Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anakdewa
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Apr 17, 2010 10:25

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by anakdewa »

solar_kerosen wrote:torsinya udah naik jauh apa tahan transmisinya yg matik buat dipake lama takutnya malah jebol
bos htannis ga mikirin begituan om....klo jebol lsg ganti unit baru :big_smoking:
yg penting ngebutttt wuzzz wuzz wuzzz....
wakakakak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

anakdewa wrote:
solar_kerosen wrote:torsinya udah naik jauh apa tahan transmisinya yg matik buat dipake lama takutnya malah jebol
bos htannis ga mikirin begituan om....klo jebol lsg ganti unit baru
yg penting ngebutttt wuzzz wuzz wuzzz....
wakakakak
Kalo Transmisi jebol malah kebetulan katanya.....sekalian upgret Donat-nya (Torq Conv) ke yg kapasitas lebih besar. :mrgreen:

jadi yg skg mau dicoba dulu Matic-nya akan hancur di level berapa ratus Nm...... :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
anakdewa
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Apr 17, 2010 10:25

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by anakdewa »

Turboman wrote:
anakdewa wrote:
solar_kerosen wrote:torsinya udah naik jauh apa tahan transmisinya yg matik buat dipake lama takutnya malah jebol
bos htannis ga mikirin begituan om....klo jebol lsg ganti unit baru
yg penting ngebutttt wuzzz wuzz wuzzz....
wakakakak
Kalo Transmisi jebol malah kebetulan katanya.....sekalian upgret Donat-nya (Torq Conv) ke yg kapasitas lebih besar. :mrgreen:

jadi yg skg mau dicoba dulu Matic-nya akan hancur di level berapa ratus Nm...... :mrgreen:
denger2 bos htannis lg inden LC200 cuma buat swap mesin d4d v8 4500cc nya ke fortuner
krn sebenernya beliau cinta mati ama fortuner :mky_03:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

anakdewa wrote:
denger2 bos htannis lg inden LC200 cuma buat swap mesin d4d v8 4500cc nya ke fortuner
krn sebenernya beliau cinta mati ama fortuner :mky_03:
Loh? Ane gak gak punya fortuner :mky_03: :mky_03: :mky_03:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Update 0-100km/h dalam 8.1 detik, lumayan lah buat suv diesel 2 ton a/t dengan mild tuning

Image
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by submariner »

halo agan2, disini pernah ada yang mempunyai pengalaman dengan adanya rembesan oli dari pajero sport ?

PS saya terhitung masih baru banget, tapi kemarin ini nemuin ada seperti bercak oli di lantai.
lalu saya coba test drive jalan2 bentar dan masukin lagi ke garasi, taruh kertas koran dibawahnya. keesokan harinya saya cek kembali, ternyata memang ada bercak mungkin sekitar 3-4 tetes kecil saja dari semalam.

olinya berwarna kuning dan dari daerah sekitar turbonya. dan itu oli cenderung cepat mengering.

kiranya ini oli dari mana yang ada kebocoran ya ?
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by solar_kerosen »

hmmm kayaknya kalau gak rembes dari rumah turbo bisa jadi dari mesin dari carter oli,seal crankshaft ataupun pompa oli dibawa aja ke bengkel om
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by submariner »

solar_kerosen wrote:hmmm kayaknya kalau gak rembes dari rumah turbo bisa jadi dari mesin dari carter oli,seal crankshaft ataupun pompa oli dibawa aja ke bengkel om
setelah saya cari tahu, ternyata bukan oli, tapi dari grease yg berada di joints, dimana ada grease ketika mobil tsb dirakit.
lalu setelah dipakai mungkin grease nya jadi mencair, kemudian menetes sedikit (sktr 3-4 tetes).

dan kalau diperhatiin lagi, 2 jam setelah pemakaian hanya ada 1 tetes berwarna kuning di kertas koran yang saya taruh dibawah mobil.
kemudian saya cek lagi pada jam ke 4, tidak ada tetesan, begitu pun tadi pagi.

tetesannya berwarna kuning dan cenderung mengering (tidak seperti tetesan oli pada umumnya yang akan tetap menjadi seperti oli dan tidak mengering).
Pratama15
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri May 18, 2012 7:37

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Pratama15 »

selamat soree.. saya nubiee
sekedar informasi nih buat agan2

"PAJERO SPORT FAMILY"

Present

"Jelajahi Nusantara Berbagi Ceria Bersama PSF"

30 Juni - 9 Juli 2012

Touring & Bakti Sosial

- Sunatan Massal
- Pemberian Santunan sepanjang rute perjalanan
- Kunjungan Wisata

Rute
Jakarta - Bandar Lampung - Palembang - Padang - Bukittinggi

Untuk Info

Ilham : 0811 8500 086
Arien : 0878 2157 7427
Twitter : @psf_id
Facebook : www.facebook.com/PajeroSportFamily

Siapa tau tertarik buat ikut acara kita..
Ditunggu partisipasinya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

PSF ini komunitas pengguna PS ?

Berarti ada klub baru selain POC dan IPC ?

banyak amat yah, padahal mobilnya sama semua........kenapa nggak gabung aja ke POC atau IPC misalnya

*yang masih heran*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by evolution21 »

bagi yg blom disun*t...........

:ngacir:
Pratama15
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri May 18, 2012 7:37

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Pratama15 »

PSF ini komunitas pengguna PS ?

Berarti ada klub baru selain POC dan IPC ?

banyak amat yah, padahal mobilnya sama semua........kenapa nggak gabung aja ke POC atau IPC misalnya

*yang masih heran*


Saya sendiri juga kurang ngerti gan :mky_01:
saya cuma penyelenggara saja :D hehehe
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by zweifellos »

Di Medan ga ada ya komunitas Pajero Sport? Kurang gelagat ini medan keknya kalo masalah komunitas. :e-snooty:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ilhami »

nyumbang link
Engine check menyala karena solar tercampur air.

http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... _Tak_Sehat
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ilhami »

Nyumbang link lagi

Bebas Polusi Dengan Sirkulasi
http://autobildindonesia.com/read/2010/ ... -Sirkulasi

Terciptanya EGR didasari kandungan gas NOx yang menjadi salah satu emisi gas buang berbahaya akibat sisa proses pembakaran di mesin

Jadi barang siapa menutup EGR..maka dia telah meracuni kehidupan...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:Nyumbang link lagi

Bebas Polusi Dengan Sirkulasi
http://autobildindonesia.com/read/2010/ ... -Sirkulasi

Terciptanya EGR didasari kandungan gas NOx yang menjadi salah satu emisi gas buang berbahaya akibat sisa proses pembakaran di mesin

Jadi barang siapa menutup EGR..maka dia telah meracuni kehidupan...
Kalo soal EGR, nah mesin2 generasi lama kan gak ada EGR nya, kenapa gak diributin ? :mrgreen:

Kalo bilang krn 1 aspek lalu gas buang jadi beracun......lebih baik pelajari dulu bagaimana sistem emisi pada mesin secara keseluruhan dan jangan men judge di 1 aspek aja

EGR tujuannya menurunkan sedikit combustion temprature sehingga emisi NOx berkurang dikit, TAPIIIII......dengan adanya EGR sebetulnya emisi Particulate Matters itu justru akan naik sedikit karena pembakaran di mesin gak bersih, juga nantinya limbah oli bekas menjadi lebih beracun...... nah lho :mky_07:

Naiknya Particulate matters akibat udara masuk tercampur udara kotor, kalo mau dirunut lebih jauh sebetulnya juga akan ber-impact thd emisi CO akibat pembakaran kurang sempurna, walau akhirnya CO akan menjadi CO2 oleh katalis.

Pembakaran kurang sempurna juga akan membuat emisi CO2 naik sedikit krn jumlah BBM yg digunakan sedikit bertambah.

EGR menjadi problem dimana mana, termasuk di negara yg sudah menerapkan BBM rendah sulphur 50 ppm, ujung2-nya mampet juga EGR-nya, saya pribadi heran mengapa sistem ini masih dipertahankan.

