Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9972
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 1:10
Wongsuroboyo wrote: Mon Jun 26, 2023 23:46 Mau nanya suhu2 dimari , mobil 1 all in one protection 0w20 , bisa dipakai 10rb km kah ? Prefer mana sama ptt 0W20 ,?Rencana mau coba di mobilio , testimoninya yang sudah pernah coba dong , tq all
Mobil super pakai 5-6rb km aja
Filter oli std honda atau harga 30rb an ok

Klo 10rb km itu mobil 1 botol emas
Yg seliter 250k di cakra :big_peace:
Filter olinya pakai PT Fit auto klo mau long drain

Mobil super = versi hemat
Mobil 1 = versi hi end (ada angka satu)
images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
iya mbah
ada angka 1
artinya nomer 1 lineupnya dia wakakakaka
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 1:10
Wongsuroboyo wrote: Mon Jun 26, 2023 23:46 Mau nanya suhu2 dimari , mobil 1 all in one protection 0w20 , bisa dipakai 10rb km kah ? Prefer mana sama ptt 0W20 ,?Rencana mau coba di mobilio , testimoninya yang sudah pernah coba dong , tq all
Mobil super pakai 5-6rb km aja
Filter oli std honda atau harga 30rb an ok

Klo 10rb km itu mobil 1 botol emas
Yg seliter 250k di cakra :big_peace:
Filter olinya pakai PT Fit auto klo mau long drain

Mobil super = versi hemat
Mobil 1 = versi hi end (ada angka satu)
images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
Ini keraton nanggung Om, saya pernah coba dibanding Motul htech 5w30 mirip2, bedanya pas diatas 5000km mobil 1 lenih alus disuara mesin...beda cerita kalo mobil 1 EP, ini tandingannya Amsoil SS, imo
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 8:01
Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 1:10

Mobil super pakai 5-6rb km aja
Filter oli std honda atau harga 30rb an ok

Klo 10rb km itu mobil 1 botol emas
Yg seliter 250k di cakra :big_peace:
Filter olinya pakai PT Fit auto klo mau long drain

Mobil super = versi hemat
Mobil 1 = versi hi end (ada angka satu)
images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
iya mbah
ada angka 1
artinya nomer 1 lineupnya dia wakakakaka
Angka 1 nya gede banget pula mbah :big_biglaugh:
Chr1stm1 wrote: Tue Jun 27, 2023 8:06
Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 1:10 Mobil super pakai 5-6rb km aja
Filter oli std honda atau harga 30rb an ok

Klo 10rb km itu mobil 1 botol emas
Yg seliter 250k di cakra :big_peace:
Filter olinya pakai PT Fit auto klo mau long drain

Mobil super = versi hemat
Mobil 1 = versi hi end (ada angka satu)
images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
Ini keraton nanggung Om, saya pernah coba dibanding Motul htech 5w30 mirip2, bedanya pas diatas 5000km mobil 1 lenih alus disuara mesin...beda cerita kalo mobil 1 EP, ini tandingannya Amsoil SS, imo
Semi keraton berarti ya

Pake di mobil apa om?
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by ariswp »

Wongsuroboyo wrote: Mon Jun 26, 2023 23:46 Mau nanya suhu2 dimari , mobil 1 all in one protection 0w20 , bisa dipakai 10rb km kah ? Prefer mana sama ptt 0W20 ,?Rencana mau coba di mobilio , testimoninya yang sudah pernah coba dong , tq all
Saya pake di crv 2.0
Skrg masi di dalam mesin, udah jalan 4000an km
Masi enak dan halus, tol semarang - solo - ngawi, naik ke sarangan, plesir ke cilacap via deandels, genset di mall paragon apa pakuwon juga lumayan sering
Cek visual uda agak keruh sih, target 5000km lebih aja terus ganti
Gak ada penguapan sama sekali,
Dapet harga 90rb per liter, worth menurut saya
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 8:39
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 8:01
Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36

images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
iya mbah
ada angka 1
artinya nomer 1 lineupnya dia wakakakaka
Angka 1 nya gede banget pula mbah :big_biglaugh:
Chr1stm1 wrote: Tue Jun 27, 2023 8:06
Spies wrote: Tue Jun 27, 2023 7:36

images (2) (2).jpeg
.
.

Kalo yang tipe ini masuk kategori keraton apa belum mbah?
Ini keraton nanggung Om, saya pernah coba dibanding Motul htech 5w30 mirip2, bedanya pas diatas 5000km mobil 1 lenih alus disuara mesin...beda cerita kalo mobil 1 EP, ini tandingannya Amsoil SS, imo
Semi keraton berarti ya

Pake di mobil apa om?
Mazda CX3 2.0 Mbah
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1223
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: Mon Jun 26, 2023 14:59
t105erd wrote: Mon Jun 26, 2023 14:55
Suryaputra wrote: Mon Jun 26, 2023 14:39

Just my opinion...
Agak lebih tinggi wear metalnya (above average) ini lihat test labnya yg dishare.
Supposedly di mesin honda jaman kekinian karakternya low wear.

Klo sy pribadi... agak avoid this oil
Kecuali kepepet urgent yah :big_peace:
Yang Al yah? Hipotesis saya sih gara2 sebelum ganti oli sama pemiliknya di flush dulu, tau sendiri kalo cairan flush kan isinya kerosine dan sejenisnya, bisa ngilangin lapisan film oli di mesin jadinya yaa pas pemakaian oli baru jadi kebaca tinggi untuk wear metal Al nya. Sedangkan untuk Fe atau metal yg lebih keras nilainya dibawah kyuet yg om lampirkan tuh, additif nya juga bagus, V100 dan TBN masih oke. Coba kalo penasaran di test aja om sebelum ganti oli pakai kyuet nya pakai engine flush dulu ada perubahan di angka wear metal untuk logam lunak nya ga? Yaa namanya juga hipotesis kan perlu pembuktian hehe...

Jadi yaa menurut saya oke bgt oli ini untuk harganya..
Hoo

Klo gtu perlu second test lagi untuk mastiin ya.
Iya gitu sih, mesti di test lagi apakah ada pengaruh wear metal setelah pakai engine flush, kalo secara teori sih pasti lapisan film oli bakal berkurang/hilang kalo kena engine flush, nah kalo komponen yg bergesekan ga dilapisi film oli pasti bakal lebih aus dibandingkan yang masih ada lapisan film dari oli yg lama. Makanya saya bukan yg suka pakai engine flush, selama ganti oli rutin dan jelas yaa ga perlu tuh pakai engine flush, kecuali beli mobil seken dan ga tau riwayat sebelumnya, atau udah ada tanda2 kerak.

Tapi test kemarin GM Tech ini oke bgt sih, oksidasinya aja rendah dibanding kyuet, hampir 2x lipat angkanya, jadi kalo saya mending pakai ini ganti tiap 7500km daripada oli mahal tiap 10rb.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9972
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Tue Jun 27, 2023 10:26
Suryaputra wrote: Mon Jun 26, 2023 14:59
t105erd wrote: Mon Jun 26, 2023 14:55

Yang Al yah? Hipotesis saya sih gara2 sebelum ganti oli sama pemiliknya di flush dulu, tau sendiri kalo cairan flush kan isinya kerosine dan sejenisnya, bisa ngilangin lapisan film oli di mesin jadinya yaa pas pemakaian oli baru jadi kebaca tinggi untuk wear metal Al nya. Sedangkan untuk Fe atau metal yg lebih keras nilainya dibawah kyuet yg om lampirkan tuh, additif nya juga bagus, V100 dan TBN masih oke. Coba kalo penasaran di test aja om sebelum ganti oli pakai kyuet nya pakai engine flush dulu ada perubahan di angka wear metal untuk logam lunak nya ga? Yaa namanya juga hipotesis kan perlu pembuktian hehe...

Jadi yaa menurut saya oke bgt oli ini untuk harganya..
Hoo

Klo gtu perlu second test lagi untuk mastiin ya.
Iya gitu sih, mesti di test lagi apakah ada pengaruh wear metal setelah pakai engine flush, kalo secara teori sih pasti lapisan film oli bakal berkurang/hilang kalo kena engine flush, nah kalo komponen yg bergesekan ga dilapisi film oli pasti bakal lebih aus dibandingkan yang masih ada lapisan film dari oli yg lama. Makanya saya bukan yg suka pakai engine flush, selama ganti oli rutin dan jelas yaa ga perlu tuh pakai engine flush, kecuali beli mobil seken dan ga tau riwayat sebelumnya, atau udah ada tanda2 kerak.

