Neo Baleno 2008 - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
iyah emg waktu itu lg kepepet, jd ngisi di tempat terdekat.. wkwkwkkwkw..
yah, semoga aj ntar pas servis 10000 di cek semua jadi bisa sembuh lg.. hehehehhe..
yah, semoga aj ntar pas servis 10000 di cek semua jadi bisa sembuh lg.. hehehehhe..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
o0oP5 wrote:iyah emg waktu itu lg kepepet, jd ngisi di tempat terdekat.. wkwkwkkwkw..
yah, semoga aj ntar pas servis 10000 di cek semua jadi bisa sembuh lg.. hehehehhe..
Hrusnya bisa sembuh total lagi bos, saya doakan biar cepat sembuh si Leno...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
hahahahah,, thanks bos..! 

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@ooppss
Hmm, matic or manual bos? Seinget saya balenonya matic kan?
Mestiny kalau matic ga begitu d. Manual ada kemungkinan.
Maklumin d bos kalau premium, memang ga bagus premium indo. Kalau ga cari pertamina yang gede n pasti pas, biar enak mobilnya.
Kalau kurang fit, kasih injector cleaner Red Line bos, bisa dibeli di ace hardware or Toda.
Buat bersiin injector mesin n ruang pembakaran. Jamin bersih bos. Saya tiap 2-3bulan sekali kasih, even mobil saya pke shell super-super extra terus. Tau kenapa ga yakin di Indo. wehehehehhhe...
Ya boleh aja kalau mau ke SAKI. Mau ambil downpipe, ketinggalan waktu itu(ganti lagi). wehehehhehe...
Hmm, matic or manual bos? Seinget saya balenonya matic kan?
Mestiny kalau matic ga begitu d. Manual ada kemungkinan.
Maklumin d bos kalau premium, memang ga bagus premium indo. Kalau ga cari pertamina yang gede n pasti pas, biar enak mobilnya.
Kalau kurang fit, kasih injector cleaner Red Line bos, bisa dibeli di ace hardware or Toda.
Buat bersiin injector mesin n ruang pembakaran. Jamin bersih bos. Saya tiap 2-3bulan sekali kasih, even mobil saya pke shell super-super extra terus. Tau kenapa ga yakin di Indo. wehehehehhhe...
Ya boleh aja kalau mau ke SAKI. Mau ambil downpipe, ketinggalan waktu itu(ganti lagi). wehehehhehe...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jan 08, 2009 8:26
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@naldo:
mobil gue matic do.. kmarin emg udah di semprotin gituan ma bengkelnya, tapi gak tau gue pake merk apaan, yg bawa supir sih.. emg sih habis di semprotin udah mendingan, tapi, masih sisa dikit, kalo pindahin gigi dari N ke D/R itu pasti rpm nya jatoh trus ada rasa nge-geternya.. udah kyk mobil tua ajah tuh.. wkwkkwkwkw..
mobil gue matic do.. kmarin emg udah di semprotin gituan ma bengkelnya, tapi gak tau gue pake merk apaan, yg bawa supir sih.. emg sih habis di semprotin udah mendingan, tapi, masih sisa dikit, kalo pindahin gigi dari N ke D/R itu pasti rpm nya jatoh trus ada rasa nge-geternya.. udah kyk mobil tua ajah tuh.. wkwkkwkwkw..
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
Coba aja tuh beli redline, sapa tau bisa bersihin total.
Takut bensin jorok lagi... hehehhee..
Takut bensin jorok lagi... hehehhee..
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Jun 13, 2009 17:55
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
Halo bos2 mohon rekomendasi buat pasang sarung jok mobil yg 1 hari jadi, minggu buka
Thanks
Thanks
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Jun 13, 2009 17:55
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@bro naldo, iya sih tapi saya sayang kalo yg asli dibuka2 hehe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
awanz tea wrote:Halo bos2 mohon rekomendasi buat pasang sarung jok mobil yg 1 hari jadi, minggu buka
Thanks
