
FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Om wahdi sudah siap siap pindah hati sepertinya.... sampe udah tes drive kandidat penggantinya si VRZ


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
mau prosecute di indo (david lumban tobing satu opinion dgn sy) hrs di ingat satu hal ...
ini utan n hukum yg laku ya hukum rimba
lbh murah tyt layani di legal prosecution kalo mmg ancaman cuma local legal action ........ tapi kalo bad news di sebar kmanapun global level
baru mrk fikir remedial cost yg mahal n satu rombongan yg hrs pensiun jauh sblm jompo
ini utan n hukum yg laku ya hukum rimba
lbh murah tyt layani di legal prosecution kalo mmg ancaman cuma local legal action ........ tapi kalo bad news di sebar kmanapun global level
baru mrk fikir remedial cost yg mahal n satu rombongan yg hrs pensiun jauh sblm jompo
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Hahaha... tauuuu aja om ChZ... Pasti ngintip ya... xixixiChZ wrote:Om wahdi sudah siap siap pindah hati sepertinya.... sampe udah tes drive kandidat penggantinya si VRZ


Follow me on instagram : 272roadventure
Siap Om Ginting... terimakasih yah email nya..ginting wrote:terlalu dini untuk berkesipulan apa SEBAB dari masalah ini.
tapi manifestasinya sudah jelas yaitu adanya product yang tidak achieve level quality yang seharusnya.
Biasanya sih fabrican akan kirin "non conformity report" ke vendor si pembuat itu transmissi.
Kerusakan suatu parts bisa jadi :
- Faulty design
- Defect in casting or material
- Bad workmanship (baik di workshop supplier atau di assembly line si pabrikan).
Maaf juga teman2.. saya cut share di atas.. (Maaf juga om NR)
Next, saya hanya akan share yg sudah terjadi saja.. lumayan buat cerita, dibaca2 sebelum tidur




Sampai saat ini, saya masih melihat itikad baik dari Dealer, Bengkel Resmi maupun TAM om mahesoomahesoo wrote:Yang menarik disini tuh gimana nanti tanggapan TAM, karena menurut saya posisi konsumen di Indo adalah posisi yang lemahAda gak sih payung hukum yang jelas untuk melindungi konsumen di indo ? YLKI juga kayaknya gak pernah ada suaranya ya atau saya yg kurang tau ya hehehe
![]()
di thread om f272 ini kita sebagai sesama konsumen bisa menilai sampai dimana itikad baik / Tanggung jawab TAM terhadap konsumennya di indo
Tapi itu tidak berarti setiap konsumen akan terus merasa dibela dan akan terus menggunakan kendaraan merk ini dengan suka cita..
Bisa ada yg mau... tapi juga mungkin ada yg kapok..
Saya sendiri belum bisa menjawab saya termasuk yg mana..? hehehe


Waaaa... Bahaya itu bagi TAM ya om orchard ...orchard wrote:mnrt opini newbie sy, yg ditakutkan TAM bukan cm buyback punya om wahdi, tapi jika kasus spt om wahdi tdk bs solved secepatnya dan public/owner vrz lainnya aware ternyata blh/bisa di buyback.. ntar semua yg complain kasus serupa pasti minta di buyback jg...




Yess.. Buy Back sejumlah uang yg sudah keluar baik Booking fee maupun TDP kayaknya om..solar_kerosen wrote:kalau kridit kayaknya gak bisa di buyback om , secara belinya bukan tunai tapi dikridit jadi lebih tepatnya credit back.... cm gak tahu gimana mekanismenya karena kredit menggunakan pihak ketiga (ex : leasing) sekalipun mengajukan gugatan bisa jadi bukan gugatan hak milik tapi gugatan kredit sedang berjalan yg kaya gini masuknya jadi Perdata
#Nasib beli Kredit.. Besok2 ane beli Cash aja deh.. xixixi



Saya termasuk salah satu tetangga om NR Lho... dekat lagi.. 1 kota.. Bogor.. hehehe..newrubble wrote:simprug mobil juga pernah .... toyota will vi (2000) 350 juta balik itu wang tapi bukan mobil sy
sy cuma tolong satu tetangga jauh teman kerja n sy kasian krn dia sdh tua
btw .... sesuatu dianggap faulty design kalo (toyota n gm std) 1% dari same batch quantity end up customers' claim (on same object/ matter)
jadi production line tdk salah dlm hal instal bgitu juga vendors
Dulu waktu Om NR masih di Bogor, jarak palingan 15 menitan sampe deh rumah saya di Sholeh iskandar ke Malabar



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
kredit dibuyyback bisa2 aja bro..tinggal pelunasan aja di leasingnya..yg penting tam ngasi duit sesuai hrga belisolar_kerosen wrote:kalau kridit kayaknya gak bisa di buyback om , secara belinya bukan tunai tapi dikridit jadi lebih tepatnya credit back.... cm gak tahu gimana mekanismenya karena kredit menggunakan pihak ketiga (ex : leasing) sekalipun mengajukan gugatan bisa jadi bukan gugatan hak milik tapi gugatan kredit sedang berjalan yg kaya gini masuknya jadi Perdata
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya ingin cerita buat teman2 SMer...............
Ini benar2 sebuah pengalaman paling seru setelah saya menggunakan Kendaraan Merk Toyota selama 8 tahun penuh
(Innova G Manual Bensin 2008-2013 + Fortuner G VNTurbo TRD version 2013-2016)
..........dan Kabar mengejutkan itu tiba kemaren sore... Jumat, 26 Agustus 2016
Sementara urusan Problem Transmisi VRZ belum selesai (masih dalam tahap penanganan serius tim Teknisi TAM)
Tapi dalam proses perbaikan Transmisi itu justru ditemukan 1 kerusakan serius pada bagian lain ... yaitu...
(Ayooo Tebak apa..?)

TURBO VRZ F272 Harus di ganti baru...
Alias Turbo nya bermasalah.. (kalo tidak mau dibilang Turbo jebol)
Ini semua terasa aneh bagi saya, karena sejak Mobil tiba di Garasi Jumat, 17 Juni 2016 lalu, mobil di pergunakan dengan normal2 saja
tidak ada perlakuan salah seingat saya, dan saat Service pertama pada Minggu 3 Juli 2016 di Bengkel Resmi PLAZA Toyota Tendean untuk 1.000 km pertama pun sudah saya lakukan dengan baik dan lancar serta aman2 saja... Teknisi tidak menemukan keanehan pada Kerja Turbo di VRZ saya...

Complaint Awal (saat Service 1.000 km di Plaza Toyota Tendean)
Saat Service pertama 1.000 Km itu saya sudah sampaikan pada SA PLAZA Toyota Tendean bahwa saya merasakan keanehan / kejanggalan pada transmisi dengan keluhan :
1. Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja
2. Akselerasi perneling naik dari 1 ke 2,3,4,5,6 terjadi hentakan2 agak kasar begitupun Deakselerasi perneling turun dari 6 ke 5,4,3,2,1
Saat itu SA Plaza Tendean bilang bahwa dia sudah cek kondisi VRZ saya memang ada gejala itu... lalu dia bilang juga memang ada beberapa VRZ & ANKI yang alami hal yang sama tapi penyelesaian nya tidak sulit yaitu dengan Flushing oil matic + Bersihkan Strainer Matic nya... dan stelah itu keluhan hilang, itu yang sudah dilakukan terhadap beberapa unit ANF & ANKI, maka SA menyarankan saya untuk melakukan itu juga terhadap VRZ F272 tapi tidak bisa dilakukan pada hari minggu karena waktu nya terlalu mepet & TL nya juga libur.. jadi harus Booking service dulu agar Tim Teknisi & TL bersiap meluangkan waktu untuk menangani VRZ saya... berhubung saat itu tanggal 3 Juli 2016 dan 3 hari lagi akan masuk Hari Raya Lebaran idul fitri, jadi sebaiknya setelah Lebaran saja..agar lebih leluasa waktu nya, dikhawatirkan akan memerlukan waktu yang lebih dari 1 hari dalam pelaksanaan Flushing oil matic + Bersihkan Strainer Matic nya plus Test Jalan. Saya pun setuju untuk kembali setelah Lebaran.
Di Perjalanan Mudik Lebaran dari Bogor - Palembang (pp) mobil berjalan normal2 saja bahkan saya merasakan impresi berkenadara yang berbeda, nyaman dan cukup memuaskan .. ada banyak lompatan kenyamanan dan tenaga dibanding Fortuner VNT yng pernah saya pakai 3th penuh..
Hanya di Ruas Lampung Timur saat perjalanan Pulang ke Bogor saya merasakan 1x kejadian aneh :
(saya copas dari halaman 11 di Trit ini)
di Ruas Lampung timur saat VRZ saya bawa ke Palembang, terjadi juga Gas nyangkut... seperti tali gas yang nyangkut tidak bisa turun, tapi VRZ kan sudah pasti tidak lagi menggunakan tali..alias Drive by wire (DBW) jadi ini bukan tali nya yang nyangkut pastinya... tapi kejadian malam itu benar2 terjadi... saya sedang berjalan di kecepatan 60km / jam menyusuri perkebunan Tebu di Lampung timur..tiba2 mobil di depan terlihat menginjak rem karena lampu rem nya menyala..secara reflek saya pun ikutan angkat kaki dari pedal gas... tapi belum sempat injak pedal rem.. saya kaget karena RPM tidak turun...dan mesin agak meraung.. saya sampai segera memeriksa tuas perneling untuk memastikan tuas masih pada posisi D, ternyata masih pada posisi D, yg saya khawatirkan tuas tergeser ke N, tapi ternyata tidak... dia tetap pada tempatnya yaitu posisi D... saya coba injak pedal Rem.. tetap RPM di posisi meraung dengan kecepatan tetap di awal yaitu 60 km / jam.. baru saya injak 2 sd 3x pedal rem... Rpm nya turun dan normal kembali... kejadian begitu cepat..tapi saya juga cepat menguasai keadaan.. sehingga tidak terjadi apa2 malam itu... Kronologis ini pun saya sampaikan ke SA dan TL di A2K Yasmin Bogor sejak saya melakukan Complaint pertama. menurut saya ini masih ada hubungan nya dengan ketidak beresan transmisi matic di VRZ saya..entah betul atau tidak.. tapi kejadian ini hanya terjadi 1x selama VRZ ini di tangan saya... sampai sekarang belum terjadi lagi..mudah2an tidak ada lagi... karena saya membayangkan jika itu terjadi saat mobil berada di Tol dg kecepatan tinggi misal 150 Km / Jam... tentu tidak akan mudah mengatasinya seperti saya alami pada kecepatan 60 km / jam malam itu di ruas Lampung Timur..
Tapi ini hanya 1x terjadi dan belum terjadi lagi sampai saat ini, semoga tidak terjadi lagi
Maka, sepulang saya dari Palembang...
Complaint #1 di AUTO2000 Yasmin Bogor
(saya copas dari halaman 11 di Trit ini)
1. Complaint pertama saya lakukan ke Bengkel Auto2000 di Kota Bogor, karena disana langganan saya Service VNT selama 3th, saya ada langganan Sa yang sudh kenal baik dan saya puas dengan pelayanan nya.. nama nya Pak Andi Pardillah.. dia mau berkomunikasi via Wa maupun telepon dengan saya kapan pun saya mau (selama Wa nya dia baca), ini yg saya suka.. seolah saya punya konsultan Toyota yg saya pakai.. Begitupun ketika VRZ ini mulai ada gejala2 tuas nyangkut.. saya langsung Wa dia..dan dia langsung info bahwa sudah ada 4 unit VRZ yg demikian di A2K Yasmin Bogor.. 3 sudah selesai perbaikan (dg pengecekan terlebih dulu) dan 1 masih di Pit (yg saya foto dekat VRZ F272) .. 3 VRZ yg sudah selesai perbaikan kata dia tidak ada keluhan lagi...(atau mungkin belum sempat mengeluh) perbaikan yg dilakukan adalah meliputi : Test Jalan dulu.. investigasi oleh tim dan Tehnik Leader (TL)..setelah ketauan/terasa gejala nya..dilakukan lah Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic nya... Test jalan... Bagus.. Selesai..mobil dikembalikan ke Pemilik.

Dan VRZ saya sudah masuk PIT hari Senin pagi jam 08.00 wib, tgl.18 Juli 2016



setelah janjian / Booking Service dulu, karena Tim yg menangani VRZ ini harus benar2 dipersiapkan, bukan service rutin biasa.. mungkin VRZ termasuk type baru pula. VRZ baru keluar dari bengkel A2K Yasmin itu Hari Rabu tanggal 20 Juli 2016 sore jam 16.00 saya jemput dan komunikasi langsung dengan SA, dia tunjukkan beberapa foto saat proses pekerjaan Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic dilakukan... saya lihat sparepart nya lumayan rumit dan besar di Foto itu.. VRZ pun saya bawa pulang tapi belum sempat Test Drive kemana2 karena jalanan macet... sampai rumah sih aman2 saja...tapi hati saya tetap merasa belum tenang, seolah feeling dan insting saya berkata ini mobil tetap masih menyimpan penyakit yg akan timbul sewaktu2. yah untuk sementara rasanya cukup lah.. tinggal Test drive saja VRZ ini sejauh mana perubahan setelah perbaikan Complaint pertama..

VRZ saya pakai mutar2 selama 1 mingguan dan selama pamakaian itu.. saya tetap mearasakan gejala2 sama seperti sebelum perbaikan..
Saya pun kembali menyampaikan ke pihak A2K Yasmin ke TL dan SA ya... tapi dalam proses penyampain informasi2 perkembangan VRZ ini saya lakukan dengan cara2 saya tersendiri.. bukan dengan cara2 yg mungkin kebanyakan orang sering lakukan...
Complaint #2 di AUTO2000 Yasmin Bogor
Ini belum pernah saya share di trit ini, dan pertama kali saya share adalah sekarang
2. Complaint kedua ini saya lakukan masih di Bengkel Auto2000 Yasmin di Kota Bogor, karena memang masih merupakan lanjutan Complaint pertama dan masih ditangani oleh SA & TL yang sama, Saya cukup senang dengan Pelayanan After Sales Service Toyota karena menurut saya termasuk cepat dalam merespon keluhan2 saya maupun ketersediaan sparepart yang dibutuhkan kendaraan saya.
Jadi di Complain saya yang ke 2 ini : VRZ akan di Operasi Besar ..
yaitu Pergantian 1 set Transmisi Automatic Assy
VRZ masuk PIT Auto2000 Yasmin Hari Kamis tanggal 4 Agustus 2016 jam 08.00 pagi, dan langsung di terima TL nya yang menurut saya sangat bersahabat, Pak Rona namanya... Pak Rona lah yang melakukan komunikasi dengan TAM untuk kendaraan VRZ saya, dan menurut dia unit Transmisi Automatic Assy VRZ saya termasuk cepat dikirim oleh TAM dari Jakarta ke Bogor.. karena sebetulnya banyak VRZ lain yang sudah lebih dulu masuk tapi sampai sekarang belum tiba juga unit Transmisi baru nya.
Ternyata memang cara & proses Claim juga penting dilakukan secara serius baik oleh kita sendiri sebagai owner kendaraan maupun dengan adanya bantuan2 lain dari berbagai aspek, seperti saya dibantu oleh salah satu SM Moderator disini yang punya kedekatan dengan salah satu Kabeng A2K senior yang sudah tentu ini juga sangat mempengaruhi (Terimakasih ya Mod..)
Proses pergantian 1 set Transmisi Automatic Assy VRZ hanya memakan waktu 2 hari saja, dan tanggal 5 Agustus 2016 jam 2 siang ada kabar via wa dari SA pak Andi Pardillah bahwa VRZ sudah bisa diambil, maka saya pun meluncur ke A2K Yasmin Bogor sore hari nya...sampai di A2K Yasmin saya langsung ketemu TL pak Rona, lalu saya pun melakukan Tes Jalan bersama TL ke arah Tol Borr menuju Sentul Selatan sampai ke ujung puteran dekat Jungle Land.. yang banyak terdapat jalan berkelok2 dengan tanjakan2 curam..cukup maksimal untuk melakukan Tes Jalan sebuah kendaraan yang baru saja melakukan pergantian Transmisi.
Saat di Tes Jalan itu TL yang jadi Driver dan saya duduk di samping, sepanjang jalan di isi dengan berbagai ritme kecepatan dan komentar2 tentang kondisi VRZ F272, kesimpulan nya : OK, VRZ F272 sudah normal kembali... tidak ada gejala2 keluhan yg saya sudah sampaikan di atas. Saya pun kembali ke A2K Yasmin utnuk mengantar TL Pak Rona pulang, dan sempat saya minta diperlihatkan Transmisi Automatic yang sudah di copot dari VRZ saya, ketika saya lihat .... Wooow... Bentuknya besar, terbuat dari bahan logam berat..dan memang saat saya poegang dan coba angkat Beraaattt sekali.. saya perkirakan sekitar 80 sd 100 kilogram (mungkin) karena tidak berhasil saya angkat dengan 2 tangan saya, sempat saya foto beberapa kali untuk dokumentasi pribadi, karena ini adalah sebuah pengalaman baru bagi saya, pertama seumur hidup memegang benda ini.. tidak pernah terbayangkan mobil yg baru saya beli di bulan pertama sudah harusa ganti Transmisi..OMG

OK Mobil sudah Normal kembali.. saya sangat senang mengendarai nya...
Tapi ternyata... Kondisi Normal itu tidak berlangsung lama...
Karena pada tanggal 8 Agustus 2016 kembali terjadi Keluhan no. 1 yaitu : Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja, kali ini disertai bunyi yang cukup menyeramkan di area kolong mobil dimana Transmisi bersemayam... ada bunyi keras berasal dari gesekan Logam / benda keras .. yang memang jika saya di dalam kabin dengan kondisi semua kaca tertutup tidak akan terlalu terdengar apalagi dengan adanya suara mesin Diesel... tapi jika kaca dibuka atau bahkan pintu dibuka, atau bagi orang2 yang sedang berada di luar kabin.. berdiri di samping VRZ ini akan terasa keras dan sangat jelas sekali bunyi denting gesekan logam nya.. Saya buatkan banyak video nya dengan tempat dan waktu berbeda karena memang kejadian nya semakin sering, dan video2 itu saya kirim ke TL & SA supaya terlihat & terdengar jelas oleh mereka, selain itu juga untuk jadi dokumentasi saya pribadi yang akan saya pergunakan jika dibutuhkan.
Saya pun segera kasih kabar via WA kepada TL Pak Rona & SA Pak Andi Pardillah di Auto2000 Yasmin Bogor tentang kondisi ini..dan saya mendapatkan jawaban panjang dengan penjelasan2 teknis cara kerja sebuah transmisi sehingga sampai terjadinya keluhan ini.. tapi sekaligus TL juga minta maaf kalo ternyata keluhan ini masih terjadi walaupun sudah ganti Transmisi Baru... dia berjanji akan segera membuat laporan ke TAM untuk keluhan terbaru pada kendaraan VRZ saya ini.
Saat itu juga saya sedikit berkonsultasi mengenai proses Complaint yg sudah dan akan saya jalani kembali...
Saya utarakan, bahwa saya membeli Kendraan VRZ ini di Dealer PLAZA Toyota Karanggan, tapi melakukan Complaint di Auto2000 Yasmin, ini sebenar nya tidak ada yang salah..bahkan SA/TL pun setuju karena Semua Bengkel Resmi Toyota memang melayani keluhan Kendaraan Toyota walaupun dibeli di Dealer (Resmi) lain.
Tapi ada sesuatu yang mengganjal di hati saya... yaitu jika keluhan nya tidak terselesaikan secara tuntas, saya tidak bisa melakukan Tekanan kepada pihak Bengkel Auto2000 Yasmin (jika saya mau lakukan tekanan) karena dia bukanlah Dealer yang menjual kendaraan ini kepada saya, dan saat itu TL menjawab : Untuk penanganan keluhan bisa di bengkel resmi manapun, tapi memang paling tidak Plaza Toyota yang menjual kendaraan ke saya harus tahu tentang keluhan ini, akan ada koordinasi TL Auto2000 kepada TL Plaza Toyota maupun ke TAM.
Saya pun mengerti dan sambil terus memikirkan bagaimana Langkah saya berikutnya.. saat itu saya menganggap Sungguh sebuah kekonyolan yang sangat tidak perlu terjadi.. kelucuan yang sunguh tidak lucu apalagi bikin ketawa, betapa tidak... MObil baru yang canggih, cantik, keren, dan bagi saya ini cukup mahal dengan harga otr 500 juta Rupiah ..saya suka pula... Tapi saat ini seperti mengaduk2 perasaan saya antara suka dan kecewa plus kekhawatiran saya akan terjadi banyak masalah lain dikemuadian hari, menginat usia mobil baru menginjak bulan ke 2 sejak tiba di Garasi saya 17 Juni 2016.
Saya membayangkan dan bertanya dalam hati :
APAKAH SANGGUP VRZ INI MELAYANI GAIRAH BERPETUALANG SAYA & KELUARGA SEPERTI FORTUNER VNTURBO ..??????
Sampai di titik ini.....Kok saya engga begitu yakin.......malah khawatir...
tapi ah.. terlalu berlebihan kah kekhawatiran saya.??
Apalagi dengan adanya Masalah pada Turbo sperti yang saya share di atas...

