Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iya mahal hargany heheheh... murahan yang warna kuning kemasan 1 liter yah...
ane pake yang kemasan 5 literan merk artis kira" bagus gak pak abis yang prestone cuma 3 liter harga 2 kali lipet dari merk artis
buatandi wrote:iya mahal hargany heheheh... murahan yang warna kuning kemasan 1 liter yah...
ane pake yang kemasan 5 literan merk artis kira" bagus gak pak abis yang prestone cuma 3 liter harga 2 kali lipet dari merk artis
hmmm..... sebetulnye sih relatif di........ tergantung mobilnye........ klo harga mobilnye diatas 1 m.......... yah murah......... tp klo mbl spt ane............. gimana yah................... ....
ga masalah di.............. wlp ane belon pernah pake merk tsb................ tp yah itu ane jadi belon bisa kasih komen.......... takut salah gitu....................... ....
so sebaiknya usahakan beli coolant yg konsentrasinya tinggi spt kemasan prestone yg 1 literan (radiator super coolant) spt yg dah ane pake lbh dr 15 th....................... trus dicampur ama air sesuai kebutuhannya (50 : 50 ).............. klo kemasan yg tinggal tuang........ ane ga mau, krn itung2 lbh mahal lohhh, wlp keliatannya lbh murah........... krn kite ga tau seberapa besar konsentrasi coolant di kemasan tsb..........(krn ga punya alatnya)...........
sebelon n sesudahnya ane mengucapkan banyak terima kasih neh di atas penjelasannya.....................................
rasa2nya ada yg salah deh, tp dimana yah......................... ......... (pura2 mikir)..........
DOHC wrote:kayanya bro sjamsiul kelewatan ama nigh tret, jadi ane bantu jawab aja deh... kalo pake coolant concentrate, nyampurnya paling bagus pake aquades, atau air suling... air pam takutnya mengandung terlalu banyak mineral dsb yg bikin kerak water jacket atau sirip2 dalem radiator...
bukan kelewat bro, tp td pagi internet ane ada gangguan, jadi belon bisa jawab......... baru saat ini ...........ane bisa jawab..........
ane setuju bro, klo bisa emang diusahakan pake aquades.......... lbh mantap gituuuu.......... tp klo ga ada ... yah air pam juga ga napa2 sih.... khan dah dipakein coolant..............
meneer sjam, apa aqua destilata itu sama dengan air aki yg botol biru itu kan?
oya, hari minggu kmrn waktu cek mobil dirumah, keliatan kalo selang radiator yg atas, bocor kira2 segeda lubang jarum
kalo air radiatornya lagi sirkulasi, kelihatan dia rembes halus, tapi kalo engga (suhu mesin stabil), dia engga rembes/bocor
saya cek tabung resorvoirnya pun, berkurangnya enggak signifikan. kira2 2-3 hari sekali nambah air sebanyak setengah gelas kalau pengin batas airnya balik ke garis F lagi di tabung itu.
gimana kira2 pertolongan daruratnya ya? bisa ga ditutul dikit pake lem besi (lem epoxy)? atau dilakban?
ditunggu sharingnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:meneer sjam, apa aqua destilata itu sama dengan air aki yg botol biru itu kan?
oya, hari minggu kmrn waktu cek mobil dirumah, keliatan kalo selang radiator yg atas, bocor kira2 segeda lubang jarum
kalo air radiatornya lagi sirkulasi, kelihatan dia rembes halus, tapi kalo engga (suhu mesin stabil), dia engga rembes/bocor
saya cek tabung resorvoirnya pun, berkurangnya enggak signifikan. kira2 2-3 hari sekali nambah air sebanyak setengah gelas kalau pengin batas airnya balik ke garis F lagi di tabung itu.
gimana kira2 pertolongan daruratnya ya? bisa ga ditutul dikit pake lem besi (lem epoxy)? atau dilakban?
ditunggu sharingnya
betul bro....... sama..........
klo menurut penjelasan nt, maka sebaiknya segera diganti selangnya......... krn makin lama bisa makin besar lohhh kebocorannya........ takutnya saat nt sedang sibuk2nya bekerja ato pas lagi ke luar kota, bisa berabe lohhhh...........
selain itu ane khawatir kebocoran bukan dari selangnya, tp dari metalnya yg dah karatan, trus jadi rembes............ so.. luangkan waktu deh buat ke bengkel...............
klo emang di selang, mk pertolongan daruratnya nt pakein lakban, tp bukan yg dari plastik yah, tp yg spt kain yg biasa dipake buat jilid buku bro (yg warna item)......... krn daya rekatnya relatip lbh kuat......... nah, sebelon nt pakein itu lakban, sebaiknya itu selang dibersihkan dulu pake sabun.... biar ga ada kotorannya, trus dikeringkan, spy lakban bisa menempel dg baik............ kmd lakban dililit agak banyak, jangan cuma satu lilitan ajah...........
