mohon komentar Pajero-Sport

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by M-90 »

Cuma Mau Sharing pengalaman naik Fortie Diesel baru2 ini.

Selama ini ane naik Fortie Diesel punya temen cuma muter2 di sekitar Jakarta jd nggak begitu terlihat kemampuan yg sesungguhnya. Kebetulan dalam 1 bulan terakhir, ane ada proyek di Sulsel dan kebetulan disediakan mobil Fortie Diesel M/T tahun 2008 dgn drivernya anak muda yg sedikit "gila" bawa Fortie kayak bawa Avanza. Terus terang kondisi Fortie tsb ane nggak tau masih "standar" atau tidak, baik mesin atao suspensinya.

Rute yg di tempuh bolak balik Makasar ke Enrekang, lalu ke Tana Toraja. Makasar ke Enrekang yg kondisi normal saat ini ditempuh 6 - 7 Jam, dapat dicapai dgn 5 jam-an dgn medan jalan menuju enrekang banyak tanjakan dan banyak tikungan. Persepsi ane ttg Fortie Diesel yg Boyo dan tidak nyaman menjadi sirna krn Fortie tsb terasa powerful tarikannya dan tidak pernah kehilangan tenaga di tanjakan (tentu dgn penggunaan gigi transmissi yg sesuai) dan manuver di tikungan tergolong lumayan utk mobil sebongsor Fortie dan ane masih bisa tidur nyenyak dalam perjalanan. BBM yg diminum juga selalu Solar Pertamina. Ane liat jarak tempuh Fortie-nya, sudah jalan 60 ribuan km. Sudah cukup menyimpulkan mesin D4D Fortie/Ipah tergolong reliable.
Di Sulsel, Ipah Diesel juga banyak dijadikan mobil kenderaan komersial (plat kuning) antar kota.

Waktu ada proyek di Kaltim, ane naik Mitsu Triton Double Cabin. Performance mesin Triton juga bertenaga, baik di jalan aspal maupun melintas di jalan offroad di daerah KP Batubara. Torsi terasa berlimpah dan mesin powerful. Dan yg pasti Mitsu Triton yg basis mesinnya dipake di PS juga tidak ada masalah dgn solar pertamina.Oh ya sepanjang yg ane lihat di Kaltim, populasi Mitsu Triton lebih bnyak dibanding double cabin merk pesaing.

Kesimpulan ane : Fortie atau PS, semua pilihan yg bagus. Tinggal sesuaikan dgn kebutuhan dan selera.

PS standar lebih bertenaga dibanding Fortie standar, tp mesin D4D Fortie juga punya "potensi" utk dikembangkan tenaganya. Liat aja di Innova Community, Ipah "terkencang" bukanlah Ipah bensin melainkan Ipah Diesel.

Peace :big_peace:
M90
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by maskopat »

wah, oke nih review fortie dieselnya... coba tanyain om apakah fortienya udah dimodif atau belum..
ane soalnya rada2 gak percaya fortie diesel standar gak kuat nanjak... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
peugeot 3008
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Sep 17, 2010 15:08

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by peugeot 3008 »

M-90 wrote:Cuma Mau Sharing pengalaman naik Fortie Diesel baru2 ini.

Selama ini ane naik Fortie Diesel punya temen cuma muter2 di sekitar Jakarta jd nggak begitu terlihat kemampuan yg sesungguhnya. Kebetulan dalam 1 bulan terakhir, ane ada proyek di Sulsel dan kebetulan disediakan mobil Fortie Diesel M/T tahun 2008 dgn drivernya anak muda yg sedikit "gila" bawa Fortie kayak bawa Avanza. Terus terang kondisi Fortie tsb ane nggak tau masih "standar" atau tidak, baik mesin atao suspensinya.

