Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by roadtrain99 »

wishmaster wrote:Para Bro,
mobil gue fortuner diesel 2009, kondisi masih full ori, km baru 3000an,...
kecepatan rata-2 normal di jalur ini gue perhatiin sekitar 60 kpj, nah masalah muncul saat gue harus nyalip truck/bus di depan gue yg jalan dibawah 60 kpj, berhubung jalannya kelak-kelok maka untuk nyalip bener-2 harus nunggu kesempatan terbaik,
sialnya di jalur inilah baru kerasa bahwa tenaga fortuner diesel itu tanggung, dari gigi 4 pindah ke gigi 3, injek gas untuk nyalip, sampai setengah badan truck/bus mobil berjalan pelan sekali, sementara dari arah berlawanan sudah terlihat ada kendaraan lain, baru ditengah usaha tiba-2 terasa akselerasinya dan bisa tuntas nyalip.
sungguh suatu usaha yg mendebarkan, akselerasi terasa terlambat sekali munculnya.
dicoba dengan gigi 2 lebih parah lagi, bukannya lari tapi mesin cuma menggerung saja.
akhirnya ketemu cara yg paling enak, yaitu sebelum proses nyalip, sambil ngintip-2 kesempatan mobil sudah siap dengan gigi 3 yang diayun-2, begitu digas memang lsg lari, namun efeknya sedikit membuat mual penumpang, capedee...


seru cerita nya...hm..masih baru lagi mobilnya...
itu balap truk nya di tanjakkan atau datar bro?

diesel biasanya memang harus tau torque/moment pas utk nyalip. Oper gigi turun spt itu, kalo torque/hp peak nya udah lewat jd percuma.

wishmaster wrote:
apa itu yg dibilang efek turbo lag ya ? jd sebelum turbo aktif mobil bergerak lambat sekali.
atau memang karakter mesin fortie diesel yg under power ?
apa yg harus gue rubah / modif supaya gue bisa nyetir dgn aman dan nyaman di jalur selatan ini ya ?
note : gue udah coba pake turbo jet simota seharga 450 rebu, gak ngepek.
skrg disuruh nyoba replacement air filternya, kira-2 beneran bakal solve the problem gak ya ?
mohon advice dong bro...

turbo lag setau saya, jeda seblm turbo nyala. Asumsi sy, di situasi mr wish, udah nyala. seblm turbo nyala gas dibejek pasti kita terasa spt "lho mana ya", pasti beda dgn setelah nyala. memang segitu kemampuannya mesinnya bukan masalah turbo lag.
jet simota itu ga efek memang. Kalo bro mao ganti air filter, jgn yg replacement, krn posisi nya tetep dalam air box. Bs coba air filter yg open bs membantu, tp kecil. Spt nya mesti modif lebih banyak bro, salah satunya intercooler & dastek piggyback dll. siapin budget nya.

sebelm beli, apa bro ga test dulu supaya ada bayangan?

pernah test di jln paling kenceng sampe berapa bro? klo tanjakkan enak ga? pengen tau kalo kondisi ori nya.

berarti review dari majalah a* itu agak berlebihan, beda dgn testy nya mr wishmaster. dibilang kuat tanjakkan pdhal torque segitu???
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote: patokan ke asap, klw asapnya keluar bearti gasnya kebanyakan mobil ga bisa lari yg ada malah boros, kurangin gasnya dgn cara di ayun sedikit2,..

cara ini di diesel turbo jadul sih.. tpi klw lihat kasusnya kyanya di forti bisa di coba deh..

ga abis pikir diesel gw yg hanya 115ps aja enteng nempel ex yg 155ps klw bensin n/a sampe 2000cc sedan sih, bwat lalulintas yg butuh akselerasi instan gini. umumnya punya tenaga di RPM atas, khas bwat ngejar top speed.

klw bensinnya dri SUV sih beda lagi apalgi yg diatas 3000cc 6cyld tiap rpm bisa keluar terus tenaganya..

sering kepikian, klw diesel yg skrng nikmatnya kya gimana yah?