Kalo sy pribadi lebih memilih emisi bahaya dibantai oleh Catalytic Converter aja, dimana saat ini sudah banyak Cat Conv type freeflow yg impact-nya kecil thd backpressure.

TAPI semua persoalan emisi ujung ujungnya adalah kepada kadar sulphur pada BBM (Diesel & Gasoline), kalo kadar sulphur tinggi mau pake apapun ya percuma, EGR akan cepat mampat / intake berlumpur, Cat Conv akan cepat rusak element-nya krn dilewati unsur S dalam jumlah besar.

Kalo di Diesel dgn sulphur tinggi lewatin Cat Conv emisinya jadi mengandung H2SO4, makanya jadi bau asam.

kalo di Gasoline jadi keluar bau obat keriting rambut, ini jadi problem tersendiri.

Bicara soal emisi kendaraan = Dept ESDM lah yg harusnya paling bertanggung jawab scr standard BBM ditentukan oleh mereka.
* Bukan ajakan Beli *
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ilhami »

EGR itu sudah dari tahun 1973.
Sekarang sudah jaman EURO 4. Kesadaran pemerintah sudah lebih tinggi. Jaman dulu mobil tidak sebanyak sekarang. Jelas saja penanganan emisi menjadi penting. Ada orang banyak, ada pajero sport, mobil mewah, tapi tidak peduli lingkungan. Apa nilai tambahnya buat kehidupan? Enaknya sendiri aja. Saya sudah sering lihat diloby, pajero sport ngebul, bau eneg. Apa pantes?

Masalah oli bekas, kembali ke penanganan. Jelas-jelas membuang oli bekas sembarangan itu dilarang. Jangankan oli bekas, membuang radiator coolant sembarangan saja tidak boleh. Padahal etilene glycol akan terurai dalam beberapa hari.

Pemerintah itu sudah mengatur kendaraan tahun terbaru, harus melewati uji EURO 4. Buktinya, Mobil Esemka saja uji emisi dengan pertamax Plus, dan harus melengkapi catalytic converter.
So pasti dong pajero sport (dan diesel lain) standardnya harus EURO 4 juga. EGR yang mampet itu karena bbm dengan kadar sulphur tinggi. Tapi sudah ada pilihan, Pertadex, shell/total diesel. Jadi dalam hal ini jangan menyalahkan pemerintah / ESDM. Salahkan pengguna donk.

Kritik saya, jangan membuat modifikasi yang sifatnya tidak ramah lingkungan untuk di jalan raya.
Kalau balap mungkin hanya event tertentu, tidak tiap hari. Untuk balap juga sebenarnya ada regulasi emisi, kebisingan dsb nya.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by aspsilver »

Pajero Sport sebenarnya mesinnya cukup bagus, dengan bio-solar, tidak ngebul, dan baunya juga gak sebusuk mesin Isuzu Panther or Toyota Innova D4D

memang apabila diisi dengan Shell Diesel atau Total Diesel, lebih tidak ngebul lagi dan baunya juga lebih baik.

masalahnya yang jelek itu adalah Bio-solarnya. yang kualitasnya tidak stabil, kadang bagus, kadang tidak. dan sering kali berbeda bermakna antara beberapa SPBU.

di BBM diesel, berbeda dengan bensin,
apabila mobil misalnya Honda Jazz i-Dsi, apabila diisi dengan premium maka akan terasa sangat tidak bertenaga dan boros, dibandingkan dengan diisi pertamax/Super/performance 92. jadi keluar uang 2x lebih banyak, ok juga lahm kan performanya nambah.
di mobil diesel mau diisi bio-solar maupun shell diesel/total diesel/petronas diesel, rasanya tidak jauh berbeda,
jadi waktu keluar uang 2x untuk bayar kan rasanya tidak ada keuntungan yang didapat.

harusnya pertamina membenahi diri dengan memperbaiki kualitas baik premium maupun bio solar, agar lebih compatible dengan mesin2 canggih yang ada sekarang.

di Amerika Serikat, ada 3 jenis bensin
regular unleaded 87
premium unleaded 90
super unleaded 91

nah pakai regular unleaded 87 di KIA Optima 2.4L (sekelas Honda Accord 2.4L/Toyota Camry 2.4L) rasanya lebih enak daripada di indonesia pakai Pertamax 92, di Honda Accord 2.4L. jadi kan bensinnya yang jelek.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:EGR itu sudah dari tahun 1973.
1. Saya sudah sering lihat diloby, pajero sport ngebul, bau eneg. Apa pantes?

2. Masalah oli bekas, kembali ke penanganan. Jelas-jelas membuang oli bekas sembarangan itu dilarang. Jangankan oli bekas, membuang radiator coolant sembarangan saja tidak boleh. Padahal etilene glycol akan terurai dalam beberapa hari.

3. Pemerintah itu sudah mengatur kendaraan tahun terbaru, harus melewati uji EURO 4. Buktinya, Mobil Esemka saja uji emisi dengan pertamax Plus, dan harus melengkapi catalytic converter.

4. Tapi sudah ada pilihan, Pertadex, shell/total diesel. Jadi dalam hal ini jangan menyalahkan pemerintah / ESDM. Salahkan pengguna donk.

5. Kritik saya, jangan membuat modifikasi yang sifatnya tidak ramah lingkungan untuk di jalan raya.
Kalau balap mungkin hanya event tertentu, tidak tiap hari. Untuk balap juga sebenarnya ada regulasi emisi, kebisingan dsb nya.
1. Itu akibat solar dgn kadar sulphur tinggi. Ditambah adanya EGR maka jelaga akan lebih parah.

2. Setuju banget

3. Standard kita masih Euro 2 pak, Euro 4 masih wacana, tapi gak yakin dgn kesiapan Pertamina.

4. Yg solar rendah sulphur hanya DEX, lainnya masih sulphur menengah - tinggi. Shell dan Petronas masih sulphur agak tinggi. Padahal batasan Euro 1 itu sulphur max 1500 ppm :e-think:

5. Setuju, tapi harus dilihat dalam aspek yg lebih luas, karena emisi berbahaya itu khan ada CO / HC / NOx dan PM (jelaga), lalu emisi Greenhouse gas ya CO2

Kalo mau adil ya berlakukan kayak Eropa aja, mobil dgn standard emisi Euro yg ketinggalan sudah gak boleh masuk daerah perkotaan, jadi yg boleh putar2 di kota hanya mobil dgn standard Euro terkini atau mungkin yg 1 step behind masih boleh + ketahuan mencabut Katalik bisa kena denda besar dan bengkel yg ketahuan mencabut katalik kena sanksi.

TAPI.....itupun juga HARUS didukung oleh penyediaan bahan bakar yg sesuai

Di Eropa misalnya, sebelum suatu standard Euro resmi diberlakukan, BBM yg comply dgn standard tsb sudah tersedia jauh2 hari......sedang di kita sudah pemberlakuan Euro II dr 2007 saja sampe hari ini BBM non subsidi masih ada yg standard Euro 1 bahkan not meet Euro 1 :shrug:

BBM dengan kadar sulphur rendah menjadi komoditas exclusive dan justru bukan mendapat Tax incentive ??

Jujur saya dulu pernah hampir debat dengan orang dr pihak Shell, karena saya tanya kenapa gak masukkin Low sulphur Diesel, mrk bilang krn mereka mengacu ke standard ESDM, saya bilang lagi : kan sejak 2007 mobil2 baru sudah Euro 2 mandatory, knp gak jual yg sulphur 500 ppm ? mereka malah ngotot ngasih link web ESDM yg standard sulphur solar masih 3500 ppm....... :capede:

Nah skg juga gimana Jakarta.......orang bakar sampah sembarangan aja masih bebas ?
PLTU Muara Karang aja coba lihat asapnya begitu mengerikan, kuning, lots of sulphur ?
Masih banyak mobil tahun lawas without emission devices dan tak terawat yg bau knalpotnya perih ?

Jujur sy sendiri prihatin melihat lagit Jkt yg sudah butek, sgt terlihat saat kita mau landing siang2 atau jika jalan2 dr luar kota saat masuk Jkt terlihat perbedaan warna langit yg clear dan butek :ungg:

Polusi suatu kota adalah banyak hal2 terkait yg tak bisa dipisahkan 1 dengan lainnya

Kalo ane pribadi sih lebih memilih utk menggunakan mobil seperlunya saja, mengemudi scr EcoDriving (emisinya kecil) dan sangat berharap adanya MRT / LRT / Monorail di Jkt, sehingga kemana mana gak usah pakai mobil

Buat jarak dekat = Gowes :mrgreen:

Gaya hidup ramah lingkungan aza, walau pakai produk yg katanya non green asal dipake secukupnya yah gak akan bikin banyak polusi juga :mrgreen:

Discl : sekedar opini pribadi

*Salam dari pengguna Kona tuwir*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Ngomong2 pltu muara karang itu gila bener emang kl semburin asep, udah gitu mobil daerah sini kl gak taro dibawah canopy, sebulan udah bolong2 cat nya semobil, makanya mobil ane kl parkir di rumah selalu masuk ke dalam
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ak4ng »

kenapa sih ribut sama emisi?? bukannya itu sudah konsekuensi dari sebuah mesin bakar??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

htannis wrote:Ngomong2 pltu muara karang itu gila bener emang kl semburin asep, udah gitu mobil daerah sini kl gak taro dibawah canopy, sebulan udah bolong2 cat nya semobil, makanya mobil ane kl parkir di rumah selalu masuk ke dalam
Emang parah men

Harusnya mereka pakai Water Scrubber di saluran exhaust utama, sistem sembur aer kayak WAI raksasa tapi ini aernya dicampur CaCO3 utk mengikat sulphur dan jelaga, limbahnya setelah kering bisa jadi ConBlock :mrgreen:

Di Bandung persh2 Textil aja pada pake water srubber di jalur exhaust tungku batubara-nya, itu ujung pipa cerobongnya beningggg......no asap at all, jelaga2-nya masuk ke air then ke waste water treatment plant, airnya yg digunakan utk Wtr Scrb = air limbah dari pencelupan + CaCO3 lagi.....jadi reuse en recycle :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ak4ng wrote:kenapa sih ribut sama emisi?? bukannya itu sudah konsekuensi dari sebuah mesin bakar??
Setuju Kang

kadang kalo ngeliat di Eropa ane heran juga, Euro V, Euro VI, itu mesin dah kayak benar2 dibekep, emisi PM / NOx semua diukur (bensin / Diesel), en test nya itu konon di atas Dyno, jadi mesin di bebanin, ada kriteria saat idle dan saat Full Load WOT

Kadang nuwbie pikir........kenapa gak langsung beralih aja menjadi Full Electric vehicle, then bebas perkara emisi dah.........

Apakah mungkin juga ini konspirasi dari produsen minyak + produsen otomotif + produsen emission devices ?

Produsen minyak = still using oils
Produsen otomotif = dengan keluarnya std Euro terbaru means "buanglah mobil tua anda"
produsen emission devices = Katalis2 menggunakan noble metals itu mahal sekali, dengan majunya std Euro maka penjualan mrk semakin meningkat

memang betul emisi mobil jadi jauh lebih bersih, tetapi konsumsi noble metals meningkat dan ironisnya deposit rare earth metals gak banyak dan lokasi KP KP nya biasanya banyak dikuasai mafia + perluasan areal pertambangan means merusak lingkungan........

Discl : Just IMO en CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Disini? Fuel pump jebol, yg disalahin konsumen kenapa isinya premium :mrgreen:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by JESKONENG »

masalahnya a.l. pada kualitas bbm di negri kita yg blom nyampe std Euro2, sedangkan mobil2 produksi terbaru mesinnya mensyaratkan bbm std euro3 atau 4 ....

Utk sementara, yg bisa dilakukan adalah menggunakan aditif utk meningkatkan kualitas bbm lokal, a.l. Norival
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999