diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
^^ cihuyyy......bakal ada yg punya mobil baru lage neh dalam waktu dekat......
Ganti apa lagi neh bro.....
Ganti apa lagi neh bro.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
bukan ganti mobil om mandala, hanya dijual saja dulu. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Yodah....ntar kalo duid nya ga kepake, titipan saya aja dulu.....esh wrote:bukan ganti mobil om mandala, hanya dijual saja dulu.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Justru dijual karena lagi butuh duid nih om mandala, hiks hiksmandala1 wrote:Yodah....ntar kalo duid nya ga kepake, titipan saya aja dulu.....esh wrote:bukan ganti mobil om mandala, hanya dijual saja dulu.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Entah kenapa yah bro.....tapi kali ini rasanya saya ga percaya sama kata2 ente....esh wrote:Justru dijual karena lagi butuh duid nih om mandala, hiks hiksmandala1 wrote:Yodah....ntar kalo duid nya ga kepake, titipan saya aja dulu.....esh wrote:bukan ganti mobil om mandala, hanya dijual saja dulu.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
om, sebenernya kalo ada uang, mungkin golongan "pemakai" seperti saya ini bisa2 juga jadi "peminjam", namun karena duit pas2an sehingga cash flow dan pembelanjaan harus kita atur sedemikian rupa supaya mencukupi kebutuhan, jadilah mobil ngga ganti2 kalo udah ngerasa nyaman dengan mobil kita baik nyaman segi pemakaian maupun nyaman dari segi perawatan dan operasional karena biaya perawatan dan operasional masih bisa terpenuhi oleh keuangan kita.asudarsono wrote: Dari posting di atas, ternyata banyak juga kawan yg golongan "pemakai" seperti saya. Pakai mobil sampai habis bahkan sampai saat masuk junkyard. IMHO, pada golongan ini depresiasi tidak jadi perhatian, harga jual kembali kuang penting dianding harga beli penggantinya.
Di lain sisi ada yang "peminjam", pakai mobil cuma sebentar untuk dijual kembali. Yg saya lihat "peminjam" tulen yg pakai mobil maksimum 3 tahun belum nongol nih. IMHO pada golongan ini wealth preservation penting karena kalau tidak nanti mobil barunya "turun pangkat" terus.
============================
Dari sisi pemilihan mobil pengganti, saya kemarin mikir : daripada saya pilih Mercy A class atau B class, setelah depresiasi 3 tahun, ternyata uang yang hilang ini lebih besar dari harga baru Subaru R2. Jadi daripada saya mikir wealth preservation pada Mercy, saya makai R2 sampai nol juga masih untung. Golongan ini saya cap : "mind over heart".
Ada juga yg "heart over mind", ada duit sedikit ganti mobil yang lebih baik. IMHO pada golongan ini lebih memperhatikan nilai depresiasi tiap2 mobil.
sebenernya pengen juga jadi "peminjam" yang bisa jadi bisnis, misalnya pake mobil yang kita pengen coba terus kalo udah puas terus jual dengan sedikit margin, tentunya untuk mobil bekas, kalo mobil baru mungkin ngga bisa seperti ini karena mobil baru sebagian besar kena depresiasi, beda dengan mobil2 sejuta umat yang harga bekasnya secara nominal bisa lebih tinggi daripada harga baru waktu pembelian beberapa tahun sebelumnya, walaupun value of money-nya turun
jadi inget dulu waktu beli avanza harga 107,3jt, perhitungan saya pakai 3 tahun sambil ngelunasin kemudian jual terkena depresiasi mungkin harga jual kembali dapet sekitar 80jt, sambil jalan 3 tahun itu saya nabung dikit buat ganti mobil mungkin bisa dapet kijang thn 2000 dan ada sedikit dana buat perbaikan, namun ternyata harga jual kembali malah dapet 110jt (jual cepet), ditambah tabungan jadi malah bisa dapet pajero bukan kijang lagi

