Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kebetulan saya di ignis dari mobil dateng ke rumah langsung ganti pake Q8 Formula ultra 0w20. Pernah saya uoa juga. Based on hasil uoa, itu oli pas lah buat dipake sampe 10.000 dengan driving style kadang gaspol, kadang cruising. Oli yg diambil sample juga udah dipake roadtrip ke jogja-boyolali-sarangan.
Sekarang dr km 29.7xx lg pake kendall gt 1 max 0w20. Udah jalan mau 3000 km. Menurut butt o meter sedikit lebih enak Q8. Tp gatau juga sih mungkin perlu tuang redline cfsc...
Thanks sharingnya om
Mau tanya lagi.. pas service nanti, berarti bawa oli sendiri ya? (Saya seumur2 soalnya terima jadi aja kalau ganti oli bawaan beres)
baru pingin coba oli yg agak bagus non bawaan beres.
Hampir semua BeRes suzuki ga terima bawa oli sendiri, mereka tetep maksa pake oli mereka.. di manual book minta 0w20 SL mereka malah maksa kasih 0w20 SM nya.. Oli SGO emg ampas bgt..
Kalo mau bawa oli sendiri boleh PM ane nanti saya kasih rujukan BeRes suzuki mana kalo masih mau ganti di BeRes..
Berhubung ini K12M msh flat tappet bisa coba :
Q8 ultra form 0w20
Kendall GT1 Max full syn 0w20
Unil opal 0w20
Tinggal tunggu mana yg lg murah aja.. hehehehe
Wah boleh bgt om untuk di-PM hehe.. siapatau beres suzukinya ada yg dekat dengan domisili saya..
Saya awalnya ngerasa feeling mesinnya setelah service 10rb kok kayak ampas, padahal mesin k12M menurut saya enak loh.. digeber suaranya garing dan lumayan responsif.. makanya penasaran kalo pake oli luar SGO kayak gimana..
Thankss infonya om rendr
Ariazaki wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 14:08
Iya saya servis biasa di suzuki dpm pamulang, bilang aja ke sa kalo bawa oli sendiri. Udah pernah sama 3 sa yg berbeda semuanya bolehin kok. Biasanya mereka malah nanya dapet oli darimana, harga berapa
Suzuki dpm samping danau pamulang ya om? (Dekat villadago pamulang)? Itu deket bgt sama rumah saya.. sayangnya saya suzuki SBT, makanya harus ke teraskota..
Mau tanya lagi.. pas service nanti, berarti bawa oli sendiri ya? (Saya seumur2 soalnya terima jadi aja kalau ganti oli bawaan beres)
baru pingin coba oli yg agak bagus non bawaan beres.
Hampir semua BeRes suzuki ga terima bawa oli sendiri, mereka tetep maksa pake oli mereka.. di manual book minta 0w20 SL mereka malah maksa kasih 0w20 SM nya.. Oli SGO emg ampas bgt..
Kalo mau bawa oli sendiri boleh PM ane nanti saya kasih rujukan BeRes suzuki mana kalo masih mau ganti di BeRes..
Berhubung ini K12M msh flat tappet bisa coba :
Q8 ultra form 0w20
Kendall GT1 Max full syn 0w20
Unil opal 0w20
Tinggal tunggu mana yg lg murah aja.. hehehehe
Wah boleh bgt om untuk di-PM hehe.. siapatau beres suzukinya ada yg dekat dengan domisili saya..
Saya awalnya ngerasa feeling mesinnya setelah service 10rb kok kayak ampas, padahal mesin k12M menurut saya enak loh.. digeber suaranya garing dan lumayan responsif.. makanya penasaran kalo pake oli luar SGO kayak gimana..
