Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

untuk produk Nissan yang pernah saya pake dan ketahui, X-Trail dan Serena sudah menganut sistem ini.
Juga Mitsubishi Lancer taun 2006, Toyota Camry 2006, dan Grandis
yang semuanya punya kantor gak pake panas-panasin mesin terlebih dahulu untuk jalan
blindzero wrote: kira kira mbil apa yang udah ga perlu pemanasan engine ? dilihat berdasarkan apa ini ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Semua mobil sekarang juga ga perlu pemanasan mesin engine lagi.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dari mobilku.com
Nissan Motor Indonesia berkali-kali mengatakan Nissan Grand Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia. Ketika merancang model ini, disainer Nissan melakukan survey intensif pada keluarga Indonesia, termasuk mengukur tingkat kenyaman optimal bila penggunanya memakai kebaya, posisi duduk paling pas dan banyak hal lain yang spesifik

Tak terhitung mobil yang ditawarkan sebagai kendaraan keluarga di Indonesia dan harus diakui, Grand Livina berbeda karena Nissan membangunnya dengan karakter sedan yang kuat, dengan keunggulan sebuah minivan. Inilah crossover sedan-minivan yang beradaptasi dengan kondisi dan iklim Indonesia.

Kami mendapat pinjaman Nissan Grand Livina 1.8 XV MT dari PT Nissan Mobil Indonesia. Ini adalah varian paling rendah dari Grand Livina bermesin 1.8 liter. Mesin 1.8 liter plus gearbox 6-speed manual menggoda untuk dicoba. Karena ini base model untuk versi 1.8 liter, kami bisa mengetahui fitur apa saja yang bisa didapat dengan harga Rp 165.5 juta on the road Jakarta.

Perjalanan dimulai dengan akselerasi panjang untuk melebur di keramaian jalan M.T Haryono. Kesan pertama, wow, ada gaya tak tampak yang mendorong tubuh ke sandaran kursi. Mesin HR18DE empat silinder 1.8 liter DOHC dengan teknologi katup CVTC (Continuously Variable Valve Timing Control) menawarkan kombinasi tenaga dan torsi yang cukup baik plus konsumsi bahan bakar efisien.

Gearbox dengan 6-speed (saran kami, tanyakan pada salesperson Nissan bagaimana cara memindah tuas ke posisi R) bekerja dengan halus, ringan, presisi, jarak travel pendek dan meninggalkan bunyi klik saat tuas digerakkan. Bunyi itu mengingatkan pada transmisi matik. Pedal koplingnya ringan ditekan. Kami punya kesan bagus dengan transmisi ini.

Ketika arus lalulintas mulai beku, tuas transmisi digeser ke gigi satu. Terasa pedal gas menjadi sangat sensitive dan dan sentuhan ringan saja langsung bergerak. Gerakan kemudi ringan dan sistem pengereman bekerja optimal.

Saat melintasi tol dengan kecepatan diatas 100km/jam, suspensi terasa lembut tapi tidak limbung. Suara mesin dan roda menyusup masuk, tapi masih dalam batas toleransi. Yang mencolok, brake engine nyaris tidak ada. Untungnya dibekali rem pakem yang bisa dihandalkan. Sayang, untuk tipe ini tidak dilengkapi ABS, EBD dan BA seperti di varian Ultimate.

Dalam pembicaraan terpisah, Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI menjelaskan bahwa kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter.

Interior elegan

Interiornya elegan, dikerjakan dengan rapih dan presisi. Kombinasi material dan warnya berpadu padan. Posisi kursi pengemudi nyaman dan mudah diatur sesuai selera. Fitur-fiturnya familiar, tidak membingungkan. Disain dashboardnya keren dan fungsional.

Nilai plus untuk system climate/AC dalam waktu singkat bisa mendinginkan seluruh ruangan hingga ke baris belakang. Jadi penumpang baris ketiga tidak terlalu lama kegerahan. AC cukup dingin, sayang suara blowernya menderu-deru. Nissan mestinya juga bisa mengoptimalkan keluaran audio-nya.

Sebagai penumpang, mobil ini nyaman sekali. Kursi baris kedua nyaman, bisa digeser, reclining dan blower AC yang bisa disetel arahnya. Juga arm rest yang dilengkapi cup holder, namun bila demikian hanya untuk berdua bukan bertiga.

Kami tidak memiliki keluhan untuk kursi baris ketiga. Head room yang sering dikeluhkan pada mobil-mobil dengan tiga baris kursi, cukup tinggi di Grand Livina. Nyaman untuk berdua dan memiliki view yang bagus ke depan. Dilengkapi pula dengan cup holder. Seharusnya Nissan memasang seatbelt di sini, bila memang baris itu untuk penumpang.

Bila kursi baris ketiga dilipat ada, tercipa ruang kargo yang lapang, dilengkapi kait-kait untuk pengaturan barang atau memasang jaring pengaman. Fitur menarik, ada kompartemen di bawah lantai yang ideal untuk menyimpan barang-barang basah atau bau. Fleksibilitas baris kedua dan ketiga memaksimalkan kemampuan memuat bagasi mobil ini.

Nilai plus lain, air intake diatas grille, posisi yang aman untuk menembus banjir, nyaris sejajar dengan posisi sekering. Nissan mendorong pemiliknya untuk rajin melakukan pemeriksaan rutin dengan cara mempermudah akses memeriksa kondisi pelumas mesin, aki, air radiator, air wiper, minyak rem, dan sekering.

Menurut kami, Grand Livina memang kendaraan keluarga yang pas lebih-lebih bila disopiri. Mobil ini nyaman, aman dan nikmat untuk anda dan permata hati.



Yang 1.8 sama sekali tidak ada engine brake. Hati2 kalo kencang2 ya ingat pedal rem dipijak dalam2, jangan sampai ganti ke gigi lebih rendah soalnya ga ada engine brake disini.[/b]
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

wah baru perhatiin tutup tangki bensinnya di foto mobilku.com, ada pengaitnya ya, jadi kita gak repot ngurusin tutup tangki waktu isi bensin.
semar.togog
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Apr 10, 2006 2:23
Location: Bandung

Temperature sensor

Post by semar.togog »

Boss-Boss

tempo hari ada launcing IP-Bandung
cuman lupa memperhatikan cluster temperature, ada nggak sih...
(kalau lihat di mobilku kok nggak ada yaa?

Minat juga mau naruh DP

Thanks
DF
Drive Safely
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

untuk temperatur ga ada gaugenya. jadi cuman lampu. kalo ga salah pernah dijelasin, warna biru, mati atau warna merah. begitu....

biru artinya mesin dingin.
mati artinya normal.
merah artinya panas.
semar.togog
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Apr 10, 2006 2:23
Location: Bandung

Post by semar.togog »

hunter wrote:untuk temperatur ga ada gaugenya. jadi cuman lampu. kalo ga salah pernah dijelasin, warna biru, mati atau warna merah. begitu....

biru artinya mesin dingin.
mati artinya normal.
merah artinya panas.
Thanks Boss
Berarti harus lebih waspada yaaa
atau malah enak yaaa tinggal nunggu warna merah kedip/nyala..

Regards,
DF
Drive Safely
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Boleh bilang lebih enak juga. Sebab kalau jarum biasa mulai naik, kan ngak gitu mencolok. Orang yang lagi concentrasi stir di tol mungkin ngak cepat bisa kelihatan misalnya.


Tapi kalau mendadak ada warna terang yang biasanya ngak muncul, pasti drivernya akan sadar lampu nyala. Coba kalau ada suara seperti di jet tempur nada wanita " Overheat, overheat, caution caution... " Wow !
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Sithlord wrote:Coba kalau ada suara seperti di jet tempur nada wanita " Overheat, overheat, caution caution... " Wow !
Emang bung lord pernah terbang dg pesawat tempur ya?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Wahh !!
Maksudnya ga ada engine brake ini apa yah?
Apakah maksudnya saat lepas gas, tidak turun gigi dan tidak injak rem maka tidak ada/hampir tidak ada perlambatan mesin?
Bila memang demikian kalo turun gigi (mis: dari 3 ke 2) masa tidak ada engine brake sama sekali? Spt mesin los gitu? Yang bener nih.. pls klarifikasi dong.
Winata wrote: Yang 1.8 sama sekali tidak ada engine brake. Hati2 kalo kencang2 ya ingat pedal rem dipijak dalam2, jangan sampai ganti ke gigi lebih rendah soalnya ga ada engine brake disini.[/b]
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Winata wrote: Yang mencolok, brake engine nyaris tidak ada.


Yang 1.8 sama sekali tidak ada engine brake. Hati2 kalo kencang2 ya ingat pedal rem dipijak dalam2, jangan sampai ganti ke gigi lebih rendah soalnya ga ada engine brake disini.[/b]
Ini yang bener "nyaris tidak ada" ATAU "sama sekali tidak ada" engine brake?
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

ada, cuman memang tak berasa.
jadi kalau dalam posisi gigi 3 lepas gas, ngga kerasa efek engine brake alias mesin menggerung.

engine brake paling efektif ya pindah gigi lebih rendah.
juga berlaku untuk transmisi matik
maxx wrote:Wahh !!
Maksudnya ga ada engine brake ini apa yah?
Apakah maksudnya saat lepas gas, tidak turun gigi dan tidak injak rem maka tidak ada/hampir tidak ada perlambatan mesin?
Bila memang demikian kalo turun gigi (mis: dari 3 ke 2) masa tidak ada engine brake sama sekali? Spt mesin los gitu? Yang bener nih.. pls klarifikasi dong.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Winata wrote:Dari mobilku.com
Nissan Motor Indonesia berkali-kali mengatakan Nissan Grand Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia. Ketika merancang model ini, disainer Nissan melakukan survey intensif pada keluarga Indonesia, termasuk mengukur tingkat kenyaman optimal bila penggunanya memakai kebaya, posisi duduk paling pas dan banyak hal lain yang spesifik


Kalo memang Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia....apa emang bener Livina first launchingnya di Indo?
Please dong yand udah pakar.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

saya sudah coba ada kok tapi harus pindah gigi lebih rendah
andihp wrote: Ini yang bener "nyaris tidak ada" ATAU "sama sekali tidak ada" engine brake?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Nah...ini baru bener dan masuk logic gw.
Selama 15thn++ gw bw boil dan 7X ganti mobil dari beragam merk dan type, kalo turun gigi pasti ada engine brake, ga mungkin kalo ga ada.
Gw sempet kaget Boss Winata dibilang "jangan sampai ganti ke gigi lebih rendah soalnya ga ada engine brake disini".. buset deh.. bolehlah sekali-kali shock terapi abis makan siang, asal jgn keseringan aja.
Well, jujur aja gw selalu gunakan engine brake pada saat dibutuhkan untuk pengereman mendadak/jarak rem yg dekat dan pasti digunakan kalo lagi salip2an :D
NissanLovers wrote:ada, cuman memang tak berasa.
jadi kalau dalam posisi gigi 3 lepas gas, ngga kerasa efek engine brake alias mesin menggerung.

engine brake paling efektif ya pindah gigi lebih rendah.
juga berlaku untuk transmisi matik
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Well hasil searching ane sudah jelas

http://www.worldcarfans.com/news.cfm/ne ... a-revealed

Livina di launched di China pertama di China November 2006, juga dijelaskan bahwa diharapkan dari China pasar global akan terbuka.

Nah kaitannnya dengan
Winata wrote:Dari mobilku.com
Nissan Motor Indonesia berkali-kali mengatakan Nissan Grand Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia. Ketika merancang model ini, disainer Nissan melakukan survey intensif pada keluarga Indonesia, termasuk mengukur tingkat kenyaman optimal bila penggunanya memakai kebaya, posisi duduk paling pas dan banyak hal lain yang spesifik


Berarti orang NMI gak bener dong.
Lha kalo spesifik buat Indonesia kenapa launching pertama di China? Gak salah tuh?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Kamu yang gak bener. Livina itu baby Livina 5 seater, pakai mesin 1600 cc.


Abangnya Livina GENISS yang sama dengan Grand Livina di Indo 7 seater pakai mesin 1800 cc sudah lahir di China Nov 06 tahun lalu.


Spesifik buat Indo tapi kalau Nissan rasa untuk China juga cocok, dan keluar di situ dulu, kenapa ngak boleh ?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

gua rasa Nissan melakukan survey emang bener bisa aja. sebelum membuat produk, pasti ada survey donk, pasarnya itu. nah dr survey itu baru dipikirin produk spt apa yg cocok. bukan berarti produk yg sama gak boleh di jual di negara lain kan? bukan berarti produk yg sama gak cocok buat negara lain kan? dr survey di cina, kalo dibuat klop2 dengan pasar di indonesia, kenapa engga?

kalo nurut gua sih Livina kurang lebih emang dirancang buat Indonesia juga dengan berbagai pertimbangan yg pernah dijelaskan NMI.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Sithlord wrote:Kamu yang gak bener. Livina itu baby Livina 5 seater, pakai mesin 1600 cc.

Abangnya Livina GENISS yang sama dengan Grand Livina di Indo 7 seater pakai mesin 1800 cc sudah lahir di China Nov 06 tahun lalu.
Duh mak...Sithlord..ente ini pernah jadi pemain sepak bola yah? Di posisi penyerang kali yah. :)
Bro ini, ini forum kan forum diskusi...bukan forum berantem. Kalo forum berantem mah udah banyak. :e-naughty:
Jadi kalo ada yang salah atau keliru ya dibetulkan dong....bukan diajak berantem. Bahasa bro Sithlord memakai bahasa menantang berantem.
Ane kalo salah juga siap dibetulkan....namanya kita semua belajar. :e-dance:
Cuman ya kalo ada yang salah-salah..negurnya jangan dengan cara yang keras......kan bisa dong ditegur dengan cara yang lebih elegant. :e-clap:
Sithlord wrote: Spesifik buat Indo tapi kalau Nissan rasa untuk China juga cocok, dan keluar di situ dulu, kenapa ngak boleh ?
Siapa yang bilang nggak boleh....cuman ya jangan deh orang NMI bilang Livina dibuat spesifik untuk orang Indo.
Kan kesannya gimana gitu......seolah-olah Livina hasil design dalam negeri.
Lebih baik pake bahasanya seperti Ren Yong, Vice President of Dongfeng Motor and Deputy Managing Director of Dongfeng Nissan, said, “Livina, as a strategically important model, has redefined the concept of family car and business car. We believe it will become a part of Chinese customers’ lifestyles.”
http://www.worldcarfans.com/news.cfm/ne ... nghai-2007
Kan enak didengernya.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

sukasuka_man wrote:Siapa yang bilang nggak boleh....cuman ya jangan deh orang NMI bilang Livina dibuat spesifik untuk orang Indo.
Kan kesannya gimana gitu......seolah-olah Livina hasil design dalam negeri.
Lebih baik pake bahasanya seperti Ren Yong, Vice President of Dongfeng Motor and Deputy Managing Director of Dongfeng Nissan, said, “Livina, as a strategically important model, has redefined the concept of family car and business car. We believe it will become a part of Chinese customers’ lifestyles.”
http://www.worldcarfans.com/news.cfm/ne ... nghai-2007
Kan enak didengernya.
hehehe bung lord itu emang begitu tuh modelnya...:) :) :)

kita sih gak tau sebetulnya awal lahirnya livina yah...
bisa jadi, memang awalnya idenya untuk Indonesia, lalu ke Cina oke2 juga. atau emang tdnya idenya buat Cina, trus masuk ke Indonesia oke2 juga. ???

yg pasti, untungnya di Cina gak ada pernyataan kalo itu dibuat spesifik untuk orang Cina. nah kalo ada 2 claim spt itu, baru deh aneh.... :)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bukan saya mau berantem. Terus terang anda saat pertama kali sebarkan post orang TAM yang galak itu, saya sudah pikir, ngapain ? Kita bisa baca sendiri kok.


Sekarang anda cukup post berita salah ini sekali. Malah anda post berapa kali, dengan tujuan setiap thread Livina di pasang. Supaya kita semua takut ? Oh, ternyata Livina cuman untuk 5 orang. Coba di Indo kalau 7 orang terbalik atau tidak....


Gimana saya ngak curiga ?.... Kalau ngak mau saya curiga, silahkan post berita yang anda mau, keliru atau tidak its OK. Tapi ngak usah suntik di paha, di dada, di kaki, nanti semua badan infeksi tau ?
XCI-001 GusSur
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Apr 27, 2007 4:36

Post by XCI-001 GusSur »

maaf baru ikutan dan cuma mau bilang sabar-sabar.
namanya jugan forum diskusi, beda pendapat sudah pasti ada.
dan namanya juga bahasa text.

so, silahkan dilanjut diskusinya karena jadi seru..hehheheh
peace ye! hehehe

sukasuka_man wrote:
Sithlord wrote:Kamu yang gak bener. Livina itu baby Livina 5 seater, pakai mesin 1600 cc.

