Neo Baleno 2008 - Part 02

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
o0oP5
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by o0oP5 »

iyah emg waktu itu lg kepepet, jd ngisi di tempat terdekat.. wkwkwkkwkw..
yah, semoga aj ntar pas servis 10000 di cek semua jadi bisa sembuh lg.. hehehehhe..
User avatar
Bieng
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by Bieng »

o0oP5 wrote:iyah emg waktu itu lg kepepet, jd ngisi di tempat terdekat.. wkwkwkkwkw..
yah, semoga aj ntar pas servis 10000 di cek semua jadi bisa sembuh lg.. hehehehhe..

Hrusnya bisa sembuh total lagi bos, saya doakan biar cepat sembuh si Leno... :frm_tumbright:
User avatar
o0oP5
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by o0oP5 »

hahahahah,, thanks bos..! :big_peace:
naldo

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by naldo »

@ooppss

Hmm, matic or manual bos? Seinget saya balenonya matic kan?

Mestiny kalau matic ga begitu d. Manual ada kemungkinan.

Maklumin d bos kalau premium, memang ga bagus premium indo. Kalau ga cari pertamina yang gede n pasti pas, biar enak mobilnya.

Kalau kurang fit, kasih injector cleaner Red Line bos, bisa dibeli di ace hardware or Toda.

Buat bersiin injector mesin n ruang pembakaran. Jamin bersih bos. Saya tiap 2-3bulan sekali kasih, even mobil saya pke shell super-super extra terus. Tau kenapa ga yakin di Indo. wehehehehhhe...

Ya boleh aja kalau mau ke SAKI. Mau ambil downpipe, ketinggalan waktu itu(ganti lagi). wehehehhehe...
User avatar
o0oP5
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by o0oP5 »

@naldo:
mobil gue matic do.. kmarin emg udah di semprotin gituan ma bengkelnya, tapi gak tau gue pake merk apaan, yg bawa supir sih.. emg sih habis di semprotin udah mendingan, tapi, masih sisa dikit, kalo pindahin gigi dari N ke D/R itu pasti rpm nya jatoh trus ada rasa nge-geternya.. udah kyk mobil tua ajah tuh.. wkwkkwkwkw..
naldo

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by naldo »

Coba aja tuh beli redline, sapa tau bisa bersihin total.

Takut bensin jorok lagi... hehehhee..
awanz tea
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Jun 13, 2009 17:55

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by awanz tea »

Halo bos2 mohon rekomendasi buat pasang sarung jok mobil yg 1 hari jadi, minggu buka


Thanks
naldo

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by naldo »

Disarungin jelek bro. Mau di kulitin aje. gimana?

hehehehe
awanz tea
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Jun 13, 2009 17:55

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by awanz tea »

@bro naldo, iya sih tapi saya sayang kalo yg asli dibuka2 hehe
User avatar
Bieng
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by Bieng »

awanz tea wrote:Halo bos2 mohon rekomendasi buat pasang sarung jok mobil yg 1 hari jadi, minggu buka


Thanks

bener kata bro Naldo, sayang kalo di sarungin bos. Mendingan juga dikulitin aja langsung, lagian sarung aslinya bisa disimpan dengan rpih di rumah. Punya gue sarung aslinya disimpen rapih di plastik bos. Kulit synthetic nggak terlalu mahal kok, tap kerennya sih pake genuine leather bos, enak and adem banget deh rasanya he3.
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by toratora »

Bro naldo (ato temen2 yg laen), mo nanya neh

sy dapet info dari forum laen, ada cara tuk meningkatkan performa neobal/sx4/swift ckd jadi seperti swift/sx4 cbu, yaitu ganti cylinder gasket (paking silinder?) pake yg punya cbu tanpa harus ganti ecu ato pasang piggyback.

Karena katanya yg m15a ckd gasketnya lebih tebal oleh karena itu kompresi turun demi bisa minum premium. Kalo gasket m15a cbu punya lebih tipis 1mm dibanding yg ckd. Menurut informasi tsb, kompresi m15a cbu antara 9.5-9.7 tapi yg ckd cuman 9.1

Apakah informasi ini benar? Kl betul, sy pengen ganti cyl gasket dengan yg punya cbu agar kompresi meningkat, efisiensi pembakaran lebih baik, dan pada akhirnya nambah tenaga, meski harus minum ptamax jg gpp. Soalnya neobal gw bolot bgt nih tarikannya. Meski dah diisi ptmax+ jg tetep bolot, payah d.

