Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 4:24
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
ini lg pk Q8 formula 0w20,
nunggu thn depan dibuang :big_blushing:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 4:24
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
3 mgg lalu br ganti ke ini oli di mazdut 2 lama saya om, rnc mau coba buat 10rb km persis
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Wed Sep 02, 2020 5:29
3 mgg lalu br ganti ke ini oli di mazdut 2 lama saya om, rnc mau coba buat 10rb km persis
wah msh lama beresnya wkwkwkwk, taun depan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb :upss:

di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.

namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.

klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).

jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04
Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb :upss:

di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.

namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.

klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).

jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA :big_peace:
Kl topwan gmana tu om ? :upss: Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04
Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb :upss:

di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.

namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.

klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).

jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA :big_peace:
Kl topwan gmana tu om ? :upss: Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04
Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb :upss:

di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.

namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.

klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).

jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA :big_peace:
Adanya benarnya juga om Surya, ono rupo ono rego istilahnya.
Selama ane ini pakai Amsoil OE, sempat mau coba pakai Amsoil SS tapi masih ragu-ragu.
Bukan gak yakin kualitas Amsoil SS, tapi ragu dipakai long drain di mobil ane soalnya wis tuek tuh mobil.

OCI Amsoil OE di sekitar 8000 - 10.000 KM (by feeling), seandainya Amsoil SS cuma dipakai di bawah 15.000 KM secara harga kurang ekonomis :big_biglaugh:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by osbertc0ol »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
5k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..
Unil Opal juga 100% syn loh tempelan nya sama seperti amsoil, ada yang udah test belom ya?

setau ane, kalo fully syn itu kandungan syntetic nya <=70% ya? :weekk:
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12

Kl topwan gmana tu om ? :upss: Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO. :big_exellent:
Last edited by osbertc0ol on Wed Sep 02, 2020 6:40, edited 1 time in total.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04
Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.

Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb :upss:

di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.

namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.

klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).

jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA :big_peace:
Kl topwan gmana tu om ? :upss: Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
Anu om Klep, Topwan mahal di fee artist nya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

osbertc0ol wrote: Wed Sep 02, 2020 6:38
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
5k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..
Unil Opal juga 100% syn loh tempelan nya sama seperti amsoil, ada yang udah test belom ya?

setau ane, kalo fully syn itu kandungan syntetic nya <=70% ya? :weekk:
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12

Kl topwan gmana tu om ? :upss: Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO. :big_exellent:
nah itu suhu om turbo aja pakai PTT eco 0w20, sy baca di page blkg @7 bulan / KM br 2rb-an klo gak salah.

sesuaikan dgn harga dan kemampuan aja.

klo top 1 kayanya blm prnh ada yg laporan nyoba di sini :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 971
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by well »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 7:21
osbertc0ol wrote: Wed Sep 02, 2020 6:38
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
5k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..
Unil Opal juga 100% syn loh tempelan nya sama seperti amsoil, ada yang udah test belom ya?

setau ane, kalo fully syn itu kandungan syntetic nya <=70% ya? :weekk:
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14

klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO. :big_exellent:
nah itu suhu om turbo aja pakai PTT eco 0w20, sy baca di page blkg @7 bulan / KM br 2rb-an klo gak salah.

sesuaikan dgn harga dan kemampuan aja.

klo top 1 kayanya blm prnh ada yg laporan nyoba di sini :upss:
PTT eco 0w20 bisa tahan sampe brp bulan/ brp KM om? pakai 5000KM atau 6 bln masih aman bgt ngga?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Omnibus wrote:
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
Polusi gak ngaruh ke oli

Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen

Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM

BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14

klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:

saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14

klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:

saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah...... :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13
Omnibus wrote:
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.

sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.

ada harga ada rupa emang :big_peace:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
Polusi gak ngaruh ke oli

Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen

Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM

BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
acuan post gw aja....


biasa gw gaspol.....dijalan bawah jg kadang adu ngedrift kalo ada yg ngajak main....





pada gak yakin sih sama gw....

pdhl real alias no fake...tes di mobil sendiri..tbukti...


gw mah gitu orangnya....fair play alias cenglie play...

:ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 9:45
marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14

klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:

saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah...... :big_biglaugh: :big_biglaugh:
voa itu apaan...vois of amerika...

uoa itu apa... :big_think:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Sinclaire »

kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 10:32
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 9:45
marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28


saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah...... :big_biglaugh: :big_biglaugh:
voa itu apaan...vois of amerika...

uoa itu apa... :big_think:
WKWKWKWK..

intinya kalo bingung beli aja udah yg paling mahal..

beres..case closed

:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13
Omnibus wrote:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
Polusi gak ngaruh ke oli

Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen

Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM

BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
oh begitu ya.

trus statement ini salah?
Screenshot_20200902_175044_com.android.chrome~3.jpg

pertanyaannya apakah anda sbg manusia bernafas dgn debit cfm yg sama dgn sebuah mesin?

dengan intake debit udara yg besar di mesin tentu pengaruh ke oil contamination kl udara tsb kotor. kan bbm yg anda sebut perlu udara utk combustion bahkan lebih besar proporsinya. fortunately tertolong dgn adanya air filter. tapi seberapa rapat air filter bisa menghalau, particulate matters yg ukuran berapa? nanti sy bahas kesitu.

skrg ambil contoh sumber air pollutant terbesar yg datangnya dr mesin itu sendiri yaitu EGR. kenapa anda block itu EGR di mesin diesel anda dan tidak dimasukkan ke intake spt stdnya? kl bilang dirty air ga ada urusan sama oil contamination silahkan pasang lagi dong. salah satu alasannya krn takut olinya terkontaminasi? msh bilang polluted air ga ada hubungannya sm oil contamination?

sy lebih percaya research ini.
Screenshot_20200902_174406_com.android.chrome~3.jpg
cited from: https://www.machinerylubrication.com/Re ... oil-engine

perlu juga melihat efek air pollution thd oil contamination dr sisi holistic, bukan hanya direct effect nya. efek tidak langsung dr polluted air juga ada. air filter akan cepat kotor --> afr running rich --> more HC (soot) --> more oil contamination.

mau bikin air filter serapat hepa filter? mau jadi berapa mahal? air filter yg ada skrg ga begitu rapat krn msh ada sebagian debu masuk terbukti TB aja kotor. dan lebih cepat kotornya kl banyak polusi udara. sebagian masuk ke combustion chamber, muter ke blow-by, ketangkep di oli. oil contamination deh. simple logic.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14

klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya :ngacir:

saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
kl dl jaman 90an akhir ampe 2000an awal,

mbah cuman perlu ke beres honda mana aj.. bertebaran tuh honda2 yg dipaksa cekokin topwan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by kompresorz »

Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 11:08
kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 10:32
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 9:45

statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah...... :big_biglaugh: :big_biglaugh:
voa itu apaan...vois of amerika...

uoa itu apa... :big_think:
WKWKWKWK..

intinya kalo bingung beli aja udah yg paling mahal..

beres..case closed

:ngacir:
:big_biglaugh: ...


end..... :big_deal:



:ngacir:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 12:03
Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13
Omnibus wrote:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.

ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer. :big_grin:
Polusi gak ngaruh ke oli

Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen

Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM

BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
oh begitu ya.

trus statement ini salah?

Screenshot_20200902_175044_com.android.chrome~3.jpg


pertanyaannya apakah anda sbg manusia bernafas dgn debit cfm yg sama dgn sebuah mesin?

dengan intake debit udara yg besar di mesin tentu pengaruh ke oil contamination kl udara tsb kotor. kan bbm yg anda sebut perlu udara utk combustion bahkan lebih besar proporsinya. fortunately tertolong dgn adanya air filter. tapi seberapa rapat air filter bisa menghalau, particulate matters yg ukuran berapa? nanti sy bahas kesitu.

skrg ambil contoh sumber air pollutant terbesar yg datangnya dr mesin itu sendiri yaitu EGR. kenapa anda block itu EGR di mesin diesel anda dan tidak dimasukkan ke intake spt stdnya? kl bilang dirty air ga ada urusan sama oil contamination silahkan pasang lagi dong. salah satu alasannya krn takut olinya terkontaminasi? msh bilang polluted air ga ada hubungannya sm oil contamination?

sy lebih percaya research ini.

Screenshot_20200902_174406_com.android.chrome~3.jpg

cited from: https://www.machinerylubrication.com/Re ... oil-engine

perlu juga melihat efek air pollution thd oil contamination dr sisi holistic, bukan hanya direct effect nya. efek tidak langsung dr polluted air juga ada. air filter akan cepat kotor --> afr running rich --> more HC (soot) --> more oil contamination.

mau bikin air filter serapat hepa filter? mau jadi berapa mahal? air filter yg ada skrg ga begitu rapat krn msh ada sebagian debu masuk terbukti TB aja kotor. dan lebih cepat kotornya kl banyak polusi udara. sebagian masuk ke combustion chamber, muter ke blow-by, ketangkep di oli. oil contamination deh. simple logic.
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..

nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..

tengs umm
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 13:19
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..

nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..

tengs umm
maaf om, di trit ini sy cuma nubie ga berani kasih saran bidang perlendiran krn ada yg paling faham ttg itu disini.

tapi sy tetap jawab pertanyaan om di PM ya. :big_deal: