https://toyota.jp/voxy/grade/gr_sport/? ... port_thumb
Banyak yang bisa di pasang untuk buat sasis lebih rigid (Toyota voxy)
Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sat Dec 23, 2017 2:36
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Oh, kalo setir terlalu ringan sih gampang, kurangi tekanan angin Ban nya, cuma ya itu akan menimbulkan masalah lain, ban relatif lebih cepat panas dan mudah pecah.Angelpesek wrote:
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Jadi kalo setir ringan sih memang tidak ada obat nya yang aman selain ganti mobil.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Info yg bagus, tp xenia kan ps hydrolik bukannya udah berat? setelah dipasang jd rada kaku?rudyzanetti wrote: Fri Jun 29, 2018 4:41Blh bantu kasih saran om?Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 12:38 Pertanyaan nya itu ini om:
Yang diinginkan oleh Om angelpesek itu supaya mengurangi guncangan supaya lebih nyaman. Sedangkan fungsi strut bar memang untuk membuat sistem Suspensi jadi bentuk A sehingga chassis terasa lebih kaku, yang menghasilkan Body roll lebih minim, dengan pemilihan shock breaker dan per yang tepat.
Dengan chassis yang lebih kaku, justru getaran yang sebelumnya di redam oleh fleksibilitas chassis, akhirnya malah diteruskan semua ke Cabin. Jadi logika saya sih ya akan semakin banyak guncangan bila hanya pasang strut bar saja.
Tapi sekali lagi, nyaman itu subjektif. Karena itu definisi kenyamanan yang diinginkan harus lebih spesifik. Ada yang merasa banting an mengayun Innova itu nyaman, ada yang merasa banting an keras itu nyaman karena minim body roll.
Dl di xenia 09, kl pasang front lower bar setir jadi tambah berat dikit.
Tp ga tau jg ya di rio hasilnya sama atau engga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
ngga. kalau ada juga ga secara langsung, strutbar bikin chaassis lebih kaku = terasa lebih mantep di jalan karena getaran minor diredam, body roll berkurang, steer jadi lebih enak.Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
steer ringan susah cari obatnya, karena emang dari sononya begitu, paling dimainin setelan spooring.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Iya emg uda berat(ga berat2 banget sih), jadi tambah berat lg setelah dipasang front lower bar td.Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 8:13Info yg bagus, tp xenia kan ps hydrolik bukannya udah berat? setelah dipasang jd rada kaku?rudyzanetti wrote: Fri Jun 29, 2018 4:41Blh bantu kasih saran om?Angelpesek wrote: Fri Jun 29, 2018 1:48
Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?
Dl di xenia 09, kl pasang front lower bar setir jadi tambah berat dikit.
Tp ga tau jg ya di rio hasilnya sama atau engga.
Tp ga tau jg di rio yg pakai eps gmn.
Takutnya gini, ntr malah ujung2nya dinamo eps nya yg kerja 2x lipat bwt ngompensasi puteran setir yg tambah berat.
Kalo masalah kaku, sudah pasti om.
Menurut saya sih, bwt karakter jalan di indo secara umum, pake bar2an gt kurang cocok. Apalagi yg uda pasang full set.
Bikin cepet cape kl jalannya ga rata.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Tue Jan 20, 2009 4:49
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Om posisi di Jakarta? Kl di Jakarta bisa ke beres Bintaro utk minta setelan setir yg lebih berat. Kebetulan saya user Kia Rio jugaAngelpesek wrote:Om sorry mungkin sy salah tulis. Maksudnya setir yg terlalu goyang om berhubung setirnya eps dr kia rio yg memang masih terlalu ringan dibanding hidrolik. Jd intinya apakah pemakaian strutbar bs mengurangi hal tsbt?liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 12:38Pertanyaan nya itu ini om:bsetiawan wrote: Klo poin ini saya kurang setuju! Pemasangan strut bar yg mengikat strut tower memang menambah kekakuan chassis (chassis rigidity) dengan mengurangi strut tower (dudukan shock/strut bagian atas) flex pada saat melewati tikungan. Dengan adanya strut tower bar ini, justru beban ke chassis yg tadinya nge-flex, jdi dibebankan ke suspensi yg dipaksa untuk lebih main. Jdi dengan menggunakan strut bar beserta/dan shock/strut yg berkualitas (seperti saran Om Turbo), akan sangat membantu mengurangi body roll dan meningkatkan kualitas berkendara.
Efek strut bar akan lebih terasa pada mobil2 yg menggunakan monocoque chassis (body dan chassis menyatu). Klo untuk tipe ladder frame, bracing di bawah akan lebih terasa. Tpi semua bracing ini mungkin kurang efektif tanpa shock berkualitas yg mendukung. Mohon pencerahannya klo ada yg salah.Yang diinginkan oleh Om angelpesek itu supaya mengurangi guncangan supaya lebih nyaman. Sedangkan fungsi strut bar memang untuk membuat sistem Suspensi jadi bentuk A sehingga chassis terasa lebih kaku, yang menghasilkan Body roll lebih minim, dengan pemilihan shock breaker dan per yang tepat.Angelpesek wrote:Suhu, klo misalkan mobil biar ga terlalu terasa goyang pas lewatin jalan yg tinggi kiri kanan ga rata, cocoknya aplikasikan apa ya?
Mobilnya hatchback
Dengan chassis yang lebih kaku, justru getaran yang sebelumnya di redam oleh fleksibilitas chassis, akhirnya malah diteruskan semua ke Cabin. Jadi logika saya sih ya akan semakin banyak guncangan bila hanya pasang strut bar saja.
Tapi sekali lagi, nyaman itu subjektif. Karena itu definisi kenyamanan yang diinginkan harus lebih spesifik. Ada yang merasa banting an mengayun Innova itu nyaman, ada yang merasa banting an keras itu nyaman karena minim body roll.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Fri Jun 29, 2018 14:49
- Location: karawaci
- Daily Vehicle: pajero sport dakar 2014
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
om, mau nanya nih saya ada dakar tahun 14 rencana mau upgrade power torsi sekita 250hp/500nm an.
pertanyaannya untuk power sgitu lbh baik strut bar/sway bar/underbrace? makasih
pertanyaannya untuk power sgitu lbh baik strut bar/sway bar/underbrace? makasih
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:41
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Misal nya ni om..bila sa ipah vvti tetep pake yg ori namun dipasangin rear anti roll bar langsung...berasa signifikan gak limbung nya ditikungan...pinginnya sih gak limbung2 amat pas nikung, mobil kelg kan gak perlu nikung tajam juga, tp kenyamanan empuknya shock masih ada di jalan agak jelek.Turboman wrote: Sun Oct 06, 2013 17:11 Aplikasi chassis bar tentunya dilakukan setelah kita melakukan upgrade shock arbsorber, krn ini sifatnya "next step"
saya sih pernah naek Ipah teman yg pake Underbrace + SwayBar + Chassis Bar + shock Bilstein Silver, dr Jogja sampe Jkt, mantap sih nikung2 di jalur selatan.......lawannya Sitikar macam Swift, di jalan lurus maupun jalan kelok2
Kalo yg pake Bar di roof belakang dan karpet tengah saya belom pernah coba
walid_007 wrote:Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....
Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....
Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........
Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jan 28, 2014 12:45
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Sharing aja pengalaman soal strut bar, ga semua.mobil.butuh deh kayaknya.
Crv gen 3 ama Chevrolet Spin pengalaman saya ga butuh strutbar deh. Karena tower shock depan kanan dan kiri udah terhubung oleh plat bawaan pabrik yang otomatis fungsinya mirip strutbar.
Baut shock Crv gen 3 sama chevrolet spin terletak dibawah plastik hitam talang wiper dan disana udah ada plat besinya yang cukup kokoh menghubungkan shock kanan dan shock kiri. Di crv gen 3 malah diberi plat dobel.
Saya cuman pernah pasang strutbar di Karimun Wagon R dan Civic Ferio 96 yang mana efeknya beneran terasa karena memang tower Shock depan kanan dan kiri benar2 terpisah.
Crv gen 3 ama Chevrolet Spin pengalaman saya ga butuh strutbar deh. Karena tower shock depan kanan dan kiri udah terhubung oleh plat bawaan pabrik yang otomatis fungsinya mirip strutbar.
Baut shock Crv gen 3 sama chevrolet spin terletak dibawah plastik hitam talang wiper dan disana udah ada plat besinya yang cukup kokoh menghubungkan shock kanan dan shock kiri. Di crv gen 3 malah diberi plat dobel.
Saya cuman pernah pasang strutbar di Karimun Wagon R dan Civic Ferio 96 yang mana efeknya beneran terasa karena memang tower Shock depan kanan dan kiri benar2 terpisah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 185
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Strutbar jika dipasang di mobil macam New Rush/Terios yg kata orang² keras, efeknya gmn ya?
Lalu apa benar kalo "strutbar lebih utk penggunaan di monokok, sesangkan ladder lebih cocok pake yg bawah (Lower bar)"?
Lalu apa benar kalo "strutbar lebih utk penggunaan di monokok, sesangkan ladder lebih cocok pake yg bawah (Lower bar)"?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas
Saya di innova 2KD dan 2GD Pakai set stabilizer yg 3 pcs (sway bar, stabilizer bar, 1 lg lupa namanya).. shock standard bawaan
tetap empuk dan tdk limbung... buat saya wajib Innova pasang stabilizer buat obat limbung.
tetap empuk dan tdk limbung... buat saya wajib Innova pasang stabilizer buat obat limbung.
wh3rs wrote: Thu Jul 12, 2018 0:29Misal nya ni om..bila sa ipah vvti tetep pake yg ori namun dipasangin rear anti roll bar langsung...berasa signifikan gak limbung nya ditikungan...pinginnya sih gak limbung2 amat pas nikung, mobil kelg kan gak perlu nikung tajam juga, tp kenyamanan empuknya shock masih ada di jalan agak jelek.Turboman wrote: Sun Oct 06, 2013 17:11 Aplikasi chassis bar tentunya dilakukan setelah kita melakukan upgrade shock arbsorber, krn ini sifatnya "next step"
saya sih pernah naek Ipah teman yg pake Underbrace + SwayBar + Chassis Bar + shock Bilstein Silver, dr Jogja sampe Jkt, mantap sih nikung2 di jalur selatan.......lawannya Sitikar macam Swift, di jalan lurus maupun jalan kelok2
Kalo yg pake Bar di roof belakang dan karpet tengah saya belom pernah coba
walid_007 wrote:Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....
Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....
Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........
Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti