walid_007 wrote:-
saya juga masih bertanya tanya fleet perusahan kenapa banyak yg rental saja,, kenapa gak beli,padahal kan p.t banyak duid,?
Karena kl beli ribet luar biasa om, apalagi kl fleetnya jumlahnya ribuan seperti hm sampoerna sby.
Kl beli, maka harus sedia:
- mekanik intern utk handle perawatan dan perbaikan
- alokasi space buat bengkel intern
- stock inventory buat spare parts
- tools
- more human resources buat mengurus semua poin2 di atas.
Hal di atas bs dihindarin dgn menggandeng bengkel rekanan. Timbul masalah baru, byk biaya siluman gara2 sopir kantor kongkalicrot ama bengkel utk markup biaya demi keuntungan mreka.
Belum lg waktu yg terbuang kl mobil sedang mangkrak diperbaikin, bisa2 ada orderan dr klien yg tertunda (misalnya) dll dsb, yg ujung2nya dr hal2 di atas akan lebih ribet lg ngitung total cost, kl mobil dibeli sndiri.
Blum lagi mo urus surat2 puluhan/ratusan/ribuan mobil, blum biaya2 siluman, plus (lagi2) more human resources.
Mending sewa.
Rusak? Ngadat? Kurang beres? Telepon vendor, balikin, ganti unit.
Surat mo expired? Vendor yg ribet ngurusin.
Ganti oli dll? Bawa ke workshopnya vendor.
Tabrakan? Balikin, vendor yg urus.
Setidaknya itu yg dialamin adik ane yg mobdinnya adalah rentalan dr TRAC prapen sby, dan di TRAC itu pulalah hm sampoerna menyewa ribuan unit buat fleet mereka. 75 persen idup TRAC prapen dr sampoerna. Workshop TRAC prapen didominasi mobil hm sampoerna, otomatis.
Semua post biaya akan jauh lebih terhitung.