kalau nggak salah baca, beliau pake 940 dan saat ini sudah dilipet.imsus2c wrote:Mantan mod yg lama ngga aktif & ngga online, pak Penyuturbo, seingat saya (dari baca2 tulisannya), juga pelihara volvo, tapi lupa seri berapa
Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
waah, mobil ane keluaran 2008, tapi masi sangat simple, turbo diesel 2500cc, gak pake ECU ECU an (apalagi MID MID an), full mekanikal 

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
marmut wrote:mungkin pendapat saya mengenai "mobil simple & sederhana" agak berbeda, menurut saya mobil yang beredar saat ini (mobil baru) masuk kategori simpel dan sederhana. karena (menurut saya) mobil jaman sekarang sudah tidak perlu lagi penyetelan ulang secara berkala seperti stel klep, stel celah platina, stel baut CO control dan stel baut idle pada karburator, dan setelan-setelan lainnya yang membuat pusing pemilik kendaraan.
nggak perlu sering ke bengkel, nggak perlu mekanik, hanya pergi ke dealer untuk pilih jenis dan warna kendaraan, bayar, isi bensin, jalan.... dan (again) menurut pendapat saya, mayoritas mobil jaman sekarang dibuat untuk memanjakan pemilik yang tidak mau pusing. jadi dibuatlah kendaraan dengan konsep "maintenance free" alias tinggal pakai.
pada saatnya nanti apabila mulai terjadi kendala atau ada kerusakan, biaya perbaikannya pun bikin si pemilik jadi malas untuk memperbaiki dan ujung-ujungnya menjual 1 unit dan back to dealer again buat memilih kendaraan yang baru, bayar, isi bensin, jalan... begitu seterusnya.
pilih, bayar, pakai, jual, tanpa ada biaya perawatan. simpel dan sederhana.
Yuup... simple dan sederhana disini dari sisi saya pribadi, dari sisi kesederhanaan teknologi yang digunakan, sehingga kalau ada apa apa, mudah dan cepat untuk pemulihannya kembali. Plus, kesederhanaannya itu, membuat harga suku cadangnya pun murah meriah dalam kondisi originale.
Memang, mobil jadul yang lebih banyak dan lebih sering dianalogikan sebagai mobil simpel dan sederhana, justru secara perawatan sehari hari banyak membutuhkan extra effort tangan secara manual. Misalnya, untuk servis aja, kudu bongkar karbu, bersiin karbu, bersiin busi, angkat kop silinder untuk setting klep 8-16 biji, bersiin platina, setting karbu.... But that's the point. Segala sesuatunya masih bisa diatasi dengan otot tangan manual. Tidak perlu bantuan alat elektronik yang belum tentu kita punya karena harganya muahal. Misalnya, sebuah mesin K milik Kijang, electronic tools yang kita butuhkan, paling kenceng juga hanya timing light dan avometer untuk accu. Lainnya? U name it. Screwdriver, kunci momen, feeler gauge..semacam itulah.
Itulah titik kesederhanaan yang saya pribadi suka.
Tapii, walaupun banyak melibatkan otot, mesin K nya Kijang, yang bikin rada repot hanya platina nya saja. Itupun, hanya habis 30 menit total hanya untuk mengganti platina yang habis. Stlh itu, kena bensin jorok, air filter lupa dibersiin, oli mesin kebablasan lupa ga diganti, nggada masalah yang berarti.
Just my two whiskas...
