Pajero Sport VS Fortuner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by villanova_7th »

mr_mytplx wrote:Kebetulan tadi siang sempet test duduk dua2nya. ini kesan ane. IMHO y.

Eksterior.

Depan. Sama2 bagus namun dg DRL menyala pajero sedikit lebih unggul di sini. bagus DRL nya.

Samping. Definately fortuner. kaca belakang PS baru ini sama sekali nda masuk selera ane.

Belakang. Definately fortuner jg. meskipun udah di tambah spoiler tetep kalah ganteng dari Fortie.


Interior

Kualitas interior.
Tengoklah dasboardnya dan panel2 kayunya. jelas fortuner menang telak di sini. sungguh mewah dan elegan. tp saat melihat doortrim dam bagian2 yg sulit di jangkau, PS better. Gampangnya seperti ini. saat masuk fortie kemudian lihat dashboard dan kayu2nya ada kesan wow, tp begitu menoleh ke sekeliling mulai muncul rasa kecewa. saat masuk ke PS kesan wow nya sedikit sekali. tp material konsisten sampe ke tempat2 yg sulit di jangkau dan lihat.

Ruang kabin. Fyi tinggi ane 173.

Baris pertama.
tanpa sunroof, jelas Exceed yang terbaik. Fortie no. 2, dakar? cm tersisa dikit jarak kepala dg plafon. Ane jg menemukan ketidaknyamanan tersendiri di dakar. itu panel silver di konsol tengah membuat kurang nyaman kaki kiri ane.

Baris kedua.
minus sunroff fortie memliki headroom yg "sedikit" lebih lega. sedikit di sini benar2 sedikit kira2 cm beda 1-2 cm. bangku fortie jg bisa maju mundur, lumayan. legroom keduanya bagus, tp dengan kursi di posisi paling mundur fortie sangat bagus. Saya terus terang agak heran dg headroom baris kedua ini. ini suv jenis gambot. tp headroomnya menyedihkan.

Baris ketiga.
kepala saya menyentuh plafon di kedua suv yg ngakunya 7 seater ini. posisi duduk di PS terasa sangat jongkok, namun legroom lega. fortie posisi duduk lebih santai, namun dengkul mentok di kursi baris kedua dengan posisi baris kedua mundur penuh. kl di majukan "dikit" mungkin ada sisa ruang sedikit.

Tambahan sedikit.
sempat TD PS mskpn cm di area daeler saja. jd tdk bisa merasakan jambakannya dan akselerasinya. Untuk stop n go cukuplah, transmisi halus. yg saya kagum suspensinya. mantab betul pas di bawa di jalan tanah. lubang2 dan gundukan tanah cm geli" doank.

Sekian impresi ane.

Enaknya bisa TD di hari yang sama, objektifitasnya lebih valid dan aktual. dua JEMPOL
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Mitsubishisale »

PRBS wrote:
Mitsubishisale wrote:Nyari bahan buat meyakinkan konsumen dimari :mky_03:
coba bahannya berupa nominal diskon yg besar. dijamin makin yakin om. hehe

JK
Klo itu mah gk perlu dibilang om :weekk:
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
apktntaj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jul 23, 2015 2:18

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by apktntaj »

Stygulator wrote:
colai wrote:
kalo gak suka wood panel sih ..bentar lagi juga keluar variasi nya ...tinggal di copot doang itu :mky_01:
Jgankan variasi om, sebentar lg juga kluar video tutorial DIY cara pretelinnya. Org2 indo it kreatif. :mky_03:
Ga usah nunggu lama, lha wong tinggal distiker karbon aja :mky_02:
Indonesia githuu lhooo.... :mky_03:
apktntaj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jul 23, 2015 2:18

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by apktntaj »

mr_mytplx wrote:
Ruang kabin. Fyi tinggi ane 173.

Baris pertama.
tanpa sunroof, jelas Exceed yang terbaik. Fortie no. 2, dakar? cm tersisa dikit jarak kepala dg plafon. Ane jg menemukan ketidaknyamanan tersendiri di dakar. itu panel silver di konsol tengah membuat kurang nyaman kaki kiri ane.

Baris kedua.
minus sunroff fortie memliki headroom yg "sedikit" lebih lega. sedikit di sini benar2 sedikit kira2 cm beda 1-2 cm. bangku fortie jg bisa maju mundur, lumayan. legroom keduanya bagus, tp dengan kursi di posisi paling mundur fortie sangat bagus. Saya terus terang agak heran dg headroom baris kedua ini. ini suv jenis gambot. tp headroomnya menyedihkan.

Baris ketiga.
kepala saya menyentuh plafon di kedua suv yg ngakunya 7 seater ini. posisi duduk di PS terasa sangat jongkok, namun legroom lega. fortie posisi duduk lebih santai, namun dengkul mentok di kursi baris kedua dengan posisi baris kedua mundur penuh. kl di majukan "dikit" mungkin ada sisa ruang sedikit.

Tambahan sedikit.
sempat TD PS mskpn cm di area daeler saja. jd tdk bisa merasakan jambakannya dan akselerasinya. Untuk stop n go cukuplah, transmisi halus. yg saya kagum suspensinya. mantab betul pas di bawa di jalan tanah. lubang2 dan gundukan tanah cm geli" doank.

Sekian impresi ane.
wahhhh,, serius om 173 udh hmpr mentok? udah di adjust seat nya? lha ini gmn yahh tinggi ane hmpr 178 cm 81KG, beda headroom antara dakar ama VRZ banyak ga om? Masa ntar kepala ane nongol di sun roof hahaha. :mky_01:

2nd row ANPJS bisa dimundurin khn ya? klo 3rd row mah no hope, emg buat bocil atau naroh kucing :big_cat:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2797
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by KielConstantine »

PS vs Fortuner ya? Hmm.. Lagi nunggu perkembangan peformance partsnya dulu sih klo sy.
Perangkat turbocharger, suspensi, big brakes kit, exhaust system & komponen pendukung lainnya.

Kira-kira mesin (and tranny) mana yang lebih kuat buat dijadiin the next diesel monster ?

4N15 or 2GD ? Let's wait and see.
Kurang lebih 1 tahun dari sekarang sdh keliatan perkembangannya :mrgreen:












#Sambil nyetir 4D56 220 HP / 520 NM yang usianya udah nginjek kepala 6 tahun ini... :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
cruiser2000
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat Jan 30, 2016 2:31

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by cruiser2000 »

Ternyata di Australia lebih laku
Penjualan Pajero Sport Libas Fortuner di Januari 2016 via @okezonenews
http://news.okezone.com/read/2016/02/03 ... nuari-2016

Sent from my HM NOTE 1LTEW using Tapatalk
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by ibrahimlubis »

mr_mytplx wrote:Kualitas interior.
Tengoklah dasboardnya dan panel2 kayunya. jelas fortuner menang telak di sini. sungguh mewah dan elegan. tp saat melihat doortrim dam bagian2 yg sulit di jangkau, PS better. Gampangnya seperti ini. saat masuk fortie kemudian lihat dashboard dan kayu2nya ada kesan wow, tp begitu menoleh ke sekeliling mulai muncul rasa kecewa. saat masuk ke PS kesan wow nya sedikit sekali. tp material konsisten sampe ke tempat2 yg sulit di jangkau dan lihat.

Ruang kabin. Fyi tinggi ane 173.

Baris pertama.
tanpa sunroof, jelas Exceed yang terbaik. Fortie no. 2, dakar? cm tersisa dikit jarak kepala dg plafon. Ane jg menemukan ketidaknyamanan tersendiri di dakar. itu panel silver di konsol tengah membuat kurang nyaman kaki kiri ane.

Baris kedua.
minus sunroff fortie memliki headroom yg "sedikit" lebih lega. sedikit di sini benar2 sedikit kira2 cm beda 1-2 cm. bangku fortie jg bisa maju mundur, lumayan. legroom keduanya bagus, tp dengan kursi di posisi paling mundur fortie sangat bagus. Saya terus terang agak heran dg headroom baris kedua ini. ini suv jenis gambot. tp headroomnya menyedihkan.

Baris ketiga.
kepala saya menyentuh plafon di kedua suv yg ngakunya 7 seater ini. posisi duduk di PS terasa sangat jongkok, namun legroom lega. fortie posisi duduk lebih santai, namun dengkul mentok di kursi baris kedua dengan posisi baris kedua mundur penuh. kl di majukan "dikit" mungkin ada sisa ruang sedikit.
impresinya hampir sama kayak saya nih.. IMHO memang secara kasat mata ANF interior lebih mewah, tapi kalau dilihat detail kok yang paling sedih lihat material plastic nya..

kalau di ANPS lebih rata pemakaian mateialnya, lebih solid, konsisten.. cuma yah itu, ada batang silver di consol tengah yang tinggi lagi, sedikit mengganggu kaki..

untuk baris pertama ANF dengan dakar lebih lega dikit headroom ANF, tapi baris kedua hampir sama saja.. padahal ANF gak ada tonjolan sunroof.. juga di ANF ada lubang AC persis depan kepala, deket banget rasanya..
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by mr_mytplx »

apktntaj wrote:
mr_mytplx wrote:
Ruang kabin. Fyi tinggi ane 173.

Baris pertama.
tanpa sunroof, jelas Exceed yang terbaik. Fortie no. 2, dakar? cm tersisa dikit jarak kepala dg plafon. Ane jg menemukan ketidaknyamanan tersendiri di dakar. itu panel silver di konsol tengah membuat kurang nyaman kaki kiri ane.

Baris kedua.
minus sunroff fortie memliki headroom yg "sedikit" lebih lega. sedikit di sini benar2 sedikit kira2 cm beda 1-2 cm. bangku fortie jg bisa maju mundur, lumayan. legroom keduanya bagus, tp dengan kursi di posisi paling mundur fortie sangat bagus. Saya terus terang agak heran dg headroom baris kedua ini. ini suv jenis gambot. tp headroomnya menyedihkan.

Baris ketiga.
kepala saya menyentuh plafon di kedua suv yg ngakunya 7 seater ini. posisi duduk di PS terasa sangat jongkok, namun legroom lega. fortie posisi duduk lebih santai, namun dengkul mentok di kursi baris kedua dengan posisi baris kedua mundur penuh. kl di majukan "dikit" mungkin ada sisa ruang sedikit.

Tambahan sedikit.
sempat TD PS mskpn cm di area daeler saja. jd tdk bisa merasakan jambakannya dan akselerasinya. Untuk stop n go cukuplah, transmisi halus. yg saya kagum suspensinya. mantab betul pas di bawa di jalan tanah. lubang2 dan gundukan tanah cm geli" doank.

Sekian impresi ane.
wahhhh,, serius om 173 udh hmpr mentok? udah di adjust seat nya? lha ini gmn yahh tinggi ane hmpr 178 cm 81KG, beda headroom antara dakar ama VRZ banyak ga om? Masa ntar kepala ane nongol di sun roof hahaha. :mky_01:

2nd row ANPJS bisa dimundurin khn ya? klo 3rd row mah no hope, emg buat bocil atau naroh kucing :big_cat:
Belom di ajust bro. udah keburu pencet sana pencet sini. he2x. mungkin bisa di setel lebih rendah lg. kl unit test drive ane sih kl garuk2 kepala tangan udah nyentuh plafon tuh. he2x.

baris pertama bedanya lumayan kerasa bro. ANF lebih tinggi headroomnya.

di PS yang ane test 2nd row nda bisa maju mundur.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by maskopat »

KielConstantine wrote:PS vs Fortuner ya? Hmm.. Lagi nunggu perkembangan peformance partsnya dulu sih klo sy.
Perangkat turbocharger, suspensi, big brakes kit, exhaust system & komponen pendukung lainnya.

Kira-kira mesin (and tranny) mana yang lebih kuat buat dijadiin the next diesel monster ?

4N15 or 2GD ? Let's wait and see.
Kurang lebih 1 tahun dari sekarang sdh keliatan perkembangannya :mrgreen:
2GD Om. 4N15 sudah full alloy dari cyl head sampe blok mesin. gak yakin tahan dijadiin diesel monster.
while 2GD masih cast iron.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
hoksangar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by hoksangar »

kalau dari tenaga sepertinya Pajero lebih unggul ya.
https://www.youtube.com/watch?v=H2zCK1Dke-Q
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2797
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by KielConstantine »

maskopat wrote:
KielConstantine wrote:PS vs Fortuner ya? Hmm.. Lagi nunggu perkembangan peformance partsnya dulu sih klo sy.
Perangkat turbocharger, suspensi, big brakes kit, exhaust system & komponen pendukung lainnya.

Kira-kira mesin (and tranny) mana yang lebih kuat buat dijadiin the next diesel monster ?

4N15 or 2GD ? Let's wait and see.
Kurang lebih 1 tahun dari sekarang sdh keliatan perkembangannya :mrgreen:
2GD Om. 4N15 sudah full alloy dari cyl head sampe blok mesin. gak yakin tahan dijadiin diesel monster.
while 2GD masih cast iron.
Oh gitu yah om kopat. Baru tau fully alloy vs cast iron, lebih kuat yg masih cast.
Thx infonya om. :frm_salut:

Tapi klo urusan turbocharger, orang lebih milih yang billet compressor wheel yah ketimbang cast. U/ high performance ?
Colek om Turboman.

hoksangar wrote:kalau dari tenaga sepertinya Pajero lebih unggul ya.
https://www.youtube.com/watch?v=H2zCK1Dke-Q
Seru tuh nonton videonya. Kalah telak dah si hilux :wkkk:
Ini factory std vs factory std yah. Masih nge-fur itu si hilux. Uwkwkwk..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Classic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Classic »

Pendapat pribadi: Perubahan eksterior ANPS benar2 amazing. Sementara perubahan eksterior ANF Biasa2 saja, cenderung tidak ada sensasi WoWnya. Sebaliknya untuk sisi interior malah terbalik. Wood Panel ANPS sangat tidak sedap dipandang. terkesan murah, sedangkan racikan interior ANF cukup berkelas.

Dari sektor mesin ada perubahan yang signifikan baik ANPS maupun ANF. Memang tenaga hanya bertambah <5%, tapi torsi baru yang dihasilkan 4N15 dan 2GD dijamin bakal bikin ban cepet aus karena burnout kalau drivernya doyan bejek2 (pengalaman pribadi dgn ctv14 yg saya pakai smp skrg).

Dari sisi umur pakai mesin, rasanya belum bisa ditebak mesin mana yang lebih tahan banting. Sebab mitsu adalah jagonya bikin mesin diesel, sedangkan reputasi toyota untuk adu tahan banting ga perlu dipertanyakan lagi.

Dari sektor transmisi, rasanya transmisi 8 speed punya ANPS akan menjadi nilai jual tersendiri. Semoga transmisi ini responsif, dan jangan bikin lemot karena shiftingnya pendek2

Overall, saya pikir penjualan ANPS akan mengalahkan ANF tipis
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by remedusakti »

Permisi Om2, sy member lama tpi gak aktif. lagi galau mau menentukan pilihan antara ANF VRZ atau ANPS Dakar..
kedua2 sudah TD dan liat luar dalam, sy dan isteri coba kasi penilaian dan hasilnya score ampir imbang ANF 130 point dan ANPS 132.. sebelumnya sy pakai pajero sport exceed thn 2011 dan sdh dilego bbrp bln yg lalu dan pakai fortuner 2.7 g 2009 msh pakai sampai skrng.. sebenernya mantap mau ANPS cuma ragu2 dengan kualitas mobilnya karna pengalaman pernah pakai pasport exceed trus terang agak kecewa dengan kualitasnya.. sebelumnya saya mereview keluhan dulu PS 2011 vs Fortuner sbgai gambaran.
PS exceed 2011 pakai sampai KM 88rb : sy ambil mobil ini dari baru berikut bbrp keluhan
- steering rack pernah ganti seglodongan, dan sdh 2 kali ganti bearing streering
- tombol2 disetir pada ngeletek dan fungsinya sering error, dipencet tambah vol malah ganti channel
- rem cakram gampang bgt peyang, dah 2 x dibubut dan akhirnya ganti cakram baru
- tuas lampu dan sein sering error
- Tape nya juga sering error
- kualitas bahan JOK kurang rapi buatannya
- karet wiper kualitas jelek bgt gak bersih nyapu kaca
- pegangan doortrim dlm gampang ngeletek
==> kesan secara umum printilan ringkih dan kualitas pengerjaan kurang rapih

Fortuner 2.7 G 2009 saat ini msh pakai KM 145.000
- sampai saat ini hampir tidak ada keluhan, pdhal yang pakai gonta ganti dan sering dimuatin yg berat2
- steer, cakram, tape , tuas2, wiper, jok dll semua dlm kondisi baik hingga saat ini

untuk handling, tarikan, bbm, kenyamann dll saya tidak perhitungkan sekali karna msng2 punya karakter sendiri2, tp secara kualitas fortuner yang 2 tahun lebih tua tidak penyakitan seperti Pasport exceed

Nah dari pengalaman itu sy dan isteri msh ragu2 mau pinang ANPS, tadi barusan TD ANPS berikut kesan2
- suara halus : ini lebih halus dari ANF, tapi saat AC nyala ada bunyi agak dengung gitu entah bunyi apa, tak pikir audio ternyata bukan
- suspensi langsung saya bandingin dijalan jelek dengan forty 2.7 sy dan ternyata lebih empuk ANPS ( isteripun setuju )
- Steering pas lewatin jalan jelek kaya ada jeda atau sela, so langsung kepikiran jangan2 steering nanti bermslh seperti exceed dulu
- Tarikan : forty 2.7 Tewas telak, tapi dibawah 2000rpm perasaan agak kosong, dan tadi coba bejek dari Nol kayanya roda gak spin.
- HSA dan parking elektrik Sy Suka
- Tampang depan Ok, Samping Ok, Belakng ehmm Pas dijejerin forty 2.7 2009 ternyata ANPS blkgnnya Bgs juga.. Tukang momong anak Sy yang orang awam mobil langsung bilang bagus ANPS dibanding ANF ( hbs TD ANPS langsung ke Auto2000 )
- Interior kl secara kasat mata awam kata isteri ANPS keliatan unik dan cakep tapi kualitas tetep megang ANF
- dan interiornya yang konsol tengah nyambung ke dashbrd warna abu2 sepertinya bahan diCAT sehingga kawatirnya tkt gampang baret2

Rencana Sore tadi mau mutusin trus mau DP tapi kok Sy dan Isteri Bingung ==> kesimpulan 2 2 nya bagus, ibarat ayam goreng atau ayam bakar, Sm2 enak tergantung Selera.hehe

Mhn masukan SMers yg baik hati. trima ksh
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by HilmanZ »

Pengalaman ane pakai GNF 2012 & VNT 2014, mesin Fortuner gampang banget dioprek pake Dastek. so kalo cuma mau kejar tenaga Dakar standar 181 HP sih gampang banget. VNT ane sekarang upping sampe 270 HP. Mau kejar-kejaran ama Dakar juga ga susah. So buat power, ane pilih Fortuner yang reliability mesin nya juga teruji and bisa ane upping pake confidence. Dakar lama ringkih kalo mau maen di atas 250 HP.

Temen ganti Turbo VNT Aftermarket upping sampe 380 HP juga ga masalah. kalo penasaran, biasa Fortuner 380 HP & teman2 KFOC maen di PIK hari jumat malam. Ane kadang2 aja nongol kalau senggang.

Buat kenyamanan, ane uda TD ANF di Daerah Dago Pakar (Congo Cafe), Bandung. bukan test drive asal di jalanan depan dealer jadi berasa perbedaan yang baru & lama. Kebetulan ane member dari KFOC yang dapat privilege buat Test drive di akhir Januari lalu (test drive sency sih menurut ane pribadi ga guna.cuma muter track sekali.ane ga bisa rasain). Jadi test drive lah secara komprehensif dari keluar Congo naik sampe Hotel intercontinental. Ada poldur and jalan berlubang dihajar. oke. tuningan suspensi improve jauh banding yang lama.ga berasa limbung banding Fortuner lama yang standar. Rem juga kita uji mentok ni. hard brake and berulang2 dites. Diameter Rotor nya pake Prado punya yang 319 mm. improve banding yang lama. Handling juga improve jauh. setir lebih enteng dari fortuner lama & precise respon nya ketika kita rubah arah bantingan.

Buat interior oke. Jok kulit di tipe VRZ kualitas nya cukup baik.kulit asli di bagian yang kita dudukin & sintestis di bagian samping jok. Headroom row 1-2 masih berasa lega. tinggi cuma 170 si. Row 3 lebih rendah tinggi headroom nya banding yang lama. Buat legroom row 1 berasa lebih sempit di sisi penumpang depan. di sisi supir ga beda. row 2 oke.ga beda dari VNT lama. Row 3 legroom juga masih cukup oke.kurang lebih mirip dengan VNT lama. Kualitas dasbor ane rasa ga ada downgrade dari yang lama. softpad di beberapa bagian dasbor & ga keliatan cheap.

Exterior menurut ane depan cakep cuma over chrome di daerah sekitar foglamp walau si pajero lebih parah lagi chrome nya. so far rencana di stikerin atau ambil warna silver biar ga gtu kentara.

Buat ps, baru sekedar liat fisik & tes duduk. so far ga beda jauh dari yang lama. di row 2 & row 3 berasa duduk jongkok. sistem pelipatan bangku row 3 rata lantai bagus. ruang jadi lega cuma efeknya hip point waktu angkat barang berat misal koper jadi perlu lebih tinggi angkat nya. Interior berasa plastik ga bagus & audio murah banding fortuner. Wood panel ngga banget pastinya.

Final, lanjut SPK di Fortuner. ga ada pengalaman jelek sama sekali di 2 fortuner yang saya punya & seharusnya mesin 2 GD juga kuat buat di upping power nya. masalah sekarang mesti make sure tranny 6sp AT nya sebadak tranny 4sp AT nya VNT lama.

Buat yang bilang jok kulit sayang dipake di tambang, ane jga ga yakin VRZ 4x4 bakal jadi first option. perusahaan bakal ambil G 4x4 nya yang fabric. berapa kali maen ke tambang daerah Sumatera, liat PS juga dipake mostly GLX nya. Ampir ga liat Dakar. And mostly yang maen di tambang emang D Cab kaya Strada & Hilux.
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by colai »

remedusakti wrote:Permisi Om2, sy member lama tpi gak aktif. lagi galau mau menentukan pilihan antara ANF VRZ atau ANPS Dakar..
kedua2 sudah TD dan liat luar dalam, sy dan isteri coba kasi penilaian dan hasilnya score ampir imbang ANF 130 point dan ANPS 132.. sebelumnya sy pakai pajero sport exceed thn 2011 dan sdh dilego bbrp bln yg lalu dan pakai fortuner 2.7 g 2009 msh pakai sampai skrng.. sebenernya mantap mau ANPS cuma ragu2 dengan kualitas mobilnya karna pengalaman pernah pakai pasport exceed trus terang agak kecewa dengan kualitasnya.. sebelumnya saya mereview keluhan dulu PS 2011 vs Fortuner sbgai gambaran.
PS exceed 2011 pakai sampai KM 88rb : sy ambil mobil ini dari baru berikut bbrp keluhan
- steering rack pernah ganti seglodongan, dan sdh 2 kali ganti bearing streering
- tombol2 disetir pada ngeletek dan fungsinya sering error, dipencet tambah vol malah ganti channel
- rem cakram gampang bgt peyang, dah 2 x dibubut dan akhirnya ganti cakram baru
- tuas lampu dan sein sering error
- Tape nya juga sering error
- kualitas bahan JOK kurang rapi buatannya
- karet wiper kualitas jelek bgt gak bersih nyapu kaca
- pegangan doortrim dlm gampang ngeletek
==> kesan secara umum printilan ringkih dan kualitas pengerjaan kurang rapih

Fortuner 2.7 G 2009 saat ini msh pakai KM 145.000
- sampai saat ini hampir tidak ada keluhan, pdhal yang pakai gonta ganti dan sering dimuatin yg berat2
- steer, cakram, tape , tuas2, wiper, jok dll semua dlm kondisi baik hingga saat ini

untuk handling, tarikan, bbm, kenyamann dll saya tidak perhitungkan sekali karna msng2 punya karakter sendiri2, tp secara kualitas fortuner yang 2 tahun lebih tua tidak penyakitan seperti Pasport exceed

Nah dari pengalaman itu sy dan isteri msh ragu2 mau pinang ANPS, tadi barusan TD ANPS berikut kesan2
- suara halus : ini lebih halus dari ANF, tapi saat AC nyala ada bunyi agak dengung gitu entah bunyi apa, tak pikir audio ternyata bukan
- suspensi langsung saya bandingin dijalan jelek dengan forty 2.7 sy dan ternyata lebih empuk ANPS ( isteripun setuju )
- Steering pas lewatin jalan jelek kaya ada jeda atau sela, so langsung kepikiran jangan2 steering nanti bermslh seperti exceed dulu
- Tarikan : forty 2.7 Tewas telak, tapi dibawah 2000rpm perasaan agak kosong, dan tadi coba bejek dari Nol kayanya roda gak spin.
- HSA dan parking elektrik Sy Suka
- Tampang depan Ok, Samping Ok, Belakng ehmm Pas dijejerin forty 2.7 2009 ternyata ANPS blkgnnya Bgs juga.. Tukang momong anak Sy yang orang awam mobil langsung bilang bagus ANPS dibanding ANF ( hbs TD ANPS langsung ke Auto2000 )
- Interior kl secara kasat mata awam kata isteri ANPS keliatan unik dan cakep tapi kualitas tetep megang ANF
- dan interiornya yang konsol tengah nyambung ke dashbrd warna abu2 sepertinya bahan diCAT sehingga kawatirnya tkt gampang baret2

Rencana Sore tadi mau mutusin trus mau DP tapi kok Sy dan Isteri Bingung ==> kesimpulan 2 2 nya bagus, ibarat ayam goreng atau ayam bakar, Sm2 enak tergantung Selera.hehe

Mhn masukan SMers yg baik hati. trima ksh

yg punya fortuner lama pasti "mendewakan" anf lagi ....... di laen pihak yg punya paspor lama juga "mendewakan" anps juga :mky_01:

nah kan om udah testdrive 22 nya , so jadi ikutin kata hati si om sama tante aj , toh itu duit si om jga :big_grin:

andaikata ada kekurangan sana sini #amitamit...kan 22 mobil masih di garansi 3 tahun jadi lumayan tenang :mky_01:
Last edited by colai on Sat Feb 06, 2016 17:33, edited 1 time in total.
jalan kaki ............ SEHAT !
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by remedusakti »