Rute yg di tempuh bolak balik Makasar ke Enrekang, lalu ke Tana Toraja. Makasar ke Enrekang yg kondisi normal saat ini ditempuh 6 - 7 Jam, dapat dicapai dgn 5 jam-an dgn medan jalan menuju enrekang banyak tanjakan dan banyak tikungan. Persepsi ane ttg Fortie Diesel yg Boyo dan tidak nyaman menjadi sirna krn Fortie tsb terasa powerful tarikannya dan tidak pernah kehilangan tenaga di tanjakan (tentu dgn penggunaan gigi transmissi yg sesuai) dan manuver di tikungan tergolong lumayan utk mobil sebongsor Fortie dan ane masih bisa tidur nyenyak dalam perjalanan. BBM yg diminum juga selalu Solar Pertamina. Ane liat jarak tempuh Fortie-nya, sudah jalan 60 ribuan km. Sudah cukup menyimpulkan mesin D4D Fortie/Ipah tergolong reliable.
Di Sulsel, Ipah Diesel juga banyak dijadikan mobil kenderaan komersial (plat kuning) antar kota.

Waktu ada proyek di Kaltim, ane naik Mitsu Triton Double Cabin. Performance mesin Triton juga bertenaga, baik di jalan aspal maupun melintas di jalan offroad di daerah KP Batubara. Torsi terasa berlimpah dan mesin powerful. Dan yg pasti Mitsu Triton yg basis mesinnya dipake di PS juga tidak ada masalah dgn solar pertamina.Oh ya sepanjang yg ane lihat di Kaltim, populasi Mitsu Triton lebih bnyak dibanding double cabin merk pesaing.

Kesimpulan ane : Fortie atau PS, semua pilihan yg bagus. Tinggal sesuaikan dgn kebutuhan dan selera.

PS standar lebih bertenaga dibanding Fortie standar, tp mesin D4D Fortie juga punya "potensi" utk dikembangkan tenaganya. Liat aja di Innova Community, Ipah "terkencang" bukanlah Ipah bensin melainkan Ipah Diesel.

Peace :big_peace:
M90
Fortie Diesel nya manual ya ? bisa dicoba yang matik (kl ada yg tiptronic mungkin masih oke), soalnya hari gini naik mobil manual capek kena macet di jalan
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by BADAK »

Kalo asal nanjak aja mestinya semua mobil diesel kuat2 aja, asal sesuai dgn muatan. Justru medan tanjakan itu makanannya mobil diesel. Hanya pertanyaannya, yg mengatakan fortie diesel boyo itu dibandingkan apa dulu. Kalo dgn innova diesel scr logika pst lebih boyo, krn dgn mesin sama fortie mengangkat beban lebih berat.
Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by M-90 »

Supirnya masih baru Bro, waktu ane tanyain mesinnya apa udah dimodifikasi, die gak tau. Waktu buka kap mesin pd saat si supir isi air utk wiper, ane liat secara fisik mesinnya masih keliatan standar, nggak tau apa udah dipasang "piggyback or powerplug".



maskopat wrote:wah, oke nih review fortie dieselnya... coba tanyain om apakah fortienya udah dimodif atau belum..
ane soalnya rada2 gak percaya fortie diesel standar gak kuat nanjak... :big_peace:
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by M-90 »

Dalam keadaan standar, memang Ipah Bensin lebih kenceng dibanding Ipah Diesel. Ipah Diesel terkencang yg ane maksud tsb udah dimodifikasi dan pake transmisi A/T pula. Ane pernah posting tuh Ipah Diesel tsb, Maskotnya Innova Community, "si Moncong Merah".
Di bbrp event drag race di Jabodetabek, si Moncong Merah kerap mempencudangi mobil2 sedan bensin M/T yg juga sdh di modifikasi.

Detail apa aja yg di modifikasi di "Moncong Merah", Om Turboman lebih tau, secara ane udah lama nggak aktif di Innova Community, cuma masih memantau aja perkembangannya.

BADAK wrote:Kalo asal nanjak aja mestinya semua mobil diesel kuat2 aja, asal sesuai dgn muatan. Justru medan tanjakan itu makanannya mobil diesel. Hanya pertanyaannya, yg mengatakan fortie diesel boyo itu dibandingkan apa dulu. Kalo dgn innova diesel scr logika pst lebih boyo, krn dgn mesin sama fortie mengangkat beban lebih berat.
Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by Turboman »

BADAK wrote: Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
Waktu Drag race Sentul hr sabtu - minggu lalu, D4 D MM sempat mencatat 17.75 detik utk jarak 402 M

Ipah 2.7 Gasoline milik owner yg sama dengan D4 D MM malah lebih lambat sedikit utk jarak 402 M nya, Padahal Ipah 2.7 nya sgt prima en udah di Tune juga.