Tapi test kemarin GM Tech ini oke bgt sih, oksidasinya aja rendah dibanding kyuet, hampir 2x lipat angkanya, jadi kalo saya mending pakai ini ganti tiap 7500km daripada oli mahal tiap 10rb.
Engine flush di mesin normal, cm akal2an beres.
klo udh sludge atau varnish tebel ya lain cerita yah

oksidasi itu bisa dr gaya bawa jg.
oksi + sulfat itu dr panas mesin dan RPM yg tinggi.
makin banyak oksigen yg masuk dan dibakar ke dalam ruang mesin, makin tinggi nilainya.

klo di saya... gaya bawa pasti ngegas rada poll,
ngajak olahraga di tol cipuls

dan klo nanjak gunung bukit pakai S
hahahahahahahahahahaha

Ultimate resultnya ada di wear metal dan V100 sebetulnya.

klo cuma push and glide, oli bengkel resmi sih cukup yah.
karena oksigen yg dibakar dan RPM jg gak setinggi seperti gas menuju poll :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1752
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by darrelund »

Wongsuroboyo wrote: Mon Jun 26, 2023 23:46 Mau nanya suhu2 dimari , mobil 1 all in one protection 0w20 , bisa dipakai 10rb km kah ? Prefer mana sama ptt 0W20 ,?Rencana mau coba di mobilio , testimoninya yang sudah pernah coba dong , tq all
mobil super yak?

oe idemkan um @suryaputra

pakai 5-6rb km saja

lewat itu oli nya ud ga terlalu stabil lagi (based on experience)

dan kondisi oe pakai itu ya semuanya, hi rev - macet"- eco driving
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by 2kdpelan »

Wongsuroboyo wrote: Tue Jun 27, 2023 3:55 Kalau ptt 5w30 sama 0w20 , kira2 enak mana buat honda yah ? Mungkin ada yg sdh oernah voba?
2 2 nya enak. Selama ga nguap / manual book kasih
0W20 aja. So far pake 0W20 di L12 ga ada masalah
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9972
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
ujung2nya ikut manual book, yg direkomen kekentalan brp
hahahaha.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1927
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
Ini di mobil apa ya om?
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by KSG88 »

5w30 uda sweet spot bila merasa 0w20 terlalu berisik dan buntut 40 terlalu berat. 5w30 paling baik antara irit, performa, suara halus dan daya tahan rpm tinggi. Jadi dipakai di dalam kota ataupun keluar kota jarak ratusan kilo terasa lebih aman.


Kalo banyak dlm kota, rute pendek dan dalam komplek msh mending 0w20 tarikan lebih ringan dan irit.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

Suryaputra wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
ujung2nya ikut manual book, yg direkomen kekentalan brp
hahahaha.
Iya bener bgt nih haha dan 0-20 ga ada di manual book, jd pas pake 0-20 ya emg eksperimen ngaco2an aja
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

sahabatq8 wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
Ini di mobil apa ya om?
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

darrelund wrote:mau ripiu singkat setelah pemakaian Mobil Super setelah 10rb

impresi awal ya kayak mobil umum baru ganti oli, smooth lah ya :big_biglaugh:

setelah odo lewat 7rb, mesin mulai geter" kecil. sepertinya entah aditif di olinya mulai ilang atau gimana

sekarang odo 10rb, klo idle jadi rada geter gitu :big_biglaugh:

gejala persis kayak pake oli MGO, mulai lewat 5rb ud geter" sendiri :big_biglaugh:

kesimpulan adalah

next mau pakai oli keraton aja supaya bisa dimaksimalkan sampe 10rb :big_biglaugh:

Mobil Super beli di toda @165k / liter

sekian ripiu super singkat

============================

skrg oe punya pertanyaan, di kasus oe ini. mesin geter itu kenapa ya um?

pakai oli HKS sampe 11rb malah, gada geter sama sekali. ndak pernah di tune up

pakai MGO & mobil super, geter :big_biglaugh:

tambahan : setiap setelah ganti oli getaran saat idle posisi D hilang total
Kalo di gerobak saya om, pake AMS 5W-30 itu baru 8 bulan / 8rb KM aja udh mulai geter kecil/kasar, ngelitik, rattle vvti loh. Ttp dgn catatan mesin saya 5 taun lalu varnish agak parah krn kena oli palsu, setelah 50rban KM pake oli mahal saya intip perlahan udh bening lg. Jadi kalo mesin kotor kayaknya oli sultan juga ga bisa dipaksa sampe 10 rb
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

