Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

donz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sat Dec 23, 2017 2:36

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by donz »

https://toyota.jp/voxy/grade/gr_sport/? ... port_thumb

Banyak yang bisa di pasang untuk buat sasis lebih rigid (Toyota voxy)
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by liemivan86 »


Angelpesek wrote:
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Oh, kalo setir terlalu ringan sih gampang, kurangi tekanan angin Ban nya, cuma ya itu akan menimbulkan masalah lain, ban relatif lebih cepat panas dan mudah pecah.

Jadi kalo setir ringan sih memang tidak ada obat nya yang aman selain ganti mobil.
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Angelpesek »

rudyzanetti wrote: Fri Jun 29, 2018 4:41
Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48
liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 12:38 Pertanyaan nya itu ini om:


Yang diinginkan oleh Om angelpesek itu supaya mengurangi guncangan supaya lebih nyaman. Sedangkan fungsi strut bar memang untuk membuat sistem Suspensi jadi bentuk A sehingga chassis terasa lebih kaku, yang menghasilkan Body roll lebih minim, dengan pemilihan shock breaker dan per yang tepat.

Dengan chassis yang lebih kaku, justru getaran yang sebelumnya di redam oleh fleksibilitas chassis, akhirnya malah diteruskan semua ke Cabin. Jadi logika saya sih ya akan semakin banyak guncangan bila hanya pasang strut bar saja.

Tapi sekali lagi, nyaman itu subjektif. Karena itu definisi kenyamanan yang diinginkan harus lebih spesifik. Ada yang merasa banting an mengayun Innova itu nyaman, ada yang merasa banting an keras itu nyaman karena minim body roll.
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Blh bantu kasih saran om?
Dl di xenia 09, kl pasang front lower bar setir jadi tambah berat dikit.
Tp ga tau jg ya di rio hasilnya sama atau engga.
Info yg bagus, tp xenia kan ps hydrolik bukannya udah berat? setelah dipasang jd rada kaku?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by kunaskun »

Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
ngga. kalau ada juga ga secara langsung, strutbar bikin chaassis lebih kaku = terasa lebih mantep di jalan karena getaran minor diredam, body roll berkurang, steer jadi lebih enak.

steer ringan susah cari obatnya, karena emang dari sononya begitu, paling dimainin setelan spooring.
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by rudyzanetti »

Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 8:13
rudyzanetti wrote: Fri Jun 29, 2018 4:41
Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48

Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Blh bantu kasih saran om?
Dl di xenia 09, kl pasang front lower bar setir jadi tambah berat dikit.
Tp ga tau jg ya di rio hasilnya sama atau engga.
Info yg bagus, tp xenia kan ps hydrolik bukannya udah berat? setelah dipasang jd rada kaku?
Iya emg uda berat(ga berat2 banget sih), jadi tambah berat lg setelah dipasang front lower bar td.
Tp ga tau jg di rio yg pakai eps gmn.
Takutnya gini, ntr malah ujung2nya dinamo eps nya yg kerja 2x lipat bwt ngompensasi puteran setir yg tambah berat.
Kalo masalah kaku, sudah pasti om.
Menurut saya sih, bwt karakter jalan di indo secara umum, pake bar2an gt kurang cocok. Apalagi yg uda pasang full set.
Bikin cepet cape kl jalannya ga rata.
adiv
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue Jan 20, 2009 4:49

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by adiv »

Angelpesek wrote:
liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 12:38
bsetiawan wrote: Klo poin ini saya kurang setuju! Pemasangan strut bar yg mengikat strut tower memang menambah kekakuan chassis (chassis rigidity) dengan mengurangi strut tower (dudukan shock/strut bagian atas) flex pada saat melewati tikungan. Dengan adanya strut tower bar ini, justru beban ke chassis yg tadinya nge-flex, jdi dibebankan ke suspensi yg dipaksa untuk lebih main. Jdi dengan menggunakan strut bar beserta/dan shock/strut yg berkualitas (seperti saran Om Turbo), akan sangat membantu mengurangi body roll dan meningkatkan kualitas berkendara.

Efek strut bar akan lebih terasa pada mobil2 yg menggunakan monocoque chassis (body dan chassis menyatu). Klo untuk tipe ladder frame, bracing di bawah akan lebih terasa. Tpi semua bracing ini mungkin kurang efektif tanpa shock berkualitas yg mendukung. Mohon pencerahannya klo ada yg salah.
Pertanyaan nya itu ini om:
Angelpesek wrote:Suhu, klo misalkan mobil biar ga terlalu terasa goyang pas lewatin jalan yg tinggi kiri kanan ga rata, cocoknya aplikasikan apa ya?
Mobilnya hatchback
Yang diinginkan oleh Om angelpesek itu supaya mengurangi guncangan supaya lebih nyaman. Sedangkan fungsi strut bar memang untuk membuat sistem Suspensi jadi bentuk A sehingga chassis terasa lebih kaku, yang menghasilkan Body roll lebih minim, dengan pemilihan shock breaker dan per yang tepat.

Dengan chassis yang lebih kaku, justru getaran yang sebelumnya di redam oleh fleksibilitas chassis, akhirnya malah diteruskan semua ke Cabin. Jadi logika saya sih ya akan semakin banyak guncangan bila hanya pasang strut bar saja.

Tapi sekali lagi, nyaman itu subjektif. Karena itu definisi kenyamanan yang diinginkan harus lebih spesifik. Ada yang merasa banting an mengayun Innova itu nyaman, ada yang merasa banting an keras itu nyaman karena minim body roll.
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Om posisi di Jakarta? Kl di Jakarta bisa ke beres Bintaro utk minta setelan setir yg lebih berat. Kebetulan saya user Kia Rio juga
ryoadryome
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Jun 29, 2018 14:49
Location: karawaci
Daily Vehicle: pajero sport dakar 2014

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by ryoadryome »

om, mau nanya nih saya ada dakar tahun 14 rencana mau upgrade power torsi sekita 250hp/500nm an.
pertanyaannya untuk power sgitu lbh baik strut bar/sway bar/underbrace? makasih
wh3rs
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:41

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by wh3rs »

Turboman wrote: Sun Oct 06, 2013 17:11 Aplikasi chassis bar tentunya dilakukan setelah kita melakukan upgrade shock arbsorber, krn ini sifatnya "next step"

saya sih pernah naek Ipah teman yg pake Underbrace + SwayBar + Chassis Bar + shock Bilstein Silver, dr Jogja sampe Jkt, mantap sih nikung2 di jalur selatan.......lawannya Sitikar macam Swift, di jalan lurus maupun jalan kelok2

Kalo yg pake Bar di roof belakang dan karpet tengah saya belom pernah coba
walid_007 wrote:Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....

Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....

Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........

Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti
Misal nya ni om..bila sa ipah vvti tetep pake yg ori namun dipasangin rear anti roll bar langsung...berasa signifikan gak limbung nya ditikungan...pinginnya sih gak limbung2 amat pas nikung, mobil kelg kan gak perlu nikung tajam juga, tp kenyamanan empuknya shock masih ada di jalan agak jelek.
maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jan 28, 2014 12:45

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by maleosx »

Sharing aja pengalaman soal strut bar, ga semua.mobil.butuh deh kayaknya.

Crv gen 3 ama Chevrolet Spin pengalaman saya ga butuh strutbar deh. Karena tower shock depan kanan dan kiri udah terhubung oleh plat bawaan pabrik yang otomatis fungsinya mirip strutbar.

Baut shock Crv gen 3 sama chevrolet spin terletak dibawah plastik hitam talang wiper dan disana udah ada plat besinya yang cukup kokoh menghubungkan shock kanan dan shock kiri. Di crv gen 3 malah diberi plat dobel.

Saya cuman pernah pasang strutbar di Karimun Wagon R dan Civic Ferio 96 yang mana efeknya beneran terasa karena memang tower Shock depan kanan dan kiri benar2 terpisah.
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by andrejunior »

Strutbar jika dipasang di mobil macam New Rush/Terios yg kata orang² keras, efeknya gmn ya?

Lalu apa benar kalo "strutbar lebih utk penggunaan di monokok, sesangkan ladder lebih cocok pake yg bawah (Lower bar)"?
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by gemelli »

Saya di innova 2KD dan 2GD Pakai set stabilizer yg 3 pcs (sway bar, stabilizer bar, 1 lg lupa namanya).. shock standard bawaan
tetap empuk dan tdk limbung... buat saya wajib Innova pasang stabilizer buat obat limbung.


wh3rs wrote: Thu Jul 12, 2018 0:29
Turboman wrote: Sun Oct 06, 2013 17:11 Aplikasi chassis bar tentunya dilakukan setelah kita melakukan upgrade shock arbsorber, krn ini sifatnya "next step"

saya sih pernah naek Ipah teman yg pake Underbrace + SwayBar + Chassis Bar + shock Bilstein Silver, dr Jogja sampe Jkt, mantap sih nikung2 di jalur selatan.......lawannya Sitikar macam Swift, di jalan lurus maupun jalan kelok2

Kalo yg pake Bar di roof belakang dan karpet tengah saya belom pernah coba
walid_007 wrote:Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....

Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....

Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........

Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti
Misal nya ni om..bila sa ipah vvti tetep pake yg ori namun dipasangin rear anti roll bar langsung...berasa signifikan gak limbung nya ditikungan...pinginnya sih gak limbung2 amat pas nikung, mobil kelg kan gak perlu nikung tajam juga, tp kenyamanan empuknya shock masih ada di jalan agak jelek.