thx
:beer:
betul tuh yg asep, kalo asep tebel berarti campuran solarnya terlalu banyak, pdhal peak nya udah max. crdi lain udah lebih tipis asapnya walaupun narik.

ngejer sedan 2.0ltr nya ditanjakkan? apa dia lg muatan penuh kali..

diesel sekarang yg mana dulu bil? kelas ctv, navara, triton udah seperti suv bensin kelas 2.0-2.7ltr dan torque nya lebih gede jauh.
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by FortunerMan »

Turboman wrote:Setuju bahwa mesin 2KD-FTV sgt berpotensi utk ditingkatkan performanya

Bila ada waktu bisa test drive bbrp Ipah D4 D di milis IC (InnovaCommunity) yg udah mendapat "sentuhan" di sana sini.

Bisa dimulai dari yg light tune, sambung ke D4 D yang light tune + Dastek, hingga maskot milis IC yaitu si MM aka Moncong Merah.

Memang performa pada Fortuner tidak akan bisa spt Ipah, mengingat GVW serta faktor aerodinamikanya, tetapi bagaimanapun juga peningkatan dibanding aslinya akan sangat signifikan.
Ini lho solusinya pak wishmaster, ahlinya br nongol.
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by MitshuToyo »

Well.. awam.. bukanya kalau oprek sana sini itu pasti akan merusak atau mengurangi umur part tertentu alias ada bagian yang terkorbankan ? karena Engine / mobil merupakan paket design yang sudah di hitung dengan teliti dan melalui test.. sayang juga..

Sumatra, Jalur selatan dan tengah jawa memang ladang perang sesungguhnya untuk mengetahui performa kendaraan :mrgreen: , jalur utara sudah tidak asik lagi sejak jadi 4 lajur..
Lagi nginjek rem..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Turboman »

MitshuToyo wrote:Well.. awam.. bukanya kalau oprek sana sini itu pasti akan merusak atau mengurangi umur part tertentu alias ada bagian yang terkorbankan ? karena Engine / mobil merupakan paket design yang sudah di hitung dengan teliti dan melalui test.. sayang juga..
Utk Diesel asalkan EGT nggak naek terlalu banyak / melampaui 900 deg F.

Intercooler / Free flow exhaust / free flow intake turut membantu menurunkan EGT, sedang AFR enrichment akan menaikkan EGT. Maka dari itu proses AFR enrichment harus di seimbangkan dgn faktor2 pendukung lain agar EGT tidak sampai terbang tinggi.

Kalau pakai Piggyback multi mode khan enaknya kita bisa atur settingan saat dimana Power tdk begitu diperlukan e.g. City driving / light load / saat ber hypermilling, AFR diprogram lebih lean dan EGT justru malah bisa lebih rendah drpd kondisi standard.

(catatan : AFR vs. EGT di Diesel berbanding lurus)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

Turboman wrote: Utk Diesel asalkan EGT nggak naek terlalu banyak / melampaui 900 deg F.

Intercooler / Free flow exhaust / free flow intake turut membantu menurunkan EGT, sedang AFR enrichment akan menaikkan EGT. Maka dari itu proses AFR enrichment harus di seimbangkan dgn faktor2 pendukung lain agar EGT tidak sampai terbang tinggi.

Kalau pakai Piggyback multi mode khan enaknya kita bisa atur settingan saat dimana Power tdk begitu diperlukan e.g. City driving / light load / saat ber hypermilling, AFR diprogram lebih lean dan EGT justru malah bisa lebih rendah drpd kondisi standard.

(catatan : AFR vs. EGT di Diesel berbanding lurus)
waduh, apa lagi nih AFR dan EGT??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by GTR »

Rata2 mobil kalo di-oprek tentu meningkat performanya, bahkan relatif mudah & mayan drastis seperti yg sudah lumrah & paling sering di merk lainnya, walaupun mungkin beda2 objective.
Atau kalo ditempuh dengan cara setiap saat harus disiplin ketat dgn prosedur2 saat berkendara, tapi cara ini belum tentu mobil dianggap menjadi lebih dinamis / easy-to-drive bagi setiap orang.

