wishmaster wrote:Para Bro,
mobil gue fortuner diesel 2009, kondisi masih full ori, km baru 3000an,...
kecepatan rata-2 normal di jalur ini gue perhatiin sekitar 60 kpj, nah masalah muncul saat gue harus nyalip truck/bus di depan gue yg jalan dibawah 60 kpj, berhubung jalannya kelak-kelok maka untuk nyalip bener-2 harus nunggu kesempatan terbaik,
sialnya di jalur inilah baru kerasa bahwa tenaga fortuner diesel itu tanggung, dari gigi 4 pindah ke gigi 3, injek gas untuk nyalip, sampai setengah badan truck/bus mobil berjalan pelan sekali, sementara dari arah berlawanan sudah terlihat ada kendaraan lain, baru ditengah usaha tiba-2 terasa akselerasinya dan bisa tuntas nyalip.
sungguh suatu usaha yg mendebarkan, akselerasi terasa terlambat sekali munculnya.
dicoba dengan gigi 2 lebih parah lagi, bukannya lari tapi mesin cuma menggerung saja.
akhirnya ketemu cara yg paling enak, yaitu sebelum proses nyalip, sambil ngintip-2 kesempatan mobil sudah siap dengan gigi 3 yang diayun-2, begitu digas memang lsg lari, namun efeknya sedikit membuat mual penumpang, capedee...
seru cerita nya...hm..masih baru lagi mobilnya...
itu balap truk nya di tanjakkan atau datar bro?
diesel biasanya memang harus tau torque/moment pas utk nyalip. Oper gigi turun spt itu, kalo torque/hp peak nya udah lewat jd percuma.
wishmaster wrote:
apa itu yg dibilang efek turbo lag ya ? jd sebelum turbo aktif mobil bergerak lambat sekali.
atau memang karakter mesin fortie diesel yg under power ?
apa yg harus gue rubah / modif supaya gue bisa nyetir dgn aman dan nyaman di jalur selatan ini ya ?
note : gue udah coba pake turbo jet simota seharga 450 rebu, gak ngepek.
skrg disuruh nyoba replacement air filternya, kira-2 beneran bakal solve the problem gak ya ?
mohon advice dong bro...
turbo lag setau saya, jeda seblm turbo nyala. Asumsi sy, di situasi mr wish, udah nyala. seblm turbo nyala gas dibejek pasti kita terasa spt "lho mana ya", pasti beda dgn setelah nyala. memang segitu kemampuannya mesinnya bukan masalah turbo lag.
jet simota itu ga efek memang. Kalo bro mao ganti air filter, jgn yg replacement, krn posisi nya tetep dalam air box. Bs coba air filter yg open bs membantu, tp kecil. Spt nya mesti modif lebih banyak bro, salah satunya intercooler & dastek piggyback dll. siapin budget nya.
sebelm beli, apa bro ga test dulu supaya ada bayangan?
pernah test di jln paling kenceng sampe berapa bro? klo tanjakkan enak ga? pengen tau kalo kondisi ori nya.
berarti review dari majalah a* itu agak berlebihan, beda dgn testy nya mr wishmaster. dibilang kuat tanjakkan pdhal torque segitu???