Honda Jazz atau Toyota Vios
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
for Mr. WP: kata orang TAM dan auto2000 limo gak vvt-i...so i guess it is not 1NZ-FE.. maybe speknya sama dengan 1NZ-FE tapi kodenya sepertinya bukan itu..
for all: masa sih sampe 5200?? Gw belum pernah nyoba sih... tapi emang 180 di vios itu belum lewat 5000...santai banget...apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
for all: masa sih sampe 5200?? Gw belum pernah nyoba sih... tapi emang 180 di vios itu belum lewat 5000...santai banget...apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Mematikan ac pada kecepatan konstan berapapun tdk akan menurunkan rpm pak datsu, tetapi bisa jadi malah menaikkan (tetapi bisa juga konstan seperti sebelum mematikan ac) rpm karena beban mesin berkurang. dgn naiknya rpm sudah tentu kecepatan bertambah.datsu wrote:.apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
mungkin anda berpikir karena mematikan ac pada saat kondisi mobil diam ditempat (tanpa digas) akan menurunkan rpm, kalo untuk kondisi yang ini rpmnya harus turun. kalo rpmnya naik atau tetap, bisa jadi setelan idle up nya tidak tepat atau rusak.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Mungkin kalo sama2 1500cc tetap 1NZ-FE tapi tanpa VVTi.. Atau munkin kalo 1300cc sama kaya ist 1.3 tapi tanpa VVTi..........datsu wrote:for Mr. WP: kata orang TAM dan auto2000 limo gak vvt-i...so i guess it is not 1NZ-FE.. maybe speknya sama dengan 1NZ-FE tapi kodenya sepertinya bukan itu..
for all: masa sih sampe 5200?? Gw belum pernah nyoba sih... tapi emang 180 di vios itu belum lewat 5000...santai banget...apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Sori..sori...yang itu saya tau pak handling... I aware of that..bahasa saya sebelumnya salah..thanx.. Maksut saya, Untuk meraih kecepatan +-180km/jam, Pada saat AC hidup saja hanya butuh kurang dari 5000rpm pada gigi 5. Dan untuk mencapai kecepatan itu ketika AC mati, perputaran mesin jauh lebih tenang, saya lupa ngeliat rpm waktu itu tapi yang jelas raungan mesin jauh lebih tenang.handling wrote: Mematikan ac pada kecepatan konstan berapapun tdk akan menurunkan rpm pak datsu, tetapi bisa jadi malah menaikkan (tetapi bisa juga konstan seperti sebelum mematikan ac) rpm karena beban mesin berkurang. dgn naiknya rpm sudah tentu kecepatan bertambah.
mungkin anda berpikir karena mematikan ac pada saat kondisi mobil diam ditempat (tanpa digas) akan menurunkan rpm, kalo untuk kondisi yang ini rpmnya harus turun. kalo rpmnya naik atau tetap, bisa jadi setelan idle up nya tidak tepat atau rusak.
mungkin biar semua tau, walaupun mobil saya udah dikasi sound protectionnya ziebart, entah kenapa raungan mesin vios itu gede banget untuk rpm diatas 4000, malah kalo mendekati 5000 udah kaya stereo system 5.1 yang volumenya diset maksimal..


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
No problem pak datsu.....sante aja...
kalo berisik sih lumrah lah untuk sekelas vios, kalo mobil sekelas dia juga saya yakin berisik. malah ada yang lebih berisik lagi kok daripada vios.
kalo mau yang gak berisik maybach...hikshikshisks....s.ss
seperti biasalah kalo makin murah bunyinya makin cring cring....
tapi kalo makin mahal...nyaring tak terdengar......zz..zz.z.z.zzz.... hkshikshisksss
saya belum pernah nih e bandung pake cipularang, mungkin minggu depan kali ada urusan pulang hari baru cobain. Kayaknya nih tol jalan bandung arah jakarta agak menurun ya, jadi pada ngetes top speed disitu lebih cepat tercapai.
sebenarnya jalan menurun itu akan membantu kendaraan melampaui top speed kendaraan yang sebenarnya. truly.........karena jalan menurun otomatis beban mobil akan lebih terbantu untuk terdorong.
kebalikannya dgn jalan naik, bisa empot2an mobil untuk akserelasi. coba deh tol gate jagorawi terakhir (jakarta arah puncak) yang pas setelah bayar kira2 berapa km lagi udah pintu keluar pas ada lampu merah nanjak. Nah dari situ setelah bayar tol, coba deh tarik deh boil kalian pake gigi 5, pasti naiknya susah banget, malah kalo mau cepet terpaksa narik pake gigi4. karena jalanan tol disitu agak naik, padahal kalo diliat dgn mata gak terlalu kentara derajad kemiringannya.
Saya sih belum cobain tol cipularang arah jakarta, jadi gak berani komentar banyak. Tapi yang jelas kalo jalanan menurun akan mempengaruhi mobil untuk berakserelasi lebih cepat , bahkan melampaui top speed yang sebenarnya.
Contoh lagi yang gampang, saya sering lewatin jembatan simprug arah jalan panjang. Nah kalo pas turun jembatan simprug ini, motor legenda gua bisa sampe mentok 120km/h (speedometer di motor maksimal cuma 120km/h).he.h.e.he.h.e.he....gilakan, ini sih sering banget soalnya disitu paling enak sih buat ngebut pas turun jembatan simprug sampe lampu merah itc permata hijau.
Padahal top speed motor legenda sebenarnya cuma 100-105km/h.
Nah dulu saya bawa honda GL-Pro baru waktu tahun 1990, di jalanan kemayoran (jakarta fair) GL pro gua gak bisa lewatin 120km/h, gua heran waktu itu.padahal gua udah nunduk habis... dan seharusnya top speed gl pro 135-140km/h bisa diraih dgn cepat.
Gua penasaran, gua puter balik arah sebaliknya lagi ...hahahaha..a....bisa 145-146km/h....tahu gak kenapa....?
KARENA DIBANTU DGN ANGIN.......
Kejadian ini sering terulang karena waktu jamannya tahun 1990 saya sering lewat daerah situ.
Dan yang tadinya cuma 120km/h itu karena motor GL PRO saya ngelawan angin.....
Jadi faktor jalan dan angin akan sangat mempengaruhi topspeed yang sebenarnya....percaya deh, boleh cobain kalo penasaran.....hikshiskhikss.....
kalo berisik sih lumrah lah untuk sekelas vios, kalo mobil sekelas dia juga saya yakin berisik. malah ada yang lebih berisik lagi kok daripada vios.
kalo mau yang gak berisik maybach...hikshikshisks....s.ss
seperti biasalah kalo makin murah bunyinya makin cring cring....
tapi kalo makin mahal...nyaring tak terdengar......zz..zz.z.z.zzz.... hkshikshisksss
saya belum pernah nih e bandung pake cipularang, mungkin minggu depan kali ada urusan pulang hari baru cobain. Kayaknya nih tol jalan bandung arah jakarta agak menurun ya, jadi pada ngetes top speed disitu lebih cepat tercapai.
sebenarnya jalan menurun itu akan membantu kendaraan melampaui top speed kendaraan yang sebenarnya. truly.........karena jalan menurun otomatis beban mobil akan lebih terbantu untuk terdorong.
kebalikannya dgn jalan naik, bisa empot2an mobil untuk akserelasi. coba deh tol gate jagorawi terakhir (jakarta arah puncak) yang pas setelah bayar kira2 berapa km lagi udah pintu keluar pas ada lampu merah nanjak. Nah dari situ setelah bayar tol, coba deh tarik deh boil kalian pake gigi 5, pasti naiknya susah banget, malah kalo mau cepet terpaksa narik pake gigi4. karena jalanan tol disitu agak naik, padahal kalo diliat dgn mata gak terlalu kentara derajad kemiringannya.
Saya sih belum cobain tol cipularang arah jakarta, jadi gak berani komentar banyak. Tapi yang jelas kalo jalanan menurun akan mempengaruhi mobil untuk berakserelasi lebih cepat , bahkan melampaui top speed yang sebenarnya.
Contoh lagi yang gampang, saya sering lewatin jembatan simprug arah jalan panjang. Nah kalo pas turun jembatan simprug ini, motor legenda gua bisa sampe mentok 120km/h (speedometer di motor maksimal cuma 120km/h).he.h.e.he.h.e.he....gilakan, ini sih sering banget soalnya disitu paling enak sih buat ngebut pas turun jembatan simprug sampe lampu merah itc permata hijau.
Padahal top speed motor legenda sebenarnya cuma 100-105km/h.
Nah dulu saya bawa honda GL-Pro baru waktu tahun 1990, di jalanan kemayoran (jakarta fair) GL pro gua gak bisa lewatin 120km/h, gua heran waktu itu.padahal gua udah nunduk habis... dan seharusnya top speed gl pro 135-140km/h bisa diraih dgn cepat.
Gua penasaran, gua puter balik arah sebaliknya lagi ...hahahaha..a....bisa 145-146km/h....tahu gak kenapa....?
KARENA DIBANTU DGN ANGIN.......
Kejadian ini sering terulang karena waktu jamannya tahun 1990 saya sering lewat daerah situ.
Dan yang tadinya cuma 120km/h itu karena motor GL PRO saya ngelawan angin.....
Jadi faktor jalan dan angin akan sangat mempengaruhi topspeed yang sebenarnya....percaya deh, boleh cobain kalo penasaran.....hikshiskhikss.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
thanx pengalamannya pak handling... Kalo urusan angin saya gak tau...kayanya gak pernah ngerasa langsung...kalo naek mobil kan kurang ketauan..
Tapi saya setuju banget sama jalanan turun yang bisa bikin mobil nyampe top speed yang ada di speedometer itu... Malah bisa bikin saya was-was ama rem...walaupun udah pake abs+ebd entah napa masih was-was aja kalo jalanan turun.. kaya naek halilintar yang di dufan... perasaan kaya ada yang ngatur tu mobil dari luar gitu...

Tapi saya setuju banget sama jalanan turun yang bisa bikin mobil nyampe top speed yang ada di speedometer itu... Malah bisa bikin saya was-was ama rem...walaupun udah pake abs+ebd entah napa masih was-was aja kalo jalanan turun.. kaya naek halilintar yang di dufan... perasaan kaya ada yang ngatur tu mobil dari luar gitu...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@ Pak Datsu....hikshikssss kalo pake mobil memang gak bisa ngerasain ngelawan angin atau searah dgn angin. kalo pake motor baru bisa ngerasain....hikhikssshiksss..s..ss
jalan tol sih kalo jalanan turun gak terlalu curam, dan turunnya landai, jadi kita sendiri bisa gak sadar bahwa jalan itu menurun. Kalo tol nya sepi kita bisa lihat memandang dgn jauh keliatan bahwa jalannya agak menurun. Tapi kalo terhalang dgn mobil lain ya susah ngeliat kondisi jalannya.
Ih kalo ngerem pas jalanan menurun sih agak susah berhentinya. kalo abs itu cuma membantu rodatidak terkunci, tapi resikonya jarak pengereman jadi agak panjang. jadi mesti was2 walaupun remnyaudah abs ebd, yg pake kontrol traksi aja kadang masih bisa dodol kok...hikshiksssshikssss
Jadi ngeri nih kalo mau ngebut....hikshikssshikss.....
jalan tol sih kalo jalanan turun gak terlalu curam, dan turunnya landai, jadi kita sendiri bisa gak sadar bahwa jalan itu menurun. Kalo tol nya sepi kita bisa lihat memandang dgn jauh keliatan bahwa jalannya agak menurun. Tapi kalo terhalang dgn mobil lain ya susah ngeliat kondisi jalannya.
Ih kalo ngerem pas jalanan menurun sih agak susah berhentinya. kalo abs itu cuma membantu rodatidak terkunci, tapi resikonya jarak pengereman jadi agak panjang. jadi mesti was2 walaupun remnyaudah abs ebd, yg pake kontrol traksi aja kadang masih bisa dodol kok...hikshiksssshikssss
Jadi ngeri nih kalo mau ngebut....hikshikssshikss.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
saya punya pengalaman baru nih..
baru kemaren pulang dari cirebon ke jakarta lewat pantura.. Jalannya itu lho.. yang cirebon-jatibarang... Sering mulus..eh tiba2 ada lubang didepan..gak tanggung2...lobangnya sering dan banyak...dan diantara beberapa lubang yang jaraknya jauh jalannya mulus sekali... sering banget saya rem mendadak krn lagi kenceng tiba2 ketemu lubang atau aspal jalan yang hancur dan mirip kaya ombak... dan akhirnya juga..saya sempet ngerasain yang namanya ABS+EBD kerja... pas ngerem mendadak di speed 80km/jam, jarak dengan lubang gak terlalu jauh tapi saya bisa berhentiin total tu vios ampe 0km/jam sebelum masuk lubang...dan saya gak ngalamin yang namanya selip ataupun kekunci stirnya..malahan jadi ringan...
baru kemaren pulang dari cirebon ke jakarta lewat pantura.. Jalannya itu lho.. yang cirebon-jatibarang... Sering mulus..eh tiba2 ada lubang didepan..gak tanggung2...lobangnya sering dan banyak...dan diantara beberapa lubang yang jaraknya jauh jalannya mulus sekali... sering banget saya rem mendadak krn lagi kenceng tiba2 ketemu lubang atau aspal jalan yang hancur dan mirip kaya ombak... dan akhirnya juga..saya sempet ngerasain yang namanya ABS+EBD kerja... pas ngerem mendadak di speed 80km/jam, jarak dengan lubang gak terlalu jauh tapi saya bisa berhentiin total tu vios ampe 0km/jam sebelum masuk lubang...dan saya gak ngalamin yang namanya selip ataupun kekunci stirnya..malahan jadi ringan...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..
Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang...
Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
kalo mau angkutt banyak2 jangan malu2 pinjem inova ama bos mpoezz. masih baru lagi....datsu wrote:Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..
Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang...
kalo sedan sih memang gitulah kalo muat banyak.
tapi sy merasa per soluna lbh enak drpd vios. soalnya sy ngerasain naik taxi duduk dibelakang.. ini sih pendpat saya aja. gak tahu deh ybg lain.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
APA???????!!!!handling wrote:kalo mau angkutt banyak2 jangan malu2 pinjem inova ama bos mpoezz. masih baru lagi....datsu wrote:Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..
Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang...
kalo sedan sih memang gitulah kalo muat banyak.
tapi sy merasa per soluna lbh enak drpd vios. soalnya sy ngerasain naik taxi duduk dibelakang.. ini sih pendpat saya aja. gak tahu deh ybg lain.
Saya sama papa saya pernah naik taksi di tol dalam kota (Jakarta), tuh taksi di gas sekencangnya sama supirnya, kayanya sih sekitar 120km/h-140km/h deh....... saya sama papa saya duduk di jok belakang. TAPI RASANYA...............................WUUUUIIIIHHHHHHHHH MINTA AMPUN SAYA....
Papa saya aja sampai bingung, ini taksi jalan berapa km/h, tapi pas liat speedometer, papa saya langsung tambah bingung masa speed 130an km/h aja udah ga enak gitu.......goyang kanan-kiri ngalahin jet coaster aja.............maklum biasanya kalo papa saya nyetir 140km/h masih ga kerasa (menurut saya dan papa saya)...
Lagian ban Soluna kan kecil, jadinya ngeri juga.....
Naik taksi Soluna di speed 130an km/h? Mungkin rasanya kaya Sylvester Stallone naik taksinya Samy Naceri di film TAXI 3... hehehe...........
Pendapat saya, mungkin duduk di depan lebih enak... atau taksi Soluna jangan digeber diatas 120km/h
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Ya makanya saya bingung kok pak handling bilang duduk di belakang taksi Soluna katanya enak. . . Ya, tapi nyaman ato ga kan relatif...mpoezz wrote:kalo taxi sih biasanya ngak sebagus yang bukan taxi pak wp biar pun produk nya sama.untuk menekan cost jadi deh banyak yang di kurangin dan di turun kan kwalitas nya
Kalo saya biasanya pakai mobil lain speed segitu masih ga kerasa kayak naik Jet Coaster...... dibanding sedan Toyota lain. . .
Dulu pernah pakai Great Corolla teman, duduk di belakang dibawa ngebut di tol juga masih enak meskipun tetap terasa goyangannya (tapi ga separah Soluna taksi)
Kalo buat Corona Absolute speed segitu belum ada apa2nya....
Mungkin kalo di Crown ato Century lebih ga kerasa lagi kali ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
yg saya bandingkan sih soluna dgn vios ya. kok saya ngerasa vios kok lebih ajrut2an ya dibandingkan dgn soluna.WP wrote:Ya makanya saya bingung kok pak handling bilang duduk di belakang taksi Soluna katanya enak. . . Ya, tapi nyaman ato ga kan relatif...
apa cuma feeling gua ya, gak tahu karena pengaruh back seat soluna lebih enak dan lapang.
kalo utk kecepatan tinggi sih saya gak tahu dgn taxi soluna apa enak gak duduk di belakang.
kalo duduk depan saya gak tahu rasanya kayak apa.hikshikss.s..