Thankss infonya om rendr
Ariazaki wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 14:08
Iya saya servis biasa di suzuki dpm pamulang, bilang aja ke sa kalo bawa oli sendiri. Udah pernah sama 3 sa yg berbeda semuanya bolehin kok. Biasanya mereka malah nanya dapet oli darimana, harga berapa
Suzuki dpm samping danau pamulang ya om? (Dekat villadago pamulang)? Itu deket bgt sama rumah saya.. sayangnya saya suzuki SBT, makanya harus ke teraskota..
Thanks infonya om aria
PM sent Oom..
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
rendr wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 11:02
Hampir semua BeRes suzuki ga terima bawa oli sendiri, mereka tetep maksa pake oli mereka.. di manual book minta 0w20 SL mereka malah maksa kasih 0w20 SM nya.. Oli SGO emg ampas bgt..
Kalo mau bawa oli sendiri boleh PM ane nanti saya kasih rujukan BeRes suzuki mana kalo masih mau ganti di BeRes..
Berhubung ini K12M msh flat tappet bisa coba :
Q8 ultra form 0w20
Kendall GT1 Max full syn 0w20
Unil opal 0w20
Tinggal tunggu mana yg lg murah aja.. hehehehe
Wah boleh bgt om untuk di-PM hehe.. siapatau beres suzukinya ada yg dekat dengan domisili saya..
Saya awalnya ngerasa feeling mesinnya setelah service 10rb kok kayak ampas, padahal mesin k12M menurut saya enak loh.. digeber suaranya garing dan lumayan responsif.. makanya penasaran kalo pake oli luar SGO kayak gimana..
Thankss infonya om rendr [emoji1360]
Ariazaki wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 14:08
Iya saya servis biasa di suzuki dpm pamulang, bilang aja ke sa kalo bawa oli sendiri. Udah pernah sama 3 sa yg berbeda semuanya bolehin kok. Biasanya mereka malah nanya dapet oli darimana, harga berapa
Suzuki dpm samping danau pamulang ya om? (Dekat villadago pamulang)? Itu deket bgt sama rumah saya.. sayangnya saya suzuki SBT, makanya harus ke teraskota..
Thanks infonya om aria [emoji1360]
PM sent Oom..
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Awal2 dpt mobil, sempet pakai SGO 15-40 SL. Baru 3000km suara mesin dah kasar sama, terasa berat.. [emoji23][emoji23]. Padahal niatnya mo sampai 5k.
Wah boleh bgt om untuk di-PM hehe.. siapatau beres suzukinya ada yg dekat dengan domisili saya..
Saya awalnya ngerasa feeling mesinnya setelah service 10rb kok kayak ampas, padahal mesin k12M menurut saya enak loh.. digeber suaranya garing dan lumayan responsif.. makanya penasaran kalo pake oli luar SGO kayak gimana..
Thankss infonya om rendr [emoji1360]
Suzuki dpm samping danau pamulang ya om? (Dekat villadago pamulang)? Itu deket bgt sama rumah saya.. sayangnya saya suzuki SBT, makanya harus ke teraskota..
Thanks infonya om aria [emoji1360]
PM sent Oom..
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Awal2 dpt mobil, sempet pakai SGO 15-40 SL. Baru 3000km suara mesin dah kasar sama, terasa berat.. [emoji23][emoji23]. Padahal niatnya mo sampai 5k.
rendr wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 15:34
Iya fix itu shim hla nya out of spec sudah... unit saya udh sempet ngalamin "tek tek" juga... cuman males bongkar mesin di sijukinya jg butuh waktu seharian.. coba pake oli 5w30 SN udah enakan...
5w30 SL memang ga masalah om kalo dipake cmn 3rb km aja mah.. ini by default dari baru mereka kasih 0w20 SM ke semua lineup terbaru sijuki yg masih flat tappet..
Dgn alasan mereka hanya lihat rekomendasi visco nya aja.. kacau deh, untung ada 1 BeRes di kb jeruk itu mau dengerin konsumen..
Masuk warranty ga tuh om??
Kan selalu servis di beres n ganti oli SGO
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Awal2 dpt mobil, sempet pakai SGO 15-40 SL. Baru 3000km suara mesin dah kasar sama, terasa berat.. [emoji23][emoji23]. Padahal niatnya mo sampai 5k.
Hah mobil apa om? Dikasih SGO 15w40 SL?
G4EE flat tappet. Mesin jadul. Awal2 dpt mobil 2nd. D bengkel yg avaliable itu, Ya pakai dulu. Skrg sih pakai Q8 0-20. Cuma tahn 9000km. Indikator HLA noise sama engine dah krs berat. Hhhh
Hampir semua BeRes suzuki ga terima bawa oli sendiri, mereka tetep maksa pake oli mereka.. di manual book minta 0w20 SL mereka malah maksa kasih 0w20 SM nya.. Oli SGO emg ampas bgt..
Kalo mau bawa oli sendiri boleh PM ane nanti saya kasih rujukan BeRes suzuki mana kalo masih mau ganti di BeRes..
Berhubung ini K12M msh flat tappet bisa coba :
Q8 ultra form 0w20
Kendall GT1 Max full syn 0w20
Unil opal 0w20
Tinggal tunggu mana yg lg murah aja.. hehehehe
Wah boleh bgt om untuk di-PM hehe.. siapatau beres suzukinya ada yg dekat dengan domisili saya..
Saya awalnya ngerasa feeling mesinnya setelah service 10rb kok kayak ampas, padahal mesin k12M menurut saya enak loh.. digeber suaranya garing dan lumayan responsif.. makanya penasaran kalo pake oli luar SGO kayak gimana..
Thankss infonya om rendr
Ariazaki wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 14:08
Iya saya servis biasa di suzuki dpm pamulang, bilang aja ke sa kalo bawa oli sendiri. Udah pernah sama 3 sa yg berbeda semuanya bolehin kok. Biasanya mereka malah nanya dapet oli darimana, harga berapa
Suzuki dpm samping danau pamulang ya om? (Dekat villadago pamulang)? Itu deket bgt sama rumah saya.. sayangnya saya suzuki SBT, makanya harus ke teraskota..
Thanks infonya om aria
PM sent Oom..
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Om Rendr klo gak keberatan mau juga dong di PM beres Suzuki yg bisa bawa oli sendiri.
Kebetulan ignis saya baru mau servis 1000km. Rencana mau ganti oli juga dan prefer pakai oli non SGO klo ternyata oli itu kurang OK.
Penasaran kalau untuk mobil NIK 2018 yg kita beli di 2019 itu oli nya sudah dituang dari awal mobil diproduksi di 2018 atau saat mobil akan dikirim ke pembeli di 2019 itu oli diganti baru semua ya?
Saya cek dipstick oli ignis nya terlihat oli masih kuning bersih seperti oli baru padahal ignis nya NIK 2018.
Jambangan wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 13:45
Hari minggu kemaren pas lari pagi ada sx4 scross lewat samping ane
Suaranya kasar bgt "tek tek tek" gitu
Kyknya keracunan SGO deh
Dulu jaman pake swift beberapa kali nenggak SGO 5w30 api SL untung ga ada masalah apa2
sgo 5w-30 api sl aman itu om. yang gak boleh justru api sm. kayaknya mesin2 dohc emang gak boleh api sm
supriyadi wrote:Toko oli online di toped yag terpercaya apa ya Om? Bisikin dong
ToPed =
td motor (all item dr Distro resmi)
duniaoli (Q8 nya dari distro resmi)
Exxonmobil official store
Unilopal official store
Silakan tambah utk official store lainnya
pelumas sucindo surabaya. kalo berdasarkan alamat, nama dan kontak dari pertamina, seharusnya ini salah satu distro resmi pertamina area jatim. ada di toped itu
Dear om Turbo, rekomendasi oli utk avanza K3 apa ya?