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Pengalaman ttg mobil sih belom banyak. Tapi faktor2 yg menyebabkan gw dulu nuker twincam 91 jadi atoz 04 kurang lebih sbb :
Kondisi twincam 91 :
- Eksterior : tampilan udah buluk, harus dicat ulang kalu pingin kinclong lagi.
- Interior : masih lumayan, kecuali power window yg rusak melulu.
- Mesin : saluran radiator bocor, udah diservis tetep aja ga ketemu bocorannya. Plus altenator yg rusak mlulu.
- AC : udah disarankan ganti kompresor.
- Ban : udah 2 taun pakai, btr lagi harus ganti. Terakhir cek harga sekitar 600ribuan.
- Asuransi : umurnya terlalu tua utk diasuransikan.
- Harga jual kembali : tetap seperti harga beli. Paling2 potong ongkos ngerapiinnya aja.
Kondisi atoz 04 :
- Eksterior : tampilan lebih segar.
- Interior : masih bagus, tapi lebih bagus lagi setelah didandani ma bengkelnya om Maxxx.
- Mesin : ga lebih bagus dari twincam, tapi lumayan lah buat lari 140kpj. cuma 6 bulan pakai hrs ganti kopling.
- AC : harus ganti kompresor.
- Ban : langsung ganti roda depan. Tapi harganya murah bgt, cuma 350ribuan.
- Asuransi : bisa diasuransiin, terutama all-risk. Hari gini ga ada asuransi, serem boo..
- Harga jual kembali : sangat bagus. Harga mobil kecil stabil bgt. Apalagi setelah bbm lompat2an taun lalu.
Kesimpulannya :
Ya gw masih butuh pengalaman lagi soal mobil. Kalu soal tipe pemakai atau pinjam, ga tau juga. Yg jelas buat aktivitas harian.
Kondisi twincam 91 :
- Eksterior : tampilan udah buluk, harus dicat ulang kalu pingin kinclong lagi.
- Interior : masih lumayan, kecuali power window yg rusak melulu.
- Mesin : saluran radiator bocor, udah diservis tetep aja ga ketemu bocorannya. Plus altenator yg rusak mlulu.
- AC : udah disarankan ganti kompresor.
- Ban : udah 2 taun pakai, btr lagi harus ganti. Terakhir cek harga sekitar 600ribuan.
- Asuransi : umurnya terlalu tua utk diasuransikan.
- Harga jual kembali : tetap seperti harga beli. Paling2 potong ongkos ngerapiinnya aja.
Kondisi atoz 04 :
- Eksterior : tampilan lebih segar.
- Interior : masih bagus, tapi lebih bagus lagi setelah didandani ma bengkelnya om Maxxx.
- Mesin : ga lebih bagus dari twincam, tapi lumayan lah buat lari 140kpj. cuma 6 bulan pakai hrs ganti kopling.
- AC : harus ganti kompresor.
- Ban : langsung ganti roda depan. Tapi harganya murah bgt, cuma 350ribuan.
- Asuransi : bisa diasuransiin, terutama all-risk. Hari gini ga ada asuransi, serem boo..
- Harga jual kembali : sangat bagus. Harga mobil kecil stabil bgt. Apalagi setelah bbm lompat2an taun lalu.
Kesimpulannya :
Ya gw masih butuh pengalaman lagi soal mobil. Kalu soal tipe pemakai atau pinjam, ga tau juga. Yg jelas buat aktivitas harian.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
halo..sorry baru sempat posting nih..sudah 3 pages..mantab...hehehehe....
oiya..coba ditambahin variable waktu..secara merawat mobil kan perlu waktu..kalo ada yg tidak py wkt bukankah lbh baek mengganti mobil dalam jangka tertentu?:)
jadi kesimpulan rekan2...lbh untung mana mengganti mobil secara berkala dgn perawatan aliran a la oom abu2 yg originalitas(gak berlebihan)...ato we keep our car long enuff sampe harga jatuh mampus?hehehehehehehe...
@oom esh..jual aja ke ane murah2..hahahaha...,iya yahhhhh
oiya..coba ditambahin variable waktu..secara merawat mobil kan perlu waktu..kalo ada yg tidak py wkt bukankah lbh baek mengganti mobil dalam jangka tertentu?:)
jadi kesimpulan rekan2...lbh untung mana mengganti mobil secara berkala dgn perawatan aliran a la oom abu2 yg originalitas(gak berlebihan)...ato we keep our car long enuff sampe harga jatuh mampus?hehehehehehehe...
@oom esh..jual aja ke ane murah2..hahahaha...,iya yahhhhh

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
^^ huee...juragan TS baru nongol lagi.....kirain dah lupa noh ngasih PR disini,,
Ampir lagi gua bikin OOT neh.....hiahiahiahahaha.....
Kalo menurut gue, semua tergantung kemampuan masing2,, kalo rasanya kita sanggup gonta ganti mobil baru tiap 2-3 taon sekali, why not?? Toh kita cari uang di dunia ini buat menikmati hasil-nya kan???
Malah kalo kita pengen sesuatu terus ditahan2 apalagi sampai hasratnya dipendam dalam2 justru malah bisa jadi penyakit ga baik buat kesehatan....
Lain halnya kalo emang kondisi ekonomi kita pas2an (no offense), sebaiknya yah jgn memaksakan diri buat mengikuti hawa napsu buat gonta-ganti mobil tiap ada model baru, bisa lebih bahaya lagi dan ujung2nya malah daftar ke rsj...he..he...
So... Kembali lagi semua ke faktor ekonomi, kebutuhan n sense kita masing2....
Ampir lagi gua bikin OOT neh.....hiahiahiahahaha.....

Kalo menurut gue, semua tergantung kemampuan masing2,, kalo rasanya kita sanggup gonta ganti mobil baru tiap 2-3 taon sekali, why not?? Toh kita cari uang di dunia ini buat menikmati hasil-nya kan???
Malah kalo kita pengen sesuatu terus ditahan2 apalagi sampai hasratnya dipendam dalam2 justru malah bisa jadi penyakit ga baik buat kesehatan....

Lain halnya kalo emang kondisi ekonomi kita pas2an (no offense), sebaiknya yah jgn memaksakan diri buat mengikuti hawa napsu buat gonta-ganti mobil tiap ada model baru, bisa lebih bahaya lagi dan ujung2nya malah daftar ke rsj...he..he...
So... Kembali lagi semua ke faktor ekonomi, kebutuhan n sense kita masing2....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
yup...ane 2 ari ini ga sempat OL..sorry yah rekan2 sekalian..hehehehhee...oom mandala...awas yyeeey kalo OOT..
ehmm..iya sih..mksdnya kalo ekonomi kaga menjadi halangan(bkn berarti maen di segmen mobil mewah lhor yah...)sekelas2...avanza gitu mksd saya:)