Abangnya Livina GENISS yang sama dengan Grand Livina di Indo 7 seater pakai mesin 1800 cc sudah lahir di China Nov 06 tahun lalu.
Duh mak...Sithlord..ente ini pernah jadi pemain sepak bola yah? Di posisi penyerang kali yah. :)
Bro ini, ini forum kan forum diskusi...bukan forum berantem. Kalo forum berantem mah udah banyak. :e-naughty:
Jadi kalo ada yang salah atau keliru ya dibetulkan dong....bukan diajak berantem. Bahasa bro Sithlord memakai bahasa menantang berantem.
Ane kalo salah juga siap dibetulkan....namanya kita semua belajar. :e-dance:
Cuman ya kalo ada yang salah-salah..negurnya jangan dengan cara yang keras......kan bisa dong ditegur dengan cara yang lebih elegant. :e-clap:
Sithlord wrote: Spesifik buat Indo tapi kalau Nissan rasa untuk China juga cocok, dan keluar di situ dulu, kenapa ngak boleh ?
Siapa yang bilang nggak boleh....cuman ya jangan deh orang NMI bilang Livina dibuat spesifik untuk orang Indo.
Kan kesannya gimana gitu......seolah-olah Livina hasil design dalam negeri.
Lebih baik pake bahasanya seperti Ren Yong, Vice President of Dongfeng Motor and Deputy Managing Director of Dongfeng Nissan, said, “Livina, as a strategically important model, has redefined the concept of family car and business car. We believe it will become a part of Chinese customers’ lifestyles.”
http://www.worldcarfans.com/news.cfm/ne ... nghai-2007
Kan enak didengernya.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

hunter wrote:hehehe bung lord itu emang begitu tuh modelnya...:) :) :)

kita sih gak tau sebetulnya awal lahirnya livina yah...
bisa jadi, memang awalnya idenya untuk Indonesia, lalu ke Cina oke2 juga. atau emang tdnya idenya buat Cina, trus masuk ke Indonesia oke2 juga. ???

yg pasti, untungnya di Cina gak ada pernyataan kalo itu dibuat spesifik untuk orang Cina. nah kalo ada 2 claim spt itu, baru deh aneh.... :)
:e-clap: ini dia cara diskusi yang bener. ELEGANT.
Itu dia bro yang saya maksud....kan lebih baik ATPM menyampaikan info sebenarnya....nggak usahlah diakui sebagai dirancang spesifik untuk orng Indo.
Kan ini jamannya terbuka...bisa cari info dimana saja. Masak musti diadu...kayak ayam saja

Setuju bro...kalo di China di klaim seperti itu juga...harus diapain ya?

Oh iya, saya inget pernah bertemu suatu situs yang membahas siapa perangcang suatu model mobil dan bagaimana ide dasar rancangan itu.
Ada yang tau nggak situsnya apa yah? Kali2 disitu kita bisa lebih paham dasar lahir Livina.
Last edited by sukasuka_man on Fri Apr 27, 2007 7:00, edited 1 time in total.
XCI-001 GusSur
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Apr 27, 2007 4:36

Post by XCI-001 GusSur »

Yang pernah saya dengar, INdonesia memang dijadikan salah satu tempat survey ketika Livina akan diluncurkan. tapi memang tidak spesifik bahwa Livina disajikan hanya untuk pasar indonesia.
sukasuka_man wrote: :e-clap: ini dia cara diskusi yang bener. ELEGANT.
Itu dia bro yang saya maksud....kan lebih baik ATPM menyampaikan info sebenarnya....nggak usahlah diakui sebagai dirancang spesifik untuk orng Indo.
Kan ini jamannya terbuka...bisa cari info dimana saja.

Setuju bro...kalo di China di klaim seperti itu juga...harus diapain ya?

Oh iya, saya inget pernah bertemu suatu situs yang membahas siapa perangcang suatu model mobil dan bagaimana ide dasar rancangan itu.
Ada yang tau nggak situsnya apa yah? Kali2 disitu kita bisa lebih paham dasar lahir Livina.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Sithlord wrote:Bukan saya mau berantem. Terus terang anda saat pertama kali sebarkan post orang TAM yang galak itu, saya sudah pikir, ngapain ? Kita bisa baca sendiri kok.

Sekarang anda cukup post berita salah ini sekali. Malah anda post berapa kali, dengan tujuan setiap thread Livina di pasang. Supaya kita semua takut ? Oh, ternyata Livina cuman untuk 5 orang. Coba di Indo kalau 7 orang terbalik atau tidak....

Gimana saya ngak curiga ?.... Kalau ngak mau saya curiga, silahkan post berita yang anda mau, keliru atau tidak its OK. Tapi ngak usah suntik di paha, di dada, di kaki, nanti semua badan infeksi tau ?
Post orang TAM? Bro LiveMinus...apa Anda orang TAM???? :roll:
Apa bro Sithlord udah tau pasti Liveminus orang TAM? Atau hanya dugaan saja?