Untuk Honda Odyssey RB1/2 tahun keluaran 2003 (akhir) sampai 2007 (pertengahan-akhir), berikut data-data yg bisa dijadikan pegangan menurut situs resmi honda (http://www.honda.co.jp) bisa juga check wikipedia utk referensi :axala wrote:Takut ama CVTnya RB1....gajadi beli deh
Chassis : RB1 (2WD) & RB2 (4WD) --> RB2 kelihatannya belum ada yg import ke indonesia
Mesin : K24 series (2400cc DOHC i-VTEC)
-> K24A1 = 160PS @6000 rpm (redline 6500 rpm) kompresi 9.6:1 (mirip sama mesin K24 awal di CRV RD, accord CM), mostly bisa minum premium

-> K24A2 = 200PS @6800 rpm (redline 7000 rpm) kompresi 10.5:1 (disarankan premium gasoline, walaupun disini bnyk dikasih minum selang kuning juga

Transmisi : CVT & 5-speed A/T
Trim :
Untuk model awal sebelum minor change (~MMC) dgn ciri khas bumper depan 1-airdam, gril depan banyak bilah, spion menempel di lis kaca, lampu belakang segitiga kombinasi merah-putih non-LED
Type M (Basic)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A1 (160PS)
- Transmisi CVT
- Interior 2-warna 2-tone hitam-krem & abu2
- Trim jok fabric/non-kulit (kecuali sama pemiliknya dibungkus leather sendiri)
- setir palang-4
- warna wood panel agak gelap
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" steel & cap (dop)
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi manual
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type cukup banyak dimasukin ke Indonesia, ke-2 terbanyak setelah Absolute, mostly warna silver (hitam beberapa), ciri khas dari luar yaitu masih pakai Dop..
Type L (Luxury/mewah)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A1 (160PS)
- Transmisi CVT
- Interior biasanya 2-tone (versi jdm ada yg single tone)
- Trim jok biasanya kulit (versi jdm ada yg warna "blue jeans", kelihatannya belum ada yg masukin kesini)
- setir palang-4
- warna wood panel normal agak muda
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" alloy motif palang 5 akar (seperti yg versi ATPM) polished
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi electric pakai tombol (salah satu unit2 awal type-L ada fitur ini)
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-L ini jarang dimasukan ke Indonesia, karena lebih kearah harga (di jepang lebih mahal dari Absolute), dan minus "pemanis" seperti bodykit & velg keren ala Absolute. Dari luar bisa dibedakan dgn velg Alloy seperti ATPM & interior kulit. Sekilas mirip dgn type ATPM tapi bedanya nggk ada lampu sein di fender depan..
Type Absolute (Sporty)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A2 (200PS)
- Transmisi 5-A/T
- Interior Single tone warna hitam
- Trim jok biasanya kombinasi : fabric di bagian alas + kulit di bagian sisi, door trim juga kombinasi. Tapi pernah ada versi full-leather warna hitam (tergantung option IU)
- setir palang-3
- warna wood panel black wood
- banyak ormanen hyper silver di setir
- pedal racing aluminium
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din (kalau beruntung ada yg full-option built in monitor)
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna merah (tapi sempat ditemukan ambient light warna biru, walaupun sangat jarang)
- velg 17" alloy motif palang 10 jari-jari warna gunmetal
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Kunci mobil ada yg model card-key (kartu), ada juga yg versi keyless seperti mobil2 saat ini..
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-Absolute yg paling banyak tersedia di pasar Indonesia. Selain karena harga lebih murah dari type-L, sudah dapat paket yg komplit seperti bodykit, velg racing, jok kulit (kombinasi).. Plus sporty-feel seperti interior hitam single-tone, mesin perkasa 200ps.. Kalau ada yg beruntung bisa dapat full-option seperti integrated-TV, jok full leather, meter panel warna biru, atau electric tail gate..
Type ATPM (spec Lokal/HPM) (Sporty)
- kode chassis ada RB1 (2WD)
- Mesin K24A1 (160PS) -> waktu itu sama dgn mesin K24 CRV RD & Accord CM
- Transmisi 5-A/T
- Ada lampu sein orange di fender depan
- Interior Single 2-tone warna hitam & krem
- Trim kulit warna krem
- setir palang-4
- warna wood panel normal agak muda
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit versi double-din (kalau nggk salah waktu itu merk JVC double-din non-monitor)
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" alloy motif palang 5 akar (seperti yg type-L IU) polished
- Biasanya sudah ada sunroof
- Kaca film non-private glass
- banyak warna-warna "aneh" seperti gold, biru tua, merah maroon.
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-ATPM versi resmi dari Odyssey RB1, keluar sekitar 2006 awal, sebenarnya adalah "gado-gado", sepertinya mengambil basic type-M (paling murah), tapi full option (jok kulit, velg alloy, sunroof). cara paling gampang lihat versi atpm lihat saja pada lampu sein orange di fender depan
Utk yg type setah MMC disambung di posting berikutnya
