kendibocor wrote:Ane coba runut pabrikan mbl di indo
T--yg dipuja2 aftersales bagus bgt dll, ternyata hanya sejauh ini tanggung jwb ke konsumen
H--built quality yg makin lama makin menyedihkan
D--ngikut si T lah
S--jualan angin2an, barang facelift malah dipretelin.
M pertama--ganti distributor (masih blm tau pengaruh langsung ke konsumen apa, salah satu japan yg oaling worth every penny kalo beli produknya)
M kedua--relatif ga ada masalah, lawan head 2 head unfortuner jg masih trouble free sampe sekarang
F--ga jelas sama sekali
C--angin2an, yg prestasinya cukup bagus cuman SUV saingan ciarpihnya hondo ma extrelnya niss*n
N--produk globalnya bagus2, produk regionalnya banyak masalah, kerjaan beresnya kebanyakan ga beres
European: sejauh ini blm ada berita miring apa2, kauanya berhubungan ama populasi yg di indo relatif sedikit dibanding jepun. Pengalaman jg mereka cepet hadapin masalah n ga dibiarkan jg bola panas dimana2.
Korea masi blm perlu di compare yah.
Hahahaha bisa aja analisanya nih om Kendibocor, kalo menurut ane pabrikan mobil di Indo kaya begini:
T-- ASS & Durabilitynya paling dipuja2, tapi sekarang pelayanan & tanggung jawabnya udah mulai menurun & ga sebaik dulu
H--built quality serta fit & finish + kualiatas material yg makin lama makin menyedihkan, harganya makin mahal pula

, tapi untungnya kebayar sama peforma & handling yang oke, kabin yang lega serta bagasi yang luas pada kebanyakan mobilnya + desain exterior yang cukup oke (kecuali trio BBM)

serta irit BBM #bukanfanboy #bukansales
D--11 12 sama si T lah
S--jualan ogah2an, jualan mobil hampir semuanya nanggung, barang facelift malah dipretelin, abis launching mobil biasanya ga diurus alias cenderung didiemin aja, promosi juga sangat kurang kalo menurut ane
M Baru ganti distributor (masih belom tau pengaruh langsung ke konsumen apa, salah satu brand japan yg paling worth to buy kalo menurut ane ), sayang kurang promosi di daerah(terutama luar jawa)
M kedua--terkenal dengan mobil niaganya, tapi sekarang udah mulai bangkit dengan suksesnya beberapa model mobil penumpangnya (ANPS , OS, Mirage ) , relatif ga ada masalah, sampe sekarang kedengarannya masih lebih trouble free dibandingin sama 2 model MPV &SUV Ladder frame milik brand penguasa pasar
F--ga jelas sama sekali, padahal punya potensi, tapi ATPMnya malah minggat gitu aja
C--jualan angin2an, kurang promosi padahal produknya bagus2
N-- 11 12 sama adik seperguruannya yaitu S, jualan angin2 an, padahal produknya cukup bagus kalo menurut ane , tahun ini ga ada produk baru sama sekali, beberapa produk cenderung ga keurus kalo menurut ane (Evalia, Juke, Livina) serta pejualannya semakin lama semakin menyedihkan, dulu bisa ngalahin H tegak tapi sekarang 20 besar aja ga ada yg masuk produknya.
I-- Anak tiri Astra, punya potensi di sektor mobil penumpang, tapi malah fokus ke mobil niaga (Giga & ELF) ,sedangkan jualan mobil penumpangnya ogah2an