Dr baru TMO 10w40, trs pindah ke Motul TRD 5w40 2x (ganti per 8rb), pindah lg ke Motul HTech 5w30 2x (ganti per 8rb), terakhir ini ganti ke oli Mitsu 10w40 udah 2x jg tp kali ini ganti per 3rb km karena pertimbangan 8rb ditempuh dalam setahun sepertinya terlalu lama. Berhubung 10w40 Mitsu sudah susah dicari di bengkel resmi, mgkn om Turbo ada recommend utk daily short trip 20-30km pemakaian ganti gigi rpm 4000rpm? Prefer ke buntut 40 karena suka kadang2 dibuat ngadem AC on 15 menit an gitu, klo buntut 30 apakah msh aman? Thx om Turbo
samkenny95 wrote:Dear om Turbo, rekomendasi oli utk avanza K3 apa ya?
Dr baru TMO 10w40, trs pindah ke Motul TRD 5w40 2x (ganti per 8rb), pindah lg ke Motul HTech 5w30 2x (ganti per 8rb), terakhir ini ganti ke oli Mitsu 10w40 udah 2x jg tp kali ini ganti per 3rb km karena pertimbangan 8rb ditempuh dalam setahun sepertinya terlalu lama. Berhubung 10w40 Mitsu sudah susah dicari di bengkel resmi, mgkn om Turbo ada recommend utk daily short trip 20-30km pemakaian ganti gigi rpm 4000rpm? Prefer ke buntut 40 karena suka kadang2 dibuat ngadem AC on 15 menit an gitu, klo buntut 30 apakah msh aman? Thx om Turbo
Turboman wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 12:36
buntut 30 aman
samkenny95 wrote:Dear om Turbo, rekomendasi oli utk avanza K3 apa ya?
Dr baru TMO 10w40, trs pindah ke Motul TRD 5w40 2x (ganti per 8rb), pindah lg ke Motul HTech 5w30 2x (ganti per 8rb), terakhir ini ganti ke oli Mitsu 10w40 udah 2x jg tp kali ini ganti per 3rb km karena pertimbangan 8rb ditempuh dalam setahun sepertinya terlalu lama. Berhubung 10w40 Mitsu sudah susah dicari di bengkel resmi, mgkn om Turbo ada recommend utk daily short trip 20-30km pemakaian ganti gigi rpm 4000rpm? Prefer ke buntut 40 karena suka kadang2 dibuat ngadem AC on 15 menit an gitu, klo buntut 30 apakah msh aman? Thx om Turbo
5w30 yg recommend apa ya om Turbo? Motul Htech 5w30 apa udah cukup recommend utk pemakaian 5000km/6 bulan? Soalnya klo pake motul gampang dapetnya, distributornya sodara sendiri
Turboman wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 12:36
buntut 30 aman
samkenny95 wrote:Dear om Turbo, rekomendasi oli utk avanza K3 apa ya?
Dr baru TMO 10w40, trs pindah ke Motul TRD 5w40 2x (ganti per 8rb), pindah lg ke Motul HTech 5w30 2x (ganti per 8rb), terakhir ini ganti ke oli Mitsu 10w40 udah 2x jg tp kali ini ganti per 3rb km karena pertimbangan 8rb ditempuh dalam setahun sepertinya terlalu lama. Berhubung 10w40 Mitsu sudah susah dicari di bengkel resmi, mgkn om Turbo ada recommend utk daily short trip 20-30km pemakaian ganti gigi rpm 4000rpm? Prefer ke buntut 40 karena suka kadang2 dibuat ngadem AC on 15 menit an gitu, klo buntut 30 apakah msh aman? Thx om Turbo
5w30 yg recommend apa ya om Turbo? Motul Htech 5w30 apa udah cukup recommend utk pemakaian 5000km/6 bulan? Soalnya klo pake motul gampang dapetnya, distributornya sodara sendiri
DevilS wrote:Kalau yang Valvoline saya nemu 15w40
Buntut 40 atau 30 gpp
Buat mesin bensin sih om yang kemarin buat Crv 2012 saya dan soluna saya.
