Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 3:14
Kalau mau pakai lipindutnya sampai 20 taon sih boleh ikutin saran om kelep tuh pasang ATF cooler, paling 1,5 - 2 juta kali yah sekarang.
Ane juga pake tuh ATF cooler di fortuner ane, manteplah full load tanjakan terjal juga gak was2... hajar terusss... apalagi ATF nya pakai red line, amsoil & oli2 ATF keraton lainnya, hajar sampai 100 ribu juga aman damai sentosa. Oli keraton + ATF cooler = mantulll.
Asumsi Om Herman pakai 13.500 km/taon x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Invest ATF cooler sangat worth sih menurut ane. Mobil di jual juga masih bisa pindah lagi ke mobil lainnya... penting CVT aman daripada ganti seglondongan [emoji4]
Cvt ampe 270 rebu ?? Jatco ??
Saya sehh menunggu banget siapa yg bsa pecah telor 200 rebu aj pake cvt nya jatco.. kl mesin nya sehh enteng angka sgitu
Kl cvt honda plg tinggi yg perna saya liat itu mobilio d angka 170 atau 180an rebu, cuman owner nya blg kl fully loaded atau tanjakan mall, pas start jalan ad geter2
Penyebab adalah heat insulator (maaf kl salah) yg berada di dekat blok mesin kebakar.
Pertanyaannya apakah Heat Insulator itu rawan banget kebakar di Livina terutama kalau melewati trek tanjakan yg tinggi dan panjang seperti rute Lampung-Bengkulu?
Itu kayanya kes tertentu
Saya dulu pakai 2007 old grand livina 1.5 XV 5 speed HR15DE single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dgn bbm pertamax campur premium kadang2 dgn busi denso FXE20 aj ga perna ampe kebakar atau angus kl lg iseng mentokin speedo d tol
Padahal dl suhu coolant nya perna d ukur aj 93 derajat pas idle
kl CVT sdh ngga bisa ya ganti seal di dalamnya?
kl sdh aus sealnya mesti ganti 1 set ya om klep?
mungkin jg sich om...
btw itu lengkap amat definisinya si HR15DE
Kasih semangat dong Om kelep buat Om Herman yang sudah ancang2 pakai lipindut kesayangan 14 taon lagi dari sekarang.
6 taon = 82.500 km = 13.750 km/taon, ane diskon dikit jadi 13.500 km/taon rata2 pemakaian x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Semoga Om Herman jadi yang pertama mencapai odo 270.000 km nanti.
Kalau liat record CVT lipindut ada yang pake 61.000 km blom pernah ganti oli nya & masih gak ada kendala sih bandel juga ini Jatco. OGL ane taon 2011 masih gear A/T sampai taon ke 7 di km 69.000 kayanya blom pernah ganti oli ATF deh sampai di jual. Lega rasanya habis lepas itu lipindut.
Beli barengan ama adik ane jadi umurnya sama persis, dia jual di taon ke 8 tapi kena ganti koil atau kabel busi (ane lupa) 4 biji. Mau ganti 1 aja kata beres baiknya ganti 4 (semuanya) biar pengapian rata. Lagian kalau 1 sudah mati biasanya gak lama lagi akan ada yang mati lagi, akhirnya ganti deh 1 set.
Nyesel2 dia gak jual barengan ama ane Hahahah... akhirnya setelah ganti lalu gak lama jual, setelah ada yang rusak lagi apa gitu ane lupa. Kalau ane di OGL kena di evap AC bocor halus, akhirnya ganti deh di bengkel specialis AC lebih murah harganya banding beres, sisanya puji Tuhan gak ada kendala apa2 sih selain mesin ngelitik tidak berkesudahan.
blloewy wrote: Sun Jul 05, 2020 5:10
Case Livina kebakar di hutan lindung bukit barisan : lampung-bengkulu.
.....
Itu kayanya kes tertentu
Saya dulu pakai 2007 old grand livina 1.5 XV 5 speed HR15DE single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dgn bbm pertamax campur premium kadang2 dgn busi denso FXE20 aj ga perna ampe kebakar atau angus kl lg iseng mentokin speedo d tol
Padahal dl suhu coolant nya perna d ukur aj 93 derajat pas idle
kl CVT sdh ngga bisa ya ganti seal di dalamnya?
kl sdh aus sealnya mesti ganti 1 set ya om klep?
mungkin jg sich om...
btw itu lengkap amat definisinya si HR15DE
CVT itu cockblocker nya di sabuk baja dan pulley2 nya itu sendiri.. biasa yg jd momok tuh 2 komponen, makanya ga bole pelit2 oli krn disitulah pelindung nyawa tuh 2 komponen
walaupun katup2 selenoid nya jg bsa kena (saya ga tau jatco punya mirip kaya ahond yg pake katup2 selenoid atau tidak)
CVT kl rusak utk merk ahond skrg ud bsa sehh ganti belt atau pulley pake yg copotan punya..
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 11:45
Kasih semangat dong Om kelep buat Om Herman yang sudah ancang2 pakai lipindut kesayangan 14 taon lagi dari sekarang.
6 taon = 82.500 km = 13.750 km/taon, ane diskon dikit jadi 13.500 km/taon rata2 pemakaian x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Semoga Om Herman jadi yang pertama mencapai odo 270.000 km nanti.
Kalau liat record CVT lipindut ada yang pake 61.000 km blom pernah ganti oli nya & masih gak ada kendala sih bandel juga ini Jatco. OGL ane taon 2011 masih gear A/T sampai taon ke 7 di km 69.000 kayanya blom pernah ganti oli ATF deh sampai di jual. Lega rasanya habis lepas itu lipindut.
Beli barengan ama adik ane jadi umurnya sama persis, dia jual di taon ke 8 tapi kena ganti koil atau kabel busi (ane lupa) 4 biji. Mau ganti 1 aja kata beres baiknya ganti 4 (semuanya) biar pengapian rata. Lagian kalau 1 sudah mati biasanya gak lama lagi akan ada yang mati lagi, akhirnya ganti deh 1 set.
Nyesel2 dia gak jual barengan ama ane Hahahah... akhirnya setelah ganti lalu gak lama jual, setelah ada yang rusak lagi apa gitu ane lupa. Kalau ane di OGL kena di evap AC bocor halus, akhirnya ganti deh di bengkel specialis AC lebih murah harganya banding beres, sisanya puji Tuhan gak ada kendala apa2 sih selain mesin ngelitik tidak berkesudahan.
makanya saya blg d atas, saya sehh menantikan banget 2014 ANGL L11 1.5 CVT HR15DE twin cvtc injector nya om herman pecah telor at least 200 rebu km pake cvt jatco
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 9:11
.....
Itu kayanya kes tertentu
Saya dulu pakai 2007 old grand livina 1.5 XV 5 speed HR15DE single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dgn bbm pertamax campur premium kadang2 dgn busi denso FXE20 aj ga perna ampe kebakar atau angus kl lg iseng mentokin speedo d tol
Padahal dl suhu coolant nya perna d ukur aj 93 derajat pas idle
kl CVT sdh ngga bisa ya ganti seal di dalamnya?
kl sdh aus sealnya mesti ganti 1 set ya om klep?
mungkin jg sich om...
btw itu lengkap amat definisinya si HR15DE
CVT itu cockblocker nya di sabuk baja dan pulley2 nya itu sendiri.. biasa yg jd momok tuh 2 komponen, makanya ga bole pelit2 oli krn disitulah pelindung nyawa tuh 2 komponen
walaupun katup2 selenoid nya jg bsa kena (saya ga tau jatco punya mirip kaya ahond yg pake katup2 selenoid atau tidak)
CVT kl rusak utk merk ahond skrg ud bsa sehh ganti belt atau pulley pake yg copotan punya..
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 11:45
Kasih semangat dong Om kelep buat Om Herman yang sudah ancang2 pakai lipindut kesayangan 14 taon lagi dari sekarang.
6 taon = 82.500 km = 13.750 km/taon, ane diskon dikit jadi 13.500 km/taon rata2 pemakaian x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Semoga Om Herman jadi yang pertama mencapai odo 270.000 km nanti.
Kalau liat record CVT lipindut ada yang pake 61.000 km blom pernah ganti oli nya & masih gak ada kendala sih bandel juga ini Jatco. OGL ane taon 2011 masih gear A/T sampai taon ke 7 di km 69.000 kayanya blom pernah ganti oli ATF deh sampai di jual. Lega rasanya habis lepas itu lipindut.
Beli barengan ama adik ane jadi umurnya sama persis, dia jual di taon ke 8 tapi kena ganti koil atau kabel busi (ane lupa) 4 biji. Mau ganti 1 aja kata beres baiknya ganti 4 (semuanya) biar pengapian rata. Lagian kalau 1 sudah mati biasanya gak lama lagi akan ada yang mati lagi, akhirnya ganti deh 1 set.
Nyesel2 dia gak jual barengan ama ane Hahahah... akhirnya setelah ganti lalu gak lama jual, setelah ada yang rusak lagi apa gitu ane lupa. Kalau ane di OGL kena di evap AC bocor halus, akhirnya ganti deh di bengkel specialis AC lebih murah harganya banding beres, sisanya puji Tuhan gak ada kendala apa2 sih selain mesin ngelitik tidak berkesudahan.
makanya saya blg d atas, saya sehh menantikan banget 2014 ANGL L11 1.5 CVT HR15DE twin cvtc injector nya om herman pecah telor at least 200 rebu km pake cvt jatco
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
Jangankan om DOHC, saya pribadi juga pengen tahu juga seberapa kuat CVT Jatco di Nissan All New Grand Livina tahun 2014 yg Matic CVT ini, yg saat ini odo baru 83 ribu Km lebih saya pakai tanpa kendala sama sekali .
Ya ialah oli CVT saja sudah 2X ganti dan yang terakhir ganti ini termasuk filter oli CVT juga yang bikin saya peace of mind dan cukup confident.
Untuk mesin HR15DE twin VTC saya akui kuat dan irit BBM nya, karena 6 tahun lebih saya isikan BBM premium yg murah meriah tanpa sekalipun menggunakan additive, Fuel Consumption rata rata 1 ltr bisa diatas 15 Km jarak tempuhnya jadi sudah cukup memuaskan bagi saya pribadi. Modalnya cuma filter udaranya di ganti air filter K & N saja, tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dgn oli synthetic 5W30 API SN beserta filter oli nya lalu tiap akhir tahun lakukan Italian tune up saja di tol sudah pas lah sampai sekarang suara mesin masih halus dan power mesin masih prima bahkan busi dan koilnya serta sektor kaki kaki belum pernah diganti karena masih bawaan dealer. Cuma pernah lumasi klaher bearing saja dan sampai sekarang masih senyap dan ngak ada suara suara aneh kalau mobil dibawa jalan. So far so good lah bagi dompet gue.[emoji2]
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 9:11
.....
Itu kayanya kes tertentu
Saya dulu pakai 2007 old grand livina 1.5 XV 5 speed HR15DE single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dgn bbm pertamax campur premium kadang2 dgn busi denso FXE20 aj ga perna ampe kebakar atau angus kl lg iseng mentokin speedo d tol
Padahal dl suhu coolant nya perna d ukur aj 93 derajat pas idle
kl CVT sdh ngga bisa ya ganti seal di dalamnya?
kl sdh aus sealnya mesti ganti 1 set ya om klep?
mungkin jg sich om...
btw itu lengkap amat definisinya si HR15DE
CVT itu cockblocker nya di sabuk baja dan pulley2 nya itu sendiri.. biasa yg jd momok tuh 2 komponen, makanya ga bole pelit2 oli krn disitulah pelindung nyawa tuh 2 komponen
walaupun katup2 selenoid nya jg bsa kena (saya ga tau jatco punya mirip kaya ahond yg pake katup2 selenoid atau tidak)
CVT kl rusak utk merk ahond skrg ud bsa sehh ganti belt atau pulley pake yg copotan punya..
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 11:45
Kasih semangat dong Om kelep buat Om Herman yang sudah ancang2 pakai lipindut kesayangan 14 taon lagi dari sekarang.
6 taon = 82.500 km = 13.750 km/taon, ane diskon dikit jadi 13.500 km/taon rata2 pemakaian x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Semoga Om Herman jadi yang pertama mencapai odo 270.000 km nanti.
Kalau liat record CVT lipindut ada yang pake 61.000 km blom pernah ganti oli nya & masih gak ada kendala sih bandel juga ini Jatco. OGL ane taon 2011 masih gear A/T sampai taon ke 7 di km 69.000 kayanya blom pernah ganti oli ATF deh sampai di jual. Lega rasanya habis lepas itu lipindut.
Beli barengan ama adik ane jadi umurnya sama persis, dia jual di taon ke 8 tapi kena ganti koil atau kabel busi (ane lupa) 4 biji. Mau ganti 1 aja kata beres baiknya ganti 4 (semuanya) biar pengapian rata. Lagian kalau 1 sudah mati biasanya gak lama lagi akan ada yang mati lagi, akhirnya ganti deh 1 set.
