Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
HyundaiTucson wrote:Halo bro imsus2c. Sebetulnya tidak ada kata 'tidak memuaskan' dengan Repsol Multivalvulas. Saat ini pun kalau start engine pagi-pagi getaran mesin bisa terbilang sangat-sangat halus. Dan setelah 7500km pun tidak satu tetes oli pun saya pernah tambah.
Saya belum menemukan perbandingan Amsoil dengan Repsol. Bahkan di salah satu forum di USA, representatif Amsoil pun 'sepertinya' cukup mengakui reputasi Repsol.
Jadi menurut bro imsus2c gak usah ya 'nyoba-nyoba' oli lain kalau tidak ada keluhan dengan oli yang dipakai sekarang? Stick with recommended oil dan warranty pun terjaga
Kira2 begitulah pak...Repsol kan sudah termasuk jajaran oli "elit" di dunia...reputation always speaks for itself...tanpa banyak iklan (kalo alasan "coba-cobanya" karena reputasi).
Menurut beberapa bengkel, Repsol sedikit lebih bagus dibanding castrol (saya ngga tahu lebih bagusnya di hal apa sih hehehe...). Dan dengan API sevice yg 1 tingkat lebih rendahpun, harga Repsol Elite Multivalvulas lebih mahal dari Castrol Magnatec...makanya sementara ini saya pake Castrol Magnatec, hehehe....
Seperti yg sudah saya tulis sebelumnya...pengalaman saya pake oli merk super elit atau yg aneh-aneh kadang menyusahkan. Misalnya kita lagi travelling ke kota kecil, ngepasin ganti oli atau harus nambah oli....wuih....susah cari olinya tuh....
Dan saya juga kurang suka dengan oli "long KM life". Cukup standard 4000-7500 KM. Jadi "memaksa" kita mengecek mesin secara teratur (kalau terlalu lama, takutnya kelupaan), oli-pun relatif lebih segar/refresh dengan interval yg lebih pendek. Dengan Repsol Elite Multivalvulas atau Castrol Magnatec, saya biasa ganti di 5000-6500KM.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
HyundaiTucson wrote:Halo bro imsus2c. Sebetulnya tidak ada kata 'tidak memuaskan' dengan Repsol Multivalvulas. Saat ini pun kalau start engine pagi-pagi getaran mesin bisa terbilang sangat-sangat halus. Dan setelah 7500km pun tidak satu tetes oli pun saya pernah tambah.
Saya belum menemukan perbandingan Amsoil dengan Repsol. Bahkan di salah satu forum di USA, representatif Amsoil pun 'sepertinya' cukup mengakui reputasi Repsol.
Jadi menurut bro imsus2c gak usah ya 'nyoba-nyoba' oli lain kalau tidak ada keluhan dengan oli yang dipakai sekarang? Stick with recommended oil dan warranty pun terjaga
Kira2 begitulah pak...Repsol kan sudah termasuk jajaran oli "elit" di dunia...reputation always speaks for itself...tanpa banyak iklan (kalo alasan "coba-cobanya" karena reputasi).
Menurut beberapa bengkel, Repsol sedikit lebih bagus dibanding castrol (saya ngga tahu lebih bagusnya di hal apa sih hehehe...). Dan dengan API sevice yg 1 tingkat lebih rendahpun, harga Repsol Elite Multivalvulas lebih mahal dari Castrol Magnatec...makanya sementara ini saya pake Castrol Magnatec, hehehe....
Seperti yg sudah saya tulis sebelumnya...pengalaman saya pake oli merk super elit atau yg aneh-aneh kadang menyusahkan. Misalnya kita lagi travelling ke kota kecil, ngepasin ganti oli atau harus nambah oli....wuih....susah cari olinya tuh....
Dan saya juga kurang suka dengan oli "long KM life". Cukup standard 4000-7500 KM. Jadi "memaksa" kita mengecek mesin secara teratur (kalau terlalu lama, takutnya kelupaan), oli-pun relatif lebih segar/refresh dengan interval yg lebih pendek. Dengan Repsol Elite Multivalvulas atau Castrol Magnatec, saya biasa ganti di 5000-6500KM.
Oli...oli...ayoo...yang mau...yang mau...