(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di Gunung BROMO, Desember 2013)


(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di Payakumbuh & Ngarai Sianok - Bukittinggi, Sumbar, Juni 2014)

(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di sebuah Pantai di Lombok Timur, Desember 2015)
Ini benar2 sebuah pengalaman paling seru setelah saya menggunakan Kendaraan Merk Toyota selama 8 tahun penuh
(Innova G Manual Bensin 2008-2013 + Fortuner G VNTurbo TRD version 2013-2016)


..........dan Kabar mengejutkan itu tiba kemaren sore... Jumat, 26 Agustus 2016
Sementara urusan Problem Transmisi VRZ belum selesai (masih dalam tahap penanganan serius tim Teknisi TAM)
Tapi dalam proses perbaikan Transmisi itu justru ditemukan 1 kerusakan serius pada bagian lain ... yaitu...
(Ayooo Tebak apa..?)





TURBO VRZ F272 Harus di ganti baru...
Alias Turbo nya bermasalah.. (kalo tidak mau dibilang Turbo jebol)
Ini semua terasa aneh bagi saya, karena sejak Mobil tiba di Garasi Jumat, 17 Juni 2016 lalu, mobil di pergunakan dengan normal2 saja
tidak ada perlakuan salah seingat saya, dan saat Service pertama pada Minggu 3 Juli 2016 di Bengkel Resmi PLAZA Toyota Tendean untuk 1.000 km pertama pun sudah saya lakukan dengan baik dan lancar serta aman2 saja... Teknisi tidak menemukan keanehan pada Kerja Turbo di VRZ saya...

Complaint Awal (saat Service 1.000 km di Plaza Toyota Tendean)
Saat Service pertama 1.000 Km itu saya sudah sampaikan pada SA PLAZA Toyota Tendean bahwa saya merasakan keanehan / kejanggalan pada transmisi dengan keluhan :
1. Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja
2. Akselerasi perneling naik dari 1 ke 2,3,4,5,6 terjadi hentakan2 agak kasar begitupun Deakselerasi perneling turun dari 6 ke 5,4,3,2,1
Saat itu SA Plaza Tendean bilang bahwa dia sudah cek kondisi VRZ saya memang ada gejala itu... lalu dia bilang juga memang ada beberapa VRZ & ANKI yang alami hal yang sama tapi penyelesaian nya tidak sulit yaitu dengan Flushing oil matic + Bersihkan Strainer Matic nya... dan stelah itu keluhan hilang, itu yang sudah dilakukan terhadap beberapa unit ANF & ANKI, maka SA menyarankan saya untuk melakukan itu juga terhadap VRZ F272 tapi tidak bisa dilakukan pada hari minggu karena waktu nya terlalu mepet & TL nya juga libur.. jadi harus Booking service dulu agar Tim Teknisi & TL bersiap meluangkan waktu untuk menangani VRZ saya... berhubung saat itu tanggal 3 Juli 2016 dan 3 hari lagi akan masuk Hari Raya Lebaran idul fitri, jadi sebaiknya setelah Lebaran saja..agar lebih leluasa waktu nya, dikhawatirkan akan memerlukan waktu yang lebih dari 1 hari dalam pelaksanaan Flushing oil matic + Bersihkan Strainer Matic nya plus Test Jalan. Saya pun setuju untuk kembali setelah Lebaran.
Di Perjalanan Mudik Lebaran dari Bogor - Palembang (pp) mobil berjalan normal2 saja bahkan saya merasakan impresi berkenadara yang berbeda, nyaman dan cukup memuaskan .. ada banyak lompatan kenyamanan dan tenaga dibanding Fortuner VNT yng pernah saya pakai 3th penuh..
Hanya di Ruas Lampung Timur saat perjalanan Pulang ke Bogor saya merasakan 1x kejadian aneh :
(saya copas dari halaman 11 di Trit ini)
di Ruas Lampung timur saat VRZ saya bawa ke Palembang, terjadi juga Gas nyangkut... seperti tali gas yang nyangkut tidak bisa turun, tapi VRZ kan sudah pasti tidak lagi menggunakan tali..alias Drive by wire (DBW) jadi ini bukan tali nya yang nyangkut pastinya... tapi kejadian malam itu benar2 terjadi... saya sedang berjalan di kecepatan 60km / jam menyusuri perkebunan Tebu di Lampung timur..tiba2 mobil di depan terlihat menginjak rem karena lampu rem nya menyala..secara reflek saya pun ikutan angkat kaki dari pedal gas... tapi belum sempat injak pedal rem.. saya kaget karena RPM tidak turun...dan mesin agak meraung.. saya sampai segera memeriksa tuas perneling untuk memastikan tuas masih pada posisi D, ternyata masih pada posisi D, yg saya khawatirkan tuas tergeser ke N, tapi ternyata tidak... dia tetap pada tempatnya yaitu posisi D... saya coba injak pedal Rem.. tetap RPM di posisi meraung dengan kecepatan tetap di awal yaitu 60 km / jam.. baru saya injak 2 sd 3x pedal rem... Rpm nya turun dan normal kembali... kejadian begitu cepat..tapi saya juga cepat menguasai keadaan.. sehingga tidak terjadi apa2 malam itu... Kronologis ini pun saya sampaikan ke SA dan TL di A2K Yasmin Bogor sejak saya melakukan Complaint pertama. menurut saya ini masih ada hubungan nya dengan ketidak beresan transmisi matic di VRZ saya..entah betul atau tidak.. tapi kejadian ini hanya terjadi 1x selama VRZ ini di tangan saya... sampai sekarang belum terjadi lagi..mudah2an tidak ada lagi... karena saya membayangkan jika itu terjadi saat mobil berada di Tol dg kecepatan tinggi misal 150 Km / Jam... tentu tidak akan mudah mengatasinya seperti saya alami pada kecepatan 60 km / jam malam itu di ruas Lampung Timur..
Tapi ini hanya 1x terjadi dan belum terjadi lagi sampai saat ini, semoga tidak terjadi lagi
Maka, sepulang saya dari Palembang...
Complaint #1 di AUTO2000 Yasmin Bogor
(saya copas dari halaman 11 di Trit ini)
1. Complaint pertama saya lakukan ke Bengkel Auto2000 di Kota Bogor, karena disana langganan saya Service VNT selama 3th, saya ada langganan Sa yang sudh kenal baik dan saya puas dengan pelayanan nya.. nama nya Pak Andi Pardillah.. dia mau berkomunikasi via Wa maupun telepon dengan saya kapan pun saya mau (selama Wa nya dia baca), ini yg saya suka.. seolah saya punya konsultan Toyota yg saya pakai.. Begitupun ketika VRZ ini mulai ada gejala2 tuas nyangkut.. saya langsung Wa dia..dan dia langsung info bahwa sudah ada 4 unit VRZ yg demikian di A2K Yasmin Bogor.. 3 sudah selesai perbaikan (dg pengecekan terlebih dulu) dan 1 masih di Pit (yg saya foto dekat VRZ F272) .. 3 VRZ yg sudah selesai perbaikan kata dia tidak ada keluhan lagi...(atau mungkin belum sempat mengeluh) perbaikan yg dilakukan adalah meliputi : Test Jalan dulu.. investigasi oleh tim dan Tehnik Leader (TL)..setelah ketauan/terasa gejala nya..dilakukan lah Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic nya... Test jalan... Bagus.. Selesai..mobil dikembalikan ke Pemilik.

Dan VRZ saya sudah masuk PIT hari Senin pagi jam 08.00 wib, tgl.18 Juli 2016



setelah janjian / Booking Service dulu, karena Tim yg menangani VRZ ini harus benar2 dipersiapkan, bukan service rutin biasa.. mungkin VRZ termasuk type baru pula. VRZ baru keluar dari bengkel A2K Yasmin itu Hari Rabu tanggal 20 Juli 2016 sore jam 16.00 saya jemput dan komunikasi langsung dengan SA, dia tunjukkan beberapa foto saat proses pekerjaan Flushing oil matic + Bersihkan Dtariner Matic dilakukan... saya lihat sparepart nya lumayan rumit dan besar di Foto itu.. VRZ pun saya bawa pulang tapi belum sempat Test Drive kemana2 karena jalanan macet... sampai rumah sih aman2 saja...tapi hati saya tetap merasa belum tenang, seolah feeling dan insting saya berkata ini mobil tetap masih menyimpan penyakit yg akan timbul sewaktu2. yah untuk sementara rasanya cukup lah.. tinggal Test drive saja VRZ ini sejauh mana perubahan setelah perbaikan Complaint pertama..

VRZ saya pakai mutar2 selama 1 mingguan dan selama pamakaian itu.. saya tetap mearasakan gejala2 sama seperti sebelum perbaikan..
Saya pun kembali menyampaikan ke pihak A2K Yasmin ke TL dan SA ya... tapi dalam proses penyampain informasi2 perkembangan VRZ ini saya lakukan dengan cara2 saya tersendiri.. bukan dengan cara2 yg mungkin kebanyakan orang sering lakukan...
Complaint #2 di AUTO2000 Yasmin Bogor
Ini belum pernah saya share di trit ini, dan pertama kali saya share adalah sekarang
2. Complaint kedua ini saya lakukan masih di Bengkel Auto2000 Yasmin di Kota Bogor, karena memang masih merupakan lanjutan Complaint pertama dan masih ditangani oleh SA & TL yang sama, Saya cukup senang dengan Pelayanan After Sales Service Toyota karena menurut saya termasuk cepat dalam merespon keluhan2 saya maupun ketersediaan sparepart yang dibutuhkan kendaraan saya.
Jadi di Complain saya yang ke 2 ini : VRZ akan di Operasi Besar ..
yaitu Pergantian 1 set Transmisi Automatic Assy




VRZ masuk PIT Auto2000 Yasmin Hari Kamis tanggal 4 Agustus 2016 jam 08.00 pagi, dan langsung di terima TL nya yang menurut saya sangat bersahabat, Pak Rona namanya... Pak Rona lah yang melakukan komunikasi dengan TAM untuk kendaraan VRZ saya, dan menurut dia unit Transmisi Automatic Assy VRZ saya termasuk cepat dikirim oleh TAM dari Jakarta ke Bogor.. karena sebetulnya banyak VRZ lain yang sudah lebih dulu masuk tapi sampai sekarang belum tiba juga unit Transmisi baru nya.
Ternyata memang cara & proses Claim juga penting dilakukan secara serius baik oleh kita sendiri sebagai owner kendaraan maupun dengan adanya bantuan2 lain dari berbagai aspek, seperti saya dibantu oleh salah satu SM Moderator disini yang punya kedekatan dengan salah satu Kabeng A2K senior yang sudah tentu ini juga sangat mempengaruhi (Terimakasih ya Mod..)




Proses pergantian 1 set Transmisi Automatic Assy VRZ hanya memakan waktu 2 hari saja, dan tanggal 5 Agustus 2016 jam 2 siang ada kabar via wa dari SA pak Andi Pardillah bahwa VRZ sudah bisa diambil, maka saya pun meluncur ke A2K Yasmin Bogor sore hari nya...sampai di A2K Yasmin saya langsung ketemu TL pak Rona, lalu saya pun melakukan Tes Jalan bersama TL ke arah Tol Borr menuju Sentul Selatan sampai ke ujung puteran dekat Jungle Land.. yang banyak terdapat jalan berkelok2 dengan tanjakan2 curam..cukup maksimal untuk melakukan Tes Jalan sebuah kendaraan yang baru saja melakukan pergantian Transmisi.
Saat di Tes Jalan itu TL yang jadi Driver dan saya duduk di samping, sepanjang jalan di isi dengan berbagai ritme kecepatan dan komentar2 tentang kondisi VRZ F272, kesimpulan nya : OK, VRZ F272 sudah normal kembali... tidak ada gejala2 keluhan yg saya sudah sampaikan di atas. Saya pun kembali ke A2K Yasmin utnuk mengantar TL Pak Rona pulang, dan sempat saya minta diperlihatkan Transmisi Automatic yang sudah di copot dari VRZ saya, ketika saya lihat .... Wooow... Bentuknya besar, terbuat dari bahan logam berat..dan memang saat saya poegang dan coba angkat Beraaattt sekali.. saya perkirakan sekitar 80 sd 100 kilogram (mungkin) karena tidak berhasil saya angkat dengan 2 tangan saya, sempat saya foto beberapa kali untuk dokumentasi pribadi, karena ini adalah sebuah pengalaman baru bagi saya, pertama seumur hidup memegang benda ini.. tidak pernah terbayangkan mobil yg baru saya beli di bulan pertama sudah harusa ganti Transmisi..OMG

OK Mobil sudah Normal kembali.. saya sangat senang mengendarai nya...




Tapi ternyata... Kondisi Normal itu tidak berlangsung lama...


Karena pada tanggal 8 Agustus 2016 kembali terjadi Keluhan no. 1 yaitu : Tuas Transmisi terasa "nyangkut" atau "tertahan" saat akan di geser dari P ke R, tapi dari R ke N ke D ke S dan sebaliknya itu lancar2 saja, kali ini disertai bunyi yang cukup menyeramkan di area kolong mobil dimana Transmisi bersemayam... ada bunyi keras berasal dari gesekan Logam / benda keras .. yang memang jika saya di dalam kabin dengan kondisi semua kaca tertutup tidak akan terlalu terdengar apalagi dengan adanya suara mesin Diesel... tapi jika kaca dibuka atau bahkan pintu dibuka, atau bagi orang2 yang sedang berada di luar kabin.. berdiri di samping VRZ ini akan terasa keras dan sangat jelas sekali bunyi denting gesekan logam nya.. Saya buatkan banyak video nya dengan tempat dan waktu berbeda karena memang kejadian nya semakin sering, dan video2 itu saya kirim ke TL & SA supaya terlihat & terdengar jelas oleh mereka, selain itu juga untuk jadi dokumentasi saya pribadi yang akan saya pergunakan jika dibutuhkan.




Saya pun segera kasih kabar via WA kepada TL Pak Rona & SA Pak Andi Pardillah di Auto2000 Yasmin Bogor tentang kondisi ini..dan saya mendapatkan jawaban panjang dengan penjelasan2 teknis cara kerja sebuah transmisi sehingga sampai terjadinya keluhan ini.. tapi sekaligus TL juga minta maaf kalo ternyata keluhan ini masih terjadi walaupun sudah ganti Transmisi Baru... dia berjanji akan segera membuat laporan ke TAM untuk keluhan terbaru pada kendaraan VRZ saya ini.
Saat itu juga saya sedikit berkonsultasi mengenai proses Complaint yg sudah dan akan saya jalani kembali...
Saya utarakan, bahwa saya membeli Kendraan VRZ ini di Dealer PLAZA Toyota Karanggan, tapi melakukan Complaint di Auto2000 Yasmin, ini sebenar nya tidak ada yang salah..bahkan SA/TL pun setuju karena Semua Bengkel Resmi Toyota memang melayani keluhan Kendaraan Toyota walaupun dibeli di Dealer (Resmi) lain.
Tapi ada sesuatu yang mengganjal di hati saya... yaitu jika keluhan nya tidak terselesaikan secara tuntas, saya tidak bisa melakukan Tekanan kepada pihak Bengkel Auto2000 Yasmin (jika saya mau lakukan tekanan) karena dia bukanlah Dealer yang menjual kendaraan ini kepada saya, dan saat itu TL menjawab : Untuk penanganan keluhan bisa di bengkel resmi manapun, tapi memang paling tidak Plaza Toyota yang menjual kendaraan ke saya harus tahu tentang keluhan ini, akan ada koordinasi TL Auto2000 kepada TL Plaza Toyota maupun ke TAM.
Saya pun mengerti dan sambil terus memikirkan bagaimana Langkah saya berikutnya.. saat itu saya menganggap Sungguh sebuah kekonyolan yang sangat tidak perlu terjadi.. kelucuan yang sunguh tidak lucu apalagi bikin ketawa, betapa tidak... MObil baru yang canggih, cantik, keren, dan bagi saya ini cukup mahal dengan harga otr 500 juta Rupiah ..saya suka pula... Tapi saat ini seperti mengaduk2 perasaan saya antara suka dan kecewa plus kekhawatiran saya akan terjadi banyak masalah lain dikemuadian hari, menginat usia mobil baru menginjak bulan ke 2 sejak tiba di Garasi saya 17 Juni 2016.
Saya membayangkan dan bertanya dalam hati :
APAKAH SANGGUP VRZ INI MELAYANI GAIRAH BERPETUALANG SAYA & KELUARGA SEPERTI FORTUNER VNTURBO ..??????
Sampai di titik ini.....Kok saya engga begitu yakin.......malah khawatir...
tapi ah.. terlalu berlebihan kah kekhawatiran saya.??
Apalagi dengan adanya Masalah pada Turbo sperti yang saya share di atas...






(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di Gunung BROMO, Desember 2013)


(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di Payakumbuh & Ngarai Sianok - Bukittinggi, Sumbar, Juni 2014)

(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di sebuah Pantai di Lombok Timur, Desember 2015)
Last edited by F272 on Sat Aug 27, 2016 1:27, edited 4 times in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Hmmm... Turbo jebol... Sudah waktunya om wahdi move on dari turbo diesel ke HEMI N/A... Gimana om? 
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Kelihatan nya begitu Om Kucing....madcat015 wrote:Hmmm... Turbo jebol... Sudah waktunya om wahdi move on dari turbo diesel ke HEMI N/A... Gimana om?
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Boleh ya saya share Foto Kopdar singkat kita di The Alana Surabaya..Desember 2015 lalu..

(Foto VNTurbo F272 yang tangguh... di Lobby Hotel The Alana Surabaya, Desember 2015)





-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Silahkan, om wahdi...
penampakan VNT super tangguh di Sby... 
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app


Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
waduh...gawaaatttttt...... ijin share om..... ke temen2 yg ane yang mau beli fortuner baru....,
Mungkin harus dipending menunggu perkembangan.....
TRANSMISI FORTUNER VRZ cacat njeduk
TURBO FORTUNER VRZ Jebol , ini keywordnya .....
Cacat produksi itu om.
Mungkin harus dipending menunggu perkembangan.....
TRANSMISI FORTUNER VRZ cacat njeduk
TURBO FORTUNER VRZ Jebol , ini keywordnya .....
Cacat produksi itu om.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya sangat yakin bahwa TAM akan memperbaiki semua kerusakan yang dialami VRZ saya dan unit2 lain yg sudah melakukan ComplaintMozawa wrote:waduh...gawaaatttttt...... ijin share om..... ke temen2 yg ane yang mau beli fortuner baru....,
Mungkin harus dipending menunggu perkembangan.....
TRANSMISI FORTUNER VRZ cacat njeduk
TURBO FORTUNER VRZ Jebol , ini keywordnya .....
Cacat produksi itu om.
Tapi saya juga percaya bahwa ini butuh waktu... apalagi Part yang digunakan untuk mengganti nya adalah part dg type yang sama bukan diganti dengan type yang berbeda.
Banyak Faktor sperti yang dibilang om Ginting...
ginting wrote:terlalu dini untuk berkesipulan apa SEBAB dari masalah ini.
tapi manifestasinya sudah jelas yaitu adanya product yang tidak achieve level quality yang seharusnya.
Biasanya sih fabrican akan kirin "non conformity report" ke vendor si pembuat itu transmissi.
Kerusakan suatu parts bisa jadi :
- Faulty design
- Defect in casting or material
- Bad workmanship (baik di workshop supplier atau di assembly line si pabrikan).