Jika modif jadi pilihan,
Mungkin yg perlu diketahui TS adalah resiko yg lebih kerasa kalo mobil di oprek2 itu adalah saat dijual kembali, minat market mobil 2nd umum apalagi pedagang (seringkali) tetep lebih ke kondisi standar. kecuali modifikasi kasat mata seperti Port n Polish, atau lainnya dapat disembunyikan sebagian; inipun tetep beresiko kebaca soon terutama karena perilaku servis pembeli mobil kelas ini umumnya.

Solusinya, coba mulai dari yg paling mudah dikembalikan ke semula, misal piggyback dll seperti itu; kalo masih belum puas, baru ke tahap lanjut.
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by wishmaster »

dear brothers,
thanks banget ya buat semua atensinya, baik yg serius maupun yg asbun, hehe...

jujur gue sbenernya bukan org yg "ijo" masalah per-mobilan, hampir semua mobil yg disebutkan disini sudah pernah gue pakai, dari SUV super Luxury seperti LC VX200, sampai sedan sport terbaru seperti Evo X, mohon dimaklumi profesi emang supir... :)
jadi yg bilang ganti aja mobil A, rasain mobil B, swab engine C, dll thanks ya, gue udah bukan abg yg napsu liat mobil ini-itu, jaman-2 itu udah lewat bro, gue milih mobil dgn pertimbangan matang kok, cuma pengen nutup apa kekurangannya aja, jd semakin menikmati apa yg gue punya, but thanks anyway ya brothers...

buat bro sjamsul dan lainnya yg nanya apa gue blom terbiasa dgn mobil ini,
gue pake fortuner bensin sejak tahun 2006-2007,
pake fortuner diesel sejak pertama kali release (november 2007) s/d 2008,
taun ini dikasih kesempatan pake Everest, dan taun depan rencananya pake Pajero,
kebetulan dikasih kesempatan oleh kantor untuk milih mobil dines, yah alhamdulillah...

buat yg pernah liat fortuner diesel ngebut di tol gak perlu heran, sekedar 140 kpj aja sih masih mampu lah, dia masih menang dibanding innova manual diesel krn ECU dan Gear Ratio yg dipakai adalah milik innova matic diesel.
justru permasalahan fortuner diesel adalah bukan gak bisa ngebut, tapi torsi untuk nyalip-2nya yg kurang greget, kecuali... gas diayun...
seperti yg gue ceritain di awal, ini pertama kali gue mbawa mobil ini di jalur selatan yg kelak-kelok dan naik-turun, disinilah tenaga yg tanggung plus turbo lag itu kerasa banget jd masalah.

gue yakin kok mesin 2KD-TV ini bisa dioptimalkan tanpa modif yg terlalu berat, cuma gue gak mau salah langkah aja, makanya gue butuh saran dari bro semua.
kesimpulan gue sejauh ini mobil akan gue bawa ke Phoenix, tp kira-2 disana mo minta diapain ya ? kan gue gak pengen extreem jg...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by gmx »

dari web yang dikasih om FM
Basic Engine Modifications

First appeared in August 2004, the 2KD-FTV is the 2nd generation of the KD engine with a smaller 2.5 L (2494 cc) straight-4 common rail variable nozzle turbo coupled with a 32-bit ECU and Multi Pilot Injection System, diesel engine. Like 1KD-FTV, it has 16 valves and is a DOHC engine, comes with an intercooler as well (applies on some region). It powers 102 hp (75 kW) at 3400 rpm and 191.7 ft·lbf (260 N·m) of torque at 1600-3600 rpm without an intercooler, 120 hp (88 kW) at 3400 rpm and 239.85 ft·lbf (325 N·m) of torque at 1600-3600 rpm with an intercooler. Compression ratio is 18.5:1. Redline of this engine is 4400 RPM. This engine also uses D-4D Common Rail (Common rail direct fuel injection ) technology. The only technical data changes from the 1KD-FTV to the 2KD-FTV was the bore and the stroke.

