Gimana toh om Mod? Masa beli knalpot gak liat2 mereknya dulu?sjamsul wrote:setelah nyampe di rumah, ane perhatiin merknya, ternyata knalpot tsb bermerk R9.... spt yg diusulkan ama dik scorpio.......
cuma sayang warna knalpotnya aja meriah......alias ada variasi warnanya.... n menurut yg jual itu adalah ciri khas knalpot merk ini........
mudah2an knalpot ini bisa awet.........
aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
hehehe..... iya bro, ane ga perhatikan merknya, cuma dari bahannya aja......jadi begitu dia bilang bahannya dari stenles.... ya udah ane langsung setuju......TUFF Stough wrote:Gimana toh om Mod? Masa beli knalpot gak liat2 mereknya dulu?sjamsul wrote:setelah nyampe di rumah, ane perhatiin merknya, ternyata knalpot tsb bermerk R9.... spt yg diusulkan ama dik scorpio.......
cuma sayang warna knalpotnya aja meriah......alias ada variasi warnanya.... n menurut yg jual itu adalah ciri khas knalpot merk ini........
mudah2an knalpot ini bisa awet.........
Sebetulnya ada 2 produk yg pake bahan dari stenless.... yg satu spt yg ane pake n yg satunya lagi lbh panjang n harganya lbh tinggi lagi dr yg ane pake.......cuma yah itu... modelnya ga gitu sreg.....mirip2 knalpot standard..... jadi ane putuskan untuk pake yg lbh pendek aja.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
ane dah cari doq yg bermerk 'smoga awet', tp ga ada...... yg ada merk 'smoga cepat rusak'........doq wrote:woooo klo gitu pak sjamsul mestinya beli yg mereknya "semoga awet"![]()
cepet amat tu knalpot pd patah...makenya gmana oom?
*jangan2 sering d gigitin ney*![]()
.......................................

iya ane ga perhatiin saat belinye..... n ternyata setelah copot las2nya baru ane tau, klo designnya salah..... jadi braket pegangannya terlalu ke depan, jadi bagian yg sisanya ke belakang..... shg saat dipake itu knalpotnya mudah goyang2.... jadi copot deh las2anya.....
sebetulnya msh bisa dipake sih itu knalpot dg dilas lagi, tp ane khawatir akan copot lagi, krn braketnya ga bisa ditengah2 knalpotnya..... so akhirnya ane tinggalin aja di sana......
emangnya nt sering gigitin knalpot ya.......




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
g pernah oom.......klo gigitin tukang aki seh pernaaaah 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
mangkenye doq..... laen kali gigitin tanduk.... ehhhhh .....cula badak aja yah...... biar giginye ga gampang tumpul............wakakakaka........
......

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
ntu knalpotnya yang patah apa gak bisa didaur ulang lg om? kan sayang tuh
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
sebetulnya sih bisa ner dg cara dilas lagi bagian yg lepas, tp ane khawatir akan lepas lagi las2nya, krn braket pendukungnya ga bisa dirubah2 posisinya.....eNeR wrote:ntu knalpotnya yang patah apa gak bisa didaur ulang lg om? kan sayang tuh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
tadi ane berkunjung ke tempat penjualan racun spd mtr doq........ ane diracunin ama cdi n pilot jet.......... katanya dia sih buat meningkatkan performa mtr nih...... trus dia kasih saran pake cdi buatan lokal dg merk brt.... klo ga salah gitu......doq wrote: bakal lbh efektif klo pnggantian dg knalpot aftermarket d barengi menaikan ukuran pilotjet/mainjet 1-2step lbh besar![]()
apalagi klo d tambah plus cdi aftermarket.......maknyus deh hehehehe
Nah, doq.... yg ane mo tau.... apakah dg penggantian cdi n menaikkan ukuran pilot jet, mk tarikan bakal lbh gesit ya.....

perkiraan ane adalah dg mengganti pilot jet, mk konsumsi bahan bakar relatip lbh boros......

