Honda Freed di Honda Union Serpong

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by evolution21 »

seperti double blower yg di klaim nissan livina mungkin?
hasilnya tidak terlalu menggembirakan
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Risol1 »

datsu wrote:
Risol1 wrote:kalo yg spek tinggi dashboardnya bagusan
maksutnya kenop AC nya yang bagusan ya oom? :big_slap:
hehehe....ya begitulah.... :mrgreen:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by andra »

evolution21 wrote:seperti double blower yg di klaim nissan livina mungkin?
hasilnya tidak terlalu menggembirakan
Kl desain kaca depan landai spt gambar diatas, maka konsekuensinya:
AC harus bagus = harus dingin, jangan spt AC Innova, kl siang walau udah dobel blower & kedua AC nya nyala tapi panasnya minta ampuuuunnn. Pernah nyalain Ac udah diposisi maksimal depan & belakang, tapi dinginnya lama banget.

Untuk Dashboard, kl warnanya terang spt Innova, kl pas siang siap2 ajalah pakai kacamata hitam, karna pasti akan bikin pandangan akan keganggu dari pantulan dashboard warna terang tsb.
Image
Fly Like a Bird
FortunerMan

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by FortunerMan »

andra wrote:
evolution21 wrote:seperti double blower yg di klaim nissan livina mungkin?
hasilnya tidak terlalu menggembirakan
Kl desain kaca depan landai spt gambar diatas, maka konsekuensinya:
AC harus bagus = harus dingin, jangan spt AC Innova, kl siang walau udah dobel blower & kedua AC nya nyala tapi panasnya minta ampuuuunnn. Pernah nyalain Ac udah diposisi maksimal depan & belakang, tapi dinginnya lama banget.

Untuk Dashboard, kl warnanya terang spt Innova, kl pas siang siap2 ajalah pakai kacamata hitam, karna pasti akan bikin pandangan akan keganggu dari pantulan dashboard warna terang tsb.
Ya Innova memang tidak sempurna seperti kendaraan anda, tp ini thread ttg produk baru yang lumayan menarik bernama Honda Freed. Sudah jelas lho di fotonya...dashboard Freed warna gelap.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by boilers »

mikehonda wrote:
liat2aja wrote:Bung Mike, info dong secara fitur dua trim S dan E tadi bedanya apa? Sepertinya sudah ada infonya nih... ayo share disini
Spec lengkapnya belum tahu bro, tapi yang pasti ada 2 tipe S dan E
semuanya matic n tersedia dalam 6 pilihan warna.. :thanks:
Wah thanks bung Mike. Kalau knob ACnya kira2 ada pilihan yg berbeda dengan yg digambar tidak yah? Kali2 ada bocoran informasi hehe :D
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by MitshuToyo »

Image

Tambahin gambar cut section nya..
Apakah kira2 nyaman kita duduk di baris ke tiga ? Sepertinya kepala kita akan langsung nyandar di kaca belakang, selain jok yang pendek & terlalu tegak.. :big_smoking:
Apakah lebih nyaman ini dibanding Serena ? lebih lapang dari Innova ? Lebih kenceng dari Grand Livina ? Kalau Lebih mahal pasti.. :big_smoking:

Tombol AC kayaknya gak perlu di permasalahkan.. karena justru itulah kelebihan Freed. Designer Honda tahu betul, karena kalau knop rusak tinggal lari aja ke dapur untuk ganti spare partnya.. :mrgreen:

Tapi model luarnya kereen..
Lagi nginjek rem..
User avatar
MikeTan
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by MikeTan »

boilers wrote:
mikehonda wrote:
liat2aja wrote:Bung Mike, info dong secara fitur dua trim S dan E tadi bedanya apa? Sepertinya sudah ada infonya nih... ayo share disini
Spec lengkapnya belum tahu bro, tapi yang pasti ada 2 tipe S dan E
semuanya matic n tersedia dalam 6 pilihan warna.. :thanks:
Wah thanks bung Mike. Kalau knob ACnya kira2 ada pilihan yg berbeda dengan yg digambar tidak yah? Kali2 ada bocoran informasi hehe :D
belum ada info tambhan mengenai knob AC boz :mrgreen:
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by eresiie »