Applications
Toyota Fortuner
Toyoya Kijang Innova
Toyota Hiace

Free Flow Air Filter
K&N, Simota, King Dragon, JFC
DC:300-800K
Total time: 10mnt

CAI
Cold Air Injection
Bengkel: Phoenix R
DC:450-500K
Total time: 1-2hr

Ground Cable
Bengkel: Jayapura Motor / Phoenix R
DC:400-500K
Total time: 1hr

Sparkplug
NGK, Denso, Iridium
DC:120-500K
Total time: 20mnt

Poles Throttle Body
Bengkel: Phoenix R
DC:100-150K
Total time: 1hr
User avatar
dito4x4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Jul 13, 2009 1:21
Location: jakarta

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by dito4x4 »

ikut nimbrung om om.......untuk tenaga diesel Fortuner yg kurang, coba perbaiki exhaustnya dan polish porting cylinder head, untuk yg menggunakan turbo, bisa bikin kran diselang waste gate untuk menambah waktu delay wastegate mbuka...biar tenaga maksimal....ato yg paling murah bisa pake air cold injection (menambah udara dingin A/C kedalam intake) seperti intercooler namun sederhana...mudah2an berguna....sy sudh sering pasang....mungkin yg mo sharing bisa di [email protected] terima kasih..... :thanks:
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by wishmaster »

kemaren browsing-2 sempet minat sama WMi (Water Metanol injection), cuma beberapa pendapat bilang bahwa untuk pemakaian yg lama, atau jika mobil agak lama gak dipake, maka penggunaan uap air ini akan membuat jeroan engine berkarat, hmm... takut ah...

pernah jg baca CAi (Cold Air injection / induction), cuma katanya efeknya bikin AC jd kurang dingin krn udara dinginnya dibajak sebagian nyemprot intake, bener gak sih ?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
MitshuToyo wrote:Well.. awam.. bukanya kalau oprek sana sini itu pasti akan merusak atau mengurangi umur part tertentu alias ada bagian yang terkorbankan ? karena Engine / mobil merupakan paket design yang sudah di hitung dengan teliti dan melalui test.. sayang juga..
Utk Diesel asalkan EGT nggak naek terlalu banyak / melampaui 900 deg F.

Intercooler / Free flow exhaust / free flow intake turut membantu menurunkan EGT, sedang AFR enrichment akan menaikkan EGT. Maka dari itu proses AFR enrichment harus di seimbangkan dgn faktor2 pendukung lain agar EGT tidak sampai terbang tinggi.

Kalau pakai Piggyback multi mode khan enaknya kita bisa atur settingan saat dimana Power tdk begitu diperlukan e.g. City driving / light load / saat ber hypermilling, AFR diprogram lebih lean dan EGT justru malah bisa lebih rendah drpd kondisi standard.

(catatan : AFR vs. EGT di Diesel berbanding lurus)
waw bahasa apa nih....

puyeng....

pak guru,dari dulu pingin ngebasa soal beginian nih.. klw boleh tebak2an EGT tu sensor yg ngebaca suhu di ekshaust bukan yah, bgtu keluar dri turbin?klw AFR jumlah udara yang masuk? jadi makin banyak udara yang masuk(akibat naikin boost atw memperbnyak debit udara) makin panas juga suhu ekshaust? lalu klw suhu terlampau panas apa yang terjadi?

kemudian klw mesin diesel turbo non ecu, bearti tidak ada sensor2 macam EGT/AFR gtu... jadi pakai feeling aja atw ada alatnya bwat ngukurnya?

terakhir, klw misalnya downpipe di bengkakin, secara teori abal-abal sya sih udara yg keluar dri turbin mestinya semakin lancar dan ada efek vakum yg ikut nyedot dan membantu memutar turbin lebih kencang, sehingga mestinya mengurangi lag. lalu, apakah menurut suhu2 D4D efeknya akan sejalan dgn teori sya?

hehe mohon pencerahannya yah.. ^^

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by billyd1773dz »

dito4x4 wrote:ikut nimbrung om om.......untuk tenaga diesel Fortuner yg kurang, coba perbaiki exhaustnya dan polish porting cylinder head, untuk yg menggunakan turbo, bisa bikin kran diselang waste gate untuk menambah waktu delay wastegate mbuka...biar tenaga maksimal....ato yg paling murah bisa pake air cold injection (menambah udara dingin A/C kedalam intake) seperti intercooler namun sederhana...mudah2an berguna....sy sudh sering pasang....mungkin yg mo sharing bisa di [email protected] terima kasih..... :thanks:
alow om dito salam kenal yah^^

ikut berguru boleh yah.. ^^ hehe

sya pernah ngoprek slank wastegate nih d garasi critanya ga ada kerjaan..,maunya naikin boost gtu.. pertama sya panjangin 2cm, sya coba tidak ada pengaruh..

terus asalnya mw langsung pakai kran, tpi waktu itu yg ada di sebelah sya cuma baut klem yang biasa di pakai ngencengin slank. jadi sya pakai, slank wastegate saya jepit pakai klem saya kencengin berharap menyempitkan slank ini sehingga fungsinya mirip kran.. asumsinya andaikan ni slank wastegate jadi mampet karena terlalu kencang ngiketnya, wastegate jadi tidak buka dan boost jadi tidak ada batasnya tpi hasilnya?.... kok boostnya malah turun.. cuma dpt 0.5bar... hmmm di lepas lgi aja bingung..

ada kah poin penting yg salah nih?atw kran tidak bisa digantikan dengan menjepit slank? btw krannya kran apa nih? yg biasa bwat valve compresor angin kah?

@TS
sapa tw mw nyoba sendiri mainin wastegate bisa gratis kerjain sendiri nih... tpi klw masalahnya resposifitas saat nyusul kyanya naikin boost bukan solusi yg sesuai..


thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

ane mau tanya nih dengan modifikasi mesin..

bayangan ane, kalo mau naikin power dan torsi, berarti memperbesar daya ledak di ruang bakar. kalo torsi naik 30%, berarti daya ledak bisa lebih kuat 30% atau mungkin lebih.
nah, dengan meningkatnya daya ledak ini, apakah akan memperpendek umur pakai mesin? katakan lah umur mesin jadi pendek 30%.. yang harusnya tahan 600rb km, karena modif ini cuman tahan 400rb km..

karena yang ane tahu, walau blok mesin kodenya sama, tapi jeroan piston dan asnya berbeda antara turbo dan non turbo. menurut ane, ini harusnya berlaku dengan beberapa modif yang dilakukan..

mohon masukan..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: @TS
sapa tw mw nyoba sendiri mainin wastegate bisa gratis kerjain sendiri nih... tpi klw masalahnya resposifitas saat nyusul kyanya naikin boost bukan solusi yg sesuai..
Utk tuning wastegate Turbo 2KD-FTV yg saya pernah coba dan hasilnya oke paling jauh adalah dgn selang wastegate yg tengahnya dikasih selang sedikit lebih kecil serta ganjal ring di baut wastegate pake ring uk. 10 yg tipis.

Itupun disarankan jika sudah ganti Down Pipe dgn yg 3"

Tuning wastegate di Turbo dibatasi oleh : Jika backpressure Pre Turbin menjadi lebih besar drpd boost maka performa mesin justru akan ngedrop

saya pernah coba pakai selang wastegate yg tengahnya kecil sekali, yang ada kinerja mesin di RPM bawah malah ngedrop.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: kemudian klw mesin diesel turbo non ecu, bearti tidak ada sensor2 macam EGT/AFR gtu... jadi pakai feeling aja atw ada alatnya bwat ngukurnya?

terakhir, klw misalnya downpipe di bengkakin, secara teori abal-abal sya sih udara yg keluar dri turbin mestinya semakin lancar dan ada efek vakum yg ikut nyedot dan membantu memutar turbin lebih kencang, sehingga mestinya mengurangi lag. lalu, apakah menurut suhu2 D4D efeknya akan sejalan dgn teori sya?
EGT sensor aka Pyrometer umumnya merp perangkat tambahan, bisa diaplikasikan utk mesin Diesel jenis manapun.

