Honda Jazz atau Toyota Vios

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

rata2 engine cut ada di semua mobil kan pak.mencegah supaya mobil di bawa over rev
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

5200 itu kan masih jauh dr redline. kalo mau akselerasi mendadak sebentar doang udah kudu mesti ganti gigii dong. appalagi utk gigi 1.sayang jadinya.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

yah mungkin biar semua ngak bisa ngebut lagi.lagian kan langsung di pacu ato di tahan di 5200 bbm nya langsung boros.wah gimana nih katanya pengen irit kakakakakakaka
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

for Mr. WP: kata orang TAM dan auto2000 limo gak vvt-i...so i guess it is not 1NZ-FE.. maybe speknya sama dengan 1NZ-FE tapi kodenya sepertinya bukan itu..

for all: masa sih sampe 5200?? Gw belum pernah nyoba sih... tapi emang 180 di vios itu belum lewat 5000...santai banget...apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

datsu wrote:.apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
Mematikan ac pada kecepatan konstan berapapun tdk akan menurunkan rpm pak datsu, tetapi bisa jadi malah menaikkan (tetapi bisa juga konstan seperti sebelum mematikan ac) rpm karena beban mesin berkurang. dgn naiknya rpm sudah tentu kecepatan bertambah.

mungkin anda berpikir karena mematikan ac pada saat kondisi mobil diam ditempat (tanpa digas) akan menurunkan rpm, kalo untuk kondisi yang ini rpmnya harus turun. kalo rpmnya naik atau tetap, bisa jadi setelan idle up nya tidak tepat atau rusak.
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

datsu wrote:for Mr. WP: kata orang TAM dan auto2000 limo gak vvt-i...so i guess it is not 1NZ-FE.. maybe speknya sama dengan 1NZ-FE tapi kodenya sepertinya bukan itu..

for all: masa sih sampe 5200?? Gw belum pernah nyoba sih... tapi emang 180 di vios itu belum lewat 5000...santai banget...apalagi kalo ACnya mati.. bisa lebih rendah lagi RPM-nya...
Mungkin kalo sama2 1500cc tetap 1NZ-FE tapi tanpa VVTi.. Atau munkin kalo 1300cc sama kaya ist 1.3 tapi tanpa VVTi..........
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

handling wrote: Mematikan ac pada kecepatan konstan berapapun tdk akan menurunkan rpm pak datsu, tetapi bisa jadi malah menaikkan (tetapi bisa juga konstan seperti sebelum mematikan ac) rpm karena beban mesin berkurang. dgn naiknya rpm sudah tentu kecepatan bertambah.

mungkin anda berpikir karena mematikan ac pada saat kondisi mobil diam ditempat (tanpa digas) akan menurunkan rpm, kalo untuk kondisi yang ini rpmnya harus turun. kalo rpmnya naik atau tetap, bisa jadi setelan idle up nya tidak tepat atau rusak.
Sori..sori...yang itu saya tau pak handling... I aware of that..bahasa saya sebelumnya salah..thanx.. Maksut saya, Untuk meraih kecepatan +-180km/jam, Pada saat AC hidup saja hanya butuh kurang dari 5000rpm pada gigi 5. Dan untuk mencapai kecepatan itu ketika AC mati, perputaran mesin jauh lebih tenang, saya lupa ngeliat rpm waktu itu tapi yang jelas raungan mesin jauh lebih tenang.
mungkin biar semua tau, walaupun mobil saya udah dikasi sound protectionnya ziebart, entah kenapa raungan mesin vios itu gede banget untuk rpm diatas 4000, malah kalo mendekati 5000 udah kaya stereo system 5.1 yang volumenya diset maksimal.. :) Bunyinya halus sih...tapi keras...makanya waktu saya denger suara mesinnya lebih halus dari keadaan biasa kalo pake AC, saya pikir rpmnya gak sebesar itu..jadi bisa ngembangin kecepatan lagi lebih tinggi...tapi mau bawa sampe 190 itu ngeri banget...jadi gak mau nyoba lagi...makanya saya lebih sering jalan pake AC...jadi kalo udah 180 biasanya berat kalo mau lebih cepet lagi..masih bisa lebih cepet..tapi berat... Jadi itu secara gak langsung jadi speed limiter saya...why?? Kalo yang pernah make tol Cipularang arah jakarta pasti tau... Mobil jalan 190 gak kerasa berat di mesin waktu gak pake AC itu...gila...pikir saya sampe 200 juga sanggup ni mobi...tapi saya gak berani... 180 udah bikin sport jantung...kalo 200 bisa mati mendadak saya.. :D
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

No problem pak datsu.....sante aja...

kalo berisik sih lumrah lah untuk sekelas vios, kalo mobil sekelas dia juga saya yakin berisik. malah ada yang lebih berisik lagi kok daripada vios.
kalo mau yang gak berisik maybach...hikshikshisks....s.ss
seperti biasalah kalo makin murah bunyinya makin cring cring....
tapi kalo makin mahal...nyaring tak terdengar......zz..zz.z.z.zzz.... hkshikshisksss

saya belum pernah nih e bandung pake cipularang, mungkin minggu depan kali ada urusan pulang hari baru cobain. Kayaknya nih tol jalan bandung arah jakarta agak menurun ya, jadi pada ngetes top speed disitu lebih cepat tercapai.

sebenarnya jalan menurun itu akan membantu kendaraan melampaui top speed kendaraan yang sebenarnya. truly.........karena jalan menurun otomatis beban mobil akan lebih terbantu untuk terdorong.
kebalikannya dgn jalan naik, bisa empot2an mobil untuk akserelasi. coba deh tol gate jagorawi terakhir (jakarta arah puncak) yang pas setelah bayar kira2 berapa km lagi udah pintu keluar pas ada lampu merah nanjak. Nah dari situ setelah bayar tol, coba deh tarik deh boil kalian pake gigi 5, pasti naiknya susah banget, malah kalo mau cepet terpaksa narik pake gigi4. karena jalanan tol disitu agak naik, padahal kalo diliat dgn mata gak terlalu kentara derajad kemiringannya.

Saya sih belum cobain tol cipularang arah jakarta, jadi gak berani komentar banyak. Tapi yang jelas kalo jalanan menurun akan mempengaruhi mobil untuk berakserelasi lebih cepat , bahkan melampaui top speed yang sebenarnya.

Contoh lagi yang gampang, saya sering lewatin jembatan simprug arah jalan panjang. Nah kalo pas turun jembatan simprug ini, motor legenda gua bisa sampe mentok 120km/h (speedometer di motor maksimal cuma 120km/h).he.h.e.he.h.e.he....gilakan, ini sih sering banget soalnya disitu paling enak sih buat ngebut pas turun jembatan simprug sampe lampu merah itc permata hijau.
Padahal top speed motor legenda sebenarnya cuma 100-105km/h.

Nah dulu saya bawa honda GL-Pro baru waktu tahun 1990, di jalanan kemayoran (jakarta fair) GL pro gua gak bisa lewatin 120km/h, gua heran waktu itu.padahal gua udah nunduk habis... dan seharusnya top speed gl pro 135-140km/h bisa diraih dgn cepat.
Gua penasaran, gua puter balik arah sebaliknya lagi ...hahahaha..a....bisa 145-146km/h....tahu gak kenapa....?
KARENA DIBANTU DGN ANGIN.......
Kejadian ini sering terulang karena waktu jamannya tahun 1990 saya sering lewat daerah situ.
Dan yang tadinya cuma 120km/h itu karena motor GL PRO saya ngelawan angin.....

