Captivated wrote:FortunerMan wrote:
Setau saya gak ada pakprongkapchang Fortuner

Tapi ada Daewoo Winstorm (Captiva). Di Amerika ada Chevrolet Tahoe...ada versi Daewoonya gak? Mungkin anda perlu baca beda antara dirancang dimana vs dibuat dimana.
Ya tentu saja semakin hari produsen apapun akan semakin bagus - tapi sudah sebagus Jepang? Ya belon.
Yg terbaik dr Korea ya Hyundai/Kia. Yg terkenal buruk? Daewoo.
ahahaha... anda makin kesini makin oot
awalnya gw debat mslh spek/fitur/performa mobil, lalu anda bawa ke brand issue sampe tipe sasis, dibawa lg ke reputasi, selera (desain), tmpt bikin/rancang, blah..blah..blah...
apa hub nya versi daewoo chevy tahoe ama "ctv vs fortie" ???

emg bgtu lah kl org udh kejepit, segala cara dilakukan
bgmn kl ternyata tim desainer gmdat itu org2 amrik, dan tim desainer toyota di jap (yg anda bangga2kan) ternyata org non-jap?
mmg susah kl udh fanatik sempit apalg sampe rasialis, menilai kemampuan org berdasarkan status nya, bukan kemampuannya
spt menilai mbl dr merk-nya dan tmpt bikinnya, bukan dari isi dan performa mbl tsb (pdhl fortie jg bukan dibikin di jap

)
kyknya anda msh tidur, ga sadar byk perusahaan2 besar dunia outsourcing/bikin produk dan komponen2nya di negara2 laen dgn tujuan safe cost (mgkn saking fanatiknya)
korea dibawah jepang? gw udh ksh bukti, anda cm omong doang berdsarkan selera dan fanatisme anda
kacamata kuda jg srg2 dipake om
Ini gak ngomongin kualitas ya, bedanya Captiva dgn Fortuner:
Captiva itu = rebadge nya Daewoo Winstorm, makanya masih banyak orang yg bilang itu "mobil korea" walaupun badgenya merek US. Re-badge2 kaya gini memang udah "jago"nya GM sejak jaman dulu.
Persamaannya mungkin kaya Opel Blazer dulu, sebenernya gak ada itu yg namanya Opel Blazer, yg originalnya cuma 1 yaitu Chevy Blazer...btw, mesin juga ngambil dari Holden. Jadinya orang yg beli Opel Blazer waktu itu sebenernya cuma beli emblem aja karena bodi + mesin bukan punyanya Opel. Kebanyakan pemilik Blazer sekarang juga lebih mengasosiasikan mobilnya dengan Chevy Blazer, liat deh pemilik2 blazer sekarang kalo mao dandan mobilnya pasti afiliasinya ke gaya amerika, bukan gaya eropa (opel).
Kenapa GM ganti2 emblemnya Daewoo Windstorm? Kalo kita mao jujur sama diri masing2, mungkin GM berpikir bahwa merek Daewoo tuh kurang menjual di seluruh dunia kecuali korea, makanya mobil yg sama, mereknya bisa beda2....ada yg pake Chevrolet, Saturn, Holden, Opel, dll....
Kalo mao jujur lagi nih, si GM aja tuh, yg ownernya sendiri, mungkin berpikirnya sama kaya orang2 yg meragukan merek Daewoo, yaitu belum jualan udah mempertanyakan dulu kekuatan brand and ketakutan dulu mobilnya gak laku dijual dengan merek aslinya, makanya mereka re-badge.
Sedangkan Toyota Fortuner itu adalah mobil aslinya toyota karena didesain, dibangun, dan dipasarkan oleh toyota langsung. Gak ada toyota re-badge dari mobil lain. Toyota desain sendiri, toyota assembling sendiri, toyota jual sendiri, inisiatif juga pasti dari toyota langsung......TAPI harus dijual di wilayah tertentu aja yg memang jadi target pasarnya si Toyota dgn Fortunernya ini.
Hanya karena diassembling di Thai engga membuat Fortuner jadi mobil Thai, sama juga spt Captiva/Windstorm yg juga dibuat/diassembling di Mexico dan Russia, engga membuat mobil ini menjadi mobil mexico atau mobil russia. Silakan aja Captiva disebut mobil Korea (karena memang aslinya adalah dari Korea sama spt silakan aja menyebut opel blazer sbg mobil amerika) atau silakan aja disebut mobil Amerika (karena memang badgenya merek US), tapi pastinya bukan mobil Mexico atau Russia.
Kalo soal yg disain orang diluar asal merek mobil tsb? ya itu mungkin aja terjadi kaya si Chris Bangle yg orang amerika mendesain BMW yg produk Eropa.
Pastinya di team desain GM Daewoo, ada juga orang amerika, eropa, india, china, dll, begitu juga di kubu toyota.....hehehehe....yg penting kan filosofi desainnya tetep dari pabrikan negara asal.
Artinya tuh si Chris Bangle walaupun seorang american, gak bisa mendesain sebuah BMW seri 6 dengan model yg mirip Chevy Corvette misalnya. Karena tetep aja desain BMW Seri 6 harus sesuai denga filosofi desain sebuah BMW/Sebuah produk eropa