Coba perhatikan Nissan NV200, knop AC nya model begitu juga. Tapi saya kok malah lebih suka bentuknya NV200 ini ya ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by DOHC »

setelah liat cut section nya freed, saya jadi makin ga ngerti ama maksud dari desainer honda, buat apa gt ruang kepala yg begitu tinggi tapi ruang kaki baris ke 3 begitu sengsara, itu mah paling pas cuman buat anak dibawah 10 tahun atau pembantu suster yg tipikal nya badan kecil, kalo orang dewasa normal sigh, takutnya abis duduk lama2 di baris ke 3 musti dibawa ke mbok tukang urut kali...

innova dan GL killer ?? jangan mimpi deh HPM, inova tuh baris ke 2 dan ke 3 nya aja ga sesempit nigh mobil, btw build quality inova ga jelek logh, body lumayan tebel koq, kaga setipis kaleng krupuk avanza, dan kualitas interior malah saya blg inova sdikit lebi bagus dari livina

lebi kenceng dan irit dari livina series ?? eitt blom tentu, desain livina aja lebi landai gt daripada freed, tentu coefisien drag nya jg lebi gede lah si freed waktu lari, dan lagi torsi livina itu lebi gede dari mesin i-vtec nya freed

malah kalo opini pribadi saya, nothin good bout honda freed...(sorry yah honda maniac, cuman opini pribadi) kcuali kalo dia brani turunin harga ampe 180an juta deh, baru saya bilang ini mobil bole di consider utk dilirik... tapi kita liat aja nanti gmana jurus2 hpm buat menjual nigh mobil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by boilers »

MitshuToyo wrote:Image

Tambahin gambar cut section nya..
Apakah kira2 nyaman kita duduk di baris ke tiga ? Sepertinya kepala kita akan langsung nyandar di kaca belakang, selain jok yang pendek & terlalu tegak.. :big_smoking:
Apakah lebih nyaman ini dibanding Serena ? lebih lapang dari Innova ? Lebih kenceng dari Grand Livina ? Kalau Lebih mahal pasti.. :big_smoking:

Tombol AC kayaknya gak perlu di permasalahkan.. karena justru itulah kelebihan Freed. Designer Honda tahu betul, karena kalau knop rusak tinggal lari aja ke dapur untuk ganti spare partnya.. :mrgreen:

Tapi model luarnya kereen..
Kalau dari sisi marketing Honda, Bisa juga pertanyaannya, apakah ini lebih hemat dr innova? lebih lega dari Grand Livina? Lebih murah dr Serena? Hehehe, j/k :big_peace:
Tapi memang kalau dari gambar itu sih leg room 3rd rownya sempit sekali, pasti tidak nyaman untuk diduduki org dewasa,paling hanya untuk anak2 or baby sitter. Kalau dibanding 3rd row GL kira2 bagaimana ya ?
FortunerMan

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by FortunerMan »

Gedean belakangnya GL lah udah pasti...saya pernah nyobain fine2 aja - gak lega, tapi cukuplah. Innova ya lebih lega lagi, lebih lebar. Mengecewakan juga nih 3rd rownya. Mau menang dimana dia...lega, nggak...lebih irit? gak tau iritan mana ama GL...lebih gaya mungkin, lebih fun to drive? mungkin.
User avatar
ctantra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Sat Mar 07, 2009 11:27

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by ctantra »

Ada bocoran ga kalo jok Freed yg versi Indo bakalan ada yg jok kulit bawaan dari pabrik? Thx.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by DOHC »

FortunerMan wrote:Gedean belakangnya GL lah udah pasti...saya pernah nyobain fine2 aja - gak lega, tapi cukuplah. Innova ya lebih lega lagi, lebih lebar. Mengecewakan juga nih 3rd rownya. Mau menang dimana dia...lega, nggak...lebih irit? gak tau iritan mana ama GL...lebih gaya mungkin, lebih fun to drive? mungkin.
tuh kan, apa yg saya blg, nothin good bout this freed.... mustinya HPM yah mbok sadar gt logh, nigh mobil kaga ada lebi2 nya dibanding kompetitor, ngaca dikit lah pasang harga sgitu tinggi, ga bisa mikir apa yah.... pintu geser eletrik.. so wat gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by MitshuToyo »

FortunerMan wrote:Gedean belakangnya GL lah udah pasti...saya pernah nyobain fine2 aja - gak lega, tapi cukuplah. Innova ya lebih lega lagi, lebih lebar. Mengecewakan juga nih 3rd rownya. Mau menang dimana dia...lega, nggak...lebih irit? gak tau iritan mana ama GL...lebih gaya mungkin, lebih fun to drive? mungkin.
Iya nih, baris ke tiga super sempit. Kalau 3rd row Innnova emang top, gw duduk di belakang masih sisa 4 jari an. perjalanan 6 jam gak capek sama sekali.
Kl lihat gambarnya ternyata seperti itu, mungkin bandinginnya dengan Rush.. tapi jangan bandingin harganya.. :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Profith83 »

ha ha ha ...
Lebih nyaman ? eits nanti dulu ... GL dirancang hampir mirip seperti mobil eropa bukan jepang, coba lihat semua mobil nissan hampir semua variannya nyaman dikendarai (hampir semua bukan berati semua yah :) )

Lebih lapang ? no comment kurang lebih sedikit, tidak banyak

Lebih irit dari innova iya, tapi apa lebih irit dari GL ?

Lebih kenceng dari GL ? yakin tuh ? memang bisa dengan cepat melaju 180 KM/jam ? sama sama pakai mesin 1.5 liter nya yah
Kalau dibanding GL 1.8 jamin 100 % pasti kalah ... memang tidak pas bandingkan mesin 1500 cc dengan 1800 cc
Tapi kalau harganya setara dengan GL 1.8 yaitu 200 jt
Boleh kan dibanding dengan harga yg sama ?

Jangan sakit hati yah yang fanatik honda ... PEACE :big_smoking: :big_peace:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Profith83 »

Double blower sampai ke belakang ? kalau memakai teknologi GL akan sampai ke belakang
Tetapi kalau mobil habis dijemur dari lebih dari 1 jam dan diberi kapsaitas 7 penumpang dijamin dinginnya lama bisa 0.5 jam
Karena semua mobil 1.5 jelas tidak dipasang AC seperti mobil 2.0.

Tapi mungkin bisa diakali dengan pasang KF yang bagus seperti huper optik Drei,
Pengalaman habis dipasang Huper Optik Drei, maka begitu masuk mobil dan nyalakan AC cuma memerlukan waktu untuk mendingikan ruangan kabin hanya setengah waktu dari pada tidak memakai KF.

Jadi kalau mau cepat dingin untuk mobil 1.5 yah harus pasang KF yang bagus, VKool atau lumar atau huper optik
Pilihnya jangan salah yah ...

Kalau disuruh pilih 200 -210 jt Grand Livina(GL) atau Innova atau Fred ...
Gue pribadi pilih GL 1.8 XV dah .. Gue punya yang 1.5 saja tenaganya udah maknyus apalagi kalau 1.8
Denger denger ada yang pernah coba GL 1.8 sampai 210 KM/jam di forum GL
AD74YA wrote:
mikehonda wrote: emang honda freed ini ga pake double blower tetapi pake sistem pendingin baru yang belum diketahui namanya tapi penumpang dijamin ga kepanasan yang di 3rd row..
(sumber autobild paling baru) :mrgreen:

Teori nya kan begitu..

sejujurnya aku ragu banget masalah blower sampai belakang itu (majalah nya saya udah baca, di majalah pun ga di bahas rinci teknologinya gimana..)
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by asudarsono »

Nggak ada info konkrit nih? Gimana yg udah merasakan?

a. Knop ACnya emang kenapa sih? Terlalu sederhana ya? Nggak ada yg lain?
b. Tenaganya gimana? Walau sama2 1,5l tapi khan bisa aja diset jadi tenaganya yahud. Tuh liat aja Livina ama Avanza sama2 1,5 liter.
c. ACnya gimana, dingin apa nggak? Apa kita perlu bawa kipas kayak di Civic Wonder jaman dulu?
d. Irit nggak?

Mohon info ya, thanks untuk pencerahannya. Kasihan mobil baru meluncur udah banyak yg meragukan (termasuk aku).
Ready to Race
FortunerMan

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by FortunerMan »

Daya tariknya Freed electric sliding doornya, faktor tampangnya yg lebih "mahal/sophisticated" drpada GL or innova, dan mungkin faktor ergonomics (selain 3rd rownya), faktor fun to drivenya (belum dibuktikan, jangan dianggap remeh dulu, ini salah satu keahlian merek Honda), dan of course Honda reputation for reliability (very big factor buat banyak org).

GL lebih mobil eropa dr Jepang? Ha ha...GL bagus, tapi statement dia gak kaya mobil Jepang...imo, agak lebay.

