

btw@mozawa, mesinnya santa fe tu tipe N-sirius dengan kode G4JS (di hyundai), mesin ini "kembar tapi ngga identik" dengan mesin Mitsu seri 4G63 yg lazim dipake di seri evo. Bedanya dengan yg versi "hyundai" hanya di diameter piston x langkahnya. Saking kembarnya, waktu mesin mobil saya dulu menjalani porting+polished, iseng iseng dicoba header-nya evo IV plus turbonya, ternyata bener bener "plek" tinggal bolt in tanpa harus modif.
Kompresi cukup tinggi, sekitar 10.5:1 sebelum P+P, setelah di porting/polished, menurut bengkel kompressinya sekarang hampir tembus 12:1, makanya minumnya wajib pertamaxplus



kalo masalah engine-management dan karakteristik, saya juga ga yakin ngikut alira eropa atau jepang... jangan2 bikin aliran sendiri...aliran korea

karena menyadari diri saya awam, saya termasuk tertib/disiplin bawa mobil ke bengkel setiap 4000-5000KM buat tune up dan check up. Bengkel bilang sih, kondisi mobil saya masih "sehat dan wajar" untuk ukuran mobil umur 8 tahun dan sudah menempuh 135ribuan KM. Cuma terakhir tune up kemarin (Des 2008), bengkelnya bilang, sepertinga sensor MAF dan AFR potensio-nya agak dikit error, mereka bilang mungkin masalah kotor aja. Tapi yg AFR potensio sepertinya parah, jadi kalo waktu besok tune up berikutnya masih error, ya berarti sudah almarhum, minta dicarikan ahli waris dulu....

Oya, sekarang bengkel langganannya ga di BeRes/ATPM lagi, tapi ke bengkel spesialis Mitsu di surabaya.
masalah RPM tertahan di 1800-2000an tadi sangat mengganggu kalo butuh engine brake. Umumnya kalo mobil dengan transaxle manual, engine brake-nya kan kerasa tuh...kalo di santa fe, meski manual tapi serasa matic. Kalo gas dilepas, mesin ga langsung nahan (engine brake) tapi masih ngeloyor aja serasa tanpa engine brake, ya itu mungkin gara2 rpm yg ketahan di putaran menengah tadi.
hal lain yg saya rasakan, lonjakan tenaga/torsi-nya ga smooth... kalo mesin masih dibawah rpm 2500, terasa lelet dan boyot banget, begitu jarum rpm nembus 2500 keatas baru kerasa drastis banget tonjokannya