Nyesel2 dia gak jual barengan ama ane Hahahah... akhirnya setelah ganti lalu gak lama jual, setelah ada yang rusak lagi apa gitu ane lupa. Kalau ane di OGL kena di evap AC bocor halus, akhirnya ganti deh di bengkel specialis AC lebih murah harganya banding beres, sisanya puji Tuhan gak ada kendala apa2 sih selain mesin ngelitik tidak berkesudahan.
makanya saya blg d atas, saya sehh menantikan banget 2014 ANGL L11 1.5 CVT HR15DE twin cvtc injector nya om herman pecah telor at least 200 rebu km pake cvt jatco
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
Waduhhh... berarti bener yah koil ini juga penyakitnya lipindut, setidaknya yang OGL, gantinya harus 1 set 4 biji = 1,6 juta di beres kalau tidak salah ingat adik ane.
Matinya sih 1 dulu, ini yang bikin mesin pincang. Mungkin typical mesinnya yang panas kali yah jadi koil sering kena, apalagi kalau sering macet2an macam di Jkt.
Kalau Om Herman di luar kota yang jarang kena macet sih mungkin lebih aman lah, wong bensin aja bisa 1:15 pake premium... ajib banget dah Hahahaha.
CVT juga aman lah kalau jarang macet stop & go, gak terlalu kerja keras & panas olinya. Cuman yah kalau mau lebih awet sih tiap 20 ribu ganti ATF yang di pan lalu tiap 40 ribu baru full flush... Ini kalau mau lebih awet aja yahhh [emoji4]
Herman7103 wrote: Sun Jul 05, 2020 14:54
Jangankan om DOHC, saya pribadi juga pengen tahu juga seberapa kuat CVT Jatco di Nissan All New Grand Livina tahun 2014 yg Matic CVT ini, yg saat ini odo baru 83 ribu Km lebih saya pakai tanpa kendala sama sekali .
Ya ialah oli CVT saja sudah 2X ganti dan yang terakhir ganti ini termasuk filter oli CVT juga yang bikin saya peace of mind dan cukup confident.
Untuk mesin HR15DE twin VTC saya akui kuat dan irit BBM nya, karena 6 tahun lebih saya isikan BBM premium yg murah meriah tanpa sekalipun menggunakan additive, Fuel Consumption rata rata 1 ltr bisa diatas 15 Km jarak tempuhnya jadi sudah cukup memuaskan bagi saya pribadi. Modalnya cuma filter udaranya di ganti air filter K & N saja, tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dgn oli synthetic 5W30 API SN beserta filter oli nya lalu tiap akhir tahun lakukan Italian tune up saja di tol sudah pas lah sampai sekarang suara mesin masih halus dan power mesin masih prima bahkan busi dan koilnya serta sektor kaki kaki belum pernah diganti karena masih bawaan dealer. Cuma pernah lumasi klaher bearing saja dan sampai sekarang masih senyap dan ngak ada suara suara aneh kalau mobil dibawa jalan. So far so good lah bagi dompet gue.[emoji2]
Om, enakan pakai filter udara k&n atau filter udara yg bawaan nissan ya, kebetulan ada rencana mau ganti filter udara.
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
Waduhhh... berarti bener yah koil ini juga penyakitnya lipindut, setidaknya yang OGL, gantinya harus 1 set 4 biji = 1,6 juta di beres kalau tidak salah ingat adik ane.
Matinya sih 1 dulu, ini yang bikin mesin pincang. Mungkin typical mesinnya yang panas kali yah jadi koil sering kena, apalagi kalau sering macet2an macam di Jkt.
Kalau Om Herman di luar kota yang jarang kena macet sih mungkin lebih aman lah, wong bensin aja bisa 1:15 pake premium... ajib banget dah Hahahaha.
CVT juga aman lah kalau jarang macet stop & go, gak terlalu kerja keras & panas olinya. Cuman yah kalau mau lebih awet sih tiap 20 ribu ganti ATF yang di pan lalu tiap 40 ribu baru full flush... Ini kalau mau lebih awet aja yahhh [emoji4]
kl dr coil nya sendiri sehh sebenernya umurnya biasa aj koq, ga awet2 banget tp ga ampas2 banget.. malah pengalaman di kluarga ama temen2 yg make brand susuki coil nya (yg type waste spark) lebi cepet mokat..
coil OGL itu dulu penyakit nya cepet bocor listrik di selongsong plastik nya.. cuman kampret nya NMI waktu itu ga jual plastik nya, jd mau ga mau di paksa beli utuh ama coil2 nya... tp jaman skg ud bejibun tuh slongsong plastik
dan kl ga salah, sejak generasi L11, bahkan sejak si kodok juke klluar aj ud pake desain coil yg beda
Herman7103 wrote: Sun Jul 05, 2020 14:54
Jangankan om DOHC, saya pribadi juga pengen tahu juga seberapa kuat CVT Jatco di Nissan All New Grand Livina tahun 2014 yg Matic CVT ini, yg saat ini odo baru 83 ribu Km lebih saya pakai tanpa kendala sama sekali .
