setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
ini lg pk Q8 formula 0w20,Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 4:24menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.![]()
3 mgg lalu br ganti ke ini oli di mazdut 2 lama saya om, rnc mau coba buat 10rb km persisOmnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 4:24menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.![]()
wah msh lama beresnya wkwkwkwk, taun depan.erwinign wrote: Wed Sep 02, 2020 5:29
3 mgg lalu br ganti ke ini oli di mazdut 2 lama saya om, rnc mau coba buat 10rb km persis
yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.
Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
Kl topwan gmana tu om ?Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.
Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb![]()
di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.
namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.
klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).
jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA![]()
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12Kl topwan gmana tu om ?Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.
Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb![]()
di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.
namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.
klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).
jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA![]()
Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
Adanya benarnya juga om Surya, ono rupo ono rego istilahnya.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.
Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb![]()
di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.
namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.
klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).
jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA![]()
5k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14klo gak salah, pernah ada challenge di sini.DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12
Kl topwan gmana tu om ?Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
Anu om Klep, Topwan mahal di fee artist nyaDOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12Kl topwan gmana tu om ?Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:04yup memang hasil pasti akan berbeda di mobil yg berbeda.Or4cle wrote: Wed Sep 02, 2020 4:26 UOA itu sifatnya cateris paribus, banyak variabel yang berpengaruh. Hasilnya bisa berbeda-beda walaupun yang diuji oli dgn merk & specs yang sama.
Makanya di bitog setiap UOA dijabarin catatan, perlakuan -perlakuan sebelum oli diuji ; biasanya oli yang di-refill lebih dari 3x dgn merk & specs yang sama baru diuji hasilnya lebih objektif.
Personally, bukan mksdnya gak percaya hasil UOA di intenet tapi hasil tersebut berlaku untuk sample uji oli di mobil dia.
Lebih baik kenalin kondisi mobil kita sendiri sebelum blind faith hasil UOA orang lain.
blm lg bicara klo mesinnya flat tappet, bucket tappet, roller cam, dsb![]()
di bitog banyak jg user melakukan 3-4x drain dgn oli yg sama, dan ditunjukin hasilnya sehingga lbh objektif dan bs disimpulkan secara overall hasilnya gmn.
namun scr overall yg sy lihat, oli kelas keraton emang lbh konsisten viskositasnya dr awal sampai long drain / tetap di range SAE yg sama.
klo masalah wear levels, tergantung mesinnya juga, bermasalah atau nggak (selama olinya asli dan internal mesin sehat, harusnya gak ada masalah di wear levels).
jadi istilah oli keraton memang bukan hanya teori atau istilah marketing, tapi bs dibuktikan jg dengan data UOA![]()
Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
nah itu suhu om turbo aja pakai PTT eco 0w20, sy baca di page blkg @7 bulan / KM br 2rb-an klo gak salah.osbertc0ol wrote: Wed Sep 02, 2020 6:385k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
Unil Opal juga 100% syn loh tempelan nya sama seperti amsoil, ada yang udah test belom ya?
setau ane, kalo fully syn itu kandungan syntetic nya <=70% ya?
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14klo gak salah, pernah ada challenge di sini.DOHC wrote: Wed Sep 02, 2020 6:12
Kl topwan gmana tu om ?Harganya jg ud ga murah2 amat loh, malah agak mepet yg keraton beneran yg lg diskon
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
![]()
PTT eco 0w20 bisa tahan sampe brp bulan/ brp KM om? pakai 5000KM atau 6 bln masih aman bgt ngga?Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 7:21nah itu suhu om turbo aja pakai PTT eco 0w20, sy baca di page blkg @7 bulan / KM br 2rb-an klo gak salah.osbertc0ol wrote: Wed Sep 02, 2020 6:385k miles berarti 8000km ya. wah amsoil OE aja bisa turun begitu, gimana kelas oli E Cro t (Eco)..Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
Unil Opal juga 100% syn loh tempelan nya sama seperti amsoil, ada yang udah test belom ya?
setau ane, kalo fully syn itu kandungan syntetic nya <=70% ya?
Agya 1.0 sodara ane dulu ane tukerin pake unil opal, udah 8000km diganti lagi sama dia. top 1 ECO.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
![]()
sesuaikan dgn harga dan kemampuan aja.
klo top 1 kayanya blm prnh ada yg laporan nyoba di sini![]()
Polusi gak ngaruh ke oliOmnibus wrote:menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.
Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah......marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
acuan post gw aja....Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13Polusi gak ngaruh ke oliOmnibus wrote:menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 3:37 Coba cek UOA 0w20 di bitog untuk oli2 kelas entry / medium spt Amsoil OE 0w20.
setelah didrain lwt dr 5k miles, V100 masuk ke area W16.
sementara lineup ams signature 0w20,
biar didrain >10k miles, tetap aja stay di grade w20.
ada harga ada rupa emang![]()
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.
Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen
Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM
BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
voa itu apaan...vois of amerika...Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 9:45statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah......marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.![]()
![]()
WKWKWKWK..kompresorz wrote: Wed Sep 02, 2020 10:32voa itu apaan...vois of amerika...Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 9:45statement dr mbah suhu udh spt ini, makin yakin dah......marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28
saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.![]()
![]()
uoa itu apa...![]()
oh begitu ya.Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13Polusi gak ngaruh ke oliOmnibus wrote:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.
Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen
Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM
BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
kl dl jaman 90an akhir ampe 2000an awal,marmut wrote: Wed Sep 02, 2020 9:28Suryaputra wrote: Wed Sep 02, 2020 6:14
klo gak salah, pernah ada challenge di sini.
siapa yg berani jd kelinci percobaan mobilnya![]()
saya yang mau bayarin VOA sama UOA-nya kalo ada yang mau tes itu oli.
kalo emang beneran sakti, acung 2 jempol deh.
Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 11:08WKWKWKWK..
intinya kalo bingung beli aja udah yg paling mahal..
beres..case closed
![]()
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..Omnibus wrote: Wed Sep 02, 2020 12:03oh begitu ya.Turboman wrote: Wed Sep 02, 2020 9:13Polusi gak ngaruh ke oliOmnibus wrote:
menurut sy UOA bitog ga bisa dipake acuan di indo. beda iklim, traffic condition, dan pollution level.
ayo dong om bikin UOA sendiri pakai oli ex amsoil ss 0w20 biar pada yakin memang hrs switch ke oli encer.
Kalo level polusi sampe bepengaruh ke oli, manusia udah ISPA semua.........orang napas pake tabung Oksigen
Yg sgt berpengaruh = Kadar sulphur di BBM serta komposisi kimia BBM
BBM di USA udah Sulphur 10 - 15 ppm
trus statement ini salah?
Screenshot_20200902_175044_com.android.chrome~3.jpg
pertanyaannya apakah anda sbg manusia bernafas dgn debit cfm yg sama dgn sebuah mesin?
dengan intake debit udara yg besar di mesin tentu pengaruh ke oil contamination kl udara tsb kotor. kan bbm yg anda sebut perlu udara utk combustion bahkan lebih besar proporsinya. fortunately tertolong dgn adanya air filter. tapi seberapa rapat air filter bisa menghalau, particulate matters yg ukuran berapa? nanti sy bahas kesitu.
skrg ambil contoh sumber air pollutant terbesar yg datangnya dr mesin itu sendiri yaitu EGR. kenapa anda block itu EGR di mesin diesel anda dan tidak dimasukkan ke intake spt stdnya? kl bilang dirty air ga ada urusan sama oil contamination silahkan pasang lagi dong. salah satu alasannya krn takut olinya terkontaminasi? msh bilang polluted air ga ada hubungannya sm oil contamination?
sy lebih percaya research ini.
Screenshot_20200902_174406_com.android.chrome~3.jpg
cited from: https://www.machinerylubrication.com/Re ... oil-engine
perlu juga melihat efek air pollution thd oil contamination dr sisi holistic, bukan hanya direct effect nya. efek tidak langsung dr polluted air juga ada. air filter akan cepat kotor --> afr running rich --> more HC (soot) --> more oil contamination.
mau bikin air filter serapat hepa filter? mau jadi berapa mahal? air filter yg ada skrg ga begitu rapat krn msh ada sebagian debu masuk terbukti TB aja kotor. dan lebih cepat kotornya kl banyak polusi udara. sebagian masuk ke combustion chamber, muter ke blow-by, ketangkep di oli. oil contamination deh. simple logic.
maaf om, di trit ini sy cuma nubie ga berani kasih saran bidang perlendiran krn ada yg paling faham ttg itu disini.Sinclaire wrote: Wed Sep 02, 2020 13:19
om omnibus mau tany dikit dong om, kan om pake amsoil ss 5w-30 di gk5 yang notabenenye pake 0w-20 juga bisa..
nah sy juga skrg lagi pake amsoil ss di cx5 juga, yg secara specs 5w-30 sama 0w-20 sama2 bisa masuk, kalo saya dr kemaren beranggapan pake 0w-20 buat better protection pas cold start..nah ini yg bener gmn om, mana yg offer best engine protection antara kedua viscosity tsb.. apalagi kl mobil mau dipake high rpm terus, misalnya kayak cruising high speed di toll trans jawa..
tengs umm