pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50
Misi om mau numpang tanya.
Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.
1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?
Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.
2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.
3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.
4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.
5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.
ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html
lumayan lengkap ada troubleshooting jg.
sekian..mudah2an membantu.