Ya ialah oli CVT saja sudah 2X ganti dan yang terakhir ganti ini termasuk filter oli CVT juga yang bikin saya peace of mind dan cukup confident.
Untuk mesin HR15DE twin VTC saya akui kuat dan irit BBM nya, karena 6 tahun lebih saya isikan BBM premium yg murah meriah tanpa sekalipun menggunakan additive, Fuel Consumption rata rata 1 ltr bisa diatas 15 Km jarak tempuhnya jadi sudah cukup memuaskan bagi saya pribadi. Modalnya cuma filter udaranya di ganti air filter K & N saja, tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dgn oli synthetic 5W30 API SN beserta filter oli nya lalu tiap akhir tahun lakukan Italian tune up saja di tol sudah pas lah sampai sekarang suara mesin masih halus dan power mesin masih prima bahkan busi dan koilnya serta sektor kaki kaki belum pernah diganti karena masih bawaan dealer. Cuma pernah lumasi klaher bearing saja dan sampai sekarang masih senyap dan ngak ada suara suara aneh kalau mobil dibawa jalan. So far so good lah bagi dompet gue.[emoji2]
Om, enakan pakai filter udara k&n atau filter udara yg bawaan nissan ya, kebetulan ada rencana mau ganti filter udara.
Ada harga ada rupa om. Filter K&N saya beli harganya 1 jutaan dan hasilnya belum pernah ANGL saya gagal nanjak walau di isi 7 orang plus barang. ANGL matic CVT saya sudah pernah nanjak di Kawah Putih, Jalur alternatif yg jalannya nanjak saat ke Taman Safari di Cisarua, Telaga sarangan, cemoro kandang di tawang mangu serta Jalur tanjakan saat wisata ke air terjun tangga seribu, Tanjakan Taman buah Mangunan di Yogya dan tanjakkan di Dieng aman sentosa deh.
blloewy wrote: Sun Jul 05, 2020 11:40
kl CVT sdh ngga bisa ya ganti seal di dalamnya?
kl sdh aus sealnya mesti ganti 1 set ya om klep?
mungkin jg sich om...
btw itu lengkap amat definisinya si HR15DE
CVT itu cockblocker nya di sabuk baja dan pulley2 nya itu sendiri.. biasa yg jd momok tuh 2 komponen, makanya ga bole pelit2 oli krn disitulah pelindung nyawa tuh 2 komponen
walaupun katup2 selenoid nya jg bsa kena (saya ga tau jatco punya mirip kaya ahond yg pake katup2 selenoid atau tidak)
CVT kl rusak utk merk ahond skrg ud bsa sehh ganti belt atau pulley pake yg copotan punya..
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 11:45
Kasih semangat dong Om kelep buat Om Herman yang sudah ancang2 pakai lipindut kesayangan 14 taon lagi dari sekarang.
6 taon = 82.500 km = 13.750 km/taon, ane diskon dikit jadi 13.500 km/taon rata2 pemakaian x 20 taon = 270.000 km di taon ke 20. Semoga Om Herman jadi yang pertama mencapai odo 270.000 km nanti.
Kalau liat record CVT lipindut ada yang pake 61.000 km blom pernah ganti oli nya & masih gak ada kendala sih bandel juga ini Jatco. OGL ane taon 2011 masih gear A/T sampai taon ke 7 di km 69.000 kayanya blom pernah ganti oli ATF deh sampai di jual. Lega rasanya habis lepas itu lipindut.
Beli barengan ama adik ane jadi umurnya sama persis, dia jual di taon ke 8 tapi kena ganti koil atau kabel busi (ane lupa) 4 biji. Mau ganti 1 aja kata beres baiknya ganti 4 (semuanya) biar pengapian rata. Lagian kalau 1 sudah mati biasanya gak lama lagi akan ada yang mati lagi, akhirnya ganti deh 1 set.