Crv kemarin cek ud kotor perlu di bersihin, kalau soluna karna baca paper soal mesin convair/flat tapped katanya CI-4/SL kadar zinc dan phosphorus nya lebih baik ya katanya jadi penasaran pengen coba.
Sudah bentar lagi waktunya ganti oli, itu lokasi nya trakindo nya dimana ya om? Mau lab test liat tbn dan metal wear nya di mesin soluna saya hehe
Domisili jakarta saya
DevilS wrote:Om turbo ada recomendasi oli diesel api CI-4/SL?
Di tokped ad liat Valvoline mnurut om gimana?
Thankyou om
SAE brp ?
utk mesin mobil apa
Kalau yang Valvoline saya nemu 15w40
Buntut 40 atau 30 gpp
Buat mesin bensin sih om yang kemarin buat Crv 2012 saya dan soluna saya.
Crv kemarin cek ud kotor perlu di bersihin, kalau soluna karna baca paper soal mesin convair/flat tapped katanya CI-4/SL kadar zinc dan phosphorus nya lebih baik ya katanya jadi penasaran pengen coba.
Sudah bentar lagi waktunya ganti oli, itu lokasi nya trakindo nya dimana ya om? Mau lab test liat tbn dan metal wear nya di mesin soluna saya hehe
Domisili jakarta saya
Oiya om saya cuci jeroan itu maksudnya di tuang doang buat dorong sisa oli lama atau olinya di pakai beberapa rb km buat ngebersihin internal mesin?
Maap banyak nanya
rendr wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 15:34
Iya fix itu shim hla nya out of spec sudah... unit saya udh sempet ngalamin "tek tek" juga... cuman males bongkar mesin di sijukinya jg butuh waktu seharian.. coba pake oli 5w30 SN udah enakan...
5w30 SL memang ga masalah om kalo dipake cmn 3rb km aja mah.. ini by default dari baru mereka kasih 0w20 SM ke semua lineup terbaru sijuki yg masih flat tappet..
Dgn alasan mereka hanya lihat rekomendasi visco nya aja.. kacau deh, untung ada 1 BeRes di kb jeruk itu mau dengerin konsumen..
Masuk warranty ga tuh om??
Kan selalu servis di beres n ganti oli SGO
Masuk warranty kok om.. bbrp temen udah claim dan free charge..
bembenk95 wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 2:23
Awal2 dpt mobil, sempet pakai SGO 15-40 SL. Baru 3000km suara mesin dah kasar sama, terasa berat.. [emoji23][emoji23]. Padahal niatnya mo sampai 5k.
Hah mobil apa om? Dikasih SGO 15w40 SL?
G4EE flat tappet. Mesin jadul. Awal2 dpt mobil 2nd. D bengkel yg avaliable itu, Ya pakai dulu. Skrg sih pakai Q8 0-20. Cuma tahn 9000km. Indikator HLA noise sama engine dah krs berat. Hhhh
I see.. G4EE itu mesin hyundai ya? Q8 apalagi yg 0w20 kalo udah at the end of the life nya gaenak..
Om Rendr klo gak keberatan mau juga dong di PM beres Suzuki yg bisa bawa oli sendiri.
Kebetulan ignis saya baru mau servis 1000km. Rencana mau ganti oli juga dan prefer pakai oli non SGO klo ternyata oli itu kurang OK.
Penasaran kalau untuk mobil NIK 2018 yg kita beli di 2019 itu oli nya sudah dituang dari awal mobil diproduksi di 2018 atau saat mobil akan dikirim ke pembeli di 2019 itu oli diganti baru semua ya?
Saya cek dipstick oli ignis nya terlihat oli masih kuning bersih seperti oli baru padahal ignis nya NIK 2018.
