yup.. tp kl showroom di daerah, bengkel, fact capacity n start nya uda beda, jumlah sales unit ngga bisa jadi indikator yg baik jg kan?Risol1 wrote:sales growth jg bukan salah satu inikator yang baik kalo kita mao tau apakah GL bisa disebut saingannya innova?
bisa aja sales growthnya innova kecil atau mungkin minus tapi jumlah salesnya per unitnya tetap jauh lebih besar dari GL yang notabene mobil baru yang mungkin bisa keliatan sales growthnya tinggi dikarenakan jumlah sales kemaren2nya masih sedikit.
Mobil '07 yang bisa menghadang Livina & Car of the Year
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Jul 23, 2007 5:33
Gila yah, yang punya GL masih kagak mau ngakuin kalau memang GL bukan saingannya si inno, memang LASKAR GL sejati nih
Kalau lihat data itu yah udah jelas inno tetap juara bertahan dan tidak tergoyahkan, beda persen nya hampir 2x
sedangan GL cocoknya sebanding terios yang memang sama2 new comer . kalau mau lawan yah NMI harus benar2 konsisten sama produknya untuk indo sama seperti toyota, suzuki dan honda.
Biasanya di indo kalau produk itu terus bagus setelah 1 atau 2 tahun launching maka dia memang bisa jadi penguasa spt inno, jazz, avanza, xenia, vios dll
tunggu aja kemampuan sih GL apa seperti harapan LASKAR sejatinya atau malah go down setelah ada resale valuenya ?

Kalau lihat data itu yah udah jelas inno tetap juara bertahan dan tidak tergoyahkan, beda persen nya hampir 2x
sedangan GL cocoknya sebanding terios yang memang sama2 new comer . kalau mau lawan yah NMI harus benar2 konsisten sama produknya untuk indo sama seperti toyota, suzuki dan honda.
Biasanya di indo kalau produk itu terus bagus setelah 1 atau 2 tahun launching maka dia memang bisa jadi penguasa spt inno, jazz, avanza, xenia, vios dll
tunggu aja kemampuan sih GL apa seperti harapan LASKAR sejatinya atau malah go down setelah ada resale valuenya ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
mangkanya sekarang NMI mau mainkan kartu baru yg sangat riskan , menaikan harga GL. dampak positifnya resale value akan terangkat, dampak negatifnya consumen agak ngos-ngosan mau beli 1,5XV MT (favorite & most value) karena udah ncapai 150jt bahkan didaerah lebih dari itu. mungkin pikir NMI consumen klas ini akan ditangkap oleh livina 5 seater. ini menarik, GUE DUKUNG deh GL naik biar bisa jadi sampel kasus marketing yg bagus untuk dibahas di ruang kuliah, apakah produk yg diperlakukan seperti itu akan naik jadi STAR atau nyungsep jadi DOG :-)
OOT;
untuk menyalip HONDA, kabarnya YAMAHA dibackup guru marketing indonesia; hermawan kertajaya. lha NMI mau nyalip TOYOTA sudah berguru kesiapa kira2?
OOT;
untuk menyalip HONDA, kabarnya YAMAHA dibackup guru marketing indonesia; hermawan kertajaya. lha NMI mau nyalip TOYOTA sudah berguru kesiapa kira2?
sens wrote:Gila yah, yang punya GL masih kagak mau ngakuin kalau memang GL bukan saingannya si inno, memang LASKAR GL sejati nih![]()
Kalau lihat data itu yah udah jelas inno tetap juara bertahan dan tidak tergoyahkan, beda persen nya hampir 2x
sedangan GL cocoknya sebanding terios yang memang sama2 new comer . kalau mau lawan yah NMI harus benar2 konsisten sama produknya untuk indo sama seperti toyota, suzuki dan honda.
Biasanya di indo kalau produk itu terus bagus setelah 1 atau 2 tahun launching maka dia memang bisa jadi penguasa spt inno, jazz, avanza, xenia, vios dll
tunggu aja kemampuan sih GL apa seperti harapan LASKAR sejatinya atau malah go down setelah ada resale valuenya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
(ikutan OOT)dion wrote:
OOT;
untuk menyalip HONDA, kabarnya YAMAHA dibackup guru marketing indonesia; hermawan kertajaya. lha NMI mau nyalip TOYOTA sudah berguru kesiapa kira2?
Ini maksudnya Honda 2W (motor) kan?
Iya bener, waktu itu kalo gak salah, Yamaha disarankan utk tdk berhadapan langsung dgn pemimpin pasar (Honda).
Makanya ketika Honda gencar dgn Supra Fit yg 100cc, dan Supra X yg 125 cc,
Yamaha malah getol dgn Jupiter Z 110cc, malah Vega juga dibikin 110cc
utk bebek berotot-nya juga Yamaha gak maen di 125cc, tapi pake Jupiter MX yg 135cc.
Begitu juga dgn Sport-nya, Yamaha gak mau 200cc, biar gak berhadapan langsung dgn Tiger, tapi pake Scorpio yg 225cc.
Makanya Suzuki yg ngotot di 125cc, dilibas oleh pemimpin pasar, mulai ShogunR (125cc) Shogun SP (125cc) dan tentu saja yg paling tragis nasibnya, Arashi 125cc
*end of OOT*

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
makin OOT :-)
jadi yang akan menghadang Grand Livina ternyata bukan mobil TAPI motor...hwa..ha..ha..ha.
jadi yang akan menghadang Grand Livina ternyata bukan mobil TAPI motor...hwa..ha..ha..ha.
Mike wrote:(ikutan OOT)dion wrote:
OOT;
untuk menyalip HONDA, kabarnya YAMAHA dibackup guru marketing indonesia; hermawan kertajaya. lha NMI mau nyalip TOYOTA sudah berguru kesiapa kira2?
Ini maksudnya Honda 2W (motor) kan?
Iya bener, waktu itu kalo gak salah, Yamaha disarankan utk tdk berhadapan langsung dgn pemimpin pasar (Honda).
Makanya ketika Honda gencar dgn Supra Fit yg 100cc, dan Supra X yg 125 cc,
Yamaha malah getol dgn Jupiter Z 110cc, malah Vega juga dibikin 110cc
utk bebek berotot-nya juga Yamaha gak maen di 125cc, tapi pake Jupiter MX yg 135cc.
Begitu juga dgn Sport-nya, Yamaha gak mau 200cc, biar gak berhadapan langsung dgn Tiger, tapi pake Scorpio yg 225cc.
Makanya Suzuki yg ngotot di 125cc, dilibas oleh pemimpin pasar, mulai ShogunR (125cc) Shogun SP (125cc) dan tentu saja yg paling tragis nasibnya, Arashi 125cc
*end of OOT*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Hihihi... kalo fortuner ama inno bersebelahan.. kayak apa... kayak kembar: frame sama, mesin sama tapi beda umur kali ya...yang satu bongsor... hahahaFortunerMan wrote:Hi hi...pernah liat Innova ama GL bersebelahan gak? Kaya bapak sama anaknya...alias Innova itu gede juga ya, atau GL itu kecil amat. Emang beda kategori lah, GL itu compact MPV.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
jangan...jangan...nyari jodoh...Hansen wrote:pastinya gak nemu jodoh...sidalausa wrote:makanya...pasti gak nemu lah....!Hansen wrote:mereknya juga beda...!
do not ever think about it yach..!
om Hansen pernah dengar petuah orang seberang...?
smart woman ketemu smart man = affair
smart man + stupid woman = accident
smart woman + stupid man = pregnant
stupid woman + stupid man = marriage
ha..ha...

do not ever count on it...
just kidding... om Hansen.... canda doank...!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo mao mengukur apakah GL itu:johnlegend wrote:yup.. tp kl showroom di daerah, bengkel, fact capacity n start nya uda beda, jumlah sales unit ngga bisa jadi indikator yg baik jg kan?Risol1 wrote:sales growth jg bukan salah satu inikator yang baik kalo kita mao tau apakah GL bisa disebut saingannya innova?
bisa aja sales growthnya innova kecil atau mungkin minus tapi jumlah salesnya per unitnya tetap jauh lebih besar dari GL yang notabene mobil baru yang mungkin bisa keliatan sales growthnya tinggi dikarenakan jumlah sales kemaren2nya masih sedikit.
= SAINGAN INNOVA: ya satu2 nya jalan harus pake jumlah unit sales, memang gak adil karena bengkel/umur GL pun belom lbanyak/lama, tapi MEMANG GAK AKAN GAMPANG UNTUK MELAWAN TOYOTA yang nancepin kuku terutama lewat kijangnya udah bepuluh2 tahun lamanya. contohnya misalnya toyota corolla gak akan menganggap nissan sentra sebagai saingan karena salesnya dikit, yang ditakutin sama toyota corolla adalah honda civic
tapi kalo mao mengukur apakah GL itu "in the future" akan jadi saingan Innova:
memang hanya memakai indikator jumlah total salesnya aja gak cukup, harus dilihat dari teknologi yang diusung GL, after sales servicenya, juga dukungan atpm dan nissan jepangnya, dan masih banyak faktor lainnya
moga2 kita clear ttg definisi dr "saingan"