ato mungkin ada temen2 yg bisa kasih masukan lbh jauh .......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
naaaah..........masalah boros itu balik lg ke perilaku betot gas oom 
tp prinsipnya kurang lbh sama dg aplikasi peranti penambah performa d mobil.......tinggal toel dikit bsa langsung ngaciiiiir..........yg tersisa hanya masalah "kegatelan" tangan aja ngebetot gas
udh bener itu kok oom sjam langkahnya, pilotjet/mainjet naik 1-2 step d barengi penggantian cdi aftermarket sbg pelengkap knalpot racing

tp prinsipnya kurang lbh sama dg aplikasi peranti penambah performa d mobil.......tinggal toel dikit bsa langsung ngaciiiiir..........yg tersisa hanya masalah "kegatelan" tangan aja ngebetot gas

udh bener itu kok oom sjam langkahnya, pilotjet/mainjet naik 1-2 step d barengi penggantian cdi aftermarket sbg pelengkap knalpot racing

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Gak mesti sampe ganti CDI, kecuali emang mo balapan di jalan.
Kadang cukup ganti karbu + racik spuyer-nya sudah bisa peroleh performa prima.
Contohnya Shogun SP ane aja. Hingga sekarang masih standar semua (termasuk karbu Mikuni VM18). Banyak user yang bilang cukup ganti karbu ke Keihin PE24 ditambah naekin spuyer hingga busi bisa berwarna merah bata. Itupun banyak yang klaim hasilnya justru lebih irit daripada standar.

Kadang cukup ganti karbu + racik spuyer-nya sudah bisa peroleh performa prima.
Contohnya Shogun SP ane aja. Hingga sekarang masih standar semua (termasuk karbu Mikuni VM18). Banyak user yang bilang cukup ganti karbu ke Keihin PE24 ditambah naekin spuyer hingga busi bisa berwarna merah bata. Itupun banyak yang klaim hasilnya justru lebih irit daripada standar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
sip doq, jadi tarikannya bisa lbh mantap lagi ya.....doq wrote:naaaah..........masalah boros itu balik lg ke perilaku betot gas oom
tp prinsipnya kurang lbh sama dg aplikasi peranti penambah performa d mobil.......tinggal toel dikit bsa langsung ngaciiiiir..........yg tersisa hanya masalah "kegatelan" tangan aja ngebetot gas
udh bener itu kok oom sjam langkahnya, pilotjet/mainjet naik 1-2 step d barengi penggantian cdi aftermarket sbg pelengkap knalpot racing
masalah cdi, kemarin dah mau ane ganti, tp ada satu masalah yaitu soket aslinya mau dipotong trus kabelnya disambung dg cara dilibet2 aja....ane ga setuju cara tsb, so ane mo siapin dulu soket aslinya n kabel tambahannya, krn posisi cdi agak berbeda n bentuk fisiknya lbh besar dari standard......
trus masalah cdi, apa merk brt dah cukup baik doq, krn soal aksesories mtr ane ga gitu paham..........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
jadi menurut bro Tuff, ga perlu ganti cdi ya.......TUFF Stough wrote:Gak mesti sampe ganti CDI, kecuali emang mo balapan di jalan.![]()
Kadang cukup ganti karbu + racik spuyer-nya sudah bisa peroleh performa prima.
Contohnya Shogun SP ane aja. Hingga sekarang masih standar semua (termasuk karbu Mikuni VM18). Banyak user yang bilang cukup ganti karbu ke Keihin PE24 ditambah naekin spuyer hingga busi bisa berwarna merah bata. Itupun banyak yang klaim hasilnya justru lebih irit daripada standar.

maksudnya itu apakah karburator orinya diganti dg merk lain .....

bedanya dg karbu standard apa ya bro......


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Kalo buat motor harian keknya belum perlu2 amat ganti CDI ato koil, kecuali buat yang doyan ngebut (dan sering lewat jalanan yang memungkinkan buat ngebut).
Intinya ganti karbu dengan yang lubang venturinya lebih besar agar diperoleh campuran AFR yang optimal. Dengan karbu standar bawaan motor banyak yang mengeluhkan susahnya peroleh kondisi busi yang berwarna kecoklatan. Selalu cenderung hitam akibat AFR-nya lebih kaya bensin. Akibatnya dalam tempo yang gak lama kerak di dalam head juga bakalan bertambah tebal. Itu yang bikin kompresi di dalam mesin menjadi makin sulit dikontrol.
Apalagi kalo sudah ganti knalpot after market, minimal PJ dan MJ-nya perlu penyesuaian karena knalpot yang lebih loss.
Intinya ganti karbu dengan yang lubang venturinya lebih besar agar diperoleh campuran AFR yang optimal. Dengan karbu standar bawaan motor banyak yang mengeluhkan susahnya peroleh kondisi busi yang berwarna kecoklatan. Selalu cenderung hitam akibat AFR-nya lebih kaya bensin. Akibatnya dalam tempo yang gak lama kerak di dalam head juga bakalan bertambah tebal. Itu yang bikin kompresi di dalam mesin menjadi makin sulit dikontrol.
Apalagi kalo sudah ganti knalpot after market, minimal PJ dan MJ-nya perlu penyesuaian karena knalpot yang lebih loss.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
hmmm.... betul juga sih.....krn mesinnya standard......jadi ane cuma mau mengoptimalkan apa yg ada aja bro.....TUFF Stough wrote:Kalo buat motor harian keknya belum perlu2 amat ganti CDI ato koil, kecuali buat yang doyan ngebut (dan sering lewat jalanan yang memungkinkan buat ngebut).
Intinya ganti karbu dengan yang lubang venturinya lebih besar agar diperoleh campuran AFR yang optimal. Dengan karbu standar bawaan motor banyak yang mengeluhkan susahnya peroleh kondisi busi yang berwarna kecoklatan. Selalu cenderung hitam akibat AFR-nya lebih kaya bensin. Akibatnya dalam tempo yang gak lama kerak di dalam head juga bakalan bertambah tebal. Itu yang bikin kompresi di dalam mesin menjadi makin sulit dikontrol.
Apalagi kalo sudah ganti knalpot after market, minimal PJ dan MJ-nya perlu penyesuaian karena knalpot yang lebih loss.
intinya sama spt mbl ya (yg pake karb).....
yg ane mau tau, diganti dg ukuran berapa ya bro PJ n MJ nya......biar ga salah beli .........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Kalo untuk PJ dan MJ keknya metoda yang sering digunakan adalah trial-n-error.
Kudu eksperimen dengan naekin step2nya perlahan2 sambil dilihat kondisi businya.

Kudu eksperimen dengan naekin step2nya perlahan2 sambil dilihat kondisi businya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
imho lbh praktis-ekonomis dg penggantian cdi dr pada karbu.......
harga karbu umumnya lbh mahal dr cdi aftermarket lho
(dlm kondisi sama2 beli baru yah)
so....bagi saya penggantian karbu justru menjadi opsi terakhir, dmana motor sdh d bore-up s/d kapasitas tertentu yg menuntut pasokan bensin lbh banyak........imho yah
@sjamsul: cdi BRT itu bagus kok oom, sdh terkenal d dunia roda 2 cukup lama juga.......yg penting pastikan sama penjualnya, apakah type cdi itu memang cocok bwat si supri
harga karbu umumnya lbh mahal dr cdi aftermarket lho

so....bagi saya penggantian karbu justru menjadi opsi terakhir, dmana motor sdh d bore-up s/d kapasitas tertentu yg menuntut pasokan bensin lbh banyak........imho yah
@sjamsul: cdi BRT itu bagus kok oom, sdh terkenal d dunia roda 2 cukup lama juga.......yg penting pastikan sama penjualnya, apakah type cdi itu memang cocok bwat si supri

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
ow iya......mengenai ukuran PJ-MJ, umumnya utk penggunaan harian dg knalpot racing cukup dg naik 1-2 step oom......tinggal tanya sama mekanik nya aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Komparasi CDI lokal bisa dilihat pada link di bawah ini.
Hasil pada pengetesan menggunakan Dynotest untuk mengukur torsi maksimalnya cukup mengejutkan.
Code: Select all
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/4437
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
klo menurut penjualnya itu cdi emang cocok buat mtr ane doq....... tp masalahnya adalah penempatan cdi ga bisa diletakkan di posisi originalnya, jadi agak jauh dari posisi cdi original ...... nah, spy bisa terpasang, otomatis harus ada penambahan kabel.....jadi pada soket original (yg ke cdi) kabelnya dipotong n disambung................tapiiiiiiii........... nt tau sendiri khan cara nyambung kabelnya kek gimanaaaa........paling2 cuma dililit2 doang, trus dipakein isolasi.................doq wrote:imho lbh praktis-ekonomis dg penggantian cdi dr pada karbu.......
harga karbu umumnya lbh mahal dr cdi aftermarket lho(dlm kondisi sama2 beli baru yah)
so....bagi saya penggantian karbu justru menjadi opsi terakhir, dmana motor sdh d bore-up s/d kapasitas tertentu yg menuntut pasokan bensin lbh banyak........imho yah
@sjamsul: cdi BRT itu bagus kok oom, sdh terkenal d dunia roda 2 cukup lama juga.......yg penting pastikan sama penjualnya, apakah type cdi itu memang cocok bwat si supri



Jadi kemaren ini ane pending dulu deh, sambil minta contoh soketnya ama si penjual................... n beruntung hari ini ane dah ketemu soket originalnya berikut ama terminalnya............ jadi ane bisa panjangin kabel cdi tanpa harus memotong kabel originalnya.........istilahnya ane pake socket to socket........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
linknya ga bisa di klik bro.........TUFF Stough wrote:Komparasi CDI lokal bisa dilihat pada link di bawah ini.
Hasil pada pengetesan menggunakan Dynotest untuk mengukur torsi maksimalnya cukup mengejutkan.Code: Select all
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/4437
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
wooo sep2 oom....klo dah beres masalah soket2 berarti tinggal plug play aja neh

MJ-PJ dah d naikin ukurannya khan?


MJ-PJ dah d naikin ukurannya khan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
ntar niatnya mo beli knalpot aftermarket (mumpung da duit), eh lha denger-denger katanya kemarin ada operasi knalpot, knalpot orisinilnya disuruh ngambil dan diganti sekalian di tempat, nah yang bikin ngeri... tu knalpot aftermarket harus dihancurin ndiri di tempat itu juga. ngeri...... eman-eman daripada rugi...
...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
Copas aja Bro.sjamsul wrote:linknya ga bisa di klik bro.........TUFF Stough wrote:Komparasi CDI lokal bisa dilihat pada link di bawah ini.
Hasil pada pengetesan menggunakan Dynotest untuk mengukur torsi maksimalnya cukup mengejutkan.Code: Select all
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/4437
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
ok bro ..... sebentar akan ane coba.......TUFF Stough wrote:Copas aja Bro.sjamsul wrote:linknya ga bisa di klik bro.........TUFF Stough wrote:Komparasi CDI lokal bisa dilihat pada link di bawah ini.
Hasil pada pengetesan menggunakan Dynotest untuk mengukur torsi maksimalnya cukup mengejutkan.Code: Select all
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/4437

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: aksesories mtr, spt knalpot racing, dll...........
betul, tinggal ngatur waktunya aja.......doq wrote:wooo sep2 oom....klo dah beres masalah soket2 berarti tinggal plug play aja neh![]()
MJ-PJ dah d naikin ukurannya khan?
belon dinaikin doq, krn waktunya ga keburu ......