#eh..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
saya setuju dengan pernyataan ini.VanzMatic wrote:Segala sesuatunya masih bisa diatasi dengan otot tangan manual. Tidak perlu bantuan alat elektronik yang belum tentu kita punya karena harganya muahal. Misalnya, sebuah mesin K milik Kijang, electronic tools yang kita butuhkan, paling kenceng juga hanya timing light dan avometer untuk accu. Lainnya? U name it. Screwdriver, kunci momen, feeler gauge..semacam itulah.
Itulah titik kesederhanaan yang saya pribadi suka.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Sederhana sih, tapi jalan dengan berasap, kasar, boros, setel2 karbu yang static nggak bisa menyesuaikan kondisi jalan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
di jalanan nggak sedikit mobil yang sudah injeksi tapi dari ujung knalpotnya ngebul asap hitam..... dan sepengalaman saya nyetel karburator, hanya karburator timor, karburator merk SK tipe dcoe, dan karburator rusak yang sulit untuk disetel, sisanya cuma butuh 2-3 menit saja.ilhami wrote:Sederhana sih, tapi jalan dengan berasap, kasar, boros, setel2 karbu yang static nggak bisa menyesuaikan kondisi jalan.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Tidak sekali dua kali ane temui jam berangkat kerja, Kijang Grand di jalan pagi pagi jam 630, ujung knalpot nya masih keluar uap air dan tetesan air yg menetes wajar.
Salah satu tanda setelah karbu bagus itu (bagus belum tentu 100% tepat sih).
Setelan begitu, udah nggada lagi bau bensin mentah dari ujung belakang knalpot.
Salah satu tanda setelah karbu bagus itu (bagus belum tentu 100% tepat sih).
Setelan begitu, udah nggada lagi bau bensin mentah dari ujung belakang knalpot.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mesin toyota seri K, gampang nanganinnya. kalo tensioner timing chain bunyi dan belum punya duit buat beli yang baru, cukup diganjel dengan seal o-ring. kalo ngga punya duit juga buat beli seal o-ring, bisa pake karet gelang minta di warung sebelah.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Bukannya karbu double barrel itu katup barrel keduanya bekerja dgn sistem vakum yah, jadi dia adaptif juga, jika pedal gas diinjek dalam sementara RPM masih rendah / kevakuman rendah, maka katup barrel kedua belum membuka.ilhami wrote:Sederhana sih, tapi jalan dengan berasap, kasar, boros, setel2 karbu yang static nggak bisa menyesuaikan kondisi jalan.
Lalu di karburator ada "Power jet"....nah bisa di google apa itu fungsinya......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
wow,, main nya ama para super rich, ayo dishare dimari.. ttg tunggangan mereka..ChZ wrote:gak heran sih banyak orang kaya punya mobil alphard mercy dll di garasinya, kebanyakan masih mempercayai mobil rakyat buat operasional....
kebanyakan masih nyimpen kijang kapsul.... minimal avanza baru / innova baru lahsepengamatan nubie kalo bertandang ke rumah superkaya....
gak jarang jg mereka yg masih miara kijang tua gak tuker guling ke innova/avanza dengan alasan : belom rusak....

Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
ane rasa engine konvensional adalah engine yang paling ga enak dan rewel. walopun paling mudah dipahami
ane ambil contoh engine 5k (engine paling kelihatan di mata karena mobilnya ber bonet daripada pikup) dangan perbandingan engine avanza yang menganut EFi setidaknya
bayangkan saja di engine 5k anda mesti melakukan beberapa hal berikut :
1. setel karbu, yup setidaknya dalam 5 tahun ane jamin anda pasti pernah setel karbu, entah karena gas yang mberebet (kaya masuk angin) kekecilan ,kebesaran, dll dll.... sebenarnya karbu sendiri punya slow jet untuk idle, namun apa dikata mobil karbu berumur 1 bulan pun slow jetnya pasti penuh kotoran kec anda pake 92
2. setel platina... seawet apapun mobil anda pasti dalam 5 tahun ana jamin ente pasti pernah setel platina, beserta timing pengapian, belom lagi kalo perlu penggantian distributor termasik rotor didalamnya karena faktor aus, kalo ada yang bilang ini bisa dilakukan DIY, ane tantang orangnya untuk melakukannya tampa dweel tester+ timming light, klo multimeter bolehlah ane pinjemin
3. kerusakan yang pasti sering kena yaitu masalah di koil dan regulator, mungkin 10 tahun g ganti? bolehlah ente ga pernah ganti koiil
4. setel katup, yes berapa akurasi 0,20mm atau 0,30mm dari sebuah feller gauge? ane jawab 0
5. lebih sering mogok, yup kurang afdhol rasanya mobil konv ga sering mogok di pagi hari, atau benjir2 an
bandingkan dengan engine efi entahlah ente mo pake 1tr/ 3sz(ane ambil 3sz yang cc ny sama)
1.paling banter masuk beres? anda tau apa yang dilakukan beres? membersihkan ISC (idle speed control terletak di throttle body, sisanya? paling semprot filter udara
2.yup bener,,, ga ada lainnya, ga perlu setel kelep , timming pengapian udah fix dikontrol ecu,
well hapir ga ada pr untuk engine efi
3. sensor rusak? alhamdulilah 10 tahun lebih mesin 1rz ga pernah ada sensor yang rusak, ente tau kapan ane ganti busi? dari baru sampe skrang hanya 2x ganti dan 1 businya sudah menempuh>100k km ,untuk mesin baru? hmm ga ada tuh..... ga pernah sekalipun engine lamp manyala.....
4. pernah mogok? pernah., di ganti tuh aki, ane jamin 18-24bulan mobil ente gak pernah mogok, lebih ajib lagi innova, 5 tahun baru ganti aki,, well thanks to great alternator in innova.
dengan begini kita harus membuang jauh2 pikiran bahwa engine konvensional is reliable, hmm tidak ada 1 poin pun yang bisa membuat enjin konv menang diatas efi
jadi sudah saatnya kita mengapakan engine konv? mau dikasihkan ke stm? kasihan atu magangnya di astra tp taunya konv,,,
ane ambil contoh engine 5k (engine paling kelihatan di mata karena mobilnya ber bonet daripada pikup) dangan perbandingan engine avanza yang menganut EFi setidaknya
bayangkan saja di engine 5k anda mesti melakukan beberapa hal berikut :
1. setel karbu, yup setidaknya dalam 5 tahun ane jamin anda pasti pernah setel karbu, entah karena gas yang mberebet (kaya masuk angin) kekecilan ,kebesaran, dll dll.... sebenarnya karbu sendiri punya slow jet untuk idle, namun apa dikata mobil karbu berumur 1 bulan pun slow jetnya pasti penuh kotoran kec anda pake 92
2. setel platina... seawet apapun mobil anda pasti dalam 5 tahun ana jamin ente pasti pernah setel platina, beserta timing pengapian, belom lagi kalo perlu penggantian distributor termasik rotor didalamnya karena faktor aus, kalo ada yang bilang ini bisa dilakukan DIY, ane tantang orangnya untuk melakukannya tampa dweel tester+ timming light, klo multimeter bolehlah ane pinjemin
3. kerusakan yang pasti sering kena yaitu masalah di koil dan regulator, mungkin 10 tahun g ganti? bolehlah ente ga pernah ganti koiil
4. setel katup, yes berapa akurasi 0,20mm atau 0,30mm dari sebuah feller gauge? ane jawab 0
5. lebih sering mogok, yup kurang afdhol rasanya mobil konv ga sering mogok di pagi hari, atau benjir2 an
bandingkan dengan engine efi entahlah ente mo pake 1tr/ 3sz(ane ambil 3sz yang cc ny sama)
1.paling banter masuk beres? anda tau apa yang dilakukan beres? membersihkan ISC (idle speed control terletak di throttle body, sisanya? paling semprot filter udara
2.yup bener,,, ga ada lainnya, ga perlu setel kelep , timming pengapian udah fix dikontrol ecu,
well hapir ga ada pr untuk engine efi
3. sensor rusak? alhamdulilah 10 tahun lebih mesin 1rz ga pernah ada sensor yang rusak, ente tau kapan ane ganti busi? dari baru sampe skrang hanya 2x ganti dan 1 businya sudah menempuh>100k km ,untuk mesin baru? hmm ga ada tuh..... ga pernah sekalipun engine lamp manyala.....
4. pernah mogok? pernah., di ganti tuh aki, ane jamin 18-24bulan mobil ente gak pernah mogok, lebih ajib lagi innova, 5 tahun baru ganti aki,, well thanks to great alternator in innova.
dengan begini kita harus membuang jauh2 pikiran bahwa engine konvensional is reliable, hmm tidak ada 1 poin pun yang bisa membuat enjin konv menang diatas efi
jadi sudah saatnya kita mengapakan engine konv? mau dikasihkan ke stm? kasihan atu magangnya di astra tp taunya konv,,,
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kebetulan ada bbrp temen ane kok oom yg bokapnya kaya rayagrandscenic wrote:wow,, main nya ama para super rich, ayo dishare dimari.. ttg tunggangan mereka..ChZ wrote:gak heran sih banyak orang kaya punya mobil alphard mercy dll di garasinya, kebanyakan masih mempercayai mobil rakyat buat operasional....
kebanyakan masih nyimpen kijang kapsul.... minimal avanza baru / innova baru lahsepengamatan nubie kalo bertandang ke rumah superkaya....
gak jarang jg mereka yg masih miara kijang tua gak tuker guling ke innova/avanza dengan alasan : belom rusak....