Ipah 2.7 lohh......bukan Ipah 2.0
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by ZombiEE »

Kalo ane sih blg kuat nanjak....cuman mcm manusia...napas nya pendek...‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by BADAK »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
Waktu Drag race Sentul hr sabtu - minggu lalu, D4 D MM sempat mencatat 17.75 detik utk jarak 402 M

Ipah 2.7 Gasoline milik owner yg sama dengan D4 D MM malah lebih lambat sedikit utk jarak 402 M nya, Padahal Ipah 2.7 nya sgt prima en udah di Tune juga.

Ipah 2.7 lohh......bukan Ipah 2.0
Varabel untuk mobil yg sudah dimodifikasi saya rasa terlalu luas. Kita tidak tahu modifikasi apa sajakah yg telah dilakukan thd kedua mobil. Maksud saya, terlalu dini mengatakan innova diesel lbh kencang dr innova bensin. IMHO lebih adil kalo innova bensin std diadu dgn captiva diesel std juga. :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
FortunerMan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by FortunerMan »

Yg dimaksud diatas juga emang mobil udah modif - potensi Innova diesel dioprek jauh lebih banyak drpada innova bensin. Baca lagi kalimatnya...

"PS standar lebih bertenaga dibanding Fortie standar, tp mesin D4D Fortie juga punya "potensi" utk dikembangkan tenaganya. Liat aja di Innova Community, Ipah "terkencang" bukanlah Ipah bensin melainkan Ipah Diesel. "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by Turboman »

BADAK wrote: IMHO lebih adil kalo innova bensin std diadu dgn captiva diesel std juga. :big_peace:
Coba aja diukur pake G Tech Pro, uji akselerasi 0-201 M aja sbg patokan.

Kalo mobil2-nya udah siap, nti ane kasih no hp temen ane yg pegang G Tech Pro itu, bisa test di THI, ada trek sepi sepanjang lebih dr 200 M. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by DOHC »

M-90 wrote:Dalam keadaan standar, memang Ipah Bensin lebih kenceng dibanding Ipah Diesel. Ipah Diesel terkencang yg ane maksud tsb udah dimodifikasi dan pake transmisi A/T pula. Ane pernah posting tuh Ipah Diesel tsb, Maskotnya Innova Community, "si Moncong Merah".
Di bbrp event drag race di Jabodetabek, si Moncong Merah kerap mempencudangi mobil2 sedan bensin M/T yg juga sdh di modifikasi.

Detail apa aja yg di modifikasi di "Moncong Merah", Om Turboman lebih tau, secara ane udah lama nggak aktif di Innova Community, cuma masih memantau aja perkembangannya.

BADAK wrote:Kalo asal nanjak aja mestinya semua mobil diesel kuat2 aja, asal sesuai dgn muatan. Justru medan tanjakan itu makanannya mobil diesel. Hanya pertanyaannya, yg mengatakan fortie diesel boyo itu dibandingkan apa dulu. Kalo dgn innova diesel scr logika pst lebih boyo, krn dgn mesin sama fortie mengangkat beban lebih berat.
Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
maksud kenceng nya gmana dulu nehh.... kalo ngejar topspeed mungkin bener kalo ipah bensin 2.0 std bisa lebi tinggi dari ipah disel std.... tapi kalo tarikan awal ane rasa sehhh tetep yg diesel lebi nendang.... tapi ini berlaku hanya utk ipah bensin feslip yahh.... kalo ipah bensin gen 1 non euro sehh laen crita... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by henz155 »

ane pernah bawah ipah diesel tahun 2005,vs bensin tahun brp ane g taw yg jelas ane tempelin trus itu mbl bgt kosong lgsg ane potong kyk tahu oom.cm main rpm 3000 ke atas klo di bawah g da tenaga ipah diesel,cm kalah kontanny wkt ma motong mbl lain,soalny wkt balapan bgt di jalan lintas.hehehhe.
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by maskopat »

