kena 1-2jtaan, di bengkel" variasi jabotabek jg bnyk om, hrga bsa dbwh 1jt. Klw headrest sih dh gbs diapa" in om, kecuali ganti jok. Tp untuk tinggi dbwh 170cm oke kok headrestnya.

Soalnya gni om untuk ane pribadi, agya ayla satu" nya yg pny headrest di lcgc, tp malah ga enak terlalu nonjol posisi headrestnya, lbih enak duduk di datgo+ atau kwr atau brio dgn posisi duduk nyantai , pdhal 3 mbil itu gpny headrest :big_smile] .
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by DMS2812 »

Vote Agya (soalnya saya pake Agya).
:upss:
Mestinya mobil ini lumayan oke lah buat first entry buyer dengan garasi kecil (garasi saya jg kecil). Tp saya sendiri kedepannya kepengen upgrade sih, soalnya agak risih sama suara mesin & pemakaian transmisi MTnya yg agak kasar.
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Fearised »

Pengalaman pribadi saya dulu om, kalau garasi bisa direnov perpanjang. mending beli yang panjang 7 seater sekalian. Jadi semua terakomodasi, dan tidak perlu lagi mikir ganti mobil bila anak >1. Tergantung dana juga, kalau mepet ya sigra calya. Repot kedepannya pasti, kalau mobil kecil. 2 kali kerja.
User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by YK16 »

Garasi 3,8 meter ??
Agya ayla :big_smile]
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Mobil pertama untuk penganten baru dengan garasi mungil.

Post by Fearised »

Kalau sering keluar kota bareng keluarga ,saya merasa lebih save bawa mobil yg panjang om, pasti berasa dah bedanya. Kebetulan saya pake ertiga dan wagon r. Saya mikir 2x kalau mau keluar kota pake wagon r, walaupun wagon r secara visibiltas pengemudi, dan posisinya termasuk tinggi. Termasuk lcgc lainnya. kalo bawa wagon r, rasanya dari belakang stir, pas dibelakang rush or terios ,bisa terasa lebih tinggi coba aja. Aga menipu memang mobil ini dari luar, kelemahannya ya kalau anggota keluarga berbobot, duduk disamping pengemudi terasa lebih romantis.senggol senggolan begitu.. hehehe.