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
akhir2 ini banyak muncul iklan di media cetak oli merk baru "sainz". Kalau lihat harganya sungguh2 miring, terutama untuk spek full-synthetic dibanding merk lain. Ada yg pernah pake?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
beli oli yang bener2 brand global n pabrik Oli betulan
contoh: Shell,Mobil 1,Repsol,Castrol,Fuchs,Elf,Motul,Total,Esso dll
knapa: biasanya spec mereka std internasional ga bikin yg khusus utk pasaran domestik tertentu ( klo Union76,Pennzoil bikin khusus buat pasaran Indonesia saja, klo STP,Omega bukan pabrik Oli tapi beli dr pabrik oli yg lain)
Castrol,Fuchs,Motul itu Lubricants Company ( hanya bikin oli)
mereka beli Base Oil dr petroleum Company lalu dimix pake additives buatan merk2 tsb. ( klo Mesran yg dulu juga pake additive package shell+base oil pertamina)
Shell,Mobil1,Elf,Total,Repsol itu Petroleum Company ( bikin segala macam produk minyak, dr BBM smp Oli n additives etc)
Merk 2 Lubricant Jepang imagenya belum sebagus lubricant buatan Amerika n eropa krn pabrik2nya belum se"tua" Amerika n eropa.
contoh pabrik oil jepang yg bener2 bikin Oli sendiri: Fujikosan/FK, Idemitsu/Apollo Oil sama Nippon Oil.
klo yg merk2 kyk TGMO, mugen ,HKS,mitsubishi,Honda dll itu ngerebadge dr prod. lain.
Yg penting selain viscosity/kekentalan ,ada yg disebut VI ( viscosity index) dr spec Oli tsb. maksud dr VI itu nunjukin kestabilan kekentalan oli terhadap perubahan suhu. Oli yg VInya lebih tinggi lebih bagus.
Saya pribadi lebih preffered oli full synthetic krn base oilnya lebih "stabil" shg lebih awet. klo semi synth hanya 30% saja kandungan syntheticnya.
Biasa saya pake oli Mobil 1 5w/50 ato Fuchs 10w/40 interval ganti 8rb-10rb km jadi tiap ganti oli sy ganti filter jg. Mobilnya ada sdh 37rb+ sm 40rb+ , kondisi ok2 aja. lama pemakaian mobil 3 s/d 7 thn.
CMIIW
kualitas; at the end tergantung harga; beberapa full syntethic lebih murah dari mineral, contoh Fuji Kosan massimo, ternyata kualitas mineral F/K cukup bagus sekelas kelas harganya baik itu bahan semi-syn maupun full-syn.
Ada lagi japan oil original : Eneos.
Dua bulan lalu gw dr jepang, dan kebetulan ada waktu buat liat2 ke bengkel Autobacs, yellow hat, dll, pengen-nya nyari barang buat mobil gw, dan kebetulan gw liat di bagian oli. Dan gw liat oli FK/Massimo memang ada dan packing jg sama persis spt yg di indo gw pake. dan disono memang oli ini rekomended banget buat car modifikators. trus gw jg liat nippon oil. tapi packinganya beda dgn yg di indo, dan menurut gw oli FK masih asli built up dr japan, sdgkan yg laen idemitsu, nippon oil, sdh di buat bukan di jepang lagi.
Saya percaya selama produk itu asli buatan dr negara asal pasti kualitasnya dijamin.
@ takehito;
Apa beda F/K PULSE dengan F/K MASSIMO? secara F/K PULSE lebih murah..
kalo made in Japan asli, kualitasnya masih terpercaya.
Bagaimana dgn packing merk Eneos dengan yg di indo? karena Eneos supply buat f1 juga..
GTR wrote:@ takehito;
Apa beda F/K PULSE dengan F/K MASSIMO? secara F/K PULSE lebih murah..
kalo made in Japan asli, kualitasnya masih terpercaya.
Bagaimana dgn packing merk Eneos dengan yg di indo? karena Eneos supply buat f1 juga..
Gini bos, yg gw tau di japan, oli FK/Massimo cuman dijual dibengkel modifikasi mesin (bengkel performance saja) sdg kan yg FK/Pulse dijual di bengkel umum biasa. ini yg gw liat sendiri di japan. Dan gw pastikan barangnya sama persis seperti yg di iNdo. makanya gw begitu liat di indo jg ada oli FK lgsg gw pake.
Nah kalo merek ENEOS, di jepang packingnya beda yg di jepang pake kaleng, dan gw kenal jg sama beberapa bos bengkel dan mereka jg tau kalo ENEOS yg di indo dibuat di Taiwan (bos TEddy REv yg bilang).
Kalo gw sih lebih percaya yg masih asli saja.
Saya butuh saran dan sedikit pencerahan. Saya mengendarai crv gen-1 tahun 2001. Selama 7 tahun ini hampir selalu menggunakan oli top-1 biasa (agak kental).
