List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by y_anjasrana »

klu ane mw cari mobil seken pasti nyarinya yg resale valuenya udah mandeg ga turun2 lg. mw dipakai bbrp taun, waktu jual lg harganya tetap. paling turun krn kondisi.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by vote42ner »

ZombiEE wrote:
Resale Value wrote:Seperti saya jelaskan di topic lain, kenaikan harga crv dari tahun 08-10 30% ! Gimana ngak kuat ? Karena saingannya cuman naik 10-14% ?


Tapi mulai dari tahun 2010, kenaikan harganya crv udah normal, alias dikit, udah mirip ama kenaikan saingannya, jadi seperti apa resale value crv 2.4 at sekarang ? Mari kita tanya pasar, mari kita keliling showroom :


crv 2.4 at. Barunya tahun 2010 386 jt.

Bekasnya sekarang tahun 2010 ? Silahkan lihat dan vonis sendiri kuat atau ngak resale valuenya

230 juta

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 20016.html


Baru pakai 2 tahunan udah hilang 156 juta. Atau rata rata setahun hilang 78 juta. Kuat ? Jika rasa resale value gitu masih kuat, duit u cukup banyak yah ? Hoki !


cepat laku ? Iklan crv ini sudah ada sejak tanggal 27 nov 2012. Entah masih ada ngak.

Yang ini mendingan, di jual 275 juta

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 28218.html


Tetap ruginya lumayan, baru pake 2 tahunan udah hilang 111 juta.

285 jt

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 87708.html


Mendingan dikit, tapi rugi 101 juta dalam cuman 2 tahunan menurut saya tetap bukan hal yang mengembirakan. Iklan ini 14 jan 2013, belum di pasang tanda laku tuh. Sudah 1 bulan lebih.

281 jt

http://mobil.kapanlagi.com/honda_crv_ne ... 8_klo.html

285 jt

http://mobil.kapanlagi.com/honda_crv_al ... 00_dq.html


DOHC wrote:kayanya kalo yg namanya crv itu dari gen 2 ampe gen 3 tergolong kuat malah seken nya... dgn catatan bukan bekas tabrakan atau banjir atau dokumen aspal yahh...

muter2 aja showroom, koran2, internet2... harganya tergolong stabil itu... malah termasuk barang "cepet laku" oleh para showroom...

lain crita kalo gen 1 yahh..

imaly lohh
Jadi resale yang kuat apa ya?

@adhi: IMALY - Ini/Itu Menurut Ane Loh Ya.uwkwkwkw
kalo IMALY TOPBGT apaan suhu??? :mky_01:
User avatar
om_arsu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Sun Feb 03, 2013 14:24

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by om_arsu »

makanya beli mobil cult macam Jeep, Mini, Land rover... dijamin udah 20 taun harganya tetep sama dg harga belinya.. hehehe
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Nightster Guy »

akulemu wrote:ga ada yang bisa ngalahin resale value kia carnival, beli taon 2001 295 juta, jual taon 2006 90 juta. Mending di larung ke laut lebih terhormat daripd di jual

:wkkk: :wkkk:

Di mindset cupu ane, yg jeblok luar bisa si Range Rover, Ovlov, Audi........ :big_peace:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:
akulemu wrote:ga ada yang bisa ngalahin resale value kia carnival, beli taon 2001 295 juta, jual taon 2006 90 juta. Mending di larung ke laut lebih terhormat daripd di jual

:wkkk: :wkkk:

Di mindset cupu ane, yg jeblok luar bisa si Range Rover, Ovlov, Audi........ :big_peace:
Kalok Jeep CJ-7, jeblok pa ngga ya mod? :mky_01:

malming kmrn, ada CJ-7 parkir di komplek di dekat jalan keluar menuju jalan besar..
:mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

Setau nubie nissan all new xtrail (t31) dan camry 3.5q buruk price retaining ability nya
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

*tambahan*

Berdasarkan parameter pribadi.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by nugroho bagor »

ZombiEE wrote:
andy1800 wrote:tepatnya sih: menyimak dg seksama
Sama lah pak...
Sama g sama gw ngikut ajalah
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by c_adhi_k »

nugroho bagor wrote:
ZombiEE wrote:
andy1800 wrote:tepatnya sih: menyimak dg seksama
Sama lah pak...
Sama g sama gw ngikut ajalah
ngantri di belakang om bagor
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
Resale Value

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Resale Value »

Gimana sih hitungnya ? jika bilang T31 buruk, ya apa bedanya crv 2.4 ? :


T31 Xt 2010. Dulu barunya 341 juta. Nilainya sekarang

260 juta

http://mobil.tokobagus.com/nissan/nissa ... 12499.html

260 juta

http://mobil.tokobagus.com/nissan/nissa ... 61398.html


Jadi habis pakai 2 tahun lebih, rugi 81 juta. Ngak termasuk jeblok kok jika banding crv. coba banding ama crv :


crv 2.4 at 2010. Dulu barunya 386 juta. Sekarang nilainya

275 juta

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 28218.html

279 juta

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 43740.html


Jadi crv 2.4 at habis pakai 2 tahun lebih rugi 109 juta, vs xtrail Xt 81 juta. Jadi jika rasa resale value T31 jelek, ya apa bedanya crv ?


Di sini ada berapa member SM selalu teriak resale value toyota dan honda doang yang kuat, namun buktinya malah sekarang resale value toyota honda gitu gitu aja, mirip ama saingan, bahkan kadang kalah iya.


Ya mungkin jaman dulu benar, tapi jaman dulu kan saingan mereka ngak sekuat sekarang.


ZombiEE wrote:Setau nubie nissan all new xtrail (t31) dan camry 3.5q buruk price retaining ability nya
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

@RV: no argue here soal RV saya anggap anda lebih menguasai.ehehehhe
Saya katakan resale xtrail buruk karena saya secara pribadi beranggapan rugi banyak, saya ex-pemakai xtrail, tahun 09 bulan nov beli 341 jutaan, jual 275jt dgn susah payah di tahun 2012 bulan maret (tidak liquid) kalau ndak salah.
Ini pengalaman pribadi, saya bukan ambil sampel iklan online dgn kondisi di sumatera utara.
Anyway, siapa yang bilang resale crv lebih bagus?perasaan saya, saya gak nulis apapun ttg resale crv di post sblm nya.
Resale Value

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Resale Value »

bukan hanya xtrail tapi crv juga sama. silahkan lihat banyak iklan stok crv bekas banyak, juga ada berapa iklan yang jelas crv udah ngak seliquid dulu juga. nilainya juga merosot.


salah satu penyebab menurut saya adalah fakta bahwa jaman sekarang pakai suv mesin cc 2400-2500 gituan cukup boros. karena tau sendiri kondisi macet di kota kota besar indonesia seperti apa. mau bawa embel embel vvt-i, i-vtec, cvt sama aja. beda ama di luar negeri.


susah dapat irit bbm pakai mesin bensin cc gede di kondisi macet seperti jakarta.


jadi sekarang makin banyak orang, terutama orang yang duitnya ngak banyak, mereka saya rasa makin banyak pikir daripada beli suv bekas boros, mending duitnya 200 juta lebih udah bisa beli mobil 1500 cc kondisi baru, bebas risiko, tetap bisa bawa banyak orang dan barang, irit lagi.


dan dengar kabar pemerintah sudah mau naikin harga premium ngak lama lagi, dan saat itu, resale value suv bensin cc gede akan makin pudar, ngak peduli nissan, honda, toyota dll sama aja pasti kena dampaknya.


apalagi nanti saat premium di larang, resale value mobil bensin yang cc gede akan makin lemah. dan sebaliknya, resale value diesel common rail high torque / bensin cc kecil akan makin cemerlang. Gimana pun juga orang pakai mobil biaya BBM makan porsi cukup besar total biaya. Silahkan hitung sendiri. Kecuali mobilnya jarang keluar rumah.


apalagi jaman nanti semua orang harus beli BBM harga 10,000an. makin berasa. saran saya untuk yang sudah bosan ama suv bensin cc gede, jual aja sekarang, karena nanti saat premium udah naik atau di larang, akan makin rendah harganya dan makin susah jualnya. toyota honda sama aja.


ZombiEE wrote:@RV: no argue here soal RV saya anggap anda lebih menguasai.ehehehhe
Saya katakan resale xtrail buruk karena saya secara pribadi beranggapan rugi banyak, saya ex-pemakai xtrail, tahun 09 bulan nov beli 341 jutaan, jual 275jt dgn susah payah di tahun 2012 bulan maret (tidak liquid) kalau ndak salah.
Ini pengalaman pribadi, saya bukan ambil sampel iklan online dgn kondisi di sumatera utara.
Anyway, siapa yang bilang resale crv lebih bagus?perasaan saya, saya gak nulis apapun ttg resale crv di post sblm nya.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by VanzMatic »

Om Jem, RV kan hanya bisa comot sana sini iklan mobil bekas.
Cons:
1. Tidak pernah tau pengalaman sebenernya bagaimana jual mobil yang ngga liquid seperti master Jem.
2. Harga harga jual iklan online itu mostly sedikit ketinggian. Belinya juga bukan segitu kan?

Padahal orang / pasar men-judge pasaran resale value nya jeblok atau tidak, bukan semata mata dari nilai jual bekas di showroom, tapi dari berapa dibeli oleh pedagang mobkasnya..
Setelah dibeli pedege, mantan owner biasanya cerita2 ke sohib2nya, "wah, xtrail gue cuman laku sekian ratus jeteng, bro."
Disitulah opini pasar tentang resale value itu terbentuk.

Harga pasar mobil bekas yang sudah dibedakin habis habisan oleh pedege, bukanlah harga resale value, melainkan harga pasar mobil bekas.

Kalau dibeli oleh user langsung, maka user biasanya berpatokan di harga pasar mobil bekas, dan pasti minta kurang dari harga pasar mobkas. Tapi tidak se terjun bebas seperti kalau dibeli oleh pedege mobkas. Kita sebagai penjual, menggunakan harga pasar mobkas kepada user langsung, hanya dan hanya sebagai patokan awal untuk buka harga. That's it.

Selisih tersebut adalah margin laba dan biaya perbaikannya si pedege tersebut.

So, IMHO, resale value adalah harga pasar kesepakatan / deal saat mobil berpindah tangan dari user lama ke pedege atau user. Bukan harga saat mobil tersebut didagangkan kembali, karena kalau harga saat mobil didagangkan kembali, sudah ada didalamnya komponen biaya variable, antara lain maintenance cost, parts substitution cost, dan labor cost, serta tentunya margin laba.

Got it, RV?

Maaf nubietol ngerusuh... just share pengalaman aja kok.
Contoh riil:
1. Beli Suzy Futura taun 1991 seharga 24 jutaan di taun itu. Jual kembali, hanya dibeli 12 juta.
2. Beli Colt T120ss 83 juta di taun 2005, jual lagi taun 2009 hanya dibeli 49 juta.
Feel free to correct, master Jem.. :frm_salut:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by M-90 »

ZombiEE wrote:Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe

Ya pasti mobil Korea lhaa Jemb, khan dia dah ganti haluan dari penggila merk batu makam ke merk Korea spt Hyundai dan KIA........ :mky_04:

Yg pasti, RV nggak bakalan beli Toyota & Honda....... :big_slap:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

Ya kan nubie nanya...
Seriously mana tau untuk kedepannya bisa dijadikan pertimbangan / acuan..cmiiw
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Penikmat_Kopi »

M-90 wrote:
ZombiEE wrote:Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe

Ya pasti mobil Korea lhaa Jemb, khan dia dah ganti haluan dari penggila merk batu makam ke merk Korea spt Hyundai dan KIA........ :mky_04:

Yg pasti, RV nggak bakalan beli Toyota & Honda....... :big_slap:
Sekilas info nih

Image


Image
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by c_adhi_k »

Sportage itu laku ga sih di indonesia?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
Resale Value

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Resale Value »

ya kebutuhan orang masing masing beda, cara pikirnya juga beda, prejudice masih masing orang beda, info yang di ketahui masing masing orang beda, jadi pilihannya pasti beda beda.


Tapi untuk saya, jelas harus miliki semua poin ini di satu mobil, saat ini :


1. Safety numero siji. harus ada hasil uji tabrakan di eropa atau amrik atau jepang. Dan jika bisa lebih tinggi banding saingannya yang lebih mahal pula, so much the better


2. comfort. jalanan macet. jika ngak enak, ngapain ? ride and handling harus enak, posisi duduk, ukuran / ergonomic kursi harus enak. Setidaknya baris 1 dan 2. Baris 3 karena ngak sering di pakai, dan di pakai pun paling anak / dewasa bukan ukuran besar. Jadi baris 3 tidak perlu seenak baris 1 dan 2.


3. Ruang bagasi lumayan besar, untuk bisa bawa banyak barang. Dan jika bisa max payloadnya harus lumayan tinggi, setidaknya lebih besar banding saingannya


4. Fitur jelas penting. Jika banyak fitur seperti lampu zenon, electric seat, jok kulit dll kan enak. Apalagi jika ada fitur bonus seperti cruise control, panoramic sunroof, mid, dll, jangan di tolak. terima saja.


5. bisa bawa minimum 8-9 orang campuran anak dan dewasa. Memang jarang, tapi jika bisa, kenapa tidak ? jadi ya harus 3 baris.


6. mesin powerful, namun tetap irit, dan jika bisa, ngak terlalu berisik. Karena pengaruhi comfort.


7. saat naik turun mobil ngak terlalu rendah, namun terlalu tinggi juga ngak enak. susah naik turunnya, apalagi saat ortu ikut. jadi posisi ground clearance ngak perlu tinggi sekali. Asal lewat polisi tidur / jalan keriting ala jalan kota ngak mentok sudah cukup. Toh banjir sekarang gc 250 mm percuma, tenggelam juga. juga toh ngak off-road ini.


8. tampang ngak membosankan, karena rencana pakai lama, minimal 5 tahun, jika tampang sebenernya ngak gitu srek tapi di maksa beli, akan cepat bosan nanti. hidup jadi ngak bisa di nikmati maximal dari segi saat on the road.


9. jaringan servis ngak perlu harus 300-1000 gitu banyak. Ngapain ? Kan tiap kali servis cuman butuh 1 aja. Yang penting jarak dari rumah / kantor ke bengkel ya paling lama 45 minute udah sampai, dan juga antriannya ngak terlalu lama.


Percuma jika 15 minute sampai ke bengkel karena jaringannya banyak, tapi karena overcrowded, akhirnya nunggu ber jam jam sebelum selesai. Sama aja boong. Mending 30 minute sampai bengkel, 1-2 jam selesai. Dari pada 15 minute sampai, tapi nunggu 3-4 jam baru selesai.


Juga asal tiap kota besar ada 1 bengkel untuk saya udah cukup. Toh jarang keluar kota ke Semarang, Jogja, Bali gitu, ngak pengaruh untuk saya siapa ada 10 biji di semarang atau cuman ada 1. Yang penting itu dia, jangan antriannya lama.


Pula jika benar sial mogok, saya percaya bahwa pemilik daihatsu yang jaringan bengkelnya banyak, ngak mungkin bisa pas pasan mogok di depan bengkel dai. jika benar sial mogok di pantura bagian yang sepi, toh sama aja harus minta bantuan derek. Dan lagi, faktor overcrowding, jika waktu derek ke dai lebih singkat karena lebih dekat, namun nunggunya lama, karena banyak pasien lain, ya sama aja boong.


10. mereknya harus terkenal, sudah di terima di manca negara. Di indonesia kecil pun ngak masalah. asal worldwide sudah banyak yang pakai, penjualannya besar (ngak perlu harus no.1), artinya mutunya ngak mungkin jelek sampai kemana.


11. Dan jika demikian di poin 10, artinya toh chance untuk mogok di tengah pantura juga kecil sekali. Jadi meskipun beresnya sekalilagi ngak perlu di tiap 5 km. Tapi jika ragu takut mobilnya akan sering mogok / rusak, ngak yakin ama kemampuan / mutu pabriknya, ya tiap 2 km ada bengkel juga percuma.


12. resale value harus terbukti kuat, atau jika belum ketahuan, setidaknya saudaranya sejenis sudah terbukti kuat, dan juga merek lain sejenis juga terbukti kuat. andai kata menang dikit atau kalah dikit juga no big deal. Toh mayoritas mobil jika pakai 5 tahun atau lebih, sama aja juga rugi pasti. Setidaknya jika memenuhi semua poin di atas, saya yakin ngak bakal hancur tinggal 50 juta gitu.


13. size pas, ngak terlalu gede, ngak terlalu kecil, supaya gampang parkir, muat di garasi di rumah.


14. harga sparepart masuk akal. mahal dikit juga no big deal, karena toh setau saya mayoritas harga fast moving part antara mobil ngak beda jauh, harga slow moving lebih mahal pun juga asal ngak beda jauh banget, no big deal, toh bukan tiap bulan ganti ini. Pula jika bisa dapat comfort dan performance top, ya lebih mahal pun juga wajar. Mau harga miring, ya biasanya performanya tau sendiri.


Toh jika sudah yakin seperti di poin 10, seharusnya ngak cepat rusak, jadi toh jarang ganti sparepart slow moving juga.


15. meskipun perlu BBM mutu tinggi (harga mahal), tapi jika sekali kali perlu pakai BBM murah, juga bisa. Ngak bakal mogok. Saya sudah ngak di subsidi, karena toh ngak lama lagi subsidi akan di cabut.


Entah apalagi yang belum di bahas. Tapi poin poin penting untuk saya adalah 15 poin di atas. Oh ya, kalau bisa, jangan dari merek yang belakangan kerjaannya recall jutaan mobil terus tiap berapa bulan di manca negara. ngak peduli dulu sebagus apa, karena menurut saya, jika belakangan banyak recall skala jutaan, untuk masalah serius pula, bukan cuman bunyi bunyi gitu, udah pasti system mereka ngak beres.


sudah di beresin pun, jika masih ada pilihan lain yang lebih bagus, yang memenuhi kriteria 15 poin tadi, ya ngapain ambil risiko ? orang lain mau, silahkan. tapi untuk saya, asal sudah temukan yang bisa puaskan 15 poin tadi, sudah cukup.


ya tiap pabrik pasti ada recall, dan biasanya jumlahnya ribuan tiap kasus, atau max ratusan ribu aja udah jarang. tapi jika makin sering recall jutaan, itu untuk saya adalah red flag. bendera merah. ngak peduli orang lain pikirnya gimana.


ZombiEE wrote:Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe
Last edited by Resale Value on Tue Mar 05, 2013 8:42, edited 1 time in total.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by ZombiEE »

Resale Value wrote:ya kebutuhan orang masing masing beda, cara pikirnya juga beda, prejudice masih masing orang beda, info yang di ketahui masing masing orang beda, jadi pilihannya pasti beda beda.


Tapi untuk saya, jelas harus miliki semua poin ini di satu mobil, saat ini :


1. Safety numero siji. harus ada hasil uji tabrakan di eropa atau amrik atau jepang. Dan jika bisa lebih tinggi banding saingannya yang lebih mahal pula, so much the better


2. comfort. jalanan macet. jika ngak enak, ngapain ? ride and handling harus enak, posisi duduk, ukuran / ergonomic kursi harus enak. Setidaknya baris 1 dan 2. Baris 3 karena ngak sering di pakai, dan di pakai pun paling anak / dewasa bukan ukuran besar. Jadi baris 3 tidak perlu seenak baris 1 dan 2.


3. Ruang bagasi lumayan besar, untuk bisa bawa banyak barang. Dan jika bisa max payloadnya harus lumayan tinggi, setidaknya lebih besar banding saingannya


4. Fitur jelas penting. Jika banyak fitur seperti lampu zenon, electric seat, jok kulit dll kan enak. Apalagi jika ada fitur bonus seperti cruise control, panoramic sunroof, mid, dll, jangan di tolak. terima saja.


5. bisa bawa minimum 8-9 orang campuran anak dan dewasa. Memang jarang, tapi jika bisa, kenapa tidak ? jadi ya harus 3 baris.


6. mesin powerful, namun tetap irit, dan jika bisa, ngak terlalu berisik. Karena pengaruhi comfort.


7. saat naik turun mobil ngak terlalu rendah, namun terlalu tinggi juga ngak enak. susah naik turunnya, apalagi saat ortu ikut. jadi posisi ground clearance ngak perlu tinggi sekali. Asal lewat polisi tidur / jalan keriting ala jalan kota ngak mentok sudah cukup. Toh banjir sekarang gc 250 mm percuma, tenggelam juga. juga toh ngak off-road ini.


8. tampang ngak membosankan, karena rencana pakai lama, minimal 5 tahun, jika tampang sebenernya ngak gitu srek tapi di maksa beli, akan cepat bosan nanti. hidup jadi ngak bisa di nikmati maximal dari segi saat on the road.


9. jaringan servis ngak perlu harus 300-1000 gitu banyak. Ngapain ? Kan tiap kali servis cuman butuh 1 aja. Yang penting jarak dari rumah / kantor ke bengkel ya paling lama 45 minute udah sampai, dan juga antriannya ngak terlalu lama.


Percuma jika 15 minute sampai ke bengkel karena jaringannya banyak, tapi karena overcrowded, akhirnya nunggu ber jam jam sebelum selesai. Sama aja boong. Mending 30 minute sampai bengkel, 1-2 jam selesai. Dari pada 15 minute sampai, tapi nunggu 3-4 jam baru selesai.


Juga asal tiap kota besar ada 1 bengkel untuk saya udah cukup. Toh jarang keluar kota ke Semarang, Jogja, Bali gitu, ngak pengaruh untuk saya siapa ada 10 biji di semarang atau cuman ada 1. Yang penting itu dia, jangan antriannya lama.


Pula jika benar sial mogok, saya percaya bahwa pemilik daihatsu yang jaringan bengkelnya banyak, ngak mungkin bisa pas pasan mogok di depan bengkel dai. jika benar sial mogok di pantura bagian yang sepi, toh sama aja harus minta bantuan derek. Dan lagi, faktor overcrowding, jika waktu derek ke dai lebih singkat karena lebih dekat, namun nunggunya lama, karena banyak pasien lain, ya sama aja boong.


10. mereknya harus terkenal, sudah di terima di manca negara. Di indonesia kecil pun ngak masalah. asal worldwide sudah banyak yang pakai, penjualannya besar (ngak perlu harus no.1), artinya mutunya ngak mungkin jelek sampai kemana.


11. Dan jika demikian di poin 10, artinya toh chance untuk mogok di tengah pantura juga kecil sekali. Jadi meskipun beresnya sekalilagi ngak perlu di tiap 5 km. Tapi jika ragu takut mobilnya akan sering mogok / rusak, ngak yakin ama kemampuan / mutu pabriknya, ya tiap 2 km ada bengkel juga percuma.


12. resale value harus terbukti kuat, atau jika belum ketahuan, setidaknya saudaranya sejenis sudah terbukti kuat, dan juga merek lain sejenis juga terbukti kuat. andai kata menang dikit atau kalah dikit juga no big deal. Toh mayoritas mobil jika pakai 5 tahun atau lebih, sama aja juga rugi pasti. Setidaknya jika memenuhi semua poin di atas, saya yakin ngak bakal hancur tinggal 50 juta gitu.


13. size pas, ngak terlalu gede, ngak terlalu kecil, supaya gampang parkir, muat di garasi di rumah.


14. harga sparepart masuk akal. mahal dikit juga no big deal, karena toh setau saya mayoritas harga fast moving part antara mobil ngak beda jauh, harga slow moving lebih mahal pun juga asal ngak beda jauh banget, no big deal, toh bukan tiap bulan ganti ini. Pula jika bisa dapat comfort dan performance top, ya lebih mahal pun juga wajar. Mau harga miring, ya biasanya performanya tau sendiri.


Toh jika sudah yakin seperti di poin 10, seharusnya ngak cepat rusak, jadi toh jarang ganti sparepart slow moving juga.


15. meskipun perlu BBM mutu tinggi (harga mahal), tapi jika sekali kali perlu pakai BBM murah, juga bisa. Ngak bakal mogok. Saya sudah ngak di subsidi, karena toh ngak lama lagi subsidi akan di cabut.


Entah apalagi yang belum di bahas. Tapi poin poin penting untuk saya adalah 15 poin di atas. Oh ya, kalau bisa, jangan dari merek yang belakangan kerjaannya recall jutaan mobil terus tiap berapa bulan di manca negara. ngak peduli dulu sebagus apa, karena menurut saya, jika belakangan banyak recall skala jutaan, untuk masalah serius pula, bukan cuman bunyi bunyi gitu, udah pasti system mereka ngak beres.


sudah di beresin pun, jika masih ada pilihan lain yang lebih bagus, yang memenuhi kriteria 12 poin tadi, ya ngapain ambil risiko ? orang lain mau, silahkan. tapi untuk saya, asal sudah temukan yang bisa puaskan 15 poin tadi, sudah cukup.


ya tiap pabrik pasti ada recall, dan biasanya jumlahnya ribuan tiap kasus, atau max ratusan ribu aja udah jarang. tapi jika makin sering recall jutaan, itu untuk saya adalah red flag. bendera merah. ngak peduli orang lain pikirnya gimana.


ZombiEE wrote:Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe
Dan....ada contoh konkrit nya? Seperti pemisalan merk A tipe S....?
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Bueuk_32 »

kalo dari 2 quote ini:
Resale Value wrote: T31 Xt 2010. Dulu barunya 341 juta. Nilainya sekarang
260 juta

http://mobil.tokobagus.com/nissan/nissa ... 61398.html
umur 3 tahun.
ZombiEE wrote: saya ex-pemakai xtrail, tahun 09 bulan nov beli 341 jutaan, jual 275jt dgn susah payah di tahun 2012 bulan maret
umur jg 3 tahun

kalau bicara angka, sebenernya data dari om RV lebih rendah tapi ybs mengatakan resale value T31 tidak buruk. sebaliknya bagi om zombiee T31 resale value nya buruk meski harga jualnya lebih tinggi.

artinya penilaian baik-buruk tentang resale value kan subyektif ya? :e-think:
"The Power of ren-Dreams"
Image
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by M-90 »

Atau diperjelas aja Jemb, pertanyaanya.
1. Bro RV sekarang pake merk apa dan type apa ?
2. Kalo mo ganti, ganti merk dan typel apa ?

Truss, sekalian sama analisa resale value-nya............ :ngacir:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by c_adhi_k »

Resale value tidak hanya masalah nilai jual
tetapi masalah likuiditasnya juga
Mau jual t31 xt 2010 seharga 300juta dan dipasang diiklan boleh juga kok
tapi ada yang beli atau ga, ane kurang paham :mky_03:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
Resale Value

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Resale Value »

Silahkan tebak aja. cuman untuk orang seperti penikmat kopi dan serupa, asal toyota, ya mau nanti di kasih transmisi 3 speed, zero airbag, no luxury fitur, ride and handling gerobak, harga 1 M pun tetap sip untuk di beli.


ya ngak penikmat kopi. asal toyota. hey, someday maybe toyota indonesia akan bikin kejutan baru. 1 speed, zero safety, no fitur, 2 baris, harga 1M, pasti tetap laku yah ? saya jika jadi toyota coba aja diversifikasi ke industry lain, misalnya jual bakso ikan satu biji 1 juta ukuran 3 cm. pasti tetap laku. iya ngak ? kan toyota. siapa tau habis di makan, di muntahkan, di jual lagi, hey, resale valuenya tinggi loh ! Bisa laku 900,000 kali.


jika banyak konsumen indonesia pikirannya tetap seperti penikmat kopi dan yang serupa, ya jangan harap innova baru nanti akan banyak improvement. paling cuman casingnya doang di ganti. mesin masih sama, transmisi masih 4 speed, fitur minim, harga tinggi.


toh toyohonda di Indonesia pasti pikir, ngapain gue keluar duit nambah fitur, improvement ? kasih barang kuno pun laku ? for what ? what for ?


tapi saya bukan salah satunya. saya hidup cuman sekali. saya mau menikmati hasil duit saya. biar orang lain ketakutan coba merek yang selama ini ngak pernah di coba karena prejudice atau ketakutan atau apa. yang penting untuk saya, asal sudah memenuhi 15 kriteria tadi, ya spk.


ZombiEE wrote:
Resale Value wrote:ya kebutuhan orang masing masing beda, cara pikirnya juga beda, prejudice masih masing orang beda, info yang di ketahui masing masing orang beda, jadi pilihannya pasti beda beda.


Tapi untuk saya, jelas harus miliki semua poin ini di satu mobil, saat ini :


1. Safety numero siji. harus ada hasil uji tabrakan di eropa atau amrik atau jepang. Dan jika bisa lebih tinggi banding saingannya yang lebih mahal pula, so much the better


2. comfort. jalanan macet. jika ngak enak, ngapain ? ride and handling harus enak, posisi duduk, ukuran / ergonomic kursi harus enak. Setidaknya baris 1 dan 2. Baris 3 karena ngak sering di pakai, dan di pakai pun paling anak / dewasa bukan ukuran besar. Jadi baris 3 tidak perlu seenak baris 1 dan 2.


3. Ruang bagasi lumayan besar, untuk bisa bawa banyak barang. Dan jika bisa max payloadnya harus lumayan tinggi, setidaknya lebih besar banding saingannya


4. Fitur jelas penting. Jika banyak fitur seperti lampu zenon, electric seat, jok kulit dll kan enak. Apalagi jika ada fitur bonus seperti cruise control, panoramic sunroof, mid, dll, jangan di tolak. terima saja.


5. bisa bawa minimum 8-9 orang campuran anak dan dewasa. Memang jarang, tapi jika bisa, kenapa tidak ? jadi ya harus 3 baris.


6. mesin powerful, namun tetap irit, dan jika bisa, ngak terlalu berisik. Karena pengaruhi comfort.


7. saat naik turun mobil ngak terlalu rendah, namun terlalu tinggi juga ngak enak. susah naik turunnya, apalagi saat ortu ikut. jadi posisi ground clearance ngak perlu tinggi sekali. Asal lewat polisi tidur / jalan keriting ala jalan kota ngak mentok sudah cukup. Toh banjir sekarang gc 250 mm percuma, tenggelam juga. juga toh ngak off-road ini.


8. tampang ngak membosankan, karena rencana pakai lama, minimal 5 tahun, jika tampang sebenernya ngak gitu srek tapi di maksa beli, akan cepat bosan nanti. hidup jadi ngak bisa di nikmati maximal dari segi saat on the road.


9. jaringan servis ngak perlu harus 300-1000 gitu banyak. Ngapain ? Kan tiap kali servis cuman butuh 1 aja. Yang penting jarak dari rumah / kantor ke bengkel ya paling lama 45 minute udah sampai, dan juga antriannya ngak terlalu lama.


Percuma jika 15 minute sampai ke bengkel karena jaringannya banyak, tapi karena overcrowded, akhirnya nunggu ber jam jam sebelum selesai. Sama aja boong. Mending 30 minute sampai bengkel, 1-2 jam selesai. Dari pada 15 minute sampai, tapi nunggu 3-4 jam baru selesai.


Juga asal tiap kota besar ada 1 bengkel untuk saya udah cukup. Toh jarang keluar kota ke Semarang, Jogja, Bali gitu, ngak pengaruh untuk saya siapa ada 10 biji di semarang atau cuman ada 1. Yang penting itu dia, jangan antriannya lama.


Pula jika benar sial mogok, saya percaya bahwa pemilik daihatsu yang jaringan bengkelnya banyak, ngak mungkin bisa pas pasan mogok di depan bengkel dai. jika benar sial mogok di pantura bagian yang sepi, toh sama aja harus minta bantuan derek. Dan lagi, faktor overcrowding, jika waktu derek ke dai lebih singkat karena lebih dekat, namun nunggunya lama, karena banyak pasien lain, ya sama aja boong.


10. mereknya harus terkenal, sudah di terima di manca negara. Di indonesia kecil pun ngak masalah. asal worldwide sudah banyak yang pakai, penjualannya besar (ngak perlu harus no.1), artinya mutunya ngak mungkin jelek sampai kemana.


11. Dan jika demikian di poin 10, artinya toh chance untuk mogok di tengah pantura juga kecil sekali. Jadi meskipun beresnya sekalilagi ngak perlu di tiap 5 km. Tapi jika ragu takut mobilnya akan sering mogok / rusak, ngak yakin ama kemampuan / mutu pabriknya, ya tiap 2 km ada bengkel juga percuma.


12. resale value harus terbukti kuat, atau jika belum ketahuan, setidaknya saudaranya sejenis sudah terbukti kuat, dan juga merek lain sejenis juga terbukti kuat. andai kata menang dikit atau kalah dikit juga no big deal. Toh mayoritas mobil jika pakai 5 tahun atau lebih, sama aja juga rugi pasti. Setidaknya jika memenuhi semua poin di atas, saya yakin ngak bakal hancur tinggal 50 juta gitu.


13. size pas, ngak terlalu gede, ngak terlalu kecil, supaya gampang parkir, muat di garasi di rumah.


14. harga sparepart masuk akal. mahal dikit juga no big deal, karena toh setau saya mayoritas harga fast moving part antara mobil ngak beda jauh, harga slow moving lebih mahal pun juga asal ngak beda jauh banget, no big deal, toh bukan tiap bulan ganti ini. Pula jika bisa dapat comfort dan performance top, ya lebih mahal pun juga wajar. Mau harga miring, ya biasanya performanya tau sendiri.


Toh jika sudah yakin seperti di poin 10, seharusnya ngak cepat rusak, jadi toh jarang ganti sparepart slow moving juga.


15. meskipun perlu BBM mutu tinggi (harga mahal), tapi jika sekali kali perlu pakai BBM murah, juga bisa. Ngak bakal mogok. Saya sudah ngak di subsidi, karena toh ngak lama lagi subsidi akan di cabut.


Entah apalagi yang belum di bahas. Tapi poin poin penting untuk saya adalah 15 poin di atas. Oh ya, kalau bisa, jangan dari merek yang belakangan kerjaannya recall jutaan mobil terus tiap berapa bulan di manca negara. ngak peduli dulu sebagus apa, karena menurut saya, jika belakangan banyak recall skala jutaan, untuk masalah serius pula, bukan cuman bunyi bunyi gitu, udah pasti system mereka ngak beres.


sudah di beresin pun, jika masih ada pilihan lain yang lebih bagus, yang memenuhi kriteria 12 poin tadi, ya ngapain ambil risiko ? orang lain mau, silahkan. tapi untuk saya, asal sudah temukan yang bisa puaskan 15 poin tadi, sudah cukup.


ya tiap pabrik pasti ada recall, dan biasanya jumlahnya ribuan tiap kasus, atau max ratusan ribu aja udah jarang. tapi jika makin sering recall jutaan, itu untuk saya adalah red flag. bendera merah. ngak peduli orang lain pikirnya gimana.


ZombiEE wrote:Selanjutnya, kalau oom RV akan membeli mobil baru sekarang, kira2 milih yg mana ya? Boleh tau ga ya?ehehhe
Dan....ada contoh konkrit nya? Seperti pemisalan merk A tipe S....?
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: List mobil2 yg Resale Value nya termasuk buruk

Post by Bueuk_32 »

c_adhi_k wrote:Resale value tidak hanya masalah nilai jual
tetapi masalah likuiditasnya juga
Mau jual t31 xt 2010 seharga 300juta dan dipasang diiklan boleh juga kok
tapi ada yang beli atau ga, ane kurang paham :mky_03:
maksud saya, kalo data dari om zombiee kan konkrit ya, emang aslinya segitu (karena empiris).
klo data dari om RV, katakanlah data nya tidak mencerminkan harga pasar (si pengiklan seenak dewek)
tapi tetep aja ga mungkin ada yg mau beli lebih dari pricelist kan? pasti dibawah itu, maksimal sama dg pricelist (260 jt).
"The Power of ren-Dreams"
Image