arfs wrote:
Asbun tuh memang orang nya hahaha.
Mesin udah 16 tahun kepake. Kompetitor lain nya udah mulai pake dual VVT ini masih single VVT.

Sebelum release berharap mobil ini dikasih M16A lah... sedikit mengobati kekecewaan desain luar-dalem yang sama sekali gak menarik. Soalnya udah pesimis nanti jangan-jangan S-Cross juga downsizing jadi K14B.
Eh bukan M16A, bukan K14B... malah M15A.... Absurd banget. Merek paling gak inopatip...
sintoni wrote:
Masuk akal sih Chris.
Model e ga suka juga. Biasa kalo model jelek ya kasi mekanikal yang bagus kek, eh malah dikasi mesin Suip lama.
Interior juga kok rasanya centre console mirip OS juga.
Hadeh itu interior beneran susah cerna juga. Flow design nya gak jelas mau kemana...
indrari wrote:Yang perlu dihargai dari usaha ekstra suzuki indo kali ini sih menurut saya ada 3 hal:
1. Pakai mesin M15A instead of K14B
di mana akhir2 ini suzuki indo hobi banget pake K14B unt sebagian besar produknya (swift, ertiga, ciaz), tapi kan kalah cc & tenaga dibanding kompetitor2nya jd imagenya mobil loyo. Jika masukin M16A (yg umum dipakai di AUS & EUR) jelas akan berefek fatal ke harga jual karena pajak lebih tinggi. Jadi M15A dg setingan tenaga 109hp adalah pilihan jitu & tapi bukan pilihan sederhana lho karena M15A kayanya sudah agak lama tdk dipakai suzuki wordlwide.
2. Pakai 6 speed AT instead of CVT ato 4 speed AT
Ini jg bukan pilihan sederhana karena di wordwide itu scross pakainya CVT, sementara saudara barunya yg lbh hot si new suzuki vitara barulah pakai 6 speed AT.
3. Fitur yg cukup komplit, guna & menaikkan gengsi:
HID (banding hrv), cakram seluruh roda, paddle sift (banding brv & rush), softpad
1. M15A bukan sudah lama gak dipakai...memang itu mesin udah gak diproduksi sama Suzuki worldwide. Saya dulu bakal kecewa kalo dikasih K14B juga, tapi juga tetep kecewa kalau dikasih M15A. Udah banyak yang ngeluh M15A keberatan buat bodi segitu... diterusin ae.
2. Yaaaa layak diapresiasi lah walaupun skrg matic 6-speed itu bahkan pabrikan paling hobi ganti casing aja ganti matic 6-speed di model populernya. Setidaknya lebih irit... mungkin. Cuma satu point ini yang bikin mobil ini lebih layak diapresiasi dibanding Yaris Sportipu.
3. HID HR-V ada kok, malah LED... di tipe 1.8. Jazz RS pun LED lampu nya. Cakram seluruh roda Yaris Sportipu pun ada. Paddle shift Jazz RS dan HR-V 1.5 ada. Kalo penambahannya di sektor safety (airbag nya 6, VSC... 2 benda ini sangat langka di mobil 200juta-an) baru saya bisa appreciate. Kalo bersifat gimmick dan sudah umum.... Ya apa yang mau di appreciate
adty wrote:
Tossss, saya juga masih susah cerna S-Cross ini. Saya user Swift 2007 juga ngerasa abangnya (SX4) jauh lebih ganteng, apalagi yg udah projie.
Nah masalah mesin, kalo saya ganti ini bosen juga sih masa M15A lagi, dan agak ragu sama FCnya, secara saya pake Swift Manual utk daily FCnya lumayan horor walaupun fun to drive
Satu hal yang dulu bikin saya susah move-on dari SX4 ya karena mobil ini design nya keren ... feel eropa nya berasa sekali. Designed by the same man who designed the first generation VW Golf.
Walaupun harus terima kenyataan kalau mobil ini lemot dan boros untuk ukuran 1500cc

kisaran 9 km/l dalem kota. Pasang piggyback baru enak bisa tembus 9.5 km/l. Saya jg denger testimoni orang orang pake suip FCnya not much better... hahaha. Ternyata oom juga ngalamin yah.