smoga bermanfaat............. u r welcome..........
imsus2c wrote:meneer sjam, apa aqua destilata itu sama dengan air aki yg botol biru itu kan?
oya, hari minggu kmrn waktu cek mobil dirumah, keliatan kalo selang radiator yg atas, bocor kira2 segeda lubang jarum
kalo air radiatornya lagi sirkulasi, kelihatan dia rembes halus, tapi kalo engga (suhu mesin stabil), dia engga rembes/bocor
saya cek tabung resorvoirnya pun, berkurangnya enggak signifikan. kira2 2-3 hari sekali nambah air sebanyak setengah gelas kalau pengin batas airnya balik ke garis F lagi di tabung itu.
gimana kira2 pertolongan daruratnya ya? bisa ga ditutul dikit pake lem besi (lem epoxy)? atau dilakban?
ditunggu sharingnya
betul bro....... sama..........
klo menurut penjelasan nt, maka sebaiknya segera diganti selangnya......... krn makin lama bisa makin besar lohhh kebocorannya........ takutnya saat nt sedang sibuk2nya bekerja ato pas lagi ke luar kota, bisa berabe lohhhh...........
selain itu ane khawatir kebocoran bukan dari selangnya, tp dari metalnya yg dah karatan, trus jadi rembes............ so.. luangkan waktu deh buat ke bengkel...............
klo emang di selang, mk pertolongan daruratnya nt pakein lakban, tp bukan yg dari plastik yah, tp yg spt kain yg biasa dipake buat jilid buku bro (yg warna item)......... krn daya rekatnya relatip lbh kuat......... nah, sebelon nt pakein itu lakban, sebaiknya itu selang dibersihkan dulu pake sabun.... biar ga ada kotorannya, trus dikeringkan, spy lakban bisa menempel dg baik............ kmd lakban dililit agak banyak, jangan cuma satu lilitan ajah...........
smoga bermanfaat............. u r welcome..........
iya seh, paling aman dan tuntas tentunya ke bengkel...tapi apa daya, waktu dan saldo atm nya ga mo diajak kompromi
masalah kebocoran, saya sdh yakin 100% dari selang meneer...sudah saya teliti dan intip2, selangnya jg dah tak cuci seperti anjuran meneer diatas, emang ada kebocoran segede lubang jarum... saya sendiri heran, darimana dan gimana caranya kok bisa bocor kayak gitu...
ok deh, besok saya lakband dulu....lakband kain...kebetulan punya dirumah yang lebar 2,5cm itu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:meneer sjam, apa aqua destilata itu sama dengan air aki yg botol biru itu kan?
ditunggu sharingnya
betul bro....... sama..........
om sjam, confirm lagi, aqua destilata ini sama kan dengan air buangan AC? kalo iya, ane mau nampung air buangan AC nih. manjangin selang masukin ke jerigen..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
buatandi wrote:iya mahal hargany heheheh... murahan yang warna kuning kemasan 1 liter yah...
ane pake yang kemasan 5 literan merk artis kira" bagus gak pak abis yang prestone cuma 3 liter harga 2 kali lipet dari merk artis
hmmm..... sebetulnye sih relatif di........ tergantung mobilnye........ klo harga mobilnye diatas 1 m.......... yah murah......... tp klo mbl spt ane............. gimana yah................... ....
ga masalah di.............. wlp ane belon pernah pake merk tsb................ tp yah itu ane jadi belon bisa kasih komen.......... takut salah gitu....................... ....
so sebaiknya usahakan beli coolant yg konsentrasinya tinggi spt kemasan prestone yg 1 literan (radiator super coolant) spt yg dah ane pake lbh dr 15 th....................... trus dicampur ama air sesuai kebutuhannya (50 : 50 ).............. klo kemasan yg tinggal tuang........ ane ga mau, krn itung2 lbh mahal lohhh, wlp keliatannya lbh murah........... krn kite ga tau seberapa besar konsentrasi coolant di kemasan tsb..........(krn ga punya alatnya)...........
sebelon n sesudahnya ane mengucapkan banyak terima kasih neh di atas penjelasannya.....................................
rasa2nya ada yg salah deh, tp dimana yah......................... ......... (pura2 mikir)..........
wakkakak apa lagi mobil saya pak iya degh bis ini beli prestone yang kuning lalu pake aquadest..nah masalah ny musti ukur dulu 1 radiator brp liter hehehhe...okh ya pak sjam kalo pas biles gitu pake air pam gpp kan,,ap ada pengaruh lagi kalo masi ada air sisa
hmm, kalo mo hemat, bisa dicampur, air aquadestilata ato air AC, dicampur ma coolant, lumayan bisa mencegah karat, pendinginan juga masih cukup.