Nyesel2 dia gak jual barengan ama ane Hahahah... akhirnya setelah ganti lalu gak lama jual, setelah ada yang rusak lagi apa gitu ane lupa. Kalau ane di OGL kena di evap AC bocor halus, akhirnya ganti deh di bengkel specialis AC lebih murah harganya banding beres, sisanya puji Tuhan gak ada kendala apa2 sih selain mesin ngelitik tidak berkesudahan.
makanya saya blg d atas, saya sehh menantikan banget 2014 ANGL L11 1.5 CVT HR15DE twin cvtc injector nya om herman pecah telor at least 200 rebu km pake cvt jatco
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
Waduhhh... berarti bener yah koil ini juga penyakitnya lipindut, setidaknya yang OGL, gantinya harus 1 set 4 biji = 1,6 juta di beres kalau tidak salah ingat adik ane.
Matinya sih 1 dulu, ini yang bikin mesin pincang. Mungkin typical mesinnya yang panas kali yah jadi koil sering kena, apalagi kalau sering macet2an macam di Jkt.
Kalau Om Herman di luar kota yang jarang kena macet sih mungkin lebih aman lah, wong bensin aja bisa 1:15 pake premium... ajib banget dah Hahahaha.
CVT juga aman lah kalau jarang macet stop & go, gak terlalu kerja keras & panas olinya. Cuman yah kalau mau lebih awet sih tiap 20 ribu ganti ATF yang di pan lalu tiap 40 ribu baru full flush... Ini kalau mau lebih awet aja yahhh [emoji4]
Aman om, saya tinggal di Sumsel bukan di Jakarta yang banyak spot spot jalannya yg macet parah. Di Sumsel jalur luar kota jarang macet atau stop and go tapi kalau dalam kota Palembang, iya ada traffic jam juga di simpang charitas dan rute pasar 16 di jam jam tertentu tapi belum separah kayak di Jakarta deh. Jadi aman.
coil OGL emg penyakitan kl ud beberapa taon, saya punya jg waktu itu kena ganti 4 biji padahal yg rusak cuman slongsong plastik nya doank, cuman karena jaman itu belom dijual slongsong plastik nya saja, mau ga mau beli coil utuh
Waduhhh... berarti bener yah koil ini juga penyakitnya lipindut, setidaknya yang OGL, gantinya harus 1 set 4 biji = 1,6 juta di beres kalau tidak salah ingat adik ane.
Matinya sih 1 dulu, ini yang bikin mesin pincang. Mungkin typical mesinnya yang panas kali yah jadi koil sering kena, apalagi kalau sering macet2an macam di Jkt.
Kalau Om Herman di luar kota yang jarang kena macet sih mungkin lebih aman lah, wong bensin aja bisa 1:15 pake premium... ajib banget dah Hahahaha.
CVT juga aman lah kalau jarang macet stop & go, gak terlalu kerja keras & panas olinya. Cuman yah kalau mau lebih awet sih tiap 20 ribu ganti ATF yang di pan lalu tiap 40 ribu baru full flush... Ini kalau mau lebih awet aja yahhh [emoji4]
kl dr coil nya sendiri sehh sebenernya umurnya biasa aj koq, ga awet2 banget tp ga ampas2 banget.. malah pengalaman di kluarga ama temen2 yg make brand susuki coil nya (yg type waste spark) lebi cepet mokat..
coil OGL itu dulu penyakit nya cepet bocor listrik di selongsong plastik nya.. cuman kampret nya NMI waktu itu ga jual plastik nya, jd mau ga mau di paksa beli utuh ama coil2 nya... tp jaman skg ud bejibun tuh slongsong plastik
dan kl ga salah, sejak generasi L11, bahkan sejak si kodok juke klluar aj ud pake desain coil yg beda
Om DOHC, benar untuk koil sekarang sudah bejibun yg jual di online shop dari dalam negeri serta online shop luar negeri seperti Aliexpress yg harganya saya lihat jauh jauh lebih murah cuma lama waktu pengirimannya saja untuk sampai di alamat kita.
Untuk spare part Nissan All New Grand Livina walau pun pabriknya sudah tutup sebenarnya setelah saya pelajari rupanya ada beberapa part yg sama dan bisa substitusi dengan part Nissan sentra, nissan note. Menurut mekanik senior beres Nissan istana palembang untuk part kaki kakinya Nissan Grand Livina sama dengan part kaki kaki mobil sedan Nissan seperti Latio dan sentra tapi saya belum check dan pelajari lebih lanjut karena mobil saya kaki kaki nya masih bagus dan senyap.Jadi untuk spare part saya ngak khawatir sama sekali. Silahkan lihat foto attachment sebagai contohnya PNP Switch ANGL = PNP Switch Nissan Sentra = Nissan Note.
