@mklasse Thx berat om..mklasse wrote:Short review yah.. blm sempet bikin full review. Mobil yang gw review X3 2.0d executive CBU ya bro, jadi kemungkinan ada option2 yang berbeda kalo bro rencana beli yang unit baru yg udah CKD. Sekarang juga ada pilihan mesin N20 2.0L twinpower gasoline engine juga.hitutbaw wrote:Ada yg bs share tentang x3 gak? Bgmn pengalamannya pakai selama ini?. Kalau pilihannya rx270 atau x3 bgmn?.
Plus:
+ BMW handling, untuk kecepatan tinggi fun-to-drivenya baru keluar, steeringnya otomatis jadi berat di kecepatan tinggi dan baru kerasa mantepnya pas lagi digeber di tol. Untuk dalam kota steeringnya jadi very light, mungkin bagus buat orang berumur, tapi buat gw its a little too light.
+ Tenaga mesin N47 2.0L Twinpower turbo diesel dirasakan cukup memadai untuk pemakaian di dalam kota maupun diluar kota, karena memang gw ga begitu suka kebut2an, dan kalo mau kebut2an sih salah pilih mobil. Tarikan cukup bagus, hanya saja kalo dari keadaan diam lgs dibejek kerasa turbo-lagnya. Kalo lagi di jalan tol apa jalanan luar kota jalan kecepatan 60-80km mau nyalip sih mantap tarikannya.
+ Suspensi sudah tidak sekeras X3 E83, dan kenyamanan menurut saya sih bagus, jalanan keriting cukup teredam. Untuk lebih jelas lagi sih mendingan langsung TD aja, soalnya selera masing2 orang kan beda2. Kalo menurut gw sih udah pas deh antara ride quality and handling untuk settingan suspensinya, apalagi untuk kondisi indonesia yang jalannya udah kyk permukaan bulan, dan memang peruntukan mobil ini kalo bagi gw jg buat transportasi keluarga.
+ Efficient. Maybe kalo beli BMW gak mikirin efficiency ya, tapi BMW sekarang lagi gembar gemborin efisiensi dari line up2 mereka, mungkin memang tuntutan jaman untuk memproduksi mobil2 yang lebih irit dan ramah lingkungan. Averaging fuel consumption kalo gw pribadi sih antara 1:10-11 (avg speed 20 km/h.. yes, 20 kph..) untuk penggunaan dalam kota, dan 1:19-20 untuk penggunaan strictly tol (avg speed 80km/h -memang payah sih tol indo banyak gangguannya mau steady 100kph jg kaga bisa
). Kalo dibandingin CX5 yg 2.0 skyactive bensin sih 11-12 FCnya, tapi gw udah puas berhubung X3 lebih berat dari CX5 (1800kg vs 1500kg.. roughly yah) dan AWD vs FWD.
+ The little things.. Hillstart assist (fitur ini gak ada ditulis di brosur), Automatic shift to P kalau driver's door dibuka pas lg di D ato R, Ga bisa shift out of P kalo driver's door kebuka/gak kenceng DAN ga pakai seatbelt (kalo salah satu dilakukan, bisa shift out of P). Mungkin biasa ya untuk pengguna BMW type baru yg udah pake joystick transmission.. fitur lain yg lumayan sering gw pake itu auto-hold. Kalo macet2an ga perlu nahan injek rem, mobilnya otomatis hold remnya sampe kita tekan pedal gas.
Now the minus
- Steering terlalu ringan untuk dalam kondisi dalam kota. Tergantung selera juga, mungkin ada juga yg suka. TD aja untuk merasakannya.
- Minim option untuk yg dijual di tanah air (kecuali ambil yg 35i udah lumayan), dan kalo mau tambah option lumayan mahal kena harganya. Apalagi kemarin liat yg 20d versi CKD waktu IIMS.. wah parah tuh masa AC jadi single zone (X1 aja dual zone) dan lobang AC belakang dihapus jadi lubang buat taro barang doang. Untungnya yg gw sih ac masih dual zone dan ada lobang ac belakang.
- Untuk versi diesel masih terbatas pompa bensinnya, kalau untuk warga jakarta sih gak masalah mungkin ya.
Kalo banding sama RX270 sih gw blm pernah nyobain nyetir RX baru, so gak bisa comment perbandingannya.
Gw sih saranin TD aja pilih mana aja yg paling sreg di hati, gw juga bukan brand snob or fanboy dari merk2 tertentu, so di mata gw sih kedua2nya bagus mobilnya, dan kedua2nya masuk dalam komparasi gw sebelum beli mobil. Sekarang tergantung user masing2 lebih suka yg mana.
Kalo ngomong diatas kertas, mungkin RX lebih value for money, karena interior jelas lebih lega dari X3 (karena sebenarnya RX ini kan rivalnya X5, bukan X3), dan kalau ambil type Ultimate jauh lebih banyak fitur (ada built-in navigation, power tailgate, active headlights - CMIIW). Kalo soal tarikan mesin, handling, dll.. lebih baik test drive aja karena spec diatas kertas gak menjamin siapa lebih unggul. Granted, gw ga sempet test drive RX ini karena udah keburu jatuh cinta duluan waktu test drive X3.









Jujur saja, alhamdulillah dapat rezeki fasilitas COP dari perusahaan - selama ini belum pernah pakai merk eropa. Kalau harus pakai uang sendiri, waduh belum kuat om naek ke kelas ini mah. Waktu itu setelah browsing2 pilihannya ada CX9, X3, Rubicon, RX270, C 250, E200. Kebetulan kl CX9, Rubicon, E200 emang udah pernah pakai (mobil orang lain ya..he he)..
Mudah2an lancar dah om, ambil BMW nya