2 minggu lalu saya mencoba utk ganti fuchs titan 15w-50. Oli lebih encer dan suara mesin lebih halus. Tetapi anehnya sekarang bensin jadi jauh lebih boros. Dulu saya bisa dapat 1:7, tetapi sekarang jadi 1:5. Ini terjadi karena saya ganti oli ini.
PenyuTurbo wrote:
SAE ... kalau boil baru __W40 ... kalau boil dah lama __W50
permisi om PenyuTurbo, boleh nanya?
kalo mobil i-DSI 2004 & Ipah VVT-i 2005 pake ~W-30 gmn? krn blm nemu oli full sintetis yg ~W-40.
PenyuTurbo wrote:
Nilai awalnya nggak jadi masalah untuk negara yang iklimnya panas mulu ... tapi diusahakan jangan terlalu jauh dari nilai belakang.
1. Untuk yang __W40 ... bila tersedia 10W40 atau 15W40 atau 20W40, maka pilih yang 20W40.
2. Sama halnya dengan yang __W50 ... jika tersedia 10W50 atau 15W50 atau 20W50 ... maka ambil yang 20W50.
Perbedaan antara angka belakang dan angka depan menunjukkan banyaknya jumlah POLIMER (Plastik) yang terdapat di dalam kandungan oli. POLIMER ini yang akan mengalami rusak (breakdown) ... semakin banyak jumlah polimer maka semakin cepat kerusakan oli ... walaupun molekul oli itu sendiri gak RUSAK ... buktinya ada orang yang ngambil OLI BEKAS ... kemudian disaring lagi ... lantas dijual lagi.
terus kalo pake 5-W30 atau 10W-30 berarti bagusan yg 10W-30 yah? krn rentang angka depan & blkg lebih sedikit, berarti polimer lebih sedikit lebih bagus yah?
thanks,
Proses manufacturing komponen-komponen mesin boil baru udah canggih ... so biasanya mereka (manufacture) ngasih rekomendasi __W30 ... kalau diminta milih 5W30 dan 10W30 ... pilih yang 10W30.
Untuk Synthetis yang ~W40 ... ada Castrol, Q8, BP, Chemlube de el el ... udah banyak kok ... Yang bagusan TORCO.
Permisi Om PenyuTurbo; mohon saran dan pendapatnya, mobil saya Mitsu Grandis'07 oli asli dari beres Mesran Super 20w-50, km 3000 saya ganti dengan Motul Hi tech 100 plus 5W-30. Apakah cukup dapat diterima? Kira2 SAE berapa yang optimal untuk mobil tsb agar mesin ttp enteng tapi proteksi optimal. Terimakasih
arry_b wrote:
Permisi Om PenyuTurbo; mohon saran dan pendapatnya, mobil saya Mitsu Grandis'07 oli asli dari beres Mesran Super 20w-50, km 3000 saya ganti dengan Motul Hi tech 100 plus 5W-30. Apakah cukup dapat diterima? Kira2 SAE berapa yang optimal untuk mobil tsb agar mesin ttp enteng tapi proteksi optimal. Terimakasih
bro , buku manual grandis disarankan pakai yang grade berapa?
arry_b wrote:
Permisi Om PenyuTurbo; mohon saran dan pendapatnya,
mobil saya Mitsu Grandis'07 oli asli dari beres Mesran Super 20w-50, km
3000 saya ganti dengan Motul Hi tech 100 plus 5W-30. Apakah cukup dapat
diterima? Kira2 SAE berapa yang optimal untuk mobil tsb agar mesin ttp
enteng tapi proteksi optimal. Terimakasih
bro , buku manual grandis disarankan pakai yang grade berapa?
Klo di manual book semua grade bisa, tergantung suhu atmosfir, cuma beres nyaraninnya 10w-40, saya jadi pengen tau pendapat para ahli nih...
Ikutan nanya dong,
Kalo utk swift bagusan pake Amsoil atau Mobil1 yah? dan tipe nya yg mana?
Amsoil bisa cari dimana ya, cari2 di makassar blm ketemu nih...
Skrg lg pake FK Freshing.
Swift saya pake Shell Helix Ultra (dari dealer dikasinya ini), dan saya ga merasakan keluhan apa-apa. Kmaren ditawarin pake SuperSyn, tapi karena dari awal dah pake Shell, malez mau ganti. Asal kentalnya 10W-40 dan API SL keatas biasanya uda oke.
Yaris saya malah saya kasih Castrol GTX Magnatec 10W-40, dulu barunya pake TGMO. Kalo oli standar di Auto2000 dapetnya Castrol GTX Magnatec, tapi kalo di Nasmoco dapetnya TGMO, harganya sama ternyata kalo di dealer. Saya ga ngerasain bedanya pake TGMO sama Castrol GTX Mag, padahal TGMOnya saya dulu dikasi yang mineral, kalo Castrol GTX Magnya semi-sintetik kalo ga salah. Ganti Castrol soalnya kalo lagi pengen ganti oli di luar bengkel resmi lebih banyak yang jual Castrol daripada TGMO.
Sebelumnya saya pake Castrol Magnetec di Aerio 2004.
Penasaran sama testimoni FK, rencana mau ganti sama FK Freshing (5w-30), tapi akhirnya batal karena manual Aerio mensyaratkan 10w-40 selaen ntu harga kemahalan (350K).
Akhirnya pilihan jatuh ke FK Pulse RS karena spek sesuai manual aerio, API dah SM (sama ma magnetec) dan harga 220K (gak beda jauh dg magnetec 180K).
Saat ini FK dah kepake 80 km, yang bisa saya laporkan :
a. Tarikan jadi kerasa agak berat (masih enakan magnetec yg sdh kepakai 4000 km)
b. Mesin jauh lebih berisik, pas ditarik (RPM tinggi) deru mesin cukup mengganggu di kabin.
Demikian laporan saya, kesan pertama Magnetec better than FK RS.
Laporan di kilometer selanjutnya menyusul.
genisukma wrote:Bagaimana dgn yg merk : OMEGA ? Sepengetahuan saya, ini adl oli terbaik didunia
Ada yg punya pengalaman dgn oli omega ??
pernah pake oli ini cuma buat tambahan aditif. harganya mahal bgt, buat ukuran kecil ukurn 300ml ( kl ga salah ) tahun 2000 harganya 100ribuan, kl skrng ga tau deh coz ga pernh make.
dulu bokap pake buat isuzu panther tahun 1994-2000, suara mesin jd halus bgt, dibanding ama panther sodara tahun yg sama, dia punya jauh kalah halus.
ini oli yang sering pake biasanya buat mobil2 besar truck, trailer dan mesin heavy duty.
sory ada yang pernah ulas perbandingan oli pertamina belum ya coz treadnya panjng bgt jd blum sempt bc semua.
ini ada hasil perbandingan oli fastron pertamina dengan bbrp pelumas import yg terkenal, kl liat hasilnya fastron menempati no 1 diatas mobil 1, shell, aral dll. kira2 hasil ini berbanding lurus dengan praktek mobil sebenarnya ga ya ? coz kl emng ternyata oli pertamina sebagus itu, yah mending beli oli pertamina aj, secara lebih murah dan produk dalam negeri pula.
remedusakti wrote:sory ada yang pernah ulas perbandingan oli pertamina belum ya coz treadnya panjng bgt jd blum sempt bc semua.
ini ada hasil perbandingan oli fastron pertamina dengan bbrp pelumas import yg terkenal, kl liat hasilnya fastron menempati no 1 diatas mobil 1, shell, aral dll. kira2 hasil ini berbanding lurus dengan praktek mobil sebenarnya ga ya ? coz kl emng ternyata oli pertamina sebagus itu, yah mending beli oli pertamina aj, secara lebih murah dan produk dalam negeri pula.
tapi klo kaya kasus baleno gue yg mesinnya msh pake teknologi jadul macam SOHC, dsb.. gak bisa pake Oli 10W-40...
coba aja tiap bulan dicek level oli mesinnya pas pagi sblm mesin nyala... ,
klo gak berkurang, berarti cocok.. tapi klo berkurang / nguap banyak.... yaa kudu ganti yg lebih kental... 20W-50..
Castrol GTX API SM 20W-50 tuh...
slmt mencoba...
Baleno 2001 bukannya udah DOHC boss [cmiiw]
terus anak2 Baleno Club Indonesia a.k.a. BCI kok rekomen Repsol 10w-40 yah, gak peduli berapa km mobil dah jalan...
arry_b wrote:
Permisi Om PenyuTurbo; mohon saran dan pendapatnya, mobil saya Mitsu Grandis'07 oli asli dari beres Mesran Super 20w-50, km 3000 saya ganti dengan Motul Hi tech 100 plus 5W-30. Apakah cukup dapat diterima? Kira2 SAE berapa yang optimal untuk mobil tsb agar mesin ttp enteng tapi proteksi optimal. Terimakasih
Utk mesin2 baru kebanyakan memang didisain jalan dgn oli encer.
Motul H-Tec 5W-30 itu oke, saya dah pernah coba pakai sejauh 5000 Km, penyusutan sgt sedikit, performa mesin tetap stabil.
Alternative lain yg boleh dicoba ; Caltex Havoline Energy 5W-30 (ini saya lagi test skg)