ehmm..iya sih..mksdnya kalo ekonomi kaga menjadi halangan(bkn berarti maen di segmen mobil mewah lhor yah...)sekelas2...avanza gitu mksd saya:)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Om Anjas, sudah pernah membandingkan uang yang dikeluarkan antara full restorasi twincam dan beli atoz?y_anjasrana wrote:Pengalaman ttg mobil sih belom banyak. Tapi faktor2 yg menyebabkan gw dulu nuker twincam 91 jadi atoz 04 kurang lebih sbb :
Kondisi twincam 91 :
- Eksterior : tampilan udah buluk, harus dicat ulang kalu pingin kinclong lagi.
- Interior : masih lumayan, kecuali power window yg rusak melulu.
- Mesin : saluran radiator bocor, udah diservis tetep aja ga ketemu bocorannya. Plus altenator yg rusak mlulu.
- AC : udah disarankan ganti kompresor.
- Ban : udah 2 taun pakai, btr lagi harus ganti. Terakhir cek harga sekitar 600ribuan.
- Asuransi : umurnya terlalu tua utk diasuransikan.
- Harga jual kembali : tetap seperti harga beli. Paling2 potong ongkos ngerapiinnya aja.
Kondisi atoz 04 :
- Eksterior : tampilan lebih segar.
- Interior : masih bagus, tapi lebih bagus lagi setelah didandani ma bengkelnya om Maxxx.
- Mesin : ga lebih bagus dari twincam, tapi lumayan lah buat lari 140kpj. cuma 6 bulan pakai hrs ganti kopling.
- AC : harus ganti kompresor.
- Ban : langsung ganti roda depan. Tapi harganya murah bgt, cuma 350ribuan.
- Asuransi : bisa diasuransiin, terutama all-risk. Hari gini ga ada asuransi, serem boo..
- Harga jual kembali : sangat bagus. Harga mobil kecil stabil bgt. Apalagi setelah bbm lompat2an taun lalu.
Kesimpulannya :
Ya gw masih butuh pengalaman lagi soal mobil. Kalu soal tipe pemakai atau pinjam, ga tau juga. Yg jelas buat aktivitas harian.
kalo saya kalkulasi secara kasar nih untuk perbaikan twincam om Anjas:
- Cat ulang full anti karat dan ganti karet2. sekitar 10-12jt.
- ganti motor power windows dan tuas2nya, sekitar 1-1.5jt.
- radiator bocor di mana? kalo di bagian mesin, berarti harus overhaul dan ganti saluran. mungkin bisa habis sekitar 10jt.
- AC, ganti kompresor dan evapurator sekitar 7-10 jt.
- Ban, 1 buah sekitar 800rb. 5 buah sekitar 4jt.
- aki mobil sekitar 0.6jt.
- asuransi, ini enaknya, gak perlu asuransi lagi

jadi kira2 biaya restorasi semuanya sekitar 36jt.. plus biaya gak pake mobil sektiar 4jt.. jadi total 40jt..

kira2, waktu nuker twincam ke atoz, biayanya sekitar ini?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
nah..ini analogi nya boss...worth it ga?????sebanding ga?trus kalo mobil yg direstorasi itu bisa dijamin sehat nya lama??nah lho.....thanks bro maskopat!:)
oiya...tidak diperhitungkan nilai2 sentimentil sang mobil yah..hehehe
oiya...tidak diperhitungkan nilai2 sentimentil sang mobil yah..hehehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
betul Om, apakah dengan restorasi mobil senilai 40jt atau tuker yang lebih baik dengan nilai mungkin sekitar 60jt, apakah emang sebanding? intangible value ini yang gak bisa kita ukur dengan kuantitatif.ZombiEE wrote:nah..ini analogi nya boss...worth it ga?????sebanding ga?trus kalo mobil yg direstorasi itu bisa dijamin sehat nya lama??nah lho.....thanks bro maskopat!:)
oiya...tidak diperhitungkan nilai2 sentimentil sang mobil yah..hehehe
pengalaman saya sih dengan overhaul mesin, ganti kompresor AC, setidaknya dalam 2-3 thn gak perlu keluar uang besar untuk bagian ini dan cukup tenang.
nah, dengan memasukan nilai sentimentil, gengsi, kenyamanan nilainya bisa tak berhingga... ya cuman dia dan Tuhan yang tahu...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
seperti pengalaman saya juga..nyang hasil restorasi jarang bisa menyamai hasil "baru"....ini yg buat pusink..uhuk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
pasti Om.. apalagi cat body. pernah ngobrol dengan bengkel cat, dia jujur bilang kalo hasil dia tidak akan lebih bagus daripada pabrik. walau sebenernya pabrik pake cat yang "biasa" sedangkan dia pake cat yang lebih baik.ZombiEE wrote:seperti pengalaman saya juga..nyang hasil restorasi jarang bisa menyamai hasil "baru"....ini yg buat pusink..uhuk
belum lagi jeroan mesin.. kalo di pabrik asembling kan bisa pas bener...
nah kebetulan, saya bukan yang terlalu pusing dengan perbandingan memperbaiki dan baru.. selama masih bisa gelinding, gak nyusahin diri sendiri dan sekitar, aman untuk touring, nyaman untuk semua penumpang, masih jalan aja...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
yah..itu dia..dana yg kita keluarin buat restorasi itu pantas apa kaga yah?back to square one..hihihi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Jun 07, 2008 4:09
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
bos, kira2 yang keren tapi resale value ttp mumpuni apa ya?
mazda3 masuk ga ya?
saya bingung nyari pengganti innova...
harga mahal2 semua..