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Suaranya kok kasar gitu Om, perasaan suara L10 & L11 dirumah ga kayak gt.
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Tumble flap nya ga bkin bunyi om
Itu koq suara nya kasar gt, level oli ckup ga ? Trus coba buka tutup pengisian oli, liat itu daleman mesin basah oli ga
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Tumble flap nya ga bkin bunyi om
Itu koq suara nya kasar gt, level oli ckup ga ? Trus coba buka tutup pengisian oli, liat itu daleman mesin basah oli ga
https://voca.ro/hD1jNPY1ECv
*abaikan suara2 backsound krn ada tukang di depan rumah
Level Oli msh full di baris atas Om.
Daleman pengisian oli jg msh basah dan bersih.
Ini kok pagi ini setelah diem selama 10 hari dipanasin jd kasar begitu suaranya...
BBM always Ron 92.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marmut wrote: Wed Jul 15, 2020 6:44
suaranya mengingatkan saya saat sedang di peron 5 tanah abang lalu ada cc201 langsir...
kejam sekali Mbah...tp kira2 kenapa ya Mbah itu?
Oli msh FULL dan lubang pengisian msh basah dan bersih.
Baru sekali ini pakai PTT Performa 5W-30, owner sebelumnya pakai 10W-40 terus.
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Suaranya kok kasar gitu Om, perasaan suara L10 & L11 dirumah ga kayak gt.
Coba om direkam dan share jd saya bisa bandingkan suaranya
Saya perna diemin 2007 OGL 1.5 XV 5 speed HR15DE bbm always pertamax shell super but not always so far so good, selama sebulan ditinggal kluar negeri.. pas baru nyala mmg ad suara2 rada nyaring dr tutup head dan motor starter tp itu pun cuman sebentar.. stelahnya ilang..
DOHC wrote: Wed Jul 15, 2020 10:45
Saya perna diemin 2007 OGL 1.5 XV 5 speed HR15DE bbm always pertamax shell super but not always so far so good, selama sebulan ditinggal kluar negeri.. pas baru nyala mmg ad suara2 rada nyaring dr tutup head dan motor starter tp itu pun cuman sebentar.. stelahnya ilang..
Mmg itu suara nya muncul tiap kl start mesin ?
Ngga sich om klep...
Baru kedengeran kasar banget skrg.
Emang sich kl sdh panas dan diajak jalan bakalan hilang dan halus lagi.
Cuma agak aneh aja kok kasar banget kaya kurang oli...
Apa karena dikasih PTT Performa 5W-30 yg Acea itu ya?
Khan dia bisa u diesel juga itu selain bensin....
saya nggak tau valvetrain lipindut kek mana modelnya, apakah hidrolik atau solid tappet.
kalau hidrolik, mesin nggak dihidupkan dalam jangka waktu lama (misal 7 hari atau lebih) memang akan berisik saat idle beberapa menit diawal, lalu berangsur halus.
marmut wrote: Wed Jul 15, 2020 12:05
saya nggak tau valvetrain lipindut kek mana modelnya, apakah hidrolik atau solid tappet.
kalau hidrolik, mesin nggak dihidupkan dalam jangka waktu lama (misal 7 hari atau lebih) memang akan berisik saat idle beberapa menit diawal, lalu berangsur halus.
lipindut itu masi bucket shim mbah, solid tappet.. ga pake roller rocker arm.. kan mesin resing
DOHC wrote: Wed Jul 15, 2020 10:45
Saya perna diemin 2007 OGL 1.5 XV 5 speed HR15DE bbm always pertamax shell super but not always so far so good, selama sebulan ditinggal kluar negeri.. pas baru nyala mmg ad suara2 rada nyaring dr tutup head dan motor starter tp itu pun cuman sebentar.. stelahnya ilang..
Mmg itu suara nya muncul tiap kl start mesin ?
Ngga sich om klep...
Baru kedengeran kasar banget skrg.
Emang sich kl sdh panas dan diajak jalan bakalan hilang dan halus lagi.
Cuma agak aneh aja kok kasar banget kaya kurang oli...
Apa karena dikasih PTT Performa 5W-30 yg Acea itu ya?