DOHC wrote:maksud kenceng nya gmana dulu nehh.... kalo ngejar topspeed mungkin bener kalo ipah bensin 2.0 std bisa lebi tinggi dari ipah disel std.... tapi kalo tarikan awal ane rasa sehhh tetep yg diesel lebi nendang.... tapi ini berlaku hanya utk ipah bensin feslip yahh.... kalo ipah bensin gen 1 non euro sehh laen crita... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:
dengan volume silinder yang sama antara bensin dan diesel, sepertinya kalo akselerasi masih lebih kenceng yang bensin deh....
coba buka spek i20 di uk http://www.hyundai-car.co.uk/newCars/i20/technical/
lihat di bagian engine
1.4L bensin vs 1.4 crdi
peak power: 99bhp vs 89bhp
peak torque: 101 lb-ft vs 16 lb-ft
0-62mph: 12.9s vs 13.5s
top speed: 106mph vs 108mph

yang diesel cuman menang di top speed...
sayang, tidak ada pengukuran akselarasi di rpm tengah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Ashura989
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Thu Feb 24, 2011 6:52

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by Ashura989 »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Wah aku malah baru tau kl innova diesel lbh kenceng dr innova bensin. Apa gak ada yg salah tuh dgn innova bensin nya? :mrgreen:
Waktu Drag race Sentul hr sabtu - minggu lalu, D4 D MM sempat mencatat 17.75 detik utk jarak 402 M

Ipah 2.7 Gasoline milik owner yg sama dengan D4 D MM malah lebih lambat sedikit utk jarak 402 M nya, Padahal Ipah 2.7 nya sgt prima en udah di Tune juga.

Ipah 2.7 lohh......bukan Ipah 2.0
mo tanya nie bos,
TAM udah ngga jual innova 2.7 bensin ya?
sy liat harga2 innova bensin baru adanya cuman yang mesin 2.0 and 2.5

apa skrg 2.7 dikasih buat 42ner aja ya?
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by henz155 »

yg ane taw type 2.7 se jarang bgt da di jalanan oom,soalny 2.0 z kyk gajah minum aplg 2.7?? :ungg:
Image
Ashura989
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Thu Feb 24, 2011 6:52

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by Ashura989 »

henz155 wrote:yg ane taw type 2.7 se jarang bgt da di jalanan oom,soalny 2.0 z kyk gajah minum aplg 2.7?? :ungg:


hahah,

tapi kalo 42ner, ane paling sering liat yang 2.7, jarang liat yang 2.5
sebalikna kalo tokinov kemana2 liatna 2.5D4D
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by kerogawa »

gw pke dari 2010 awal
mantab bro...
kaga ada penyesalan sama sekalii...
model gress, mesin ok, minum solar pertamina no problem, jalan jauh kuat, bensin irit.. harga masuk akal..
so tunggu apalagi? hehee
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by henz155 »

bensin irit mksdny gmn oom??? :ungg:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by ZombiEE »

Henz....di medan kalo disebut bensin itu artinya premium....
Lain kalo di daerah lain bensin itu kamsudnya bbm...cmiiw
peugeot 3008
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Sep 17, 2010 15:08

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by peugeot 3008 »

kesimpulannya kalo mau cari mobil boyo, matic jadul, tanpa sunroof pilih fortie, kalo mau yang powerfull with sunroof, tiptronic pilih pajero dakar
ps: dengan harga yg relatif sama, konsumsi bbm hampir2 sama jg
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by ak4ng »

pilihan tepat bro,,,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by henz155 »

salah kang.yg tepat itu si irit nan kenchang kang :upss: :upss:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by ak4ng »

calon pengganti nya henz,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: mohon komentar Pajero-Sport

Post by henz155 »

owww,jd calon pengganti si irit nan kenchang PS dakar??? :off_good_job:
Image