AC dingin mah gak usah dimasalahin banget...ini buatan Honda, bukan merek kemaren sore - bikin AC dingin aja kok dimasalahin.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Risol1 »

DOHC wrote:setelah liat cut section nya freed, saya jadi makin ga ngerti ama maksud dari desainer honda, buat apa gt ruang kepala yg begitu tinggi tapi ruang kaki baris ke 3 begitu sengsara, itu mah paling pas cuman buat anak dibawah 10 tahun atau pembantu suster yg tipikal nya badan kecil, kalo orang dewasa normal sigh, takutnya abis duduk lama2 di baris ke 3 musti dibawa ke mbok tukang urut kali...
Ruang kepala tinggi bisa memberikan kesan lega kepada penumpangnya. kalo ruang kaki memang kecil (udah saya duga sebelumnya karena panjang kabin gak bisa diboongin) tapi pasti masih mirip2 GL lah secara ukuran panjang kabinnya hampir sama. Dan kalo GL bisa didudukin sama orang dewasa, ya kenapa ini engga?
Sebelum kita "mencela" insinyur desain Honda Freed (yg pasti kebanyakan jg udah ahli bikin mobil), kita musti liat dulu alesan kenapa atep dibikin tinggi sedangkan legroom tetep sempit:
1. Kalo gak salah bangkunya Freed itu makin kebelakang juga makin tinggi (kaya bangku bioskop gitu). Ini juga salah faktor untuk memberikan kesan lega (engga sumpek dan gak kesan tenggelam di bangku belakang). Juga model bangku bioskop gitu mengakibatkan kaki kita engga harus terperosok sepenuhnya diatara banku baris 2 dan 3 karena posisi baris 3 yg raised. Kalo kita liat gambar dibawah, memang kaki orang dewasa di row3 agak nekuk, tapi gak sampe nekuk yg "harus dibawa ke tukang urut" hehehe.....ini mungkin juga ketolong dengan desain raised seats + atap yg tinggi.
2. Sekali lagi mungkin ruang kepala tinggi bisa memberikan kesan lega kepada penumpangnya
Image

IMO, pembeli freed jg tau bahwa baris ketiga mobil ini gak mungkin bisa selega serena atau Innova (Smers diatas ada yg membandingkan dengan kedua mobil tsb)....ya gak lah. Freed ini kan sebenernya ditujukan untuk keluarga kecil yg mulai beralih ke mini MPV dari sedan/hatchback mininya. Jadi pembeli mobil ini kayaknya gak bakal marah2 merasa tertipu karena kakinya gak bisa selonjoran di baris ketiga seperti pada serena/innova.

Nah ini ada gambaran orang dewasa yg duduk di "sporty" MPV macam Stream, GL, Wish......Liat kepalanya hampir mentok. Nah kalo orang tsb naik Freed, mungkin headroomnya masih sisa banyak sehingga menimbulkan kesan lapang walaupun legroom sempitnya hampir sama dengan "sporty" MPV tsb. Nah mungkin ini "maksud dari desainer Honda menciptakan Freed" spt pertanyaan diatas.

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Risol1 »

DOHC wrote:innova dan GL killer ?? jangan mimpi deh HPM, inova tuh baris ke 2 dan ke 3 nya aja ga sesempit nigh mobil, btw build quality inova ga jelek logh, body lumayan tebel koq, kaga setipis kaleng krupuk avanza, dan kualitas interior malah saya blg inova sdikit lebi bagus dari livina

lebi kenceng dan irit dari livina series ?? eitt blom tentu, desain livina aja lebi landai gt daripada freed, tentu coefisien drag nya jg lebi gede lah si freed waktu lari, dan lagi torsi livina itu lebi gede dari mesin i-vtec nya freed

malah kalo opini pribadi saya, nothin good bout honda freed...(sorry yah honda maniac, cuman opini pribadi) kcuali kalo dia brani turunin harga ampe 180an juta deh, baru saya bilang ini mobil bole di consider utk dilirik... tapi kita liat aja nanti gmana jurus2 hpm buat menjual nigh mobil
Memang kayaknya jg Honda engga pernah mimpi buat jadi Innova/GL killer. Akhir2 ini kalo diliat dari trendnya policy HPM, mereka cukup tau diri untuk patok target yg jauh lebih sedikit dibanding kompetitornya.
Tapi yg pasti Freed mao mencuri "kue" nya innova/GL kalo diliat dari spek produknya. HPM jg tau susah dan hampir gak mungkin produknya bisa ngalahin reputasi kijang yg udah dibangun sejak berpuluh2 tahun lalu....hehehe