PM sent ya Oom..
Sepertinya sih itu oli bawaan om, itulah fungsi service 1000 km.. tapi perlu dipastikan oli betul2 diganti baru ya.. ada BeRes nakal malah ga diapa2in..
Jambangan wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 13:45
Hari minggu kemaren pas lari pagi ada sx4 scross lewat samping ane
Suaranya kasar bgt "tek tek tek" gitu
Kyknya keracunan SGO deh
Dulu jaman pake swift beberapa kali nenggak SGO 5w30 api SL untung ga ada masalah apa2
sgo 5w-30 api sl aman itu om. yang gak boleh justru api sm. kayaknya mesin2 dohc emang gak boleh api sm
Biasanya, untuk service wajib 10k km mereka minta pake oli mereka alias SGO.. kalo kyk gitu pake 5w30 API SN botol biru aja dgn catatan pake max 5rb km.. nah klo kelipatan 5k km udh ga wajib itu kita bisa selipin oli sendiri.. hehehe
Kalo 5w30 SL memang bagus tp TBN nya sepertinya terlampau kecil dibanding yg API SN.. kalo 3-4rb km aja sih aman.. ga semua BeRes suzuki nyetok 5w30 SN botol biru soalnya..
Hampir semua mesin suzuki yg ada skrg itu masih Flat Tappet soalnya om.. butuh oli yg antiwearnya tinggi.. ga cocok sama oli API SM.. ya jadi mie tek tek di mesin..
Om Rendr klo gak keberatan mau juga dong di PM beres Suzuki yg bisa bawa oli sendiri.
Kebetulan ignis saya baru mau servis 1000km. Rencana mau ganti oli juga dan prefer pakai oli non SGO klo ternyata oli itu kurang OK.
Penasaran kalau untuk mobil NIK 2018 yg kita beli di 2019 itu oli nya sudah dituang dari awal mobil diproduksi di 2018 atau saat mobil akan dikirim ke pembeli di 2019 itu oli diganti baru semua ya?
Saya cek dipstick oli ignis nya terlihat oli masih kuning bersih seperti oli baru padahal ignis nya NIK 2018.
PM sent ya Oom..
Sepertinya sih itu oli bawaan om, itulah fungsi service 1000 km.. tapi perlu dipastikan oli betul2 diganti baru ya.. ada BeRes nakal malah ga diapa2in..
Jambangan wrote: ↑Tue Mar 05, 2019 13:45
Hari minggu kemaren pas lari pagi ada sx4 scross lewat samping ane
Suaranya kasar bgt "tek tek tek" gitu
Kyknya keracunan SGO deh
Dulu jaman pake swift beberapa kali nenggak SGO 5w30 api SL untung ga ada masalah apa2
sgo 5w-30 api sl aman itu om. yang gak boleh justru api sm. kayaknya mesin2 dohc emang gak boleh api sm
Biasanya, untuk service wajib 10k km mereka minta pake oli mereka alias SGO.. kalo kyk gitu pake 5w30 API SN botol biru aja dgn catatan pake max 5rb km.. nah klo kelipatan 5k km udh ga wajib itu kita bisa selipin oli sendiri.. hehehe
Kalo 5w30 SL memang bagus tp TBN nya sepertinya terlampau kecil dibanding yg API SN.. kalo 3-4rb km aja sih aman.. ga semua BeRes suzuki nyetok 5w30 SN botol biru soalnya..
Hampir semua mesin suzuki yg ada skrg itu masih Flat Tappet soalnya om.. butuh oli yg antiwearnya tinggi.. ga cocok sama oli API SM.. ya jadi mie tek tek di mesin..
API SM kurang dalam antiwear apa ya kalau boleh tau? Dari kemarin nyari nyari soal itu juga soalnya buat mesin flat tapped
Kadar zinc dan phosphorus nya terlalu kecil atau karna apa ya?