perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti
ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk
1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti
ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk
1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Bantu jawab Om, for Ford engine, better cepat2 ganti Om, waktu ganti pake jumper ya Om, jgn biarkan lepas aki tanpa aki jumper lainnya soalnya Ford temen ane gak bisa nyala mesti panggil beres buat reset check engine nya kalo low batt gitu.12punch wrote: Tue May 10, 2022 9:23 halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti
ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk
1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
In general CCA makin gede makin bagus, cepat starternya, Amaron semua rata2 tahan koq.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
gatau ya om ada buat fiesta apa engga, tapi wktu itu perna baca disini disaranin sama suhu pake aki merk delkor. katanya buatan korea masih sepabrik sama merk terkenal juga12punch wrote:halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti
ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk
1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
kalo ah makin gede sih stau saya kalo mobilnya memang perlu supply listrik yang lebih gde aja sih, ga nentuin panjanganya umur aki spertinya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Terkait CCA, saya pernah baca begini :12punch wrote: Tue May 10, 2022 9:23 halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti
ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk
1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
asumsi :
Merk sama
MAh sama
tapi CCA beda
berarti itu luas bidang permukaan timahnya beda
makin luas bidang timah maka makin tinggi CC
tapi juga makin cepat reaksi kimianya (which is literrally potensi aki jadi soak juga lebih cepat)
arus listrik di aki muncul dari reaksi kimia.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?
takutnya tiba2 KO di jalan lagi.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 lohOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah
atauuu
ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya




numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap iniDOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 lohOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah
atauuu
ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya![]()
![]()
![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap iniDOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 lohOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah
atauuu
ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap iniDOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27
ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 loh
bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah
atauuu
ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem rumaOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43
justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap ini![]()
abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem rumaOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45
kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?
abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.![]()
)
dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
hmmmOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:12yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem rumaOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01
jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij.
abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.![]()
)
dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
jadi kl gt konci ud fix d dalem mobil y
hmm ya ya
kl gt ga perlu bobok kabel starter dari bawah setir ya (padahal ud sempet plajarin perkabelan nya dari hrv kita orang)
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ga usah bobok bawah setir. itu malah ai udah siapin petunjuk cara nyalain mesin buat yg ga biasa pake tombol start stop.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:14hmmmOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:12yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07
loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem ruma![]()
)
dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
jadi kl gt konci ud fix d dalem mobil y
hmm ya ya
kl gt ga perlu bobok kabel starter dari bawah setir ya (padahal ud sempet plajarin perkabelan nya dari hrv kita orang)

...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 968
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh grengwell wrote: Fri May 20, 2022 14:12Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Biarin aja smpe 3 taunOmnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Bukannya mbah waktu itu pernah cerita ngecek kondisi aki melalui tegangan minimum pas lagi starter ya?Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 14:59tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh grengwell wrote: Fri May 20, 2022 14:12Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya?takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
justru masih bagus, msh nahan di 9 voltan. dr baru juga segitu.Taufiq6210 wrote: Fri May 20, 2022 16:06Bukannya mbah waktu itu pernah cerita ngecek kondisi aki melalui tegangan minimum pas lagi starter ya?Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 14:59tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh grengwell wrote: Fri May 20, 2022 14:12
Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
indikator juga warna hijau.
ya cuma itu, umurnya yg jd concern. sy males aja stranded di jalan cuma gara2 aki. pernah dan kapok. waktu itu mobilnya sama2 honda, city GM2, sebelumnya ga ada tanda2 aki mau tewas. tp dulu ga pernah ngecek tegangan dll, belom komplit alatnya. hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kmren ganti aki.. jd usianya 3 tahun 4 hari semenjak beli...
Ga ada perlakuan khusus . Bener2 mantenen free
Ga ada perlakuan khusus . Bener2 mantenen free

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.
Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.
Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.
Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.
Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.
Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.
Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.
Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
di SM om benz mah layak dinobatkan sbg King of Additives.benzz89 wrote: Sat May 21, 2022 2:23 Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.
Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.
Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.
Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.
Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.

semua yg bisa dikasih aditip disikat semua gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Bukan aditip tp vitamin aki mbah... murmer & sdh terbukti at least buat ane sih.Omnibus wrote:di SM om benz mah layak dinobatkan sbg King of Additives.benzz89 wrote: Sat May 21, 2022 2:23 Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.
Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.
Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.
Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.
Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
semua yg bisa dikasih aditip disikat semua gitu.
Sdh lama pakenya dr aki baru smp umur 2,5 taon msh "good battery" hasil cek kemarin pake alat di cakra pas ganti oli.
Pengen tau sampai berapa lama ini koitnya aki, semoga bisa bertahan 3,5 - 4 taon deh hahahah...
Kl mau lebih awet lg itu aki hrs disarungin yah spy tdk terpapar panas yg berlebih dr mesin.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ini koq pd awet banget ya aki nya
Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah
Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah
Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
tergantung merknya juga mbah. jij pake merk apa?DOHC wrote: Sat May 21, 2022 6:21 Ini koq pd awet banget ya aki nya
Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah
Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
tuh om benz bilang disarungin spy ga kena panas. yg jazz sih mayan panas tp udah dpt plastik deflektor nya dr sono nya. cobain mbah kasih sarung yg kaya aluminum foil gitu, ada jual di olshop.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kita orang pake nya di inofa ama hrv merk GS ama amaron silver yg aki keringOmnibus wrote: Sat May 21, 2022 7:51tergantung merknya juga mbah. jij pake merk apa?DOHC wrote: Sat May 21, 2022 6:21 Ini koq pd awet banget ya aki nya
Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah
Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
tuh om benz bilang disarungin spy ga kena panas. yg jazz sih mayan panas tp udah dpt plastik deflektor nya dr sono nya. cobain mbah kasih sarung yg kaya aluminum foil gitu, ada jual di olshop.
Kl d 1KR-JZGTE lg pake merek korea ga jlas , dulu nya pake aki gs premium
Yg pake plastik deflektor cuman si 1KR dr sono nya
Kl inofa kita orang fikir ga ad bedanya seh soalnya ruang mesin nya kan lowong gt, ga tralu panas mustinya
Kl si hrv, ud ktutup ama kotak sekring dan ecu, jd mustinya aman kl yah dr pnas enjin
numpang lewat aja....