HPM jg gak pernah campaign bahwa produknya punya build quality yg lebih bagus dari Innova, produknya lebih irit dan kencang dari nissan GL, dll.....itu semua kan cuma pendapat pribadi SMer2 sini aja untuk "Panas2in" Freed.
Kalo cuma dipanas2in spt itu memang kayaknya/kelihatannya Freed itu bakalan jadi produk yg jelek sekali, di sektor manapun sepertinya kalah jauh dengan saingannya...ya sah2 aja.
Tapi IMO, marketing analysts nya Honda jepang/asteng/indo pasti punya pendapat lain. Mereka pasti punya alesan2 tertentu sehingga berani membawa freed ke mari.

Spt kata bro Boilers, bahwa mungkin mereka (HPM) mengharapkan freed bakal di nilai:
1. lebih luas/fungsional dari GL
2. lebih irit dari Innova
3. Model lebih modern (trend boxy MPV)
4. Merek Honda masih punya reputasi dan image bagus di sini.

Sekarang pertanyaannya: bagaimana kita bisa bilang "nothing good" kepada Freed sedangkan mobilnya sendiripun belum diluncurkan.....atau mungkin liat dgn mata kepala sendiri pun belum pernah.....hehehe....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Kasihan mobil baru meluncur udah banyak yg meragukan (termasuk aku).
hehehe....iya betul. Kalo saya liat memang rata2 produk2 honda pasti selalu dicela/diragukan even pada saat belum diluncurkan. :mrgreen:
Dan juga mulai keluar asumsi2 yg seakan2 diklaim oleh Honda, padahal asumsi2 tsb jg berasal dari pengamat sendiri.
misalnya tiba2 ada yg bilang "gak mungkin honda freed lebih kenceng dari GL 1.8" hehehe...... lha kan engga ada yg pernah bilang freed bakalan lebih ngacir dari GL? itu semua cuma asumsi dari si poster.

Jg yg selalu diekspose u/ dibandingkan dengan kompetitornya adalah faktor2 negatifnya si Honda misal:
- kalo untuk luas interior bandingin ke innova
- kalo untuk kenyamanan bandingin ke serena
- kalo untuk irit dan top speed bandingin ke GL
- mungkin untuk ground clearance, bandingin ke terios.
Tapi sebenernya dibalik perbandingan2 (yg negatif) tsb, kalo SMers jeli, bisa ditangkep jg perbandingan2 (yg positif) dari si freed tsb:
- kalo untuk irit bandingin ke innova/serena
- kalo untuk headroom dan lebar kabin, bandingin ke GL/terios
- Kalo untuk harga dan freshness mobil, bandingin ke Serena
-dll

hehehehe....saya sih pecinta otomotif termasuk Honda......dan nulis gini bukannya "tersinggung", tapi cuma mao meluruskan fakta aja bahwa bagus/tidaknya sebuah mobil itu tergantung dari sudut kita melihatnya. Jadi kalo dilihat dari sudut yg negatif, maka memang kelihatannya ini freed kayaknya produk yg jelek banget dan gak mungkin pantes dibeli dan dihargai sesuai price tag-nya.
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by MitshuToyo »

Risol1 wrote: Jg yg selalu diekspose u/ dibandingkan dengan kompetitornya adalah faktor2 negatifnya si Honda misal:
- kalo untuk luas interior bandingin ke innova
- kalo untuk kenyamanan bandingin ke serena
- kalo untuk irit dan top speed bandingin ke GL
- mungkin untuk ground clearance, bandingin ke terios.
Tapi sebenernya dibalik perbandingan2 (yg negatif) tsb, kalo SMers jeli, bisa ditangkep jg perbandingan2 (yg positif) dari si freed tsb:
- kalo untuk irit bandingin ke innova/serena
- kalo untuk headroom dan lebar kabin, bandingin ke GL/terios
- Kalo untuk harga dan freshness mobil, bandingin ke Serena
-dll