-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Chrsyler HEMI nanti spare parts gak segampang Toyota
Wrangler CRDi 2.8 tuh mesin badak dan reliable, proven
tapi parts konon agak susah
Juga Wrangler bukan tergolong SUV utk comfort, dia lebih ke arah utility nya
kalo ANF itu benar2 SUV utk comfort
Wrangler CRDi 2.8 tuh mesin badak dan reliable, proven
tapi parts konon agak susah
Juga Wrangler bukan tergolong SUV utk comfort, dia lebih ke arah utility nya
kalo ANF itu benar2 SUV utk comfort
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
AN PJS juga sejauh ini gak denger yg aneh2 kecuali setir agak gledek2 dan oli mesin nguap parah
lainnya gak ada masalah
lainnya gak ada masalah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Setau saya mesin GD series masih dari thailand. Transmisinya juga dari thailand ga ya?
Kalo iya apa di thailand juga mengalami hal yang sama?
Semoga untuk batch berikutnya ga ada masalah seperti ini.
Kalo iya apa di thailand juga mengalami hal yang sama?
Semoga untuk batch berikutnya ga ada masalah seperti ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Rakitan ckd, kayaknya yg masalah.... Ckd ostrali thai gak ada.. Berarti beda kayak nya trany dan mesin Cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Kynya spec mmg disesuaikan negara masing2...ato spec nya lain,ato material nya yg dibedain...sama TAM haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Turboman wrote:AN PJS juga sejauh ini gak denger yg aneh2 kecuali setir agak gledek2 dan oli mesin nguap parah
lainnya gak ada masalah
gentong ? takutnya masalah BBM nih...virus penyakit cepih

