trakhir ganti oli di KM 38rbuan klep, ampe kmrn pas ane cek ud jalan kira2 hampir 7rbuan km, dan itu baru pertama kali ane cek

pake yg 10-30 aja.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Profith83 wrote:om DOHC pakai GL manual atau matic?
D4D nya manual atau matic juga?
BTW habis ganti olie mesin dan olie matic, wih enak tarikan Livina nya sampai RPM jelang merah ringan dan tenaga besar.
Kalau dulu seperti tertahan
GL ini sayang sekali olie cuma 3 liter, di filter 0.2 sisa 2.8.
Yang di celah mesin dan yang melumasi semu part mesin mungkin 1.5 liter, sisa di calter yah paling cuma 1 - 1.5 liter an.
Jadi olienya terpapar panas banget gak sempat dingin eh kena sirkulasi lagi dengan mesin yang super panas.
Mungkin dia buat agar irit semuanya, irit olie, irit filter, irit material untuk penampungan olie, dst nya![]()
Coba dibuat olie 4 liter sepertinya penguapan berkurang karena olir gak terlalu panas
5 liter sisanya kurleb.masih bisa jalan50-60km lagihenxster wrote:nanya nih om...
ada nggak yang tahu berapa liter kira-kira jumlah bensin tersisa saat lampu indikator bensin udah menyala? siapa tahu ada yg pernah nyoba sampai abis total setelah nyala lampu bisa dapet berapa kilometer lagi?![]()
makasih om...
makasih infonya nih om...soalnya meter bensin GL saya sering sampe kandas2 gitu...ternakblog wrote:5 liter sisanya kurleb.masih bisa jalan50-60km lagihenxster wrote:nanya nih om...
ada nggak yang tahu berapa liter kira-kira jumlah bensin tersisa saat lampu indikator bensin udah menyala? siapa tahu ada yg pernah nyoba sampai abis total setelah nyala lampu bisa dapet berapa kilometer lagi?![]()
makasih om...
droni wrote:Salam kenal gan, baru bergabung.
Ane pengguna xgear 2009, dapet seken th 2013, dan rasa2nya ane ga pengen ganti gan, udah sreg sm tampilannya (ane jg lebih suka yg model lama dibanding yang baru). Berikut ada yg pgn ane tanyain gan.
1. Dr pertama angkut, ac masih dingin gan. Kira2 dua bulan lalu, ac mulai ga dingin n ane servis. Sm montir ac, dibersiin evapnya, disuruh ganti dyer n ekspansi. N sekarang ac udah dingin, tp koq jadi apek ya gan? Terus kaya ada bunyi aliran air ato freon cess gt. Pertama kali kenceng, terus berulang2 tp ga terlalu kedengeran. Kira2 wajar ga gan? Apakah bunyi td efek dari ganti part tadi?
2. Terus untuk ganti driyer n ekspansi itu sudah emg wktnya ganti? Ato cm akal2an dr montir biar beli partnya? Ane rasa sih, koq sebenernya ga ada masalah gt.
3. Terus untuk kaki2, kira2 dlm kondisi gmn sokbreker harus ganti? Aq ga pernah jalan diatas 100. Kalo lewat aspal kasar n speedtrap sering "glodakan sih". Klo lewat poldur juga pelan bgt, dan kynya ayunannya masih cukup empuk. Apa kira2 sudah harus ganti?
4. Pintu bagasi koq susah ditutup ya. Spt ada udara terperangkap gt, jd harus diteken. Kira2 gmn ngatasinya ya?
Bagi agan2 yg udah pernah ngalami, mohon kiranya dapat berbagi pengalaman n pengetahuan ya.
Terima kasih bnyk sebelumnya
DOHC wrote:ane numpang bantu jawab y
1. itu waktu di servis om liat sendiri apa ditinggal ?? utk evap beneran dicpot dan dibersihin ampe bersih ga ?? utk dryer beneran tuh dicpot ?? bentuk nya sperti apa dyer nya ??
2. sblom di servis keluhan ac nya apa... apakah sering mendadak ga dingin, terutama pas lg akselerasi atau pas lg cruising trus sering mendadak ga dingin ?? kl jawaban nya iya, biasanya emg penyakit d 2 komponen tsb
3. coba mobil di dongkrak dan liat batang shock nya... ada meler oli ga ?? trus coba masing2 sisi, ditekan2... rebound nya bagaimana, tertahan atau malah mantul2...
btw dryer GL setau ane hasil nanya2 bengkel ac (pemaen lama smua) pd blg dryer ac lipina ga bsa gampang dganti kaya apanja atau ipah.. musti ganti utuh segelondongan ama tabung dan selang2 nya...
droni wrote:Salam kenal gan, baru bergabung.
Ane pengguna xgear 2009, dapet seken th 2013, dan rasa2nya ane ga pengen ganti gan, udah sreg sm tampilannya (ane jg lebih suka yg model lama dibanding yang baru). Berikut ada yg pgn ane tanyain gan.
1. Dr pertama angkut, ac masih dingin gan. Kira2 dua bulan lalu, ac mulai ga dingin n ane servis. Sm montir ac, dibersiin evapnya, disuruh ganti dyer n ekspansi. N sekarang ac udah dingin, tp koq jadi apek ya gan? Terus kaya ada bunyi aliran air ato freon cess gt. Pertama kali kenceng, terus berulang2 tp ga terlalu kedengeran. Kira2 wajar ga gan? Apakah bunyi td efek dari ganti part tadi?
2. Terus untuk ganti driyer n ekspansi itu sudah emg wktnya ganti? Ato cm akal2an dr montir biar beli partnya? Ane rasa sih, koq sebenernya ga ada masalah gt.
3. Terus untuk kaki2, kira2 dlm kondisi gmn sokbreker harus ganti? Aq ga pernah jalan diatas 100. Kalo lewat aspal kasar n speedtrap sering "glodakan sih". Klo lewat poldur juga pelan bgt, dan kynya ayunannya masih cukup empuk. Apa kira2 sudah harus ganti?
4. Pintu bagasi koq susah ditutup ya. Spt ada udara terperangkap gt, jd harus diteken. Kira2 gmn ngatasinya ya?
Bagi agan2 yg udah pernah ngalami, mohon kiranya dapat berbagi pengalaman n pengetahuan ya.
Terima kasih bnyk sebelumnya
DOHC wrote:ane numpang bantu jawab y
1. itu waktu di servis om liat sendiri apa ditinggal ?? utk evap beneran dicpot dan dibersihin ampe bersih ga ?? utk dryer beneran tuh dicpot ?? bentuk nya sperti apa dyer nya ??
2. sblom di servis keluhan ac nya apa... apakah sering mendadak ga dingin, terutama pas lg akselerasi atau pas lg cruising trus sering mendadak ga dingin ?? kl jawaban nya iya, biasanya emg penyakit d 2 komponen tsb
3. coba mobil di dongkrak dan liat batang shock nya... ada meler oli ga ?? trus coba masing2 sisi, ditekan2... rebound nya bagaimana, tertahan atau malah mantul2...
btw dryer GL setau ane hasil nanya2 bengkel ac (pemaen lama smua) pd blg dryer ac lipina ga bsa gampang dganti kaya apanja atau ipah.. musti ganti utuh segelondongan ama tabung dan selang2 nya...
droni wrote:Salam kenal gan, baru bergabung.
Ane pengguna xgear 2009, dapet seken th 2013, dan rasa2nya ane ga pengen ganti gan, udah sreg sm tampilannya (ane jg lebih suka yg model lama dibanding yang baru). Berikut ada yg pgn ane tanyain gan.