Jadi Fortuner ama Landcruiser Prado 2.7 sama juga dong...wong mesin sama (2TR-FE). Harrier, Kluger, Highlander ama Camry...sama! Wong platform dan mesin sama...gubraks wrote:Hihihi... kalo fortuner ama inno bersebelahan.. kayak apa... kayak kembar: frame sama, mesin sama tapi beda umur kali ya...yang satu bongsor... hahahaFortunerMan wrote:Hi hi...pernah liat Innova ama GL bersebelahan gak? Kaya bapak sama anaknya...alias Innova itu gede juga ya, atau GL itu kecil amat. Emang beda kategori lah, GL itu compact MPV.
Nissan Teana - Nissan Murano - Nissan Maxima...hmmm....Dr 350Z sampe Quest minivan mesinnya sama - VQ35DE.
Selamat datang di dunia otomotif modern, dimana platform dan engine sharing adalah lumrah.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Itu yg gw ga ngerti.. kenapa juga GL di anggap lawan Innova.. jelas2 beda segmen pasar, spt bro FortunerMan bilang.. bener tuh.. GL masuk dalam Compact MPV alias medium size .. kalo Inno sudah jelas2 masuk ke Big size MPV. Dan lebih bingung juga data2 dari mobilku.com yg diambil bro dion Avanxenia masuk dalam Low ?.. maksudnya apa yah?... krn ukuran Avanza masuk kategori compact MPVFortunerMan wrote:Hi hi...pernah liat Innova ama GL bersebelahan gak? Kaya bapak sama anaknya...alias Innova itu gede juga ya, atau GL itu kecil amat. Emang beda kategori lah, GL itu compact MPV.
Atau yg dimaksud dg Medium dan low itu dari sisi harga/budget?
Btw, Anyway, busway... menurut gw GL punya segmen sendiri .. dan mungkin memang spt itu strateginya .. masuk dalam celah pasar diantara Avanxenia dan Inno .. yg menciptakan grey area bersinggungan.. tidak bersaing langsung tapi bukan berarti tidak menggrogoti pasar pemimpin pasar MPV si Inno dan Avanzenia... CMIIW
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
memang kategori mobil di indonesia agak rancu....IMHO, mungkin avanza/xenia dimasukkin low MPV karena pada saat pendaftaraan merek pertama kali mamakai patokan kategori mesin 1000cc dan 1300cc...jadinya masuk ke low MPV (sebenernya kata "low" jg kurang tepat, mungkin "small/mini" MPV lebih tepat), sedangkan GL mesinnya 1500 dan 1800cc, yg mungkin udah masuk ke kelas di atasnyamaxx wrote:Itu yg gw ga ngerti.. kenapa juga GL di anggap lawan Innova.. jelas2 beda segmen pasar, spt bro FortunerMan bilang.. bener tuh.. GL masuk dalam Compact MPV alias medium size .. kalo Inno sudah jelas2 masuk ke Big size MPV. Dan lebih bingung juga data2 dari mobilku.com yg diambil bro dion Avanxenia masuk dalam Low ?.. maksudnya apa yah?... krn ukuran Avanza masuk kategori compact MPVFortunerMan wrote:Hi hi...pernah liat Innova ama GL bersebelahan gak? Kaya bapak sama anaknya...alias Innova itu gede juga ya, atau GL itu kecil amat. Emang beda kategori lah, GL itu compact MPV.
Atau yg dimaksud dg Medium dan low itu dari sisi harga/budget?
Btw, Anyway, busway... menurut gw GL punya segmen sendiri .. dan mungkin memang spt itu strateginya .. masuk dalam celah pasar diantara Avanxenia dan Inno .. yg menciptakan grey area bersinggungan.. tidak bersaing langsung tapi bukan berarti tidak menggrogoti pasar pemimpin pasar MPV si Inno dan Avanzenia... CMIIW
sebenernya mnrt standard internasional, mungkin kijang pun masuk ke medium size MPV, kalo full size MPV contohnya seperti VW transporter/caravelle, alphard, elgrand, sedona, dll
GL sekarang ini memang bermain sendirian di celah kosong yang ditinggalkan oleh stream (setelah stream dimatikan oleh HPM), mungkin GL bisa disebut sbg "sport" MPV karena mempunyai 7 kursi (tipikal MPV) tapi dengan bentuk atap rendah dan gaya mengemudi spt sedan. Dan memang pembeli GL tidak fokus pada besarnya kabin, tapi perpaduan dari 7 seater dengan aroma sedan.

begitu jg kebalikannya dengan innova jadi kurang tepat kalo innova dibandingkan dgn GL.