captiva 2011-2012 penyakit tranny jebol sama gentong...untungnya sekarang dah ada goodwill buat 2 penyakit inih....lewat warranty tetep bisa diklaim
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
ini mirip saat ferruccio lamborghini punya clutch problem dgn ferrari 250 gt yg ahirnya klaar krn dia ganti dgn tractor clutch n ternyata bukan hanya solved tapi juga kuat
tyt mmg tdk punya tractor tapi mrk punya forklift n light truckdyna yg sama sama ada transmission di tiap unit
bisa di.pertimbangkan u ganti apapun yg problem dgn parts forklift atau dyna n ini mgkn kabar baik kalo senang manual shifting
mau lanjut bikin mobil dgn brand sendiri spt lambo juga bisa
tapi intinya satu ..... kalo tau bgini dr awal ......(tdk usah jwp) apa mau beli all new (un)fortuner?
tyt mmg tdk punya tractor tapi mrk punya forklift n light truckdyna yg sama sama ada transmission di tiap unit
bisa di.pertimbangkan u ganti apapun yg problem dgn parts forklift atau dyna n ini mgkn kabar baik kalo senang manual shifting
mau lanjut bikin mobil dgn brand sendiri spt lambo juga bisa
tapi intinya satu ..... kalo tau bgini dr awal ......(tdk usah jwp) apa mau beli all new (un)fortuner?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Hari ini VRZ masuk beres a2k bsd servis 1000km sekaligus complain tranny jedukan, di tindak lanjuti dengan remapping tranny, belum sempat masuk tol utk tes lg
Td sewaktu di counter servis ada bpk2 complain VRZ jg,door trim nya ada bunyi decit2, Padahal belum 1000km... pintunya mau dibongkar sama a2k... Aneh jg apa QC TAM uda downgrade ampe separah itu...
Td sewaktu di counter servis ada bpk2 complain VRZ jg,door trim nya ada bunyi decit2, Padahal belum 1000km... pintunya mau dibongkar sama a2k... Aneh jg apa QC TAM uda downgrade ampe separah itu...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Wah satu lagi kasus turbo jebol y. padahal masih standar kan om 272?
apakah sebelum di vonis turbo jebol ada suara putu dan mesin agak pincang om?
oh y om sudah test drive ANPS kah? bisa di share jg kesan2 nya waktu test saingan fortie ini. terutama soal mesin transmisi ama kelegaan baris kedua. makasih om.
apakah sebelum di vonis turbo jebol ada suara putu dan mesin agak pincang om?
oh y om sudah test drive ANPS kah? bisa di share jg kesan2 nya waktu test saingan fortie ini. terutama soal mesin transmisi ama kelegaan baris kedua. makasih om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Saya sebenarnya sudah ada pikiran untuk COP beli ANF tapi yang G saja supaya nomboknya tidak banyak.
Tapi dengan situasi kayak gini dan info oom Turbo bahwa ada 230 unit yg sdh bermasalah, saya jadi ragu-ragu dan wait and see...
Semoga batch berikutnya sudah klaarr dan tidak ada masalah lagi...
Saya yakin bahwa profil pembeli Toyota itu adalah yang durability oriented, gak masalah overpriced, tapi hati tenang. Tidak masalah juga disalib MItsu di jalan.
Tapi kalau unsur DURABILITY_nya hilang, lalu apa lagi alasan terkuat untuk beli merk itu ?
Saya termasuk yang anti mobil rewel. Kalau mogok saya akan tinggal.
Tapi dengan situasi kayak gini dan info oom Turbo bahwa ada 230 unit yg sdh bermasalah, saya jadi ragu-ragu dan wait and see...
Semoga batch berikutnya sudah klaarr dan tidak ada masalah lagi...
Saya yakin bahwa profil pembeli Toyota itu adalah yang durability oriented, gak masalah overpriced, tapi hati tenang. Tidak masalah juga disalib MItsu di jalan.
Tapi kalau unsur DURABILITY_nya hilang, lalu apa lagi alasan terkuat untuk beli merk itu ?
Saya termasuk yang anti mobil rewel. Kalau mogok saya akan tinggal.
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Wah, ane baru baca cerita yg lengkap mengenai vrz om Wahdi, ane turut prihatin om
ternyata produk baru dari produsen ternama di Indonesia bisa cacat gtu ya, klo misalkan masalahnya cuman di unit om Wahdi aja sh, anggep aja lg kena musibah, tp ini banyak yg kena masalah serupa ya.
Padahal baru dibawa petualang baru ke palembang ya om. Udh harus ganti transmisi segelondongan dan bisa2 ganti turbo jg.
ane jd tambah sayang sm vnt, baru seminggu kmren ane ajak touring jarak dekat jkt-jog. Biarpun lebih loyo tenaganya dibanding vrz dan udh ketinggalan jaman, setelah membaca cerita om Wahdi, ane ogah ganti vnt ke vrz.
Akhir kata ane msh bingung itu transmisi toyota yg cuman kopling tunggal itu bisa rusak parah ya, soalnya mobil ane yg satunya, sdh terkenal di forum SM sbg mobil dgn transmisi ter"ringkih" (DSG 7 Dry Clutch). Tp alhamdulillah udh jln 2 tahun (15.000 km) aman2 aja. Lah klo dengan cerita ini, blm tentu produsen dgn ketenaran membuat mobil "badak" bakal ngejamin transmisinya aman dari kerusakan.
Mdh2an banyak petinggi toyota yg baca ini forum. Soalnya biar gak kejadian ke pengguna lain. Jd mau gak mau ya harus "recall diam-diam". Meskipun agak susah diwujudkan sepertinya.
ternyata produk baru dari produsen ternama di Indonesia bisa cacat gtu ya, klo misalkan masalahnya cuman di unit om Wahdi aja sh, anggep aja lg kena musibah, tp ini banyak yg kena masalah serupa ya.
Padahal baru dibawa petualang baru ke palembang ya om. Udh harus ganti transmisi segelondongan dan bisa2 ganti turbo jg.
ane jd tambah sayang sm vnt, baru seminggu kmren ane ajak touring jarak dekat jkt-jog. Biarpun lebih loyo tenaganya dibanding vrz dan udh ketinggalan jaman, setelah membaca cerita om Wahdi, ane ogah ganti vnt ke vrz.
Akhir kata ane msh bingung itu transmisi toyota yg cuman kopling tunggal itu bisa rusak parah ya, soalnya mobil ane yg satunya, sdh terkenal di forum SM sbg mobil dgn transmisi ter"ringkih" (DSG 7 Dry Clutch). Tp alhamdulillah udh jln 2 tahun (15.000 km) aman2 aja. Lah klo dengan cerita ini, blm tentu produsen dgn ketenaran membuat mobil "badak" bakal ngejamin transmisinya aman dari kerusakan.
Mdh2an banyak petinggi toyota yg baca ini forum. Soalnya biar gak kejadian ke pengguna lain. Jd mau gak mau ya harus "recall diam-diam". Meskipun agak susah diwujudkan sepertinya.
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Haha... sepikiran ini saya. mobil gak rewel plus perawatan gampang tinggal masukin BERES sudah beres. itu sebabnya saya pelihara 2 ekor Toyota.ginting wrote:Saya sebenarnya sudah ada pikiran untuk COP beli ANF tapi yang G saja supaya nomboknya tidak banyak.
Tapi dengan situasi kayak gini dan info oom Turbo bahwa ada 230 unit yg sdh bermasalah, saya jadi ragu-ragu dan wait and see...
Semoga batch berikutnya sudah klaarr dan tidak ada masalah lagi...
Saya yakin bahwa profil pembeli Toyota itu adalah yang durability oriented, gak masalah overpriced, tapi hati tenang. Tidak masalah juga disalib MItsu di jalan.
Tapi kalau unsur DURABILITY_nya hilang, lalu apa lagi alasan terkuat untuk beli merk itu ?
Saya termasuk yang anti mobil rewel. Kalau mogok saya akan tinggal.
mungkin ada baiknya tunggu batch berikutnya atau facelift y. tp cara tau ini udah masuk batch berikutnya gimana y?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Matic ANKI dan ANF ini si AW R6B45 adalah type baru
sebetulnya AW punya matic 6 AT yg udah lama exis dan sudah TERBUKTI dan TERUJI........yaitu AW 760 (2006 Lexus GS / 2006 Tundra 4.7 V8 / Lexus GX 470)
saya jadi heran knp bukan AW 760 yg dipasang
atau mungkin R6B45 ini adalah "cheapo" version dr aw 760......spy lebih murah.......
beda dgn Ipah / Forti lama dimana pake AW 340 yg sgt legendaris.......
sebetulnya AW punya matic 6 AT yg udah lama exis dan sudah TERBUKTI dan TERUJI........yaitu AW 760 (2006 Lexus GS / 2006 Tundra 4.7 V8 / Lexus GX 470)
saya jadi heran knp bukan AW 760 yg dipasang
atau mungkin R6B45 ini adalah "cheapo" version dr aw 760......spy lebih murah.......
beda dgn Ipah / Forti lama dimana pake AW 340 yg sgt legendaris.......
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
life cycle fortuner termasuk lama 2005 - 2015
mgkn life cycle unfortuner nanti akan 2015 - 2025
tar beli saat 2024 sj saat sdh dual-vnt (diesel) dan quad-vvti (petrol) diharga antara rp. 950 juta- rp. 1.120 milyard sy yakin sdh less-trouble
btw indo dm beruntung harga unfortuner murah krn yg 2016 hilux sw4 di argentina (diesel 3.0) bekas (odoread 9,700 km) ada di offering price ars.970,000 atau usd 64,700
mgkn life cycle unfortuner nanti akan 2015 - 2025
tar beli saat 2024 sj saat sdh dual-vnt (diesel) dan quad-vvti (petrol) diharga antara rp. 950 juta- rp. 1.120 milyard sy yakin sdh less-trouble
btw indo dm beruntung harga unfortuner murah krn yg 2016 hilux sw4 di argentina (diesel 3.0) bekas (odoread 9,700 km) ada di offering price ars.970,000 atau usd 64,700
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
ntar 2024 , galau denger 2026 akan keluar all new fortuner ganti model ........ dan lingkaran setan terulang kembalinewrubble wrote:life cycle fortuner termasuk lama 2005 - 2015
mgkn life cycle unfortuner nanti akan 2015 - 2025
tar beli saat 2024 sj saat sdh dual-vnt (diesel) dan quad-vvti (petrol) diharga antara rp. 950 juta- rp. 1.120 milyard sy yakin sdh less-trouble
btw indo dm beruntung harga unfortuner murah krn yg 2016 hilux sw4 di argentina (diesel 3.0) bekas (odoread 9,700 km) ada di offering price ars.970,000 atau usd 64,700

om f272 masih untung ketauannya pas masih garansi ...saya gak bisa bayangan kalo abis garansi terus ganti turbo sama trans misi

Last edited by colai on Sat Aug 27, 2016 12:08, edited 1 time in total.
jalan kaki ............ SEHAT !