rata-rata temen ane yg bokapnya superkaya nyimpennya biasa innova keluaran awal....


dan rata-rata supirnya yg bawa

ada yg emang ga hobi koleksi mobil... tp ada juga yg hobi koleksi mobil mewah bejejer SLK, EClass, lexus RX, mini cooper, dst.... mbl hariannya innova lawas dan disupirin

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
setuju...walid_007 wrote:ane rasa engine konvensional adalah engine yang paling ga enak dan rewel. walopun paling mudah dipahami
ane ambil contoh engine 5k (engine paling kelihatan di mata karena mobilnya ber bonet daripada pikup) dangan perbandingan engine avanza yang menganut EFi setidaknya
bayangkan saja di engine 5k anda mesti melakukan beberapa hal berikut :
1. setel karbu, yup setidaknya dalam 5 tahun ane jamin anda pasti pernah setel karbu, entah karena gas yang mberebet (kaya masuk angin) kekecilan ,kebesaran, dll dll.... sebenarnya karbu sendiri punya slow jet untuk idle, namun apa dikata mobil karbu berumur 1 bulan pun slow jetnya pasti penuh kotoran kec anda pake 92
2. setel platina... seawet apapun mobil anda pasti dalam 5 tahun ana jamin ente pasti pernah setel platina, beserta timing pengapian, belom lagi kalo perlu penggantian distributor termasik rotor didalamnya karena faktor aus, kalo ada yang bilang ini bisa dilakukan DIY, ane tantang orangnya untuk melakukannya tampa dweel tester+ timming light, klo multimeter bolehlah ane pinjemin
3. kerusakan yang pasti sering kena yaitu masalah di koil dan regulator, mungkin 10 tahun g ganti? bolehlah ente ga pernah ganti koiil
4. setel katup, yes berapa akurasi 0,20mm atau 0,30mm dari sebuah feller gauge? ane jawab 0
5. lebih sering mogok, yup kurang afdhol rasanya mobil konv ga sering mogok di pagi hari, atau benjir2 an
bandingkan dengan engine efi entahlah ente mo pake 1tr/ 3sz(ane ambil 3sz yang cc ny sama)
1.paling banter masuk beres? anda tau apa yang dilakukan beres? membersihkan ISC (idle speed control terletak di throttle body, sisanya? paling semprot filter udara
2.yup bener,,, ga ada lainnya, ga perlu setel kelep , timming pengapian udah fix dikontrol ecu,
well hapir ga ada pr untuk engine efi
3. sensor rusak? alhamdulilah 10 tahun lebih mesin 1rz ga pernah ada sensor yang rusak, ente tau kapan ane ganti busi? dari baru sampe skrang hanya 2x ganti dan 1 businya sudah menempuh>100k km ,untuk mesin baru? hmm ga ada tuh..... ga pernah sekalipun engine lamp manyala.....
4. pernah mogok? pernah., di ganti tuh aki, ane jamin 18-24bulan mobil ente gak pernah mogok, lebih ajib lagi innova, 5 tahun baru ganti aki,, well thanks to great alternator in innova.
dengan begini kita harus membuang jauh2 pikiran bahwa engine konvensional is reliable, hmm tidak ada 1 poin pun yang bisa membuat enjin konv menang diatas efi
jadi sudah saatnya kita mengapakan engine konv? mau dikasihkan ke stm? kasihan atu magangnya di astra tp taunya konv,,,
jaman TK sampai SD bokap punya L300 bensin pickup n minibus dari baru....... mbl yg katanya legendaris bandel ini, pling berkesan *selain karna dipasang kasur+TV+sega d 2nd row*, itu saat mogok.... ntah tiba2 mogok, atau bokap lg iseng ngajak gw main2 air di genangan air atau terpaksa masuk banjir dan mogok wkwkw

EFI... dri bmw sampai cherokee.... memang jauh lebih minim ngadat dari l300 dulu, d rentang pemakaian yg sama, terlebih cherokee yg dipakai jauh lebih berat....
nah tp bgtu rusak setelah hard working usage...........kemungkinan komponen yg bisa rusak lebih banyak, mesti dicari2 mulai dari part sensor, soket sampai di urut kabelnya,sampai ke ecu bisa jadi biang masalah. komponen lebih banyak, harganya juga lebih tinggi. dbilang sebandel apa y pasti suatu saat rusak juga apalagi mbl bwat d siksa.
sedangkan gasoline jadul, ya di situ2 aja seputar platina distributor karbu fuel line dan pengapian... rusak d ganti jg gterlalu mahal... komponen dikit, bisa di paksa hidup.. namun interval perawatan lebih deket.
kta orng klw ud pke CDI sih uda g seribet jaman platina tp y gw sih uda gamau pke gasoline jadul.. blm lagi klw oprut miring2 pasti beberebetan...... hehe

akhirnya
imho for me yg paling bandel tetep mechanical diesel



-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
yup, tdk bisa dipungkiri tuntutan konsumen membuat para engineer berpikir keras gmn menciptakan mobil yg justru semakin mudah dirawat... dan menurut ane, EFI adalah mbl yang mudah untuk dirawat, jauh lebih mudah dari karbu yg butuh setel macem2...walid_007 wrote:ane rasa engine konvensional adalah engine yang paling ga enak dan rewel. walopun paling mudah dipahami
ane ambil contoh engine 5k (engine paling kelihatan di mata karena mobilnya ber bonet daripada pikup) dangan perbandingan engine avanza yang menganut EFi setidaknya
bayangkan saja di engine 5k anda mesti melakukan beberapa hal berikut :
1. setel karbu, yup setidaknya dalam 5 tahun ane jamin anda pasti pernah setel karbu, entah karena gas yang mberebet (kaya masuk angin) kekecilan ,kebesaran, dll dll.... sebenarnya karbu sendiri punya slow jet untuk idle, namun apa dikata mobil karbu berumur 1 bulan pun slow jetnya pasti penuh kotoran kec anda pake 92
2. setel platina... seawet apapun mobil anda pasti dalam 5 tahun ana jamin ente pasti pernah setel platina, beserta timing pengapian, belom lagi kalo perlu penggantian distributor termasik rotor didalamnya karena faktor aus, kalo ada yang bilang ini bisa dilakukan DIY, ane tantang orangnya untuk melakukannya tampa dweel tester+ timming light, klo multimeter bolehlah ane pinjemin
3. kerusakan yang pasti sering kena yaitu masalah di koil dan regulator, mungkin 10 tahun g ganti? bolehlah ente ga pernah ganti koiil
4. setel katup, yes berapa akurasi 0,20mm atau 0,30mm dari sebuah feller gauge? ane jawab 0
5. lebih sering mogok, yup kurang afdhol rasanya mobil konv ga sering mogok di pagi hari, atau benjir2 an
bandingkan dengan engine efi entahlah ente mo pake 1tr/ 3sz(ane ambil 3sz yang cc ny sama)
1.paling banter masuk beres? anda tau apa yang dilakukan beres? membersihkan ISC (idle speed control terletak di throttle body, sisanya? paling semprot filter udara
2.yup bener,,, ga ada lainnya, ga perlu setel kelep , timming pengapian udah fix dikontrol ecu,
well hapir ga ada pr untuk engine efi
3. sensor rusak? alhamdulilah 10 tahun lebih mesin 1rz ga pernah ada sensor yang rusak, ente tau kapan ane ganti busi? dari baru sampe skrang hanya 2x ganti dan 1 businya sudah menempuh>100k km ,untuk mesin baru? hmm ga ada tuh..... ga pernah sekalipun engine lamp manyala.....
4. pernah mogok? pernah., di ganti tuh aki, ane jamin 18-24bulan mobil ente gak pernah mogok, lebih ajib lagi innova, 5 tahun baru ganti aki,, well thanks to great alternator in innova.
dengan begini kita harus membuang jauh2 pikiran bahwa engine konvensional is reliable, hmm tidak ada 1 poin pun yang bisa membuat enjin konv menang diatas efi
jadi sudah saatnya kita mengapakan engine konv? mau dikasihkan ke stm? kasihan atu magangnya di astra tp taunya konv,,,
hubungan ente dengan mesin mobil EFI hanya sebatas ECU... dan laptop, bahkan tablet pun skrg udah bisa melakukan tugas engine diagnose....
nggak hanya itu, modifikasi pun makin mudah... kalo dulu modifikasi mekanikal doang yg seringnya ga maksimal... skrg modifikasi cukup menggunakan piggyback, atau bahkan update ECU software kaya di mobil2 eropa... pasang part mekanikal pun hasilnya bakal lebih maksimal... krn bisa disetting ulang dengan piggyback/update software

nah batasan sederhana, ane sih membatasi mbl sederhana itu yg ga terlalu banyak nuntut sama ownernya... ngga terlalu banyak sensor yg bikin kita pusing sendiri begitu nyala....
misal kaya beberapa mbl canggih yg sensornya sensitif, modifikasi dikit / rusak dikit aja sensornya nyala semua dan ngambek ga mau jalan, baca error dikit aja check engine nyala....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Wah... Enaknya pake jin merah. Kalo mogok gak bakalan jauh2 dari busi, kabel busi, koil, pompa bensin, alternator sama aki.
Dikasih premium ya nurut. Dikasih p+ langsung keluar sifat aslinya.
Cuma susah diajak pelan ajah...
Dikasih premium ya nurut. Dikasih p+ langsung keluar sifat aslinya.
Cuma susah diajak pelan ajah...

no signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Ya, semua juga punya preferensi berbeda kan? Tapi bagi ane, ane pernah suatu saat ngga servis rutin di yoyoti. Ane coba liat, apa aja sih yg dikerjain? OMG, ternyata hanya ngerjain kerjaan yg anak smp aja bisa: angkat filter box, bebersih filter, cabut busi dan bersiin, bersiin injektor pakai carb jet, gas gas dikit, dan woila, keluarlah duit 175ribu hanya untuk kerjaan cemen begitu??
Sudah ngga setel klep, ngga perlu atur timing, ngga perlu bersiin platina, ngga perlu bongkar karbu, mungkin anak ane yg SD kls 6 klo diajarin intensif aja dah bisa..
Makanya sampan metik ane udh ogah ane bawa ke yoyoti. Bebersih ndiri di hari minggu aja dah bisa. Daripada 175 ribu keluar untuk kerjaan ecek ecek gitu? Sayang banget.
Masih mending klo duid 200ribu punya Kijang grand;super, kerjaan ETU nya masih ada bobotnya lah.
Just subjektivitas pendapat pribadi loh..
Sudah ngga setel klep, ngga perlu atur timing, ngga perlu bersiin platina, ngga perlu bongkar karbu, mungkin anak ane yg SD kls 6 klo diajarin intensif aja dah bisa..
Makanya sampan metik ane udh ogah ane bawa ke yoyoti. Bebersih ndiri di hari minggu aja dah bisa. Daripada 175 ribu keluar untuk kerjaan ecek ecek gitu? Sayang banget.
Masih mending klo duid 200ribu punya Kijang grand;super, kerjaan ETU nya masih ada bobotnya lah.
Just subjektivitas pendapat pribadi loh..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
hmm tergantung orangnya jg om... kalo ane sih berhubung ga yakin ama tangan jd mending serahin ke bengkel drpd salah salahVanzMatic wrote:Ya, semua juga punya preferensi berbeda kan? Tapi bagi ane, ane pernah suatu saat ngga servis rutin di yoyoti. Ane coba liat, apa aja sih yg dikerjain? OMG, ternyata hanya ngerjain kerjaan yg anak smp aja bisa: angkat filter box, bebersih filter, cabut busi dan bersiin, bersiin injektor pakai carb jet, gas gas dikit, dan woila, keluarlah duit 175ribu hanya untuk kerjaan cemen begitu??
Sudah ngga setel klep, ngga perlu atur timing, ngga perlu bersiin platina, ngga perlu bongkar karbu, mungkin anak ane yg SD kls 6 klo diajarin intensif aja dah bisa..
Makanya sampan metik ane udh ogah ane bawa ke yoyoti. Bebersih ndiri di hari minggu aja dah bisa. Daripada 175 ribu keluar untuk kerjaan ecek ecek gitu? Sayang banget.
Masih mending klo duid 200ribu punya Kijang grand;super, kerjaan ETU nya masih ada bobotnya lah.
Just subjektivitas pendapat pribadi loh..

maklum tangan hobi rusakin barang....

sering liat temen bongkar busi sendiri, bongkar box filter sendiri, tp praktekinnya ga bisa krn belom biasa

kapan hari ngecek kabel doang gr2 peredam panas kap digerogotin kucing.... takutnya kena ke kabel-kabel... ane di rumah ud cek modal senter doang gpp....
untuk memastikan besoknya ane bawa ke BeRes.... dan voila..... 100rb melayang

yg dikerjain sama kaya yg ane kerjain di rumah.... dipalak ongkos jasa 100rb

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
sbenernya ya simple and rederhana ya tergantung orangnya, ya misal ane kalo punya duit lebi dari cukup, beli LX570, trus misal katakanah ada sensor failure, sehingga pas di start ga nyala, ane lgsg telpon, langsung di derek dan dikasi mobil pengganti misal LS460, karna masih garansi ga kena cash apapun cuma paling ngasi tip supir derek, simpel dan sederhana kan? tinggal telpon and dikasi mobil pengganti gausa repot2 bongkar buka ini itu, gausa beli2 part keliling2 tiap toko, gimana? sederhana kan? ga pusing mikirin perbaikan tinggal telpon dan selesee
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kalau mau DIY sukses sebetulnya dgn invest tools yg bagus akan sangat menunjangChZ wrote:
hmm tergantung orangnya jg om... kalo ane sih berhubung ga yakin ama tangan jd mending serahin ke bengkel drpd salah salah![]()
maklum tangan hobi rusakin barang....suka ga ati2 kalo pegang barang
sering liat temen bongkar busi sendiri, bongkar box filter sendiri, tp praktekinnya ga bisa krn belom biasa![]()
kapan hari ngecek kabel doang gr2 peredam panas kap digerogotin kucing.... takutnya kena ke kabel-kabel... ane di rumah ud cek modal senter doang gpp....
untuk memastikan besoknya ane bawa ke BeRes.... dan voila..... 100rb melayang![]()
yg dikerjain sama kaya yg ane kerjain di rumah.... dipalak ongkos jasa 100rb
Utk buka busi mislnya, ada kunci soket khusus ukuran 12 atau 14 mm yg ada magnetnya atau karetnya, jadi saat lepas dr drat busi lgs terangkat
Lalu utk kencengin busi kalo ane pribadi biasanya pake kunci Torsi, panduannya spt di bawah ini :

Kalo mau invest tools yg oke dan gak mahal boleh consider merek Blue Point.....ini adalah versi ekonomis dr Snap On tools

http://www.snapon-bluepoint.com/en/index/
Di Jkt ada yg jual, harganya jauh lebih affordable drpd Snap On nya & philosophy design-nya juga spt tools Snap On.....ane pernah lihat barangnya, cakep ! recommended lah ni barang........
kalo ane pribadi utk tools pakenya Unior (Junior) - Jerman utk ratchet, KTC utk soket2, Britools - Torque wrench (10 - 30 Nm), kalo yg utk kunci sok ukuran kecil / kerjaan ringan pake Tekiro punya.........cuman Tekiro sih lubang soket sok-nya kurang presisi yah saat nge grip ke baut, nggak gitu rekomen bagi hobbyist
Sharing ajah
*Bukan seles tools*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Pug 306 sy, menurut sy termsk kategori mobil simple (dalam hal modif mesin dan perawatannya), karena kebetulan di sekitar rumah sy (dalam radius 3 s/d 5 km) ada 3 bengkel spesialis Pug non-beres, dan kalok ada masalah, selalu bisa manggil montir dari salah satu bengkel2 Pug itu ... hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kapan hari itu cyl block mesin ketauan keropos parah.. solusinya : ganti mesin dng spec lebih tinggi, harga mesin glondongan sekitar 8 jutaan .... cuma perlu bersihkan mesin ex limbah itu, skir klep, ganti koin klep, ganti seal2 dan packing, pasang plug n plek .. simple juga lah ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Definisi simple nya apasih tiap orng beda2....
Ada yg asal bisa d betulin / maintenance sendiri
Ada yg asal bisa d betulin telpon beres / ngandalin service beres
Ada yg asal g perlu atw jarang maintenance berkala
Ada yg asal klw rusak sparepart gampang
Intinya g bikin lieur y haha
Imho Klw gw simple tu ya harus bener2 simple, cara kerjanya simple, komponen benar2 dikit, komponen yg bakal rusak dikit,tiap komponen umurnya panjang, interval maintenance jauh,sparepart gampang, diy betulin gampang.. Karna mbl jadul y uda g bisa minta garansi k beres... Tp klw mw bayar bisa juga beresnya buanyak...
.gak pke pengapian, g pke sensor2,g pken ecu, kabel lebih dikit, sparepart bnyk baru dan limbah.. D tenggelemin d sungai asal pke snorkel jg idup, oli campur air g ngambek,overheating berkali g rusak2,waterhammer tinggal d buang airnya n idup lg,k hutan bekel sparepart dikit, bisa d paksa hidup.. G mempan emp wave *film scien-fi anyone?* Wkekekek sampai kpn jg meski uda bisa minang yg lebih canggih, mobil dgn mesin ini hrs tetep ada d garasi bwat tempur.
Yg bisa rusak kan bukan mesin aja, kaki2 juga..... Yg bandel kuat disiksa uda pasti twin rigid axle pke leafspring, komponen dikit n heavy duty..... Wkwkwk,
Namanya mbl tua diatas 15tahun pasti ada jajan sih, bukan mesin aja yg lain2 jg bisa aus. mbl baru umumny relatif g rewel, tp klw mbl baru uda bnyk masalah harus klaim part ini itu qc payah baru deh nyebelin.
Ada yg asal bisa d betulin / maintenance sendiri
Ada yg asal bisa d betulin telpon beres / ngandalin service beres
Ada yg asal g perlu atw jarang maintenance berkala
Ada yg asal klw rusak sparepart gampang
Intinya g bikin lieur y haha
Imho Klw gw simple tu ya harus bener2 simple, cara kerjanya simple, komponen benar2 dikit, komponen yg bakal rusak dikit,tiap komponen umurnya panjang, interval maintenance jauh,sparepart gampang, diy betulin gampang.. Karna mbl jadul y uda g bisa minta garansi k beres... Tp klw mw bayar bisa juga beresnya buanyak...

Yg bisa rusak kan bukan mesin aja, kaki2 juga..... Yg bandel kuat disiksa uda pasti twin rigid axle pke leafspring, komponen dikit n heavy duty..... Wkwkwk,
Namanya mbl tua diatas 15tahun pasti ada jajan sih, bukan mesin aja yg lain2 jg bisa aus. mbl baru umumny relatif g rewel, tp klw mbl baru uda bnyk masalah harus klaim part ini itu qc payah baru deh nyebelin.
Last edited by billyd1773dz on Fri Nov 22, 2013 0:26, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Yuup setuju.. buat ane, simpel dan sederhana, merujuk kepada kesederhanaan teknolgi (kalau ngga mau disebut sebagai berteknologi jaman batu) mesein dan kendaraan itu sendiri, bukan kepada kesederhanaan proses perawatan dan pemeliharaan. Karena, bisa mengerjakan sesuatu secara DIY, dalam beberapa kalangan, memberi kpuasan yang tak ternilai rasanya, dibanding dikerjakan oleh orang lain.
Misalnya kalo ane, poles kaca mobil. Bagi kalangan yg lain,"ngapain capek capek, tinggal taruh di salon, bayar, selesai. I have my own time, i have my quality time." Dude, that's definitely right. Dan if I were you too, dan bila saya sedang terbatas waktu dan kesehatan saya, saya memilih opsi "let the pros do the dirty and sweat things". Tapi di dalam hati saya, "sayang sekali ya buang duid segitu banyak, andaikan saya bisa, akan saya lakuin sendiri"
Sehingga, saat saya bisa mengerjakan sendiri, dan hasilnya memang bersih semua itu watermark dan waterspot, senyum saya di rumah benar benar mengembang, walaupun saya senyumnya sambil ketiduran di kamar tidur saya karena tepar. Xixixi...
Sama halnya ketika mesin sampan metik saya bbrp kali sempat nglitik, dgn sdh pakai bensin bagus, akhirnya saya konsultasi dgn teman, dan saya ganti air filter, bebersih busi, reset ecu, carb jet, hilang nglitiknya, puasnya tak terkatakan...
Misalnya kalo ane, poles kaca mobil. Bagi kalangan yg lain,"ngapain capek capek, tinggal taruh di salon, bayar, selesai. I have my own time, i have my quality time." Dude, that's definitely right. Dan if I were you too, dan bila saya sedang terbatas waktu dan kesehatan saya, saya memilih opsi "let the pros do the dirty and sweat things". Tapi di dalam hati saya, "sayang sekali ya buang duid segitu banyak, andaikan saya bisa, akan saya lakuin sendiri"
Sehingga, saat saya bisa mengerjakan sendiri, dan hasilnya memang bersih semua itu watermark dan waterspot, senyum saya di rumah benar benar mengembang, walaupun saya senyumnya sambil ketiduran di kamar tidur saya karena tepar. Xixixi...
Sama halnya ketika mesin sampan metik saya bbrp kali sempat nglitik, dgn sdh pakai bensin bagus, akhirnya saya konsultasi dgn teman, dan saya ganti air filter, bebersih busi, reset ecu, carb jet, hilang nglitiknya, puasnya tak terkatakan...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
seperti yang saya duga saat pertama baca judulnya, akan ada 2 pendapat disini. simpel karena tinggal suruh mekanik yang kerjain, dan 1nya simpel karena sanggup ngerjain sendiri alias DIY lover.
hehehehe......
hehehehe......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
pengalaman ane pake mobil mesin diesel jadoel buat sehari2, enak dan murmer ngopreknya
mo kenceng dan bertenaga tinggal mainin load solar aja + ganjel wastegate turbo buat naikin boostnya, hasilnya sangat lumayan dan bisa dibilang free, karena ngoprek sendiri
kalo mo ngoprek bongkar2 mesin, di bengkel pinggir sungai di pluit gak masalah
gak perlu pusing2 dengan sistem ECU

mo kenceng dan bertenaga tinggal mainin load solar aja + ganjel wastegate turbo buat naikin boostnya, hasilnya sangat lumayan dan bisa dibilang free, karena ngoprek sendiri

kalo mo ngoprek bongkar2 mesin, di bengkel pinggir sungai di pluit gak masalah

gak perlu pusing2 dengan sistem ECU

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)