kalo kuras, pake air pam gpp, tapi bilasnya kalo bisa pake air aquadestilata, soalnya pam banyak garamnya.
kalo air mineral, malah gk dianjurkan, bagus buat tubuh, gak bagus buat radiator,
imsus2c wrote:meneer sjam, apa aqua destilata itu sama dengan air aki yg botol biru itu kan?
ditunggu sharingnya
betul bro....... sama..........
om sjam, confirm lagi, aqua destilata ini sama kan dengan air buangan AC? kalo iya, ane mau nampung air buangan AC nih. manjangin selang masukin ke jerigen..
boleh dibilang sama aja bro, cuma mesti diperhatikan, krn air ac itu bisa tercemar debu dll.......... jadi klo mo dipake, sebaiknya ditampung dulu di ember, trus diendapkan beberapa hari, nanti keliatan deh di bagian bawahnya suka ada kotoran ato endapan yg ane sendiri ga tau dari mana....................
ane pernah denger (tp lupa dimana)... katanya air ac kurang bagus buat radiator, krn air tsb dah melewati selang2 kuningan.......... tp terus terang ane ga tau seberapa ga bagusnya nih............ krn ane kadang2 suka pake juga n ga napa2 sih.............
aqua sigh ane ga brani pake bro, itu kan air mineral, takutnya ga beda ama air ledeng yg uda disaring.... dan lagi air destilasi jg ga mahal2 amat... kalo mo murah tinggal ke toko kimia beli sejerigen....
DOHC wrote:aqua sigh ane ga brani pake bro, itu kan air mineral, takutnya ga beda ama air ledeng yg uda disaring.... dan lagi air destilasi jg ga mahal2 amat... kalo mo murah tinggal ke toko kimia beli sejerigen....
hmmmm...... nampaknya air destilasi relatip lbh mahal dari harga air mineral bro..............., tp emang dianjurkan pake air destilasi, krn paling bagus buat kesehatan radiator........ klo air mineral sangat tidak dianjurkan, menurut salah seorang ahli radiator di merk coolant yg ane pake...........
DOHC wrote:aqua sigh ane ga brani pake bro, itu kan air mineral, takutnya ga beda ama air ledeng yg uda disaring.... dan lagi air destilasi jg ga mahal2 amat... kalo mo murah tinggal ke toko kimia beli sejerigen....
hmmmm...... nampaknya air destilasi relatip lbh mahal dari harga air mineral bro..............., tp emang dianjurkan pake air destilasi, krn paling bagus buat kesehatan radiator........ klo air mineral sangat tidak dianjurkan, menurut salah seorang ahli radiator di merk coolant yg ane pake...........
investasi setaon skali ga mahal lah bro... itung2 ngirit2 dikit gt... kalo bapak2 biasanya ngirit rokok, mahasiswa ngirit pergi nonton...
kalu mobilnya sehat sih ga masalah. atoz gw kalu diajak macet2an air radiatornya gampang berkurang. tauk deh kenapa, pdhl ga ada yg netes lho.. mau betulin, tapi males. sejak bengkel langganan gw ditongkrongin bossnya taripnya jadi mahall...
tapi kadang2 kalu nemu stok air accu biru, ga masukin juga sih. cuma yaitu tadi, kalu nemu... hehehe...
nugroho bagor wrote:Kemarin habis kuras radiator D4D di 20 ribu km,nAh sdh di tuang coolant sampai 5.5 liter kok belum full ya emang kapasitas radiator D4D berapa ya
nugroho bagor wrote:Kemarin habis kuras radiator D4D di 20 ribu km,nAh sdh di tuang coolant sampai 5.5 liter kok belum full ya emang kapasitas radiator D4D berapa ya
nugroho bagor wrote:Kemarin habis kuras radiator D4D di 20 ribu km,nAh sdh di tuang coolant sampai 5.5 liter kok belum full ya emang kapasitas radiator D4D berapa ya
Di buku manual nya ada ngga, om?
Setau saya kurleb 5 liter...
buku manual ya ntar saya lihat kalo 5 lebih om
Etapi kalo kapasitas total habis kuras ya memang jelas lebih dari 5,5 liter coolant om nug..maap, saya kurang teliti baca post om nug sebelumnya..
Kamsud saya, Buku pedoman pemilik. Kalo buku manual buat om nug koq kurang pas, kan D4D nya matik.......
Untuk info saja, apansa 1.3 saya dulu pas kuras radiator habisnya kurleb 6 liter coolant.. Apalagi D4D