Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
air aki yang lagi di bahas buat nambahin air radiator ini air aki yang kepala biru kan?? bukan aki zuur????
setau ane aki zuur itu tajem bgt kan?? kalo kena metal bisa rontok itu metal..
setau ane aki zuur itu tajem bgt kan?? kalo kena metal bisa rontok itu metal..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Ya bener . Ane cuma sharing dulu pernah nemu air aki yang ternyata isinya mengandung sedikit h2so4. Konsentrasinya sangat rendah. Dan di botolnya tidak tertera bisa untuk radiator . Air aki itu adalah air aki abal2. Alias kualitasnya kurang baik . Kemasannya tipis . Bukan air aki kepala biru yg bermerk patent.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
oom mod....ane request dunk 
klo bole thread ini d buat sticky aja nih, imho sangat berguna bgt.......terutama bwat "menghancurkan" mitos bahwa radiator coolant tdk baik d gunakan pada mobil2 lama/radiator lama
yaaaa daripada info bagus gini tenggelam gtu aja

klo bole thread ini d buat sticky aja nih, imho sangat berguna bgt.......terutama bwat "menghancurkan" mitos bahwa radiator coolant tdk baik d gunakan pada mobil2 lama/radiator lama
yaaaa daripada info bagus gini tenggelam gtu aja

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Feb 18, 2011 4:37
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
gan klo coolant merk seiK*n bagus ga yah buat kuda diesel?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
share ya sedikit,
saya ganti coolant dengan Toyota Super Long Life Coolant.
Salahnya, selang yang dicelup di reservoir ber daki dan tidak, terus karena jumlah coolant nya pas-pasan, saya tambah dengan air isi ulang kira-kira setengah liter. Hasilnya daki tersebut rontok dan coolant di reservoir ada kotoran daki tersebut.
Daki yang dimaksud mungkin kerak dari air sadah, warna nya putih.
Mungkin sebaiknya kalau mencampur gunakan air Demineralized water atau air suling.
saya ganti coolant dengan Toyota Super Long Life Coolant.
Salahnya, selang yang dicelup di reservoir ber daki dan tidak, terus karena jumlah coolant nya pas-pasan, saya tambah dengan air isi ulang kira-kira setengah liter. Hasilnya daki tersebut rontok dan coolant di reservoir ada kotoran daki tersebut.
Daki yang dimaksud mungkin kerak dari air sadah, warna nya putih.
Mungkin sebaiknya kalau mencampur gunakan air Demineralized water atau air suling.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
ngomong2.... emang coolant nya toyota bole gt dipake buat mobil2 merek laen ?? aman kah ?? hal yg serupa jg misalnya oli NGO nya nissan ane pakein ke honda atau toyota gt aman kah ??






numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
kalo ane bilang boleh boleh aja bro.. karena kan sama aja, cuman dilabelin suatu merek gitu.DOHC wrote:ngomong2.... emang coolant nya toyota bole gt dipake buat mobil2 merek laen ?? aman kah ?? hal yg serupa jg misalnya oli NGO nya nissan ane pakein ke honda atau toyota gt aman kah ??![]()
![]()
![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
mungkin sama aja kalo ibratnya gini :
busi, masa busi yang type tertentu dipake ama suatu merek, dan dikemas dalam suatu merek mobil, lha masa mobil merek lain gk boleh make sih. selama specnya sama dan sama2 harus make itu.
kalo coolant kan biasa yang ane tau mengandung apa glycol gitu ya, ane lupa dah namanya susah sebutnya. nah rata2 coolant juga bukannya make bahan yang sama ya? CMIIW
busi, masa busi yang type tertentu dipake ama suatu merek, dan dikemas dalam suatu merek mobil, lha masa mobil merek lain gk boleh make sih. selama specnya sama dan sama2 harus make itu.
kalo coolant kan biasa yang ane tau mengandung apa glycol gitu ya, ane lupa dah namanya susah sebutnya. nah rata2 coolant juga bukannya make bahan yang sama ya? CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
kyknya ada 2 deh klep, selain yang ente sebut itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Propylene Glycol mar 

vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Numpang....
Sejak dulu taunya pake Prestone, jaman dia blom ngeluarin produk yang ready to use. Pake di boil2 sekenan ane (maklum kuatnya beli sekenan hehe..) Sekarang pake Prestone yang ready to use di Cudo 2.0 '02, ni mobil uda pake dari 2005 gak pernah masalah 1x pun di radiatornya. Ane kuras tiap 10 ribu, iseng. Tiap colek jari ke dalam radiator ato reservoir, sama sekali gak da endapan apapun dijari.
Sejak dulu taunya pake Prestone, jaman dia blom ngeluarin produk yang ready to use. Pake di boil2 sekenan ane (maklum kuatnya beli sekenan hehe..) Sekarang pake Prestone yang ready to use di Cudo 2.0 '02, ni mobil uda pake dari 2005 gak pernah masalah 1x pun di radiatornya. Ane kuras tiap 10 ribu, iseng. Tiap colek jari ke dalam radiator ato reservoir, sama sekali gak da endapan apapun dijari.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Daridulu gue udah curiga masa air buangan AC lebih bagus dari air PAM
hal hal SEPELE yg merusak radiator :
- jalan macet plus banyak mobil : suhu di sekitar panas yaitu mesin dan knalpot ditambah tidak ada sirkulasi udara karena mobil tidak bergergak
- menggunakan air radiator yg salah : untuk tropis gunakan formula buat iklim tropis tidak perlu anti freezing
- terakhir dan paling Fatal , malas membersihkan Radioator bikin sumpek rumah radiator : rajin sekali orang nyuci mobilnya bodi luarnya tapi malas cuci radiator karena banyak yg tidak tahu cara cuci radiator
( radiator perlu di cuci terutama sekat sekatnya hanya bisa dilakukan dengan air bertekanan cukup kuat biasanya paling kotor di bagian depan )

hal hal SEPELE yg merusak radiator :
- jalan macet plus banyak mobil : suhu di sekitar panas yaitu mesin dan knalpot ditambah tidak ada sirkulasi udara karena mobil tidak bergergak
- menggunakan air radiator yg salah : untuk tropis gunakan formula buat iklim tropis tidak perlu anti freezing
- terakhir dan paling Fatal , malas membersihkan Radioator bikin sumpek rumah radiator : rajin sekali orang nyuci mobilnya bodi luarnya tapi malas cuci radiator karena banyak yg tidak tahu cara cuci radiator
( radiator perlu di cuci terutama sekat sekatnya hanya bisa dilakukan dengan air bertekanan cukup kuat biasanya paling kotor di bagian depan )

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
tapi jangan disemprot dengan tekanan yg terlalu kuat juga oom, malah nanti nya bakal ngerusak sirip2 aluminum nya, secukup nya aja.......toh klo ada kotoran2 yg membandel sebaik nya dibersihkan dg tangan bisa



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Apalagi kl nyemprotnya pake kran pemadam kebakaran, bisa2 radiatornya yg terpental 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
wah salah donk, saya semprot pakai cat semprotBADAK wrote:Apalagi kl nyemprotnya pake kran pemadam kebakaran, bisa2 radiatornya yg terpental

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
nyemprot kisi2 radiator emang kadang perlu dilakukan... tapi kalo selama pemakaian dalam kota alias bukan medan offroad yg bikin banyak tanah nempel disana mahhh... kayanya ga sebegitu penting utk rajin2 nyemprot tuh kisi2 radiator.... lagian liat aja dari pabrikan nya aja uda nempatin posisi radiator di blakang kondensor ac.... gmana cara nya mau dibersihin.... kalo mobil2 yg enjin bay nya gede sehh masi mending... tapi kalo sempit macam march atau livina sehhh susah banget...
kalo utk radiator sehh ane rasa penggunaan coolant ama dikuras tiap taon lahh perawatan yg paling penting... dijamin awet itu... ga perlu lahh di semprot2 apalagi disemprot pake pylox sgala..

kalo utk radiator sehh ane rasa penggunaan coolant ama dikuras tiap taon lahh perawatan yg paling penting... dijamin awet itu... ga perlu lahh di semprot2 apalagi disemprot pake pylox sgala..





numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Setuju....DOHC wrote:nyemprot kisi2 radiator emang kadang perlu dilakukan... tapi kalo selama pemakaian dalam kota alias bukan medan offroad yg bikin banyak tanah nempel disana mahhh... kayanya ga sebegitu penting utk rajin2 nyemprot tuh kisi2 radiator.... lagian liat aja dari pabrikan nya aja uda nempatin posisi radiator di blakang kondensor ac.... gmana cara nya mau dibersihin.... kalo mobil2 yg enjin bay nya gede sehh masi mending... tapi kalo sempit macam march atau livina sehhh susah banget...
kalo utk radiator sehh ane rasa penggunaan coolant ama dikuras tiap taon lahh perawatan yg paling penting... dijamin awet itu... ga perlu lahh di semprot2 apalagi disemprot pake pylox sgala..![]()
![]()
![]()
![]()
Pengalaman pake mobil yang sekarang, pegang dari 2005 (beli seken), gak pernah 1x pun semprot kisi radiator. Cukup rajin kuras 10 ribu KM sekali (saya sekitar setaunan tercapai), beres. Temperatur si Cudo 2.0 sangat stabil di kondisi semacet apapun hingga detik ini. Enjin full estede.
Soalnya kalo nyemprot2 kisi, ruang mesin malah bercak2 waterspot hehe.. Capek2 uda didetailing..