mazda3 masuk ga ya?
saya bingung nyari pengganti innova...
harga mahal2 semua..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
wah, kalo resale value, mau gak mau ya toyota lagi..hansen90 wrote:bos, kira2 yang keren tapi resale value ttp mumpuni apa ya?
mazda3 masuk ga ya?
saya bingung nyari pengganti innova...
harga mahal2 semua..

alasannya mau gantinya kenapa? ipah kan mobil yang bagus..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
^^ nah mungkin bro hansen90 ini termasuk dari salah satu orang yg sudah mapan secara ekonomi nya, sehingga tradisi 'tukar mobil' selama jangka waktu tertentu (yg relatif singkat) sudah menjadi hal yg biasa....
Ga heran koq kalo banyak orang yg sudah melepas innova karena alasan sudah bosan, meskipun mungkin ada juga alasan2 lainnya,,
@hansen90 : kalo yg dicari adalah mobil gress baru tapi dengan resale value yg bagus, maybe mazda is not a good choice.... Memang mobilnya oke, tapi resale valuenya jgn berharap banyak deh....
Memang ada konsekuensi nya bro, kalo kita menginginkan mobil yg bagus n tidak pasaran biasanya berujung pada harga jual yg lumayan jatuh,, n apabila lebih berharap pada nilai jual kembali yg agak tinggi ya mau ngga mau harus pilih mobil sejuta umat...
Ga heran koq kalo banyak orang yg sudah melepas innova karena alasan sudah bosan, meskipun mungkin ada juga alasan2 lainnya,,
@hansen90 : kalo yg dicari adalah mobil gress baru tapi dengan resale value yg bagus, maybe mazda is not a good choice.... Memang mobilnya oke, tapi resale valuenya jgn berharap banyak deh....

Memang ada konsekuensi nya bro, kalo kita menginginkan mobil yg bagus n tidak pasaran biasanya berujung pada harga jual yg lumayan jatuh,, n apabila lebih berharap pada nilai jual kembali yg agak tinggi ya mau ngga mau harus pilih mobil sejuta umat...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
tapi mobil sejuta umat tuh blm tentu bagus kaga bagus lhor..ipah terus terang ane pake nya sih puas..jarang merongrong...a gud workhorse:)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
maskopat wrote:betul Om, apakah dengan restorasi mobil senilai 40jt atau tuker yang lebih baik dengan nilai mungkin sekitar 60jt, apakah emang sebanding? intangible value ini yang gak bisa kita ukur dengan kuantitatif.ZombiEE wrote:nah..ini analogi nya boss...worth it ga?????sebanding ga?trus kalo mobil yg direstorasi itu bisa dijamin sehat nya lama??nah lho.....thanks bro maskopat!:)
oiya...tidak diperhitungkan nilai2 sentimentil sang mobil yah..hehehe
pengalaman saya sih dengan overhaul mesin, ganti kompresor AC, setidaknya dalam 2-3 thn gak perlu keluar uang besar untuk bagian ini dan cukup tenang.
nah, dengan memasukan nilai sentimentil, gengsi, kenyamanan nilainya bisa tak berhingga... ya cuman dia dan Tuhan yang tahu...
IMHO sih ngga worth 40jt buat restorasi twincam yang mungkin hanya bertahan 2-3 tahun, kecuali ada nilai sentimentil itu tadi walaupun sebenernya gw juga restorasi eterna abisnya kira2 30jt, sebenernya ngga worth secara ekonomis, tapi ada nilai2 sentimentil yang membuat itu jadi worth sehingga sekalian lah udah basah sekalian gw nyebur aja, restorasinya ngga tanggung2 jadi abis banyak biar mobilnya kembali sehat dan nyaman.ZombiEE wrote:yah..itu dia..dana yg kita keluarin buat restorasi itu pantas apa kaga yah?back to square one..hihihi
kalo memandang dari segi ekonomis, daripada repot2 ngabisin waktu untuk restorasi 40juta yg diperkirakan bertahan 3 tahun, mending nambah 60jt untuk mobil yang bisa bertahan 5-6 tahun
gw lebih melihat umur pakai sebuah mobil dari segi teknis yang berbeda2 tiap merk dan jenis mobil yang tergantung banyak hal antara lain:ZombiEE wrote:jadi kesimpulan rekan2...lbh untung mana mengganti mobil secara berkala dgn perawatan aliran a la oom abu2 yg originalitas(gak berlebihan)...ato we keep our car long enuff sampe harga jatuh mampus?hehehehehehehe...i
- ada merk dan type mobil yang didesign dan dimanufacture dengan baik sehingga bisa berumur pakai panjang long live dan ada juga yang didesign dan dibuat untuk masa pakai yang "secukupnya", misalnya umur pakai land cruiser tentu beda dengan avanza, sorry kalo perbandingannya ngga sesuai