Downpipe yg lebih free flow ya memang ada efek thd spool up time dan heat scavenging.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sjamsul »

hmmmm..... klo ganti knalpot............ misalkan knalpot hider........ ada pengaruhnya ga yah....... :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sjamsul »

wishmaster wrote:Para Bro,
mobil gue fortuner diesel 2009, kondisi masih full ori, km baru 3000an,
mobil biasanya gue pake kalo mau ke luar kota, misalnya ke jawa, selama ini biasanya gue lewat jalur utara yg relatif lurus dan bisa jalan kencang,
minggu lalu berhubung infonya pantura macet akibat liburan, maka gue nyoba jalan lewat jalur selatan yg jalannya muluz tapi relatif kelak-kelok dan naik-turun,
kecepatan rata-2 normal di jalur ini gue perhatiin sekitar 60 kpj, nah masalah muncul saat gue harus nyalip truck/bus di depan gue yg jalan dibawah 60 kpj, berhubung jalannya kelak-kelok maka untuk nyalip bener-2 harus nunggu kesempatan terbaik,
sialnya di jalur inilah baru kerasa bahwa tenaga fortuner diesel itu tanggung, dari gigi 4 pindah ke gigi 3, injek gas untuk nyalip, sampai setengah badan truck/bus mobil berjalan pelan sekali, sementara dari arah berlawanan sudah terlihat ada kendaraan lain, baru ditengah usaha tiba-2 terasa akselerasinya dan bisa tuntas nyalip.
sungguh suatu usaha yg mendebarkan, akselerasi terasa terlambat sekali munculnya.
dicoba dengan gigi 2 lebih parah lagi, bukannya lari tapi mesin cuma menggerung saja.
akhirnya ketemu cara yg paling enak, yaitu sebelum proses nyalip, sambil ngintip-2 kesempatan mobil sudah siap dengan gigi 3 yang diayun-2, begitu digas memang lsg lari, namun efeknya sedikit membuat mual penumpang, capedee...

apa itu yg dibilang efek turbo lag ya ? jd sebelum turbo aktif mobil bergerak lambat sekali.
atau memang karakter mesin fortie diesel yg under power ?
apa yg harus gue rubah / modif supaya gue bisa nyetir dgn aman dan nyaman di jalur selatan ini ya ?
note : gue udah coba pake turbo jet simota seharga 450 rebu, gak ngepek.
skrg disuruh nyoba replacement air filternya, kira-2 beneran bakal solve the problem gak ya ?
mohon advice dong bro...
hmmm..... klo diliat dari postingan nt yg pertama......... ga dijelaskan klo nt dah pernah coba mbl yg lainnya.......... jadi mungkin sebagian beranggapan nt pertama punya mbl ini.......... makanya ada yg bilang nt perlu penyesuaian ama mbl ini (salah satunya ane).................... n sebaiknya setiap jawaban yg diberikan oleh rekan2 disini 'jangan' dibilang 'asbun'........... krn terbacanya ga enak................

Setiap jawaban yg diberikan ama ane ato rekan2 yg lain itu bisa merupakan pengalaman masing2 di mbl diesel.............. jadi wlp ane belon pernah punya jenis mbl spt nt, tp setidaknya ane ato yg 'mungkin' nt bilang asbun itu berusaha memberikan bantuan kepada nt.......... terlepas dari efektip ato tidaknya jawaban yg ditulis.............



smoga bermanfaat..................................
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

sjamsul wrote: hmmm..... klo diliat dari postingan nt yg pertama......... ga dijelaskan klo nt dah pernah coba mbl yg lainnya.......... jadi mungkin sebagian beranggapan nt pertama punya mbl ini.......... makanya ada yg bilang nt perlu penyesuaian ama mbl ini (salah satunya ane).................... n sebaiknya setiap jawaban yg diberikan oleh rekan2 disini 'jangan' dibilang 'asbun'........... krn terbacanya ga enak................

Setiap jawaban yg diberikan ama ane ato rekan2 yg lain itu bisa merupakan pengalaman masing2 di mbl diesel.............. jadi wlp ane belon pernah punya jenis mbl spt nt, tp setidaknya ane ato yg 'mungkin' nt bilang asbun itu berusaha memberikan bantuan kepada nt.......... terlepas dari efektip ato tidaknya jawaban yg ditulis.............



smoga bermanfaat..................................
ane juga kira seperti itu... :big_peace: :big_peace:

malem sebelumnya, ane ketemu om hendra yang ikutan oprut di poncab sama temen2 pajero. dan si om punya forti D4D. dia sampe buka kap mesin ngasih tahu apa yang diubah di D4Dnya.. dan dia bilang, berani nempelin VX karena udah diracun.

secara om wish bilangnya kalo narik, di bayangan ane, karena emang butuh tarikan maknyus pas mo nyalip. berarti emang perlu diracun... sayang om hendra gak ikutan di tret ini.. kalo gak, dia bisa cerita banyak tentang fortie D4Dnya..
:big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sjamsul »

^^

bro... tolong dong ceritain pengalaman yg om hendra rasakan di mbl fortienya..... barangkali bisa berguna buat yg lainnya..... :e-pray:
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by toyiblm »

klo menurut saya gini om dan setuju ama bro syamsul..
namanya pendapat.....
dengan max hp fortie yg segitu walaupun di modif mau nambah berapa paling banter 20 HP...
apalagi bro wishmaster udah biasa jadi raja jalanan dengan genio or engine 4AGE, ya jelas sangat terasa bedanya
wishmaster wrote: gue pribadi sih cuma pengen dibikin enteng kalo lg nyalip, jd jantung gak perlu berdebar-2, apalagi gue bawa nyokap yg umurnya udah 70 taun, tp masih doyan traveling, hehe...
kalo upgrade performa buat kebut-2an sih gue gak perlu, ngebut mah mending gue pake genio or engine 4AGE, pengalaman masa muda jadi raja jalanan, hahaha
kalo jalan datar mungkin dengan HP segitu OK, tapi begitu masuk jalur selatan yang penuh dengan kelokan, naik dan turun dan asumsi bro wish pingin yg enteng pasti diperlukan mobil yang memang didesign untuk itu.

apalgi mo nyalib truk ato barisan truk perlu strategy dari yang nyetir,
klo mo andalkan power dengan HP and torque segitu mau maknyus ya tetep boyo bro.

klo menurut saya om syamsul bener jual aja ganti dengan hp & torque yang lebih besar. khan sekarang banyak alternatif klu bener-bener tujuannya enteng dan aman untuk bermanuver terutama di kelokan dan tanjakan.

saya yakin ndak perlu ngeluarin kocek, tapi justru nambah kocek

daripada di modif lagi, habis banyak bro kurang lebih 5-?? jt bisa masuk dan hasilnya seperti ane bilang paling banter nambah 20 hp...kyaknya nggak ngefek
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sting »

sjamsul wrote: hmmm..... klo diliat dari postingan nt yg pertama......... ga dijelaskan klo nt dah pernah coba mbl yg lainnya.......... jadi mungkin sebagian beranggapan nt pertama punya mbl ini.......... makanya ada yg bilang nt perlu penyesuaian ama mbl ini (salah satunya ane).................... n sebaiknya setiap jawaban yg diberikan oleh rekan2 disini 'jangan' dibilang 'asbun'........... krn terbacanya ga enak................
Iya nih om Sjamsul dan om2 lainya, Om2 juga ngak bilang ato mikir yg punya thread "asbun" atau "astul" , kok bantuanya dibilang asbun. Udah baca ini jadi binggung dan mikir, ini yang punya thread lagi ngetes, lagi nanya , lagi ngasih tahu atau ngeledek ???
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Captivated »

sjamsul wrote: hmmm..... klo diliat dari postingan nt yg pertama......... ga dijelaskan klo nt dah pernah coba mbl yg lainnya.......... jadi mungkin sebagian beranggapan nt pertama punya mbl ini.......... makanya ada yg bilang nt perlu penyesuaian ama mbl ini (salah satunya ane).................... n sebaiknya setiap jawaban yg diberikan oleh rekan2 disini 'jangan' dibilang 'asbun'........... krn terbacanya ga enak................