bener kata bro Naldo, sayang kalo di sarungin bos. Mendingan juga dikulitin aja langsung, lagian sarung aslinya bisa disimpan dengan rpih di rumah. Punya gue sarung aslinya disimpen rapih di plastik bos. Kulit synthetic nggak terlalu mahal kok, tap kerennya sih pake genuine leather bos, enak and adem banget deh rasanya he3.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
Bro naldo (ato temen2 yg laen), mo nanya neh
sy dapet info dari forum laen, ada cara tuk meningkatkan performa neobal/sx4/swift ckd jadi seperti swift/sx4 cbu, yaitu ganti cylinder gasket (paking silinder?) pake yg punya cbu tanpa harus ganti ecu ato pasang piggyback.
Karena katanya yg m15a ckd gasketnya lebih tebal oleh karena itu kompresi turun demi bisa minum premium. Kalo gasket m15a cbu punya lebih tipis 1mm dibanding yg ckd. Menurut informasi tsb, kompresi m15a cbu antara 9.5-9.7 tapi yg ckd cuman 9.1
Apakah informasi ini benar? Kl betul, sy pengen ganti cyl gasket dengan yg punya cbu agar kompresi meningkat, efisiensi pembakaran lebih baik, dan pada akhirnya nambah tenaga, meski harus minum ptamax jg gpp. Soalnya neobal gw bolot bgt nih tarikannya. Meski dah diisi ptmax+ jg tetep bolot, payah d.
Mohon di sharing bagi yg tau akan hal ini, trims.
sy dapet info dari forum laen, ada cara tuk meningkatkan performa neobal/sx4/swift ckd jadi seperti swift/sx4 cbu, yaitu ganti cylinder gasket (paking silinder?) pake yg punya cbu tanpa harus ganti ecu ato pasang piggyback.
Karena katanya yg m15a ckd gasketnya lebih tebal oleh karena itu kompresi turun demi bisa minum premium. Kalo gasket m15a cbu punya lebih tipis 1mm dibanding yg ckd. Menurut informasi tsb, kompresi m15a cbu antara 9.5-9.7 tapi yg ckd cuman 9.1
Apakah informasi ini benar? Kl betul, sy pengen ganti cyl gasket dengan yg punya cbu agar kompresi meningkat, efisiensi pembakaran lebih baik, dan pada akhirnya nambah tenaga, meski harus minum ptamax jg gpp. Soalnya neobal gw bolot bgt nih tarikannya. Meski dah diisi ptmax+ jg tetep bolot, payah d.
Mohon di sharing bagi yg tau akan hal ini, trims.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@toratora: just a little curious, masa sih Neobal bro toratora tarikannya lemot? Kebetulan saya pake Neobal A/T dan tarikannya ringan dan enak. Waktu pertama beli saya kasih premium (2 bulan) dan memang agak berat, trus ganti pertamax (4 bulan) jadi lebih enak lagi dan 10 bulan terakhir ini saya selalu isi pake Shell Super dan setelah kena Shell mobilnya ngaciir hhehehehe....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@bieng: tarikannya enteng dibandingin mobil apa dulu 
sy punya neobal a/t udah 9bln, memang abis lewatin 3000an km terasa tarikan lebih enteng dikit, tp tetep aja lemot in my book.
sy bandinginnya ama city vtec a/t dan kijang kapsul manual. Sy rasa neobal a/t lemot karena maticnya yg masih konvensional ditambah lagi kompresi mesin yg diturunkan (yg ckd) sehingga tenaga mesin juga kurang. Blom lagi bobotnya berat.
Di forum laen ada yg kasi saran (tp sy blm konfirmasi kebenarannya):
1. suruh setel ulang CO. katanya mesin sx4/neobal disetel irit, oleh karena itu tenaganya lemot. Lambda utk neobal standard 1.3 ..... disuruh setel mendekati 1.0 spy lbh bertenaga, tp bbm lebih boros dikit. Tp saya ragu, emang bisa setel CO? kan neobal udah close loop, apa bisa?
2. suruh bolongin CC, ato copot CC ganti resonator aja. Tp gue takut garansi mesin gugur dan check engine nyala trus.
3. ganti cylinder gasket ckd ke cylinder gasket yg cbu punya. Karena yg cbu punya lebi tipis oleh karena itu kompresi mesin lebih tinggi & tenaga lebih gede.