1. Dr pertama angkut, ac masih dingin gan. Kira2 dua bulan lalu, ac mulai ga dingin n ane servis. Sm montir ac, dibersiin evapnya, disuruh ganti dyer n ekspansi. N sekarang ac udah dingin, tp koq jadi apek ya gan? Terus kaya ada bunyi aliran air ato freon cess gt. Pertama kali kenceng, terus berulang2 tp ga terlalu kedengeran. Kira2 wajar ga gan? Apakah bunyi td efek dari ganti part tadi?
2. Terus untuk ganti driyer n ekspansi itu sudah emg wktnya ganti? Ato cm akal2an dr montir biar beli partnya? Ane rasa sih, koq sebenernya ga ada masalah gt.
3. Terus untuk kaki2, kira2 dlm kondisi gmn sokbreker harus ganti? Aq ga pernah jalan diatas 100. Kalo lewat aspal kasar n speedtrap sering "glodakan sih". Klo lewat poldur juga pelan bgt, dan kynya ayunannya masih cukup empuk. Apa kira2 sudah harus ganti?
4. Pintu bagasi koq susah ditutup ya. Spt ada udara terperangkap gt, jd harus diteken. Kira2 gmn ngatasinya ya?
Bagi agan2 yg udah pernah ngalami, mohon kiranya dapat berbagi pengalaman n pengetahuan ya.
Terima kasih bnyk sebelumnya
wik, full tank 720km, hebat omdroni wrote:Mau nanya soal FC om. Livina ane full tank cm dpt 350 an km dalkot. Rutenya banyakan cawang-pasar baru. Kira2 wajar kah om? Atau ada yg perlu disetel biar lebih irit gt.
Tp pernah dipake plg kampung full tank dpt 720an km. Jauh amat bedanya ya. Pake nya ron 92 n matik.
Mohon share infonya ya om. Makasi bnyk sebelumnya
ternakblog wrote: wik, full tank 720km, hebat om![]()
aku biasanya fc dalkot sby kadang premios murni, kadang pertamax, dapetnya beti, 400-450km full tank. ya mayan lah![]()
FYI ae, kalo isi bensin skg aku bener2 bedain spbu, skg wajib isi di spbu 51 di jemursari, selain itu buruk rata2 kualitasnya, masak kmrn ngisi, tenaga ngempos bgt, pdhal biasanya kagak, untung cuma isi 60rebu, dah gitu petugase gak niat ngelayani
jadi om...itu evap nya bisa keluar lewat sebelah kiri pedal kopling gitu? panel tengah yang bagian tongkat persneling gak perlu dibuka? saya rencana mau nyervis ac, cm pernah denger kalo harus buka dashboard utk ngeluarin evap, bisa makan waktu seharian, padahal GL sy ini mobil harian...DOHC wrote:kl montir nya jago, bahkan ga perlu mencopot apa2 om selaen corong udara warna item dibagian bawah.. deket pedal kopling...henxster wrote:ada yang pengalaman servis ac rutin nggak disini? mau tanya nih om, kalo servis ac bersihin evaporator, apakah harus ngelepas dashboard atau nggak untuk ngelepas evaporatornya? berhubung sejak dapet ini mobil belum pernah servis ac... pengalaman dulu make greco cukup nglepas laci kiri aja...![]()
makasih infonya
desain evaporator ama fan nya simple koq di GL... gampang banget copot pasangnya... btw, nanti sesudah di bersihin, jgn lupa ganti seal o ring nya, dan pasang filter kabin... evap GL mirip apanja punya, rentan jebol kl kotor..
DOHC wrote:Kya kejadian d gl cewe ane mar recently.... mnedadak pas muter stir.. pdahal ga lock to lock jg greg greg kenceng gt... malah sempet ampe bunyi teng2 gt pas gerakin setir.... rusaknya emg d bearing kyanya... tp waktu itu cuman ganti satu aj mar.... yg satu nya lg cuman d gemukkn ulang biji gotri nya trus sembuh
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk