Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dat510 wrote: Tue Jul 05, 2022 10:16
Ngga mbah, satu e46 aja mobil tua nya, mau tambah yg baru aja, klo 2 mobil tua kudu siap waktu, tenaga, & uang.. haha
kompresor itu menu wajib buat DIYer mbah. beneran hrs beli, ga akan nyesel, you can thank me later.
Mbah, kompressor itu tahan karat ngga? Rumah saya ada nya carpot yg kena panas & hujan..
Dat510 wrote: Tue Jul 05, 2022 10:16
Ngga mbah, satu e46 aja mobil tua nya, mau tambah yg baru aja, klo 2 mobil tua kudu siap waktu, tenaga, & uang.. haha
mbah, kemaren sy kan jalan2 ke museum nya porsche sama bmw. kl mersi engga krn anak sy anti bgt sama merk itu ga tau kenapa. nah, udahannya menurut sy porsche tuh udah di level yg berbeda level engineering nya. n biasanya user porsche ga mau keep mobil2nya yg udah rada tuir krn faktor servisnya mahal. kira2 kl di DIY-in itu porsche tuir seru kali ya mbah?
atau malah bikin boncos rekening bank nih, dr bca prioritas jd bri simpedes kl kata mbah delko
Anaknya mbah sama kaya sama jaman SD - SMA, ngga suka blas sama mercy, anti, haha.. Anaknya fanboy BMW / Audi mbah?
Ceritain dong mbah beda level engineering nya si porsche gimana..
Klo ada waktu, tools yg tepat, sama uang nya pasti seru DIY sportscar / supercar, bisa dijadiin konten youtube juga, haha..
nubie mo konsul donk mengenai electric fan di mobil
itu ganti nya dgn parameter gmana ya , misal kl d hadepin skenario kaya gini
- mobil odo rendah dibawah 100 rebu tp umur ud 10 tahun
- mobil odo tinggi 100an rebu, tp baru 3 taon
kalau aku sih rusak baru ganti, electric ga bisa ditebak memang.
Contoh di aerio, electric fan nya ada 2, 1 nyala ikut ac, 1 nyala ikut ect. yang ikut ac aku udah bbrp kali ganti yang ikut ect dari bawaan mobil masih kepasang.
Penggantian karena lemah putarannya, kerasa waktu pasang ac baru dingin kalau mobil jalan, kalau diem kurang dingin. Baru cek visual kliatan. Mungkin bisa dites pakai tachometer digital berapa RPM.
Kalau kipas yang ikut ECT ya tinggal dipantau suhu mesin.
regards,
singachu
Mobil2 skrg pelit2 mbah, dr fabriekan cuman kasi sbiji doank
Skalinya mati ya lgs bubar
iya mbah, makanya pantau suhu mesin atau kerasain suhu ac bisa juga.
Aku berencana mau tambah extra fan sih, cuman tunggu garansi abis dulu.....
planning sih pakai termostat digital + voltage sensing buat nyala matiin kipas, jadi ga perlu tarik2 kabel ke dalam kabin dan semuanya langsung ambil aki, jadi ga kuatir ama BCM ngaco kalau kita ambil dari kabel yang ada
singachu wrote: Wed Jul 06, 2022 4:19
iya mbah, makanya pantau suhu mesin atau kerasain suhu ac bisa juga.
Aku berencana mau tambah extra fan sih, cuman tunggu garansi abis dulu.....
planning sih pakai termostat digital + voltage sensing buat nyala matiin kipas, jadi ga perlu tarik2 kabel ke dalam kabin dan semuanya langsung ambil aki, jadi ga kuatir ama BCM ngaco kalau kita ambil dari kabel yang ada
regards,
singachu
Resikonya AKI umur pendek Mbah kl ambil direct ke extra Fan.
Btw, Fan nya ada berapa speed Mbah?
kl mau aman dan yakin sich turun fan dan cek carbon brushnya dulu sebelum tambah extra fan.
kalau aku sih rusak baru ganti, electric ga bisa ditebak memang.
Contoh di aerio, electric fan nya ada 2, 1 nyala ikut ac, 1 nyala ikut ect. yang ikut ac aku udah bbrp kali ganti yang ikut ect dari bawaan mobil masih kepasang.
Penggantian karena lemah putarannya, kerasa waktu pasang ac baru dingin kalau mobil jalan, kalau diem kurang dingin. Baru cek visual kliatan. Mungkin bisa dites pakai tachometer digital berapa RPM.
Kalau kipas yang ikut ECT ya tinggal dipantau suhu mesin.
regards,
singachu
Mobil2 skrg pelit2 mbah, dr fabriekan cuman kasi sbiji doank
Skalinya mati ya lgs bubar
iya mbah, makanya pantau suhu mesin atau kerasain suhu ac bisa juga.
Aku berencana mau tambah extra fan sih, cuman tunggu garansi abis dulu.....
planning sih pakai termostat digital + voltage sensing buat nyala matiin kipas, jadi ga perlu tarik2 kabel ke dalam kabin dan semuanya langsung ambil aki, jadi ga kuatir ama BCM ngaco kalau kita ambil dari kabel yang ada
regards,
singachu
Kita orang malah ad fikiran mau pasang adaptor selang radiator buat pasang sensor analog coolant tambahan mbah
Jd bsa pantau sendiri, trus mungkin jg mau ganti motor fan aj per 5 taon
Dat510 wrote: Tue Jul 05, 2022 10:16
Ngga mbah, satu e46 aja mobil tua nya, mau tambah yg baru aja, klo 2 mobil tua kudu siap waktu, tenaga, & uang.. haha
kompresor itu menu wajib buat DIYer mbah. beneran hrs beli, ga akan nyesel, you can thank me later.
Mbah, kompressor itu tahan karat ngga? Rumah saya ada nya carpot yg kena panas & hujan..
Dat510 wrote: Tue Jul 05, 2022 10:16
Ngga mbah, satu e46 aja mobil tua nya, mau tambah yg baru aja, klo 2 mobil tua kudu siap waktu, tenaga, & uang.. haha
mbah, kemaren sy kan jalan2 ke museum nya porsche sama bmw. kl mersi engga krn anak sy anti bgt sama merk itu ga tau kenapa. nah, udahannya menurut sy porsche tuh udah di level yg berbeda level engineering nya. n biasanya user porsche ga mau keep mobil2nya yg udah rada tuir krn faktor servisnya mahal. kira2 kl di DIY-in itu porsche tuir seru kali ya mbah?
atau malah bikin boncos rekening bank nih, dr bca prioritas jd bri simpedes kl kata mbah delko
Anaknya mbah sama kaya sama jaman SD - SMA, ngga suka blas sama mercy, anti, haha.. Anaknya fanboy BMW / Audi mbah?
Ceritain dong mbah beda level engineering nya si porsche gimana..
Klo ada waktu, tools yg tepat, sama uang nya pasti seru DIY sportscar / supercar, bisa dijadiin konten youtube juga, haha..
kompresor bisa karatan kl keujanan mbah. tp cukup disarungin pake plastik bening aja yg dapet dr kardusnya. taro di pojokan yg ga kena cipratan air aja sama ga kena panas.
anak sy fanboy bugatti sm lambo haha. berat.
porsche di museumnya banyak buangett mobil balapnya mbah, jd keliatan bener itu company emang kulturnya kompetisi. kl udah kompetisi begitu jelas level ide engineeringnya juga udah bbrp level diatas merk lain.
k1493nk wrote: Wed Jul 06, 2022 6:44
Dokumentasi kuras minyak rem ala kere hore
mantappp
ngelepasin saringan sy pake obeng min kacamata 2 biji. masukin ke 2 titik yg ada coakannya saling berhadapan lalu tarik ke atas bareng sampai lewat kunciannya. abis itu tinggal pake 2 jari diangkat keluar.
memang tricky itu.
Dat510 wrote:Saya juga rencana mau kuras rem + kopling Mbah [emoji11],cari waktu dl.IMG_20220705_141818.jpg
mantap pak gentong
Kalo mau yg engkol tangan seperti ini pak, di 100rban .IMG_20220705_190757.jpg
Om.. Kalau bleeding minyak rem pake ini ga keliatan yah apa remnya masuk angin apa nggak.. Soalnya pas divakum minyaknya keluar sama gelembung blubuk2 melulu.. Jadi bias kondisi seperti itu karna emang vakumnya atau ada udara kejebak yg keluar dari selangg remnya.
Jadi kemaren malah habis disedot finishing pake teken pedal rem juga.
Pas liat di blog ada yg komen kalau bleeding pakai injek rem biar bisa one man show beli one way valve pasang diselang yg kebotol untuk bleeding, jadi tinggal pastiin aja reservoir rem jgn sampe kosong. Udah tinggal injek lepas rem doang nanti. Efektif gak ya? Ni one way valvenya dah saya beli tinggal eksekusi aja..
[/quote]
aku pakai vacuum persis itu sendirian ga masalah kok mbah, gelembung2 itu muncul karena selang ke nepel remnya ga bener2 ngeseal tapi tenang ga bakalan masuk ke dalam system rem karena masih ada tenaga sedot dari mesin vacuumnya meskipun kita ga terus kocok.
Coba liat di video itu biarpun aku diemin dan divideoin, itu vacuum ga langsung abis kok, perlahan turun seiring turunnya minyak
blloewy wrote: Wed Jul 06, 2022 4:31
Resikonya AKI umur pendek Mbah kl ambil direct ke extra Fan.
Btw, Fan nya ada berapa speed Mbah?
kl mau aman dan yakin sich turun fan dan cek carbon brushnya dulu sebelum tambah extra fan.
ndak mbah, kan ada modul cut off kalau voltase di bawah 13 volt (jadi hanya nyala waktu alternator kerja saja), plus ada pengaturan digital thermostat di suhu tertentu baru nyala.
Kalau salah satu dari dua kondisi itu tidak terpenuhi maka fan mati.
DOHC wrote: Wed Jul 06, 2022 4:35
Kita orang malah ad fikiran mau pasang adaptor selang radiator buat pasang sensor analog coolant tambahan mbah
Jd bsa pantau sendiri, trus mungkin jg mau ganti motor fan aj per 5 taon
Ma'lum, agak ga yakin ama kualitet fan lcgc
adaptor di selang radiator itu ada kelemahannya kalau abis air radiatornya itu sensor ga bakalan ke trigger karena udara bukan penyalur panas yang baik
Kalau pantau sih aku langsung pantau di hape lewat OBD mbah
k1493nk wrote: Wed Jul 06, 2022 6:44
Dokumentasi kuras minyak rem ala kere hore
mantappp
ngelepasin saringan sy pake obeng min kacamata 2 biji. masukin ke 2 titik yg ada coakannya saling berhadapan lalu tarik ke atas bareng sampai lewat kunciannya. abis itu tinggal pake 2 jari diangkat keluar.
memang tricky itu.
k1493nk wrote: Wed Jul 06, 2022 6:44
Dokumentasi kuras minyak rem ala kere hore
mantappp
ngelepasin saringan sy pake obeng min kacamata 2 biji. masukin ke 2 titik yg ada coakannya saling berhadapan lalu tarik ke atas bareng sampai lewat kunciannya. abis itu tinggal pake 2 jari diangkat keluar.
memang tricky itu.
k1493nk wrote: Wed Jul 06, 2022 6:44
Dokumentasi kuras minyak rem ala kere hore
mantappp
ngelepasin saringan sy pake obeng min kacamata 2 biji. masukin ke 2 titik yg ada coakannya saling berhadapan lalu tarik ke atas bareng sampai lewat kunciannya. abis itu tinggal pake 2 jari diangkat keluar.
memang tricky itu.
Iya mbah licin banget.
ada kunciannya mbah, ngeklik gitu dia. itu yg bikin ga bisa diangkat langsung.
ngelepasin saringan sy pake obeng min kacamata 2 biji. masukin ke 2 titik yg ada coakannya saling berhadapan lalu tarik ke atas bareng sampai lewat kunciannya. abis itu tinggal pake 2 jari diangkat keluar.
memang tricky itu.
Iya mbah licin banget.
coba pakai tang circlip
regards,
singachu
udah coba, ga masuk mbah. mepet banget. jd musti yg pipih alatnya.
DOHC wrote: Wed Jul 06, 2022 4:35
Kita orang malah ad fikiran mau pasang adaptor selang radiator buat pasang sensor analog coolant tambahan mbah
Jd bsa pantau sendiri, trus mungkin jg mau ganti motor fan aj per 5 taon
Ma'lum, agak ga yakin ama kualitet fan lcgc
adaptor di selang radiator itu ada kelemahannya kalau abis air radiatornya itu sensor ga bakalan ke trigger karena udara bukan penyalur panas yang baik
Kalau pantau sih aku langsung pantau di hape lewat OBD mbah