hehehehe....saya sih pecinta otomotif termasuk Honda......dan nulis gini bukannya "tersinggung", tapi cuma mao meluruskan fakta aja bahwa bagus/tidaknya sebuah mobil itu tergantung dari sudut kita melihatnya. Jadi kalo dilihat dari sudut yg negatif, maka memang kelihatannya ini freed kayaknya produk yg jelek banget dan gak mungkin pantes dibeli dan dihargai sesuai price tag-nya.
Kwakaka.. iya nih belum2 udah di bantai habis2an..
Anyway kalau kita baca postingan2 yang ada, hampir semua mengeluhkan masalah HARGA tanpa mau tahu alasan tetek bengek krisis ekonomi, dolar dll.. (meski harga resminya blom jg di keluarin :mrgreen: ). Misalnya, kalau GL bisa dibawah 200, kenapa Freed enggak ? kenapa dengan harga sekian cuma dapet 1500 CC; tanpa mau tahu alasan teknologi, dll..

Dan akhirnya suangat amat wajar lho konsumen membandingin dengan kompetitornya.
Bagi orang yang masih sangat awam otomotif, trus di kantong hanya ada tabungan 250 jt, tentu saja akan berpikir keras untuk memilih kendaraan yang tepat.

--- Konsumen kan beda kebutuhan. Kalau ada orang yang sering bepergian dengan banyak orang, mudik, jarak jauh, dengan uang yang ada tentu akan membandingkan dengan Innova.
--- Kalau ada keluarga yang lebih menyukai kendaraan yang nyaman, mewah tapi gak pasaran, serta mampu mengakomodasi banyak orang, ya dengan dana yang ada bakal bandingin dengan Serena (meski second hand :mrgreen: )
--- Sementara kalau anak muda yang masih suka kenceng2an, adanya uang pas2an dari ortunya, suka bawa teman2 sekolah, ya pasti bandinginnya dengan GL.

Kalau Freed di tujukan untuk keluarga kecil yang pindah dari small hatchback ke small MPV, kayaknya bakal kurang tepat sasaran deh.Kalau keluarga kecil dengan penghasilan pas-pasan, bisa jadi mending ambil Avanza Xenia saja.. Selisih harga hamper 100 jt bisa untuk renovasi WC atau bikin carport :mrgreen:

Nurutku pembeli Freed bakalan BANYAK dari kalangan menengah atas yang udah punya lebih dari satu mobil.
Pengennya sih, Body Freed panjangin dikiiit, Interior legaan dikiiit, CC di naikin dikiiit, Harganya turunin buanyaaak.. huehuehe..

Tapi gak apa2, postingan baik dan buruk harus muncul di setiap review. Yakin kok pasti sampai ditelinga Honda.
O ya gimana kabarnya New City ?? dulu di kecam habis2an salah satunya juga karena harganya. Gimana dengan record penjualannya sekarang ???
Lagi nginjek rem..
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by ALTIMIT »

neh thread kyknya makin lama makin panas dah :twisted:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by asudarsono »

asudarsono wrote:Nggak ada info konkrit nih? Gimana yg udah merasakan?

a. Knop ACnya emang kenapa sih? Terlalu sederhana ya? Nggak ada yg lain?
b. Tenaganya gimana? Walau sama2 1,5l tapi khan bisa aja diset jadi tenaganya yahud. Tuh liat aja Livina ama Avanza sama2 1,5 liter.
c. ACnya gimana, dingin apa nggak? Apa kita perlu bawa kipas kayak di Civic Wonder jaman dulu?
d. Irit nggak?

Mohon info ya, thanks untuk pencerahannya. Kasihan mobil baru meluncur udah banyak yg meragukan (termasuk aku).
Aku ini nanya beneran, malah yang pertama jawab pak Fortunerman. Gimana nih apa nggak ada fans Honda di sini? Masak yg jawab fansnya Toyota. Duh, apa nggak ada betatester di sini?

Aku rasa Honda masukin ini boil bukan karena melihat ada celah pasar pasca-hatchback atau GL-killer tapi lebih karena banyak yg beli Jazz dan City maka dicoba masukin mobil MPV dengan basis itu. Kalau jaman dulu ada versi sedan ada station sekarang ada versi hatchback, sedan dan MPV dari satu platform. Cerdik sih.
Ready to Race
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong

Post by mandala1 »

^ Aduh om, kaenya para fans hondanya udah pada jiper duluan kalo mau ngebelain! Takut di bantai rame2 disini, he..he..
IMO, kembali lagi bagus/jeleknya suatu produk baru itu hanyalah pendapat dari masing2 pribadi n saya sih yakin kalo freed pasti bakalan laku keras disini...