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
kalo ane setaon skali biasanya genap 20 rebuan km tuh....
tapi ritual semprot2 sirip2 radiator tsb kadang ane jg masi lakuin sehh kalo lg iseng bersihin enjin bey...
tapi ritual semprot2 sirip2 radiator tsb kadang ane jg masi lakuin sehh kalo lg iseng bersihin enjin bey...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
setuju bro...... hal ini penting dilakukan buat menjaga agar radiator bisa bekerja dg baik......tp semprotnya dari bagian dalam keluar.....solar_kerosen wrote:
hal hal SEPELE yg merusak radiator :
- jalan macet plus banyak mobil : suhu di sekitar panas yaitu mesin dan knalpot ditambah tidak ada sirkulasi udara karena mobil tidak bergergak
- menggunakan air radiator yg salah : untuk tropis gunakan formula buat iklim tropis tidak perlu anti freezing
- terakhir dan paling Fatal , malas membersihkan Radioator bikin sumpek rumah radiator : rajin sekali orang nyuci mobilnya bodi luarnya tapi malas cuci radiator karena banyak yg tidak tahu cara cuci radiator
( radiator perlu di cuci terutama sekat sekatnya hanya bisa dilakukan dengan air bertekanan cukup kuat biasanya paling kotor di bagian depan )
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Siap melaksanakan petuah mbah sjamsiul.....
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Aug 28, 2011 9:43
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Setelah saya baca, sorry bukannya ngga percaya tetapi kok agak aneh karena :
1. Pada test yg pertama dia tidak menunjukkan bahan test sebelum dimulai test, tetapi hanya hasil setelah 1 hari.
2. Pada test kedua dia mengatakan : "Pada hari kedua ane tambahkan paku berkarat sebagai bahan uji coba."
Anehnya adalah kan kita ingin mengetahui apakah air AC menyebabkan karat pada logam yang belum berkarat, bukannya mau mengetahui tentang apa pengaruhnya terhadap logam yang telah berkarat.
Dikarenakan itu, saya memutuskan melakukan uji coba sederhana ini di rumah saat ini. Demikian fotonya :
Kenapa ya saya pakai fitur insert image, setelah saya upload selalu ada keterangan "undefined" pada tanda seru disamping masing2 files ? padahal size masing2 files hanya 130 KB dan 190 KB. Apakah masih terlalu besar ?
Anyway, saya memfoto 2 kali, yaitu ;
foto 1 :sebelum percobaan, satu buah sendok teh panjang stainless steel tanpa karat dan satu buah paku stainless steel tanpa karat dan gelas beling kosong.
foto 2 : percobaan dimulai, sendok dan paku dimasukkan kedalam gelas dan dimulai ditaruh dibawah selang buangan air AC.
Percobaan dimulai hari ini Minggu, tanggal 28 Agustus 2011 pukul 1.58 PM.
Sementara menunggu bisa meng - upload foto, bagi yang berminat melihat fotonya bisa saya kirimkan lewat email.
Mohon kirimkan alamat email kepada saya untuk itu.
dan komentarnya :
"Air AC / destilasi / Air Murni sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai air radiator.
Karat yang terbentuk begitu cepat. Bahkan pada hari pertama sudah terlihat endapan karat dari logam.
Coolant sangat berguna melindungi logam dari timbulnya karat. karenanya coolant WAJIB digunakan untuk air radiator mobil agar usia engine mobil bisa lebih long life.
Coolant tidak dapat melindungi 100% terhadap logam yang sudah berkarat , tetapi sangat membantu mengurangi terbetuknya karat yang terjadi. ( Hal ini terlihat dari warna coolant yang sedikit keruh di hari ketujuh ). Kemampuan coolant berkali lipat daripada air ac dalam melindungi logam dari karat."
Dia memang menggunakan bahan yang sudah berkarat dan dia mengatakan bahwa karat terbentuk dikarenakan menggunakan air murni / air AC.
Maaf tetapi ini statement misleading dan menyesatkan, maka dari itu saya memutuskan melakukan percobaan ini sendiri dengan bahan logam yang belum berkarat dan melihat apakah air AC menyebabkan timbulnya karat.
Apabila tidak, maka kita dapat simpulkan bahwa percobaan oleh dino_lowrider tersebut sebagai larutnya karat daripada paku yang telah berkarat tersebut pada air AC.
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ator/page9
Diskusi lebih lanjut dan hasil penelitian akan saya post pada forum di Thread MODCOM di link di atas.
Thanks
1. Pada test yg pertama dia tidak menunjukkan bahan test sebelum dimulai test, tetapi hanya hasil setelah 1 hari.
2. Pada test kedua dia mengatakan : "Pada hari kedua ane tambahkan paku berkarat sebagai bahan uji coba."
Anehnya adalah kan kita ingin mengetahui apakah air AC menyebabkan karat pada logam yang belum berkarat, bukannya mau mengetahui tentang apa pengaruhnya terhadap logam yang telah berkarat.
Dikarenakan itu, saya memutuskan melakukan uji coba sederhana ini di rumah saat ini. Demikian fotonya :
Kenapa ya saya pakai fitur insert image, setelah saya upload selalu ada keterangan "undefined" pada tanda seru disamping masing2 files ? padahal size masing2 files hanya 130 KB dan 190 KB. Apakah masih terlalu besar ?
Anyway, saya memfoto 2 kali, yaitu ;
foto 1 :sebelum percobaan, satu buah sendok teh panjang stainless steel tanpa karat dan satu buah paku stainless steel tanpa karat dan gelas beling kosong.
foto 2 : percobaan dimulai, sendok dan paku dimasukkan kedalam gelas dan dimulai ditaruh dibawah selang buangan air AC.
Percobaan dimulai hari ini Minggu, tanggal 28 Agustus 2011 pukul 1.58 PM.
Sementara menunggu bisa meng - upload foto, bagi yang berminat melihat fotonya bisa saya kirimkan lewat email.
Mohon kirimkan alamat email kepada saya untuk itu.
dan komentarnya :
"Air AC / destilasi / Air Murni sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai air radiator.
Karat yang terbentuk begitu cepat. Bahkan pada hari pertama sudah terlihat endapan karat dari logam.
Coolant sangat berguna melindungi logam dari timbulnya karat. karenanya coolant WAJIB digunakan untuk air radiator mobil agar usia engine mobil bisa lebih long life.
Coolant tidak dapat melindungi 100% terhadap logam yang sudah berkarat , tetapi sangat membantu mengurangi terbetuknya karat yang terjadi. ( Hal ini terlihat dari warna coolant yang sedikit keruh di hari ketujuh ). Kemampuan coolant berkali lipat daripada air ac dalam melindungi logam dari karat."
Dia memang menggunakan bahan yang sudah berkarat dan dia mengatakan bahwa karat terbentuk dikarenakan menggunakan air murni / air AC.
Maaf tetapi ini statement misleading dan menyesatkan, maka dari itu saya memutuskan melakukan percobaan ini sendiri dengan bahan logam yang belum berkarat dan melihat apakah air AC menyebabkan timbulnya karat.
Apabila tidak, maka kita dapat simpulkan bahwa percobaan oleh dino_lowrider tersebut sebagai larutnya karat daripada paku yang telah berkarat tersebut pada air AC.
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ator/page9
Diskusi lebih lanjut dan hasil penelitian akan saya post pada forum di Thread MODCOM di link di atas.
Thanks
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Aug 28, 2011 9:43
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Aug 28, 2011 9:43
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Ganti material percobaan ke paper clip tanpa karat dimulai hari Rabu 31 Agustus 2011 pukul 11.00 AM.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Loh bro....
Kok blom 3 hari (sejak Minggu 28 Agustus 1:58 PM) si sendok uda di-pensiun-dini-kan?
Bener2 percobaan berguna nih, saya penasaran nungguin hasilnya. 
Kok blom 3 hari (sejak Minggu 28 Agustus 1:58 PM) si sendok uda di-pensiun-dini-kan?


Das Beste oder nichts.