mudah2an penjelasan diatas membantu
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yup.. berarti GL u/ segment pasarnya yg spt itu masih sendiirian .. krn inno sdh beda segment... so agak ga cocok kalo sampe harus di bandingkan secara langsung.. spt petinju di turunin dalam ring yg sama.. pdahal beda bobot, tp bukan berarti yg new comer dg bobot lbh ringan ga bisa nonjok loh..Risol1 wrote:memang kategori mobil di indonesia agak rancu....IMHO, mungkin avanza/xenia dimasukkin low MPV karena pada saat pendaftaraan merek pertama kali mamakai patokan kategori mesin 1000cc dan 1300cc...jadinya masuk ke low MPV (sebenernya kata "low" jg kurang tepat, mungkin "small/mini" MPV lebih tepat), sedangkan GL mesinnya 1500 dan 1800cc, yg mungkin udah masuk ke kelas di atasnyamaxx wrote:Itu yg gw ga ngerti.. kenapa juga GL di anggap lawan Innova.. jelas2 beda segmen pasar, spt bro FortunerMan bilang.. bener tuh.. GL masuk dalam Compact MPV alias medium size .. kalo Inno sudah jelas2 masuk ke Big size MPV. Dan lebih bingung juga data2 dari mobilku.com yg diambil bro dion Avanxenia masuk dalam Low ?.. maksudnya apa yah?... krn ukuran Avanza masuk kategori compact MPVFortunerMan wrote:Hi hi...pernah liat Innova ama GL bersebelahan gak? Kaya bapak sama anaknya...alias Innova itu gede juga ya, atau GL itu kecil amat. Emang beda kategori lah, GL itu compact MPV.
Atau yg dimaksud dg Medium dan low itu dari sisi harga/budget?
Btw, Anyway, busway... menurut gw GL punya segmen sendiri .. dan mungkin memang spt itu strateginya .. masuk dalam celah pasar diantara Avanxenia dan Inno .. yg menciptakan grey area bersinggungan.. tidak bersaing langsung tapi bukan berarti tidak menggrogoti pasar pemimpin pasar MPV si Inno dan Avanzenia... CMIIW
sebenernya mnrt standard internasional, mungkin kijang pun masuk ke medium size MPV, kalo full size MPV contohnya seperti VW transporter/caravelle, alphard, elgrand, sedona, dll
GL sekarang ini memang bermain sendirian di celah kosong yang ditinggalkan oleh stream (setelah stream dimatikan oleh HPM), mungkin GL bisa disebut sbg "sport" MPV karena mempunyai 7 kursi (tipikal MPV) tapi dengan bentuk atap rendah dan gaya mengemudi spt sedan. Dan memang pembeli GL tidak fokus pada besarnya kabin, tapi perpaduan dari 7 seater dengan aroma sedan.![]()
begitu jg kebalikannya dengan innova jadi kurang tepat kalo innova dibandingkan dgn GL.![]()
mudah2an penjelasan diatas membantu

Dari cc dan ukuran mobil aja Inno ga bisa dibanding dg GL scr langsung.
Kalo dg Avanzenia yg 1500cc mungkin masih cocok u/ diadu tinju dg GL 1.5.. meskipun masih kalah terkenalnya dg Avanzenia yg udah bercokol duluan, alias GL spt penantang baru yg belum byk pengalaman naik ring... tp tetap saja beda platform. .krn GL platform B yg juga dipakai u/ sedan sdgnkan Avanzenia plaform truk... IMHO.
Btw, memang sulit banding2in scr langsung yg tpat krn memang spt bro risol bilang.. kategori-nya agak rancu .. mo dari apa bandingin nya.. dari cc?, harga? type kategory? platform? .. plg enak bandingin yg semua sama kecuali harga dan feature .. nah enak deh tuh lebih dikit yg bisa dibicarakan dan di bandingkan secara real.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
Jadi saingan GL...sebenernya...Grandis (lho?) hahaha...kan sport(y) MPV. Emang susah mengkategorikan mobil secara jelas dan pas, soalnya produsen mobil suka ambil celah2 sendiri supaya bisa jadi pemain tunggal. Contohnya Nissan Altima di US market, diposisikan diatas Civic/Corolla tapi dibawah Accord/Camry. Sama dengan Sentra, bermain di bawah Civic/Corolla...dulu main sendiri skrg bentrok dgn Yaris 4-door (nama Vios di US).
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Ya pinter2nya produsen deh nyari celah pasar .. ga bisa dibandingin langsung.. tp bisa grogotin kue pemimpin pasar..FortunerMan wrote:Jadi saingan GL...sebenernya...Grandis (lho?) hahaha...kan sport(y) MPV. Emang susah mengkategorikan mobil secara jelas dan pas, soalnya produsen mobil suka ambil celah2 sendiri supaya bisa jadi pemain tunggal. Contohnya Nissan Altima di US market, diposisikan diatas Civic/Corolla tapi dibawah Accord/Camry. Sama dengan Sentra, bermain di bawah Civic/Corolla...dulu main sendiri skrg bentrok dgn Yaris 4-door (nama Vios di US).
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45