Jadi faktor jalan dan angin akan sangat mempengaruhi topspeed yang sebenarnya....percaya deh, boleh cobain kalo penasaran.....hikshiskhikss.....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ati ati kalo ngebut di jalan menurun tkut nya rem nya ngak kuat kepanasan langsung blong.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ok bos mpoezz, ntar tak pasang abs deh...hikshikssss...
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

sekalian paracute pak kakakaka eh parasut pak handling kayak pesawat tempur juga kalo kecepatan ngak bisa ngerem tinggal buka parasut nya kakakakaka
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Jangan lupa beli asuransi jiwa bila perlu yg premium punya hehehe.... :mrgreen:
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

thanx pengalamannya pak handling... Kalo urusan angin saya gak tau...kayanya gak pernah ngerasa langsung...kalo naek mobil kan kurang ketauan.. :D

Tapi saya setuju banget sama jalanan turun yang bisa bikin mobil nyampe top speed yang ada di speedometer itu... Malah bisa bikin saya was-was ama rem...walaupun udah pake abs+ebd entah napa masih was-was aja kalo jalanan turun.. kaya naek halilintar yang di dufan... perasaan kaya ada yang ngatur tu mobil dari luar gitu... :)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@ Pak Mpoezz & Pak Herry, wah tambah komporin nih. hikshiksssss, sy kalo lagi nggebut liat sikon kok. kalo sepi baru berani, dan sy gak suka ikut acara ngetrack kok, wong motor and mobil ogut full standar semua. dan sy gak suka modif...hikhikshikssss ......
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@ Pak Datsu....hikshikssss kalo pake mobil memang gak bisa ngerasain ngelawan angin atau searah dgn angin. kalo pake motor baru bisa ngerasain....hikhikssshiksss..s..ss

jalan tol sih kalo jalanan turun gak terlalu curam, dan turunnya landai, jadi kita sendiri bisa gak sadar bahwa jalan itu menurun. Kalo tol nya sepi kita bisa lihat memandang dgn jauh keliatan bahwa jalannya agak menurun. Tapi kalo terhalang dgn mobil lain ya susah ngeliat kondisi jalannya.

Ih kalo ngerem pas jalanan menurun sih agak susah berhentinya. kalo abs itu cuma membantu rodatidak terkunci, tapi resikonya jarak pengereman jadi agak panjang. jadi mesti was2 walaupun remnyaudah abs ebd, yg pake kontrol traksi aja kadang masih bisa dodol kok...hikshiksssshikssss

Jadi ngeri nih kalo mau ngebut....hikshikssshikss.....
Image
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

saya punya pengalaman baru nih..

baru kemaren pulang dari cirebon ke jakarta lewat pantura.. Jalannya itu lho.. yang cirebon-jatibarang... Sering mulus..eh tiba2 ada lubang didepan..gak tanggung2...lobangnya sering dan banyak...dan diantara beberapa lubang yang jaraknya jauh jalannya mulus sekali... sering banget saya rem mendadak krn lagi kenceng tiba2 ketemu lubang atau aspal jalan yang hancur dan mirip kaya ombak... dan akhirnya juga..saya sempet ngerasain yang namanya ABS+EBD kerja... pas ngerem mendadak di speed 80km/jam, jarak dengan lubang gak terlalu jauh tapi saya bisa berhentiin total tu vios ampe 0km/jam sebelum masuk lubang...dan saya gak ngalamin yang namanya selip ataupun kekunci stirnya..malahan jadi ringan... :D
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

WOW pengalaman yang menarik tentang abs nih! Memangnya lubangnya terlalu besar ya? Kok sampe harus berhentiin total?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..

Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang... :cry:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

rasanya semua mobil sedan toyota dari great corrola kalo di isi orang banyak langsung turun tenggelam kakakakkaa.persis kayak mobil sport.

mungkin udah strategy nya kalo mau bawa orang banyak pilih lah toyota KIJANG kakakakak
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

datsu wrote:Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..

Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang... :cry:
kalo mau angkutt banyak2 jangan malu2 pinjem inova ama bos mpoezz. masih baru lagi....
kalo sedan sih memang gitulah kalo muat banyak.
tapi sy merasa per soluna lbh enak drpd vios. soalnya sy ngerasain naik taxi duduk dibelakang.. ini sih pendpat saya aja. gak tahu deh ybg lain.
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

handling wrote:
datsu wrote:Cukup besar sih lobangnya... dengan isi mobil itu 5 orang tambah bagasi yang penuh, lewat pelan2 aja chassisnya masih kena... Saya gak bisa ngebayangin kalo gak ngeliat tu lobang...bisa patah kali as roda mobil tu..