sy punya neobal a/t udah 9bln, memang abis lewatin 3000an km terasa tarikan lebih enteng dikit, tp tetep aja lemot in my book.
sy bandinginnya ama city vtec a/t dan kijang kapsul manual. Sy rasa neobal a/t lemot karena maticnya yg masih konvensional ditambah lagi kompresi mesin yg diturunkan (yg ckd) sehingga tenaga mesin juga kurang. Blom lagi bobotnya berat.
Di forum laen ada yg kasi saran (tp sy blm konfirmasi kebenarannya):
1. suruh setel ulang CO. katanya mesin sx4/neobal disetel irit, oleh karena itu tenaganya lemot. Lambda utk neobal standard 1.3 ..... disuruh setel mendekati 1.0 spy lbh bertenaga, tp bbm lebih boros dikit. Tp saya ragu, emang bisa setel CO? kan neobal udah close loop, apa bisa?
2. suruh bolongin CC, ato copot CC ganti resonator aja. Tp gue takut garansi mesin gugur dan check engine nyala trus.
3. ganti cylinder gasket ckd ke cylinder gasket yg cbu punya. Karena yg cbu punya lebi tipis oleh karena itu kompresi mesin lebih tinggi & tenaga lebih gede.
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
Koq cylinder gasket yang diganti? Padahal bedanya di piston loh bro.
Kalau mau ganti mah di piston bro, tapi seinget saya, CBU sama CKD powernya sama aja.
Mending mainin di knalpot, header n tambah piggyback. hehehehhee
Kalau mau ganti mah di piston bro, tapi seinget saya, CBU sama CKD powernya sama aja.
Mending mainin di knalpot, header n tambah piggyback. hehehehhee
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@naldo: oh bedanya di piston toh. gw kan gatau yg bener yg mana makanya nanya disini.
kl pasang piggyback males deh ribet, kalo pasang header & copot cc efek ya bro naldo? Apakah bisa nambah power di putaran rendah? Krn mobilnya tuk harian, bukan tuk ngebut2an si
kl pasang piggyback males deh ribet, kalo pasang header & copot cc efek ya bro naldo? Apakah bisa nambah power di putaran rendah? Krn mobilnya tuk harian, bukan tuk ngebut2an si
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
copot cc dan pasang piggyback garansi gimana tuh?
kalau pasang knalpot bole juga, tapi ga tambah boros tuh?
kalau pasang knalpot bole juga, tapi ga tambah boros tuh?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
ada disini thread khusus header / exhaust
coba aja search
penjelasannya lengkap loh
coba aja search
penjelasannya lengkap loh
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@toratora: Saya sih nggak ngebandingin ama mobil lain bos di komen sebelumnya cuman menurut saya pribadi tarikannya Neobal untuk pemakaian jakarta (standard max 50km/jam) and jalan tol (standard max 120 km/jam) dah lumayan bgt and cukup stabil. Tapi mkin bro toratora menilainya dari aspek lain dan memang suka bawa mobil kenceng. Anyway, disini banyak suhu2 yg bisa bikin mobil ngacir tuh seperti Bro Naldo, dia pastibisa bantu.toratora wrote:@bieng: tarikannya enteng dibandingin mobil apa dulu
sy punya neobal a/t udah 9bln, memang abis lewatin 3000an km terasa tarikan lebih enteng dikit, tp tetep aja lemot in my book.
sy bandinginnya ama city vtec a/t dan kijang kapsul manual. Sy rasa neobal a/t lemot karena maticnya yg masih konvensional ditambah lagi kompresi mesin yg diturunkan (yg ckd) sehingga tenaga mesin juga kurang. Blom lagi bobotnya berat.
Di forum laen ada yg kasi saran (tp sy blm konfirmasi kebenarannya):
1. suruh setel ulang CO. katanya mesin sx4/neobal disetel irit, oleh karena itu tenaganya lemot. Lambda utk neobal standard 1.3 ..... disuruh setel mendekati 1.0 spy lbh bertenaga, tp bbm lebih boros dikit. Tp saya ragu, emang bisa setel CO? kan neobal udah close loop, apa bisa?
2. suruh bolongin CC, ato copot CC ganti resonator aja. Tp gue takut garansi mesin gugur dan check engine nyala trus.
3. ganti cylinder gasket ckd ke cylinder gasket yg cbu punya. Karena yg cbu punya lebi tipis oleh karena itu kompresi mesin lebih tinggi & tenaga lebih gede.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@bieng: maklum boss udah biasa dikasi daging, trus skr cuma mampunya beli sayur aja krn tekanan ekonomi, jadinya banyak komplain. Maap boss
yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.
nti deh klo garansi dah lewat br pasang header & copot cc. Barengan yok boss
yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.
nti deh klo garansi dah lewat br pasang header & copot cc. Barengan yok boss

Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
Garansi 3 taun loh bos.
Eniway, kalau maenin di header, downpipe, pipa tengah, saringan belakang, copot CC, terang garansi semua angus. Tapi rata2 berani melakukan hal itu karena barang itu jarang rusak. Palingan tahan 2-3taun, n more.
Jadi ga perlu worry lah gw rasa, kalau ga datengin aja ke tukang knalpot tersebut.
Ada baiknya bawa ke tukang knalpot terpercaya, seperti saya pke Standar Adi Knalpot, Kansai, sudah 5 taun lebih pakai tidak pernah ada problem, problemnya cuma 1, kalau ga puas, balik n setel ulang lagi supaya makin kenceng! hehehehehhee...
Kalau maen di piggyback sih itu keliatannya mengharamkan garansi ECUnya bos. hehehehe...
Eniway, kalau maenin di header, downpipe, pipa tengah, saringan belakang, copot CC, terang garansi semua angus. Tapi rata2 berani melakukan hal itu karena barang itu jarang rusak. Palingan tahan 2-3taun, n more.
Jadi ga perlu worry lah gw rasa, kalau ga datengin aja ke tukang knalpot tersebut.
Ada baiknya bawa ke tukang knalpot terpercaya, seperti saya pke Standar Adi Knalpot, Kansai, sudah 5 taun lebih pakai tidak pernah ada problem, problemnya cuma 1, kalau ga puas, balik n setel ulang lagi supaya makin kenceng! hehehehehhee...


Kalau maen di piggyback sih itu keliatannya mengharamkan garansi ECUnya bos. hehehehe...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
well... selama itu bisa menyempurnakan performance engine, bukan asal2an... garansi no.2 lah... 


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Jul 03, 2008 5:16
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
toratora wrote:@bieng: maklum boss udah biasa dikasi daging, trus skr cuma mampunya beli sayur aja krn tekanan ekonomi, jadinya banyak komplain. Maap boss
yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.
nti deh klo garansi dah lewat br pasang header & copot cc. Barengan yok boss
@toatora: hahahahaha perbandingannya ok juga si boss. kalo pas mau pasang2 boleh deh bareng, tapi gue ikut ngopi ngopinya ajah hehehe, nggak ada moneynya bro kalo buat yang kayak gtu gue heheheehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
ah masa, bro... kalah sama NextG? gaklah... A/T neobal sama saja, kuat kok... dan ga ada masalah kalo nanjak cipularang. saya udah coba ke semua tanjakan, baek2 aja... (puncak, lembang, cadas pangeran, tangkuban perahu) santai2 aja, malah bejek gas masih bisa speeding di tanjakan... cuma sekali dua kali saja oper gigi, selebihnya pake D.toratora wrote: yah neobal a/t masih termasuk boleh deh tenaganya kl tuk dlm kota. Tp kl bawa ke bandung, nanjak di cipularang, ga bisa nanjak booo musti oper ke 3 & mesin meraung raung.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
@poeticmind: wah gw blom pernah nyoba aerio/next g bro jadi gatau. Gw bandinginnya ama city vtec a/t yg nanjaknya lebih kuat. Bukan all new city loh, tp city 2005-2006.
nanti ke garasi bro poet aja deh biar ngacir neobalku
kalo setel CO bisa di garasi bro poet ga?
Mending setel CO dulu ato mending ganti header & copot CC dulu baru setel CO?
kl pasang piggy2 ga berani deh hehehe. Cari yg aman2 aja
nanti ke garasi bro poet aja deh biar ngacir neobalku

Mending setel CO dulu ato mending ganti header & copot CC dulu baru setel CO?
kl pasang piggy2 ga berani deh hehehe. Cari yg aman2 aja
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Neo Baleno 2008 - Part 02
piggy termasuk yg paling aman utk tuning... hanya karena agak mahal, rata2 org lebih senang modif di exhaust, pengapian, airfilter dll.
saya belom bisa setel CO, maaf... alatnya mahal.
mau ganti header? coba maen2 ke garasi saya dulu, bro... saya bantu cek dulu. or bisa saya bantu buat hitungan headernya kalo mau custom.
tidak selalu harus dirubah jika mengejar performa std tapi maksimal...
saya belom bisa setel CO, maaf... alatnya mahal.

mau ganti header? coba maen2 ke garasi saya dulu, bro... saya bantu cek dulu. or bisa saya bantu buat hitungan headernya kalo mau custom.
tidak selalu harus dirubah jika mengejar performa std tapi maksimal...