@Hilmanz : thanks Om ats pengalamn impresi dgn ANF.. ANF sy baru test di Senci aj dan diLampung keliling dealer coz mbl blm bs dibawa keluar.. Kl mslh bantingan suspensi gmn Om kl dibanding ANPS ? Pengennya mobilnya nyaman dijalan jelek coz didaerah sini jalannya jueleknya poll tapi pengen mbl awet gak gampang rusak.hehe kl mesin sebenrnya Sy tdk mslh Coz gak hobi ngebut juga dah mulai ubanan dan beranak.hehe
sebenernya Hati kearah ANPS cuma ragu dengan kualitas coz pernh pengalamn punya PS Exceed 2011. Kl Fortuner 2.7 G 2009 Sy Kagum dengan Realibility, mobil paling tangguh dibanding dengan yang pernah Sy pakai ( Kijang Krista , Escudo 2.0, xtrail 2.5, Crv gen2dan 3, honda city, Harrier, Pajero exceed ), selama ini ntuh forty cuma isi bensin, ganti oli mesin, transmisi n filter2, busi..
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by remedusakti »

satu lagi om Hilmanz mesin ANF gmn respon bawahnya ? Turbo Lag ? Sy lebih demen mobil yang responsif bawahnya minim turbo lag dibanding putaran atasnya kencang coz gak suka ngebut juga. cuma kesel aj kl tarikan bawahnya loyo.. Pengalaman pakai exceed bawahnya loyo bgt, start awal kerasa berat jauh dibanding Forty 2.7 tapi kl sdh diatas 2000 RPM baru dah exceed tarikan lebih okeh..
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by colai »

remedusakti wrote:satu lagi om Hilmanz mesin ANF gmn respon bawahnya ? Turbo Lag ? Sy lebih demen mobil yang responsif bawahnya minim turbo lag dibanding putaran atasnya kencang coz gak suka ngebut juga. cuma kesel aj kl tarikan bawahnya loyo.. Pengalaman pakai exceed bawahnya loyo bgt, start awal kerasa berat jauh dibanding Forty 2.7 tapi kl sdh diatas 2000 RPM baru dah exceed tarikan lebih okeh..
no offfence om .... kalo exceed di bilang sama om loyo ...... gimana fortuner sebelum vnt yg tenaga nya 102ps aj :mky_01:
jalan kaki ............ SEHAT !
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Knalpot »

remedusakti wrote:Permisi Om2, sy member lama tpi gak aktif. lagi galau mau menentukan pilihan antara ANF VRZ atau ANPS Dakar..
kedua2 sudah TD dan liat luar dalam, sy dan isteri coba kasi penilaian dan hasilnya score ampir imbang ANF 130 point dan ANPS 132.. sebelumnya sy pakai pajero sport exceed thn 2011 dan sdh dilego bbrp bln yg lalu dan pakai fortuner 2.7 g 2009 msh pakai sampai skrng.. sebenernya mantap mau ANPS cuma ragu2 dengan kualitas mobilnya karna pengalaman pernah pakai pasport exceed trus terang agak kecewa dengan kualitasnya.. sebelumnya saya mereview keluhan dulu PS 2011 vs Fortuner sbgai gambaran.
PS exceed 2011 pakai sampai KM 88rb : sy ambil mobil ini dari baru berikut bbrp keluhan
- steering rack pernah ganti seglodongan, dan sdh 2 kali ganti bearing streering
- tombol2 disetir pada ngeletek dan fungsinya sering error, dipencet tambah vol malah ganti channel
- rem cakram gampang bgt peyang, dah 2 x dibubut dan akhirnya ganti cakram baru
- tuas lampu dan sein sering error
- Tape nya juga sering error
- kualitas bahan JOK kurang rapi buatannya
- karet wiper kualitas jelek bgt gak bersih nyapu kaca
- pegangan doortrim dlm gampang ngeletek
==> kesan secara umum printilan ringkih dan kualitas pengerjaan kurang rapih

Fortuner 2.7 G 2009 saat ini msh pakai KM 145.000
- sampai saat ini hampir tidak ada keluhan, pdhal yang pakai gonta ganti dan sering dimuatin yg berat2
- steer, cakram, tape , tuas2, wiper, jok dll semua dlm kondisi baik hingga saat ini

untuk handling, tarikan, bbm, kenyamann dll saya tidak perhitungkan sekali karna msng2 punya karakter sendiri2, tp secara kualitas fortuner yang 2 tahun lebih tua tidak penyakitan seperti Pasport exceed

Nah dari pengalaman itu sy dan isteri msh ragu2 mau pinang ANPS, tadi barusan TD ANPS berikut kesan2
- suara halus : ini lebih halus dari ANF, tapi saat AC nyala ada bunyi agak dengung gitu entah bunyi apa, tak pikir audio ternyata bukan
- suspensi langsung saya bandingin dijalan jelek dengan forty 2.7 sy dan ternyata lebih empuk ANPS ( isteripun setuju )
- Steering pas lewatin jalan jelek kaya ada jeda atau sela, so langsung kepikiran jangan2 steering nanti bermslh seperti exceed dulu
- Tarikan : forty 2.7 Tewas telak, tapi dibawah 2000rpm perasaan agak kosong, dan tadi coba bejek dari Nol kayanya roda gak spin.
- HSA dan parking elektrik Sy Suka
- Tampang depan Ok, Samping Ok, Belakng ehmm Pas dijejerin forty 2.7 2009 ternyata ANPS blkgnnya Bgs juga.. Tukang momong anak Sy yang orang awam mobil langsung bilang bagus ANPS dibanding ANF ( hbs TD ANPS langsung ke Auto2000 )
- Interior kl secara kasat mata awam kata isteri ANPS keliatan unik dan cakep tapi kualitas tetep megang ANF
- dan interiornya yang konsol tengah nyambung ke dashbrd warna abu2 sepertinya bahan diCAT sehingga kawatirnya tkt gampang baret2