Trus juga mau ngasih tau aja.. buat yang seneng bawa orang banyak (walaupun cuman 5) jangan pilih vios, sumpah, kalo diisi full jadi ceper abis...ringan sih setirnya, bawaannya pengen negbut mulu..tapi ketemu jalan gak rata dikit..JEGER!! Goret deh chassisnya ma jalan... Vios saya itu kalo diangkat pake hidrolik di bawah chassis keliatan kalo lapisan anti karatnya udah abis krn sering 'nabrak' jalan... Sedih deh, kalo pas tu mobil harus diisi banyak orang... :cry:
kalo mau angkutt banyak2 jangan malu2 pinjem inova ama bos mpoezz. masih baru lagi....
kalo sedan sih memang gitulah kalo muat banyak.
tapi sy merasa per soluna lbh enak drpd vios. soalnya sy ngerasain naik taxi duduk dibelakang.. ini sih pendpat saya aja. gak tahu deh ybg lain.
APA???????!!!!
Saya sama papa saya pernah naik taksi di tol dalam kota (Jakarta), tuh taksi di gas sekencangnya sama supirnya, kayanya sih sekitar 120km/h-140km/h deh....... saya sama papa saya duduk di jok belakang. TAPI RASANYA...............................WUUUUIIIIHHHHHHHHH MINTA AMPUN SAYA....

Papa saya aja sampai bingung, ini taksi jalan berapa km/h, tapi pas liat speedometer, papa saya langsung tambah bingung masa speed 130an km/h aja udah ga enak gitu.......goyang kanan-kiri ngalahin jet coaster aja.............maklum biasanya kalo papa saya nyetir 140km/h masih ga kerasa (menurut saya dan papa saya)...

Lagian ban Soluna kan kecil, jadinya ngeri juga.....
Naik taksi Soluna di speed 130an km/h? Mungkin rasanya kaya Sylvester Stallone naik taksinya Samy Naceri di film TAXI 3... hehehe...........

Pendapat saya, mungkin duduk di depan lebih enak... atau taksi Soluna jangan digeber diatas 120km/h
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo taxi sih biasanya ngak sebagus yang bukan taxi pak wp biar pun produk nya sama.untuk menekan cost jadi deh banyak yang di kurangin dan di turun kan kwalitas nya
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

mpoezz wrote:kalo taxi sih biasanya ngak sebagus yang bukan taxi pak wp biar pun produk nya sama.untuk menekan cost jadi deh banyak yang di kurangin dan di turun kan kwalitas nya
Ya makanya saya bingung kok pak handling bilang duduk di belakang taksi Soluna katanya enak. . . Ya, tapi nyaman ato ga kan relatif...

Kalo saya biasanya pakai mobil lain speed segitu masih ga kerasa kayak naik Jet Coaster...... dibanding sedan Toyota lain. . .

Dulu pernah pakai Great Corolla teman, duduk di belakang dibawa ngebut di tol juga masih enak meskipun tetap terasa goyangannya (tapi ga separah Soluna taksi)

Kalo buat Corona Absolute speed segitu belum ada apa2nya....

Mungkin kalo di Crown ato Century lebih ga kerasa lagi kali ya?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ato bisa juga kebetulan pak handling masih dapet taxi gres ato udah ganti sok beker.

eh pas pak wp naik ketemu mobil yang sok nya udah ngak main lagi/mati jadi nya pas dibawa ngebut pantat nya goyang inul.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote:Ya makanya saya bingung kok pak handling bilang duduk di belakang taksi Soluna katanya enak. . . Ya, tapi nyaman ato ga kan relatif...
yg saya bandingkan sih soluna dgn vios ya. kok saya ngerasa vios kok lebih ajrut2an ya dibandingkan dgn soluna.
apa cuma feeling gua ya, gak tahu karena pengaruh back seat soluna lebih enak dan lapang.
kalo utk kecepatan tinggi sih saya gak tahu dgn taxi soluna apa enak gak duduk di belakang.

kalo duduk depan saya gak tahu rasanya kayak apa.hikshikss.s..
Image