Khan dia bisa u diesel juga itu selain bensin....
lipindut itu seinget saya mmg ad bunyi tik tik tik yg ckup noticeable dr injector nya, tp bunyi mesin nya ckup alus.. bahkan bunyi krrr krrrr dr cone gear di girbok manual nya lebi kenceng ampe kedengeran drpd bunyi mesin nya
dl saya jg pake oli 5-30 ga masalah.. perna pake 10-30 ampe 10-40 jg ga beda jauh bunyi nya
kl bagian klep smua basah oli, yah coba aj mobil dibawa jalan muter2 rada lama.. sesekali tarik dikit.. liat besokan nya masi bunyi kasar ga
marmut wrote: Wed Jul 15, 2020 12:05
saya nggak tau valvetrain lipindut kek mana modelnya, apakah hidrolik atau solid tappet.
kalau hidrolik, mesin nggak dihidupkan dalam jangka waktu lama (misal 7 hari atau lebih) memang akan berisik saat idle beberapa menit diawal, lalu berangsur halus.
lipindut itu masi bucket shim mbah, solid tappet.. ga pake roller rocker arm.. kan mesin resing
DOHC wrote: Wed Jul 15, 2020 10:45
Saya perna diemin 2007 OGL 1.5 XV 5 speed HR15DE bbm always pertamax shell super but not always so far so good, selama sebulan ditinggal kluar negeri.. pas baru nyala mmg ad suara2 rada nyaring dr tutup head dan motor starter tp itu pun cuman sebentar.. stelahnya ilang..
Mmg itu suara nya muncul tiap kl start mesin ?
Ngga sich om klep...
Baru kedengeran kasar banget skrg.
Emang sich kl sdh panas dan diajak jalan bakalan hilang dan halus lagi.
Cuma agak aneh aja kok kasar banget kaya kurang oli...
Apa karena dikasih PTT Performa 5W-30 yg Acea itu ya?
Khan dia bisa u diesel juga itu selain bensin....
lipindut itu seinget saya mmg ad bunyi tik tik tik yg ckup noticeable dr injector nya, tp bunyi mesin nya ckup alus.. bahkan bunyi krrr krrrr dr cone gear di girbok manual nya lebi kenceng ampe kedengeran drpd bunyi mesin nya
dl saya jg pake oli 5-30 ga masalah.. perna pake 10-30 ampe 10-40 jg ga beda jauh bunyi nya
kl bagian klep smua basah oli, yah coba aj mobil dibawa jalan muter2 rada lama.. sesekali tarik dikit.. liat besokan nya masi bunyi kasar ga
yg dimaksud Mbah Marmut itu Hydraulic Lifter untuk Valve nya ya om klep?
Rencana Jumat mau masuk tol dech coba diajak olahraga bentar...
PP 100 km cukup lah untuk mengalirkan oli ke seluruh engine.
Tadi nanya ex Mekanik Nissan sich katanya Normal itu kl mobil jarang jalan.
Kl mau berkurang suaranya ya diajak olahraga rutin aja mobilnya....
Cuma sebelumnya ngga pernah begini sich sampe suara kasar begitu jd rada kaget aja
Rencana Jumat mau masuk tol dech coba diajak olahraga bentar...
PP 100 km cukup lah untuk mengalirkan oli ke seluruh engine.
-
supaya oli ngalir ke seluruh engine cukup beberapa detik saja.
maka dari itu pentingnya oli encer (0w- atau 5w-) supaya saat start pertama oli cepat bersirkulasi dan mencapai lokasi terjauh dari oil pan.
kalau lipindut tappet-nya tidak hidrolik, berarti ya (kemungkinan) bukan dari valvetrain sumber bunyinya.
Rencana Jumat mau masuk tol dech coba diajak olahraga bentar...
PP 100 km cukup lah untuk mengalirkan oli ke seluruh engine.
-
supaya oli ngalir ke seluruh engine cukup beberapa detik saja.
maka dari itu pentingnya oli encer (0w- atau 5w-) supaya saat start pertama oli cepat bersirkulasi dan mencapai lokasi terjauh dari oil pan.
kalau lipindut tappet-nya tidak hidrolik, berarti ya (kemungkinan) bukan dari valvetrain sumber bunyinya.
mungkin benzene nya perlu dicampur oli samping mbah, biar ga brisik
btw punya lipindut mah musti sering2 d geber donk.. sayang, kan ud enjin resing, oli keraton.. masa dianggurin doank