Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.
Ganti busi aja bisa "dikerjain sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi mobil tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres
Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kali serahin service AC ke beres misalnya hehehe ...
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.
Ganti busi aja bisa "dikerjain sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi mobil tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres
Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kali serahin service AC ke beres misalnya hehehe ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.
Ganti busi aja bisa "dikerjain" sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres
Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kalau serahin service AC ke beres misalnya, horror deh hehehe ... Mknya gak heran ada member SMers yang 2 tahun mobilnya dah divonis ganti kompressor AC
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.
Ganti busi aja bisa "dikerjain" sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres
Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kalau serahin service AC ke beres misalnya, horror deh hehehe ... Mknya gak heran ada member SMers yang 2 tahun mobilnya dah divonis ganti kompressor AC

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Salah besar sih sebenernya kalo perbaikan AC dan kaki-kaki ke bengkel resmi. Mungkin secara teknis ya diperbaiki itu bener, cuma lingkup part yg diperbaiki dan kualitas nya itu yg dipertanyakan. Secara biaya jg horror sih.Or4cle wrote: Mon Jul 13, 2020 1:25 Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.
Ganti busi aja bisa "dikerjain" sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres
Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kalau serahin service AC ke beres misalnya, horror deh hehehe ... Mknya gak heran ada member SMers yang 2 tahun mobilnya dah divonis ganti kompressor AC![]()
Banyak banget pengalaman konsumen yg abis benerin kaki-kaki trs spooring balancing di bengkel resmi malah hasil spooringnya itu jd kacau banget, setir narik terus. Setelah dibawa ke spesialis spooring balancing baru deh jd bener. Sama aja lah kalau kita ke dokter umum vs spesialis, dokter umum ya pasti ngerti juga secara garis besar, cuma pengalaman pasti kalah dibanding spesialis.

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.
pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.
di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.
intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.
di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.
intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Last edited by Omnibus on Mon Jul 13, 2020 2:54, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
SA yg ketuker antara druk laher & master kopling bawah jg ada kok.
Kayanya dia bingung istilah inggrisnya clutch release bearing & clutch release cylinder
Kayanya dia bingung istilah inggrisnya clutch release bearing & clutch release cylinder

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Banyak kok kejadian gini. Temen pernah ganti kampas rem di bengke resmi 3 elips itu. Part number antara plaza toyota sama A2K itu beda, meskipun sama2 compatible dan cocok untuk ANKI. Kalau tidak salah yg di plaza toyota itu lebih mahal karena made in thai, sedangkan yg di A2K lebih murah karena Made in Indo.Omnibus wrote: Mon Jul 13, 2020 2:46 kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.
pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.
di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.
intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Selain kampas rem, pengalaman saya juga di filter oli. Di Innova 2KD itu ada yg D2 sama D4, lebih panjang yg D4, lebih mahal juga harganya kalo kita beli di toko spare part. Nah kalo di bengkel resmi itu 1 harga antara yg D2 dan D4, hoki2an aja kita dapet yg mana tergantung stock nya. Tp seringnya yg D2.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Muda2 yahOmnibus wrote: Mon Jul 13, 2020 2:46 kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.
pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.
di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.
intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Mungkin baru lulus uni of asemreges kl om
Sempet perhatiin gmana mreka kencengin roda ga om, pake pipa besi d panjangin ampe ngekk ngekk atau pake TW
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ya kelihatannya sih spt belum lama lulus. ane dateng jam 15:30 udah tinggal 1 mobil dan udah kelar. sengaja ke spare parts dateng sore enak ga banyak orang.DOHC wrote: Mon Jul 13, 2020 4:56
Muda2 yah
Mungkin baru lulus uni of asemreges kl om
Sempet perhatiin gmana mreka kencengin roda ga om, pake pipa besi d panjangin ampe ngekk ngekk atau pake TW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
SOP kencangin roda pake pipa besi panjang syaratnya mesti ngekk-ngekk. Makin panjang besinya, makin kencang ngeeekk makin bagus
Kayak pijat shiatsu, kalau gak bunyi kreekkk gak sah
Kayak pijat shiatsu, kalau gak bunyi kreekkk gak sah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
canggih ya, garansi tetap sesuai pekerjaan beres tentunya ya, mayanlahmr_mytplx wrote: Sun Jul 12, 2020 23:34
Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugibangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Yep there is no free lunchsupriyadi wrote: Tue Jul 14, 2020 0:53Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugibangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri

Yang bikin mobil jerman mahalnya keterlaluan yahh ini. 5yrs free service. Tau sndiri jerman servis di beres sekali berapa

Celakanya jepang mulai ikutan pake sistem getok di awal gini. Mitsubishi, mazda...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang
Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..
Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..
Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang
Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..
Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...
kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain

kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Nah itu dia modsChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang
Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..
Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...
kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain
kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja...![]()
Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa
Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ngakakDOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09
Nah itu dia mods
Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa
Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,


terakhir serpis di a*k, di layar monitor sudah selesai, tapi jeda antara selesai dan ane dipanggil SA sekitar 1 jam sendiri. jadi gak cuma mekaniknya yang plonga plongo, customernya juga
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
lah bonusnya lupa disebut om. kan keluar bengkel dpt bonus klip ada yg patah ga ngaku, baut mur ada yg slek atau ga kepasang ga ngaku, sama kadang2 dpt jackpot ada cap sidik jari ber-oli di plafon.DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09Nah itu dia modsChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang
Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..
Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...
kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain
kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja...![]()
Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa
Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:
1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya
2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid
. Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.
3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.
4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini
. Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura
.
5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.
Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya

2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid

3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.
4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini


5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.
Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering ituDOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09 Nah itu dia mods
Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa
Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in...

soal beres eropa... tmen ane servis W221 S-Class di luar... lumayan ngirit biaya jadi tinggal 1/4 nya klo di beresturbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 5:41 Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:
1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya![]()
2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid. Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.
3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.
4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini. Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura
.
5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.
Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.

hah serius ada kejadian gitu di VW surabaya ? ane ada kenal serv managernya sih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering ituservis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.
apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in...
6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.
Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
Last edited by FU27 on Tue Jul 14, 2020 6:05, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering ituservis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.
apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in...
6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kampas rem diamplas masih boleh oom, klo disk dan drum diamplas ya rugi. Klo ngamplasnya bener, klo ngamplasnya asal2an dan gak rata. Klo saya sih mending pake brake cleaner. Untungnya di beres langganan, gak main amplas2 rem.erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 6:04Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering ituservis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.
apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in...
6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Masi mending om kl cuman belepotanOmnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 4:51lah bonusnya lupa disebut om. kan keluar bengkel dpt bonus klip ada yg patah ga ngaku, baut mur ada yg slek atau ga kepasang ga ngaku, sama kadang2 dpt jackpot ada cap sidik jari ber-oli di plafon.DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09Nah itu dia modsChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01
gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...
ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...
kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain
kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja...![]()
Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa
Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
![]()
Lah saya dapet pin pengunci kampas tromol lupa d puter
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Setuju sm Om FU27FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering ituservis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.
apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in...
6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.
Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
cuma mau nambahin kl sebetulnya jika kita DIY kan kita bongkar sendiri sehingga faham spt apa kondisinya utk mengira2 selanjutnya msh akan dibersihkan dgn interval yg sama atau harus dipercepat krn udah kotor banget pas dibuka atau malah diperlambat krn pas dibuka kok msh ga kotor2 amat.
Krn urusan brake job itu sangat tergantung dr pola pemakaian kita apakah sering ngerem dadakan, hard braking dr kecepatan tinggi, sering ngerem santuy, atau malah jarang ngerem mengandalkan engine brake secara optimal. Nah yg bengkel kerjakan itu biasanya pukul rata service interval rem nya selain drpd memang ngejar omset juga kan

penting banget om, sy nyetok banyak brake cleaner krn ini cairan sakti mandraguna multifungsi. ya kl habis diamplas kan musti disemprot2 spy kotorannya turun ke baskom yg sdh disediakan di bawahnya. diamplas kl ga disemprot malah nambahin debu. masa disemprot pakai angin kompresor atuh itu debu karsinogenik ex brake pads/shoes bisa terbang kemana2.erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 6:04
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?

pin caliper jg hrs disemprot brake cleaner kl mau grease lama dibersihkan sblm dipakaikan grease yg baru. sy malah habis 1 kaleng tiap brake job krn mau bersih banget.