HALO REKAN REKAN
Masih mau nonton video jedugnya?? saya juga upload di youtube koq belum saya hapus..search aja
Masalah jeduk mundur itu memang saat ini teratasi.. Untuk saat ini tidak lagi jeduk mundur dan indikator tidak blank. Mudah mudahan aman seterusnya
Detailnya seperti ini
Hari selasa tanggal 1 November mobil dibawa ke Dealer WIjaya Toyota (tempat pembelian unit) menggunakan derek gendong yang disediakan oleh pihak Toyota
Kenapa di gendong? untuk menjaga km aslinya si mobil yang masih 106km
Kepala Bengkel Wijaya Toyota dan satu staff datang kerumah untuk menaikkan mobil ke towing truck dan setelah itu kita semua berangkat ke dealer. disana saya bertemu dengan Customer Relation dari TAM beserta team mereka
Dilakukan pengecekan pada mobil dan juga dilakukan perbandingan dengan unit innova yang mereka kendarai dari Jakarta.
Jika dipindah ke R tidak terjadi respon selama 7 detik. setelah itu ada hentakan jeduk dan barulah gigi mundurnya engage berbarengan dengan jeduk itu(delay)
Hasilnya tadinya memang dicari sana sini sampai kelihatan pada cukup bete dan bingung sampai akhirnya ditemukan lah biang masalah ini
Memang seperti yang tertulis di atas.. dilakukan penggantian sekring
Sekring ini memang berfungsi untuk lampu mundur dan sensor mundur yang pada saat masalah ini timbul juga ikut tidak berfungsi
Sekring ini selain untuk lampu mundur dan sensor menurut pihak Toyota ternyata juga dipakai pada jalur input command ke ecu dari tongkat perseneling..
Makannya ketika sekring ini putus ECU tidak mendeteksi bahwa ada permintaan dari driver untuk memindahkan posisi ke mundur. begitu penjelasannya menurut pihak Toyota
Lalu kenapa ada delay dan setelah itu mobilnya masuk. Kata mereka selain software ada juga hardware nah si hardware ini engage juga namun memang delay
display yang blank ini juga tidak terbaca oleh ecu untuk posisi maju.. jadi kayaknya untung deh itu digendong ke dealer..kalau disetirin juga bergerak maju gak akan bener
Saya sendiri juga bingung kenapa sekring satu yang kecil dan harganya bbrp ribu rupiah saja itu bisa bikin fungsi mobil ngaco.. dan kenapa Toyota design satu sekring dipakai untuk 1 - lampu dan sensor mundur dan 2 untuk jalur command ke ecu dari tongkat transmisi.. Mereka tentu punya alasan sendiri kenapa design nya begitu..
Kalau saya bicara ngasal sih mungkin kayaknya seharusnya ada sekring tersendiri untuk command itu.. jangan barengan sama sekring lampu mundur dan sensor mundur. kalau gara gara lampu mundur ngaco terus merembet ke fungsi mobil maju mundur gitu kan kacau banget
Setelah ganti sekring mobilnya tau tau lancar... saya dan kabeng beserta tim dari TAM mencoba mengendarai mobil di jalan.. dari saat itu sampai ke kemarin malam saya mengendarai mobil semua terlihat berfungsi lancar.... nanti kalau ada masalah lagi tentu saya akan kontak dengan pihak Toyota lagi
Memang disinggung soal klakson.. saya pasang klakson Seger (made in Turki) beserta relay..
dikomen pemasangannya kurang rapih karena ada soket yang masih terekspos.. dibandingkan dengan wiring standar yang memang seluruhnya terututup dan ada ceklekan kuncinya jadi susah untuk dilepas
Katanya dikomen oleh mereka memang klakson tidak berhub langsung dengan masalah ini tapi ya tetap hati hati pemasangan yang mengganggu elektrikal mobil bisa menyebabkan abnormal atau kerusakan pada mobil jika mengganggu kelistrikan asli mobil. Sampai hari ini belum saya cabut itu klakson pengen liat lagi aja kalo sekring itu putus lagi ya memang sumbernya si klakson itu pasti
Sebenernya logika jika si klakson yang bikin ngaco dan konslet tentu sekring yang berhub dengan horn pada saat itu putus juga toh?
Dikomen juga velg mobil warnanya hitam.. Itu rubber paint.. Saya pikir bakal disentil lagi nih ganti warna velg pake rubber paint ntar ada efek apa lagi ke mobil :p
Untuk saat ini ya seperti itu kebenarannya.. Mobilnya saat ini berfungsi normal pada penglihatan mata saya .. Kalau ada masalah lagi saya akan kontak dengan pihak Toyota
Servis kepada customer dari Toyota ada dan servisnya cukup memuaskan (walaupun saran dan penjelasannya aja yang gak make sense di bbrp hal)
Derek gendong juga tidak ditagih kepada saya
Saya juga tanya.. pak kan udah terjadi gesekan begitu kencang ketika jeduk.. dan itu lebih dari satu kali terjadi karena pengetesan...apakah umur gearbox di unit ini kan berkurang jauh lebih cepat? gearbox ini akan fail jauh sebelum perkiraan usianya?
Jawabannya kan masi dalam masa garansi mobilnya pak.. nanti kalau ada keluhan silakan kontak dan ini dicover garansi.. Kita kan sudah bikin catatan ada kasus ini pada unit ini.. Memang buku servicenya dipinjem juga dan difotokopi sama dealer
Segitu saja dari saya yang memang gak ngarti banyak soal mobil.. Saat ini km di 150 dan mau dipakai dulu sesering mungkin unitnya supaya segera ketauan kalau ada masalah lagi.
Apakah saya puas dengan Toyota? Untuk service mereka ke customer bisa dibilang cukup memuaskan lah.. (datang kerumah ngecek dan siapin mobil gendong dan dtg perwakilan langsung dari Jakarta ) walaupun untuk produknya ya bisa dibilang masih kurang.
mudah mudahan unitnya aman sampe ntar dijual