- pemakaian mobil itu, misalnya umur pakai land cruiser yang dipakai di tambang atau di kebon sawit tentu beda dengan umur pakai land cruiser yang dipakai dikota, begitu juga umur pakai avanza yang dipakai untuk keluarga tentu beda dengan umur pakai avanza yang dipakai untuk operasinal kantor
- perawatan mobil itu, tentunya umur pakai mobil yang terawat akan lebih panjang daripada umur pakai mobil yang tidak terawat
kemampuan finansial seseorang ngga bisa diabaikan karena akan berpengaruh pada type mobil yang mampu dibeli karena mobil yang didesign dan dimanufacture untuk long live tentu harganya mahal, dan kemampuan finansial juga bisa berpengaruh bagus ngganya perawatan mobil
kalo dengan mengabaikan gengsi, kemampuan ekonomi dan sentimentil, dan dengan pemakaian gw untuk harian ngantor, jalan2 week end dan kadang touring AKAP ngga dipakai secara extreme, juga kebiasaan gw untuk tetep melakukan perawatan dengan baik, kalo gw pribadi, gw akan memilih ambil yang termasuk long live, menjaga originalitasnya, memakai dan merawatnya dengan baik sampai nanti bisa diwariskan ke anak gw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
nah..nilai sentimental jgn dimasukkan bos..purely economic sajah..tapi I like your opinion:)...kalo spt yg bos blg itu...diwariskan ke anak...gak menikmatin teknologi yg makin nambah donk...cmiiw
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
ya at least sebelum menimmati teknologi yg makin canggih, si anak mampu memahami mobil secara mendasar serta menghargai nilai historisnya,,, (menurut saya ya,, )ZombiEE wrote:nah..nilai sentimental jgn dimasukkan bos..purely economic sajah..tapi I like your opinion:)...kalo spt yg bos blg itu...diwariskan ke anak...gak menikmatin teknologi yg makin nambah donk...cmiiw
Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
emang sih, tapi gw setuju dengan om maskopat, teknologi canggih bikin ribet, harga mobil makin mahal, perawatan makin susah.. teknologi baru kebanyakan memakai komponen elektronik, itu juga memperpendek umur mobil karena umur komponen elektronik lebih pendek daripada umur komponen mekanikZombiEE wrote:nah..nilai sentimental jgn dimasukkan bos..purely economic sajah..tapi I like your opinion:)...kalo spt yg bos blg itu...diwariskan ke anak...gak menikmatin teknologi yg makin nambah donk...cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
kalo itu mah uda nilai sentimental deh kayanya..hehehe..
oiya.mnrt saya pribadi yah....mobil itu jg ada masa pakainya(peak performance)....hmmm....
oom nes jg ganti mobil secara berkala yah?:)
oiya.mnrt saya pribadi yah....mobil itu jg ada masa pakainya(peak performance)....hmmm....
oom nes jg ganti mobil secara berkala yah?:)