Rencana Sore tadi mau mutusin trus mau DP tapi kok Sy dan Isteri Bingung ==> kesimpulan 2 2 nya bagus, ibarat ayam goreng atau ayam bakar, Sm2 enak tergantung Selera.hehe

Mhn masukan SMers yg baik hati. trima ksh
Kalau menurut saya, karena sudah ada Fortuner di rumah, mending ambil ANPS sajah karena sudah dapat impresi awal yang bagus waktu TD. Nanti kalau waktunya peremajaan Fortuner, gantian ambil lagi ANF. Toh sudah disebutkan tidak suka lagi ngebut dan pastinya tidak bakalan upgrade sampai sekian ratus HP more..
Untuk permasalahan Rack steer pjs lama, sudah dibahas di forum lokal maupun internasional, pasti sudah sampai ke meja developmentnya mitsu.. feedback point2 minus pasti sudah sampai ke meja design. Kalau masih ragu bisa tanya2 atau googling tentang perbaikan ini di ANPS..

Bagi saya sih lebih suka ANPS.. Tapi yg kurang sreg di ANPS hanya electric parking brake nya nih.. apa iya bisa di abuse.. kondisi macet macetan parah di tanjakan.. sama mesin barunya perlu ujian sebenarnya dengan kualitas BBm lokal..
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by HilmanZ »

@remedusakti

Sebelumnya pernah test fortuner vnt? Kalau untuk respon bawah bisa dilihat dari rpm torsi max dimana anf 2GD torsi max 400 Nm di 1600 - 2000 rpm sementara exceed lama 314 Nm di 2000 rpm. So buat stop and go tarikan bawah anf akan lebih responsif. Kalau melihat torsi max anps dakar 430 Nm di 2500 rpm should be lebih berasa lag di bawah. Tapi di puteran atas kenceng ny berasa. Kalau hanya mau standar bisa dipikir2 butuh yg kenceng di tol atau buat sehari2 pick up response cepet.

Buat pemakaian jalan enak,ane ambil contoh fortuner 2009 si bro kondisi standar ga nyaman and limbung.kalo lewat jalanan jelek berasa. Di anf sudah dikoreksi.tuning suspensi sangat baik.heran2 juga kenapa beda jauh banding fortuner lama. Fyi ane modif suspensi pake trd & spring eibach. Di gravel ga berasa body goyang2 and hentakan ga nyaman. Ane sendiri bingung. Kita uda lihat2 sepertiny ada rubahan sudut geometri di kaki fortuner jdi berasa improve ny. Sebelum pick spk mobil, i suggest minta test drive di jalan langsung and masuk ke jalan rusak. Karakter nyaman tiap org beda2 jdi pastiin tes langsung ya.

Sayang banget ane belom td anps baru. Hanya sekedar liat2 and duduk di dalam jadi ga bisa kasi opini.tapi di dakar lama compare vnt,bawah menang vnt and di atas tenaga ny menang dakar (kondisi standar).

Buat keluhan di ps lama,ane emang denger2 shock gampang bocor ama masalah rack steering. Kalau masalah rotor, toyota fortie jg ad beberapa claim rotor tapi akibat brakepad ny ud diganti ama bendix.hehe. beberapa hal yg bro sebut ad yg minor si mungkin kualitas cat plastik ny kurang baik aj.

Kalo pengalaman ud perna kurang enak di mobil lama, mesti decide sebener ny lebih perlu apa.

Berbalik lagi.kalo ane liat kebutuhan ps ama fortuner beda ni. Yg 1 offer fitur berlimpah,power oke. Yg 1 nawarin build quality dengan fitur so-so. Kalo ane pribadi lebih prefer yg build quality and mesin badak karena ane emang mau modif power ny. Di vnt lama menggoda banget modif power ny yg sebagian orang bilang mau kemana lu cepet2. Tapi di sisi lain high power juga butuh untuk kenyamanan berkendara. Kalo main2 di cipularang bakal berasa di tanjakan yg punya torsi lebih enak.

So decide wisely aja bro. Kalo pengen tanya2 lagi KFOC ada di forum sebelah. Bisa digoogling aja keyword KFOC Fortuner. Bisa extra discuss disebelah jga.
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by smgandi »

Bagusan anps yg dijual di aussie oiiii, versi dakarnya gak pake wood panel tapi piano black seperti exceed. :frm_tumbleft:
http://www.mitsubishi-motors.com.au/veh ... jero-sport
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by HilmanZ »

colai wrote:
remedusakti wrote:satu lagi om Hilmanz mesin ANF gmn respon bawahnya ? Turbo Lag ? Sy lebih demen mobil yang responsif bawahnya minim turbo lag dibanding putaran atasnya kencang coz gak suka ngebut juga. cuma kesel aj kl tarikan bawahnya loyo.. Pengalaman pakai exceed bawahnya loyo bgt, start awal kerasa berat jauh dibanding Forty 2.7 tapi kl sdh diatas 2000 RPM baru dah exceed tarikan lebih okeh..
no offfence om .... kalo exceed di bilang sama om loyo ...... gimana fortuner sebelum vnt yg tenaga nya 102ps aj :mky_01:
Yang 102 ps si ga tahan loyo ny bro.ngeden itu sih.hehe. sama angkot aja bisa kalah lari. Kelewatan si toyota. Makanya dulu saya dastek gnf saya sampe 180 Hp dapet nya. Sama exceed kalo lawan 102 ps ya menang exceed.

Makany wajar di 2010 an si toyota fortuner kalah. Di 2012 ya balik lagi. Toyota liat mitsu udcterlalu merajai pasar. Dikeluarin d varian vnt ny yg selama ini ga dikasi ke indo. Ya pasar langsung rubah arah.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by HilmanZ »

Oh ya.tambahan buat yang ngedewain fitur HSA saya rasa belom perna punya mesin diesel ya. Di diesel yang torsi berlimpah di posisi manteng di D, nanjak pun ketahan ga mundur karena torsi ny gambot. Kalo di mobil bensin agree. HSA lebih berguna karena pasti mundur di tanjakan. Btw ini kelas mobil kan uda ampir 500 juta an yg tentu uda ga bisa dibilang murah. Jd cermati dulu checklist2 yg dibutuhin apa.

Btw sharing buat tenaga sales mitsubishi emang lebih ramah dari sales toyota dalam menjajakan kedua produk baru ini.
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by colai »

HilmanZ wrote:
colai wrote:
remedusakti wrote:satu lagi om Hilmanz mesin ANF gmn respon bawahnya ? Turbo Lag ? Sy lebih demen mobil yang responsif bawahnya minim turbo lag dibanding putaran atasnya kencang coz gak suka ngebut juga. cuma kesel aj kl tarikan bawahnya loyo.. Pengalaman pakai exceed bawahnya loyo bgt, start awal kerasa berat jauh dibanding Forty 2.7 tapi kl sdh diatas 2000 RPM baru dah exceed tarikan lebih okeh..
no offfence om .... kalo exceed di bilang sama om loyo ...... gimana fortuner sebelum vnt yg tenaga nya 102ps aj :mky_01:
Yang 102 ps si ga tahan loyo ny bro.ngeden itu sih.hehe. sama angkot aja bisa kalah lari. Kelewatan si toyota. Makanya dulu saya dastek gnf saya sampe 180 Hp dapet nya. Sama exceed kalo lawan 102 ps ya menang exceed.

Makany wajar di 2010 an si toyota fortuner kalah. Di 2012 ya balik lagi. Toyota liat mitsu udcterlalu merajai pasar. Dikeluarin d varian vnt ny yg selama ini ga dikasi ke indo. Ya pasar langsung rubah arah.
saya sih gak menangin siapa2 om netral2 aj :mky_01: ....22 nya mobil bagus ada kelebihan ada kekuranganya juga

kalo diliat penjualan thailand saling susul2an maka nya saya pikir itu 22 nya mobil bagus :mky_02:

kalo saya punya duit ...saya beli tuh 22 nya :mky_01:
jalan kaki ............ SEHAT !
User avatar
leakbali
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Dec 12, 2015 15:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by leakbali »

colai wrote:
HilmanZ wrote:
colai wrote:
no offfence om .... kalo exceed di bilang sama om loyo ...... gimana fortuner sebelum vnt yg tenaga nya 102ps aj :mky_01:
Yang 102 ps si ga tahan loyo ny bro.ngeden itu sih.hehe. sama angkot aja bisa kalah lari. Kelewatan si toyota. Makanya dulu saya dastek gnf saya sampe 180 Hp dapet nya. Sama exceed kalo lawan 102 ps ya menang exceed.

Makany wajar di 2010 an si toyota fortuner kalah. Di 2012 ya balik lagi. Toyota liat mitsu udcterlalu merajai pasar. Dikeluarin d varian vnt ny yg selama ini ga dikasi ke indo. Ya pasar langsung rubah arah.
saya sih gak menangin siapa2 om netral2 aj :mky_01: ....22 nya mobil bagus ada kelebihan ada kekuranganya juga

kalo diliat penjualan thailand saling susul2an maka nya saya pikir itu 22 nya mobil bagus :mky_02:

kalo saya punya duit ...saya beli tuh 22 nya :mky_01:
Betul tuh om, pingin beli dua duanya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. 3S toyota sudah terbukti puluhan tahun, no offense ya,pasar mitsubishi sekarang hanya pada truck, pajero dan platform sejenis, OS, mirrage, sementara lancer dsb sudah hilang, termasuk juga colt T yang dulu merajai. untuk ANPS dan ANF, terus terang value for money jatuh pada ANPS Dakkar, gak nyangka akan dijual di harga segitu, sementara kemampuanbeli ya cuma segitu, gimana beli 2 2 nya? Dan bisik bisik, sales ANPS sudah mulai mengeluarkan diskon meski terbatas, lumayanlah buat beli variasi tambahan, sementara sales ANF masih jumawa seperti biasanya, gak mau beli ya sudah. Kesimpulan, "not going tobe in first batch, wait and see for another months" toh masih ada mobil-mobil untuk dipake, gak harus beli sekarang. situasi ekonomi sudah makin parah, daya beli makin merosot, ATPM berguguran, produk lainnya seperti elektronik, dsb nya juga berguguran.

Saran saya om, kalau masih bisa nahan, tunggu 23 bulan deh om, jangan takut ada yang bilang antrian panjang, nanti dapat lama, harga bakal berubah, dsb. sekarang pun om masih bisa dapat gak perlu antri lama. kapasitas produksi mereka sudah terjadwal, susah dikurangi, efeknya banyak, ujung ujungnya harus jualan meski mengurangi profit, sebab yang akan diliat jumlah unit terjual dan "yang penting untung". Saya sudah ngalamin, pingin banget punya duluan, untuk beberapa produk, gak berapa lama pada diskon habis habisan, SAKITNYA TUH DI KANTONG OM, uang puluhan juta dibuang buang cuma sekedar menyenangkan ego padahal pake nya kan tahunan juga
it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot, :big_think:.... :ngacir: :ngacir: :ngacir: