Ga harus bro... Yg ga boleh gas duluan saat netral waktu berhenti, trus dimasukin ke D.jalananDOHC wrote:tanya lagi, klo N ke D harus pake rem gak?
digrup sebelah, pengguna pug 307 sporty & mobilio dari N ke D tanpa rem
Pemakaian transmisi matic yang benar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Kayaknya beda mobil beda mungkin om. CmiiwjalananDOHC wrote:tanya lagi, klo N ke D harus pake rem gak?
digrup sebelah, pengguna pug 307 sporty & mobilio dari N ke D tanpa rem
Yaris dari N ke D bisa langsung
E46 kalo gak di injak rem dia ga bs pindah dari N ke D..
Cmiiw yah masi newbie juga. Hahah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
BMW memang gak mau kalo keluar dari N, tanpa injak rem.
pertanyaan yang paling atas, kalo berhenti pindah ke N atau tetap di D,
15 th yang lalu, saya pernah menanyakan hal tersebut ke Mercedes Benz, melalui email ke MB jerman
saat itu dijawab, tidak ada bedanya mau pindah ke N atau tetap di D, keduannya tidak akan merusak transmisi, saran mereka cuma kalau berhenti cukup lama, pindah ke N saja.
di BMW dan Mercedes tipe2 baru, ada fitur untuk otomatis terpasang Rem, apabila mobil berhenti, supir tidak perlu menahan pedal rem agar mobil tetap berhenti dan transmisi tidak perlu dipindah ke N. apabila di gas, maka rem akan otomatis terlepas.
pertanyaan yang paling atas, kalo berhenti pindah ke N atau tetap di D,
15 th yang lalu, saya pernah menanyakan hal tersebut ke Mercedes Benz, melalui email ke MB jerman
saat itu dijawab, tidak ada bedanya mau pindah ke N atau tetap di D, keduannya tidak akan merusak transmisi, saran mereka cuma kalau berhenti cukup lama, pindah ke N saja.
di BMW dan Mercedes tipe2 baru, ada fitur untuk otomatis terpasang Rem, apabila mobil berhenti, supir tidak perlu menahan pedal rem agar mobil tetap berhenti dan transmisi tidak perlu dipindah ke N. apabila di gas, maka rem akan otomatis terlepas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Saya juga kalo behenti lama doang baru pindah ke N. Kalo sebentar sebentar pindah, matic selectornya pusing tar [emoji14]
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Saya selalu N kalo macet merayap... Biar kaki gak pegel




Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
klu di lampu merah selalu di N, tarik rem tangan.
klu mau jalan, pindah ke D dari N, selalu nunggu 2 detik baru di gas.
setiap perpindahan gear wajib injak pedal rem secara penuh.
klu mau jalan, pindah ke D dari N, selalu nunggu 2 detik baru di gas.
setiap perpindahan gear wajib injak pedal rem secara penuh.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
permisi om ane nubie nih hehe
ane lagi disuruh bikin tugas dari kampus nih ane ambil judul tentang perawatan transmisi matic nah ane lagi bingung nih ttg masalah overhaul mobil matic kira apa aja ya part yang harus diganti? terus biasanya di overhaul tuh setelah rusak atau setelah melawti beberapa rb km? terus estimasi biaya berapa ya? hehe maklum ane blm pernah piara mobil matic hehe paling awal bulan nanti ane miara mobil matic soalnya babeh beli mobil matic thanks om om
ane lagi disuruh bikin tugas dari kampus nih ane ambil judul tentang perawatan transmisi matic nah ane lagi bingung nih ttg masalah overhaul mobil matic kira apa aja ya part yang harus diganti? terus biasanya di overhaul tuh setelah rusak atau setelah melawti beberapa rb km? terus estimasi biaya berapa ya? hehe maklum ane blm pernah piara mobil matic hehe paling awal bulan nanti ane miara mobil matic soalnya babeh beli mobil matic thanks om om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Maaf bangkitin trit lama.
Mo nanya, baiknya pas nunggu agak lama kurleb 2 sampai 3 jam dgn mesin nyala juga ac nyala
(pas di feri, ga bisa keluar mobil pintu mepet kendaraan sebelah)
Baiknya taruh di N atau P ?
Terima kasih
Mo nanya, baiknya pas nunggu agak lama kurleb 2 sampai 3 jam dgn mesin nyala juga ac nyala
(pas di feri, ga bisa keluar mobil pintu mepet kendaraan sebelah)
Baiknya taruh di N atau P ?
Terima kasih
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Siap om, makasih informasinya..gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Sebelumnya agak rancu jg saya...
Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas
Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..
Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..
Walapun jg resiko keracunan asap..
Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah
Maaf oot
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
transmisi P sama aja dengan netral om, cuma bedanya P itu parking pawl (kuku gigi parkir) aktif mengunci output shaft. Mau mesin nyala seharian ga masalah kok om untuk transmisi, karena solenoid kampas planetarynya ga ada yg aktif untuk meneruskan tenaga dari input shaft yang diputer mesin melalui torque converter.pernahmiskin wrote:Siap om, makasih informasinya..gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Sebelumnya agak rancu jg saya...
Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas
Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..
Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..
Walapun jg resiko keracunan asap..
Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah
Maaf oot
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:pernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 19:27Siap om, makasih informasinya..gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Sebelumnya agak rancu jg saya...
Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas
Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..
Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..
Walapun jg resiko keracunan asap..
Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah
Maaf oot
Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R
Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Fri Sep 08, 2017 0:32
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE - RX 2011
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Betul om, teman saya pernah kejadian seperti itu. Kalo saya sih utk amannya, selama mesin hidup dan berhenti (dan memang diharuskan utk masuk mode N), sebaiknya parking brake diaktifkan. Lebih safe lagi kalo dimasukkan ke mode P dan sebisa mungkin driver tdk meninggalkan kursinya.lemonadelovers wrote: Sat Jul 14, 2018 23:16Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:pernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 19:27Siap om, makasih informasinya..gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Sebelumnya agak rancu jg saya...
Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas
Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..
Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..
Walapun jg resiko keracunan asap..
Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah
Maaf oot
Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R
Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Di kapal feri yang paling aman begitu parkir langsung matikan mesin, semua penumpang turun dari mobil dan menunggu di ruang tunggu atas.
Jaga2 kalau ombak besar, berada di dek mobil bisa jauh lebih serem daripada ngadepin mertua sewot.
Jaga2 kalau ombak besar, berada di dek mobil bisa jauh lebih serem daripada ngadepin mertua sewot.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Terima Kasih tambahan informasinya om...silentIm2 wrote: Sat Jul 14, 2018 22:20transmisi P sama aja dengan netral om, cuma bedanya P itu parking pawl (kuku gigi parkir) aktif mengunci output shaft. Mau mesin nyala seharian ga masalah kok om untuk transmisi, karena solenoid kampas planetarynya ga ada yg aktif untuk meneruskan tenaga dari input shaft yang diputer mesin melalui torque converter.pernahmiskin wrote:Siap om, makasih informasinya..gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Sebelumnya agak rancu jg saya...
Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas
Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..
Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..
Walapun jg resiko keracunan asap..
Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah
Maaf oot
Ga sebabkan oli transmisi panas berlebih ya?
Sebab sy baca2 d SM jg ada yg bikang bikin panas transmisi...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Hati2 saja..
Karena pada saat mesin menyala lama dgn posisi trans di P, olie transmisi tidak bisa bersirkulasi dgn lancar..
Karena pada saat mesin menyala lama dgn posisi trans di P, olie transmisi tidak bisa bersirkulasi dgn lancar..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Amannya sih di p saja om, ga takut kesenggol hahaha.. intinya sih 2 posisi itu sama saja kok, cuma beda di p parking pawlnya ngelock, doang..no load= ga akan overheat selama ada fluid nya hahahahpernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 17:07 Maaf bangkitin trit lama.
Mo nanya, baiknya pas nunggu agak lama kurleb 2 sampai 3 jam dgn mesin nyala juga ac nyala
(pas di feri, ga bisa keluar mobil pintu mepet kendaraan sebelah)
Baiknya taruh di N atau P ?
Terima kasih
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Parking brake is a must. Biasakan mengaktifkan parking brake ketika di N.lemonadelovers wrote: Sat Jul 14, 2018 23:16 --cut--
Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:
Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R
Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
Kalo sopirnya mau turun sebentar tapi mesin masih nyala, parking brake trus pindahkan ke P.
Semuanya demi keselamatan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
kemarin perhatiin suhu atf, maksimal di 88 C, itu saat marathon menaklukkan barisan panjang arus mudik di lintas sumatera.
jadi full gaya pedal to carpet.
kalo bawaan normal, biasanya di 70 tinggi sampai 80 lewat dikit.
saya juga aliran pindah ke N kalo macet. hitungannya, kalau sekitar 5 mobil ke depan stuck.
jadi full gaya pedal to carpet.
kalo bawaan normal, biasanya di 70 tinggi sampai 80 lewat dikit.
saya juga aliran pindah ke N kalo macet. hitungannya, kalau sekitar 5 mobil ke depan stuck.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pemakaian transmisi matic yang benar
Makasih jawaban2nya om2 semua...
Nambah wawasan saya.
Ga rugi join SM.
Saya bakal coba kalau parkir lama taruh di P saja.
Dan bakal ganti atf dgn yg bagusan dgn merk yg populer di threat oli transmisi.
Nambah wawasan saya.
Ga rugi join SM.
Saya bakal coba kalau parkir lama taruh di P saja.
Dan bakal ganti atf dgn yg bagusan dgn merk yg populer di threat oli transmisi.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
