Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
@DOHC: experiment nya kurang tepat, karena disini yg dibahas adalah mesin diesel, dimana tidak mengenal sistem pengapian (busi). Kalo oli dicampur solar trz disulut api, ini lebih cocok untuk experiment mesin bensin, dimana gasoline dipantik dgn bunga api dr busi (spark plug). Bukankah prinsip kerja mesin diesel adalah sistem kompresi? Yaitu melakukan kompresi pd udara, untuk kemudian disemprotkan solar dgn tekanan tinggi (injection). CMIIW.
IMHO, kalo mau melakukan experimant yg benar sesuai postingan TS, caranya adalah memompa oli pd saluran injection. Dengan kata lain, memasukkan oli pada tangki solar
@m4rio: kayaknya gak sesimple itu kejadian runaway diesel engine. kalo segampang itu terjadi, bisa2 mesin diesel dianggap mesin gagal & gak bakal diproduksi umum CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
maksud ane coba gt tuh dak... ane pengen tau apakah oli itu sebenernya masuk kategori flammable atau tidak... soalnya kalo normalnya kan mesin diesel itu kalo konci kontak diputer off... supply solar otomatis stop... nahh katanya yg bikin nyala atau terjadi nya pembakaran dari si oli... makanya ane coba apakah oli nya itu bisa terbakar atau tidak...
Gw ngerti yg ente maksud DOHC. Hanya permasalahan sebenernya disini bukan "bisa atau tidaknya" oli terbakar. Kalo cmn asal terbakar & menghasilkan energi kyk nya oli memang mampu. Yg gw pgn tau, seberapakah daya ledak oli dengan menggunakan kompresi mesin diesel standard, hingga mampu mendorong piston? Bahkan bisa menaikkan RPM diatas 3000RPM??
Hal ini kyk nya gak bisa ditest dgn membakar oli + solar, karena cara kerja mesin diesel tidak seperti itu.
CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
doq wrote:tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
hehe amit amit jangan sampai kejadian bro ama saya,(saya berprikedieselan kok wkwkwk), itu supir saya yang ngalami waktu megang colt diesel yang kepala kuning, sering kejadian malah karena kebanyakan kepala kuning sering disiksaa ampai titik darah penghabisan
@ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.
@ Badak: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang
ini ada beberapa video diesel yang runaway monggo diliat sebagai penjelas
om dari segi pembakaran crude oil aja beda om untuk mendapatkan solar crude oil hari di bakar dan diuapkan dengan suhu yang lebih rendah dari bahan bakar diesel minyak kapal
sep trima kasih atas infonya maklum wong ndeso bro, taunya kalau solar tumpah jangan dilewati entar jatuh alias ndlosor ha7x, oli juga sama thx atas infonya
BADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz
hadir bro, bener ini bukan panther aku yang ngalami, cuma sopirku aja yang bagi pengalaman kalau sampai ngalami hal kaya gini jangan panik, tapi lakukan tindakan yang tepat
mmh iya sebaiknya saja kita jaga-jaga bukan tak pernah terjadi di satu orang bukan berarti tidak akan terjadi di orang lain, maklum cara orang bawa ama ngrawat mobil aja udah beda, apalagi beda daerah serata pengalaman, smoga hal ini bisa jadi pengetahuan tambahan bagi kita smua
tindakannya apaan bro???
ya itu bro lubang pernafasan alais intake hosnya ditutup pakai lap jadi cut segala oksigen ynag dibutuhan mesin untuk bekerja
BADAK wrote:@jalu: cmn pemikiran aku pribadi aja jal, apakah mungkin dlm hal ini pompa oli yg seharusnya off, tp tetap on dan memompa oli.
Dak...AFAIK, pompa oli di mesin itu bekerja secara mekanis, artinya digerakan oleh komponen dimesin itu sendiri...bukan sistem elektrik yang bisa dibikin on/off seperti contoh pada fuel pump. selama mesin berputar, ya pompa oli tetap ikut bekerja
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Om esh, itu kejadian hny wacana yg jarang terjadi. TS tidak pernah mengalaminya. Dgn kata lain, TS hny share suatu kejadian yg mungkin bisa terjadi pd mesin diesel + solusi yg bisa diambil.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:Om esh, itu kejadian hny wacana yg jarang terjadi. TS tidak pernah mengalaminya. Dgn kata lain, TS hny share suatu kejadian yg mungkin bisa terjadi pd mesin diesel + solusi yg bisa diambil.
Solusi yang diambil seperti ini?
ya itu bro lubang pernafasan alais intake hosnya ditutup pakai lap jadi cut segala oksigen ynag dibutuhan mesin untuk bekerja
menurut saya itu hanya cara darurat untuk mematikan mesinnya saja. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah diagnosa TS adalah benar seperti link yang diberikan TS?
Menurut saya bila mesin sebuah mobil keadaannya seperti itu tidak mungkin dipakai terus dan seharusnya ada tindakan untuk servis atau ganti mesin utuh. Bila diperbaiki maka pasti ketahuan penyebab yang sebenarnya. Apakah memang benar oli mesin murni yang menyebabkan mesin tidak mau mati bahkan rpm mesin semakin naik.
Terus terang mertua saya juga ada unit panther pick-up tahun 2006 yg dipakai untuk storing di lokasi tambang batubara di Kalsel.
BADAK wrote:Om esh, itu kejadian hny wacana yg jarang terjadi. TS tidak pernah mengalaminya. Dgn kata lain, TS hny share suatu kejadian yg mungkin bisa terjadi pd mesin diesel + solusi yg bisa diambil.
Solusi yang diambil seperti ini?
ya itu bro lubang pernafasan alais intake hosnya ditutup pakai lap jadi cut segala oksigen ynag dibutuhan mesin untuk bekerja
menurut saya itu hanya cara darurat untuk mematikan mesinnya saja. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah diagnosa TS adalah benar seperti link yang diberikan TS?
Menurut saya bila mesin sebuah mobil keadaannya seperti itu tidak mungkin dipakai terus dan seharusnya ada tindakan untuk servis atau ganti mesin utuh. Bila diperbaiki maka pasti ketahuan penyebab yang sebenarnya. Apakah memang benar oli mesin murni yang menyebabkan mesin tidak mau mati bahkan rpm mesin semakin naik.
Terus terang mertua saya juga ada unit panther pick-up tahun 2006 yg dipakai untuk storing di lokasi tambang batubara di Kalsel.
sbentar sbentar kok kelihatanya Bro Esh salah faham, mobil saya sehat sehat saja Bro, cuma ini share dari supir saya kalau misal nanti kejadian ya cara penanganan pertama ya seperti itu, saya stuju kalau Bro Esh, mengatakan perlu servis dan lain lain, karena hal kaya gini emang ndak bisa dibiarin kaya gini trus karena menyangkut nyawa serta kerugian yang tak kecil kalu sampai terjadi
angkat lagi trit lawas.
udah ada yang ngalamin langsung kaya gini?
setau saya di governor ada tuas buat emergency engine cut off, dipakai bilamana kunci kontak sudah dilepas tapi mesin tetap nyala.
CMIIW.