Setiap jawaban yg diberikan ama ane ato rekan2 yg lain itu bisa merupakan pengalaman masing2 di mbl diesel.............. jadi wlp ane belon pernah punya jenis mbl spt nt, tp setidaknya ane ato yg 'mungkin' nt bilang asbun itu berusaha memberikan bantuan kepada nt.......... terlepas dari efektip ato tidaknya jawaban yg ditulis.............



smoga bermanfaat..................................
setuju banget am om ini :frm_tumbright:
kasian bener kl ada yg udh cape2 nyumbang saran, akhirnya dibilang "asbun"
kesannya merendahkan bener.... :e-wall: .... sapa tau justru dia yg punya lbh byk pengalaman dr kita
kan itu cm saran, masing2 bs punya pendapat beda2... ada yg mau modif, ada yg mau ganti mobil skalian, sah2 aja kan???
toh kita dsini cm sharing... ato ada org atpm ikut dsini???

lanjut mang...... :big_peace:
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by wishmaster »

hahaha... jujur gue heran sama temen-2 di serayamotor ini, coba perhatiin, gampang banget emosinya pada naek, dan kalo udah ada satu yg merasa tersinggung lalu yg lainnya ikut tersinggung...

gue perhatiin dari jaman kita ngomongin motcin dulu, trus ngebahas kaisar v250, trus ngebahas suara HD, trus pertengkaran antara fanatikan honda dan toyota, duh... mo sampe kapan sih emosi-2an gini terus ?
pergaulan di dunia otomotif itu dilandasi semangat brotherhood guys, kalo dikit-2 tersinggung, dikit-2 ngambeq ya akhirnya akan bubar, anda akan terkungkung dalam kelompok anda sendiri, kelompok hanya yg setuju pada pendapat anda.
please... gue yakin kita disini udah bukan anak-2 kecil lagi, jd boleh kan kalo gue berharap bisa menjaga semangat brotherhood.

uniknya lg rasanya gue kenal bro sjamsul udah cukup lama, dulu gue tanya-2 masalah modif elektrik motor, kenapa setelah sekian lama trus lupa dan justru yg duluan tersinggung ya ?

coba dilihat lagi apa yg gue tulis di awal, disitu gue gambarkan bahwa mobil ini sebenernya enak, selama ini gak terasa ada masalah, baru terasa waktu gue nyoba jalur yg cukup berat di jalur selatan, apa gue mengalami yg namanya turbo lag, gue menanyakan kira-2 apa yg bisa dilakukan ?

buat temen-2 yg bener-2 ngasih informasi gue berkali-2 udah mengucapkan terimakasih,
tp buat yg nyaranin ganti mobil, ganti engine, bandingin sama sedan, terima nasib... apa itu bukan namanya asbun ?
apa itu yg namanya informasi positif ?
kl setiap nemu kekurangan trus solusinya ganti mobil, lalu apa yg perlu kita diskusikan disini ?
bayangkan kl informasi-2 seperti itu ditangkap mentah-2 oleh brother-2 kita yg masih bener-2 ijo, apa bukan namanya menyesatkan ?

anyway gue tetep minta maaf kl kata-2 gue ditanggepin lain, yg jelas gue menjunjung tinggi brotherhood, sama sekali gak ada niat nyakitin perasaan brother-2.
gue gak ngerti gue nanya, gue ngerti gue jawab, just that simple.
semoga kedewasaan brotherhood bersemi di serayamotor.
Last edited by wishmaster on Fri Jul 17, 2009 7:03, edited 1 time in total.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

btw, siapa yang emosian ya?? :big_weee: :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green