Mohon di sharing bagi yg tau akan hal ini, trims.
User avatar
Bieng
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by Bieng »

@toratora: just a little curious, masa sih Neobal bro toratora tarikannya lemot? Kebetulan saya pake Neobal A/T dan tarikannya ringan dan enak. Waktu pertama beli saya kasih premium (2 bulan) dan memang agak berat, trus ganti pertamax (4 bulan) jadi lebih enak lagi dan 10 bulan terakhir ini saya selalu isi pake Shell Super dan setelah kena Shell mobilnya ngaciir hhehehehe....
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by toratora »

@bieng: tarikannya enteng dibandingin mobil apa dulu :)

sy punya neobal a/t udah 9bln, memang abis lewatin 3000an km terasa tarikan lebih enteng dikit, tp tetep aja lemot in my book.

sy bandinginnya ama city vtec a/t dan kijang kapsul manual. Sy rasa neobal a/t lemot karena maticnya yg masih konvensional ditambah lagi kompresi mesin yg diturunkan (yg ckd) sehingga tenaga mesin juga kurang. Blom lagi bobotnya berat.

Di forum laen ada yg kasi saran (tp sy blm konfirmasi kebenarannya):
1. suruh setel ulang CO. katanya mesin sx4/neobal disetel irit, oleh karena itu tenaganya lemot. Lambda utk neobal standard 1.3 ..... disuruh setel mendekati 1.0 spy lbh bertenaga, tp bbm lebih boros dikit. Tp saya ragu, emang bisa setel CO? kan neobal udah close loop, apa bisa?
2. suruh bolongin CC, ato copot CC ganti resonator aja. Tp gue takut garansi mesin gugur dan check engine nyala trus.
3. ganti cylinder gasket ckd ke cylinder gasket yg cbu punya. Karena yg cbu punya lebi tipis oleh karena itu kompresi mesin lebih tinggi & tenaga lebih gede.
naldo

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by naldo »

Koq cylinder gasket yang diganti? Padahal bedanya di piston loh bro.

Kalau mau ganti mah di piston bro, tapi seinget saya, CBU sama CKD powernya sama aja.

Mending mainin di knalpot, header n tambah piggyback. hehehehhee
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by toratora »

@naldo: oh bedanya di piston toh. gw kan gatau yg bener yg mana makanya nanya disini.

kl pasang piggyback males deh ribet, kalo pasang header & copot cc efek ya bro naldo? Apakah bisa nambah power di putaran rendah? Krn mobilnya tuk harian, bukan tuk ngebut2an si
bernard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by bernard »

copot cc dan pasang piggyback garansi gimana tuh?
kalau pasang knalpot bole juga, tapi ga tambah boros tuh?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by evolution21 »

ada disini thread khusus header / exhaust
coba aja search
penjelasannya lengkap loh
User avatar
Bieng
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by Bieng »

toratora wrote:@bieng: tarikannya enteng dibandingin mobil apa dulu :)

sy punya neobal a/t udah 9bln, memang abis lewatin 3000an km terasa tarikan lebih enteng dikit, tp tetep aja lemot in my book.

sy bandinginnya ama city vtec a/t dan kijang kapsul manual. Sy rasa neobal a/t lemot karena maticnya yg masih konvensional ditambah lagi kompresi mesin yg diturunkan (yg ckd) sehingga tenaga mesin juga kurang. Blom lagi bobotnya berat.

Di forum laen ada yg kasi saran (tp sy blm konfirmasi kebenarannya):
1. suruh setel ulang CO. katanya mesin sx4/neobal disetel irit, oleh karena itu tenaganya lemot. Lambda utk neobal standard 1.3 ..... disuruh setel mendekati 1.0 spy lbh bertenaga, tp bbm lebih boros dikit. Tp saya ragu, emang bisa setel CO? kan neobal udah close loop, apa bisa?
2. suruh bolongin CC, ato copot CC ganti resonator aja. Tp gue takut garansi mesin gugur dan check engine nyala trus.
3. ganti cylinder gasket ckd ke cylinder gasket yg cbu punya. Karena yg cbu punya lebi tipis oleh karena itu kompresi mesin lebih tinggi & tenaga lebih gede.
@toratora: Saya sih nggak ngebandingin ama mobil lain bos di komen sebelumnya cuman menurut saya pribadi tarikannya Neobal untuk pemakaian jakarta (standard max 50km/jam) and jalan tol (standard max 120 km/jam) dah lumayan bgt and cukup stabil. Tapi mkin bro toratora menilainya dari aspek lain dan memang suka bawa mobil kenceng. Anyway, disini banyak suhu2 yg bisa bikin mobil ngacir tuh seperti Bro Naldo, dia pastibisa bantu. :frm_tumbright:
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by toratora »

@bieng: maklum boss udah biasa dikasi daging, trus skr cuma mampunya beli sayur aja krn tekanan ekonomi, jadinya banyak komplain. Maap boss

yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.

nti deh klo garansi dah lewat br pasang header & copot cc. Barengan yok boss :big_peace:
naldo

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by naldo »

Garansi 3 taun loh bos.

Eniway, kalau maenin di header, downpipe, pipa tengah, saringan belakang, copot CC, terang garansi semua angus. Tapi rata2 berani melakukan hal itu karena barang itu jarang rusak. Palingan tahan 2-3taun, n more.

Jadi ga perlu worry lah gw rasa, kalau ga datengin aja ke tukang knalpot tersebut.

Ada baiknya bawa ke tukang knalpot terpercaya, seperti saya pke Standar Adi Knalpot, Kansai, sudah 5 taun lebih pakai tidak pernah ada problem, problemnya cuma 1, kalau ga puas, balik n setel ulang lagi supaya makin kenceng! hehehehehhee... :e-doh: :e-doh:

Kalau maen di piggyback sih itu keliatannya mengharamkan garansi ECUnya bos. hehehehe...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by poeticmind »

well... selama itu bisa menyempurnakan performance engine, bukan asal2an... garansi no.2 lah... :)
Image
User avatar
Bieng
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by Bieng »

toratora wrote:@bieng: maklum boss udah biasa dikasi daging, trus skr cuma mampunya beli sayur aja krn tekanan ekonomi, jadinya banyak komplain. Maap boss

yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.

nti deh klo garansi dah lewat br pasang header & copot cc. Barengan yok boss :big_peace:

@toatora: hahahahaha perbandingannya ok juga si boss. kalo pas mau pasang2 boleh deh bareng, tapi gue ikut ngopi ngopinya ajah hehehe, nggak ada moneynya bro kalo buat yang kayak gtu gue heheheehe
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by poeticmind »

toratora wrote: yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.
ah masa, bro... kalah sama NextG? gaklah... A/T neobal sama saja, kuat kok... dan ga ada masalah kalo nanjak cipularang. saya udah coba ke semua tanjakan, baek2 aja... (puncak, lembang, cadas pangeran, tangkuban perahu) santai2 aja, malah bejek gas masih bisa speeding di tanjakan... cuma sekali dua kali saja oper gigi, selebihnya pake D.
Image
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by toratora »

@poeticmind: wah gw blom pernah nyoba aerio/next g bro jadi gatau. Gw bandinginnya ama city vtec a/t yg nanjaknya lebih kuat. Bukan all new city loh, tp city 2005-2006.

nanti ke garasi bro poet aja deh biar ngacir neobalku :) kalo setel CO bisa di garasi bro poet ga?
Mending setel CO dulu ato mending ganti header & copot CC dulu baru setel CO?

kl pasang piggy2 ga berani deh hehehe. Cari yg aman2 aja
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02

Post by poeticmind »

piggy termasuk yg paling aman utk tuning... hanya karena agak mahal, rata2 org lebih senang modif di exhaust, pengapian, airfilter dll.

saya belom bisa setel CO, maaf... alatnya mahal. :)
mau ganti header? coba maen2 ke garasi saya dulu, bro... saya bantu cek dulu. or bisa saya bantu buat hitungan headernya kalo mau custom.

tidak selalu harus dirubah jika mengejar performa std tapi maksimal... :)
Image