Kerang ultra 5w30 api sp dipush 7-8 bulan kuat nggak ya? :big_biglaugh:

Dipake di K3VE jarang jalan, paling sebulan 500 km doang, ga pernah macet atau idle lama
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9972
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Wed Jun 28, 2023 12:55 Kerang ultra 5w30 api sp dipush 7-8 bulan kuat nggak ya? :big_biglaugh:

Dipake di K3VE jarang jalan, paling sebulan 500 km doang, ga pernah macet atau idle lama
Amann
5rb km
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1223
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 10:27
sahabatq8 wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
Ini di mobil apa ya om?
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE
Wah ini pemiliknya bagus bgt rawat mobilnya, pakai oli yg bagus2 di avanza, orang yg saya kenal pakai Avanza kebanyakan pakainya Shell yg kuning, mentok2 Shell HX7+ atau oli sapujagat fastron ijo, untungnya mereka gantinya 5000km.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 10:27
sahabatq8 wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 8:16 Setelah 5 taun kebelakang nyobain oli keraton buntut 20 & 30 akhirnya minggu kemaren nyobain ganti oli Q8 Formula Excel Long Life 0W-40, urutan oli yg keraton yg pernah saya pake :

1. AMS 0W-30
2. AMS 5W-30
3. AMS 0W-20
4. Q8 D1 Special 5W-30
5. AMS 5W-30
6. Q8 Formula Excel Long Life 0W-40

Alesan nyobain buntut 40 krn pas bgt mau ke bandung jd harapannya suara mesinnya lebih adem pas lg cruising di 90 - 100 km/jam (rpm 3rban), dan oli yg lama udh berisik bgt pas cold start suara rattle vvti-nya.

Setelah trip jakarta-bandung & bandung-jakarta yang dirasa :
- tarikan pas di tanjakan purbalenyi dan daerah sekitaran lembang terasa drop bgt yah dibanding buntut 30, biasa di tanjakan lembang pake gigi 3 aman2 aja ini beberapa kali sempet sampe turun ke gigi 2. Di purbalenyi pas bagian jalur pendakian jadi terasa kayak nyetir 1TR :big_think:
- untuk suara mesin suprisingly menurut saya ga lebih baik dibanding AMS 5W-30 terutama untuk rpm 3rban, kalo rpm 1-2rban yes menurut saya sedikit lebih halus tapi tidak sampai signifikan sekali perbedaannya
- dalam keadaan oli yg masih fresh, ini yang suara rattle vvti saat cold startnya yg paling minim bahkan beberapa kali tidak terdengar sama sekali
- urutan kehalusan mesin dari paling halus ke kasar : Q8 0w40 - AMS 5W30 - AMS 0W30 - Q8 5W30 - AMS 0W20, (disclaimer : ini hanya berdasarkan kuping saya aja yahh ga pake alat db meter)

Kedepan kayaknya akan balik ke 5W-30 lagi entah brand apa yg penting keraton lg, karena menurut saya kehalusan yg didapat tidak signifikan tapi tarikannya drop cukup signifikan.

https://postimg.cc/56SdpYTW
Ini di mobil apa ya om?
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE

Generasi avanza terbaik, mesin bisa sat set.. jadi kangen avanza 2011 1.3G saya yg sudah pindah tangan, mesin k3 VE nya enak bangey buat dalkot, walaupun imbasnya kalo di tol agak keteter pas speed diatas 130an krn rpm udah tinggi bgt
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

t105erd wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 10:27
sahabatq8 wrote: Ini di mobil apa ya om?
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE
Wah ini pemiliknya bagus bgt rawat mobilnya, pakai oli yg bagus2 di avanza, orang yg saya kenal pakai Avanza kebanyakan pakainya Shell yg kuning, mentok2 Shell HX7+ atau oli sapujagat fastron ijo, untungnya mereka gantinya 5000km.
Nebus dosa om, sebelumnya pake oli bawaan beres ganti per 10 rb, lepas dr beres sempet kena oli palsu pula. Tp emg oli bagus itu ga kaleng2 sih deterjennya pas saya liat dr lobang isi oli udh lebih bersih jauh dari 5 taun lalu
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

Chr1stm1 wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 10:27
sahabatq8 wrote: Ini di mobil apa ya om?
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE

Generasi avanza terbaik, mesin bisa sat set.. jadi kangen avanza 2011 1.3G saya yg sudah pindah tangan, mesin k3 VE nya enak bangey buat dalkot, walaupun imbasnya kalo di tol agak keteter pas speed diatas 130an krn rpm udah tinggi bgt
Yes om sat set bgt tp agak boros dan harus sabar sama suara mesin yg kayak pesawat mau take off [emoji28], menurut saya fungsi dr oli yg bagus juga membantu bgt utk ngurangin raungan mesin yg garing jadi agak bulet
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

triport13 wrote: Thu Jun 29, 2023 2:26
Chr1stm1 wrote:
triport13 wrote: Wed Jun 28, 2023 10:27
Avanza 1.5 2009 om mesin 3SZ-VE

Generasi avanza terbaik, mesin bisa sat set.. jadi kangen avanza 2011 1.3G saya yg sudah pindah tangan, mesin k3 VE nya enak bangey buat dalkot, walaupun imbasnya kalo di tol agak keteter pas speed diatas 130an krn rpm udah tinggi bgt
Yes om sat set bgt tp agak boros dan harus sabar sama suara mesin yg kayak pesawat mau take off [emoji28], menurut saya fungsi dr oli yg bagus juga membantu bgt utk ngurangin raungan mesin yg garing jadi agak bulet
Mbah mau tanya, OCI berapa lama pake oli keraton di avanza?

3sz kapasitas olinya cuma 3 liter kan ya
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by triport13 »

Spies wrote:
triport13 wrote: Thu Jun 29, 2023 2:26
Chr1stm1 wrote:
Generasi avanza terbaik, mesin bisa sat set.. jadi kangen avanza 2011 1.3G saya yg sudah pindah tangan, mesin k3 VE nya enak bangey buat dalkot, walaupun imbasnya kalo di tol agak keteter pas speed diatas 130an krn rpm udah tinggi bgt
Yes om sat set bgt tp agak boros dan harus sabar sama suara mesin yg kayak pesawat mau take off [emoji28], menurut saya fungsi dr oli yg bagus juga membantu bgt utk ngurangin raungan mesin yg garing jadi agak bulet
Mbah mau tanya, OCI berapa lama pake oli keraton di avanza?

3sz kapasitas olinya cuma 3 liter kan ya
Selama ini sih selalu ganti di 8 rban om, itu km segitu udh mulai rattle dan agak kasar. Dgn catatan itu saat mesin masih varnish agak tebel yah, kalo mesin masih kinclong saya yakin di angka 10rb km juga masih aman. Dan di avanza ini saya jalan 80 km/jam aja udh 3 rb rpm. Di rpm segitu pernah ada yg ngasih testi di avanzanya pake oil temp itu suhunya udh tinggi bgt, pasti performanya jd cepet turun juga. Jd ya menurut saya tergantung gimana rasanya di mobil kita aja om kalo utk nentuin OCI
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

triport13 wrote: Thu Jun 29, 2023 7:19
Spies wrote:
triport13 wrote: Thu Jun 29, 2023 2:26
Yes om sat set bgt tp agak boros dan harus sabar sama suara mesin yg kayak pesawat mau take off [emoji28], menurut saya fungsi dr oli yg bagus juga membantu bgt utk ngurangin raungan mesin yg garing jadi agak bulet
Mbah mau tanya, OCI berapa lama pake oli keraton di avanza?

3sz kapasitas olinya cuma 3 liter kan ya
Selama ini sih selalu ganti di 8 rban om, itu km segitu udh mulai rattle dan agak kasar. Dgn catatan itu saat mesin masih varnish agak tebel yah, kalo mesin masih kinclong saya yakin di angka 10rb km juga masih aman. Dan di avanza ini saya jalan 80 km/jam aja udh 3 rb rpm. Di rpm segitu pernah ada yg ngasih testi di avanzanya pake oil temp itu suhunya udh tinggi bgt, pasti performanya jd cepet turun juga. Jd ya menurut saya tergantung gimana rasanya di mobil kita aja om kalo utk nentuin OCI
Siap mbah :big_exellent: :big_exellent: